resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 … 7 6 5 [4] 3 2 1 » Show All

  1. 100
    Dr. Sukma Says:

    Hai Donny,

    Keputihan adalah hasil atau akibat adanya peradangan. Peradangan bisaa oleh macam2 : virus, bakteri antara lain gonorrhoea, bisa akibat parasit treponema pallidum penyebab penyakit syphillis, jamur, Chlamydia, dst.

    Keputihan biasanya tidak mengakibatkan gangguan haid. Karena proses haid ada didalam rahim, jauh diatas vagina. Kalau keputihan dibiarkan berlama-lama, bisa juga peradangan akan naik ke serviks/ leher rahim, lalu ke dalam rahim/endometrium.

    Obat pelancar haid diminum, bila anda yakin TIDAK ADA KEHAMILAN. Bila ada, maka janin yang dikandung akan cacat bawaan.

  2. 99
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tio,

    Yang saya tahu ‘Betadine Douch’, itu bagus untuk kebersihan organ intim. Coba cari di apotik.

  3. 98
    Donny Says:

    Salam dok,
    terima kasih atas jawaban dokter kemarin.Dok apakah pake obat pelancar haid tidak ada efek sampingnya?trus kalau haid tidak lancar semacam itu tidak menimbulkan penyakit?penyebab keputihan itu apa dok?apakah keputihan mempengaruhi kelancaran haid dok?terima kasih atas perhatiannya

  4. 97
    Tio Says:

    hai dok,

    makasih ya atas sarannya. Dokter ada referensi merek pembersih vagina g? Yang ada toko obat or apotik2….

    terima kasih

  5. 96
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tio,

    Itu namanya keputihan dan bila terasa gatal, biasanya disebabkan oleh jamur. Coba kunjungi dokter SpOG, agar diberikan anti jamur.

    Pembersih organ intim sebaiknya pH 3,5-4,5 yaitu bereaksi asam. Dengan begitu vagina akan terlindungi dari berbagai penyebab infeksi/keputihan.

  6. 95
    Dr. Sukma Says:

    Hai Donny,

    Kalau anda yakin tidak ada sperma yang tercecer didalam vagina saat ejakulasi, dipastikan istri anda tidak hamil. Namun bila ada sedikit saja sperma didalam vagina, kemungkinan hamil selalu ada.

    Karena testpack negatif, kenapa nggak sekalian ke dokter SpOG, agar diberikan obat pelancar haid karena istri anda sudah keluar flek-flek. Tentu sebelumnya harus dilakukan pemeriksaan dalam oleh SpOG.

  7. 94
    Donny Says:

    Salam dok.
    Aq mau tanya dok,istri saya haid kemaren tgl 31Oktober2008,sampai sekarang belum haid sekitar seminggu kemaren memakai test pack hasilnya negatif,sekarang yang dirasakan istri saya perut bagian bawah serasa kram dan keluar flek.Perlu dokter ketahui kita berencana menunda kehamilan jadi setiap berhubungan saya selalu keluarkan diluar.Yang saya tanyakan apakah istri saya hamil atau haidnya akan keluar??

  8. 93
    Tio Says:

    hallo Dok,

    umur saya 24 tahun. di skitar bibir V saya sering terdapat seperti getah putih, yg terkadang menimbulkan rasa gatal. Apakah itu berbahaya? dan sabun pembersih apa yg baik untuk V, sera Ph yg baik brapa yah dok?

    trima kasih,

  9. 92
    Dr. Sukma Says:

    Hey Jeannie,

    1. Masih dalam batas normal haid mundur 7-10 hari.
    2. Memang ada efek penunda haid terhadap datangnya haid. Sebaiknya jangan sering minum obat jenis ini.
    3. Ada 2 kemungkinan, yaitu gejala paling awal dari kehamilan anda atau bisa juga akibat haid yang belum datang juga. Sebaiknya dimonitor dengan pemeriksaan testpack setiap 2 minggu. Sampai anda dapat haid atau testpack positif..

  10. 91
    Jeannie Says:

    Hi dok,

    umur saya 31 thn, baru menikah bln desember 2008 lalu. Empat hari sebelum hari pernikahan, saya meminum obat penunda haid (primolut kalo tdk salah), krn pada tanggal tersebut sudah ada tanda2 datang haid. Setelah 10 hari saya berhenti minum, 2 hari kemudian saya haid, selama 7 hari, hari 1-3 haid lumayan banyak, hari 4-7 lbh cenderung keluar bercak kecoklatan. Setelah itu, sampai saat ini blm dapat haid lagi. Selama ini haid memang tdk teratur, selalu mundur bisa 7 hari, 10 hari, bahkan bs lebih. Padahal tanda2 haid sudh ada dr sekitar tgl 10 Januari’09. Saya coba test kehamilan pada tgl 19 Januari’09 tp hasil negatif.
    Yang ingin saya tanyakan:

    1. Apakah hal tersebut mash normal atau memang ada masalah pada hormon saya?
    2. Apakah efek minum obat penunda haid, makin memperparah siklus haid saya yg memang sudah tidak teratur?
    3. Sekarang yg saya rasakan badan pegal2, kepala berat dan pusing, serta agak mual, apakah itu karna haid yg tak kunjung keluar?

    Terima Kasih

  11. 90
    Dr. Sukma Says:

    Halo Via,

    Sepertinya anda didiagnosis PCO (Poly Cystic Ovary), jadi memang agak complicated. Harus minum hormon agar bisa membaik. Keluhan anda spt : badan lemes, kleyengan, dst gejala anda kurang cocok dengan terapi itu.

    Karena kasusnya agak rumit, sebaiknya anda kunjungi dokter SpOG yang terkenal dikota anda.

  12. 89
    via Says:

    Hallo Dr. Sukma…

    Mohon bantuannya nich dok…usia saya 30 thn, TB 162 cm BB 74 kg sdh 2,5 thn menikah blm punya momongan. Sdh pernah diperiksa ke dokter dan dinyatakan baik-baik saja. Sblmnya haid saya teratur. Bln oktober saya haid seperti biasa, bln november tdk haid sama sekali, bln desember muncul bercak-bercak merah muda selama 3 hari, saya testpack hasilnya negatif, periksa ke SpOG di USG trans V tdk terlihat adanya kehamilan, menurut dokter folikel kecil,PCO…maksudnya apa ya dok? mohon penjelasannya…trus saya dikasih resep glucophage yg menurut dokter diminumnya secara bertahap, 1×1, 2×1…tapi berhubung ternyata setelah saya meminumya selama 1 minggu saya merasa lemas dan keliyengan, sering pusing dan nafsu makan meningkat maka saya hentikan. Awal januari (tgl.2) saya demam tinggi, bdn lemes, pusing, kalo berdiri rasanya mau jatuh. lalu tgl.3 saya ke dokter di kasih obat warna merah (lupa namanya, kalo gak salah delpinol/delpirol…cmiiw)diminum 1×1(sebelumnya saya beritahukan jg kondisi haid saya dan obat yg dari SpOG). 2 hari kemudian saya haid selama 5 hari tanpa ada keluhan, volume darah normal hanya ada warna kehitaman selama 2 hari. Tapi tgl.15 jan koq ada keluar bercak-bercak lagi warna merah kecoklatan spt tanda-tanda mau haid ya dok…

    Mohon pencerahannya dok…thanx

  13. 88
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yeyen,

    Saya setuju dengan pendapat dokter kandungan anda. Nomor satu sebaiknya turunkan BB, kalau bisa sampai 70 kg.Setelah kembali bentuk tubuh anda mendekati BB anda semula yang 62 kg, barulah lakukan tindakan lain.

    BB yang turun akan memicu perbaikan disegala aspek : metabolisme meningkat, aliran darah yang lancar, polycytic ovaries yang membaik, sehingga kemungkinan fertilisasi/ dapat momongan lebih besar,dst. So, keep excercising and burn your fat. Swimming 3-5 kali dalam seminggu selama 1,5 jam setiap kali, sangat sangat bagus…

  14. 87
    yeyen Says:

    Halo DR Sukma,
    Saya yeyen,umur 31 th, sudah 4 tahun menikah belum dikarunia momongan. Memang saya akui haid saya benar2x tidak teratur. Sebelum menikah saya olahraga aerobik teratur dengan BB 62kg Tinggi 165cm, haid saya teratur. Namun setelah saya hentikan aerobik,karena kesibukan bekerja,haid saya tidak teratur, datangnya sekali3,4 bulan bahkan 5 bulan. Setelah tidak berolahraga berat badan saya hampir mencapai “cepek” (malu saya), dan keadaa itu berlangsung sampai saya setelah menikah. Saya telah berkonsultasi dengan berbagai dokter kandungan di tempat saya dan dokter menyatakan Polykista Ovaries, karena saya kegemukan. Dan haid saya lancar bila mengkonsumsi hormon yang dimakan seperti pil KB. Bagaimana saran dokter dengan kondisi saya ini? Saat inipun sudah 5 bulan tidak haid tapi tidak hamil.(Makan hormon saya hentikan karena membuat badan saya tambah subur/ over hundred). Sekarang saya coba berenang 3-5 kali seminggu 1,5 jam tiap renang. Saran dokter sangat saya harapkan. Apakah ada obat saja, bukan hormon?

  15. 86
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tresia,

    Pendapat saya siklus haid anda tidak normal alias something’s wrong. Yaitu kemungkinan anda stressful atau depressed, mengakibatkan gangguan pada kelenjar epifise di otak, berakibat tidak ada atau terlambatnya sekresi FSH.

    FSH merangsang indung telur untuk terjadinya pertumbuhan sel telur (oogenesis)sampai menjadi sel telur matang. Cobalah relax, atau kunjungi psikolog agar anda merasa tenang secara psikologis.

  16. 85
    tresia Says:

    siang dok…
    saya ingin menanyakan, saya sering mengalami siklus haid tdk teratur…saya hitung siklus saya sekitar 40-45 hari..tp setiap bulannya sering nya begitu…selalu bertambah kira2 1 minggu tiap pergantian siklus…setiap datang haid tdk ada keluhan yg berarti(tdk ada rasa sakit yg berlebih)…
    yg ingin saya tanyakan : apakah siklus saya ini normal? apakah yg harus saya lakukan utk menormalkan siklus haid saya?
    Terima kasih,

  17. 84
    Dr. Sukma Says:

    Halo Baim,

    Daripada pusing terus dan mengganggu konsentrasi kerja, kenapa nggak kunjungi dokter SpOG. Dia yang tahu setelah dilakukan pemeriksaan dalam thd pacar anda, kemungkinan apa yang terjadi dan solusi terbaik bagi masalah ini. Persoalan tidak akan terpecahkan tanpa action nyata..

  18. 83
    baim Says:

    mlm bu dokter!!
    q prnh bc artikel klo haid hny 2hr berupa bercak/flek merah kecoklatan bs jd tanda awal hamil,sprti yg dialami pcr sy kmren,skg dia mlh sering bgt pusing,pdhl q cmn petting tnp penetrasi,ejakulasi jg diluar&jauh dr vagina,apa ttp ada kemgknan hamil??sampe saat ne pcrku blm mau ke dokter kandungan ato test pack,krn dia pkr kita jg g ngpa2in,q jd bgg dok & sm skl g konsen ke krjaan,ksh saran ya??trims..

  19. 82
    patuh Says:

    hai dok
    mn nny,klo sperma keluar disekitar miss v,apa da kmgknan hamil?seandainya sperma brhsil msk,kmgknan pembuahan apa gak jg kecil?

  20. 81
    Dr. Sukma Says:

    Hai Carlo,

    Kalau begitu ceritanya, kemungkinan besar terdapat kelainan hormonal. Kelainan tsb harus dibuktikan dengan pemeriksaan kadar hormon didalam serum. Jadi kunjungi dokter SpOG untuk semua permasalahan pacar anda.

  21. 80
    carlo Says:

    makasi dok..
    tapi bila hamil apa bisa di gugurkan?
    sudah 3 bulan..
    tetapi tadi siang saya tanya dok sama pacar saya..
    rupanya tidak pada bulan ini saja dia telad sampai 3 bulan..kata dia waktu itu pernah sampai 4 bulan belum dapet..kenapa itu dok?
    kalo dokter tau apa penyebabnya tolong beri tahu saya dok..

    regrads,

  22. 79
    Dr. Sukma Says:

    Hai Carlo,

    Kita bisa tahu hamil atau tidak, intinya seperti jawaban saya kepada Baim (post 76).

    Mengingat sudah 3 bulan, sebaiknya dilakukan testpack. Bila positif, kunjungi dokter SpOG. Makin cepat makin baik, agar dapat dicarikan solusi terbaik kasus ini.

  23. 78
    carlo Says:

    maaf..ada yang kurang dok,memang sebelumnya saya pernah petting bersama dia..
    pacar aku memang haidnya tidak tentu pada tanggalnya..
    kemungkinan dia hamil tidak dok kalau udah terlambat haid sampe 3 bulan?

  24. 77
    carlo Says:

    dokter saya carlo..
    saya punya pacar udah telat dapet haid 3 bulan,tetapi sebelumnya pacar saya dapet haid terus..
    kenapa ya dok?umur pacar saya masih 16 tahun..apa itu biasa?apakah pacar saya hamil?sebelumnya dia pernah pusing terus beberapa hari gak ilang2..saya kwatir dok..
    bisa kasih saya penjelasan dok..

  25. 76
    Dr. Sukma Says:

    Halo Baim,

    Sepertinya tidak hamil, asalkan pada saat ‘petting’ tidak terjadi penetrasi kedalam vagina disertai ejakulasi disana. Maka saya yakin pacar anda tidak hamil…

    Namun, bila penetrasi dan ejakulasi terjadi, sebaiknya anda kunjungi dokter SpOG, mumpung belum terlalu lama terjadinya kehamilan itu. Sampaikan dengan jujur serta permasalahan anda, nanti akan dicarikan jalan keluar terbaik oleh dokter kandungan.

Pages: « 59 … 7 6 5 [4] 3 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe