resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 … 53 52 51 [50] 49 48 47 … 1 » Show All

  1. 1250
    nika Says:

    malam ibu dokter, saya nika berusia 18 tahun. bulan ini, saya sudah haid tgl 3 september 2011 dan selesainya tgl 8 september 2011. tapi kenapa saya haid lg tgl 22 september 2011? apa itu normal atau ada gangguan? makasi bu..

  2. 1249
    dheya rahmani Says:

    hallo dok

    aku berusia 13 tahun, nama ku dheya. saat aku baru pertama menstruasi itu lancar2 aja tp pas aku menginjak umur 13 tahun kenapa mestruasi ku sering telat 2 bulan ya dok?

  3. 1248
    lilis a'is Says:

    dok,sya mau tnya dok saya ud mengalami keputihan dr sd kls 4dan skrng sya ud berumur 16thn
    keputihan yg sya alami ini tdk prh berhenti gy mana ya dok supaya sya bs sembuh dan ap yg harus saya perbuat
    terimakasi

  4. 1247
    Anonymous Says:

    hay..dok,saya retha saya mau tanya,3 thn lalu saya pernah hamil 4bln,tapi saya gugurkan dng cara meminum pil dr mulut dan dimasukkan di vagina dan ahirnya berhasil,dn setalh dpt 12thn sy menikah dan pernikahan saya dah dpt 1thn tp sy belum jg hamil,kenapa ya dok… apa dg masalalu sy yg prnah gugurin pengaruh at infeksi pd rahim saya tp mens saya tetap teratur,kira2 kenapa ya dok….

  5. 1246
    Anonymous Says:

    hay…saya reta,saya mau tanya

  6. 1245
    dila Says:

    dok
    umur saya 13 tinggi 150 bb nya 32kg
    saya dapt haid pertama umur 12 sekitar 4 hari tapi udah hampir 1 thun 2 bulan gak dpt lage
    ad ap y dok??
    ap ini masih normal?
    jika gak normal saran dokter gimana?

  7. 1244
    eyetty Says:

    hai dok,,saya eyetty ud 2 th lbh mnikah dan blum pnya anak,,sy n suami jarang bersama krn pekerjaan,,1 bln ini kami bertemu lg,,,bln juni dpt haid tgl 5 ,di bln juli sy dpt haid tgl 31 dan bln agtdpt haid tgl 24,,lamanya haid biasanya cma 3 hari ,,dan bln ini blum dpt haid…bisakah dikatakan hamil? sebaiknya telat bbrp lama bru bsa di katakan hamil ato kpan sebaiknya memakai testpack? mksh

  8. 1243
    fadilla Says:

    dok, saya mau nanya. begini dok haid saya tidak lancar dari awal bulan puasa agustus kemarin sampai sekarang. itu kenapa ya dok? tolong kasih solusinya.. trims.

  9. 1242
    Anita Says:

    Hi dokter, saya anita umur 16 tahun . Sudah 2 bulan ini saya tidak haid, padahal biasanya selalu datang tiap bulan walaupun sering terlambat/harinya pendek (5 hari) .
    Bagaimana ini dok? Ada kah cara mengatasinya? Saya takut ada apa apa dg tubuh saya .

  10. 1241
    Clara Says:

    Hai dok,
    Saya seorang remaja. Saya pernah berenang sambil haid. Dan pernah suatu hari saya menggunakkan softex dengan merk charm, karena sibuk saya tidak mengganti’a hari itu dan baru keesokkan harinya saya ganti. Tapi sebelum mengganti itu pada pagi hari daerah V saya terasa perih, dan setelah softexnya diganti barulah perih itu menghilang meski agak sedikit gatal. Ini haid pertama saya setalah beberapa bulan yang lalu saya tidak haid juga.
    Saya takut dok, adakah kemungkinan saya mengidap penyakit??

  11. 1240
    Dini Jesant Says:

    dokter, saya wanita 20 tahun..
    dua bulan ini saya tidak mengalami menstruasi, saya dan suami berpikiran kemungkinan ada kehamilan. namun setelah di cek ternyata hasilnya negatif.
    sekarang sudah masuk pd bulan ketiga, tapi saya masih juga belum menstruasi. dan qt coba untuk tes kehamilan lagi, tapi hasilnya masih negatif.
    pertanyaan saya, apakah ada gangguan dalam diri saya.?? atau mungkin ada gejala2 penyakit yang mungkin saya derita. mohon masukannya dokter, thanks

  12. 1239
    Leny Says:

    Dok, saya sudah menikah, Saya mendapat haid 9 Juli – 17 Juli,
    Kemudian haid lagi 19 Agustus – 29 Agustus,
    Kemudian haid lagi 16 September,
    apa siklus haid saya itu lancar, karna saya ingin cept dapat momongan, dan saya keturunan keluarga yang subur, banyak anak,

    mohon jawabannya dok, makasih :)

  13. 1238
    arinil haqq Says:

    dok saya umur bru 15 tahun..haid saya selalu gaklancar dan gak tentu kadang bulan ini haid 3 bulan kedepan engga.?
    Kadang juga bulan ini.haid,bulan depan haid..
    Kenapa ia dok?
    Terus haid saya juga suka keluar pendaraha..

  14. 1237
    nanik Says:

    dok haid saya tiap bln ny selalu mundur,sekitar 40 hari lebih saya baru mendapat haid tiap bulannya,apakah ini perlu di khawatirkan dok???

  15. 1236
    Meli Says:

    Dok,saya sdh 1thn menikah,dan sampi skarng blum d karuniai anak.haid saya tdk teratur,siklus haid saya terlalu pendek,yaitu 1minggu atw paling lama 10hari haid saya sdh datng lagi,dan juga masa haid saya 12hari pernah jg 22hari saya haid.ini gimana dok?apa sebenarnya penyebabnya?mohon bantuannya dok?sbb d kota saya, klo saya pergi ke dokter ahli kandungan,say tidak puas krma dokternya sangat tdk ramah.

  16. 1235
    Erin Says:

    Dok, saya erin usia 18 tahun,, saya blm menikah.. Saya prnh brhubungan intim dgn pacar saya sekitar awal september,, saya wktu berhubungan pacar saya pakai kondom,, dan sperma dikeluarkan di luar vagina,, itu pun wktu dilihat kondom tidak bocor, dan saya telat menstruasi seminggu, apakah saya positif

  17. 1234
    chilla Says:

    Dok, saya sudah menikah 5bln.. Dan smpai saat ini sy blm hamil dan haid saya msh tidak teratur.. Saya haid bisa smpai 10 hari bahkan dibulan prtama pernikahan prnah nonstop 1 bln.. Apakah krn pengaruh pekerjaan saya dikantor yg prgi pagi dan plg stiap hari jam 11 malam? . Sy sudah check ke dokter n dokter myarankan saya untuk test infertilitas.. Doknter jg memberikan saya lutenyl untuk menunda haid yg sy minum di hari ke 15 dan stlh minum lutenyl haid sy teratur.. Tp sy tkt ktrgantungan dok.. Oo iya saya jg sudah test infertilitas dan hasilnya normal kecuali prolactin yg di test pertama sbesar 33,59 normal nya seharusnya 0.3-25 . Di test yg ke-2 3 bln berikutrnya hasilnya msh diatas normal 30,72.. Apa solusinya ya dok? Rencanaya bsk sy mau ke rs lg n konsultasi . Apakah dgn kondisi spt ini sy tdk bs py kturunan?

  18. 1233
    ahmad husen Says:

    Selamat Pagi dokter,Istri Saya umurnya 24 tahun. istri saya dari awal memasuki sekolah SMU haidnya tidak teratur,kadang-kadang 2bulan sekali,1bulan sekali,dan juga kadang 3bulan sekali & bahkan lebih.
    nah,sekarang malahan istri saya sudah kurang lebih 5 bulan tidak haid..apakah ini bahaya dok?… Saya ingin sekali punya keturunan dari istri saya
    trima ksih,,

  19. 1232
    ramona Says:

    Dok, saya rammy…
    siklus haid saya lama dan berubah-ubah, biasanya saya haid selama 11 hari terkadang sampai 13 hari.
    lalu berhenti selama masa 19 hari dan mengalami haid lagi, apkah itu normal dok?
    karena pada umumnya teman-teman saya haid cuman 7 hari.
    bagaimana cara menormalkan haid saya dok?

  20. 1231
    Anonymous Says:

    dok, saya neni usia 21 tahun blum menikah tapi q sering melakukan hubungan intim sama pacar saya,tapi pada saat melakukan hubungan intim sperma pacar saya tidak pernah dimasukan ke rahim saya,apakah rahim saya akan kering dok dan nantinya sulit untuk hamil?sudah 1 hampir 1 tahun kya gni ga pernah dmasukin< q takut kandungan saya akan kering tolong kasih masukan

  21. 1230
    arisa Says:

    Dok saya kemaren saya pergi liburan selama 9 hari, dan hari pertama berangkat saya sedang datang bulan, lamanya sekitar 7hr baru benar2 bersih, lalu pada saat saya pulang haid sudah dalam keadaan bersih dan saya berhubungan dengan suami,3 hari setelah berhubungan saya keluar flek coklat (sekitar 6hr setelah haid saya bersih),fleknya memang tidak banyak dok, tapi sudah 6 hari belum juga berhenti, saya jadi khawatir dok, biasanya siklus haid saya selalu teratur dan tidak pernah keluar flek seperti ini, kira2 kenapa ya dok?apa karena kelelahan ya dok?
    terima kasih

  22. 1229
    amma Says:

    dok,saya mau bertanya,sahabat saya uring2an,umurnya 20 th.katanya dia telat haid sudah dari tgl 15 juli,sampai 11 sept blum haid juga.dia curhat,di pernah hubungan semi sex dg pacarnya sekitar akhir juli,pacarnya masukin jarinya ke miss V sahabat saya hingga orgasme,tapi cowo itu pakai kondom,tapi tangannya habis megang penisnya,namun kering.siklus haid sahabat saya tdk teratur,apalagi bila sedang libur kuliah.tapi saat pakai di cek dg test pack akhir agustus hasilnya 1 garis.yg mau saya tanyakan,apakah sperma bisa tahan di udara?apa yg menyebabkan matinya sperma?apa sahabat saya hamil meskipun pacarya tidak memasukan penis ke dalam miss V,hanya sekedar jari?mohon dibalas trims

  23. 1228
    Anonymous Says:

    Dok 3 thn akhir2 ini saya tidak mengalami siklus mensturasi yg semesti.a bhkan pernah sampai 2 minggu tdk haid dan selalu telat dri tgl yg semesti.a tpi pda saat sya sd tidak pernah seperti ini skrang sya usia 14 thun 3 smp

    makasih saya tunggu jawabannya

  24. 1227
    Anonymous Says:

    Hai Dr. Sukma Melati.

    Sya perempuan usia 14 tahun keluhan saya, 3 thun akhir2 ini saya tidak mengalami siklus mensturasi yang lancar contoh.a 2 bulan tidak haid, maju mundur dari tanggal yg seharus.a lebih dari 1 minggu terkadang

  25. 1226
    ania Says:

    dok ,
    saya mw tanya ni ..
    kemarin” menstruasi saya lancar ,
    tapi kok tiba” d bulan 8 ini saya ga mendapatkan menstruasi ya ?
    pdhl skrg uda bulan 9 ,
    saya tgguin juga tpi blm datang” jga ..
    apa yang harus saya lakukan dok ?
    Agar saya bisa menstruasi Lagi ?
    jawab ya dok ..

Pages: « 59 … 53 52 51 [50] 49 48 47 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe