resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 … 54 53 52 [51] 50 49 48 … 1 » Show All

  1. 1275
    novi yanti Says:

    dok saya berumur 16 thn lbh 8 bulan..
    saya tidak haid sudah 4 bulan..
    jikan bulan ini tidak haid saya jadi telat 5 bulan..
    ada yg bilng kurang darah bisa tidak haid dan juda ada yg bilang kegemukan..
    tetapi berat badan saya 55kg dan daya juga ada darah rendah..
    kira-kira saya kenapa ya dok?
    saya pertama haid umur 10 tahun..
    sebelumnya haid saya lancar..
    baru pertama kalinya saya telat haid sampai 5 bulan..
    terakhir saya haid 24 mei 2011..

  2. 1274
    tri Says:

    salam kenal
    saya tri, 21 th
    dok kq saya terlambat datang bulan 18 hri
    tu kenapa ya dok???

  3. 1273
    EKI Says:

    Dokter, saya perempuan 26 tahun sudah menikah slama 3 bulan, semenjak menikah siklus mens saya tambah ga karuan, telat terus hitungan lebih dari 40 hari dari hari pertama mens. mohon sarannya dok, saya ingin segera hamil. trims dok :)

  4. 1272
    iza tira rahman Says:

    halo dok, sy punya persoalan yg mungkin lari dr tajuk post dok d atas, tapi mohon dijawab ya.. sy dgn suami lagi petting dan Mr P n Mr V kdua2 pastinya bersentuhan tanpa alas dan kdua2nya basah ktika itu.. selepas petting itu, sy dan suami bru myedari yg sy itu sbnrnya period krn ada sedikit darah merah segar.. keesoknnya darah itu masih ada ttpi sgt sdikit, hnya segumpal kcil.. slepas bersenam xtra dan mkn nanas (kta org nanas bikin haid lancar) darah sudah mulai kluar byk sdikit, ttapi bwrna coklat gelap.. soalan sy..
    1. sy ada mndrma darah 1minggu sblum mlakukn petting ini, ada kmgkinan ga derma drah ini mybbkn darah sy jadi terlalu sdikit? apa normal ga keadaan haid sy ini dan warna darah haid sy?
    2.ada ga cara utk mlncarkn period sy ini?
    3. ada kmgkinan ga sy hamil krn klo ada, ini akn jadi ank ptama sy dan suami.. tp kmi lg bimbang krn kata org seks saat wanita period akn mmbuahkn anak yg kurang sihat dan mungkin cacat.. sy dan suami jadi takut klo smpai jadi begitu krn kta juga ga sngaja mau bhubungan ktika sy period.. harap dijawab soalannya ya dok..

  5. 1271
    ayu Says:

    malam Dr. Sukma
    saya mau tanya! ibu saya umurnya 40 thn, udah gak haid 4-5 tahun, sebulan yang lalu ngkat benda berat tiba-tiba ngluarin darah! terus kemarin mungkin karena kecapaian keluar darah lagi! tapi hanya 2-3 hari dok? apakah itu penyakit? makasih doc!

  6. 1270
    dwy Says:

    dari dwy,

    dok,saya ingin konsultasi..
    kenapa ya sampai sekarang usia saya 18th
    saya belum pernah mengalami menstruasi?
    apa penyebabnya?
    sebelumnya terima kasih :)

  7. 1269
    Lucia Says:

    Hi dok, sy mau tanya, sy umur 33th pas akhir jul kmrn.. yg sy mau tanya, kok sejak bbrp bulan terakhir ini, sblm ultah haid sy jd berkurang y.. mksdnya begini.. sblmnya sy kalo haid, hari 1 ga byk, hr 2 & 3 byk2nya.. dan biasa selesa hari ke 5 atau 6.. sejak bbrp bln terakhir ini, brubah jd hr 1 & 2 byk.. hari ke 3 ud ga byk.. dan selesai lbh cepat.. nah pas dari sktr bln jul atau agust.. knp haidnya berubah jadi hari 1 aja yg byk, sisanya dikit dan lbh cpat selesai.. apakah itu normal2 aja? kalo soal jadwal sih masih teratur.. cuman yah itu kok jd dikit dan lbh cepat.. Tolong d jawab ya dok.. makasih :)

  8. 1268
    IKHA Says:

    dok aq mw nanya klo mens 3 kli dalam 1 bulan trus darah kotor trusss itu knp y dok,,,,saya takut knp2 dok

  9. 1267
    nanin sudiar Says:

    hai bu dok, sy perempuan berumur 35 th menikah dan telah punya anak 3 orang, saat ini sy menggunakan KB berupa spiral untuk 8 thn, sy pakai spiral sejak 3 bln lalu, karena sy baru2 melahirkan 7 bulan lalu, yg sy keluhkan karena 2 bln terakhir haid sy tdk lancar hanya berupa flek saja..apakah hal tersebut penyakit atau hal lain?

  10. 1266
    Anonymous Says:

    pagi dok, saya mau tanya..saya sering sekali mengalami haid tidak teratur, sekitar 3 bulan sekali, itupun darah yang keluar sangat sedikit.saya berumur 19, hal ini saya alami semenjak urur 17. saya sudah ke dokter, dan diagnosis awal hanya karena stress. bagaimana menurut dokter, bagaimana caranya agar haid asya teratur?

  11. 1265
    eka Says:

    haloo dok saya eka umur 21 thn saat pertama haid umur saya 11 thn itu saat saya haid dok dan sampai skarang ini saya belum juga haid dok ada apa yah dngn saya dok???

  12. 1264
    fatma syarief Says:

    dear dr.sukma
    d0k ap mungkin sering menunda untuk buang air kecil bisa mengakibatkan tidak lancarnya haid ??

    trus ad 0bat khusus ga buat memperlancar haid na..
    thanks d0k
    u’r the best

  13. 1263
    ayu Says:

    dear dokter :
    saya berusia 19 tahun , blm menikah .. Haid saya dari awal (kira” kls 2 smp) smpai skrg masih terasa sakit di perut , pinggang , lambung dan kepala , lama” haid 5-7 hari .. Saya sudah konsultasi ke dokter kbidanan n kandungan .. Katanya rahim saya normal .. Dan kemudian saya diberi pil KB diane 35 .. Setelah itu haid saya sekarang hingga hari k 14 blm selesai-selesai dok .. Apa yg saya alami sekarang ? Apakah ada sesuatu yg berbahaya ?
    Mohon bantuannya ..
    Terima kasih ..

  14. 1262
    miva Says:

    dok,, selamat siang…
    saya miva sekarang usia 24 th pada bulan desember 2011.
    saya mengalami gangguan haid, sy tidak mendapat haid smpai akhirnya sy diberi cycloproginova oleh dokter, namun saya tidak melanjutkan berobat karena alasan malu.
    setiap saya mengkonsumsi obat tersebut sy haid,
    namun ketika tidak, kembali saya tidak haid,,
    mohon bantuan, kira2 penyebabya apa??
    terima kasih ya..

  15. 1261
    Renny Says:

    Hai dok.

    Knlkan sya reni.35 thn.bb 72 kg..tb.156 cm.
    Sya sdh mnkh skrtar 10 thn.tp blm di krunia ank.pd 13 meì 2011. Sy operasi myom.sy srng kpthan .gatal dan bau.udah skrng brobt tp sllu kmbuh lg.skrng sy mrsakan skt di pert bgian kiri dan tmbs k blkng..apa k sya bsa melakukan pengurutan di perut menginggkt pernah operasi.tlng dok di jwa.tkx

  16. 1260
    tati Says:

    hai dok. saya tati. mahasiswi berumur 17 tahun.
    saya termasuk orang yang haid-nya tidak lancar. saat kls 2SMA bahkan saya haid hanya 1 tahun 2kali dan hanya bercak belaka. saya sempat minum obat dan ternyata itu ampuh. tetapi waktu itu pacar saya dan saya melakukan oral sex.
    dia menumpahkan spermanya di atas perut saya dan langsung saya cuci tanpa saya lap menggunakan tisu terlebih dahulu. saya takut kalau sperma itu masuk ke vagina saya saat saya sedang mencucinya dari perut saya.
    setelah kejadian itu haid saya kembali tidak lancar bahkan setelah minum obat pun jd tidak ampuh. saya tidak ada kemungkinan hamil kan dok? lalu kenapa haid saya benar2 tidak teratur ya? terimakasih banyak dok

  17. 1259
    regina Says:

    dok , cowok saya melakukan ejakulasi di hot tub, tapi kami g melakukan hubungan sex dan setelah itu sperma nya jadi mengeras, jadi kami melanjutkan berendam.. tapi kini saya terlambatt 8 hari, pusing dan mual, juga diare. apakah mungkin sy hamil? pliz repp.

  18. 1258
    Sinta Says:

    dokter umur sy 21. dpt haid sejak umur 12. sekarang haid saya sedikit dan hanya 2 hari. tdk terasa nyeri saat haid. apakah itu normal?? atau ada yg tdk normal dok?? dan beberapa bln terakhir saya keputihan dok. sakit kah saya??

  19. 1257
    Mhyta Says:

    Met pagi doc..?
    Saya mhita.
    Saya mo tnyak doc.Kr2 usia kehamilan berapa bulan s’org wanita 17 thn tdk dpt haid…?
    Mhn penjelasanoya.

  20. 1256
    Anonymous Says:

    dok…
    saya dan suami sdh 9 blm menikah,,tp blm hamil”..dan kami sering ml..
    tp saya setelah melakukan dg kekasih saya dilakukan test kehamilan positif..
    jd menurut dokter sperma sapa yg membuahi janin saya?
    makisih dok sebelum nya..

  21. 1255
    ayu Says:

    Dear Dokter,

    Dokter Mf mengganggu, Berharap Dokter bisa membantu saya.

    Saya Ayu, Gadis berusia 23 tahun. Dokter wkt saya SMP saya pernah tidak dtg buLan sLm 6 buLan berturut2x..LaLu saya Datang BuLan kembaLi. Saat Dtg BLn rasa’na Skt skaLi.Sudah pernah ke Dokter tp tidak ada SoLusi ap2.skrg Sdh 4 buLan Saya tidak Menstruasi Lg.dan smp skrg Pun Payudara Saya tidak tumbuh normaL sprt Wanita dewasa Lain’na (Rata). Apa yg harus Saya Lakukan Dokter.Saya MaLu apabiLa saya Menikah Nanti suami saya Kaget dengan keadaan Saya sprt ini..

    Saya harus berbuat apa dok, Saya tidak Menstruasi 4 bLn ini bkn krn HamiL krn Saya Tidak pernah meLakukan Hbgn seks dengan sapa pun?Mohon soLusi’na Dokter, Saya Sudah Putus Asa..

  22. 1254
    asih Says:

    Asslamu’alaikum dok..
    saya mhasiswi,,umur sya 19 akn mnju 20th,,dok sya mw konsultasi,,dlu wktu prtma kli sya haid kls smp kls 2,,wktu tu siklus wktu haid sya blm tratur,,sya pernh jga haid slma smggu- slesai kmdin jrak brpa hari haid lgi n lma,,kmdian sya konsultsi ke bidan ,kta bidan hormon sya tdk seimbang krna sya sdang byk fkirn,,
    nah,,,dok baru kmrin sja, sya alami ,,sya blan juni kmrin sya sebulan tdk haid,,kmudian bln juli sya haid tgl 4,lalu bln agustus tpt ea bln ramadhan kmrin sya stu bln tdk haid,,n akhr ea bln sptmber tgl 9 sya bru haid,,sya tkt knp2 dok,,
    dg ktdk trturn haid sya,,kira2 knp ya dok? n apkh ni menghwtrkn?

  23. 1253
    ibu eko Says:

    hai dok,sy seorang istri 30 th dn sdh berganti KB hormon ke kondom 4 bln dan haid sy semakin sedikit dan trus mundur unt bln ini sudh telat 1 minggu kketika priksa kehamilan ternyata negatif, apakah ini gangguan hormonal dok?

  24. 1252
    hesti Says:

    dear dr. sukma. saya ingin bertanya, obat promolutan itu fungsinya untuk apa. krn klo saya telat haid dan saya minum obat itu, haid saya lancar.terimakasih

  25. 1251
    yaning R-na Says:

    salam doc.. sy wanita brusia 25 th sudah 3 thn menikah blum punya anak, sy bermasalh haid yg tidak lancar dan lama..hanya 2-3 hari saja bnayakx setelah itu sisanya mpe 7 hari dtang sedikit saja,,,beberapa kali konsul ke dokter kandungan,,,hasilx tetap sama..tolong dok langkah apa yg harus saya lakukan sekarang dan pengobatannya karna ke dokter manapun tetp sama hasilx….tanks

Pages: « 59 … 54 53 52 [51] 50 49 48 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe