En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 … 57 56 55 [54] 53 52 51 … 1 » Show All

  1. 1350
    joe Says:

    Halo dokter, saya mau tanya efek menggunakan postinor2 itu apa? dan biasanya efek itu muncul berapa hari setelah mengkonsumsi obat tersebut? dan seberapa persen kah khasiat obat tersebut bila diminum pertama kali pada hari kedua dan setelahnya 12 jam setelah minum yang pertama?
    terimakasih dokter.

  2. 1349
    Dr. Sukma Says:

    Halo Putri,

    Kenapa melakukan test kehamilan ? Anda sudah punya suami ? Keputihan disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada organ reproduksi apalagi disertai sakit/ nyeri . Namun ada juga keputihan akibat kelelahan fisik dan mental yg luar biasa.

    Haid yg tidak teratur bisa juga disebabkan oleh capek mental dan fisik.. Jadi sebaiknya anda mulai menata diri sendiri dengan tidak melakukan hubungan sex bila blum menikah. Radang organ reroduksi disebabkan hubungan sex yg tidak sehat/ pasangan yg gonta-ganti, sementara kita tidak tau apakah orang itu suka jajan sex, dst. Sebaiknya anda periksa ke dokter SpOG untuk keluhan anda ini.

  3. 1348
    putri Says:

    sore dok, saya putri, 19th…
    saya mau tnya dok saya sering telat datang bulan, kadang” 1bln bisa 2x haid dan kadang” 1-4bln blm dateng bulan.. terakhir datang bulan (okt 2011) sampai sekarang blm datang bulan tp sering k’putihan, sakid kepala dan nyeri punggung atau badan sakid semua…
    saya sudah tes khamilan dan hasil’nya negativ…
    saya takut cerita dg orangtua saya, makanya saya cerita k dokter…

    terima kasih

  4. 1347
    jo Says:

    dok , saya udah telat selama 10 bulan , umur saya masih 20 tahun , terakhir dapat bulan april dok :(
    itu kenapa ia dok ????

    pdahal saya ga pernh berhubungan sma pria dok ,,,,
    takut dokk

  5. 1346
    Sofia Says:

    Dok, saya mens terakhir pada tanggal 11januari dan berakhir sekitar tanggal 19januari. saya tidak tau persis siklus haid saya namun sebulan sekali saya pasti mengalami haid.
    tanggal 22 januari saya melakukan petting (menggesekkan vagina ke penis tanpa ada penghalang celana dalam). sebelum melakukan petting pacar saya sudah ejakulasi karena onani dengan mengocok penisnya sendiri, jadi tidak bersentuhan dengan vagina saya.
    namun setelah selang sekitar 5jam, kami melakukan petting tersebut.
    yang ingin saya tanyakan, apakah precum yang keluar dan yang mengkin membasahi vagina saya pada saat petting tersebut mengandung sisa-sisa sperma dari ejakulasi sebelumnya dan bisa membuat saya hamil?
    sekarang masih tanggal 2 februari (dan belum saatnya haid lagi) tapi saya akhir-akhir ini sering sakit kepala tidak tau kenapa.
    pada saat petting tersebut pacar saya tidak sampai ejakulasi. saya masih virgin dok.
    mohon jawabannya.

    Terimakasih

  6. 1345
    Mary Says:

    Halo dok,saya mary usia 25th,,blm menikah. Saya haid tdk teratur tetapi setiap bulan datang..tapi 2 bln ini saya tidak mengalami haid..saya jd pusing dok,karna dsamping itu saya sering mendapatkan plek2 hitam diCd dan perut nyeri..tlg dunk penjelasannya dok..makasi y dok

  7. 1344
    Desy Says:

    Pagi dokter… Saya mw tanya.. Saya Desy 25 thn, saya haid pertama x usia 14 tahun. tp sampai sekarang haid saya tdk pernah teratur. dulu wktu SMA, pernah selama 6 bln tdk haid. wktu kuliah kadang 3 bln sekali haid. sekarang sejak bekerja, saya haid 2 bln sekali. pdhl saya mau menikah dan langsung punya anak. saya jg masih perawan. apa siklus haid yg tidak teratur ini mempengaruhi kesuburan saya bagaimana caranya supaya haid saya lancar dok. tolong dibalas. trimakasih..

  8. 1343
    dian Says:

    apa bener foreplay tanpa “hubungan sex” bs mmprlancar haid

  9. 1342
    meta Says:

    Malam dok,saya mw tanya, umur saya 22 thn, baru 1 bln menikah, saya biasanya mens tratur tiap tanggal 20, paling telad hanya 2 hri. lalu saya berhubungan seks tgl 17 , itu pun sperma d keluarkan d luar, tgl 18 saya juga berhubungan, dan d keluarkan d luar juga , sudah 10 hari saya blm mens juga . Pas tgl 20 perut saya kram, tetapi trnyata blm mens jg, apakah saya hamil dok? Suami dan saya blm siap pnya momongan, krna msh pengantin baru . Tidak ada gejala hamil pula, 3 hari sblm mens itu sedang tidak subur kan dok? Saya jg msh prawan. Trima kasih ya dok.

  10. 1341
    Nia Says:

    Slam knl dok.
    Sya mw nanya apakh wanita dpt hamil tnpa brhubungn.?
    Ap kh pd saat brnang jg wnita bs hmil krn trkena sPerma?

  11. 1340
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ika,

    Setelah dua tahun minum pil KB, maka tubuh perlu waktu minimal satu tahun untuk memulihkan kadar hormon kembali ke keadaan sebelum mengkonsumsi pil KB. Jadi nanti setelah hormon dlm tubuh anda mencapai keseimbangan antra estrogen dan progesteron, maka Insya Allah anda akan hamil.. Amien.

  12. 1339
    Anonymous Says:

    haLo dok ..

    sya ica , mau tanya dok ,
    saya , pernah KB piL sLma 2 taHun . dan saat ini saya sudah tidak lg di KB . apa bisa punya momongan Lagi dok ??

    tolong penjelsan nya .
    tks

  13. 1338
    Frisda Says:

    Pagi Dok… saya wanita 21th. sirkulasi haid saya tidak teratur. semisal bulan januari saya haid tanggal 1 dan selesai tanggal 5, maka di bulan februari saya haid tanggal 5 dan terkadang mundur sampai 1 minggu. begitu pula bulan-bulan selanjutnya. apakah sirkulasi haid yang saya alami termasuk normal?? saya takut ketika haid saya mundur 1 minggu. tapi keluarnya darah tiap bulan volumenya sama.
    mohon dokter berkenan memberikan penjelasan tentang masalah saya.
    terimakasih….

  14. 1337
    vierra Says:

    Siang dok,,saya wanita berusia 27th,baru menikah 2 bln yg lalu,,saya biasa datang haid setiap tgl 20 tapi dari bulan desember sampai hari ini saya belum juga mendapatkan haid,,dalam bulan ini saya sudah 2x test dengan 2 alat test yg berbeda beda namun hasilnya negatif,,saya bingung dok,,,mohon bantuan nya yaa dok…terima kasih..

  15. 1336
    try says Says:

    pagi dok,saya berusia 21th.menikah sudah1,3bulan.tp blm jg hamil.memang dari mens saya tidak teratur.waktu remaja haid saya lancar.semenjak berhubungan sm suami haid saya tidak lncar.semenjak menikah bulan mei,bulan november saya haid,trs haid2 lg kemarin januari tgl18-22.pertanyaan saya,bisakah saya mendapat keturunan.trims

  16. 1335
    Suci Says:

    Selamat Pagi Bu Dokter,

    mohon bantuan untuk berkonsultasi mengenai haid yang tiba2 menjadi tidak normal. Saya baru menikah 2 bulan, sebelum menikah siklus haid saya teratur, haid pertama yang saya dapat setelah menikah tiba2 menjadi tidak normal dimana saya telah haid selama 3 minggu (25 desember 2011 sampai hari ini 21 januari 2012). Saya telah minum obat dari dokter berupa mefinal, kalnex dan phytomenadion (untuk 3 hari) namun setelah obat habis pun haid saya masih keluar. Boleh minta sarannya dokter apa yang harus saya lakukan agar haid saya kembali normal?

    Saya ucapkan banyak2 terimakasih sebelumnya….karena saya dan suami benar2 bingung harus bagaimana.

    Salam, suci

  17. 1334
    tini Says:

    malam dok. saya seorang istri dan saya sudah menikah selama 5 tahun dan belum mendapatkan keturunan dan setelah saya cek dan di hsg ternyata sel telur saya tersumbat 22nya bisakah saya hamil dok??dan teraphi apa yg harus saya jalankan??selain dioprasi dan bayi tabung?dan yg saya ingin tanyakan saya datang bulan sering tidak teratur tanggalnya dan haidnya pun tidak lama 4 hari udah gak ada tp setelah berhubungan intim di hari ke 5 haid darahnya keluar lagi apa tidak apa-apa dok?mohon pertanyaannya di jawab ya dok?trims’

  18. 1333
    age Says:

    salam kenal dok………..
    usia saya 37 th,menikah,blm pernah hamil sudah 6 bln saya keputihan hilang timbul tidak berbau dan sangat gatal saya sudah kedokter kandungan keputihan diobati hilang muncul kembali …saya ke dokter spesialis kulit dan kelamin diambil sekret vagina dan kultur hasilnya terdapat mikro organisme Escherichia coli dikasi obat ciprofloxacin dan cetirizine untuk 5 hari ..siklus haid sya tertarur 27-29 hari dokter namun hari ke 21 saya ada flek merah kenapa ya dokter saya agak khawatir…..

  19. 1332
    dewi Says:

    usia saya 31 thn dan suami 38th,kami sudah menikah selama 5 thn . haid saya seminggu lebih maju dan sedikit darah yang keluar dan kurang dari seminggu. saya menikah dg suami yang berstatus duda punya anak satu. ada rasa khawatir dalam diri saya, dengan siklus haid tersebur, apakah saya subur atau tidak ?

  20. 1331
    devi Says:

    saya udah nikah selama 8 bulan,di bulan ke 8 ini saya dapat haid 2 kali itu kenapa dok?apakah saya hamil?trims dok

  21. 1330
    Meutia Says:

    Siang dok,
    saya gadis usia 31, belum menikah….
    saya dapat mens pertama di usia 10 tahun, dan terus lancar..namun akhir2 ini di mas usia saya 29 sampai sekarang mens saya sangat sedikit (tidak seperti biasanya) satu hari paling hanya ganti pembalut 2-3 kali di ahri 1 dan kedua, kemudian langsung bersih di hari keempat.,
    cuma yang mau saya tanyakan disini dok. untuk bulan ini dok (januari 2012) haid saya sangat aneh..karena di ahri pertama hanya keluar bercak darah…terus dilanjut dengan bercak kecoklatan….dan langsung berhenti bersih tanpa bercak apapun sampai hari ketiga…..kira-kira kenapa ya dok?..

  22. 1329
    tata Says:

    dok saya bbrp hari ini timbul sprti brcak” coklat trus tadi malam smpat keluar darah sedikit skli.. itu knpa ya dok? saya kira lg M tp biasanya saya M akhir bulan dok..

  23. 1328
    lia Says:

    dok, umur saya 24 thn, bb sy 82 kg, saya blm menikah,sudh 2,5 th saya tdk haid it brlangsung di mulai stlah saya skripsi, smpe saat in blm haid, sudh konsul k dokter dn d bri obat hormon saya haid tp stlh obtny hbs gak haid lg, gmn ya dok solusinya? Saya takut klo saya monepouse dini.

  24. 1327
    Kania Says:

    Hi Dok,

    Nama saya kania, umur 23 tahun. saya mengalami haid yg mnurut saya tidak normal dok. dalam 1 bulan haid sy bisa sampai 2 kali dan dalam 2 kali tersebut masing2 lamanya 10-12 hari. kdg darah yg keluar normal kdg hanya kluar flek2 merah atau hitam pekat. saya tidak pakai alat kontrasepsi maupun kb dok, kira2 knapa ya?

  25. 1326
    Ika Says:

    Saya mau tanya knpa menstruasi saya tiba tiba berhenti 7 yg lalu?? Apakah saya bisa hamil tanpa menstruasi??

Pages: « 59 … 57 56 55 [54] 53 52 51 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe