En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 [58] 57 56 55 54 53 … 1 » Show All

  1. 1450
    ratna Says:

    dok saya ratna umur 23 thn,dok saya mau tanya dok saya kan dah melakan secara cesar saya pasang iud 6 bulan saya ga haid.tapi bulan ke 7 dan bulan seterusnya saya haid 1bulan sekali wajar gak dok?

  2. 1449
    meria tri rahayu Says:

    dokter, saya meria usia 24 thn,saya dr awal menstruasi umur 14 thn sudah tdk teratur,sampai skrg kdng 2 sampai 4 bln sekali,saya sgt takut jika nanti berpengaruh untuk memiliki anak krn saya sbentar lg akan menikah,tp dulu ibu saya jg sperti saya 2bln sekali haidnya,tp stelah menikah haidnya ibu saya lancar,apakah ini faktor genetik atau ada masalah lain di diri saya?terima kasih dok sebelumnya,saya tunggu jwabannya.

  3. 1448
    diana z Says:

    dok, saya sudah menikah dan punya satu anak usia 4 thn. Sebelum menikah dan sampai usia anak saya 2 thnan lebih, siklus haid selalu 28 hari, bahkan saya berKB pakai sistem kalender saja ga pernah pakai kontrasepsi apapun. Tapi dok, setahun belakangan ini haid saya benar-benar kacau. Diawali haid sebulan 2 kali, lalu darah mens yang banyak, telat sebulan, dan sekarang siklus haid kalo ga 18 ya 20 hari dengan lamanya haid bisa 7 sampai 9 hari, jumlah darah yg keluar kadang bnyak kadang sedikit. kenapa y dok?

  4. 1447
    Uus Says:

    Dok, saya haidnya ko sudah 11 hr tp msih tetep bnyk yah?itu kenapa&bahaya tidak?
    Saya baru melahirkan tpi sudah 3 bln yg lalu apa ada pengaruh dri situ?
    Terimakasih Dok.

  5. 1446
    Anonymous Says:

    Dok saya nova

    Saya mw nanya kmaren saya haid lancar tp tiba” haid saya jd tlat uda tlat sebulan,itu knp y dok,

  6. 1445
    sinta Says:

    dok knpa yah saya umur 13 thn pertama saya mens umur 12 thn,. waktu terakhir saya mens bulan puasa smpai akhir ini saya blum mens2 lagi dan saya juga tdk melakukaan apa2 ,. ada apa dngan saya dok ,? tolong kasih jwbnya ya dok ? ,.

  7. 1444
    fathonah laras Says:

    dok” saya punya masalah klo menstruasi saya tidak lancar apa dampaknya bagi kesehatan saya ya dok?

  8. 1443
    ainun Says:

    dok….saya menstruasi terakhir 17 oktober kemudian mens berikut nya 1 desember….45 hari jarak mens berikutnya…apakah itu normal, saya udah nikah 9 bulan..pengen banget punya baby(hehe)mksh atas jwabannya

  9. 1442
    sinta Says:

    Dok sy mau tnya, sy abis mlahirkan 18juni kmaren, stelah masa nifas sy mens agustus dan sept, tp okt dan nov sy tidak mens, apakah itu wajar2 sj? Sy melahirkan operasi cesar dan blm kb .. Apakah bs hamil tnpa berhubungan dok? Trmksh

  10. 1441
    septia ningsih Says:

    Hai dok saya mau tanya…
    Saya baru saja menikah tanggal 10 November biasanya saya haid akhir atau awal bulan, tapi bulan ini saya belum haid..
    Apa mungkin karena saya stress sebelum menikah, umur saya 25 dan tidak pernah menjalani hubungan seks sebelum nikah, mohon infonya dok

  11. 1440
    abzanet Says:

    dear dokter,
    saya menstruasi sejak umur 12 tahun skrg umur saya 13 thun
    akhir2 ini setip bulan saya mengalami haidl sebanyak 2 kali apakah itu masih normal?
    klo tdk bagaimana solusinya dok?

    #terima kasih

  12. 1439
    NI WAYAN NONI EKA W Says:

    Dok,saya mau tanya apakah saya bisa hamil kalau selalu konsumsi obat biar bisa menstruasi karena menstruasi saya suka telat

  13. 1438
    linda Says:

    doktor saya mau bertanya….jika saya makan pil postinor 2 2 tablet sekali gus adakah saya boleh cegah hamil?????atau kebarangkalian hamil itu tinggi??

  14. 1437
    Armeinsky Says:

    Selamat pagi bu dokter ,

    Bu saya bekerja di perusahaan Asing yang world wide business dan cukup sibuk bulak balik ke luar negeri.
    Saya sering pusing pusing dann hampir tiap hari minum obat neuralgin dan hilang lah pusing nya bu dokter .

    Kan katanya berbahaya kalau minum obat tiap hari kan dok ?setelah saya check ternyata HB saya tinggi katanya yaitu 17,5. dan saya disarankan untuk plebhotomy dan sudah saya jalankan hampir 3 kali selama 2tahunan ini .

    karena nggak juga hilang tu pusing pusing , saya dikonsultasikan ke dokter specualsi syaraf dan dilakukan test EEG , juga hasilnya baik dan tidak ada yang perlu di kawatirkan dan saya diberi obat DUSOLF dan FUCOIDAN serta obat racikan .

    Yang saya pertanyakan , kenapa ya dok selama saya minum obat tsb , tensi saya jadi tinggi sampai 150 dan 105 ? apakah ada hubungannya dgn obat obat tsb dokter ?
    saya tidak pernah tensi setinggi itu selama ini sebelum minum obat tsb dan tensi saya normal 120 dan 90.

    Mohon saran dan kalau saya harus bayar kemana saya akan melakukan pembayaran . terima kasih .salam saya Armeinsky.

  15. 1436
    yudia Says:

    hai dok, saya yudia 21 tahun, saya mau tanya, saya sudah hampir 2 bulan tidak haid, skrg saya sudah haid lagi tp haidx lama sekali skrg udah jalan 3minggu, itu kenapa dok? biasax penyakitnya apa dok? dan apakah mempengarui kesuburan saya untuk mempunyai anak besok kalo sudh menikah dok?
    thanks

  16. 1435
    kiswara Says:

    Permisi dok, sy mau bertanya kpda Dokter ,sy saat ini berusia 19thn mau 20thn. .sy bru kali pertama mendapati haid smpai 3 mggu,tp di pertengahan sy sempat berhenti haid nya .namun keluar lg ,sy mahasiswa oolahrga ,sy akui mmg kegiatan. Sy keseharin berat karena berolah raga .apa itu pengaruh dgn haid sy. Yg tdk berhenti” Dok.mksih byk Dokter sebelumnya ..

  17. 1434
    ima Says:

    hai, dok aku ima mau tanya sudah 3 bulan ini belum dapat menstruasi, tetapi saya sudah test pack dan leb hasilnya -,apakah ada kemungkinan saya akan hamil?? dan selama 2 bulan ini ada flek barwarna coklat.

  18. 1433
    Ani Says:

    Maaf ibu dokter..Usia saya sekarang 38 tahun. Trimakasih.

  19. 1432
    nining Says:

    dok,sy mau tanya, saya pengguna pil kb,selama ini rutin, tapi tgl 28 malam, sy lupa tidak minum pil, pdhl tgl 27 malam saya berhubungan dengan suami saya, tp tgl 29, 30, dan 31 ini saya tidak berhubungan. apakah ada kemungkinan saya bisa hamil? terimakasih..

  20. 1431
    tari Says:

    siang.. dok saya mau tanya jika setelah 3 hari haid selesai ternyata terjadi ada bercak2 darah agi yang keluar, tapi tidak banyak hanya sedikit saja itupun hanya 2 hari saja. apakah ini berbahaya? saya berumur 20 tahun.

  21. 1430
    ica Says:

    malam dok,
    umur saya 27th, sdah mnikah dan baru melahirkan 6 bulan yg lalu secra cesar. Sya menggunakan kb iud saat ini, pemasangan akhir september. Sbelumnya kb suntik 3 bulan setelah nifas. Selama kb suntik, haid hanya sekali stelah pemakaian dan brlangsung slama 14 hari dan kluarnya sangat banyak dbandingkan biasanya, stelah itu tidak haid sma skli.
    Tapi Slama memakai iud setiap minggu sya slalu haid. Baru slesai 3 hari sudah haid lagi, hal ni trjdi sampai skrg (kurang lebih sudah 1 bulan). Lamanya haid normal 4-6 hari. Sdah periksa dspog, posisi iud bagus n rahim jg bagus. Saya jg masih menyusui eksklusive.. Yang ingin saya tanyakan apakah berbahaya siklus haid saya? Apakah harus pmeriksaan lebih lanjut? Dr memberi saya norulet, tp blum sya mnum, krna tkut.. Mohon jwban & sarannya ya dok.
    Trimakasih sblumnya.

  22. 1429
    Caca Says:

    dok, saya mau tanya, saya sudah 3 bulan belum dapat menstruasi, tetapi saya sudah tes pake test pack dan lab hasilnya -, apakah ada kemungkinan saya hamil?
    dan selama 2 bulan ini ada flek berwarna coklat dok

  23. 1428
    atik Says:

    Dokter,
    umur saya 17 tahun, saya mulai haid sekitar umur 13 th .
    haid saya saat hari ke 1-2 banyak, tp saat hari ke 3-4 selalu menurun drastis dan cenderung hanya darah yang berwarna kecoklatan . apa itu normal dok?? apakah ada sesuatu dengan saya?? dan kehamilan/kesuburan saya kelak setelah saya menikah??
    Terimakasih sebelumnya Dok…

  24. 1427
    Tanti Says:

    Dok , kenapa setiap saya mau haid , selalu mual mual dulu?
    Apa itu tanda haid normal atau tanda haid akan hamil ?

  25. 1426
    yussy Says:

    hai dok, saya yussy 21 tahun, sayamau tanya, saya sudah hampir 8 bulan tidak haid, itu kenapa dok? biayasax penyakitnya apa dok? dan apakah mempengarui kesuburan saya untuk mempunyai anak besok kalo sudh menikah dok?

Pages: « 59 [58] 57 56 55 54 53 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe