UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 7 6 5 4 [3] 2 1 » Show All

  1. 75
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ningrum,

    Sebaiknya tunda dulu kehamilan, sampai tukak lambung anda dibereskan.Bukannya tidak boleh, tapi akan merepotkan anda sendiri, plus janin bisa nutrisinya kurang optimal.

    Orang hamil tanpa sakit maag saja, biasanya mual dan muntah. Jadi lebih logik dan bijaksana bila kehamilan ditunda dulu.

  2. 74
    Herman Says:

    Halo dokter,

    Saya mau tolong tanya….lagi nih

    Apa benar buah pisang, pepaya, pir itu baik untuk orang yg sakit maag(asam lambung)? jika iya, kenapa yach?

    Thanks banyak atas jawaban dokter….(maklum saya baru pertama kali ini divonis sakit maag )

  3. 73
    ningrum Says:

    dok, ak jg punya penyakit tukak lambung, asam lambung berlebih sampe sakit rasanya.nyeri,panas terbakar, perut kembung, mual, mutah. apa keadaan seperti itu mempengaruhi kehamilan dok? maksudnya saya pengen hamil tp ada penyakit itu bisa tdk ya???

  4. 72
    Dr. Sukma Says:

    Sdr. Herman,

    Selain susu dan aloe vera, setahu saya bengkoang juga berdampak bagus bagi lambung, asal dikunyah sampai halus.

    Yang juga dapat mentralisir asam lambung adalah makan secara ‘frequent small feeding’, tekstur makanan yang lembut dan konsumsi makanan dalam keadaan hangat..

  5. 71
    Dr. Sukma Says:

    Sdr. Imam,

    Akan saya jawab satu persatu :
    1. Tensi rendah bisa akibat puasa plus sakit maag anda. Sebaiknya sementara jeda dulu puasa.
    2. Menaikkan tensi yang rendah sebaiknya mengkonsumsi protein, dari daging, telor dst.
    3. Berarti anda tidaktahan lactose didalam susu segar. Jadi belilah susu ‘lactose free’, bila tidak ada pilih susu dengan kandungan lactose paling rendah. Baca pada label susu.
    4. Terlalu banyak sumber yang ditanya akan membingungkan anda sendiri… Setahu saya endoskopi sangat aman ditangan dokter internist yang akhli dan biasa melakukan pekerjaan itu.

  6. 70
    Dr. Sukma Says:

    Hai Agus,

    Aloe vera hampir tidak mempunyai efek samping. Jadi sangat aman dikonsumsi istri anda yang sedang hamil..

  7. 69
    agus sa Says:

    dok, saya mo tanya . Istri saya sedang hamil tapi juga kena mag . amankah mengkonsumsi lidah buaya ?

  8. 68
    imam Says:

    hallo dok..
    sy mau tanya lagi.
    saya sudah dua hari ini agak terasa melayang atau oleng kalau dibuat berpaling wajah secara cepat, kemudian sy ke tetangga kebetulan bidan untuk sy cek tensi saya ternyata 90/70 itu pun gak dipaksa didengar dialat tensinya. Nah pertanyaanya
    1. apa itu karena sakit lambung sy ya dok…berarti sy gak boleh puasa ya dok
    2. kalau kurang darah apa yg saya sebaiknya konsumsi secara sehat Dok untuk mempercepat normalnya tensi
    3. kemudian sy disuruh minum susu segar ama tetangga tadi, tapi dulu kalau saya minum susu segar, perut saya terasa agak kembung setelahnya.itu bagaimana dok?
    4. o ya dok sy dibilang tetangga tadi bahwa endoskopi itu punya efek yakni pertama alat yang dimasukan lewat mulut kita dimana kita dalam keadaan sadar jadi bisa merasakan agak sakit kalau alat itu dimasukan. dan obat yg dimasukkan kelambung sebelum alat tadi dimasukan kalau tidak sesuai dengan kondisi lambung kita, bisa beresiko. benar itu dok ?
    Mohon Penjelasannya

  9. 67
    Herman Says:

    Halo Dokter,

    Terima kasih atas jawabannya,

    Dok…Jadi selain lidah buaya dan susu, Makanan dan minuman apa saja yang dapat membantu untuk menetralisir asam lambung?

    Thanks ..

  10. 66
    Dr. Sukma Says:

    Sdr. Herman,
    Langsung saya jawab, ya.

    1.Susu sangat baik bagi penderita maag. Karena bersifat basa/alkali, jadi menetralisir asam lambung. Susu cair maupun susu bubuk, sama baiknya.
    2.Madu baik dikonsumsi oleh penderita maag ataupun orang normal karena penuh dengan mineral dan trace-elements yang kita butuhkan. Tapi tidak spesifik untuk sakit maag.
    3.Hindari jus jambu biji(guava) bagi penderita maag. Karena juice itu kaya vitamin C yang bersifat asam. Jadi menambah keasaman lambung penderita.
    4. Kunyit dan temulawak tidak bermanfaat bagi penderita sakit maag.Karena sifatnya yang mengaktifkan gerakan pencernaan, jadi memicu sekresi asam lambung.

  11. 65
    Herman Says:

    Halo Dok,

    Terima kasih atas jawaban sebelumnya…

    Saya ada beberapa pertanyaan lagi nih dok… (agak banyak..he2x..)

    1. setiap malam sebelum tidur, saya minum susu sapi murni (bukan susu bubuk). Apa susu itu dapat membantu mengikat asam lambung/baik untuk penderita maag, Dok?

    2. Apa benar madu itu dapat mambantu mengatasi maag(asam lambung)? setiap pagi sepulang jalan pagi saya sering minum madu. Apa itu baik, Dok?

    3. Saya sering minum jus jambu biji, makan pisang. Apa mereka dapat membantu juga mengatasi maag(asam lambung) ?

    4. Yang terakhir….. saya sering dikasih tahu tetangga untuk mengkonsumsi Kunyit+ madu atau temulawak.
    Apa itu ada efek sampingnya?

    Mohon pencerahannya, dok…Thanks banyak.

  12. 64
    Dr. Sukma Says:

    Dear Herman,

    OK. Langsung aja. Inilah kemudahan dan flexibilitas dari aloe vera yang dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan dengan interval waktu yang flexible juga. Bisa 15 menit, setengah jam atau satu jam sebelum atau sesudah makan. Tidak masalah.

    Jadi sangat gampang khan? Dan murah-meriah…

  13. 63
    Herman Says:

    Halo Dokter,

    Sorry mau tanya lagi nih…..

    minum juice apel+lidah buaya itu paling bagus sebelum atau sesudah makan yach, Dok? kira2 berapa jam sebelum atau sesudah makan?

    Terima kasih banyak atas nasihatnya Dokter.

  14. 62
    Dr. Sukma Says:

    Hai Herman,

    Banyak yang mengatakan hanya sekali saja mengkonsumsi aloe vera sudah terasa jelas perubahan kondisi lambung.

    Jadi untuk pemula seperti anda 2-3 x seminggu sudah cukup. Tidak perlu setiap hari. Bila kondisi lambung anda sdh stabil, 1x seminggu.

    Bila sudah sembuh, untuk mencegah kambuh sebaiknya aloe vera dikonsumsi setiap setelah anda makan makanan: pedas, gorengan, bersantan, asam, dst(Sebaiknya hindari jenis makanan tsb bila menginginkan lambung dan pencernaan sehat).

    Mengenai kapan sembuh, setiap orang berbeda reaksi tubuhnya mengahadapi suatu penyakit.

  15. 61
    Herman Says:

    Halo Dokter,

    Sebelumnya terima kasih atas jawabannya…

    saya mau tanya lagi nih dok…

    Kira2 untuk mengobati penyakit saya, saya perlu makan lidah buaya+juice apel sehari berapa kali yach?

    Dan kira2 menurut dokter, berapa lama saya bisa sembuh dengan makan jus lidah buaya+apel tsb?

    Terima kasih banyak atas jawaban dokter…

  16. 60
    Dr. Sukma Says:

    Halo Herman,

    Dua pertanyaan anda akan saya jawab sekalian, ya.
    Antrum Gastritis itu berarti ada peradangan di bagian antrum lambung anda.Sama dengan istilah awam sakit maag.Sedang Hiatus Hernia berarti lambung anda bisa sliding ke atas arah esofagus akibatnya terjadi reflux, aliran balik dari lambung ke esofagus mengakibatkan rasa perih dan panas di ulu hati (heart burn).

    Obat2 yang ditulis semuanya standard untuk sakit maag ada yang cocok dan ada yang kurang cocok karena sifatnya yang individuil.
    Rasa panas dalam, memang salah satu tanda gangguan pada lambung dan pencernaan.

    Soal lendir dan getah aloe vera memang seperti itu. Justru lendirnya yang paling berpotensi menyembuhkan, karena sifatnya yang licin dan dingin sebagai pelapis dinding lambung. Bila getahnya yang kekuningan membuat kerongkongan anda gatal, sebaiknya dibuang saja. Aloe vera jangan dicuci, karena akan menghilangkan lendir komponen yg paling berkhasiat menyembuhkan gastritis.

    Soal buah apel yang dibuat juice, memang begitu adanya. Bila dibiarkan lama tidak segera diminum akan berwarna coklat-kehitaman karena teroxidasi. Sebaiknya anda gunakan apel juice yang sudah jadi (buavita)agar tidak merepotkan, seperti kebiasaan saya.

  17. 59
    Herman Says:

    Hi Dok,

    ini saya herman lagi mau tanya…

    sampai sekarang saya sering rasanya panas dalam..apa itu berarti maag saya belum sembuh total, dok?

    Apa boleh lidah buaya setelah dipotong kotak2 lalu dicuci dengan air putih bisas untuk menghilangkan lendirnya(banyak lendir jadi susah ditelan dan getahnya kuning bisa bikn leher gatal?)

    dan.kl apel di jus kok jadi cepat berwarna hitam yach? gimana solusinya? Sorry pertanyaanya banyak…

    Mohon solusinya…
    thanks

  18. 58
    Herman Says:

    Hi Dok,

    Saya mau tolong tanya nih…

    Saya sudah di endoskopi sekitar 3 minggu yg lalu. dan hasilnya: Antrium Gastritis, Hiatus Hernia. apa artinya itu yach dok?

    By the way, saya sudah minum obat zollocid, inpepsia, vometa. Tapi sampai sekarang masih merasa ada banyak gas di lambung hingga ulu hati.

    Oh, iya dok. apa panas dalam itu juga karena penyakit maag ini? dan apa benar asam lambung bisa bikin leher kaku?sesak napas?

    Mohon solusinya, dok?

    kira2 berapa kali saya harus makan lidah buaya supaya bisa sembuh dari maag(asam lambung) ini?

    Thanks berat dok…

  19. 57
    Dr. Sukma Says:

    Halo Puji,

    Tidak ada aturan baku mengkonsumsi aloe vera. Pada tahap awal, sebaiknya minum 2x perminggu.

    Setelah kondisi membaik dan stabil. sebaiknya dikonsumsi setiap kali anda merasa ada yang nggak beres di pencernaan.

  20. 56
    Puji Says:

    Aww,ma’f dok nanya.Sya jg pny skit maag, perut trsa pnuh n bnyk gasnya
    n untk pngobtn pke lidah buaya bs dmnum sehari brp kali? Mkcih

  21. 55
    Dr. Sukma Says:

    Sdr. Imam,

    Saya kira apa yang anda lakukan sudah benar. Dan so far so good, berarti semuanya itu sudah cocok dengan kondisi anda saat ini..
    Prinsip ‘yang paling tahu kondisi badan sendiri adalah yang punya badan itu’.

    Jadi, anda bisa teruskan puasanya.. Insya Allah sampai akhir. Amien..

  22. 54
    imam Says:

    Haloo Dok
    alhamdulillah saya bisa puasa seharian, kemudian saya buka dengan makan dikit nasi kemudian buah semangka sepotong dikit.gimana itu Dok boleh ya..?trus setelah magrib sy makan biskuit lalu makan aloevera kemudian setelah tarawih baru saya makan lagi nasi setelah itu aloevera mentah yg telah dicuci bersih gak pakai apa-apa.gimana dok pola seperti itu?
    tapi pada saat puasa sy hanya merasa lemas, lidah agak terasa tebal, itu saja Dok,berarti gak papa ya dok, dan bisa puasa lagi ya dok..?
    oya setelah makan sahur saya selalu minum omeprazole, gimana Dok..?
    Makasih Dok sebelumnya

  23. 53
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yanto,

    Obat2 yang anda konsumsi semuanya obat standard untuk sakit maag. Kecuali kunyit, obat tradisional yang berdampak antiseptik, anti kuman..

    Untuk keluhan anda, seperti jawaban saya ke hampir semua penanya, sebaiknya dicoba konsumsi aloe vera, yaitu tanaman lidah buaya yang diambil dagingnya beserta getahnya sekaligus, tanpa harus dimasak atau diblender.

    Potong dadu,campurkan ke juice apel. Minum manakala perut terasa terganggu (kembung, perih, sakit ulu hati, atau gerakan usus terlalu aktif sehabis makan pedas dan asam).

    Kunyit sebaiknya distop dulu, karena dampaknya mengaktifkan gerakan usus. Soal kotoran dipuser tidak ada hubungannya dengan gangguan pencernaan.Terkait dengan kebersihan kulit sekitar puser.

  24. 52
    Yanto Says:

    slamt siang dok, saya kembung perut terasa perih gampang masuk angin saya udah ke dokter dikasih mozuku, lansoprazole dan vometa, kadang2 terasa enak tapi kambuh lagi udah kira2 3 minggu saya sering minum kunyit tiap pagi. pernah pusar saya ada kotoran putih dan berbau saya bersihkan dengan tisu apa ada pengaruhnya?. terima kasih

  25. 51
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sdr. Imam,

    Dalam penilaian saya, kondisi pencernaan anda belum sembuh total.

    Untuk mengetahui apakah anda bisa menjalani puasa atau tidak dalam kondisi spt.sekarang ini, sebaiknya dicoba satu hari dulu. Bila fine2 aja, lanjutkan puasa anda..

    Indikasi melakukan endoskopi memang ada.Sebaiknya pada 2 tempat : gaster(lambung) dan kolon atau usus besar.

Pages: « 74 … 7 6 5 4 [3] 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe