UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 48 47 46 [45] 44 43 42 … 1 » Show All

  1. 1125
    Ari Says:

    Dr. Sukma yth, dok saya punya tetangga yg sakit maag belasan tahun lamanya. Sudah berobat kemana2. Sekarang setiap hari selalu pusing dan lemas. Apa harus berobat lagi atau cukup makan aloivera seperti saya? Terimakasih.

  2. 1124
    Iboy Says:

    Salam Sehat
    bu dokter,saya penderita maag. Saat ini sudah 3hari ini maag saya amat perih,sebelumnya tidak seperti ini…
    mungkin stres yg menjadi penyebabnya…
    bu dokter,yg ingin saya tanyakan:
    1.lidah buaya yg d maksud lidahbuaya yg sudah dalam kemasan atau kita sendiri yg mengolahnya.
    2.bagaimana cara mengolah lidah buayanya.
    3.selain melalui blog ini dimana saya bisa konsultasi langsung dengan bu dokter.
    atas perhatian bu dokter saya ucapkan terimakasih

  3. 1123
    Dr. Sukma Says:

    Hai Monik,

    Apa yang anda tulis itu ada benarnya, BILA dikonsumsi dalam jumlah extrim dan seringkali.

    Pada dasarnya terutama semua obat berbahan kimia dan sedikit pada obat herbal ada efek sampingannya. Tidak satupun obat yang PURE one hundred percent positive. Pasti ada saja efek negatifnya.

    JANGAN SALAH.Omega-3 pada gastritis BUKAN untuk menurunkan kholesterol. Akan tetapi sifatnya sebagai anti-stress vitamine.

  4. 1122
    Dr. Sukma Says:

    Hai Happy,

    Setahu saya Omega-3 bisa diminum berbarengan dengan obat2 maag yang lain. Tidak masalah.

  5. 1121
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nasri,

    Kemungkinan anda menderita kramp pada otot2 perut. Sehingga pada saat kambuh, anda bisa meraba 3 benjolan yang vertikal diperut anda.

    Gejala itu tidak berbahaya, saran saya diobservasi saja. Bila datangnya serangan kambuh semakin cepat dan dalam waktu yang semakin lama, barulah diperiksakan ke dokter saraf agar dilakukan pemeriksaan EMG pada otot perut anda.

  6. 1120
    Dr. Sukma Says:

    Hai Agung Satria,

    Proses penyembuhan gastritis paling cepat 2 bulan. Ada juga yang 2 tahun bahkan lebih.

    Tergantung reaksi tubuh terhadap terapi yang diberikan. Ada yang sensitif, biasa saja atau bahkan ada yang resisten alias tidak mempan terhadap pengobatan.

    Jadi sebaiknya anda bersabar. Kita lihat nanti, berapa lama anda akan pulih.

    Sementara itu teruskan obat2an, aloevera, chlorophyl dan jelly gamat yang anda konsumsi saat ini. Semua itu baik dan kerjanya bersinergi, sehingga baik untuk diteruskan, tidak ada efek samping..

  7. 1119
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fang Fang,

    Syukurlah semua polip sudah diangkat/polipektomi. Sekarang boleh bernafas lega, masalah polip sudah beres.

    Meski tidak selalu, dari data statistik ada yang kambuh lagi sekitar 20-30% kasus..

    Mungkin sebaiknya anda check up endoskopi satu tahun setelah pengangkatan polip. Ada tidak ada keluhan, lakukan gastroskopi ulang. Namun bila ada keluhan yang anda rasakan, sebaiknya segera diulang gastroskopi.

  8. 1118
    agung satria Says:

    o ya vitaminnya escovit, bukan voneta
    trima ksh dok?

  9. 1117
    agung satria Says:

    sore dokter, dokter pasti sibuk ya?
    pertanyaan saya blm kejawab lho dokter? saya ulangi lagi deh…….
    dokter yang baik,
    saya mau tanya lagi, saya agung satria,
    sebenarnya saya sudah 4 bln konsumsi obat dokter 2 bln pertama dosisnya 3x sehari ( solacap omeperasot+ obat campuran) tapi sekarang sudah 2x sehari ( pumpitor omeperasol+campuran ( Voneta+frixiti) cuman obat campurannya sekarang masih 3x sehari krna seminggu yg lalu badan saya sempat lemas, dan perut mual ( gara2 makan gak teratur)saya di kasih 2macam vitamin untuk jangka waktu 4 hari salah satunya vinota FT dan satunya saya lupa, setelah 4 hari saya check lg, katanya sudah ada kemajuan dan vitaminnya di stop. saya juga mulai minum jamu kunyit+daun lidah buaya yg di kupas dan potong2, chlorofil dan kadang2 jely gamat dari salah satu product MLM, klo boleh saya tau brp lama yg di perlukan untuk proses penyembuhannya? krn ada yg saya tau sampe 6 bln sampe 1-2 th mengidap sakit grastitis

  10. 1116
    monik Says:

    Yth. dr.Sukma, dok, saya pernah baca kalau ALOEVERA itu bisa mengencerkan darah dan begitu juga dengan OMEGA 3.
    Saya tidak kolesterol tetapi sakit maag parah. Apakah berbahaya apabila saya mengkonsumsi Aloevera dan Omega 3 bersamaan? Saya juga sedang mengkonsumsi obat maag.

  11. 1115
    Happy Says:

    Dr. Sukma yth, dok kalau minum Omega 3 dengan obat maag dari dokter itu perlu jeda waktu berapa lama ya?

  12. 1114
    Nasri Says:

    Yth.dr.sukma.usia saya 30thn kata dokter saya sakit mag,tapi sudah 2 bln ini blum jga sembuh,semua pantangan sudah saya jalankan,perut saya tidak terasa perih tapi kalau di tekan dari ulu hati sampai ke pusar ada tiga benjolan panjang bergaris vertikal keras,klw lagi kumat rasanya meruam sampe ke seluruh punggung dan badan saya langsung meriang.itu terjadi hanya sekitar 1 sampa 2 jam saja sudah sembuh kembali.apa sebenarnya penyakit saya ini,bagaimana cara penanganannya…Terima kasih atas jawabannya.wassalam :)

  13. 1113
    fang fang Says:

    Pagi dokter Sukma yg baik saya ikuti anjuran dokter u membuang polyp polyp di lambung . Ada 5 polyp@1x1cm, di Curvatura Mayor dilakukan dgn senar post polipektomie tdk tampak perdarahan. Dilakukan pemrksan PA. Tampak 6 polyp kecil @2x2mm, dilakukan biopsi dgn Hot Biopsi. Dilkkn pemrksan PA.Hsl dr TES HISTOLOGY & SITOLOGI +8 buah jaringan msng 2 sebesar biji lada,semua cetak.Kesmpln : Histologik menunjukkan gambaranpolyp kelenjar fundal multipel (Fundic gland polyp multipel).Dokter yg baik apakah polyp 2 tsb bisa tumbuh lg ,u mengecek lg apakh dgn test CEA lg atau lngsng di gastroskopi ulang setlh brp bln? Dan terakhir apkh sy slmnya hrs pantang pedas, asam ,gorongan, santen dan yg keras2. Bolehkah sy minum jelly gold gamat.Sblm n sesudahnya sy ucpkan terima kasih kpd dokter Sukma yg baik hati .

  14. 1112
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tyo,

    Sebenarnya tubuh anda sudah beradaptasi dengan kondisi demikian (makan pagi dan malam saja).

    Tapi sebaiknya diusahakan bisa ngemil atau makan snack/ringan pada siang hari, untuk mengantisipasi kekosongan lambung pada saat itu.

    Agar jangan sampai terjadi sekresi asam lambung yang sia-sia tanpa ada secuilpun makanan yang harus dicerna..

  15. 1111
    Dr. Sukma Says:

    Halo Agung Satria,

    Artinya : ada radang lambung (gastritis) yang sifatnya dipermukaan tidak dalam dan tidak menimbulkan tukak atau ulkus dengan tingkatan sedang yang disebabkan oleh kuman selain-HP.

    Jadi anda beruntung bukan HP dan pasti bisa disembuhkan. Biasanya lebih mudah mengobati gastritis non-HP dibandingkan HP.

    Pantangan makan dan minum baca lengkap di posting saya ini…

  16. 1110
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tesa,

    Pendapat saya anda tidak ada masalah serius..
    Keep living and enjoy life…

  17. 1109
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ari,

    Analisa saya anda terkena radang saluran kemih dalam hal ini cystitis yaitu kandung kemih yang meradang.

    Sebaiknya periksa lab. Urine Lengkap (UL). Dari UL akan ketahuan seberapa parah infeksinya dilihat dari jumlah lekosit didalam urine.

    Kunjungi dokter urologi atau penyakit dalam untuk tujuan tsb. Nanti akan diresepkan obat antibiotika atau anti jamur, dll sesuai hasil UL, OK.

  18. 1108
    tyo Says:

    dok saya berumur 20,saya setiap hari makan cuma dua kali sarapan da makan malem,jka sore cma minum karena tuntutan kerja,yang saya tanyakan apakah berbahayajika itu terus-terusa saya lakukan,trima kasih.

  19. 1107
    agung satria Says:

    dear bu dokter,
    saya mau tanya hasil lab sekaligus cara penyembuhannya
    Makroskopis : dlm botol injaksi brisi 2 buah biopsi endoskopi
    MIKROSKOPIS: Sediaan biopsi endoskopi tampak mukosa antrum dan corpus,pada lamina propria kedua makosa tampaak infiltrat limfosit dan plasma sedang ( inflamasi sedang) tidak tampak sel netrofil( aktifitas (-), metaplasma(-), atrofi(-) pada pewarnaan giemsa Hp(-)
    DX: Grastisis chronic superfesialis antrum dan corpus non Hp

    mohon dokter jelaskan artinya apa maag saya bs di sembuhkan? apa pantanyan makanan yg hrs saya lakukanZ?

    terima kasih

  20. 1106
    tesa Says:

    Yth.dr.Sukma, umur saya 28th, menikah 9 bulan dan belum punya anak. Siklus haid saya tidak teratur antara 25-31 hari (kata dokter masih normal)dan selalu nyeri haid di hari pertama. Bulan ini, haid saya ada keanehan, karna diawali flek coklat selama 4 hari (biasanya hanya sehari).Apakah ini masih ok,karna mungkin waktu itu saya menkonsumsi obat flu dan obat radang usus. Terima kasih banyak.

  21. 1105
    ari Says:

    Dokter sukma yth,
    Dok, mulas pagi itu bila selesai buang air kecil yang perasaan ngga tuntas ( seperti ingin keluar lagi ). Pagi tadi sebelum buang air kecil saya tidak minum air putih dingin ( suhu ruangan ). saya pikir mulasnya karena minum air dingin . saya tinggal di sukabumi dan kebetulan bersuhu dingin. Tapi masih ada mulasnya sebentar seperti mau bab tapi merambat ke belakang sampai ke pinggang. apa betul usus buntu dok ?. siang dan malam tak pernah sakit lagi. cuma pagi aja.

  22. 1104
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ari,

    Gejala dan keluhan yang anda tuliskan, mirip dengan gejala awal radang usus buntu(appendicitis).

    Sebaiknya periksa ke dokter bedah, agar diteliti dan kalau perlu dilakukan pemeriksaan appendicogram. Bila pemeriksaan tsb positif, maka itu berarti radang akut atau appendicitis akut dan harus segera dioperasi.

    Jangan sampai usus buntu keburu pecah didalam dan hal itu sangat berbahaya..

  23. 1103
    Dr. Sukma Says:

    Halo IGN Kompyang P,

    Akupunktur saya kira bisa menyembuhkan sakit maag. Asalkan titik-titik saraf yang ditekan tepat.

    Selain itu jamu kunyit, madu, aloevera dan chlorophyl bisa dikonsumsi dan saya yakini bisa memulihkan secara berangsur-angsur sakit maag atau gastritis.

  24. 1102
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ananda,

    Keluhan anda persis cerita klasik setiap wanita yang begitu sangat ingin hamil dan mempunyai momongan.

    Begitu kuatnya keinginan itu sehingga secara psikologis anda merasakan perut kembung membesar seperti orang hamil, padahal kenyataannya tidak. Jadi anda tersugesti oleh pikiran dan keinginan yang sangat kuat dan ‘ngoyo’utuk segera hamil.

    Saran saya, sebaiknya lepaskan dan buang jauh keinginan itu dan mulailah bersikap ‘nrimo’. Dengan berpasrah diri dan memohon serta menyerahkan kemungkinan hamil kepada Yang Diatas, maka buktikan nanti…

    Tanpa perlu ngoyo, anda secara perlahan namun pasti akan menjadi hamil sehingga impian andapun terwujud.. Dalam hal ini butuh kesabaran dari anda, OK.

  25. 1101
    Ari Says:

    Dr. Sukma yth, dok sudah dua hari ini setiap bangun tidur sakit di sebelah kanan puser lalu mulas seperti mau melahirkan. Apa itu juga sakit maag? Apa yg hrs saya lakukan?

Pages: « 74 … 48 47 46 [45] 44 43 42 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe