UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 53 52 51 [50] 49 48 47 … 1 » Show All

  1. 1250
    mega purwo Says:

    Hallo dokter Sukma,
    Dok, kakak saya menderita hipertensi 160/100 dan maag,di kasih obat lansopra zole, stator ator vastatin calcium, ciprofloxacin, inpepsa sucralfate, Captopril dan bisoprolol fumarate tetapi setelah minum obat tersebut kok kepalanya pusing,dan mual, sudah 4 hari ini. Rencana kontrol 4 hari lagi. Apakah ini berarti tidak cocok obatnya ya dok ?

  2. 1249
    Gia Says:

    Yth. Dr. Sukma

    Saya berumur 35 thn dan sudah 3 minggu ini maag saya kambuh…minggu pertama saya hanya merasakan banyak sekali gas di perut bahkan menyebabkan nyeri di dada kiri dan kanan bahkan nyeri sampai ke seluruh badan dan tangan walaupun tidak menetap sampai saya tidak bisa tidur…akhirnya saya bawa ke dokter jantung dari cek darah EKG dan rontgen dikter menyatakan semua normal lalu saya ke internist dan saya diberi obat GANATON dan DEPAS untuk 2 mgg.. biasanya kalo maag saya kambuh saya hanya minum promag 1/2 tablet dan akan sembuh..karena tidak ada perbaikan masih kambuh2an bahkan tiap skitar 2 jaman ulu hati sering sakit dan harus diisi makanan dan gas masih banyak dan banyak sendawa serta fluktus juga kadang terasa sesak sampai ke dada atas dan akan sedikit lega kalo gas dikeluarkan lewat sendawa akhirnya saya ke kembali ke dokter dan diberi obat CEREKINON, GASKON dan PARIET..untuk 2 mgg
    yang sangat berat sekitar 2 jam di malam hari saya terbangun karena perut terasa sakit, melilit..ulu hati sakit dan banyak gas kalo saya tidak isi (biasanya roti/biskuit) tidak bisa kembali tidur semalam bisa 2-3 kali bangun..kalau hanya diisi air putih kadang bisa tidur lagi tetapi paginya gas sangat banyak..ulu hati dan perut sakit serta merasa sesak dan badan lemas…
    saya ingin sekali mengkonsumsi Aloe vera seperti yang dokter sarankan tetapi karena saat ini saya menetap di jepang dan belum pernah menemukan lidah buaya segar yg ada sudah dalam bentuk olahan (dipotong2 dan di larutkan dalam cairan yg saya kurang mengeri kandungannya hanya sorbitol yg bisa saya baca)…apakah tidak apa2 saya mengkonsumsinya pada saat maag saya sedang kambuh ini dok?….saya ingin sekali segera sembuh dok karena kalo sampai minggu depan maag saya belum sembuh juga akan di endoskopi…saya mohon sarannya dokter karena kalo bisa tidak usah di endoskopi..terimakasih sebelum dan sesudahnya dokter..

  3. 1248
    pepy Says:

    dok…..saya sedang perawatan badan kesebuah klinik kewanitaan…..dan saya diwajibkan minum obat herbal……nah yg saya tanyakan saya lagi menyusui anak umur 1 tahun berbahayakah buat si bayi…..terimakasih

  4. 1247
    didi Says:

    hi, dokter sukma

    di perut sebelah kanan bawah ibu saya ada benjolan sebesar
    1.5 kepalan tangan orang dewasa. awalnya hanya sebesar kelereng, kami menduga itu hernia, karena benjolan itu berada di dekat bekas sayatan operasi pengangkatan rahim belasan tahun yang lalu. ibu saya pernah operasi pengangkatan rahim sebanyak 2 kali karena yang pertama terjadi pendarahan. operasi itu dilakukan di jakarta.
    benjolan tersebut tidak terasa sakit, hanya perih sewaktu terlalu banyak bergerak, mungkin robekannya bertambah besar. kami ingin membawanya ke penang. apakah dokter sukma bisa rekomendasi dokter dan rumah sakitnya ? atau dokter spesialis apa yang harus kami temui ?

    terima kasih

  5. 1246
    Liany Says:

    Dear Dr. Sukma
    saya tertarik dengan terapi aloe vera dan jus apel, tapi saya tdk tahan dengan bau aloe vera apalagi membayangkan mengunyahnya aduhhh…. apakah akan sama khasiatnya apabila aloevera saya jus bersama apel sehingga tinggal di glek saja???? saya belakangan ini suka merasa sebah dan heart burn(rasa panas dari maag hingga kepangkal leher) serta makan sedikit saja rasanya perut sudah penuh sekali. apakah sama khasiatnya juga bila saya minum jus apel + aloevera produksi buavita? trims before dok.

  6. 1245
    Forte Escape Says:

    maaf bu dokter saya ada pertanyaan yang terlupakan

    3. apakah aloevera dan inpepsa dapat “bertabrakan” jika dikonsumsi dalam waktu yang berdekatan?

    4. apakah aloevera dikonsumsi bersama dengan lendir / gelnya?

    5. menurut bu dokter kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi aloevera? pada saat pagi siang atau malam sebelum tidur?

    maaf jika banyak bertanya bu dokter. atas jawabannya saya ucapkan terima kasih banyak.

  7. 1244
    Forte Escape Says:

    halo bu dokter sukma yth

    terima kasih atas kesediaan ibu untuk menjawab pertanyaan saya. saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan lagi seputar penyakit maag saya.

    1. apakah ada obat atau cara tradisional yang dapat membantu menjinakkan asam lambung yang melimpah? karena lansoprazole sendiri menurut saya kurang mampu untuk menjinakkan asam lambung saya. saya pernah mencoba menambahkan antasida saat sedang panas2nya dan terbukti efektif, namun saya khawatir jika kebanyakan obat kimia akan dapat menimbulkan efek samping.

    2. apakah ibu punya cara untuk membantu mengontrol asam lambung supaya tidak melimpah pada saat tidur malam hingga bangun pagi? karena dari pengalaman saya, saat yang paling menderita pada penyakit ini adalah pada saat bangun pagi. perut terasa melilit, kembung dan reda jika diberi antasida.

    terima kasih sebelumnya atas jawabannya bu sukma.

  8. 1243
    mega purwo Says:

    siang dok, kalo trigliserida 206 apa efeknya ya dok, normal nya < 150 ? Thanks ya dok.

  9. 1242
    Uma Says:

    Hi Dr. Sukma,
    Dua hari yg lalu saya periksa darah, dan hasilnya Creatinin 1,6 Ureum normal, Kolesterol 218 LDL 140.

    Apakah dgn Creatinin saya sudah masuk katergori ‘ada gangguan ginjal’? mengingat Ureum saya normal. Dan saya sering pegal di lengan dan leher, apa ini karena kolsterol?

    Trima kasih dok.

  10. 1241
    Dr. Sukma Says:

    Halo Jati,

    1. Dokter merahasiakan racikan obatnya itu boleh saja. Namun anda masih bisa minta copy resep ke apotek tempat anda membeli obat yang cocok itu. Dari copy resep itu anda kunjungi dokter internist ditempat baru anda, agar diresepkan obat dengan racikan seperti copy resep itu.
    2. Dianjurkan aloevera yang dibuat sendiri dari alam ciptaan Tuhan, agar bahannya benar2 asli, bukan sintetik atau bahan kimia buatan manusia. Memang tidak praktis, namun khasiatnya jauh lebih baik dibanding yang siap minum.

  11. 1240
    Dr. Sukma Says:

    Halo Agung Satria,

    Boleh dan malah dianjurkan minum susu kedele pada penderita gastritis karena kandungan isoflavon-nya.

  12. 1239
    Dr. Sukma Says:

    Halo Forte Escape,

    1. Sebaiknya dikonsumsi bersamaan. Caranya: setiap anda merasa lapar, aloevera buatan sendiri bisa dikonsumsi sampai kenyang. Minum obat resep dokter sesuai aturan. Bila sebelum makan ya diminum obatnya sebelum aloevera. Bila sesudah makan obat diminum sesudah aloevera.
    2. Untuk sementara kunyit dan madu mungkin nanti saja setelah obat resep dokter habis. Biar tidak terlalu banyak ragam, sehingga merepotkan pencernaan.
    3. Nanti setelah obat yang diresepkan habis, anda boleh kombinasi kunyit dan madu serta aloevera bergantian, mungkin kunyit dan madu pada pagi hari saja atau anda atur sendiri mana terbaik bagi kondisi tubuh anda.
    4. Tidak sama. Aloevera fungsinya hanya untuk melapisi dan mendinginkan serta menjinakkan dinding pencernaan terutama lambung yang sedang luka-luka lecet seperti sariawan.

  13. 1238
    Forte Escape Says:

    halo bu dokter sukma yth

    sudah 1 bulanan saya menderita maag dengan gejala2 kepala seperti melayang, kembung, kadang perut seperti ditusuk2, mual setelah makan, suhu badan kadang2 naik, mulut terasa kecut dan badan terasa lemas. oleh dokter saya diberi obat inpepsa dan lansoprazole.

    saya merasa tertarik untuk mengkonsumsi lidah buaya seperti yang dijelaskan ibu diatas. yang ingin saya tanyakan bu:

    1. apakah untuk kondisi seperti saat ini sebaiknya saya mulai mengkonsumsi lidah buaya, menghabiskan obat dokter dulu, atau mengkonsumsi bersamaan?

    2. saya juga pernah mendengar bahwa air rebusan kunyit dan madu merupakan obat sakit maag yang cukup baik. menurut bu dokter apakah benar demikian?

    3. jika benar demikian, bolehkah saya mengkonsumsi kunyit dan madu bersamaan dengan aloevera?

    4. apakah inpepsa mempunyai fungsi yang sama dengan lidah buaya?

    terimakasih sebelumnya atas jawaban dari bu dokter sukma.

  14. 1237
    agung satria Says:

    mau tanya dok, boleh gak kloseorang yg menderita grastitis munum susu kedelai? sebab saya suka minum susu kedelai

  15. 1236
    jati Says:

    makasih dok atas blog yg sangat bagus ini,
    saya sudah menderita maag kronis 3th, lambung sangat sensisif dengan pedas dan asam, mudah lapar kalau tidak diisi badan jadi oyong dan keringat dingin.
    Sudah berobat ke banyak dokter dan obat tradisional:
    1.ada ke dokter yg cocok dikasih obat ramuan tapi minta copy resep tdk dikasih diminta datang saja kalau butuh tapi saya dimungkinkan mutasi dari kota dan pulau dimana dokter tsb berada. gimana dok sebenarnya apakah boleh dokter merahasiakan racikan obatnya?
    2.sudah banyak nyoba obat herbal dan pernah nyoba saran dokter yaitu lidah buaya dan efeknya bagus namun tergoda makan pedas jadi kambuh lagi seperti semula (dan sedang nyoba kunir dan baca petunjuk dokter di atas kunir tdk bermanfaat ternyata benar justru saya sering lapar lagi) maka mau nyoba lidah buaya lagi, bagus tidak kalau lidah buaya yg udah dibuat kapsul dok karena lebih praktis?
    makasih dok

  16. 1235
    Dr. Sukma Says:

    Hai Urip,

    Kemungkinan ada gangguan pada kedua ginjal anda. Jadi sebaiknya periksa Urine Lengkap, dan hasil lab. nanti boleh anda tulis di blog ini lagi. Mungkin perlu juga diperiksa fungsi liver anda. So, minta juga ke lab. PK pemeriksaan fungsi hati (LFT).

  17. 1234
    Dr. Sukma Says:

    Hai Bulky,

    Bila komposisi obat yang anda minum ada asam (tranexamic acid) tentu ada dampaknya, sedikit atau banyak tergantung sensitivitas seseorang.

    Untuk menyiasati asam lambung yang mengiritasi saat tidur malam, sebaiknya anda minum susu hangat setengah gelas sebelum tidur malam. Selain membuat tidur anda nyenyak, susu yang bersifat basa atau alkali akan menetralisir asam lambung..

  18. 1233
    bulky Says:

    hi dr sukma

    apakah dokter punya tips untuk menjaga agar asam lambung tidak meningkat dan mengiritasi pada saat tidur malam? kemaren saya diberi resep untuk pendarahan wasir saya yaitu kalnex. yang ingin saya tanyakan adalah apakah kalnex dapat memicu asam lambung mengingat komposisinya adalah asam tranexamic?

    trims sebelumnya dok. saya merasa banyak terbantu dengan blog dari dokter ini.

  19. 1232
    urip Says:

    Hai dok,
    Alhamdulillah dok rasa kembung dan sakit di ulu hati saya sekarang sudah hampir jarang terasa, tetapi nyeri yang kabur dan panas di sebelah tali pusat kanan saya masih ada. Apa benar itu gejala maag kronis tapi kenapa tidak ada pengaruh ( hilang )setelah saya isi perut dengan makanan. Dan lagi sakit di pinggang kanan kiri bila ditekan jari masih terasa sakit. Mohon dengan sangat dok agar bisa memberi penjelasan, terus terang saya sedikit stress padahal seluruh badan sehat2 saja. Terima kasih

  20. 1231
    Dr. Sukma Says:

    Hai Adriani,

    Dikatakan tidak cocok dengan terapi aloevera, bila setelah konsumsi 2-3 kali tidak ada perubahan. Keluhan dan gejala tetap seperti sebelum konsumsi aloevera, OK.

  21. 1230
    Dr. Sukma Says:

    Halo Andy Christianto,

    Untuk peptic ulcer biasanya diberikan obat sucralfat. Sedangkan obat herbal mungkin bisa dicoba buah mengkudu atau pace. Ada yang dijual dalam botol.

    Pada prinsipnya semua makanan yang anda tulis boleh untuk penderita maag, kecuali sawi. Makanan tersebut sebaiknya diolah dengan direbus, JANGAN digoreng..

  22. 1229
    Dr. Sukma Says:

    Halo Uma,

    Yang jelas kondisi anda tidak fit. Sebaiknya anda olah raga teratur, 2-3 kali seminggu. Lakukan treadmill untuk melatih otot jantung dan menurunkan BB. Diharapkan nantinya kolesterol anda akan menjadi normal dan tubuh lebih sehat dan enak dipandang..

  23. 1228
    Anne Says:

    Ok Dokter,thank’s,mulai skrg sy akan pikir dulu utk mkn.Obat farmasi blh tdk usah diminum lg dok?Sdh 2thn mkn obat farmasi,stlh mkn aloevera sdh 2minggu lbh tdk mkn obat farmasi&tdk kambuh sakitnya,stlh mkn lada sj kmrn baru kambuh.Hanya mkn aloevera sj bgmn?Blh?Thank’s Dr.Sukma.

  24. 1227
    Uma Says:

    Hi Dr. Sukma,
    Saya belakangan ini sering lemas tiba-tiba walaupun baru bangun tidur.
    Sebulan lalu saya check darah, kolesterol total 240; LDL 160, SGPT 46.
    Yang ingin saya tanyakan, apa karna kolesterol yg tinggi atau karena asam lambung yg sudah saya derita selama 2 tahun ini yg menyebabkan kadang lemas tiba-tiba?

    Atas jawabannya terima kasih banyak dokter.

  25. 1226
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anne,

    Sebaiiknya bila sakit maag anda tidak mau kambuh lagi, HINDARI lada dan semua pantangan makan dan minum penderita gastritis/maag. Rasa itu cuma sebentar, saat di lidah paling lama 2 menit, dan setelah itu akan turun ke lambung lewat tenggorokan.

    Mulai saat ini sebaiknya anda makan dengan berpegang pada LOGIKA/pikiran sehat dan jangan hanya mengutamakan RASA di lidah anda.. Jadi pakai pikiran dan logika pada saat makan, sehingga yang pahitpun akan terasa enak, karena kita tahu dampak/efeknya bagus dan baik bagi kesehatan lambung, OK.

Pages: « 74 … 53 52 51 [50] 49 48 47 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe