UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 68 67 66 [65] 64 63 62 … 1 » Show All

  1. 1625
    vero Says:

    selamat siang dok.,
    saya wanita usia 17th,saya mau bertanya dok,perut saya selalu sakit,kadang timbul kadang hilang,tapi letak sakitnya berubah-ubah,suhu tubuh naik turun,sulit bab,kepala kadang pusing atau sakit,telapak kaki saya selalu dingin,lidah kotor,bibir pecah-pecah,dan badan terasa bergetar.dok,apa itu ada hubungannya dg maag?setiapkali saya periksa,saya slalu diberi obat maag,tapi kekuhannya tak kunjung hilang.mohon pencerahannya dok,terimakasih.

  2. 1624
    andi gunawan Says:

    informasi yang menarik bu dokter, kebetulan saya juga sedang memasarkan produk herbal untuk mengatasi perut kembung,namanya minyak obat mas, sebuah ramuan herbal buatan putra bangsa.

  3. 1623
    Dr. Sukma Says:

    Halo Pak Imam,

    Saya tegaskan disini bahwa TIDAK ada jalan lain selain operasi pada kasus appendicitis akut. Bila operas ditunda-tunda maka bahaya bila terjadi perforasi atau pecah didalam. Seluruh isi usus buntu akan berhamburan keluar mengotori rongga peritoneum sehingga terjadi peritonitis yg merupakan kegawatan dibidang medis yg bisa mempertaruhkan nyawa.

    Jangan diurut ke alternaif, dsb yang bisa memicu terjadinya pecah atau perforasi usus buntu.

  4. 1622
    Dr. Sukma Says:

    Hai Linda,

    Cobalah minum susu hangat sebelum tidur. Kalau bisa satu gelas, minimal setengah gelas. Susu akan menetralisir asam lambung, plus bisa membuat anda tidur nyenyak.. You better try this.

  5. 1621
    Linda Says:

    Dear Dr.Sukma,
    Yang mau saya tanyakan, sudah lama saya mengalami mual dan susah bersendawa. Tapi mual masih belum pernah sampai muntah. Setiap kali bisa bersendawa, perasaan mual itu pasti baikan. Masalahnya kadang saya susah utk bersendawa keluar. Jadinya perasaan mual itu bisa mengganggu saya semalaman. Apa yg harus saya lakukan ya dok? Mohon Bantuannya.

  6. 1620
    Dr. Sukma Says:

    Halo indra Megah,
    1. Betul akibat asam lambung yg berlimpah
    2. Perut sbl kiri adalah posisi lambung dan limpa dibgn atas sedangkan bawah itu kolon atau usus besar
    3. Leher kencang akibat asam lambung yg naik ke tenggorokan.
    4. Berusahalah tenang, kurangi stress dg melakukan meditasi minimal setengah jam setiap sesi dilakukan pagi bangun tidur dan malam sebelum tidur. Engan menarik dan menghembuskan nafas secara perlahan dan menarik nafas dalam-dalam maka rasakan hening dan senyap, sehingga anda bisa berkomunikasi dg Sang Maha Pencipta. Mohonlah berkah agar diberikan kesembuhan terhadap masalah kesehatan yg anda miliki.. Dengan demikian anda telah berserah diri kepada Yang Diatas sehingga pikiran anda praktis tenang dan ringan tanpa beban. You should try this..

  7. 1619
    Indra Megah Says:

    Selamat siang dokter,
    Saya pria 23 tahun. Sekitar 2 tahun lalu, waktu saya masih kuliah, saya sering telat makan dok. Nah akhir tahun 2010 lalu, saya mulai sering sendawa. Kadang sampai susah nafas. Ketika sedang kambuh, saya kerokin bagian dada dok. Kadang membaik, kadang juga tidak. Hingga akhir2 ini rasanya semakin gak enak dok. Kadang sampe susah napas sekali dan leher terasa kencang. Saya orangnya mudah cemas dok, mudah kepikiran sesuatu, ketika susah nafaspun saya sering panik. Saya punya beberapa pertanyaan dok :
    1. Apakah ini akibat lambung saya? Jujur saya takut karena sampai susah bernafas dok…
    2. Bagian perut sebelah kiri kadang terasa perih dok, apakah di situ posisi ulu hati?
    3. Apakah leher yang kencang dan susah nafas saya akibat dari lambung saya? Atau mengarah ke jantung dok?
    4. Tindakan apa yang bisa saya lakukan guna memperbaiki kesehatan saya ini dok?
    Terimakasih buat perhatian dokter menanggapi keluhan saya ini… Selamat siang dok…

  8. 1618
    yusuf Says:

    mt sore Dok… saya menderita sakit maag kurang lbih suda 2thn.. dan biasanya klo udah nyeri lambung, juga merasa ketakutan yg berlbihan, banyk orang orang bilang maag saya dah parah banget.. klo uda sperti itu apa obat alami aloevera juga bisa menymbuhkanya juga?

  9. 1617
    hendra Says:

    satu lg dok, sy mau nanya : apakah madu dapat menyembuhkan penyakit maag??
    terimakasih sebelumnya dok.

  10. 1616
    hendra Says:

    Salam kenal Dok, nama sy hendra umur 23 tahun. Sdh hampir setahun sy mengalami penyakit maag, rasanya ga’ enak bnget, perut kembung,mual, terasa penuh di lambung dan perih di ulu hati serta nyeri di punggung. pertanyaan sy adalah apakah penyakit maag dapat sembuh tanpa kambuh lagi dok? apa sj obat herbal(alami) yg dpt menyembuhkan penyakit maag ini dok?

    Mohon Jawaban dr Dokter,Terima kasih.

  11. 1615
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sugeng Hartono,

    Sepanjang yg saya tahu, aloevera BISA dikonsumsi setiap hari TANPA efek samping.. Jadi silahkan saja menikmati aloevera sesuai selera dan sepuas anda. Saya percaya reflex tubuh akan memberi sinyal bila makanan yg masuk ‘acceptable’ dan dibutuhkan tubuh. Ikuti saja naluri atau instinct anda.

    Selain lambung, efek aloevera bagus untuk seluruh saluran cerna, kulit, rambut dan mendinginkan organ dalam pada umumnya..

  12. 1614
    Sugeng Hartono Says:

    Selamat siang dokter.
    Saya mengucapkan terima kasih atas informasinya,setelah beberapa kali mengkunsumsi aloe vera, baik yang sudah jadi ( beli di super market ) atau yang mentah dg terlebih dahulu di rendam air panas, dan alhamdulillah saya merasakan perubahan pada perut saya.
    Pertanyaan saya apakah baik kalau mengkunsumsi aloe vera secara rutin tiap hari? apakah tidah ada efek sampingnya?
    selain mengatasi mag, apakah ada manfaat lainnya?
    Terima kasih.

  13. 1613
    Rahmad Fauziyanto Says:

    Selamat siang Dok(Maaf karena waktu mnulis ini masih siang)
    Saya seorang Mahasiswa Stikes, ayah saya Menderita sakit pada bagian perut sejak beberapa bulan lalu,Dengan keluhan Panas pada bagian perut, Kembung, dan Terasa Mbesesek/sebah/penuh. Pernah dicoba berobat ke Klinik dan diagnosanya menyatakan ayah saya sehat dan hanya menderita gastritis ringan, Selanjutnya diberi obat sjenis antacid. Tp sampai sekarang tidak ada perubahan sama sekali, Jika ada Obat yg harus diminum dan Diet2 khusus,Yang ingin saya tanyakan Apa obat yg cocok untuk ayah saya? Mohon solusinya.
    Sekian terima kasih banyak atas perhatian bu Dokter.

  14. 1612
    ajeng Says:

    dok saya mau tanya, dok saya susah buang air besar,,,saya bisa 1 minggu 1x, dan ini udah terjadi selama 6 tahun terakhir. sampai saya kurangi makan daging, yang saya makan sayuran semua, pepaya tapi tetap dok. sampai akhirnya dua bulan yang lalu dari dubur saya keluar darah tiba2 selama 3 hari 2x. darah yang keluar tidak terasa seperti halnya diare, dan banyak seperti pipis. Saya tidak merasa sakit apa2. Sudah 1 tahun ini setiap saya makan selalu sakit dperut bag kanan atas. saya udah periksa k 3 dokter tapi tetap saya susah buang air besar. Kenapa y dok?

  15. 1611
    Dr. Sukma Says:

    Hai Indra,

    Untuk mengetahui ada/tidaknya deplesi/ gangguan elekrolit sebaiknya diperiksa kadar serum : Na, K, Ca dan Mg. Dikalangan medis umumnya kita memantau ke-empat elektrolit tsb. Bila nanti ada nilai elektrolit yg abnormal, barulah dilakukan koreksi thd abnormalitas tsb. Umumnya kalau terjadi kekurangan kadar K (potassium), diberi minum air kelapa sangat membantu mengembalikan deplesi K, sehingga pasien diare berat dapat tertolong dg air kelapa. Mengenai oralit juga bisa karena mengandung elekyrolit yg diperlukan tubuh.

  16. 1610
    Widjaya Says:

    Dokter Sukma yang baik,

    Istri saya kena gangguan maag, sejak Desember 2010. Bulan April, Sudah tes darah, endoscopy, lambung hanya ada iritasi, tidak ada HP. CTScan, tak ada batu empedu, semua organ normal. Sejak April ditambah insomnia.

    Setelah baca2 di sini, sudah dua bulan lebih minum jus lidah buaya asli plus madu. RUTIN PAGI DAN SORE. Memang rasa sakitnya jauh berkurang setelah minum lidah buaya. Tapi sampai sekarang belum sembuh, perut masih kaku, kembung, shg masih perlu minum jus lidah buaya.

    Sekarang kondisinya lemah, seperti tak punya tenaga, bangun tidur tangan terasa kesemutan. Padahal asupan makanan, walau makan sedikit2, dan sudah ditambah susu Entrasol (pengganti makanan padat) plus vitamin B komplek.

    Saya baca:
    <<>>
    di:
    http://health.detik.com/read/2011/01/13/094847/1545424/766/obati-maag-dengan-lidah-buaya?ld991106763

    Yang saya kuatirkan dan tidak mengerti dan mohon tanya adalah soal istilah “Deplesi elektrolit”. Apa itu artinya, gejalanya dan solusinya.

    Praduga sebagai awam, perlu dikasih ORALIT, untuk mengatasi Deplesi elektrolit tsb. Tapi belum saya beri. :-)

    Sekian terima kasih banyak atas perhatian bu Dokter.

    Salam
    indra

  17. 1609
    Dr. Sukma Says:

    Halo mahasiswa,

    Saya berkesimpulan anda terkena radang tifus. Sebaiknya ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam sub divisi tropical diseases. Perlu pemeriksaan penunjang spty Widal test atau Rapid Widal, dll.

  18. 1608
    Kiddo Says:

    Dok,., saya mahasiswa….
    3bln yg lalu saya diare n maag,, g’ nafsu makan n pengen muntah trus..
    Stelah smbuh diare’ny & udah nafsu makan lagi,, tapi perut saya masih kembung trus dok…
    Lidah saya juga brwarna putih…
    Udah 3bln g’ mkn buah,, & g’ makan yg pedes2/asem2 dok,, takut tambah parah..
    D bagian kiri perut kadang msh trasa sakit..
    Kadang saya jg kena radang tenggorokan,, minum adem sari atau troches biar sembuh..
    Radang tenggorokanny sembuh., tapi koq lidah saya makin tebal y putihny….
    Mohon minta solusiny dok…
    Makasih…
    ^__^

  19. 1607
    agus Says:

    untuk makan daging lidah buaya cara konsumsinya bagaimana?sebelum makan apa sesudah makan, pagi apa siang,malam…. Dok….makasih banyak dok…

  20. 1606
    alfan Says:

    dok sy maag kronis ada bakteri hp, ama dokter diberi eritromisin 500 mg dan amoxicilin 500 mg selama 2 mggu tp setelah di endoscopi lagi, msh ada luka di lambung shg obat antibiotik tsb diberi lagi selama 2 mggu lg. Apakah obat antibiotik yg diberikan selama 1 bln berturut turut baik bagi tubuh kita?

  21. 1605
    Wahyu aMe Says:

    dokter Sukma, saya mau tanya, saya umur 24yh, BB 75, TB 170, saya sering merasakan nyeri sekitar dada kiri bawah puting, dada bag tengah, kadang di ulu hati, perut kanan, perut kiri, area pusar, bawah tulang rusuk dan punggung dibawah dan sekitar belikat kiri, sering buang air lembek dan kadang berbuih, saya sudah pernah coba menemui dokter dan menurut mereka (4 dokter berbeda) semua masalah pencernaan/lambung/maag, namun sampai saat ini (sudah sekitar 4 bulan) nyeri dada dan area lainnya masih sering muncul, nyeri di dada kadang seperti ditekan kadang seperti rasa ngilu (sama dengan nyeri punggung), mohon bantuannya dok, apakah memang masalah maag atau ada pengaruh lainnya, terima kasih banyak sebelumnya.

  22. 1604
    Irvan Says:

    Dok.sukma yth
    Sy mau tanya
    Saya berusia 29thn penderita maag.,sy sering merasa cepat lelah dan tidah tahan kena angin sering merasa dingin pada dada kiri.,apakah itu memang pengaruh maag ataukah mgkin maag sy sudah akut.? mohon bantuannya dok
    Makasih sebelumnya

  23. 1603
    Pinantun Says:

    dear bu dok,
    saya laki2 27 thn dok..sudah 1 bln perut cepat gembung dok,tp lambung saya tdk perih saya rasa,trus punggung saya cpt capek atau nyeri dok..buang air besar sulit dan buang angin jg dok,dan tidur sulit dok..badan derastis turun..lemas bu,kadang bernafas tidak lega dok..saya sudah berobat kemana-mana dok..katanya asam lambung naik..tp saya minum obat yg diberikan tdk ada berubah lambung saya bu..yg saya tanyakan dok.apakah itu sakit maag atau ada sakit yg lainnya dok?dan saya mohon apa obat yg bagus bu dokter..dan makanan apa saja yg bisa saya makan dokter? terimakasih sebelumnya bu..

  24. 1602
    Agust Says:

    Salam kenal dok..
    saya agust umur 27 thn,saya ingin bertanya dok, kenapa perut saya terus gembung dok,tp lambung saya tidak ada saya rasa perih,apakah itu sakit maagh juga dok?trus berat badan saya dirastis turun dok, fisik lemah, punggung terasa nyeri dan gampang capek,dan kadang sesak kalau bernafas dok,terasa gak lega dok..sakit saya ini sudah ada 3 minggu dok..dan sudah berobat kerumah sakit katanya asam lambung tinggi..obat yg dikasi INPEPSA SUCRALFATE 500 mg gol. K, PANTOZOL 40mg, DOMETA DOMPERIDONE 10mg, FRIXITAS ALPRAZOLAM..obat yg coco saya komsumsi dok?mohon pencerahannya buk dok..

  25. 1601
    vicesta Says:

    slm knal dok?umur sya 21thn,sya perokok udh 4thn apa kndsi sya gk kuat?awalny sya dri rokok,perut saya sring skit,klo dtekan di tengah perut terasa bnget kya ada suara air,klo d tepuk2 sprti msuk angin n maag,kdang sakit bnget,nah kalo udah makan sya lngsung BAB apalagi kalo pagi hari,kdang mencret gtu,mkanya sya kurus gt,ktanya sih pencernaan sya bermasalah,jdi sya trkna pnykit ap,dok?cara ngobatinnya gmn,,sya akan cba mkan dging ldh buaya,,mdah2an brkhasiat,,
    trims dok.

Pages: « 74 … 68 67 66 [65] 64 63 62 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe