Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu?

Secara umum kista jinak tumbuhnya perlahan, tidak sakit, kecuali bila ukuran sudah cukup besar, keadaan umum penderita masih baik artinya selera makan dan minum biasa tidak berkurang, tidak pucat dan badan tidak dirasakan lemah. Pasien kelihatan biasa saja, kecuali perut yang makin lama makin membuncit.

Kista ganas dapat diduga, bila pertumbuhannya cepat atau sangat cepat, badan penderita tampak kurus, wajah pucat, seluruh tubuh dirasa lemah tak bertenaga. Apalagi bila disertai perdarahan yang tidak normal…

Apabila kista telah diangkat/dioperasi, ganas tidaknya dapat diduga dari gambaran makroskopiknya : bila padat seluruhnya atau sebagian, kemungkinan ganas ada. Apabila bentuknya kistik transparan, seperti balon udara, kemungkinan besar jinak…

Mengenai penyebabnya, selain faktor genetik dan hormonal ada juga buku yang menyebutkan mengenai bahaya pemberian bedak kepada bayi perempuan setiap kali habis mandi. Butiran talk dapat memasuki organ dalam genetalia, melalui vagina yang terpapar bedak, apalagi biasanya ibu-ibu memberi bedak tebal disekitar kemaluan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan membedaki seluruh tubuh bayi. Cukup dikeringkan dengan handuk…

Nah, pagi ini di laboratorium saya diterima kista berdiameter 16 cm dengan bagian kistik dan padat-lunak. Pada pembelahan, tampak seperti gambar dalam artikel ini. Saat dibelah, tampak massa kuning seperti mentega, juga ditemukan rambut dan massa kecoklatan seperti terlihat pada gambar.

Setelah dilihat dibawah mikroskop, maka diagnosis saya Mature cystic teratoma, tumor jinak. Beruntunglah penderita berumur 26 tahun yang kistanya termasuk kista jinak. Setelah dilakukan operasi ini. biasanya masalah sudah selesai. Tidak ada kekhawatiran akan kambuh atau lain-lain… Amien.

Popularity: 53%

Posted Thursday, May 15th, 2008 at 7:32 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

956 Responses to “Kista Ovarium, bisa jinak, bisa ganas. Pemakaian bedak pada bayi perempuan turut berperan”

Pages: « 39 … 34 33 32 [31] 30 29 28 … 1 » Show All

  1. 775
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nurmayanti,

    Kondisi anda agak kompleks. Selain ada kista ovarium, saluran telur anda juga tersumbat, sehingga menyulitkan terjadinya konsepsi atau pembuahan.. Usaha yang harus dilakukan adalah menghilangkan sumbatan di dalam tuba atau saluran telur serta membuang kista yang ada. Tanyakan dan ikuti petunjuk dokter SpOG anda..

  2. 774
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eka,

    Kondisi kesehatan fertilitas anda complicated. Artinya disampaing posisi uterus yang tidak normal, juga terdapat 2 kista endometriosis kanan dan kiri..Sangat sulit secara teoritis bagi anda untuk bisa hamil.. Meski minum obat, kista akan tumbuh membesar meski perlahan dan pada akhirnya akan mengancam nyawa anda bila kista sampai pecah didalam…

  3. 773
    Dr. Sukma Says:

    hai Nurul,

    Bila kedua indung telur diangkat/operasi seluruhnya, so pasti anda TIDAK akan bisa hamil. Namun bila masih ada sisa jaringan ovarium sehat yang ditinggalkan didalam, kemungkinan hamil masih ada.

  4. 772
    WAHYU Says:

    Dear dr Sukma,
    Saya seorang ibu usia 44 tahun.
    mohon penjelasan atas :
    Hasil USG 23/12/2010 Uterus membesar (myomatus) Kista adnexa kanan 8×5.5 cm< kesimpulan Uterus myomatus dan Ovarial Cyst kanan 8×5.5cm Adnexa kiri normal. tumor maker ca 125 = 47.83. Bu dokter apakah jenis kista tersebut dan bahayanya serta apa solusi terbaiknya.
    Saya sangat takut operasi…. terima kasih banyak. Jazzakumullah atas web yang bermanfaat dan kepedulian ibu selama ini.

  5. 771
    Nur Says:

    Selamat siang Dok,

    Saya wanita berusia 26 th. 4 th yg lalu saya menjalani pengangkatan kista,dan hasilnya adalah kista coklat.dan setelah operasi saya rutin selama 5 bulan menjalani suntik KB di RS tsb. Dan sudah 3 tahun saya menikah sampai skrg belum bisa punya momongan. Apa ada pengaruh dari Kista saya tersebut Dok? Mohon penjelasannya mengingat suami saya sudah ingin sekali punya anak.
    Terima kasih atas jawabannya..

  6. 770
    dian Says:

    Dear Dr. Sukma,
    saya berumur 26 taun dan sdh menikah. minggu lalu saya USG dan ditemukan kista di ovarium kiri sebesar 2,5cm.oleh dokter SPOG nya diberikan dalfarol 200 dan profertil. pertanyaannya meski ovarium kanan sy bersih knp saya masih sulit hamil ya dok? saya blm mengkonsumsi profertil apakah dgn obat ini bisa hamil? mengingat ini mengandung clomiphene.jika blm hamil jg langkah apa yg harus saya ambil dok? thanks dok

  7. 769
    kalix Says:

    hallo dokter kusuma…..
    saya berumur 26 th,saya mempunyai 2 orang ana yg paling besar sudah kls 2 SD…
    saya punya keluhan di bawah perut bagian kanan terasa bengkak,awal nya saya kira cuma bengkak biasa,satuminggu kemudian bengkak nya bertam bah. saya langsung perik sa ke tukang urut priksa k dokterin di peerut,tkng urut nya nganjurin saya periksa kedokter. terus dokter bilang ada kista ovarium, dan yg bikin saya bingung dokter nya bilang kista saya lengket dengan usus.harus dilakukan operasi serius…. yang saya mautanyakan: 1.bahaya gkdokter? 2. apakah saya harus melakukan operasi?3.apa nama kista yg tumbuh di kantongtalur saya dok? tlng ya dok dijawap saya gak tau sama sekali dengan hal2kista….

    sebelumnya saya ucapkan bayak terimakasih.

  8. 768
    Afaf Husniah Says:

    Dokter, saya sudah menikah 4 tahun dan belum dikaruniai anak. Sesuai hasil USG saya dinyatakan normal. Yang ingin saya tanyakan mengenai hasil analisa sperma suami saya. Pada hasil tes disebutkan (saya cantumkan yang tidak masuk di NR saja)

    pH 8.0 [NR 7.2 - 7.8]
    Mikroskopis :
    - Konsentrasi 17.5 [NR >=20]
    - Jumlah 35
    - Motilitas :
    1. Bergerak Cepat & Maju Lurus(A) 0 [NR >=25]
    2. Bergerak Lambat atau
    sulit maju lurus(B) 59
    A + B = 59 [NR >50]
    3. Bergerak di tempat 23
    4. Tidak Bergerak 18
    Viabilitas – [NR >=75 ]
    Morfologi => – Normal 55 [NR >=30 ]
    - Abnormal 45
    Kesimpulan : OLIGOZOOSPERMIA

    ketika membaca ini dan mencoba mencari tahu di internet, saya sangat takut dokter.
    Pertanyaan saya ;
    1. apakah hasil analisa sperma ini sangat buruk?
    2. dengan cara apa sperma suami saya bisa jadi normal?
    3. seberapa besar kemungkinan saya bisa hamil?

  9. 767
    Meydi Says:

    Dear dr.Sukma,
    Saya ada pertanyaan mengenai my sister in law dan tinggal di Manado.Hasil diagnosa my sister in law yaitu kista.Dokter menyarankan utk hamil karena kistanya tidak berbahaya dan itu salah satu pengobatannya.I have never heard such a thing like this here in USA karena saya tinggal di USA dan saya sendiri berkecimpung didunia medical,but saya menanyakan beberapa dokter teman saya di Manado dan mereka jg bilang memang ada pengobatan jenis kista dengan jalan hamil.Maybe because is it related with the hormone?Bisa minta penjelasannya dokter?Thanks so much utk infonya.

  10. 766
    nurmayanti Says:

    dok saya mau tanya saya udah 2 hn menikah setlh 2 thn saya blm d karuniakn anak. Setlh saya cek k dokter kandungn ternyata saya menglami kista 2,6 cm dn penyubtan tuba. Yg ingn saya tanyakn apakah saya bisa hamil? Dh tu apa penagan yg bgs terhadp saya makasih

  11. 765
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yuni,

    Sudah benar terapi yang diberikan. Dari hasil pemeriksaan kultur keputihan anda, ternyata penyebabnya adalah batang gram negatif yang ditemukan +1. So, teruskan dulu terapi tersebut sampai tuntas. Biasanya keputihan akan berkurang secara perlahan, dan akhirnya sembuh sama sekali. Jadi besikaplah kooperatif terhadap terapi yang diberikan oleh dokter obstetri tsb.
    Mengenai terlambat haid biarkan saja, karena yang penting sekarang anda bersih dulu dari keputihan, baru memikirkan hamil, dst.

    Serahkan segala sesuatunya kepada dokter yang mengobati keputihan anda, bebaskan pikiran dari beban itu…. Bila anda berpikir positif dan TIDAK selalu memikirkan hal itu, Insya Allah akan terjadi irama kerja fisiologis dari semua organ tubuh termasuk organ genitalia anda… Sehingga akhirnya anda hamil dalam kondisi tang sehat. Amien.

  12. 764
    yuni Says:

    Dear Dr. Sukma
    Saya 27 th Sudah Menikah Hampir Setahun, saya mengalami keputihan dari gadis sampe sekarang tapi setelah menikah keputihan saya sampai berbau seperti ikan mentah/telur busuk,sampai saya malu untuk berhubungan intim dengan suami saya, kemaren saya sudah pernah ke dokter obstetri dan pemeriksaan yang dilakukan hanya memasukan jarinya ke vagina saya untuk mengambil sampel keputihan saya untuk di cek ke lab, dan hasilnya sbb:
    Trikomonas vaginalis – negatif
    Spora – Negatif
    Pseudohypha – negatif
    diplococcus Gram Negatif Intra Sel – Negatif
    Diplucoccus Gram Positif – Negatif
    Coccus Gram Positif – Negatif
    Batang Gram Negatif – 1+/Positif
    Clue Cells – Negatif

    Menurut Dokternya rahim dan indung telur saya baik, menstruasi saya juga teratur dalam 35 hari, Menurut dokternya keputihana saya masih normal2 saja, dia hanya memberi saya obat fladystin saja, yang saya mau tanyakan apakah benar hasil lab tersebut hasilnya baik, dan apakah dengan memakai obat tsb akan berefek samping dengan siklus menstruasi saya, karena bulan ini saya telat hampir seminggu lewat dari normalnya 35 hari, apakah saya harus melanjutkan pemeriksaan selanjutnya, dan pemeriksaan apa yang harus saya lakukan, karena saya ingin sekali hamil, trims yah dokter atas jawabannya

  13. 763
    Eka Says:

    Met malam dr.Sukma,
    Saya berusia 23 tahun, sudah 18 bulan menikah dan belum pernah hamil. Setelah di USG, saya memiliki kista kiri kanan yang berukuran 3cm. Setelah minum obat dari dokter, kista saya hilang. Kemudian dokter memberikan saya obat blesifen dan proxidan. Di bulan berikutnya saya belum hamil dan kista saya muncul lg. Hasil USG ada kista endometriosis kiri dan kanan dgn ukuran 2cm dan 4 cm dan bentuknya lonjong. Lalu dokter memberikan saya obat yang sama lagi. Jika dalam 2 bulan saya juga tidak hamil, dokter menyarankan untuk di operasi, tapi saya tidak mau dioperasi. Yang ingi saya tanyakan, apakah kista saya tidak bertambah besar jika saya minum obat tersebut? Saya memiliki rahim agak terbalik, dan itu membuat saya susah hamil. Terima Kasih atas penjelasannya, dr.Sukma.

  14. 762
    nurul Says:

    maaf dok, saya maw bertanya. saya menderita kista coklat di indung telur di kanan dan di kiri. jika saya memutuskan untuk operasi guna menghilangkan kistanya, apakah kemungkinan untuk hamil ada dok, mengingat kista saya di kanan dan di kiri? terima kasih

  15. 761
    Dr. Sukma Says:

    Hai Elly,

    Bayi akan berjenis kelamin laki atau perempuan BUKAN tergantung dari indung telur kiri or kanan yang menghasilkan sel telur yang siap dibuahi…. Yang berperan menentukan gender adalah adanya sex khromosom xx yang akan menjadi bayi perempuan atau sex khromosom xy yang akan menjadi bayi laki-laki…

  16. 760
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nana,

    Secara logika, pendapat itu ga mutlak benar… Karena meski indung telur cuma satu potensinya sama dengan bila ada 2 indung telur untuk menghasilkan estrogen yang memicu terjadinya menstruasi…

  17. 759
    elly Says:

    Dear dr.Sukma,

    Saya pernah dioperasi kista pada saat masih gadis, sehingga indung telur sudah diangkat sebelah kanan + 1/2 yg sebelah kiri. Berkat Tuhan, setelah menikah, saya dikarunia 2 orang putri. Ada rumor mengatakan saya tidak akan bisa mempunyai keturunan anak lelaki, karena indung telur tinggal sebelah kiri, jadi seandainya saya punya anak lagi, maka 100% akan putri kembali. Sedangkan kalau indung telur sebelah kanan, kemungkinan bayi laki2 semua.
    Apakah hal ini benar, apabila benar apakah ada penjelasan secara logisnya?

    Thanks,
    Elly

  18. 758
    Nana Says:

    Malem Dr.Sukma..,

    mau tanya nih Dok.., saya bln juni kmrn melakukan operasi krn kehamilan saya diluar kandungan (KET).dan indung telur sebelah kiri diangkat. yang ingin saya tanyakan, apakah menstruasi mnjadi tidak lancar (tdk setiap bln) dok jika pnya 1 indung telur..? krn bln sept cuma flek2 saja. dan blm ini blm mens jg, pdhl tdk sedang hamil krn testpack negatif. te

    terima kasih Dok..

  19. 757
    Dr. Sukma Says:

    Halo Wulan,

    1. Kemungkinan besar kista coklat/ kista endometriosis
    2. Bisa tanpa operasi, namun hasil lama dan terkadang tidak memuaskan
    3. Bisa. Bila anda hamil justru kista endometriosis akan tenang, tidak membesar bahkan bisa bertambah kecil

  20. 756
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nina,

    Bila terasa ada yang bergerak-gerak didalam perut anda sebaiknya diperiksa USG. Apakah ada tanda kehamilan/janin didalam rahim anda. Selain itu bisa juga kista ovarium yang tumbuh membesar atau radang usus buntu yang nyut2an, sehuingga terasa seperti ada yang bergerak…

  21. 755
    Dr. Sukma Says:

    Hai Jane,

    1. Masih bisa hamil
    2. Tidak berbahaya, biasanya kista kecil ukurannya bila anda hamil
    3, Sebaiknya hindari makanan mengandung estrogen seperti lemak pada daging ayam, sapi, dll..

  22. 754
    Jane Says:

    Sore,Dr. Sukma,

    minggu lalu saya dioperasi karena ada kista di bagian kiri dan kanan ovarium. kista nya sudah berukuran 8×7 dan 7×5. dr kandungan saya bilang bahwa ovarium saya tidak diangkat tapi dia mengelupasi kistanya. yang hendak saya tanyakan adalah :
    1. Apakah saya masih bisa hamil?
    2. dr kandungan saya bilang ada kemungkinan kista saya tumbuh bersamaan dengan janin apabila saya hamil. apakah ini tidak berbahaya buat kandungan saya kelak?
    3. pantangan makanan apa yang bisa membuat kista tidak cepat tumbuh lagi?
    terima kasih,dok

  23. 753
    nina Says:

    dok mau tanya saya seorang ibu rumah tangga dg dua anak usia 45 th,sejak 4th lalu alo haid sakit skali saad menjalang akir haid.saya sudah periksa ke dokter dan tes papsmer tp tidak ada penyakit,namun 2bln akir ini kok ada gerakan dalam perut sebelah kanan padahal saya sedang tidak hamil. terima kasih sebelumny

  24. 752
    wulan Says:

    Selamat siang dok,

    saya berusia 27 tahun dan belum menikah. saya mau tanya dok, 3 bulan lalu saya merasa di perut bagian bawah sebelah kiri saya terasa ada benjolan.. awalnya kecil, tapi setelah 3 bulan sepertinya agak membesar.. dan perut saya membuncit. dan ketika haid (hari pertama dan kedua saja) perut saya sakit dan nyeri sekali. kemarin saya ke dokter dan setelah diraba memang ada benjolan yang diperkirakan berdiameter sebesar bola pingpong. saya diminta melakukan USG oleh dokter saya (saat ini belum saya lakukan)
    yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah saya terkena kista endometriosis?
    2. apakah bisa sembuh tanpa dilakukan operasi pengangkatan?
    3. apakah saya masih bisa hamil secara normal dan melahirkan??

    terima kasih atas jawabannya dok..

  25. 751
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tata,

    Sebaiknya dilakukan pemeriksaan Pap’s Smear. Agar ketahuan bila ada infeksi penyebabnya apa sehingga dapat diobati tuntas…

    Rasa sakit saat berhubungan intim bisa juga disebabkan oleh frigiditas dan terlalu KERINGnya liang vagina. Mungkin perl;u lubrikasi dengan melakukan foreplay atau membaca n melihat yang membangkitakn libido anda sehingga terjadi sekresi kelenjar dinding vagina. Setelah terangsang, barulah anda berhubungan intim. Sehingga suasana liang vagina menjadi berpelumas alias tidak kering lagi…

Pages: « 39 … 34 33 32 [31] 30 29 28 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe