En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu?

Secara umum kista jinak tumbuhnya perlahan, tidak sakit, kecuali bila ukuran sudah cukup besar, keadaan umum penderita masih baik artinya selera makan dan minum biasa tidak berkurang, tidak pucat dan badan tidak dirasakan lemah. Pasien kelihatan biasa saja, kecuali perut yang makin lama makin membuncit.

Kista ganas dapat diduga, bila pertumbuhannya cepat atau sangat cepat, badan penderita tampak kurus, wajah pucat, seluruh tubuh dirasa lemah tak bertenaga. Apalagi bila disertai perdarahan yang tidak normal…

Apabila kista telah diangkat/dioperasi, ganas tidaknya dapat diduga dari gambaran makroskopiknya : bila padat seluruhnya atau sebagian, kemungkinan ganas ada. Apabila bentuknya kistik transparan, seperti balon udara, kemungkinan besar jinak…

Mengenai penyebabnya, selain faktor genetik dan hormonal ada juga buku yang menyebutkan mengenai bahaya pemberian bedak kepada bayi perempuan setiap kali habis mandi. Butiran talk dapat memasuki organ dalam genetalia, melalui vagina yang terpapar bedak, apalagi biasanya ibu-ibu memberi bedak tebal disekitar kemaluan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan membedaki seluruh tubuh bayi. Cukup dikeringkan dengan handuk…

Nah, pagi ini di laboratorium saya diterima kista berdiameter 16 cm dengan bagian kistik dan padat-lunak. Pada pembelahan, tampak seperti gambar dalam artikel ini. Saat dibelah, tampak massa kuning seperti mentega, juga ditemukan rambut dan massa kecoklatan seperti terlihat pada gambar.

Setelah dilihat dibawah mikroskop, maka diagnosis saya Mature cystic teratoma, tumor jinak. Beruntunglah penderita berumur 26 tahun yang kistanya termasuk kista jinak. Setelah dilakukan operasi ini. biasanya masalah sudah selesai. Tidak ada kekhawatiran akan kambuh atau lain-lain… Amien.

Popularity: 53%

Posted Thursday, May 15th, 2008 at 7:32 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

956 Responses to “Kista Ovarium, bisa jinak, bisa ganas. Pemakaian bedak pada bayi perempuan turut berperan”

Pages: « 39 38 37 [36] 35 34 33 … 1 » Show All

  1. 900
    Maryanti Says:

    Salam Dok,

    Saya bulan November 2011 operasi kista ovarium sebesar 10cm dan indung telur kiri saya juga diangkat karena terjadi perlengketan. Pasca operaso saya disuntik hormonal (Endrolin) oleh Dr katanya mencegah agar saya tidak haid. Waktu itu saya suntik selama 3 bulan. Setelah tidak disuntik saya haid. Tapi setelah itu sampai sekarang saya tidak haid lagi. Yang saya tanyakan apakah itu normal?

  2. 899
    nina Says:

    sore dok,,,
    saya punya keluhan, saya baru menikah 4bln. bulan april menstruasi sy tidak lancar, hanya keluar darah 1x dan sesudah itu tidak ada darah yg keluar. sudah di tespek tp negatif, terus stlah sy berhubungan intim dgn suami keluar darah, sudah 2x seperti itu. ketika di USG ktnya ada benjolan di ovarium sblh kiri. sy takut kanker dok,,tp memang tdk ada pendarahan, hanya ketika berhubungan intim saja…gmn menurut dokter?ksh masukan ya dok,,
    trimakasih sebelumya….

  3. 898
    Dr. Sukma Says:

    Halo nana yuni,

    Waduh.. Keluhan ibunda cukup serius dan harus SEGERA diperiksakan ke dokter SpOG.. . Keluhan itu pada wanita menopause mengarah ke hiperplasia dan bahkan kanker ganas endometrium. Biasanya untuk tahu pasti kenapa terjadi perdrahan tsb, akan dilakukan kerokan/ kuret. Rongga uterus. Hasil pemeriksaan PA thd kerokan dipakai sebagai acuan terapi yg harus diberikan .
    Jadi jangan buang waktu, jangan sampai menyesal nanti. Bawalah ibunda ke dokter SpOG terdekat, OK.

  4. 897
    nana yuni Says:

    dok,saya mau tanya ibu saya (umur 55 th)sudah lama tidak menstruasi sudah menopouse tpi sudah 2 kali ini keluar haid dan terasa nyeri.itu gejala kista bukan?kira-kira itu sakitnya apa?terimakasih

  5. 896
    Novita Says:

    Dear dokter,

    Saya habis menjalani tes hormon progresteron pada hari ke 19 haid hasilnya menunjukkan anagka 5,85 ng/mL dengan range fase luteal 1,7-27 ng/mL..kata dokter obgyn masih jauh dari semestinya..
    yang saya tanyakan
    1. apakah ada pengaruhnya terhadap kehamilan/proses pembuahan?
    2. terapi apa yang bisa dilakukan untuk menormalkan/meningkatkan hormon progresteron?

    Trimakasih dok

  6. 895
    Fitri Says:

    Selamat pagi dok:
    dok, saya mau tanya, tgl 1maret kemaren saya melakukan operasi laparoktomi disertai pengangkatan ovarium sebelah kiri, karena kista saya terpuntir dan pecah, sehingga, saya harus segera dioperasi pada malam itu, ini operasi saya yg ke 2 dok, sebelumnya pada thn 2007, saya juga pernah melakukan operasi pengangkatan kista selagi saya hamil 5 bulan, karena berbahaya buat janinnya kata dr spog nya. hasil PA untuk 2x operasi itu adalah kista endometriosis. setelah saya operasi yg pertama, saya tidak diberi obat apa2 dok, apa mungkin karena saya lagi hamil ya? nah 4 tahun kemudian, kista saya muncul lagi dengan diameter yg sudah lumayan besar sekitar 6 cm. setelah operasi yg kedua ini, saya diberikan obat azzol untuk diminum.

    pertanyaan saya :
    1. Apakah obat azol, bisa membuat kista saya tidak tumbuh lagi dok?
    2. apakah efek samping dari obat tersebut?
    3. saya diberi tahu dr spognya, untuk tidak sama sekali mengkonsumsi kedelai, karena kata beliau, kandungan estrogen di kedelai sangat tinggi. saya agak bingung dok, mengacu dari jawaban dr untuk pertanyaan temen2 sebelumnya, bahwa harus banyak mengkonsumsi kedelai, mohon dijelaskan ya dok

    terima kasih banyak dok

  7. 894
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rani,

    Jawabnya bisa iya dan bisa tidak. Kista yg membesar apalagi bilateral akan menimbulkan teknan cukup besar bahkan sgt besar tgt diameter kista masing2. Terjadi penekanan thd organ lain serta semua struktur anatomi yg ada di rongga panggul, antara lain saraf yg memberi persarafan pada kedua tungkai bawah. Maka kemungkinan tidk bisa jalan itu sangat logis.

    Bila kedua kista diangkat/ operasi secara total tanpa menyisakan sedikitpun jaringan ovarium, maka sudah pasti tidak mungkin terjadi pembuahan karena tidak ada sel telur yg siap dibuahi. Jadi yidak akan bisa punya momongan.

  8. 893
    Rani Says:

    Tante saya terkena cista coklat sebenarnya sudah lama kena nya cuman dulu dokter bilang gak usah dioperasi dulu karena masih kecil setelah beberapa tahun kemudian tante saya menikah tepat nya 5 bulan yang lalu dan setelah menikah saat menstruasi dia merasakan perih sangat luar biasa sakit sampai tidak bisa jalan padahal sebelum menikah gak separah itu memang tante saya memiliki hipertensi apa itu salah satu dia tidak bisa berjalan ?? dan ketika diperiksa lagi hasil kista coklat yang sudah besar dan terkena pada kedua indung telur nya apabila diambil tindakan operasi apakah tante saya dapat mempunyai keturunan dan setelah operasi tante ?? Dan apakah penyakit tersebut dapat membuat orang tidak bisa jalan ??

  9. 892
    ayu Says:

    pagi dokter,
    saya mau tanya, bulan Januari saya dinyatakan kena kista berukuran 5 cm kemudian dikasih obat, bulan Februari saya kembali ke dokter dan kista saya ukurannya mengecil menjadi 4 cm, kata dokter saya harus program hamil untuk bisa menghilangkan kista. saat saya ke dokter bulan februari itu, saya mendapat menstruasi sudah lebih dari 2 minggu, kemduian dokter memberi resep untuk penghentian pendarahan “Plasmine” & “Norelut” setelah minum 3 hari haid saya berhenti dan setelah itu saya berhenti meminum obat tersebut. tetapi setelah 3 hari berikutnya haid saya keluar lagi. apakah ada hubungannya kista dan gangguan menstruasi yang saya alami? atau apakah ada kemungkinan terkena tumor serviks?
    terima kasih dok untuk jawabannya

  10. 891
    nanikasmawati Says:

    dok,saya 28 thn blum menikah pernah operasi kista coklat thn 2008 n di berikan suntikan pencegah kmbali sbyk 3x. Trus slama 9 bln beri obat spt pil KB diminum setiap hari. Yg saya dgar kista itu dikikis. Kistanya disebelah kanan. Kta dokternya yg sbelah kiri ada sdkt. Saya g tau persis krna dulunya ngak bgt mengerti ttg kista. Kdg2 sakit yg dsebelah kanan pe kpingang kanan. Apa saya bisa punya anak dok? Saya jd takut kalau nantinya ngak da cowok yang mau dengan saya. Trus ada benjolan kecil di payu dara sebelah kiri dkt tulang dada sebesar kelingking sjk thn 2006. Dokter bilang kelenjer tdk usah dioperasi. Saya hrs bgamana dok? Apa benjolan di payudara saya berbahaya? Terimakasi dok untuk jawbanya.

  11. 890
    dewi Says:

    sore dokter saya mau nanya bulan lalu pada 5 oktober 2011 saya periksa keteranganya seperti ini:a small cystic of about 2.6 x 1.9 cm is seen in the right ovarium region.the interior of the mass is echo-free. the outline of mass is regular.the distal echoes of the mass are accentuated.
    the uterus is retroverted and is normal in shape and size(uterine body is about 5.0x 4.5 x4.1)the endromentrial echoes are thiched(meansurement about 1.7cm)and roug.no uterine is detected
    no hydrosalpinx is seen. no abscess is seen inside the pouch of doughlas.no calculuc or tumor is seen inside the urinary bladder.

    imp: 1. small right ovarian cyst
    2. pelvic infection disease(adnexitis)
    dokter hanya bilang kistanya masih jinak dan tidak perlu diangkat saya hanya diberi obat untuk inveksi jamur.tapi entah kenapa 2 bulan sekarang saya tidak mendapatkan haid dan keputihan saya sekarang keluar seperti tissue basah kecil kecil yang menimbulkan bau tapi tidak gatal kadang jg berwarna putih kental. apa yang harus saya lakukan dok? perlukah saya operasi kista ? terima kasih

  12. 889
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nino,

    Saran sy sebaiknya second opinion ke dokter SpOG lain di RS besar dg peralatan medis yg lengkap.. Kista yg berukuran besar apalagi bilateral (kanan dan kiri) yg berdesakan sehingga sangat besar kemungkinan terjadi kista pecah didalam rongga perut/ pelvis. Kalo pecah menimbulkan perdarahan yg seringkali susah dihentikan bahkan sampai mengancam kehidupan, kalau tidak SEGERA ditangani. So, segeralah second opinion ke dokter SpOG yang HANDAL..

  13. 888
    Nino Redemptus Says:

    Mat malam Dokter Sukma….
    Tadi siang saya mengantar istri saya ke rumah sakit untuk berobat karena istri saya mengeluh rasa sakit yang sangat luar biasa di sekitar perut bagian bawah, dan saat di USG ternyata ada lagi kista di ovarium kiri dan kanan (bilateral)dengan ukuran yang sangat besar dan saling berdesakan. Saran dokter agar segera dilakukan operasi, dan istri saya bersedia untuk dioperasi, tp anehnya dokternya keberatan karena menurut beliau istri saya sudah 3 kali dioperasi (1 kali operasi caesar saat melahirkan dan 2 kali operasi kista). Jadinya saya dan istri saya bingung, apa yang harus kami lakukan selain berdoa? Mohon solusi dokter…

  14. 887
    ririn Says:

    dok…hsl usg kakak sy 50 th kista ovarium dd korpus luteum 3 cm.kmaren kakak sy mengeluh nyeri saat bak tp sekarang tdk.apakah hrs operasi dok? makasih

  15. 886
    Fitria Eva Says:

    Dear bu Sukma yang baik,
    Saya menikah sdh 10 tahun, punya 1 putri 9 th.Tinggi 152, BB 52kg. Akhir-akhir ini saya merasa kok perut saya buncit ya, saya bandingkan dg teman2 wanita yang jauh lebih gemuk dari saya tapi saya merasa perut saya lebih buncit. Tidak ada keluhan rasa sakit/nyeri di daerah perut.Haid normal. Apakah ada yang perlu saya curigai dari perut saya ini? Please answer, saya sangat khawatir takut ada sesuatu tumbuh (tumor dsb) di dalamnya.
    Trmkasih sblumnya

  16. 885
    Dr. Sukma Says:

    Hai Arum,

    Itu kista jinak di tempat tsb.. Tidak berbahaya, namun bila ada waktu sebaiknya di periksakan ke dokter SpOG agar tidak membebani pikiran..

  17. 884
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nurul,

    Bila penyebab kista ovarium bilateral sampai nanah mengenai usus biasanya itu disebut tubo-ovarial abses. Disebabkan infeksi yang ascending, artinya mulanya di organ reproduksi luar/ bawah mulai dr vagina, naik keatas sampai ke tuba/ saluran telur trus ke ovarium. Termasuk infeksi SERIUS, perlengketan pada tuba yg menimbulkan sterilitas alias sulit mendapat momongan.

    Semua jenis makanan yg dilarang tsb, pendapat saya tidak masuk akal.. Jadi sebaiknya anda tanya langsung ke dokter yg ngomong itu..

  18. 883
    arum Says:

    dok, saya masih perawan dan belum menikah. saya mau tanya, jika ada benjolan di labia minora bagian atas dan tidak gatal,tidak sakit apa itu berbahaya dan tanda adanya penyakit atau infeksi? karena apa ya dok? tks :)

  19. 882
    Nurul Says:

    Met sore Dok, …. 2 minggu yg lalu saya dioperasi pengangkatan ovarium (kanan-kiri) karena abses kista ovarium yg menyebabkan nanah menyebar ke usus, … nah kedua dokter ahli bedah & ginekolog yg mengoperasi bahwa saya tidak boleh makan daging (binatang yg berkaki 2 n 4) incl.kuah yg tercampur ke dalam suatu masakan, dan juga semua jenis kacang (incl. yg telah diolah mis : tahu, tempe, kecap bahkan masakan yg tercampur bahan tsb). Yang saya mau tanyakan apakah makanan yg dilarang tersebut menjadi pemicu kista tsb ? … Mohon penjelasannya dan terima kasih Dokter ….

  20. 881
    Pudji Sutriani Says:

    Pagi dr Sukma

    Pada tgl 2 desember 2010 saya menjalani operasi pegangkatan Mioma Uteri yang berukuran 6cm, 4cm. 3,5cm dan 3cm. dan setelah operasi saya menjalani terapi tapros selama 3X. trus saya pada bln april 2011 saya di USG dan menunjukan kalau rahim saya sdnh normal. dan pada tgl 24 Januari 2012 saya di USG dan menunjukan kalau di rahim saya sdh tumbuh Mioma Utery lagi yang besarnya 6cm.
    1. Apakah ada cara pengobatan untuk
    menghilangkan/mengecilkan Mioma Uteri tanpa operasi?
    2. Apa penyebab Mioma Uteri bisa tumbuh lagi?
    3. Apakah mioma uteri bisa disembuhkan dengan
    menjalani terapi kemo terapi?
    4. Apakah Orang yang dikemo masih bisa haid Secara
    normmal?

  21. 880
    Dyrahmany Says:

    Dear Dokter Sukma,
    Anak perempuan saya berumur 4,5 tahun sudah tiga bulan ini saya menyadari bahwa ada benjolan di luar vagina sebelah kanan sehingga labia mayora nya terlihat membesar sebelah setelah saya raba seperti ada benjolan tapi anak saya bilang tidak merasakan sakit bila disentuh, namun ada kalanya saya periksa benjolan tersebut sepertinya mengecil, saya khawatir Apakah berbahaya Dok? apakah anak saya perlu dibawa ke Dokter anak atau ke Dokter Obsgin untuk pemeriksaan lebih lanjut?
    Terimakasih Dokter.

    Salam,
    Dyrahmany

  22. 879
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nana,

    Meski kista sudah diangkat, sakit/nyeri saat hadi masih ada. Bisa disebabkan adanyan jaringan endometrium diluar tempat normalnya, bisa didalam jaringan miometrium yg disebut adenomiosis. Nyeri akn hilang sama sekali, jika seluruh rahim diangkat. Maka anda akan bebas nyeri dan juga stop menstruasi..

  23. 878
    nana Says:

    Dok…mw tanya..bagaimana kalo kista sdh diangkat dan sdh hilang tp haid msh terasa sangat sakit?…sebelumnya trimaksih

  24. 877
    Dr. Sukma Says:

    Hai Uzi,

    Sebaiknya makan makanan lunak/ bubur, agar pencernaan/ usus tidak bekerja berat untuk mencerna mknan. Minum juice buah yg banyak mengandung vitamin dan mineral akan mempercepat penyembuhan luka operasi..

  25. 876
    uzi Says:

    dok saya mau nanya makanan ap aj yang g beh dimakan pasca operasi appendic???? dan mkanan ap yang bisa dikonsumsi agar luka bedah cepat kering???
    makasih dok

Pages: « 39 38 37 [36] 35 34 33 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe