Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu?

Secara umum kista jinak tumbuhnya perlahan, tidak sakit, kecuali bila ukuran sudah cukup besar, keadaan umum penderita masih baik artinya selera makan dan minum biasa tidak berkurang, tidak pucat dan badan tidak dirasakan lemah. Pasien kelihatan biasa saja, kecuali perut yang makin lama makin membuncit.

Kista ganas dapat diduga, bila pertumbuhannya cepat atau sangat cepat, badan penderita tampak kurus, wajah pucat, seluruh tubuh dirasa lemah tak bertenaga. Apalagi bila disertai perdarahan yang tidak normal…

Apabila kista telah diangkat/dioperasi, ganas tidaknya dapat diduga dari gambaran makroskopiknya : bila padat seluruhnya atau sebagian, kemungkinan ganas ada. Apabila bentuknya kistik transparan, seperti balon udara, kemungkinan besar jinak…

Mengenai penyebabnya, selain faktor genetik dan hormonal ada juga buku yang menyebutkan mengenai bahaya pemberian bedak kepada bayi perempuan setiap kali habis mandi. Butiran talk dapat memasuki organ dalam genetalia, melalui vagina yang terpapar bedak, apalagi biasanya ibu-ibu memberi bedak tebal disekitar kemaluan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan membedaki seluruh tubuh bayi. Cukup dikeringkan dengan handuk…

Nah, pagi ini di laboratorium saya diterima kista berdiameter 16 cm dengan bagian kistik dan padat-lunak. Pada pembelahan, tampak seperti gambar dalam artikel ini. Saat dibelah, tampak massa kuning seperti mentega, juga ditemukan rambut dan massa kecoklatan seperti terlihat pada gambar.

Setelah dilihat dibawah mikroskop, maka diagnosis saya Mature cystic teratoma, tumor jinak. Beruntunglah penderita berumur 26 tahun yang kistanya termasuk kista jinak. Setelah dilakukan operasi ini. biasanya masalah sudah selesai. Tidak ada kekhawatiran akan kambuh atau lain-lain… Amien.

Popularity: 53%

Posted Thursday, May 15th, 2008 at 7:32 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

956 Responses to “Kista Ovarium, bisa jinak, bisa ganas. Pemakaian bedak pada bayi perempuan turut berperan”

Pages: « 39 … 9 8 7 [6] 5 4 3 … 1 » Show All

  1. 150
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ella,

    Masih dianggap normal. Dan flek-flek kecoklatan itu adalah menstruasi di bulan itu yang dianggap kosong. Sebaiknya kunjungi dokter SpOG untuk diperiksa kadar hormon dalam tubuh anda.

  2. 149
    Dr. Sukma Says:

    Hai Razak,

    Mudah-mudahan masih ada sebagian ovarium adik anda yang bisa diselamatkan. Artinya meski keduanya kista, Insya Allah pada saat operasi masih ditemukan jaringan normal dari satu ovarium yang dapat diharapkan bisa berovulasi artinya bisa mematangkan sel telur sehingga siap dibuahi saat menikah nanti. Jadi tidak total keseluruhan ovarium kanan dan kiri yang diangkat.

    Apabila tidak ada jaringan ovarium yang relatif normal maka kedua indung telur harus total diangkat semua.

    Kalau sampai terjadi seperti itu, solusinya bayi tabung dengan mencari donor sel telur. Rahim adik anda akan bertugas memberi supply nutrisi sehingga embryo yang ditanam ke rahim itu dapat tumbuh sampai 9 bulan dan siap dilahirkan.

  3. 148
    Dr. Sukma Says:

    Hai Abram,

    Mudah2an anda tidak salah kutip. Kalau hanya dua kata ‘ren sinistra’, dalam bahasa medis artinya ginjal kiri. Jadi tidak bermakna penyakit apapun, kecuali ginjal yang dimaksud adalah ginjal kiri dan bukan ginjal kanan.

  4. 147
    anis Says:

    Sore Dokter..,
    Saya mau tanya.,saya sering sekali tiba2 nguap yang berlebihan,kadang2 harus sampe ketarik ditenggorokan, kenapa ya dok,padahal saya merasa tidak ngantuk, cuma badan jadi lemes dan perut berasa kembung, saat ini saya sedang hamil muda?
    Terima kasih atas jawabannya dok.

  5. 146
    Ella Says:

    dok, saya mau bertanya nih. Menstruasi saya 2 bulan sekali, tapi setiap 1 bulan yg kosong (tidak mens) itu, suka ada sekret yg warnanya coklat tua. Apakah itu normal, Dok??
    Lalu kalau ada sekret vagina yang berwarna coklat muda,tidak berbau busuk sih, apakah itu berbahaya??Tolong direply, thx a lot… :)

  6. 145
    razak Says:

    pagi dok, adek saya 24th belum menikah, dari hasil USG ada kista di ovarium kanan 9cm dan kiri 2cm. dari pengetahuan saya mungkinkah dapat mempunyai keturunan mengingat dua ovarium terdapati kista, berikanlah solusi

  7. 144
    abram Says:

    Met malem Dokter Sukma,
    Saya mau tanya soal penyakit yg namanya Ren Sinistra,
    8bln lalu saudara saya operasi batu empedu,trus 2mggu lalu priksa darah dan katanya sodara saya itu mengidap penyakit tsb.
    Ren sinstra itu penyakit kayak apa seh dok??
    terimakasih.

  8. 143
    Dr. Sukma Says:

    Hai Jaya,

    Bila lama haid dan siklus haid anda seperti yang anda tulis, perkiraan saya usia kehamilan anda kurang lebih 4 minggu.

  9. 142
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yedida,

    Angka titer CA-125 yang begitu tinggi, cukup mengkhawatirkan. Biasnya terdapat pada kista ovarium yang ganas.

    Jadi sebaiknya di check ulang pemeriksaan CA-125 di laboratorium lain, agar bisa diambil kesimpulan.

  10. 141
    Dr. Sukma Says:

    Halo hissolihin,

    Tergantung besar atau diameter kista yang ada. Bila sudah 5 cm atau lebih, sebaiknya dan HARUS diangkat/operasi. Tidak ada jalan lain.

    Kalau masih kecil, biasanya diobservasi dulu, sambil diberikan obat yang cocok misalnya obat hormon.Tetapi khusus KISTA DERMOID, tidak ada obat yang bisa mengecilkan kista itu. Jadi cepat atau lambat HARUS dioperasi.

    Saran saya, semakin cepat diangkat/operasi, semakin baik. Dari segi beaya, kondisi istri anda, kemungkinan sembuh total dan lain2 akan JAUH LEBIH BAIK, bila dioperasi lebih awal.

  11. 140
    yedida Says:

    dok, saya yedida..
    ini kedua kali nya saya curhat..
    saya 25 th sudah menikah 8 bulan..
    bulan lalu positif lalu ke dr spog di usg ternyata ada kista 11 cm dan ada janinnya…saya diberi vit folavit dan biosanbe.
    2 hari berikutnya saya coba ke dr spog lain yg teman ortu…katanya memang ada kista kurang lebih 9 cm…saya diberi duphaston dan disarankan tes darah lengkap, CEA , CA125…
    masalahnya dok hasil CEA 1,3 tetapi CA 125 =392,29..
    ini berari apa dok..saya takut sekali..saya 2 minggu lagi disarankan kembali ke dokter yg ke2…

    makasi dok…makasi bgt..

  12. 139
    jaya Says:

    Pagi Dokter.,

    Dok saya mau tanya.,bulan febuari kemarin saya menstruasi tgl 1,selesai tgl 7. Saat ini saya sudah terlambat mens dan Alhamdulillah saya sudah cek & USG kedokter ternyata saya hamil,cuma pada saat itu saya lupa menanyakan berapa umur kandungannya saya.,kira – kira berapa ya dok umur kandungan saya saat ini? Sebelumnya terima kasih banyak atas jawabanya.

  13. 138
    hissolihin Says:

    hallo dok,
    saya mau tanya nih, istri saya pernah USG di sebuah rumah sakit dan setelah di cek ternyata ada Kista dermoid disamping rahim. jadi apakah ada obat untuk menghilangkan kista ini Dok? karena semenjak ada kista di tubuh istri saya dia selalu merasa pening kepala dan otot-otot leher jadi menegang dok, trus perutnya juga sakit-sakit. mohon sarannya dok. terima kasih. saya tunggu jawaban dari dokter.

  14. 137
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dewi,

    Boleh saja minum hemaviton, cukup 1xsehari (plus obat yang diresepkan dokter anda). Karena anda sudah terbiasa minum kapsul itu sebelum hamil. Nggak masalah..

  15. 136
    Dewi Says:

    Sore Dokter.,

    Dok saya mau tanya.,saat ini saya sedang hamil muda, baru jalan 5 minggu.,cuma badan saya ini sering lemes dan ngantuk banget,jd kadang2 ga concern kerja.,apakah boleh dok saya minum hemaviton capsul?? Sebelum hamil saya terbiasa minum hemaviton tsb. Saat hamil ini saya hanya minum vitamin dari dokter. Terima kasih banyak dok atas jawabannya.

  16. 135
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dewi,

    Dari gejal yang anda tulis, sepertinya sudah saatnya anda kunjungi dokter SpOG, agar dilakukan USG untuk mengetahui apakah benar ada kista atau lain-lain pada organ reproduksi anda. Jangan dibiarkan berlarut-larut. Segera periksakan kondisi anda.

  17. 134
    Dr. Sukma Says:

    Halo Indri,

    Yang dimaksud dengan adnexa adalah tuba dan ovarium. Jadi ada 2 adnexa, kiri dan kanan.

    Kista adnexa, kemungkinan kistanya pada tuba atau pada indung telur/ovarium. Bila ukuran masih kecil, 1,6 cm anda tidak perlu cemas. Diobservasi, bila terus membesar dan mencapai 5 cm, akan dilakukan operasi mengangkat kista itu. Bila masih kecil, biasanya diberikan terapi hormonal.

  18. 133
    dewi Says:

    sore dok…
    umur saya 24 tahun dan belum menikah
    akhir2 ini setiap kali menstruasi perut bagian bawah terasa nyeri terutama sebelah kanan, ditambah dengan rasa mual dan perut yg menegang pada hari1-2.
    ketika sedang tidak mens pun terkadang perut bawah sisi kanan terasa nyeri…
    setelah membaca artikel dokter ttg kista dan gejalanya, apakah kondisi yg saya alami dapat menjadi tanda2 awal kista? sudah perlukah saya priksa ke dokter spesialis kandungan?
    trimakasih atas jawabannya…

  19. 132
    indri Says:

    siang dok…saya mau tanya..kalo kista adnexa yang panjangnya 1,6 cm berbahaya tidak? saya dapet tes USG, dibilangnya ada kista 1,6 cm di adnexa kanan. terus, kenapa ya bisamuncul kista disitu? thx

  20. 131
    Dr. Sukma Says:

    Hai Adita,

    Jangan sedih dulu. Kata siapa haid 3 hari itu tidak normal dan kurang fertil ? Yang saya tahu justru haid 3-5 hari itu termasuk normal dan tidak mengurangi tingkat kesuburan seorang wanita.

    So, be happy and nothing is wrong with you. Waktunya aja yang belum tepat karena pikiran anda BELUM tenang. Kalau sudah tiba, nanti juga anda akan hamil. Sebaiknya minum vitamin E untuk meningkatkan kesuburan sampai dengan 800 mg per hari. Trust me..

  21. 130
    Adita Says:

    Dear Dokter,
    umur saya 30 thn, menikah, dan sangat ingin hamil, saya mau tanya, kenapa mens saya cuma 3 hari ya, tapi memang mens saya selalu teratur,sy coba mengkonsumsi folic acid dan clomid, karena saya inigin punya anak, apa obat yang saya ambil itu baik untuk meninggkatkan kesuburan sya, krena saya takut telur sya terlalu kecil untuk dibuahi,karena 3 hari mens sudah habis, tolong ya dokter, terima kasih

  22. 129
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rien,

    Kista yang semakin tumbuh besar, selain mendesak organ lain terdapat BAHAYA mengancam, yaitu bila kista itu PECAH. Bila dekat dengan pusat kesehatan saat kejadian kista pecah, kemungkinan bisa ditolong. Tapi, bila anda sedang berada jauh dipelosok dimana RS sulit ditemukan atau dokter bedah tidak ada, maka taruhannya nyawa.

    Saya tidak bisa memberikan tenggang waktu. ‘The sooner the better’.

  23. 128
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hana,

    Kenapa anda sering terkena ISK? Kita kenal yang disebut ‘pingpong phenomenon’ yaitu bila salah satu dari pasangan menderita radang pada saluran kemih/genitalia biasanya akan ditularkan kepada pasangannya. Jadi pastikan juga suami anda sehat dan tidak menderika radang pada saluran kemih dan genitalia.

    Bila berobat,sebaiknya kedua orang pasangan itu sama-sama berobat. Sehingga dapat dipastikan tidak akan terjadi fenomena pingpong tersebut.

  24. 127
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dita,

    Bila yang diangkat cuma satu ovarium, berarti anda masih punya satu lagi ovarium yang sehat.
    Sehingga kemungkinan untuk mendapatkan keturunan masih besar. Untuk meningkatkan kesuburan, minum vitamin E setiap hari atau makan sayur toge setiap hari.

  25. 126
    Dita Says:

    Pagi,dokter…

    Dok,saya pernah operasi kista 8 thn yg lalu ketika saya msh smp. Ovarium sebelah kiri saya diangkat. Apakah saya msh bs memiliki keturunan? Lalu apakah ada pantangan makanan untuk menjaga kesuburan saya?? Dan bgm anjuran dokter untuk ke depannya.? Trimakasih, dok..

Pages: « 39 … 9 8 7 [6] 5 4 3 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe