SANDRAAnak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi dan allergi: flu, diare, campak, cacar air, kejang demam, asthma, gatal-gatal, dst. Hampir setiap anak pernah mengalami penyakit tersebut, baik anak dinegara maju dengan hygiene dan sanitasi serba baik maupun negara belum maju seperti Indonesia.

Penyakit kanker pada anak umumnya jarang dibandingkan angka kejadian kanker pada orang dewasa. Pada anak angka kejadian kanker 2-4 %, sangat kecil dibandingkan angka kejadian penyakit lainnya seperti infeksi dan allergi yang ditulis pada awal artikel ini.

Namun, dari data statistik menunjukkan kejadian penyakit kanker pada anak saat ini memperlihatkan kecenderungan meningkat, dibandingkan dua dasa warsa yang lalu. Kenapa?

Adalah kemajuan perkembangan industri yang paling berperan disertai perubahan gaya hidup masyarakat kita. Hampir semua makanan saat ini menggunakan MSG, monosodium glutamat, perasa yang berbahan kimia.

Pewarna tekstil (rhodamin) digunakan mewarnai jelly dan minuman agar menarik minat anak-anak untuk dikonsumsi. Sayuran dan buah-buahan sudah tidak semurni dulu lagi  sudah tercemar bahan kimia, akibat pemupukan dan insektisida, sebelum sampai ketangan konsumen.  

Contoh jelas dan nyata bagaimana bahan kimia mengakibatkan kanker dapat dilihat dari tikus sekarang dibandingkan tikus saat saya masih anak. Puluhan tahun yang lalu, tikus di sawah dan selokan yang saya lihat ukurannya kecil, badan ditutupi bulu-bulu halus.

Pada saat ini tikus sawah maupun rumah dan selokan ukurannya jumbo, sangat besar dengan badan yang ditumbuhi bulu kasar dan tajam, seperti landak. Zaman dulu tikus takut sama kucing, tapi sekarang ini kucing yang takut kepada tikus, saking besar dan seramnya tikus masa kini..

Perubahan bentuk dan ukuran serta textur jaringan tikus zaman dulu ke tikus zaman sekarang disebabkan oleh mutasi genetik, yaitu adanya perubahan dalam susunan dan panjangnya khromosom yang disebabkan oleh paparan bahan kimia yang terdapat di dalam pupuk dan insektisida yang banyak digunakan pada saat ini. Tikus saat ini boleh disebut sebagai ‘tikus mutant’.

Paparan bahan kimia selain melalui makanan  dan minuman, juga melalui pernafasan : bensin, timah hitam (Pb), carbon tetrachloride(CCl4), asbes, dll.

Bayangkan tubuh anak sudah diserang dari berbagai penjuru oleh bahan kimia yang sangat berbahaya bagi  kesehatan dan menimbulkan berbagai kanker, diantaranya leukemia adalah penyakit kanker tersering pada anak usia 0-9 tahun.

Khusus paparan bensin pada anak atau saat janin dalam kandungan-bila si ibu bekerja berdekatan dan bersinggungan dengan bensin sebagai penjual bensin eceran-atau anak yang membantu orang tua berjualan bensin. Pada kasus semacam ini, kemungkinan anak menderita leukemia sangatlah besar, seperti disebutkan didalam buku.

Mengetahui bensin sebagai salah satu penyebab leukemia, adalah kurang bijak kalau anak masih juga disuruh membantu berjualan bensin. Sebaiknya anak membantu orang tua dengan pekerjaan lainnya yang tidak berdampak terhadap kesehatan anak…

Penderita leukemia umumnya pertama-tama akan merasakan badan yang panas/ hangat lebih dari 3 minggu berturut-turut tanpa sebab yang jelas. Artinya anak tidak flu, diare atau terkena penyakit infeksi lain. Muka pucat, badan lemah, anak tidak aktif.

Bila diperiksa lebih jauh, perut tampak membuncit, akibat pembesaran hati dan limpa. Anak jadi cengeng dan rewel, susah makan-minum dan susah tidur…

Setelah diperiksa darahnya, biasanya akan tampak penurunan pada kadar hemoglobin dan trombosit (bisitopenia) dengan sel darah putih yang sangat meningkat. Pembekuan darahpun terganggu, terlihat dari sering mimisan, bab berdarah, lebam-lebam dikulit, dst…

Begitulah secara umum tanda-tanda yang dapat dilihat pada penderita leukemia. Jadi peran ibu dan ayah serta keluarga lainnya  sangat besar dalam mencermati gejala sekecil apapun yang menimpa putra-putrinya dan mewaspadai gejala yang tersebut diatas…

Dengan mengenali gejala leukemia, biasanya penderita dapat tertolong, karena stadium penyakit yang masih awal… Jadi cepat periksakan anak bila terdapat gejala diatas, jangan berlama-lama. Karena pengobatan akan berpacu dengan perkembangan sel-sel kanker, semakin cepat diobati maka kemungkinan sembuh akan  semakin besar.

Pengobatan leukemia biasanya dengan khemoterapi, obat keras yang membunuh sel kanker. Dampak khemoterapi terhadap keadaan umum sangat tergantung dari kondisi awal penderita. Bila datang dengan gizi bagus dan stadium awal, penderita akan dapat mentolerir khemoterapi yaitu efek samping obat yang minimal atau sedikit.

Apabila dengan khemoterapi tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah transplantasi atau cangkok sumsum tulang. Hanya sedikit pusat kesehatan yang dapat melakukan hal ini di Indonesia. Di Belanda yang saya tahu pusatnya hanya di kota Leiden. Pada saat itu belum ada di Amsterdam maupun Rotterdam tahun 1992, saat saya belajar di negeri kincir angin tersebut.

Popularity: 35%

Posted Saturday, May 31st, 2008 at 12:00 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

649 Responses to “Leukemia, kanker tersering pada anak. Bagaimana gejala & menghindari?”

Pages: « 26 … 25 24 23 [22] 21 20 19 … 1 » Show All

  1. 550
    Indah Says:

    Dear dr. Sukma
    Saya memiliki anak laki-laki usia 5 tahun. Beberapa hari kemaren mimisan dan cukup banyak, dan karena menangis dia muntah dan keluar darah juga. Saya periksakan ke dokter dan diminta tes darah :
    WBC : 13.2 H 10 3/mm3
    RBC : 6.11 H 10 6/mm3
    HGB : 9.7 L g/dl
    HCT : 33.7 L %
    PLT : 355 103/mm3
    PCT : .241 %
    MCV : 55 L um3
    MCH : 15.8 L pg
    MCHC : 28.7 L g/dl
    RDW : 16.1 H %
    MPV : 6.8 um3
    PDW : 4.1 L %
    sebagai orang awam, saya hanya melihat kok banyak yang di luar nilai normal. Misalnya hitung lekositnya kok tinggi? Bagaimanakah indikasi leukimia?
    Terima kasih sebelumnya,Jawaban sangat saya nantikan…
    Indah

  2. 549
    Dr. Sukma Says:

    Halo Vya,

    Jawabannya ‘maybe yes and maybe no’. Karena diagnosis leukemia ditegakkan dari hasil BMP yaitu bone marrow puncture alias biopsi summsum tulang.. Keluhan sakit punggung harus disertai tanda dan gejala lain plus pemeriksaan lab yg mendukung TERUTAMA hasil pemeriksaan BMP.

  3. 548
    vya Says:

    hy dokter,,
    saya mau anyak,,apakah sakit atau nyeri pada punggung yg berkepanjangan itu ciri2 leukemia?

  4. 547
    ira herma Says:

    halo dok,,
    saya peljar yg usianya masih 17 tahun, saya mau tanyak tentang gejala leukemia itu, dok,saya mengalami nyeri sendi, utamanya tulang punggung,kalau tulang punggung saya sudah nyeri saya sampai nangis,karena terkadang saya gak kuat merasakan sakitnya itu,saya mengalami ini kurang lebih 3 bulan,terkadang saya mengalami panas dan pusing,itu sering terjadi tapi gak lama saya merasakan pusing dan pusingnya itu,apakah itu merupakan ciri2 dari leukemia??
    thx,,

  5. 546
    Haluan Riau Says:

    dok saya dari surat kabar haluan riau . kami membuka salah satu rubrik tentang kesehatan ibu dan anak, dokter Prof Suhaimi juga mengisisalah satu rubrik di haluan riau yaitu rubrik dokter kita..kami berharap artikel2 kesehatan yang dokter posting mau dokter mengizinkannya untuk kami publish di rubrik mom & kids tanpa kami kurangi sedikitpun substansi artikel dokter…kami tunggu jawabannya ya dok… salam

  6. 545
    Alfan Says:

    Dok saya cowok berumur 36 tahun. 1 tahun terakhir ini saya mengalami penyakit yang msh misterius. Saya sering pucat dan kedinginan seperti tidak ada darahnya, apalagi tangan dan kaki saya spt tidak ada darahnya, terus kepala berat dan kadang sering goyang (bukan Vertigo) tidur sering bangun tengah malam dan juga gigi kadang berdarah. Sudah di cek lab hasilnya:
    Hb : 15,6 Normal : 13,5-18
    Lekosit : 4900 Normal : 4500-10700
    Eritrosit : 5,2 Normal : 0-15
    Hematokrit : 47 Normal : 40-52
    Trombosit : 179 Normal : 150-450
    Eosinofil : 4 Normal : 2-4
    Basofil : 0 Normal : 0-1
    Netrofil Stab : 5 Normal : 3-5
    Netrofil segmen : 56 Normal : 54-62
    Limfosit : 29 Normal : 25-33
    Monosit : 6 Normal : 3-7
    Gula sewaktu : 103 Normal : 70-105
    SGOT : 12,2 Normal : 11-39
    SGPT : 24,4 Normal : <42
    dan sy jg sdh CT SCAN KEPALA hasilnya normal kata dokter saraf. Tapi sy kata teman2 semakin hari semakin pucat……..kalau menurut dokter saya sakit apa dan kalau memang perlu saya harus periksa ke dokter apa? karena sy sdh periksa ke dokter syaraf dan Internist. makasih atas jawabannya dok

  7. 544
    alfan Says:

    oh ya dok sy tmbhkan, 4 bln trkhr ini kepala sy terasa berat seperti tertekan tp tdk spt ditusuk tusuk terus tidur agak terganggu shg max tdr hy 4 jam jd kl tdr jam 9 mlm jam 1 mlm sdh bangun dan tdk bs tdr lg. Sdh di CT SCAN hasilnya normal? Terus terang rasa cemas sy smkn menjadi jadi dok, smp2 sy malas utk keluar rmh apalg mual2 sy semakin sering. Apa yg harus sy lakukan dok? Please sy bth jawaban dokter.

  8. 543
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mira,

    Saya tidak tahu persis obat itu, namun kira2 memperbaiki daya tahan tubuh atau immunitas. Transfusi trombosit memang pilihan nomor satu untuk trombositopenia atu trombosit yang dibawah normal. Pada aplastik anemia, maka terjadi gangguan pada sumsum tulang yang berupa TIDAK sanggupnya sumsum tulang memproduksi sel-sel darah seperti normalnya. Terapi terbaik adalah transplantasi sumsum tulang yang beayanya sangat mahal dan memerlukan ruang steril yang amat sangat mahal serta sumber daya manusia yang terlatih dan berpengalaman…

  9. 542
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mutchu,

    Yang jelas keluhan ayah anda dan hasil lab mengarah ke penyakit kelainan darah. Karena itu paling pas bila ayah anda ditanganio oleh seorang hematologist atu dokter spesialis penyakit darah. Dokter hematologist akan mencari sebab kenapa trombosit rendah dan lekosit sangat tinggi tersebut.

  10. 541
    Dr. Sukma Says:

    halo Iin Ayu,

    Sebaiknya SEGERA kunjungi dokter penyakit dalam, agar diperiksa teliti dan dialkukan pemeriksaan lab yang perlu….. Dari keluhan itu mengarah ke penyakit kelainan darah termasuk juga leukemia. Kelainan baru diketahui pasti setelah pemeriksaan darah tepi lengkap dan BMP/ biopsi sumsum tulang bila diperlukan.

  11. 540
    mutchu Says:

    Siang dok,
    Kemaren ayah saya masuk rs dikarenakan trombosit rendah leukosit sangat tinggi.. Tapi dilihatnya ayah saya seperti tidak sakit dilihat dari hasil jantung, paru2 dll bagus hanya saja ayah saya sakit diabetes. Sampe sekarang dokter juga belum mengetahui sakit apa ayah saya.. Apa itu gejala leukimia? Ayah saya berusia 60 tahun.. Trims

  12. 539
    iin ayu Says:

    slamat sore dokter sukma
    saya mau tanya…apa leukimia penyakit turunan?
    dok saya sering rasain sakit pada tulang2 umum nya pada tulang belakang saya,biasa ada lebam d tgn n kaki saya tpi bkn karna benturan. sering juga pusing,agak rasa demam2 jga…..
    apa yg saya rasakan ini gejala leukimia dok? dan apa yg harus saya lakukan untuk mengatahui pasti kalau ini gejala leukimia atau bukan?

  13. 538
    mira Says:

    dok, saya mau tanya adik saya, umur 9 tahun,perempuan, 2 bln yg lalu d vonis d RSCM terkena penyakit anemia aplastik hiposeluler.. dan harus transfusi trombosita.. yang saya tanyakan ada obat yang bisa menembah trombosit tidak dok.. karna ade saya sudah tidak mau untuk tranfusi dan kalau obat SANDIMUN itu untuk pa ya dok.. n baik tidak buat adik saya.. saya sangat menenti jawaban dokter.. terimakasih

  14. 537
    Dr. Sukma Says:

    halo Cinthya Senduk,

    Agak sedikit mengkhawatirkan kondisi lebam=lebam pada anak anda yang abru berusia satu tahun lebih. Saran saya sesegera mungkin dibawa ke dokter spesialis Anak, agar dicermati dan diteliti penyebab lebam-lebam yang tidak biasa tersebut..

  15. 536
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ernia Wensi,

    Umumnya leukemia disebabkan oleh adanya kelainan pada khromosom/ kelainan genetik. Jadi susah dihindari, karena kelainan tsb sudah dibawa sejak lahir atau didapat selama massa kehidupan akibat paparan bahan kimia yang begitu luas pemakaiannya didalam hampir segala aspek klehidupan masyarakat modern : pertanian, peternakan, perhubungan, produksi makanan kaleng, minuman energy dll. Namun ada juga leukemia disebabkan infeksi virus, yang terutama mengenai penderita berusia dewasa.

    Cara mengatasi leukemia dengan obat2 khemoterapi dan atau transplantasi sumsum tulang.. Dan cara menghindari leukemia sedapat mungkin kita tidak bersentuhan dengan bahan kimia selama hidup kita. Artinya hidup seperti zaman nenek-moyang kita dahulu jauh lebih sehat karena tidak ada campur tangan bahan kimia dalam kehidupan mereka. Dengan kata lain : back to nature atau kembali ke alam, itu kata kuncinya….

  16. 535
    cinthya senduk Says:

    slmt siang, dr.sukma saya ingin bertanya, saya punya anak perempuan umur 1 thn 3 bulan, sering timbul lebam-lebam di tubuh yang paling sering di bagian kaki, sudah ada 1 bulan, apakah itu salah satu gejala leukemia ??? terima kasih

  17. 534
    ernia wensi Says:

    dok,,,,saya mau tanya sebenarnya penyebab penyakit leukimia itu disebabkan oleh apa????dan bagaimana cara mengatasi penyakit tsb????

  18. 533
    Dr. Sukma Says:

    Hai Luna,

    Benar. Thalasemia Mayor.
    Umumnya semua penderita thalasemia, apalagi tipe mayor TIDAK cukup atau tidak bisa ditanggulangi dengan minum obat sangobion atau obat penambah darah lainnya. Karena pada penderita thalasemia, turunnya hemoglobin (Hb) sedemikian cepat dan sedemikan rendah, sehingga tidak mungkin dikejar dengan pemberian obat penambah darah. Satu-satunya pengobatan thalasemia adalah transfusi darah. Demikian semoga cukup jelas…..

  19. 532
    Dr. Sukma Says:

    Hai Hera,

    Dari semua item pemeriksaan darah anak anda, saya agak terganggu dengan: ‘leukosit kesan jumlah meningkat, limfositosis dengan beberapa sel atipik’. Kalimat bisa mengarah ke gejala kelainan darah, termasuk leukemia. Jadi sebaiknya anak anda diperiksa teliti oleh seorang dokter anak sub divisi hematologi. LED juga cukup tinggi, selain disebabkan infeksi, bisa juga pada kelainan darah… So, untuk kepastiannya sebaiknya kunjungi dokter spesialis anak.

    Di RSAB. Harapan Kita, Slipi Jakarta Barat ada dokter Hermien Wijayanto, SpA yang menangani kasus-kasus hematologi anak….

  20. 531
    hera Says:

    Ibu Dokter Sukma yang baik… Salam kenal ya Bu, saya suka sekali dengan blog Ibu ini, banyak informasi yg bisa saya dapatkan.
    Ibu, leukemia itu apa bersifat menurun?
    Selain itu saya juga mau menanyakan, apakah ada bahaya kalau sering mimisan. Selain karena pembuluh darah yang gampang pecah, apa ada penyebab lain, Bu?
    Anak saya sejak usia 11 bulan mulai mimisan, tp waktu itu tidak sesering sekarang. Saat ini usianya 2 tahun 9 bulan, terakhir2 ini sering sekali mimisan, kadang 2 kali sehari, atau pernah juga dalam beberapa hari itu dia selalu ada aja mimisannya dalam sehari. Pernah juga tiba2 di malam hari.
    Kemrin juga sdh diperiksa darahnya, hasil pemeriksaan lab untuk:
    Bleding time dan clotting time-nya normal, 2 menit dan 10 menit.
    Hapusan darah, leukositnya: kesan jumlah meningkat, limfositosis dengan bbrp sel atipik.
    Leukositnya 11.800/ul.
    LED, 30 mm/jam.
    Hitung jenis mono: 3%

    Dari hasil lab tadi, apakah yg sebaiknya saya lakukan agar anak saya tidak sering mimisan, Bu?
    Terimakasih atas perotolongannya Bu.

  21. 530
    luna Says:

    dok, saya mau tanya
    jenis thalasemia apa yang baru terdeteksi saat berumur 12 tahun?
    lalu penyakitnya bertambah parah hingga akhirnya penderita meninggal saat berusia 18 tahun
    benarkah itu yang jenis talasemia mayor?
    lalu apakah penderita talasemia mampu dibantu pengobatannya dengan obat penambah darah seperti sangobion?
    thx before….

  22. 529
    Dr. Sukma Says:

    Hai Umi,

    Sedikit mirip namun BUKAN leukemia. Kemungkinan hanya anemia yang disebabkan berbagai hal, antara lain adanya infeksi. Dan sudah pasti bila kondisi badan tidak sehat, maka produksi ASI akan terganggu juga…

  23. 528
    Dr. Sukma Says:

    Halo Melisa,

    Sebaiknya dibaca jawaban saya untuk Sdr. Ade Juliadi-karena kasusnya sama yaitu MDS (Myelo Dysplastic Syndrome). Yang jelas BUKAN leukemia, namun dalam perjalanan penyakit kemungkinan menjadi leukemia masih bisa… MDS agak complicated dan sulit ditangani…

  24. 527
    Dr. Sukma Says:

    hai Iko,

    Lekosit anda tinggi menunjukkan adanya radang atau infeksi. Bisa jadi di saluran kemih, karena anda tidak suka minum dan mual2 terus… Sebaiknya ditangani oleh dokter SpOG..

  25. 526
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dewa,

    Usia 60 tahun masih terbilang muda, tergantung kondisi fisik seseorang. Jadi sebaiknya bila anda sayang ayahanda, bawalah berobat ke dokter Hematologist di RSCM. Stadium 2 berada di tengah, masih ada kemungkinan untuk sembuh…. So, sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, tetaplah berusaha sambil memohon pada Yang Diatas agar diberkahi kesembuhan pada ayah anda, OK…

Pages: « 26 … 25 24 23 [22] 21 20 19 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe