SANDRAAnak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi dan allergi: flu, diare, campak, cacar air, kejang demam, asthma, gatal-gatal, dst. Hampir setiap anak pernah mengalami penyakit tersebut, baik anak dinegara maju dengan hygiene dan sanitasi serba baik maupun negara belum maju seperti Indonesia.

Penyakit kanker pada anak umumnya jarang dibandingkan angka kejadian kanker pada orang dewasa. Pada anak angka kejadian kanker 2-4 %, sangat kecil dibandingkan angka kejadian penyakit lainnya seperti infeksi dan allergi yang ditulis pada awal artikel ini.

Namun, dari data statistik menunjukkan kejadian penyakit kanker pada anak saat ini memperlihatkan kecenderungan meningkat, dibandingkan dua dasa warsa yang lalu. Kenapa?

Adalah kemajuan perkembangan industri yang paling berperan disertai perubahan gaya hidup masyarakat kita. Hampir semua makanan saat ini menggunakan MSG, monosodium glutamat, perasa yang berbahan kimia.

Pewarna tekstil (rhodamin) digunakan mewarnai jelly dan minuman agar menarik minat anak-anak untuk dikonsumsi. Sayuran dan buah-buahan sudah tidak semurni dulu lagi  sudah tercemar bahan kimia, akibat pemupukan dan insektisida, sebelum sampai ketangan konsumen.  

Contoh jelas dan nyata bagaimana bahan kimia mengakibatkan kanker dapat dilihat dari tikus sekarang dibandingkan tikus saat saya masih anak. Puluhan tahun yang lalu, tikus di sawah dan selokan yang saya lihat ukurannya kecil, badan ditutupi bulu-bulu halus.

Pada saat ini tikus sawah maupun rumah dan selokan ukurannya jumbo, sangat besar dengan badan yang ditumbuhi bulu kasar dan tajam, seperti landak. Zaman dulu tikus takut sama kucing, tapi sekarang ini kucing yang takut kepada tikus, saking besar dan seramnya tikus masa kini..

Perubahan bentuk dan ukuran serta textur jaringan tikus zaman dulu ke tikus zaman sekarang disebabkan oleh mutasi genetik, yaitu adanya perubahan dalam susunan dan panjangnya khromosom yang disebabkan oleh paparan bahan kimia yang terdapat di dalam pupuk dan insektisida yang banyak digunakan pada saat ini. Tikus saat ini boleh disebut sebagai ‘tikus mutant’.

Paparan bahan kimia selain melalui makanan  dan minuman, juga melalui pernafasan : bensin, timah hitam (Pb), carbon tetrachloride(CCl4), asbes, dll.

Bayangkan tubuh anak sudah diserang dari berbagai penjuru oleh bahan kimia yang sangat berbahaya bagi  kesehatan dan menimbulkan berbagai kanker, diantaranya leukemia adalah penyakit kanker tersering pada anak usia 0-9 tahun.

Khusus paparan bensin pada anak atau saat janin dalam kandungan-bila si ibu bekerja berdekatan dan bersinggungan dengan bensin sebagai penjual bensin eceran-atau anak yang membantu orang tua berjualan bensin. Pada kasus semacam ini, kemungkinan anak menderita leukemia sangatlah besar, seperti disebutkan didalam buku.

Mengetahui bensin sebagai salah satu penyebab leukemia, adalah kurang bijak kalau anak masih juga disuruh membantu berjualan bensin. Sebaiknya anak membantu orang tua dengan pekerjaan lainnya yang tidak berdampak terhadap kesehatan anak…

Penderita leukemia umumnya pertama-tama akan merasakan badan yang panas/ hangat lebih dari 3 minggu berturut-turut tanpa sebab yang jelas. Artinya anak tidak flu, diare atau terkena penyakit infeksi lain. Muka pucat, badan lemah, anak tidak aktif.

Bila diperiksa lebih jauh, perut tampak membuncit, akibat pembesaran hati dan limpa. Anak jadi cengeng dan rewel, susah makan-minum dan susah tidur…

Setelah diperiksa darahnya, biasanya akan tampak penurunan pada kadar hemoglobin dan trombosit (bisitopenia) dengan sel darah putih yang sangat meningkat. Pembekuan darahpun terganggu, terlihat dari sering mimisan, bab berdarah, lebam-lebam dikulit, dst…

Begitulah secara umum tanda-tanda yang dapat dilihat pada penderita leukemia. Jadi peran ibu dan ayah serta keluarga lainnya  sangat besar dalam mencermati gejala sekecil apapun yang menimpa putra-putrinya dan mewaspadai gejala yang tersebut diatas…

Dengan mengenali gejala leukemia, biasanya penderita dapat tertolong, karena stadium penyakit yang masih awal… Jadi cepat periksakan anak bila terdapat gejala diatas, jangan berlama-lama. Karena pengobatan akan berpacu dengan perkembangan sel-sel kanker, semakin cepat diobati maka kemungkinan sembuh akan  semakin besar.

Pengobatan leukemia biasanya dengan khemoterapi, obat keras yang membunuh sel kanker. Dampak khemoterapi terhadap keadaan umum sangat tergantung dari kondisi awal penderita. Bila datang dengan gizi bagus dan stadium awal, penderita akan dapat mentolerir khemoterapi yaitu efek samping obat yang minimal atau sedikit.

Apabila dengan khemoterapi tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah transplantasi atau cangkok sumsum tulang. Hanya sedikit pusat kesehatan yang dapat melakukan hal ini di Indonesia. Di Belanda yang saya tahu pusatnya hanya di kota Leiden. Pada saat itu belum ada di Amsterdam maupun Rotterdam tahun 1992, saat saya belajar di negeri kincir angin tersebut.

Popularity: 35%

Posted Saturday, May 31st, 2008 at 12:00 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

649 Responses to “Leukemia, kanker tersering pada anak. Bagaimana gejala & menghindari?”

Pages: « 26 25 [24] 23 22 21 20 … 1 » Show All

  1. 600
    teddy Says:

    selamat sore dokter..

    adek saya ada yang uda positif leukimia…
    apa yang perlu di lakukan dok…

  2. 599
    ocekojiro Says:

    Hai dokter Sukma yang baik,,,

    Sudah lebih dari sebulan ini glivec kembali kosong.
    Jangankan obat santunan, mau beli saja tidak ada dan teman teman leukemia (CML) pada menjerti.
    Bagaimana ini dook,,,?

    http://ocekojiro.wordpress.com/2011/10/24/marah/

  3. 598
    eengsu Says:

    Selamat pagi Dokter,
    Istri saya mempunyai penyakit trombosit tinggi, terakhir diperiksa 1.096.000/mm3, Saya bawa ke RSCM Kencana klinik Hematologi, namun saya tidak bisa konsultasi leluasa karena dokternya terburu-buru harus membagi waktu memberi kuliah di UI dan menangani pasien diruang penanganan. Yang ingin saya tanyakan apakah trombosit tinggi bisa disembuhkan secara total?
    Terima kasih sebelumnya Dok

  4. 597
    Dr. Sukma Says:

    Halo Putri,

    Sepintas saya baca semua keluhan yg anda tulis tsb mengarah ke penyakit serius, dalam hal ini leukemia. Anda kan masih 16 tahun, seharusnya masih dibawah pengawasan orang tua/ ortu. Sepatutnya juga ortu TAHU persis keadaan dan kondisi kesehatan dg berbagai keluhan tsb. Bagaimana mungkin ortu sampai tidak tahu ? Satu2nya kemungkinan adalah bila anda TiDAK TINGGAL bersama ortu alias ngekos dikota lain.

    Sebaiknya anda beritahu kondisi kesehatan anda ini kepada kedua ortu. Dengan ortu kemudian anda periksa ke RS besar agar bisa ditangani dokter internist akhli hematologi. Jangan buang waktu, kesehatan jauh lebih penting dari apapun didunia ini.

  5. 596
    Dr. Sukma Says:

    Halo Azman,

    Kenapa gak di Singapore aja transplantasi sumsum tulang. Setahu saya di RSCM belum ada cangkok sumsum tulang ataupun cangkok organ lainnya. Di Singapore banyak pilihan : Mount Elizabeth, Gleneagles, etc.

    Yang sudah terkenal sejak dulu dan berhasil baik adalan di children hospital di Leiden (Belanda).

  6. 595
    azman Says:

    salam kenal,dok
    anak saya jesslyn fredicia berumur 3th, tahun lalu dia terkena leukimia tipe AML, setelah menjalani kemo selama 4bln di KK hospital di Singapore, dia dikatakan udah sembuh. Tapi bulan lalu luekimianya datang lagi, kata dokter paling baik harus transplantasi sumsun tulang. mau tanyain di RSCM ada tak transplantasi sumsun tulang, ibu tahu biayanya berapa? dengan dokter yang mana? tolong kasih pendapatnya Thank’s.

  7. 594
    budy Says:

    Bu dokter anak sy umur 6thn apa penyakit anak sy dgn hasil lab
    HB 10,4g/dl
    trombosit 307.000/uL
    leukosit 5.300
    mhon penjelasan ibu..tks

  8. 593
    Dr. Sukma Says:

    Halo Gde Agung,

    Yang pasti keluhan itu BUKAN sakit maag. Klo maag ulu hati terasa panas, terbakar. Dan karena sudah konsultasi kemana-mana, maka sebaiknya sekarang usaha konsultasi ke ISHWW. Jadi lakukanlah gerakan dan sikap meditasi spt Yoga. Tarik nafas dalam2 secara perlahan via hidung dan lepaskan nafas perlahan2 via mulut. Demikian berulang-ulang selama minimal setengah jam maximal satu jam untuk setiap sessi.. Sambil anda memohon kepada ISHWW untuk kesembuhan.

    Rasakan perbedaan yg dramatik setelah anda melakukan yoga selama 2 minggu berturut-turut pagi dan di malam hari sebelum tidur. Saya yakin tidak ada lagi keluhan uluhati dingin tsb.

  9. 592
    Gde Agung Says:

    Dok.Istri sy 63th.Bbrp th merasa dingin pd uluhatinya.Sdh ke dr ahlinya.Endoskopi.rontgen.Hasil ok.Juga rasa sakit yg lain2.Sdh keberbagai spesialis.Sy bingung ada apa.Kehidupan kami cukupan.Anak2 dan cucu baik. Mohon saran kemana lagi hrs konsult.Suksma.

  10. 591
    Dr. Sukma Says:

    Halo Latifa,

    Pada kasus mimisan banyak spt ibunda, terbaik dipantau jumlah trombosit, waktu peradarahan/bleeding time serta waktu pembekuan/ clotting time (ct). Bila 3 items tsb normal, kemungkinan lain adalah pembuluh darah pecah oleh berbagai sebab.

    Saran saya sebaiknya pergi ke dokter internist/hematologist, perlu pemeriksaan darah lengkap. Bila trombosit rendah, bt dan ct lebih panjang dari normal range kemungkinan trombositopenia(ITP, dll). Bila trombosit rendah disertai temuan sel-sel muda/ blast cells sangat dicurigai ke arah leukemia. So, hurry up visit hematologist..

  11. 590
    latifa Says:

    dokter…plisss saya meminta saran anda :(

    mama saya minggu kemarin (18 September 2011) mimisan seharian. darahnya menggumpal-menggumpal. wktu tgl 3 agustus 2011 diperiksa di lab , hasil leukositnya 11.200. trus hari ini (22 September 2011 ) dicheck k lab lagi, hasilnya 12.600. badan mama saya juga memar2 padahal tidak terbentur apa-apa..ini menandakan apa ya dok…?
    apa mengarah ke leukimia atau ada kemungkinan lainnya?

    terimakasih saran anda dok..saya butuh jawaban secepatnya

  12. 589
    Nora Says:

    Dear Ibu Dokter yang baik…

    Mohon advisenya ya Dok…Papa saya penderita gagal ginjal kronis. sudah cuci darah sejak 1 tahun yg lalu. HB nya turun terus. Saat ini HB 7.6. napsu makan bagus, tapi susah naik timbangannya. BB 46 – 47 kg. ada komplikasi asam urat dan kolestrol. Ada pembengkakan jantung juga, efek samping dari cuci darah. Menurut dokter HD, itu adalah hal biasa bagi pasien cuci darah. Hampir setiap hari sesak napas, badan sakit-sakit dan pegal-pegal terutama setelah habis di HD. kadang mau narik napas suka sakit, dan akhir 2x ini napasnya kadang bunyi. pernah ada infeksi di paru-paru. pernah juga sakit di perut (Lambung / ulu hati). Tapi saya perhatikan hanya Papa saya saja yg punya keluhan seperti itu. pasien HD yg lainnya tidak sesak napas, dll. Saya juga bingung Dok…untuk pemberian menu nya, karena kalau mau di kasih hati ayam,atau bayam katanya mengandung purin yg akan memberatkan kerja ginjal. kalau banyak ikan atau daging, takutnya kelebihan protein. Apakah Papa saya ada mengarah ke leukemia ? Apakah orang tua bisa juga terkena Dok ? Usia papa saya 66 thn. Jarang demam, tidak pernah mimisan. Dulu pernah BAB nya agak hitam, setelah minum obat sudah tidak lagi.bawaannya lemas terus. Terima kasih banyak Dokter..

  13. 588
    Dr. Sukma Says:

    Halo Andreas,

    Ada 2 kemungkinan yaitu tidak berhasil atau semula berhasil tapi sekarang relaps alias kambuh lagi. Pasien leukemia meski ytelah menjalani transplantasi sumsum tulang selalu haru dalam pantauan dokter hematologist. Tidak ada jaminan sembuh terus tanpa relaps. Biasanya pasien check up sebulan sekali selain pemeriksaan fisik juga dilakukan pemeriksaa lab darah tepi secara periodi. Sehingga bila yterjadi kekambuhan akan terlihat dari hasil pemeriksaan darah tsb, meskipun belum ada gejala klinis dan keluhan dari pasien.

  14. 587
    Andreas Says:

    Hallo Bu Dokter, saya mau bertanya mengenai teman saya yang terkena leukimia. Dia melakukan pencangkokan sumsum tulang saat dia umur kira-kira 10 tahun , dan sekarang dia berumur 14 tahun. Yang mau saya tanyakan mengapa gejala-gejala pada leukimia seperti sring trjadi pendarahan misalnya mimisan dan keringat dingin sering saya lihat pada dia, padahal dia sudah melakukan pencangkokan, apa karena pencangkokan tersebut tidak berhasil?
    Trimakasih banyak.

  15. 586
    arr Says:

    dokter saya mw tanya..
    dok saya penidap leukimia stadium 2 dok, saya mw tanya p bisa sembuh dok pnyakit saya?
    sedangkan saya sering cek tiap bulan…
    sbelumnya terima kasih y bu dokter

  16. 585
    hendi Says:

    dok,pacar saya pernah dioperasi terkena leukemia.kurang lebih januari 2011 dioperasi.sekarang dia mengalami pusing2 dan lemas.sudah 2 kali muntah.selain itu dia sering pening.dan tulang punggung dan sayap sering pegal2 (bukan sakit).
    kira2 apa gejala2 itu berhubungan dengan leukemia?saya takut terjadi kekambuhan.pemeriksaan darah apa saja untuk membuktikan kambuh atau tidaknya leukemia tersebut?jika setelah periksa darah,ternyata tidak ada masalah (elemen darah normal0 bolehkah dia mengkonsumsi keladi tikus atau rebusan daun sirsak?

  17. 584
    Dr. Sukma Says:

    Hai Raka,

    Kalau diagnosis leukemia sudah tegak, akan diberikan obat kemoterapi. Anda ikuti aja petunjuk dan cara pemberian dokter hematologist. Sedangkan rebusan daun sirsak sebagai pelengkap.

  18. 583
    raka Says:

    ia dok, bsok hasil evaluasi sumsum tulang saya keluar, kalo memang saya terkena itu, apakah sya msih punya alternatif lain untuk smbuh total?
    Tpi kata na cri.cri leukemia adalah lebam pda kulit. . .tpi kulit saya hanya mengeluarkan bintik.bintik merah yg kdang skit bila tertekan. . .seperti luka dibwah lapisan kulit. . .
    Apakah daun sirsak it bnar bsa digunakan untk menyembuhkan dok?

  19. 582
    Dr. Sukma Says:

    Halo Raka,

    Kalau hasil lab yg anda tulis benar, maka sy berkesimpulan anda terkena leukemia jenis CML. Namun diagnosis leukemia baru bisa ditegakkan, dari hasil pemeriksaan biopsi sumsum tulang atau lebih dikenal dg BMP (bone marrow puncture).

    Angka lekosit yg sangat tinggi, adanya blast didarah tepi serta segmen yg dominan mendukung kearah diagnosis CML yaitu chronic myelocytic leukemia. Jadi SEGERAlah ikuti permintaan biopsi sumsum tulang agar PASTI jenis penyakit anda pada saat ini sehingga dapat ditanggulangi sebagaimana mestinya. Saya yakin anda kuat dan akan bisa menjalani semua tahapan pengobatan nantinya. Amien.

  20. 581
    raka Says:

    dok, saya mw tanya…
    saya tanggal 16 agustus baru periksa darah di salah 1 lab
    hasil na seperti ini
    hb 9,7
    hematokrit 31,4%
    leukosit 228.400
    trombosit 1.122.000

    blas 2%
    mielosit 16%
    batang 5%
    segmen 66%
    basofil 0%
    eosinofil 2%
    monosit 2%
    limfosit 5%

    saya di sarankan untuk evaluasi sumsum tulang blakang…
    sebelumnya saya periksa darah blum pernah di sarankan evaluasi sumsum tulang…saya dikatakan terkena anemia, yg saya tanyakan apakah setiap penderita anemia memang disarankan evaluasi sumsum tulang??

  21. 580
    Dr. Sukma Says:

    Hai Jun,

    Benar. Tidak ada jaminan bagi penderita leukemia atau lainnya yg telah menjalani pencangkokan/ transplantasi pasti tidak kambuh lagi. Cangkok hati, ginjal, sumsum tulang, dst akan menjadi bermasalah bila : penerima cangkok/ resipien terkena infeksi, daya tahan tubuh menurun akibat obat2 steroid untuk mencegah penolakan tubuh thd organ/ sumsum tulang yg dicangkok dan kurang istirahat atau kerja berat atau over trained.

    Jadi penerima cangkok organ seharusnya pandai menjaga keseimbangan antara kerja dan istirahat serta asupan gizi, vitamin dan mineral yg tepat.

  22. 579
    jun Says:

    Bu dokter saya mau tanya apa orang yang sudah berhasil cangkok sumsum tulang bisa terkena leukemia lagi?
    karena akhir-akhur ini pacar saya sering banget mimisan yang lama banget berhinti nya padahal dia sudah pernah cangkok sumsum tulang n kata dokter nya berhasil, apapenyakit itu balik lagi karena dia kerja yang berat”?

  23. 578
    R.Putri N.S. Says:

    trims dok atas infonya,.

  24. 577
    Isti Says:

    Dok, tepat sebulan lalu anak saya 10 th meninggal dunia, diagnosa dokter kemungkinan besar leukemia, cuma harus dipastikan melalui BMP, sehari sebelum BMP anak saya meninggal..
    Anak saya mengeluh lemas, capek, ga nafsu makan..dibawa ke UGD tes darah lekosit 32000, tiga hari kemudian tes darah lagi lekosit meningkat jadi 86000, hari keempat tes lekosit sudah 156000, malam harinya lekosit sudah 245000 dengan limpa sudah bengkak, jam 01.40 anak saya meninggal.. kalo gejala seperti ini jenis leukemia apa ya Dok? apa memang penyakit turunan?

  25. 576
    Dr. Sukma Says:

    Hai Astri,

    Betul, daun sirsak bagus sbg anti kanker. Biasanya daun sirsak direbus dan air rebusan tsb diminum 2x sehari pagi sore. Anda bisa tanyakan langsung mengenai hal ini kepada pemain sinetron yang diperkirakan bertahan 5 bulan oleh dokter RSCM. Tyapi ternyata survive sampai saat ini berkat minum rebusan daun sirsak.

Pages: « 26 25 [24] 23 22 21 20 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe