PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 7 6 5 4 3 2 [1] Show All

  1. 25
    lily Says:

    dok, blm lama ini seorang sahabat q meninggal karena mengidap 2 macam kanker salah satunya kanker getah bening. alm laki2 tapi berorientasi sex abnormal dengan kata lain alm adalah seorang transexual. yang q tau alm cm ngeluh sakit selama 4 bln tapi mulai parah 2 bulan terakhir. selama parah itu alm hanya bisa di hubungi via telepon tanpa ada yang tau keberadaannya. alm selalu menutup-nutupi keberadaannya. alm memeng mantan pemakai narkoba dan kadang masih mengkonsumsi alkohol dan juga alm seorang parokok.2 tahun kenal alm, alm hanya makan 2 macam makanan tiap harinya, yaitu ayam goreng/bakar dan nasi goreng. q dan teman2 yang lainnya sebenarnya sedikit curiga alm adalah ODHA tapi kita semua tidak ada yang tau tentang itu. apa mungkin alm pangidap HIV dok????

  2. 24
    Dr. Sukma Says:

    Halo Robert,

    Sepertinya anda pak Robert Manalu, you’re just kidding. Kalau benar, ‘Wishing you all the best 4 the coming year 2009′.

  3. 23
    robert S Says:

    dok dengkul saya seperti tumbuh daging, apakah itu tanda-tanda kanker? bagi resep dom dok

  4. 22
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tya,

    Dari tanda-tanda yang anda tulis mengenai pembesaran KGB di axilla/ ketiak kanan anda, saya lebih condong kearah Limfadenitis TBC kaseosa.

    Meskipun biasanya benjolan diketiak pada seorang wanita sebagian besar adalah jaringan payudara ektopik (mamma aberrant)atau anak sebar kanker payudara.

    Sebaiknya di biopsi jarum halus dulu, agar jelas dan berdasar untuk terapi nantinya. Meskipun TB kelenjar, bila besar dan mengganggu sebaiknya diextirpasi/angkat dulu benjolannya sambil diperiksa PA.

    Untuk meyakinkan bahwa BUKAN proses keganasan/ anak sebar kanker payudara. Selain itu akan mempercepat penyembuhan dan pembasmian kuman TBC didalam tubuh anda.
    Extirpasi juga baik untuk mamma aberrant.

  5. 21
    Tya Says:

    Halo Dok,

    Sudah 2 bulan ini ada benjolan di ketiak kanan sy yg semakin membesar sp 2 cm dan berwarna merah seperti ada bisul di dalamnya dan sebelum sy ke dokter rasanya nyeri hingga menganggu aktivitas tangan kanan saya, sudah 2 dokter internis sy datangin dan satu dokter ongkologi mereka menyuruh sy biopsi atau di operasi biar bs diteliti benjolan itu berbahaya atau tidak. Dan sy sdh melakukan biopsi dan hasilnya baru minggu depan ini. Mnrt perkiraan dokter dgn kondisi yg sy alami apakah sy menderita TB kelenjar? Dari ciri yg dijelaskan dokter hanya satu hal yg sy rasakan yaitu berat badan sy susah naik dan cenderung menurun tp ciri lainnya tidak. Apakah berbahaya bila benjolan ini tidak perlu dioperasi dan hanya minum obat rutin saja? terima kasih atas jawaban yg diberikan.

  6. 20
    Dr. Sukma Says:

    Halo Winarno,

    Tidak ada salahnya jika anda cross check dengan pemeriksaan laju endap darah/LED dan Mantoux test. LED akan tinggi dan test Mantoux akan positif, bila dalam tubuh anda masih ada kuman TBC. Kunjungi internist untuk maksud tersebut.

  7. 19
    Winarno Says:

    Begini dok,9tahun lalu saya kena tbc kelenjar dan sudah dioperasi,namun pengobatan hanya 2 bulan.Apakah saya harus cek lagi atau minum obat dari nol lagi?.Karna sampai saat ini tak ada keluhan lagi.Thanks

  8. 18
    Dr. Sukma Says:

    Hai Emily,

    Dari pengalaman menangani pasien dengan melakukan biopsi jarum halus, pembengkakan KGB di bawah rahang/submandibula kiri anda biasanya limfadenitis TBC.

    Dan saya juga punya pengalaman seperti itu, berukuran sebesar biji kurma. Karena khawatir tumor kelenjar liur submandibula, maka benjolan itu diangkat/extirpasi. Pemeriksaan PA dilakukan oleh kolega saya di RSCM, karena saya sendiri tidak mau melihat sendiri sediaan saya itu dengan alasan bias. Biarlah dokter lain yang mendiagnosis, dan ternyata TB kelenjar. Padahal gizi saya bagus dan kedua paru bersih..

  9. 17
    Emily Says:

    Dok,di leher saya,tepatnya dibawah rahang bawah kiri terdapat benjolan size 2x3cm,tidak nyeri tekan,hanya mengganggu gerakan leher saya. Setelah di USG benjolan tsb adalah lymphadenopathy. Saya sudah berkonsultasi dgn internist,namun masih ragu-ragu penyebab benjolan ini, karena saya sama sekali tidak merasa sakit,loyo,demam, atau curiga proses oral. Dokter juga tidak menyarankan biopsi dulu. Kalau boleh tahu,kira-kira apa saja yang dapat menyebabkan timbulnya pembesaran KGB ini?

  10. 16
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nita,

    Agak kurang jelas, apakah anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening yang belum diketahui peneyebabnya atau sudah diketahui limfoma maligna. Bila belum sebaiknya benjolan itu di b iopsi dulu dedngan jarum halus (fine needle aspiration biopsy / FNAB). Bila sudah, dan ternyata kanker darah maka sebaiknya anda berobat pada seorang dokter onkologist atau hematologist. Mungkin perlu terapi khemo atau lainnya, tergantung kondisi penyakit anda.

    Memang betul, kebanyakan kanker bersifat genetik, disebabkan kelainan khromosom. Jadi ada keluarga tertentu yang cenderung menderita kanker dalam rentang waktu hidupnya. Mengetahui riwayat kanker dalam keluarga maka sebaiknya rajin check-up secara periodik. Ada ataupun tidak ada keluhan, kunjungi dokter keluarga anda.

  11. 15
    nita Says:

    halo dok,,
    sumur saya 16 tahun,,
    saya telah menderita kelenjar getah bening,,
    namun benjolan ini masih kecil,,
    apa yang harus saya lakukan,,
    kemungkinan hal ini terjadi karna gen,,
    ibu saya perokok berat dan ia bulan juli kemaren ,,
    meninggal karena ia terserang penyakit kanker payudara,,
    karna kakak saya pun terkene kanker,,

  12. 14
    Dr. Sukma Says:

    Hai Firman,

    Sebagai pathologist, saya biasanya memeriksa preparat/sediaan didalam kaca objek dengan bantuan mikroskop, yang lantas saya buat diagnosisnya. Jadi boleh dikatakan setelah diagnosis saya tegakkan, saya tidak terlalu jauh involve didalam menangani pasien termasuk pasien limfoma.

  13. 13
    Firman Says:

    dok apakah saya boleh minta info atau kl dokter punya kenalan penderita limfoma laki – laki, bolehkah saya meminta bantuan dokter untuk infonya.. mohon tanggapannya dok ke email ini saja. terimakasih banyak dok.

  14. 12
    Dr. Sukma Says:

    Halo Pak Suli,

    Sebaiknya minum obat itu distop dulu. Rimstar 4-FDC itu obat yang didalam satu kaplet terdapat empat macam obat : rifampicin, INH, pyrazinamide dan ethambutol. Kemungkinan putra bapak tidak tahan terhadap komposisi berat seperti itu. Yang mana dari ke-empat obat itu yang sebenarnya tubuhnya tidak tahan, sulit diketahui.

    Karena itu, sebaiknya putra bapak kembali ke dokter yang memberikan resep obat itu, untuk diganti obat lain. Yaitu obat yang satu macam dalam satu kapsul atau kaplet, BUKAN OBAT CAMPUR dalam satu kaplet. Dengan cara ini, akan lebih mudah diketahui obat mana yang menimbulkan reaksi mual, pusing, seperti flu dan ngilu sendi putra bapak. Agar dapat dicari substitusi/penggantinya..

  15. 11
    Suli Says:

    Halo Dok. dari hasil lab biopsi, anak saya (24 th) diketahui sakit TBC KGB. Dokter di RS memberi obat Rimstar 4-fdc. Keluhan setelah minum obat: mual, pusing, gejala flue dan belakangan ini sendi dengkul dan peregelangan kaki ngilu. Apakah efek yang terakhir itu memang penaruh obat? Oh ya anak makan obat dari awal Oktober 2008. Tolong dok dijelaskan mengapa badan rasa ngilu dan apa efek samping minum obat tadi dalam waktu yang lama. Adakah obat lain untuk mengobati tbc kgb. Trima kasih sebelumnya.

  16. 10
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sdr. Ratmanto,

    Dari keluhan berkeringat malam hari sampai basah, saya duga anak anda menderita TBC kelenjar. Bagaimana dengan berat badannya ? Apakah susah naik, bila ditimbang dari bulan ke bulan berikutnya.

    Gedjala lain, anak kelihatan kurang aktif, agak lemas dan nafsu makan bisa turun atau normal. Meski test Mantoux negatif, kemungkinan TB kelenjar masih sangat besar. Sering terjadi hasil false negative, bila : BCG nya expired, cara penyuntikan yang kurang akurat, terlalu dalam atau terlalu superfisial, dst.

    Ditangan yang berpengalaman, FNAB (Fine Needle Aspiration Biopsy)atau biopsi jarum halus biasanya menemukan tanda peradangan mycobacterium tuberculosis. Plus diperlukan pemeriksaan laju endap darah (LED) atau ESR (Erythrocyte Sedimentation Rate)yang biasanya tinggi pada radang TBC.

  17. 9
    ratmanto Says:

    halo dokter

    Anak saya umur 6 thn. Kira2 setahun yg lalu di leher anak saya ada benjolan2 kecil. Lalu oleh dokter di test mantoux tapi hasilnya tidak jelas sehingga disarankan untuk di-biopsi. Hasil biopsi menunjukkan semuanya normal. Tapi saya masih khawatir karena baca dari artikel2, kalau ini bisa menjadi kanker. Anak saya sendiri sehat dan tidak menunjukan adanya gejala tidak normal. Hanya saja saat sedang tidur suka berkeringat. Saya tidak tahu apakah ini normal untuk anak seusia dia. Terima kasih

  18. 8
    Firman Says:

    Haloo. saya mahasiswa fakultas psikologi, saya sedang skripsi mengenai penderita limfoma, klo boleh saya ingin minta tolong anda (penderita) atau apabila ada yang tau penderita limfoma untuk di jadikan subyek skripsi saya, diminta bantuannya bisa menghubungi saya ke email saya (cutz_sanda20@yahoo.co.id). Rahasia dijaga.
    TerimaKasih Banyak.

  19. 7
    Dr. Sukma Says:

    Halo Narita,

    Saya sendiri belum tahu apa yang dimaksud dokter di Penang dengan istilah “TBC modern”.Penyebab radang TBC adalah kuman atau basil mycobacterium Tuberculosis, jadi BUKAN virus.

    TBC otak yang biasa ditemukan adalah Tuberculoma. Berupa gumpalan massa didalam jaringan otak yang sering dikira kanker.Padahal tuberculoma prognosisnya jauh lebih baik dibanding kanker otak, bila diketahui sejak dini.Penderita TBC dalam organ apapun dari tubuh kita, akan memberikan gejala spesifik berupa penurunan berat badan drastis disertai perasaan sangat lemas.Jadi mirip limfoma.

    Pada limfoma umumnya ditemukan PEMBESARAN KELENJAR GETAH BENING DISELURUH TUBUH. Dapat diraba berupa benjolan dibawah kulit : leher, ketiak, lipat paha. Juga terjadi pembesaran kelenjar getah bening didalam tubuh yang baru terlihat dengan CT-scan : mesenterial, paraaorta, dst.

  20. 6
    narita Says:

    Hai dokter,saya Narita.Ayah saya di diagnosa menderita Limfoma ini sebelumnya.Dari gejala2 penyakit ayah saya,sesuai dengan gejala2 Limfoma tersebut.Yaitu kurangnya berat badan yang tidak normal,dan sel2 darah putih yang semakin mendominasi di dalam tubuh.Ayah saya sudah sempat menjalani 2x kemoterapi,sampai akhirnya keluarga memutuskan untuk membawa ayah saya berobat ke Penang.
    Nah,setelah menjalani pemeriksaan ulang di Penang,ternyata diagnosa dokter berbeda dengan yang sebelumnya.Ayah saya tidak dinyatakan terkena kanker ini,tapi terkena TBC modern yang virusnya menyerang otak.Dokter juga mngatakan bahwa penyakit ini 50% udah diturunkan kepada anak-anaknya..
    Yang ingin saya tanyakan,apakah ada penyakit seperti ini?Klo ada,apakah penyakit ini berbahaya klo tidak ditangani lebih dini?Cara pengobatannya seperti apa?
    Terima kasih banyak sebelumnya,dokter.

  21. 5
    Limz Says:

    dok, saya punya pacar, dia divonis terkena penyakit kelenjar getah bening oleh dokter. Setiap malam selalu demam tingg, Staminanya menurun. Penyakit ini berada dileher sebelah kanan, dan kata dia ada benjolan baru dekat tengorokannya. Saya takut ini berbahaya.Apa bisa mengancam keselamatannya..Bagaimana cara penyembuhannya dok. Tolong jawaban nya dengan jujur ya dok. Jawabannya dikirim melalui email ini saja. sekali lagi Trims

  22. 4
    Dr. Sukma Says:

    Halo Bobi,
    Iya benar, penyakit radang TBC kelenjar anda kambuh lagi. Benar sekali, bila pengobatan dulu drop-out, maka anda harus mulai lagi dari nol. Fungsi KGB adalah menahan semua penyusup : bakteri, kokus, virus, jamur, dst. Jangan sampai masuk lebih dalam ke organ-organ tubuh kita.Seperti prajurit penjaga di pintu gerbang, yang menjaga keamanan seluruh penghuni rumah.

    Dari apa yang anda tulis, sepertinya benjolan dileher anda adalah peradangan khronik spesifik yang disebut limfadenitis Tuberkulosa.Bahasa awamnya disebut TBC kelenjar, yaitu radang pada kelenjar getah bening (KGB) leher.TBC kelenjar tidak perlu harus disertai TBC paru.Test yang dilakukan oleh dokter anda dulu, disebut test Mantoux, untuk mengetahui apakah ada antibodi tbc didalam tubuh anda. Gejala berkeringat malam sampai basah dan berat badan menurun sangat spesifik bagi penderita peradangan oleh kuman tuberkulosis (TBC).

    Dalam General Check-Up, kemungkinan paru anda bersih/tidak ada radang TBC. Namun, kuman TBC terdapat didalam kelenjar getah bening leher anda yang kembali membengkak seperti yang anda tulis. Ini akibat minum obatnya dulu belum tuntas, yaitu seharusnya minimal 6 (enam) bulan.

    Sebenarnya obat anti TBC (OAT)yang generik sama bagusnya dengan yang branded/non-generik. Yang saya tahu, bila ada penderita tidak mampu ke Puskesmas dan menderita TBC paru, maka OAT akan diberikan GRATIS setiap bulan sampai dengan bulan ke enam. Bila belum sembuh, OAT bisa diperpanjang 3 bulan lagi. Ini program pemerintah dan bersifat nasional.

  23. 3
    Bobi Robert Aria Says:

    Dok,

    3thn lalu saya ada pembengkakan di leher. dan dokter saya untuk mengujinya dia menyuntikan sesuatu di tangan saya kemudian di bulatkan. Katanya untuk mengetahui seberapa besar virus atau bakteri menyerang saya. Saya lupa apakah saat itu saya terkena tbc paru atau bukan, yang jelas, perawatan yang seharusnya saya jalankan 9bln hanya saya lewatkan 3 bln karena kekurangan dana. 2bln saya minum obat yang bukan generik (sekali minum >5 butir, 3x sehari selama 1 bln >- 800rb) dan 1bln saya minum obat generik (sekali minum > 7 butir, 3x sehari selama 1 bln lebih >- 500rb).

    Saat saya berhenti(3bln perobatan), benjol disaya sudah menghilang kemudian tidak berapa lama saya merokok lagi.

    3bln belakangan benjolan itu adal lagi dileher saya dan semenjek itupun saya berhenti merokok lagi. Dan kebetulan saya ada rejeki, saya general check up. Saya belum mau kedokter. Hampir setiap hari dlm 2 bln ini saya selalu tidur berkeringat hingga basah semua. Kadang kepala saya sakit dan perut saya terasa mual. Seringkali juga saya panas di mata saya, Berat saya pun menurun selama 3 bln ini yang sebelumnya 73kg, sekarang menjadi 69kg (hasil tes berat pas GCU kemarin 15 oct 2008) ya saya pikir mungkin karena puasa kemarin atau niat makan saya yang berkurang.

    Apakah penyakit saya kambuh lagi? Apa benar bila saya berhenti tengah jalan, saya harus mulai dari 0 lagi? apakah benar KGB yang di leher untuk menghalangi virus atau bakteri menyerang otak?

  24. 2
    Dr. Sukma Says:

    Hai Kadim,

    Thx for visiting my blog. Tks juga atas pertanyaannya.

    Ayah anda menderita T-cell lymphoma, salah satu jenis limfoma yang terdiri atas sel dari jenis T limfosit. Sebenarnya untuk semua penderita limfoma dan kanker pada umumnya, hendaknya menghindari makanan olahan(dl kaleng n plastik)
    karena mengandung bahan kimia : pengawet, pewarna, penyedap rasa, dst.
    Makanan alamiah adalah makanan sehat : sayur dan buah segar,beras merah,dan susu segar.

  25. 1
    kadim m lau Says:

    hello dokter,saya kadim,bapak saya kena penyakit lyphoma plus t cell ,untuk makanan yang harus dijaga makan apa ? thanks

Pages: « 43 … 7 6 5 4 3 2 [1] Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe