PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 42 41 40 [39] 38 37 36 … 1 » Show All

  1. 975
    Oky Says:

    dok, saya mau tanya…
    ibu saya terkena penyakit kanker kelenjar getah bening, pada bulan juli benjolan di kepala sudah dioperasi, namun setelah operasi terdapat 2 benjolan lagi di pelipis dan leher, udah kurang lebih 1 bulan ini ibu saya menjalani perawatan dengan kemoterapi,& udah 3x kemoterapi tapi benjolan semakin membesar, & kemaren benjolan tersebut pecah.
    yang mau saya tanyakan bagaimana pengobatan yang tepat dan benjolan yang sudah pecah tsb bahaya atau tidak.
    terima kasih ya dokter atas jawabannya nanti…

  2. 974
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lina,

    Keluhan anda disebut mammary aberrant yaitu terdapat jaringan payudara diluar mammae. Bengkak dan sakit menjelang dan selama haid. Kemudian mengecil dan bengkak lagi pada sekitar masa haid.

    Terapinya adalah operasi mengangkat tumor jinak tsb. Tidak ada obat yg bisa menyembuhkan.

  3. 973
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tommy,

    Keluhan night sweats plus benjolan serta usia anda sesuai dg limfoma. Namun sebaiknya dilakukan biopsi / fine needle aspiration biopsy agar diperoleh gambaran objektif apa sebenarnya benjolan tsb. Plus diperlukan pemeriksaan kgb/ kelenjar getah bening sekitar aorta dan mesenyerial. Pada limfoma kgb didua lokasi tsb juga turut membesar sama dg pembesaran kgb di paha anda.

    Pada pemeriksaan darah tepi / peripheral blood smear diyemukan banyak sel-sel blast alias limfosit muda. Sedangkan night sweats bisa juga oleh radang tbc, namun jarang kgb dikaki dan lebih sering didaerah leher.

  4. 972
    Tommy Says:

    Dokter Sukma..
    Saya 3 bulan terakhir have Night Sweats seminggu 2x,di kaki kanan (posisi tengah) Ada 3 benjolan 1,5cm terlihat/terasa jelas JIKA jongkok (ada tekanan).
    Blood test’s result everything fine,tp saya baca kalo lympoma tdk terdeteksi dgn blood test.apakah benar?
    Dan kira2 apa sebab night sweat n lumps di kaki saya?
    Terima kasih Ibu

  5. 971
    lina Says:

    Dok saya mau tanya
    Di bawah ketiak saya ada benjolan di dalamya dan di pegang terasa nyeri di sertai tangan dan pundak disebelah kanan pegal,kadang benjolanya bisa ilang sendiri dan kalo mau datang haid dia timbul lagi tapi kalo haidnya sudah berhenti benjolannya pun agak lama dia hilangnya.yang saya mau tanya sebenrnya apa yanG saya alami?apakan ni kanker?adakah obat yang saya bisa minum untuk menghilangkan benjolan serta nyeri dan pegalnya dok?thx

  6. 970
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andre,

    Analisa sy hanya bisul biasa. Namun bila setelah minum antibiotika belum juga membaik maka sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus atau fine needle aspiration biopsy (fnab). Caranya minta surat rujukan dari dokter umum ke dokter spesialis PA/ patologi anatomik agr dilakukan fnab. Hasilnya dibawa ke internist untuk diterapi sesuai diagnosis fnab.

  7. 969
    andre 23 tahun Says:

    dok saya mau tanya.disebelah ketiak kanan saya ada benjolan dan keluar nanah(0,5 cm besarnya),badan saya hangat.menurut dokter itu penyakit apa yah?
    gampang cape.pernah cek darah hasilnya(pada saat demam)
    hb 18 (14-18)
    leukosit 12500 (4400-11300)
    trombosit 240 (150-400)
    hematokrit 54 (42-54)
    eritrosit 6 (4,5-5,9)
    MCV 89,6 (80-94)
    MCH 30 (27-31)
    MCHC 33,5 (32-36)
    Hitung jenis leukosit :
    Basofil 0 (0-1)
    Eosinofil 3 (2-4)
    Netrofil batang 3 (3-5)
    Netrofil segmen 55 (50-70)
    Limposit 37 (25-40)
    Monosit 2 (2-8)
    dan saya juga sempat tensi darah hasilny 140/90

  8. 968
    ijal Says:

    bu, mamak saya umur 66 tahun, mamak mengeluh sakit di perut bawah dekat paha, setelah di periksa dengan ct scan dan biopsi, di ktakan penyakitnya adalah tumor limphoma maligna… dan dokter sarankan untuk di kemoterapi… apakah ada cara lain untuk penyembuhannya dok…? krna keluarga kami tidak setuju untuk di kemoterapi…….

  9. 967
    Hendra Says:

    Dok anak sy umur 5thn juga kelenjar getah beningnya nampak benjol2 di pipi bawah sebelah kanan dan di belakang kepala. Klo baca2 di google serem2 kelanjutanya, sy jadi khawatir dan takut. Btw anak sy tuh emang giginya habis tinggal gusi dan beberapa gigi di depan, sy msh menduga akibat sakit gigi/gusi bengkak, apakah ini bisa jadi penyebab? Oh iya Specialis PA==? artinya dokter apa?

  10. 966
    Dr. Sukma Says:

    Halo Agus Puryanto,

    Benjolan sebesar itu sudah dapat dilakukan biopsi jarum halus atau fnab yg biasa dilakukan oleh dokter spesialis PA. Kunjungi dokter umum minta dirujuk ke dokter spesialis PA agar dilakukan biopsi/fnab. Hasil diagnosis fnab tanyakan ke okter PA: mesti dibawa ke dokter bedah umum atau ke dokter penyakit dalam/ internist.

  11. 965
    agus puryanto Says:

    bu dokter, setahun yg lalu benjolan di tengkuk saya hanya sbesar biji sawo, tapi sekarang sudah sebesar telutr ayam kampung dan dalam seminggu ini terasa sakit warnanya pun kemerahan sepertinya terjadi pembengkakan, padahal sebelumnya tidak terasa sakit bahkan kalau dipegang, tapi sekarang terasa nyeri apalagi kalau tesentuh.. apakah benjolan di tengkuk saya ini termasuk kanker..? mohon jawabanya bu dokter terima kasih>

  12. 964
    Dr. Sukma Says:

    Halo Alin,

    Ada yg diturunkan seperti leukemia dengan ditemukannya Phildelphia Chromosome pada anak2. Ada yang tidak diturunka, pada limfadenitis akibat radang disebabkan: radang spesifik/ TBC, bakteri non-spesifik, virus, jamur dll.

  13. 963
    alin Says:

    dok, kelainan kelanjar getah bening itu turunan atau tidak?

  14. 962
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nita,

    Pertanyaan anda sangat sumir dan tidak spesifik. Penyakit kelenjar getah bening itu banyak dan harus diketahui dulu jenisnya. Setelah itu barulah bisa diobati sesuai jenis/ diagnosis penyakitnya.

  15. 961
    nita Says:

    dok, apakah obat untuk getah bening kaka ipar saya sudah 2x masuk rmh sakit?

  16. 960
    tya Says:

    Hai dokter sukma …

    Saya mau tanya … Kista itu tumor jinak ya ?? Karena saya pernah cek ke dokter, saya mempunyai benjolan di belakang telinga, kadang besar kadang kecil… Kata dokternya itu kista…. Cara menghilangkan benjolannya gmana ya dok ??

    Trimakasih

  17. 959
    neuropathy symptoms Says:

    neuropathy treatment…

    [...]Dr. Sukma Merati » Blog Archive » Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif » Comment Page 22[...]…

  18. 958
    monik Says:

    dok, di bwh ketiak sy ada benjolan awalny hny yg kiri tp skrng yg knan jg membengkak.kadang2 sk terasa skt,bhya ga dok?

  19. 957
    Setiadi Says:

    dokter, saya mau tanya mengenai tbc kelenjar getah bening. karena bulan Januari 2011 leher saya sudah mulai ada benjolan tapi karena letaknya dibawah rahang, dan saya dulu emang ada keluhan amandel jadi ke dokter tht dan diberi obat. selama berbulan2 benjolan kadang kempes dan timbul lagi. akhirnya saya periksa ke sby dan dipastikan tbc kelenjar getah bening pada bulan mei. saya mulai minum obat tbc sejak itu. dan skg benjolan yg dibagian bawah (ada 3benjolan akhirnya cuman 2 skg) pecah dan mengeluarkan cairan. sementara benjolan disebelan atas dibawah telinga udah mulai mengeras dan berubah warnanya merah kehitaman. apakah nantinya akan pecah dan mengeluarkan cairan juga? apakah harus ada pengobatan lainnya (saya masih minum obat tbc dan jus manggis herbal)? berapa lamakah penyembuhan setelah pecahnya pembengkakan kelenjar getah bening ini? apakah cairan yg keluar akan berhenti dengan sendirinya ? karena selama ini belum ada saya beri obat apa2 selain obat minum tbc.

    terima kasih

  20. 956
    best graphics card for gaming Says:

    top graphics card for gaming…

    Dr. Sukma Merati » Blog Archive » Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif…

  21. 955
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andi,

    Ada dua kemungkinan penyebab benjolan di ketiak istri anda. Untuk mengetahui pasti, maka perlu dilakukan fnab atau biopsi jarum hslus yg biasa dilakukan dokter spesialis PA. Baca juga tt. Fnab ini pada jawaban saya ke penanya lain, karena sudah sangat sering saya tuliskan.

    Kemungkinan diagnosis PA nanti mammary aberrans atau infeksi yang bisa spesifik/Tbc atau non-spesifik. Tgt jawaban fnab maka terapinya operasi bila mammary aberrans atau cukup minum obat kalau cuma infeksi. Soal beaya operasi anda tanya lgs ke dokyer bedah operator. Tipsnya: masuk sbg pasien klas III maka semua beaya akan ditekan shg terjangkau.

  22. 954
    andi Says:

    haloo dokter,
    dok,istri saya dibawah kedua ketiaknya terdapat benjolan,yang tadinya kecil hingga 3 tahun kemudian menjadi besar,kalo ditekan katanya tidak sakit,saya udah bawa ke dokter umum,katanya itu tumor jinak,jadi ktnya harus diangkat/operasi,yg saya mau tanyakan apa mmg harus d operasi tidak bisa dengan cara lain dok??kira2 kalo operasi bisa menghabiskan brapa juta y dok?trus kira2 nanti bisa tumbuh benjolan lagi ya dok??thanks y dok..

  23. 953
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fangfang,

    Pendapat saya hasil lab itu normal, karena tidak ada tanda dan keluhan secara klinis pada mama anda. Kecuali bila ada tanda2 radangspt: panas, rasa nyeri dan kemerahan pada kulit barulah sedikit waspada thd. radang disebabkan virus atau pada penyakit tifus dimana pada umumnya terdapat LEKOPENIA yaitu sel darah putih jumlahnya dibawah normal spt yg tertulis pada hasil lab sekarng ini.

  24. 952
    fangfang Says:

    Dr Sukma yg baik,
    Mama saya (62thn) mgg kmrn general check up di rs, hasilnya lumayan baik, cuman saya liat hasil cek darahnya WBC rendah 3.16 th/ul, normalnya 4.1-10.9.
    Diff count rangenya cukup normal : basophil 0.3%, eosinophil 0.9%, segment 50.1%, lymphocyte 40.2%, monocyte 8.5%.
    RBC,Hb,platelet semua normal.

    Summary hasil checkupnya tidak menyinggung ttg WBC ini.
    Apakah low wbc ini berbahaya dok? Saya liat data mama saya 5 tahun terakhir memang wbcnya selalu low di level 3-an.

  25. 951
    Andi Says:

    halo dokter,
    istri saya mempunyai benjolan di kedua ketiaknya,ini udah berlangsung kurang lebih 3 tahun,yang tadinya kecil malah tambah besar,diameternya lebih dari 1 cm,kemarin udah di cek ke dokter umum,ktnya ini kemungkinan tumor,jadi kemungkinan harus diangkat/dioperasi,yang jadi pertanyaan
    kira2 biaya operasi bisa brp juta y bu,mklum keluarga kami mrupkan keluarga kecil,trus kalo dioperasi kira2 nanti tumbuh lagi gk y bu dan yg terakhir RS yg bagus dimana y bu utk daerah bogor dan jakarta agar operasi bisa berlangsung sukses,maaf y bu kl pertanyaannya banyak,terima kasih…

Pages: « 43 … 42 41 40 [39] 38 37 36 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe