PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 42 [41] 40 39 38 37 … 1 » Show All

  1. 1025
    sutan Says:

    hy dok.anak saya umurnya 7 bulan lbih 2 hri.sekarang ini dia sering berkeringat,minum susu asi berkurang n berat badan berkurang.sebelumnya badan dia agak pnas.tp akhir2 ini sudah turun.apakah da indikasi suatu penyakit tertentu?..n berbahayakah itu?…krena anak itu sudah di vonis oleh dokter saat umur 4 bulan kna gejala alergi protein susu..saya mohon mnta penjelasan yg lbh spesifik?terimakasih

  2. 1024
    nita Says:

    dok, saya nita, 28 tahun.
    sejak 2,5 tahun lalu saya menyadari bahwa di ketiak kiri saya ada benjolan di dalam (tidak diluar) tidak berwarna merah tetapi nyeri bila ditekan dan saat posisi normal terasa ada yang mengganjal.terasa makin nyeri menjelang haid dan mereda setelah haid selesai, tetapi 5-6 hari setelah haid selesai masih terasa nyerinya, kemudian hilang.menjelang haid nyeri lagi.
    saya pernah periksa ke dokter bedah, beliau bilang ini sekedar peradangan, tapi dgn Cefixim dan erytromicyn juga kortokosteroid tidak mereda. saya pernah periksa ke dokter lain, beliau bilang ini mammae aberrant.ini tidak di ketiak bawah tapi ketiak atas dok.kira2 saya menderita apa ya? saya takut melakukan FNAB krn pernah mendengar lubang yg dibuatnya akan bisa menyebarkan jalan sel bila itu suatu keganasa..trm kasih

  3. 1023
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rara.

    Sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus atau fine needle aspiration biopsy / fnab thd benjolan tsb, pas sedang membesar sehingga mudah dilakukan biopsi. Fnab dilakukan oleh dokter spesialis PA (patologi anatomik). Diagnosis fnab dapat dijadikan dasar pemberian terapi, sehingga lebih terarah dan tidak mencoba-coba.

  4. 1022
    Rara Says:

    Siang bu dokter,
    d leher kiri saya ada benjolan,
    benjolan tu uda ada 2 tahun,
    kadang besar kadang kecil,
    benjolanny mmbesar jg trasa panas klo saya lgi ada mslh ato byk pikiran jg lgi demam,
    tp klo saya baik2 saja benjolan itu gak terasa jg gk kliatan klo org yg mlihat leher saya,
    tpi saya prnah bbrp kali pening luar biasa,
    stiap pening bgtu benjolanny trasa.

    saia prnah konsul k 2 dokter,
    yg satu blg hrs d operasi dlu baru tau penyakitny,
    yg 1 blg TBC KGB tdk prlu operasi,
    krn tu saia bingung dok,

    mudh2n dr crita saia,
    dokter bs ngerti penyakit saia,
    n bs ngasi saran bwt saia.

    makasi sblumny dok,,

  5. 1021
    yoana Says:

    slamat malam dok, saya cuma mau bertanya saja
    bagaimana caranya mendiagnosis tbc melalui pemeriksaan PA dan rontgen dada….
    trims

  6. 1020
    puspa Says:

    met malem dok,,sy perempuan usia 32 thn,,saat ini sy lg hamil 8 bln.di bawah ketiak sebelah kiri terdapat benjolan,jika ditekan terasa sakit,,sy harus periksa kemana dokter??apa ke dokter spesialis onkologi atau penyakit dalam,,??sy betul2 takut sekali,,mohon bantuan nya. atas perhatian nya sy ucapkan trimakasih.

  7. 1019
    lucky Says:

    malam dok
    keponakan saya katanya ada kelainan d trombosit darahnya dengan jumlah 119 ribu lekusitnya 12400 ini hasil tes dari lab dengan hasil LEKOSITOSIS & TROMBOSITOPENI….tisak ada keluhan sakit pada keponakan saya hanya terlihat lebam d sekitar kaki & tangan terakhir muncul lebam d atas bibir.
    tolong d bantu harus sebaiknya saya lebih lanjut harus periksa dmn?

  8. 1018
    Dr. Sukma Says:

    Halo eva,

    Radang TBC pada kelenjar getah bening disebut limfadenitis TBC. Setelah benjolan diangkat/ operasi, seharusnya pasien harus minum obat anti TBC yg biasa disebut 0AT minimal selama 6 (enam) bulan. Untuk membasmi kuman TBC yang berada didalam aliran darah atau tempat lain. Bila tidak minum OAT setelah benjolan diangkat, maka benjolan mudah muncul kembali akibat kuman TBC yg masih belum ditumpas habis/ eradikasi.

  9. 1017
    eva Says:

    hi dok,saya ,mau tanya ni..adik saya ada benjolan di leher dan sudah dilakukan operasi diagnosa mengatakan benjolan itu dari TBC tapi bukan dari paru paru anehnya setelah di operasi benjolan itu muncul lagi,jadi sebetulnya adik saya kenapa? terima kasih atas jawabannya :)

  10. 1016
    NN Says:

    selamat malam, dok.
    saya ingin bertanya saya memiliki denjolan dileher kiri. sudah lama. kemudian dikanan pun timbul 2. saaya ke dokter peny.dalam dan dilakukan tes lab icT TB negatif namun limfosit saya agak tinggi sedikit 42 (normal 40) dan Hb menurun sedikit 12,6 (normal 13 – 18), eritrosi 4,18 jt (normal 4,5 – 6)dan hematokrit 37 (normal 40-54). menurut dokter itu hanya respon imunitas saja. apakah itu benar, dok ? apa tidak perlu dikhawatirkan ? terima kasih untuk jawabannya, dok :)

  11. 1015
    Dr. Sukma Says:

    Halo Renny,

    Sebaiknya dibiopsi jarum halus/ fnab, bila ukurannya sudah melebihi satu cm. Agar bisa diobati dengan tuntas dan tidak terus menjadi beban pikiran.. Kemungkinan disebabkan kuman TBC yg disebut Limfadenitis Tuberkulosa. Atau diangkat sekalian/ operasi kecil sehingga pusat infeksi sudah dibuang. Sehingga meski nanti hasil pemeriksaan PA limfadeniytis TBC, akan memperpendek waktu pengobatan yg biasanya minimal 6 (enam bulan). Karena konsumsi obat apapun bila terus menerus dlm jangka panjang akan memberatkan tugas hati/ liver.

  12. 1014
    renny Says:

    malam bu dokter…
    sy mw tanya dok, anak sy umur 3,5 thn sdh 2 thn dilehernya ada benjolan sebesar kelereng pernah sy periksakan menurut dokter benjolan itu adlh kelenjar. tdk bertambah besar tp pernah mengecil kemudian timbul lg, anak sy punya penyakit asma dan alergi setiap flu asmanya pasti kambuh sdh 2kali sy amati setelah minum obat dari dokter (obat antibiotik, asma, batuk,pilek dan alergi) benjolannya ikut mengecil jg. yg ingin sy tanyakan apa penyebab tumbuhnya benjolan tersebut, apakah bisa menjadi ganas dan apakah hrs dilakukan biopsi jaringan dok…tks..

  13. 1013
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nila,

    Sebaiknya dilakukan fnab/ biopsi jarum halus pada benjolan diatas clavicula tsb. Syaratnya benjolan minimal berukuran 1 cm, agar biopsi mudah dilakukan. Biopsi/ fnab dilakukan oleh dokter spesialis PA (patologi anatomik). Diagnosis fnab dipakai sebagai referensi dalam pemberian terapi.

  14. 1012
    nila Says:

    malem bu dokter, bu.. Saya mw tanya, 6thn yg lalu saya pernah mengalami pembesaran KGB pada pundak kanan blakang, sdh dioperasi, n tidak pernah kambuh. Tp skrg sdh 2minggu ada pembesaran spt radang dkt leher kanan diatas clavicula sampe skapula. Otot sterno juga membesar susah melengong. Nyeri, badan panas, BAK sering. Apa sakit saya dok? Apa yg hrs saya lakukan

  15. 1011
    elok sa'adiyah Says:

    saya wanita berusia 39 th

    dok , saya mau tanya .. pd mulanya saya terkena amandel lalu sehari kemudian timbul benjolan dileher kanan bawah saya .. lalu saya minum obat tradisional dan benjolan itu mulai mengecil .. kira-kira itu apa ya dok .. apakah efek dari amandel , atau kanker kelenjar getah bening dok ??

    saya takut sekali dok ..

    mohon jawabannya dok ..

  16. 1010
    Dr. Sukma Says:

    Hai yayas,

    Diagnosis limfoma tidak semudah itu. Harus dilakukan pemeriksaan KGB organ dalam dengan CT-scan seperti KGB para aorta dan mesenterial yg biasanya juga membesar… Juga dilengkapi pemeriksaan darah lengkap, dll.

    Pendapat saya benjolan dipergelangan anda adalah GANGLION tumor jinak yg biasa berlokasi disana.

  17. 1009
    yayas Says:

    dok saya sekarang berumur 17 thun dipergelangan tangan saya ada benjolan dan benjolannya saya kira2 ukurannya hampir 1cm, tadi saya baru saja chek up ke dokter kata dokter saya terdiagnosa limfoma.
    yang membuat saya bingung saya tampak sehat berat badan saya juga tidak menurun tapi memang akhir-akhir ini setiap bangun tidur saya sering keluar keringat ..
    benjolan yang di tangan saya itu jenis limfoma apa ya dok ?
    tolong kirim jawaban ke email saya ya dok trimakasih ..
    (sweetemail@rocketmail.com)

  18. 1008
    bunsal Says:

    Malam Bu Dokter…
    Putra saya (17 bulan) ditemukan sumbatan limfe diselangkangan kaki kanan. Inshaallah akan biopsi minggu depan (pekan k4 pebruari 2012).
    Yang buat bingung, kasat mata putra saya tampak sehat. BBnya jg naiknya konstan, meski dlm ons. Terakhir timbang, BBnya di 12.2 KG.
    Ditunjang laborat rongten tulang (normal), usg dan ct scan abdomen, diagnosa final limfedenopati.
    Pasca biopsinya nanti, kira2 apa saja perawatan yg hrs saya lakukan? Terima kasih..

  19. 1007
    iin Says:

    Sore dok, sekitar 3 minggu yg lalu sy menemukan ada benjolan di leher belakang tepatnya tengkuk belakang sebelah kiri. Benjolannya teraba kalau saya menundukan kepala. Saya sudah ke spesialis penyakit dalam, di beri antibiotik cefadroxil n cataflam, tapi tdk ada perubahan, kemudian sy ke dr spesialis thtkl, di beri levoxin 1×1 selama 1 minggu, tp tak ada perubahan juga dok. Benjolannya tidak membesar, agak lembek. Tapi bikin khawatir dok, ukurannya kira2 diameter 1cm.

  20. 1006
    Reandra Says:

    Baru saya ketahui hari ini dokter, apa mungkin efect habis pijat tradisional semalam yah dok?

    Sepertinya belum ada gejala yang terasa dok,

    Besarnya kurang lebih sebesar 1 butir kacang tanah.

    Lalu apalagi dok yang harus saya lakukan?

  21. 1005
    Dr. Sukma Says:

    Halo Reandra,

    Sayang anda tidak menuliskan berapa besar benjolan itu. Sebaiknya di observasi saja dulu : apakah cepat membesar, ada gangguan berkemih dan berhubungan sex disebabkan benjolan tsb, apakah ada demam yg dirasakn juga perubahan Berat badan/ BB, selera makan dst..

    Bila menunjukkan pertumbuhan yg cepat dan mengganggu aktivitas biologis, dst segeralah dibawa ke dokter spesialis andrologi/ sexologi agar diberi pertolongan semestinya.

  22. 1004
    Reandra Says:

    Dokter,

    Saya lelaki 26 tahun dan sudah menikah.

    Mohon maaf dengan sangat apabila pertanyaan saya keluar dari pokok pembahasan.

    Begini dokter,
    (MAAF) di leher alat kelamin saya terdapat benjolan seperti urat / otot. Terlihat jelas ketika (MAAF) ereksi, dan apabila dipegang tak terasa sakit, hanya saja terasanya tidak terlalu keras dan tidak lembek (benjolan tersebut)

    semacam urat keseleo gitu lah dokter.

    saya khawatir sekali dok.

    Mohon dibantu dokter mungkin saya bisa dibantu lewat blog ini atau email saya.

  23. 1003
    alex Says:

    Dear Dokter Sukma, sy penderita tbc kelenjar, sy harap dokter menyempatkan untuk membaca keluhan sy.
    awalnya ada benjolan disebelah kanan leher. lalu di operasi, dokter bilang banyak nanah dari benjolan. Setelah dioperasi benjolan tidak mengecil malah terus mengeluarkan nanah pada sela2 jahitan, hingga makin membesar sebesar sayatan bedah. sekarang sy dirujuk ke dokter ipd, dari hasil mantox positif tbc sedngakan foto torax negatif, dokter ipd menyatakan sy kena tbc kelenjar lalu sy diberikan OAT, sudah jalan 2 minggu.

    yg sy kuatirkan skr adalah, lukanya masih terus basah dengan cairan bening dan tidak nampak baikan, hingga saat ini sy harus ganti2 perbain tiap hari.
    bila dapat kering berapa lama dok kira2? dan apa yg bisa sy lakukan utk mempercepat keringnya?

    buat sy demi kesembuhan dari tbc sy siap menjalani pengobatan lebih dari 6 bulan, tapi terus terang mungkin agak sulit buat sy kalo harus terus ganti2 perban.

    tolong dok, terima kasih.

  24. 1002
    fitri apriani Says:

    yth,dokter…..
    dok sy mau nyak udh dr sma sya mengalami pembengkakan leher n akhirnya pecah,bernana,lama2 sembuh,setelh 2tahun leher sy bengkak lagi dok,setela itu sembuh,nah sekarang kambuh lagi,benjolanya besar,sebesar telur ayam,rasanya sakit,nyeri,trus tumbuh lagi dibawah kuping….bantu sy dok,sy harus gimana,sedangkan saya kurang biaya tuk pengobatan,…apakah ada jln lain,selain berobat medis?????

  25. 1001
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nanik,

    Sebaiknya observasi saja dulu, jangan sering dipegang2 atau ditekan agar tidak cepat membesar. Bila nanti benjolan sudah berdiameter 1 cm minimal, nah itu saatnya dibiopsi. Jadi biopsi perlu untuk mengetahui apa sebenarnya benjolan tsb. So, biopsi tidak urgent, tapi perlu.

Pages: « 43 42 [41] 40 39 38 37 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe