En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

HP 2HP 1HPSakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung.

Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ?

HP berbentuk seperti sosis dengan posisi agak melengkung, tampak dua kutub, salah satunya berflagella untuk pergerakan bakteri. Sifat HP sangat kompleks, dan boleh dikatakan mempunyai berbagai senjata, sehingga bisa ‘survive’ didalam lingkungan yang sangat asam dari lambung/ gaster/ maag.

Pertama, HP dapat merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi bersifat agak basa, sehingga dia bisa tinggal dan berkoloni dilapisan lendir mukosa lambung.

Kedua, dia mempunyai alat flagella, untuk membor mukosa lambung, sehingga bisa lebih mudah masuk kedalam dasar kripta/ cekungan mukosa dan menetap ditempat itu.

Ketiga, HP mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita untuk tidak mengenali dirinya sebagai benda asing/non-self, melainkan sebagai bagian organ jaringan lambung/self sehingga tidak dapat dikenali sebagai ‘invader’ atau penyusup yang harus diberantas oleh sel limfosit-T. Maka luputlah bakteri HP dari penyisiran sistem imun kita, karena HP tidak terdeteksi sebagai benda asing/non-self.

Ke-empat, HP bisa resisten terhadap terapi yang diberikan, dengan cara bakteri tersebut membuat zat anti terhadap bahan aktif anti-mikroba yang diberikan.

Dan banyak lagi senjata yang dimiliki HP, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh peradangan lambung oleh HP menjadi semakin kompleks. Terutama bila HP tidak terdeteksi, maka bakteri akan terus berkembang-biak meluas membentuk tukak lambung, displasia, adenoma dan akhirnya kanker lambung yang sangat ditakuti.

Dan semenjak ditemukan bakteri HP, maka paradigma bahwa ‘sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih’ telah bergeser menjadi ‘sakit maag disebabkan oleh infeksi/peradangan lambung oleh kuman HP’.

Sudah tentu akibat perubahan paradigma tersebut akan juga pasti mempengaruhi pengobatan sakit maag. Maka tidak mengherankan saat ini pasien gastritis akan diberikan antibiotika yang sesuai untuk HP, bila ternyata pada pemeriksaan biopsi endoskopi lambung pasien ditemukan HP positif.

Bagaimana seseorang tertular HP? Banyak cara dapat dilalui oleh bakteri HP untuk mencapai lambung dan menyebabkan peradangan/infeksi disana.

Pertama, anak-anak akan mewarisi HP dari ibunya/orang dewasa lain yang terinfeksi HP melalui makanan yang dikunyah dulu oleh ibu/orang dewasa lain , sebelum disuapkan ke mulut anak. Makanan yang terkontaminasi HP dari air ludah si ibu/ pemberi makanan yang sebelumnya dikunyah/mastikasi. Kebiasaan seperti ini sangat populer dan biasa dilakukan di Afrika dan berbagai daerah di Indonesia. Jalan penularan seperti ini disebut ‘oro-oral route’.

Seperti penyakit tifus dan cholera, HP dapat juga ditularkan lewat vektor yaitu lalat kotor yang hinggap difeces penderita, dan kemudian  hinggap pada makanan yang tidak tertutup dan  kita lahap sesudah itu.

 Bila tangan yang kotor terkontaminasi feces tidak dibersihkan dengan cermat, maka kotoran yang menempel akan masuk kedalam mulut, bila makan tidak menggunakan sendok alias makan dengan tangan.Cara penularan seperti ini disebut ‘feco-oral route’.

Disinilah pentingnya jamban tertutup dan WC yang  memenuhi syarat kesehatan serta hygiene kesehatan umum yang memadai, dengan menjaga lingkungan selalu bersih dan membiasakan menutup makanan diatas meja yang nanti akan dikonsumsi keluarga.

Tiga gambar pada artikel ini, ditengah kelenjar/kripta lambung dimana tampak beberapa HP dibagian tengah/lumen kelenjar. Gambar kiri dan kanan bila diperhatikan dengan cermat, tampak bakteri HP berbentuk cacing pendek kecil-kecil, diantara massa lendir mukosa lambung, dan berwarna pink-gelap..

Popularity: 25%

Posted Sunday, August 10th, 2008 at 3:50 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

345 Responses to “Helicobacter Pylori (HP), bakteri penyebab sakit maag. Bila tidak dibasmi tuntas, kanker lambung akibatnya”

Pages: « 14 13 12 [11] 10 9 8 … 1 » Show All

  1. 275
    Reo Says:

    Selamat Sore Dr.Sukma

    Saya mohon infonya
    saya reo dr bali. mohon minta informasi. saya sudah 2.5bln lebih kna asam lambung/maag. saya sudah berobat 3 kali di dokter internis dan coba minum herbal seperti umbi temulawak dan kunyit tp sampai saat ini msh blm pulih total beberapa minggu lalu saya periksa darah saya kena gejala tipes karena tiba2 badan saya lemas sekali, dikarenakan salah makan krn msh asam lambung yg berlebihan. tp alhamdulillah sudah agak mendingan krn obat antibiotik dr dokter. skr tinggal asam lambung blm jg reda..salah atau telat makan langsung keluar gas berlebihan efeknya dada/jantung berdebar2,lemes kurang bertenaga,badan pegel2,kesemutan,telapak kaki dingin,kadang leher kaku, bingung dan pusing yg mengganggu. apa obat dan terapi menyembuhkan penyakit asam lambung tinggi saya? tetapi saya tidak pernah merasakan perih pada perut saya cuma seperti ngilu sedikit dan tidak mengganggu. apakah penyakit asam lambung berlebihan krn dr pikiran juga?buang air besarpun rutin setiap hari tp agak encer,kadang di anus saya terasa panas dan gatal tetapi tidak sering setiap habis bab.
    hampir sebulan ini saya rutin minum propolis dan madu 3-4 kali sehari,apakah bisa membantu?
    makan2an dan minuman apa saja yg benar2 saya harus hindarkan?bagaimana kalau olah raga apakah boleh dalam keadaan seprti ini?kebetulan saya juga tidak mengkonsumsi alkohol,rokok,dan kopi.

    trima kasih banyak Dr.Sukma.
    insyaallah semoga dapet jawaban dan informasi dr ibu Dr.sukma.

  2. 274
    Dr. Sukma Says:

    halo George,

    Bila darah segar paling besar kemungkinan wasir atau ambeien….. Jadi periksa ke dokter bedah umum agar diteliti dan diberikan terapi yang tepat..

  3. 273
    Dr. Sukma Says:

    hai Wipo,

    Baiknya ibu anda dibawa periksa ke dokter SpOG, agar diperiksa dengan cermat apa yang dikeluhkan ibu anda. Selanjutnya ikuti saran yang diberikan…

  4. 272
    george Says:

    dokter,sy buang air bersama dengandarah segar apayg harus saya lakukan .makasih dokter

  5. 271
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mulyadi,

    Nilai lab yang anda tulis tidak signifikan dan tidak spesifik untuk penyakit tertentu. Hanya saja dapat disimpulkan ada infeksi atau radang somewhere didalam tubuh anda….OK.

  6. 270
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ferry,

    Secara langsung tifus TIDAK mempengaruhi kesuburan seseorang. Namun secara tidak langsung bisa, artinya karena kondisi tubuh penderita tifus yang tidak fit alias dibawah normal, maka kesuburan juga akan terganggu. Pertumbuan dan perkembangan sperma dan ovum (Spermatogenesis dan oogenesis) sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang baik dan memadai dan kondisi organ reproduksi yang dalam keadaan optimal/ fisiologis… That’s it…..

  7. 269
    Dr. Sukma Says:

    Halo Astri,

    Artinya anda terkena radang TBC paru di bagian parau kanan sebelah atas. Mestinya dokter perusahaan menindak lanjuti temuan pemeriksaan rontgen tsb…

  8. 268
    astri Says:

    halo dok..
    saya mau tanyaa.
    tahun lalu saya ikut medical check-up dri kantor tmpat saya bekerja..
    medical check-up tsb meliputi periksa darah(HBsAg)
    dan pemeriksaan thorax Pa..
    Hsil pemeriksaan darah saya negatif…
    tpi hasil pemeriksaan thorax sayakesimpulannya ada proses spesifik di paru kanan atas..

    maksudnya apa ya dok??
    dan bsa disimpulkan peyakit apa??
    trima kasih..

  9. 267
    ferry Says:

    hai dokter…
    dok, apakah penyakit tipus mempangaruhi kesuburan sesorang?
    thanks dok..
    salam, ferry

  10. 266
    Mulyadi Says:

    Halo Dok,
    saya cowok usia 26 tahun, jumlah monosit saya 10 %, dan limfositnya 23%, kira2 saya sakit apa yah.?, sy mmg sering merasakan nyeri di ulu hati, trims dok..

  11. 265
    Dr. Sukma Says:

    Hai Azizah,

    Coba tenangkan pikiran n makan secara teratur. Porsi makan ngga perlu banyak sekaligus, akan lebih baik sedikit tapi sering yang disebut FSF (frequent small feeding). Apalagi memasuki bulan puasa ini. Banyaklah berzikir dan menenangkan hati dan pikiran…. Insya Allah anda memang benar-benar sehat. Amien…

  12. 264
    zizah Says:

    dok saya zizah dan sya ingin bertanya.
    saya sering mersakan maag. kemudian dalam beberapa bulan dada saya sering sakit. bahkan sakit itu menjalar samapai kelengan (ketiak). dibawah perut saya juga mengalami sakit. kemudian terkadang buang air kecil sakit. kepala kiri bagian belakang sering sakit. dan akhir-akhir ini saya merasakan sakit ketika buang air besar, padahal saya selalu BAB setiap hari. n saya sdah melakukan chek darah, tapi kenapa hasilnya dikatan saya sehat dok/

  13. 263
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mega,

    Kesimpulan saya anda menderita GERD (gastro-esophageal reflux disease). Artinya terjadi pembalikan jalan makanan yang sudah ada di lambung mengalir balik lagi ke kerongkongan. Itu sebabnya anda perlu meletakkan 2-3 bantal agar enak tidur…

    Obatnya operasi koreksi terhadap kelep LES yang ibarat ‘rem blong’ sudah tuidak bisa lagi menahan makanan yang di lambung agar tidak balik lagi keatas kearah kerongkongan…
    Di Indonesia belum ada operasi yang berhasil mereparasi rem, kelep atau sphincter tsb dengan hasil memuaskan. Bisa dicoba di Singapore. Baca juga jawaban saya untuk Rangga pagi ini…

  14. 262
    Mega Says:

    Hallo Dok,
    saya mengalami symptom yang mengarah pada GERD, tetapi saya sudah ke banyak dokter dan mereka tidak menemukan bukti jika saya terkena gangguan pencernaan. Sakit tenggorokan,susah menelan,sesak nafas,batuk kering yang berkepanjangan, heartburn, perih pada abdomen,perasaan mual,setiap mau tidur saya harus meletakkan 2-3 bantal supaya merasa enak tidurnya. Mengapa gejala gejala ini tidak ditemukan sumber penyakitnya ya dok?
    Terima kasih sebelumnya.

  15. 261
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tika Putri Hans,

    Pendapat saya pencetus berak darah anda adalah hemorrhoid interna atau wasir yang berada didalam anus. Tidak ada hubungannya dengan infeksi HP yang TIDAK PERNAH mengakibatkan berak darah segar… Penderita sakit maag yang sudah menjadi tukak lambung biasanya akan berak darah warna kehitaman seperti aspal cair yang disebut melena…. Teruskan minum obat maag yang diresepkan untuk anda.

  16. 260
    Tika Putri Hans Says:

    Salam Dr.Sukma

    Sekitar 1 minggu yang lalu saya buang air disertai darah. Seperti berak darah. Sebelumnya saya mengalami rasa sakit di puser. Seperti panas, berikutnya mual. Setelah diperiksa ternyata saya ada wasir, namun daerah sekitar anus menurut suster masih bersih. Tidak ada darah.

    Sebelumnya selama beberapa minggu saya sakit maag kadang kambuh trus sembuh lagi.

    Apa ini termasuk infeksi dari Helicobacter Pylori ya Dok ? Saya juga ada kecenderungan darah rendah.

    Dokter memberi saya obat maag Antasida Doen & Omaprazole. Ciprofloxacin & Papaverin.

    Mohon pendapat & sarannya Dokter
    Terima Kasih

  17. 259
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lidya,

    Coba minum susu yang mengandung colostrum. Biasanya dijual dalam bentuk bubuk dalam kaleng.. Cari di super market, OK. Jangan lupa makanan bergizi seperti : telur, susu, daging, apel dan sayuran hijau..

  18. 258
    Lidya Says:

    Terima kasih Dr.Sukma…

    Maaf Dok, boleh ya saya tanya lagi :)
    Mengenai limfositnya yang rendah bagaimana ya Dok? Apakah ada makanan yang bisa dikonsumsi agar menaikkan limfositnya. Karena saya pernah baca, limfosit rendah membuat tubuh lebih mudah terkena infeksi. Benarkah?
    Sekali lagi terima kasih.

  19. 257
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lidya,

    Anak anda terkena demam dengan tifus yang mengancam, bila tidak diobati. Widal 1/160 memang BELUM signifikan. Pada demam tifoid biasanya Widal positif 1/320 barulah dianggap kena demam tifoid. Biasanya penyakit ini kuman salmonella typhi berasal dari makanan dan minuman yang tercemar seperti : makan diwarung pinggir jalan dengan sumber air yang tidak jelas dan sudah pasti tidak higienis. Terutama makanan dan minuman dingin seperti : es dan jajanan lain yang tidak terjamin kebersihannya..

    Dirumah bisa anda perhatikan makanan dan minumannya. Kalau diluar rumah, bagaimana anda bisa mengontrol? Jangan lupa sumber salmonella typhosa juga bisa ada didalam telur ayam atau bebek yang mentah atau setengah mateng. Melalui pori-pori kulit telur, maka kuman tifus yang ada diudara dan kotoran ayam atau bebek akan masuk kedalam bagian dalam telur yang akan kita makan. Karena itu SEHARUSNYA makan telur yang mateng/ direbus atau digoreng sampai mateng. JANGAN suka makan telur setengah mateng, atau bahkan telur mentah sebagai campuran jamu, dll… Ini antara lain penyebab sakit tifus berulang-ulang dan lebih diperburuk lagi oleh kondisi tubuh yang kurang istirahat/ terlalu banyak aktivitas…

  20. 256
    Lidya Says:

    Selamat malam Dr.Sukma.
    Putri saya 8 tahun 7 bulan, sudah yang ke-4 kalinya didiagnosa oleh dr-nya sakit tifus. Yang pertama dan kedua sekitar 2 tahun lalu (hanya selisih 4-5 bulan saja). Yang ketiga dan keempat baru tahun ini bulan feb dan sekarang ini. Yang terakhir ini hasil tes widalnya 1/160 untuk s.parathypi B-O. Obat yang diberi Thiamycin 500 mg (3xsehari selama 5 hari). Yang ingin saya tanyakan:
    1. Panas anak saya pada sakitnya yg pertama-ketiga 5-6
    hari saja, bahkan pada sakitnya yang terakhir ini
    hanya 3 hari. Saya pernah baca artikel tentang tifus
    dan menurut artikel itu jika panas < 7 hari bukanlah
    tifus, dan tes widal tidak akurat untuk menentukan
    tifus. Apakah anak saya benar2 sakit tifus? Saya juga
    membaca bahaya tifus, karena itu saya jadi cemas jika
    anak saya terkena tifus berulang seperti ini. Apa yg
    harus saya lakukan agar anak saya tidak terkena tifus
    lagi? makan/minumnya selalu saya perhatikan.

    2. Hasil lab menunjukkan limfositnya hanya 6.80 dari
    range (36.00 – 76.00), dan Neutrofilnya 88.5 dari
    range (22.0 – 60.0). Leukositnya normal. Mengapa ya
    Dok, limfositnya rendah dan neutrofilnya tinggi??

    Demikian pertanyaan saya. Maaf ya Dok jika kepanjangan. Terima kasih sebelumnya. GBU.

    -Lidya-

  21. 255
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ady,

    Boleh rasa coklat sesuai selera. Susu L men juga bagus, karena sangat tinggi protein namun sangat rendah fat.

  22. 254
    ady Says:

    Halo Dok…

    tanya lagi…

    susu nya boleh rasa coklat nggak??? trus susu yang bebas lemak kayak L men dan sebagainya boleh ngggak??
    karena saya ada problem dengan berat badan juga dok mungkin karna keseringan makan rutin….hehehe

    salam
    ady

  23. 253
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yance,

    1. Posisi tidur penderita GERD sebaiknya agak tinggi posisi kepala atau posisi setengah duduk. Hal ini untuk mengurangi aliran balik dari lambung ke esofagus/ kerongkongan. Sebaiknya makan secukupnya atau jangan sampai kenyang, namun agar lambung tidak kosong. Pada GERD terjadi kelemahan otot-otot kelep-atas lambung atau esofagus bagian distal. Gampangnya kelepnya sudah blong, sehingga makanan yang sudah masuk kedalam lambung bisa membalik kembali kearah kerongkongan.

    2. Tidur malam SEBAIKNYA jangan dibantu obat tidur, karena bersifat adiksi. Akan terjadi ketagihan tanpa obat tidur tidak bisa tidur dan dosis obat tidur cenderung akan semakin besar untuk memperoleh efek tidur yang sama. Coba minum SUSU HANGAT sebelum tidur, biasanya akan berakibat tidur pulas sepanjang malam..

    3. Siang hari kalau bisa tidur siang sebentar (napping) itu bagus. Bila tidak, cukup senderan saja dikursi tanpa memikirkan atau mengerjakan apapun. Coba pejamkan mata dan menghela nafas panjang dan dalam sehingga terasa menenangkan… Tidak usah mikirin FSF, tidur atau istirahat itu sendiri merupakan OBAT MANJUR untuk penderita GERD dan maag pada umumnya.

    4. Test UBT negatif, belum tentu kuman HP tidak ada. Sebab UBT KURANG SENSITIF dibandingkan dengan pemeriksaan endoskopi untuk melihat kuman HP dengan mikroskop.

  24. 252
    yance Says:

    Halo Dok,

    Dok tak henti2 nya saya terus bertanya nich,

    1. Kalau kita kena GERD sebaiknya posisi tidurnya itu bagamana yang baik? dan posisi makan dan setelah makan?

    2. Saya sebetulnya ingin istirahat selain malam hari, tapi kalau saya tiduran malah lambung saya seperti berkobar2 ( perut bagian kiri kanan sakit) gitu dan sy pindah2 posisi terus jadi tetap gak bisa tidur jadinya. apa saya harus minum obat penenang dulu supaya bisa tidur tapi dengan dosis obat dikurangi aja? karena saya suka menguap terus dan ingin tidur padahal saya tidur pulas udah 7jam semalam dibantu obat tidur.

    3. Seandainya saya pakskan untuk tidur siang dengan dibantu obat penenang ( RENAQUIL ) dan jadi gak bisa FSF apa menghalangi proses penyembuhan saya dok??

    4. Kalau saya udah TEST UBT dan dinyatakan tidak positif kuman HP berarti Lambung saya dikarenakan peradangan lain ya dok?

    mohon pendapat dan banuannya dok. Terima kasih

    Yance

  25. 251
    Joan Says:

    Terimakasih dok atas sarannya; akan saya lanjutkan ke kawan saya. Terimakasih ^^

Pages: « 14 13 12 [11] 10 9 8 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe