HP 2HP 1HPSakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung.

Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ?

HP berbentuk seperti sosis dengan posisi agak melengkung, tampak dua kutub, salah satunya berflagella untuk pergerakan bakteri. Sifat HP sangat kompleks, dan boleh dikatakan mempunyai berbagai senjata, sehingga bisa ‘survive’ didalam lingkungan yang sangat asam dari lambung/ gaster/ maag.

Pertama, HP dapat merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi bersifat agak basa, sehingga dia bisa tinggal dan berkoloni dilapisan lendir mukosa lambung.

Kedua, dia mempunyai alat flagella, untuk membor mukosa lambung, sehingga bisa lebih mudah masuk kedalam dasar kripta/ cekungan mukosa dan menetap ditempat itu.

Ketiga, HP mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita untuk tidak mengenali dirinya sebagai benda asing/non-self, melainkan sebagai bagian organ jaringan lambung/self sehingga tidak dapat dikenali sebagai ‘invader’ atau penyusup yang harus diberantas oleh sel limfosit-T. Maka luputlah bakteri HP dari penyisiran sistem imun kita, karena HP tidak terdeteksi sebagai benda asing/non-self.

Ke-empat, HP bisa resisten terhadap terapi yang diberikan, dengan cara bakteri tersebut membuat zat anti terhadap bahan aktif anti-mikroba yang diberikan.

Dan banyak lagi senjata yang dimiliki HP, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh peradangan lambung oleh HP menjadi semakin kompleks. Terutama bila HP tidak terdeteksi, maka bakteri akan terus berkembang-biak meluas membentuk tukak lambung, displasia, adenoma dan akhirnya kanker lambung yang sangat ditakuti.

Dan semenjak ditemukan bakteri HP, maka paradigma bahwa ‘sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih’ telah bergeser menjadi ‘sakit maag disebabkan oleh infeksi/peradangan lambung oleh kuman HP’.

Sudah tentu akibat perubahan paradigma tersebut akan juga pasti mempengaruhi pengobatan sakit maag. Maka tidak mengherankan saat ini pasien gastritis akan diberikan antibiotika yang sesuai untuk HP, bila ternyata pada pemeriksaan biopsi endoskopi lambung pasien ditemukan HP positif.

Bagaimana seseorang tertular HP? Banyak cara dapat dilalui oleh bakteri HP untuk mencapai lambung dan menyebabkan peradangan/infeksi disana.

Pertama, anak-anak akan mewarisi HP dari ibunya/orang dewasa lain yang terinfeksi HP melalui makanan yang dikunyah dulu oleh ibu/orang dewasa lain , sebelum disuapkan ke mulut anak. Makanan yang terkontaminasi HP dari air ludah si ibu/ pemberi makanan yang sebelumnya dikunyah/mastikasi. Kebiasaan seperti ini sangat populer dan biasa dilakukan di Afrika dan berbagai daerah di Indonesia. Jalan penularan seperti ini disebut ‘oro-oral route’.

Seperti penyakit tifus dan cholera, HP dapat juga ditularkan lewat vektor yaitu lalat kotor yang hinggap difeces penderita, dan kemudian  hinggap pada makanan yang tidak tertutup dan  kita lahap sesudah itu.

 Bila tangan yang kotor terkontaminasi feces tidak dibersihkan dengan cermat, maka kotoran yang menempel akan masuk kedalam mulut, bila makan tidak menggunakan sendok alias makan dengan tangan.Cara penularan seperti ini disebut ‘feco-oral route’.

Disinilah pentingnya jamban tertutup dan WC yang  memenuhi syarat kesehatan serta hygiene kesehatan umum yang memadai, dengan menjaga lingkungan selalu bersih dan membiasakan menutup makanan diatas meja yang nanti akan dikonsumsi keluarga.

Tiga gambar pada artikel ini, ditengah kelenjar/kripta lambung dimana tampak beberapa HP dibagian tengah/lumen kelenjar. Gambar kiri dan kanan bila diperhatikan dengan cermat, tampak bakteri HP berbentuk cacing pendek kecil-kecil, diantara massa lendir mukosa lambung, dan berwarna pink-gelap..

Popularity: 25%

Posted Sunday, August 10th, 2008 at 3:50 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

345 Responses to “Helicobacter Pylori (HP), bakteri penyebab sakit maag. Bila tidak dibasmi tuntas, kanker lambung akibatnya”

Pages: « 14 … 7 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

  1. 50
    amanda idr Says:

    Yth. Dokter Sukma,

    Apakah bakteri ini bisa diobati dengan mengkonsumsi obat tertentu? Obat apakah yang bisa menangani bakteri ini?
    Apakah bisa, bakteri ini hilang sepenuhnya dari lambung?
    Sekian, Terimakasih.

  2. 49
    Sundi Says:

    Hallo Dok,
    Saya udah lama menderita sakit maag (tahunan), kadang-kadang kalau lagi kambuh, sakit pada bagian ulu hati. Dan sering mengalami sakit kepala biasanya kalau makan makanan mengandung MSG, dan untuk menghilangkan sakit kepala terpaksa harus minum obat penahan rasa sakit, belakangan ini hampir tiap hari dan makin hari makin parah, sampai muntah2 walaupun sudah tidak pakai MSG. Apakah ini karena kelebihan asam lambung yg menyebabkan sakit kepala tersebut ? atau ada gejala bakteri HP tersebut, bagaimana cara mengatasinya dok ? walaupun sudah berkali-kali ke Dokter selalu diberikan obat maag (librax, nexium dll), tetapi sakit kepala tersebut tidak hilang juga. Saya juga tidak minum kopi, teh, merokok maupun alkohol sekalipun. Sekarang ini tiap pagi saya minum jus apel dicampur beetroot. Terima kasih Dok, atas waktunya.

  3. 48
    FEBRI Says:

    hallo dok..
    saya mau tanya..saya sering pusing..lemah..letih..loyo..dsb..pinggang dan perut saya seperti di ikat dok..yg saya heran penyakit nya hilang2 timbul..kadang bdan saya enak rasanya..tapi..nnti dah ga enak pula rasanya dok..kenapa tu dok??tolong yh dok..udah 2 x k dokter..2 x ber urut..tp ga sembuh2 jg..

  4. 47
    Ennie Says:

    Dok, anak saya pos helicobacter 1,36 . Dia sudah diberi pengobatan 2 macam antibiotik dan satu obat losec. Tetapi kenapa gejala mual tiba2 masih sering terjadi tidak bisa sembuh total. Apakah helicobacter pada anak2 jg susah disembuhkan? Apakah perlu dilakukan pengobatan minum antibiotik jenis lain lagi dr yg pertama agar bisa sembuh total? Thanks.

  5. 46
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lala,

    Meski sudah dinyatakan sembuh dari infeksi HP, tidak ada jaminan anda akan terus sembuh selamanya.

    Bisa kambuh lagi, bila terpapar lagi kuman HP melalui : ciuman dengan penderita HP, makanan tercemar muntahan atau dihinggapi lalat yang sebelumnya hinggap pada feces terkontaminasi HP, dll. Cara penularan persis sama dengan cara penularan diare atau cholera.

    Agak susah memang mempertahankan kondisi lambung yang normal. Selain pantangan yang dilanggar, adanya sisa kuman HP yang tidak terdeteksi juga turut berperan.

  6. 45
    hafiz Says:

    dok, mau tanya nih.. apakah asam lambung atau dispepsia bisa bepengaruh ke kepala. ini sya tanyakan karena saya sering (bahkan setiap hari) merasakan seperti melayang-layang atau mengawang-ngawang. saya sdh periksa darah dan hasilnya negatif. mohon jawabannya, dok. trmksh.

  7. 44
    Lala Says:

    Hallo dok, saya mau tanya dong, waktu itu kan saya pernah tes lab IGM Helibacter dan hasilnya positif, sudah melakukan pengobatan dengan amoxicilin,clarythomicin, dan omeprazol. Sekarang sudah negatif, cuman saya mau tanya kemungkinan kena lagi bisa? Dan makanan apa yg jadi penyebab terkena penyakit tersebut.

    Walaupun hasilnya sudah bagus tapi kenapa ya maag saya terkadang suka sakit, pedahal saya tidak pernah makan makanan yg pedas2, terkadang suka mual2 juga.

    terima kasih~

  8. 43
    Gunawan Says:

    Hallo dok, saya mau tanya2 nih, sekitar sebulan yg lalu menurut dokter saya kena Thypes (dari hasil cek darah Widal Salmonella Thypi H : 1/320, Salmonella Thypi O : 1/320) waktu itu dikasih obat (Jatah ASKES Ranitidin, Amoxilin sama obat2 apa gitu gak ada bungkusnya) keluhannya saat itu perut mual/kembung/perih terutama pagi sebelum dan sesudah sarapan, badan terasa kedinginan (tidak menggigil setelah cek malaria neg) dan badan lesu.
    Empat hari kemudian saya cek darah lagi hasilnya Salmonella Thypi H : 1/80, Salmonella Thypi O : 1/320
    dikasih lagi obat jatah askes tadi.

    Karena setelah brp hari masih gak ada perubahan saya ke dokter luar (bukan luar negeri :D bayar maksudnya gak pake ASKES) dikasih obat Sanmag, Loprezol(Lansoprazole) sama Thyampenicol (kalo gak salah yah) semua obatnya saya habiskan. Setelah brp hari saya sudah merasa enak, tapi saya coba cek darah lagi lho….ko’ naik lagi Salmonella Thypi H : 1/160, Salmonella Thypi O : 1/320, saya laporan lagi sama dokter luar tadi trus saya tanya ko’ bisa naik lagi apa tes darahnya sdh akurat nih dok ? katanya sih seharusnya akurat tapi tergantung jg dari SDM dan peralatannya. Akhirnya saya dikasih obat Sanmag & Dexaflox. Setelah obat habis badan saya terasa sdh lebih fit.

    Tapi perut saya masih terasa kurang enak sedikit mual/kembung/perih, ke dokter lagi dikasih Sanmag, Loprezol(Lansoprazole) sama antibiotik tapi yg Herba karena kalo kebanyakan antibiotik gak bagus juga kata dokternya.

    Tapi sekarang -+ dua minggu setelah obatnya habis perut saya mulai lagi nih kembung/mual/perih terutama pagi sebelum/sesudah sarapan gak enak bgt, tapi saya paksain utk sarapan walaupun cuma minum susu + makan apa aja biar sedikit yg penting masuk.
    Tadi saya ke dokter lagi (kali ini pake ASKES) trus dapet obat Kimoxil(Amoxicilin), Laprotan (Lansoprazole) + Sirop Antasida. Saya bilang juga ke dokter kalo pinggang saya/perut belakang terasa gak enak/sakit, tapi sakitnya gak terus2an. Cuma terasa kalo saya ada diposisi tertentu atau pas lagi jalan/lagi naik motor lewat jalan yg belubang. Trus katanya harus minum yg banyak karena obat Mag itu pengaruhnya ke ginjal (waduh saya jadi takut minum obat itu jadinya). Mohon nasihatnya apakah saya terus minum obat tsb atau tidak dan apakah saya masih butuh antibiotik ? saya takut ginjal saya kenapa2 nih. Kalo tidak, apakah ada obat mag yg tidak berpengaruh ke ginjal ??

    Sekitar bulan Des 2008 saya juga pernah ke dokter Spesialis Radiologi dg keluhan mual juga plus pinggang terasa pegal/linu, dari hasil USG & Rontgen tidak ada gejala batu di ginjal, empedu & kandung kemih.
    Hasilnya juga saya bawa ke dokter luar tadi, katanya memang tidak ada batunya tapi ruas tulang belakang saya ada yg menyempit sehingga agak menekan syaraf, itu juga yg membikin pinggang sering terasa pegal. Saya disarankan utk tidur dikasur yg tidak empuk.

    Atas saran/masukan/nasihat & informasinya saya ucapkan terima kasih (ma’af dok kalo ceritanya panjang bgt :D )

  9. 42
    Dr. Sukma Says:

    Halo Bayu,

    Penyakit tifus (demam tifoid) biasanya mengenai SELURUH pencernaan, mulai dari rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil dan usus besar serta anus.

    Kuman Salmonella Tifosa mengeluarkan toksin yang membuat luka-luka kecil semacam sariawan di sepanjang organ cerna yang tersebut diatas.

  10. 41
    Dr. Sukma Says:

    Halo Archi,

    Sebaiknya merokok dihentikan secara bertahap. Sebab nikotin dalam rokok sudah terbukti MERUGIKAN kesehatan tubuh, terutama paru2. Itulah sedbabnya anda merasa sesak dan udara tidak masuk keseluruh bagian paru anda.

    Dugaan saya anda juga menderita gastritis/ sakit maag. Dan ini ada kaitannya dengan kebiasaan merokok anda. I bet you have a lot of problems those make you stressful.

    Bagaimana kalau anda berkonsultasi dengan psikolog untuk problema yang memenuhi benak pikiran anda? Dengan pikiran yang tenang saya yakin semua keluhan yang anda tulis itu akan sirna.

  11. 40
    b@yu Says:

    jadi HP itu begitu ya cara kerjanya, dulu kan saya pernah tipes, terus kata dokternya maag saya juga ikut kena, saya bingung dok, bukannya tipes itu di usus bukan di lambung????

  12. 39
    archi Says:

    slm kenal dok, 1 minggu ini saya merasa sesak u/ bernafas, sepertinya udara itu tidak masuk semua ke paru2 saya dan di ulu hati terasa kembung dan jika makan/minum tenggorokan ini seperti terganjal, sy perokok, kopi sdh sy kurangi, penyakit apakah yg saya derita? n gmn jalan keluarnya (cara mengobatinya)? trims

  13. 38
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andrea,

    Anda salah makan, yaitu mengkonsumsi makanan yang tercemar bakteri. Gejalanya seperti diare akibat cholera.

    Jadi sebaiknya minum oralit atau air garam-gula untuk menegembalikan elektrolit yang hilang bersama feces yang menyebakan anda sangat lemah. Usahakan banyak minum, kalau bisa minum sesuai dengan jumlah cairan yang keluar bersama feces. Bila lapar, makan bubur kecap, TANPA sayur dan daging atau lauk. Karena usus anda sedang bermasalah.
    Bila gejala berlanjut , kunjungi dokter.

  14. 37
    andrea Says:

    dok saya 21thn,saya ga tahu penyebabnya kenapa?!
    sudah 3hari saya buang air besar lbih dari 5 kali sehari dan fesesnya cair terus perut terasa mual dan sering sendawa panjang dan bunyi serta badan terasa lemas. . .
    kira kira saya kenapa dan harus bagaimana?!
    terima kasih

  15. 36
    Dr. Sukma Says:

    Halo Indra,

    Sebaiknya konsultasi ke Psikolog untuk rasa cemas anda yang berlarut-larut. Bila kecemasan anda sudah dapat diatasi, niscaya gangguan lambung anda akan hilang dengan sendirinya.

  16. 35
    indra Says:

    Dok, saya sudah 1 tahun lebih sakit maag dan disertai dengan cemas sampai sekarang masih belum sembuh apa lagi cemasnya kalau lg kambuh saya sampai merasa badan saya lemas sebelah seperti mau jatuh sangking lemasnya, muka panas terus saya suka kepikiran penyakit macem2 karena rasa cemasnya sepertui darah tyinggi,jantung n stroke. yang saya mau tanya bagaimana cara mengatasinya dok sedangkan kalau saya sedang kambuh saya minum gastrinal dulu manjur tapi sekarang kayanya ga manjur jadi apa yang mesti sya perbuat dok untuk mengatasi itu semua. sebelumnya saya ucapkan terima kasih dok.

  17. 34
    Dr. Sukma Says:

    Halo Githasalmah,

    Ada beberapa test untuk deteksi bakteri HP, a.l.:
    test serologis, Urea Breath Test (UBT) dan biopsi endoskopi. Dari ketiganya yang paling dipercaya adalah pem. endoskopi oleh dokter internist yang berpengalaman dibidang endoskopi.

  18. 33
    githasalmah Says:

    Dok,saya udah lama sakit maag dan keadaannya makin lama makin parah.Tapi dokter d RS yg biasa menangani penyakit saya gak pernah menyinggung masalah kemungkinan terinfeksi H.pylori sedikitpun,saya malah tau ttg bakteri ini dr dosen saya.Mungkinkah saya terinfeksi? Tes ap yg harus dilakukan untk mengetahui apakah saya terinfeksi H.pylori? Thanks dok!

  19. 32
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nella,

    Bila sampai muntah darah, sepertinya cukup berat juga. Sedangkan HP tidak selalu gampang ditemukan. Dari berbagai cara identifikasi HP, terbaik dan terpercaya bila ditemukan pada sediaan biopsi endoskopi.

    Jadi kemungkinan ada HP dan tidak pada lambung anda chancenya sama, yaitu fifty-fifty.

  20. 31
    Nella setiawati Says:

    Slmt siang dok, sy ingin berkonsultasi dgn apa yg prnah sy alami. sy prnah sakit maag yg sngt amat dan prnah muntah darah. sy periksa ke lab dan hsil HP nya tdk nampak. apakah itu sdh termasuk pnderita HP atau tudak, mhon sulosinya..

  21. 30
    henny Says:

    halo pak Dedy salam kenal, boleh tau dokternya prakteknya dimana ? dan alamatnya ?

    japri aja ke henny100987@gmail.com

    Terimakasih

  22. 29
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fie,

    Kesimpulan saya anda kemungkinan ,menderita demam tifoid (typhoid fever). Ini baru ketahuan, setelah dilakukan pemeriksaan darah Widal test. Saat ini ada Rapid Widal, sehingga hasilnya cepat diketahui dan tidak menunggu lebih seminggu malah sampai 2-3 minggu pada Widal konvensional.

    Segeralah kunjungi dokter penyakit dalam. Sementara itu sebaiknya anda makan bubur atau makanan lunak lain. Karena bila benar demam tifoid, biasanya terjadi luka-luka kecil semacam sariawan disepanjang usus anda yang akan bertambah parah bila anda makan nasi biasa.

  23. 28
    fie Says:

    dok saya mau bertanya,perut saya sakit setiap selesai makan,ditambah rasa mual.memang sebelumnya badan saya demam tinggi,tapi sekarang sudah tidak demam lagi.tapi rasa mual dan sakit diperut belum hilang-hilang juga.apakh dokter bisa memberi tau saya penyakit apa yg saya derita?bgm cara agar saya bisa sembuh.Terima Kasih Dok.GBU

  24. 27
    dedy Says:

    Herman : kalau sudah di endoskopi dan di UBT hasilnya negatif ngapain dipusingin? jangan dipikirin
    semakin stress tar kumannya malah bikin lambung bolong

  25. 26
    dedy Says:

    jangan test darah, test darah itu test yg paling gak akurat
    mendingan langsung endoskopi aja. dilihat langsung lambungnya ada polip apa kaga.

    btw herman ini sama gak dengan herman yang PM saya di kaskus? kalau sama
    alamatnya udah saya tulis di kaskus.

Pages: « 14 … 7 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe