HP 2HP 1HPSakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung.

Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ?

HP berbentuk seperti sosis dengan posisi agak melengkung, tampak dua kutub, salah satunya berflagella untuk pergerakan bakteri. Sifat HP sangat kompleks, dan boleh dikatakan mempunyai berbagai senjata, sehingga bisa ‘survive’ didalam lingkungan yang sangat asam dari lambung/ gaster/ maag.

Pertama, HP dapat merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi bersifat agak basa, sehingga dia bisa tinggal dan berkoloni dilapisan lendir mukosa lambung.

Kedua, dia mempunyai alat flagella, untuk membor mukosa lambung, sehingga bisa lebih mudah masuk kedalam dasar kripta/ cekungan mukosa dan menetap ditempat itu.

Ketiga, HP mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita untuk tidak mengenali dirinya sebagai benda asing/non-self, melainkan sebagai bagian organ jaringan lambung/self sehingga tidak dapat dikenali sebagai ‘invader’ atau penyusup yang harus diberantas oleh sel limfosit-T. Maka luputlah bakteri HP dari penyisiran sistem imun kita, karena HP tidak terdeteksi sebagai benda asing/non-self.

Ke-empat, HP bisa resisten terhadap terapi yang diberikan, dengan cara bakteri tersebut membuat zat anti terhadap bahan aktif anti-mikroba yang diberikan.

Dan banyak lagi senjata yang dimiliki HP, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh peradangan lambung oleh HP menjadi semakin kompleks. Terutama bila HP tidak terdeteksi, maka bakteri akan terus berkembang-biak meluas membentuk tukak lambung, displasia, adenoma dan akhirnya kanker lambung yang sangat ditakuti.

Dan semenjak ditemukan bakteri HP, maka paradigma bahwa ‘sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih’ telah bergeser menjadi ‘sakit maag disebabkan oleh infeksi/peradangan lambung oleh kuman HP’.

Sudah tentu akibat perubahan paradigma tersebut akan juga pasti mempengaruhi pengobatan sakit maag. Maka tidak mengherankan saat ini pasien gastritis akan diberikan antibiotika yang sesuai untuk HP, bila ternyata pada pemeriksaan biopsi endoskopi lambung pasien ditemukan HP positif.

Bagaimana seseorang tertular HP? Banyak cara dapat dilalui oleh bakteri HP untuk mencapai lambung dan menyebabkan peradangan/infeksi disana.

Pertama, anak-anak akan mewarisi HP dari ibunya/orang dewasa lain yang terinfeksi HP melalui makanan yang dikunyah dulu oleh ibu/orang dewasa lain , sebelum disuapkan ke mulut anak. Makanan yang terkontaminasi HP dari air ludah si ibu/ pemberi makanan yang sebelumnya dikunyah/mastikasi. Kebiasaan seperti ini sangat populer dan biasa dilakukan di Afrika dan berbagai daerah di Indonesia. Jalan penularan seperti ini disebut ‘oro-oral route’.

Seperti penyakit tifus dan cholera, HP dapat juga ditularkan lewat vektor yaitu lalat kotor yang hinggap difeces penderita, dan kemudian  hinggap pada makanan yang tidak tertutup dan  kita lahap sesudah itu.

 Bila tangan yang kotor terkontaminasi feces tidak dibersihkan dengan cermat, maka kotoran yang menempel akan masuk kedalam mulut, bila makan tidak menggunakan sendok alias makan dengan tangan.Cara penularan seperti ini disebut ‘feco-oral route’.

Disinilah pentingnya jamban tertutup dan WC yang  memenuhi syarat kesehatan serta hygiene kesehatan umum yang memadai, dengan menjaga lingkungan selalu bersih dan membiasakan menutup makanan diatas meja yang nanti akan dikonsumsi keluarga.

Tiga gambar pada artikel ini, ditengah kelenjar/kripta lambung dimana tampak beberapa HP dibagian tengah/lumen kelenjar. Gambar kiri dan kanan bila diperhatikan dengan cermat, tampak bakteri HP berbentuk cacing pendek kecil-kecil, diantara massa lendir mukosa lambung, dan berwarna pink-gelap..

Popularity: 25%

Posted Sunday, August 10th, 2008 at 3:50 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

345 Responses to “Helicobacter Pylori (HP), bakteri penyebab sakit maag. Bila tidak dibasmi tuntas, kanker lambung akibatnya”

Pages: « 14 … 7 6 5 [4] 3 2 1 » Show All

  1. 100
    Dr. Sukma Says:

    Halo Pak Djoko Teguh,

    Pendapat saya, sakit maag anda termasuk yang disebabkan asam lambung berlebih akibat stress/pekerjaan dan vertigo. Disini faktor PSIKIS lebih dominan dibandingkan kemungkinan adanya radang HP.

    Cara penyembuhan tentunya dengan mengusahakan KETENANGAN pikiran. Semasih pikiran tidak tenang,selama itu pula sakit maag anda akan datang dan hilang setelah dirawat untuk datang lagi pada saat anda banyak pikiran.. Demikian berulang-ulang..

  2. 99
    djoko teguh Says:

    pagi bu Dokter, saya ada gangguan dilambung kalau pas salah makan atau pas vertigo datang perut terasa sebah(penuh) akhirnya muntah-muntah . kalau sudah begini jalan keluarnya dibawa ke UGD dan diinfus. pertanyaan saya termasuk sakit maag yang bagaimana? bagaimana cara penyembuhannya? umur saya 61 th . terimakasih atas perhatiannya. salam

  3. 98
    suryati Says:

    Hallo Dr.Sukma
    Sudah beberapa tahun terakhir, sy punya masalah dengan perut/lambung, sy tidak merasa sakit di ulu hati layaknya orang2 yang menderita maag.
    Keluhan sy justru sering sekali perut berbunyi/bersuara seperti ada busa yg kumpul di dalam perut, kadang suaranya terdengar keras, hingga orang yg berada di dekat saya juga mendengar.
    Beberapa kali sy coba ke dokter, selalu diberi obat maag atau yg mengurangi produksi asam lambung.
    Kalau sy mo ke dokter (internist), agar mendapat penanganan lebih lanjut, sebaiknya apa yg sy sampaikan ke dokter, jadi bisa tuntas sebenarnya penyakit apa yg sy derita, selain sy tidak ingin terlambat memeriksakan diri dan mendapat pengobatan yg tepat dan tuntas.

  4. 97
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nindy,
    Pertanyaan yang bagus.
    Syukurlah bakteri HP didalam lambung anda telah berhasil di eradikasi/diberantas.

    Hp bisa ada lagi, bila anda tercemar lagi oleh bakteri tsb. Penularan bisa lewat : air ludah penderita HP, makanan yang tercemar HP yang dibawa lalat yang sebelumnya menghinggapi feces penderita HP kemudian hinggap di makanan yang tidak tertutup, dst.

    Jadi MENGHINDARI kuman HP SAMA caranya dengan menghindari penyakit CHOLERA dan DIARE pada umumnya. Yaitu dengan menjaga kebersihan diri, lingkungan dan sanitasi yang baik serta JAMBAN TERTUTUP.

    Bila makan TIDAK PAKAI SENDOK, cuci tangan sampai bersih sebelum makan. Bisa terkena kanker, kalau HP dibiarkan berkembang-biak terus didalam lambung tanpa diobati. Intinya : HP harus DIBERANTAS tuntas agar tidak menjadi kanker lambung.

  5. 96
    Dr. Sukma Says:

    Halo Alfi A,

    Saya BELUM tahu ada akibat buruk minum obat disertai makan nangka,durian dan tape.

    Yang saya tahu,pada penderita sakit maag, PANTANGAN makan bagi penderita adalah antra lain : nangka,durian dan tape.

  6. 95
    Alfi A Says:

    Dear Dr.Sukma,
    Apakah berbahaya minum obat dengan makan buah nangka atau durian atau tape? golongan obat apa yang tidak boleh diminum dengan makanan tersebut? apabila sudah makanan tersebut di makan, berapa lama saya tunda minum obat yang bisa berbahaya tersebut?
    Thanks and GBU

  7. 94
    nindy Says:

    hai dook. umurku 14 tahun. dulu bakteri HP di lambungku trmksut tinggi. tapi sekarang sudah tidaaak. aku mau tanya, apakah bakteri HP bisa berkembang lagii dook?? dan bagaimana cara kita mengetahui apakah kita bakal kena kanker atau tidaaak.

    terimakasiih dokter cantiiik

  8. 93
    romi Says:

    Dear Dr.Sukma,

    Thanks bu atas semuanya.Semoga Tuhan membalas kebaikan ibu dengan diberikanNya kesehatan,panjang umur dan rezeki bagi ibu dan sekeluarga.amin,GBU

  9. 92
    Dr. Sukma Says:

    Hai Romi,

    Langsung dijawab, ya :
    1. Sebaiknya anda beristirahat dulu dari kerja, sampai kondisi anda baik kembali. At least anda tidak lemas dan sudah mulai bergairah lagi, barulah coba untuk mulai bekerja. Saya tidak tahu berapa lama. Tergantung reaksi obat terhadap tubuh anda.
    2. Sisa obat sebaiknya diminum-habiskan. Setelah itu stop.

    Sementara ini TETAP makan makanan lunak seperti : bubur,juice yang dibuat sendiri dan TIDAK pakai ES. (makanan dingin atau makanan dipinggir jalan umumnya TIDAK BEBAS salmonella typhi). Jadi hati-hati jajan..

    Terpenting adalah bed-rest. Artinya anda istirahat ditempat tidur. Banyak rebahan dan kalau bisa anda tidur sepuasnya. Dengan demikian reaksi obat akan lebih maximal dan penyembuhan akan lebih cepat. Mudah-mudahan obatnya cocok, may GBU.

  10. 91
    romi Says:

    Dear Dr Sukma,

    Terima kasih banyak atas bantuan dan saran ibu dan ibu juga mau bantu sy untuk mengobatinya.
    1.apakah sy tetap bisa bekerja dikantor sambil terapi ini?atau harus istirahat rumah 3 minggu.
    2.apakah obat2 maag spt rantin,mucosta rabimipide,omeprazole,inpepsa,tetap harus saya minum?

    Thanks

    Romi

  11. 90
    Dr. Sukma Says:

    Hai Romi,

    Langsung dijawab,ya pertanyaan anda :

    1.Terapi adekwat/adequate, artinya terapi yang MEMADAI. Seperti dosis obat harus TEPAT, lama terapi sesuai dianjurkan untuk penyakit itu, cara minum obat yang benar, dst. Singkatnya pengobatan yang PROPER untu satu penyakit.
    2. Multivitamin yang dijual di Guardian atau Century. Anda bisa pilih buatan USA, atau lainnya.
    3. Untuk sementara mungkin saya yang ngobatin anda. Chloramphenicol obat yang sangat bagus dan paling TEPAT untuk Typhoid Fever. Dosis pada orang dewasa 2 (dua) gram per hari, dibagi 4(empat) dosis jadi 500 mg setiap 6 jam. Misal pagi minum jam 7, siang jam 13, sore jam 19 dan malam jam satu malam/dini hari. Begitu seterusnya dan obat diminum SESUDAH makan. Artinya jangan dalam keadaan perut kosong. Chloramphenicol murah, namun khasiatnya SANGAT BAGUS pada terapi typhoid fever. Dosis 2 gram per hari adalah dosis adekwat/tepat untuk kasus tifus. Trust me…
    4.Mungkin penyakit tifus anda berlarut-larut seperti saat ini,karena DOSIS obat TIDAK adekwat : levofloxacin 1×500 mg. Apakah anda ngobatin diri sendiri/tanpa resep dokter? Anyway, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki sesuatu. Good luck and GBU.

  12. 89
    romi Says:

    Dear Dr Sukma,thanks ya atas jawabannya lagi.saya masih ada yg mau sy tanyakan
    1.maksud ibu terapi adkwuat apa ya?
    2.vitamin apa yg paling bagus untuk kekebalan tubuh saya?
    3.kalo ibu sudah dapat nama dokter internist di RSCM dan PONDOK INDAH di emailkan ke sy di daronegti@yahoo.com.
    4.selama 1 minggt ini sy hanya minum levofloxacin 1X500mg.ibu sarankan dalam satu hari?apakah tidak terlalu banyak?tx

    Terima kasig

    Romi

  13. 88
    Dr. Sukma Says:

    Halo Romi,

    Coba kunjungi dr. internist sub divisi Tropikal Disease atai Infeksi di RS Pondok Indah atau RSCM. Saya lupa namanya. Nanti kalau ingat akan saya inform ke anda.

    Biasanya demam tifus di terapi Chloramphenicol capsul 4x 500 mg. Kecuali bila sakit sangat berat/tidak sadar dan tidak mungkin obat masuk lewat mulut/makanan, maka barulah pasien diberikan chloramphenocol drip.

    Chloramphenicol diajurkan pada typhoid selama 3 minggu, atau sampai Widal negatif.

    Penderita tifus dianjurkan untuk makan lunak, karena terdapat luka-luka kecil semacam sariawan disepanjang saluran pencernaan,mulai dari kerongkongan, lambung,usus kecil, usus besar. Jadi untuk memudahkan pekerjaan saluran cerna, perlu makanan yang halus agar pekerjaaan pencernanaan menjadi ringan.

    Kemungkinan kuman salmonella typhi sembunyi di kantong empedu sangat besar.Namun bila terapi adekwat, via aliran darah kuman itu akan bisa di eradikasi.

    So,berobat teratur dan tuntas, sampai salmonella terbasmi. Satu pesan penting : kuman SALMONELLA TYPHI SERING DITEMUKAN dalam telur ayam/bebek yang mentah dan kurang masak/ SETENGAH MATANG.

    Jadi HINDARI makan telur setengah matang.Karena selain proteinnya susah dicerna, juga kemungkinan TERCEMAR kuman salmonella sangat tinggi.Kuman masuk dari kulit telur yang kotor/kena kotoran ayam, dll.

  14. 87
    ratnaningsih Says:

    hallo bu dokter posting saya no 81 blum dijawab tapi nggak apa2 aku kemarin sd minum jus + aloe vera sebenarnya apa saja makanan & minuman yang BOLEH aku konsumsi biar aku nggak salah memilih menu sebab sebentar lagi menjalankan PUASA RAMADHAN tolong bu Dokter di jawab yaaa trim’s

  15. 86
    romi Says:

    Dear Dr.Sukma,

    Terima kasih atas advisenya.
    Bisa kasi referensi dokter internist dan rs yg menangani tipus yg seperti sy alami ini.apakah ada obat herbal yg bisa membunuh bakteri tipus,btw,4 hari ini sy minum aloe vera,tapi belum berasa apa2.yang paling sy rasakan saat ini adalah lemas,lidah putih kotor,kadang2 nyeri timbul di dekat perut bawah kanan.
    Antibiotik apa yg cocok untuk membunuh bakteri ini?selama sy tipus sy sudah pernah coba obat jalan ciprofloxacin,levofloxacin.berapa lama sy harus minum obat antibiotik?saya 3 minggu ini tidak ada demam,BAB lancar,makan normal,hanya lemas dan lidah kotor.bisakah penderita tipus minum herbal?obat herbal apa yg meningkatkan kekebalan tubuh?bisakah saya minum susu colostrum,produk australia?makanan apa yg sy harus makan?apakah nasi lunak?bisakah telur setengah matang?

    Mohon maaf jika pertanyaan sy banyak.kiranya dokter mau membantu.sudah 1 bulan ini sy istirahat dirumah,dan msh merasa lemas.

    Thanks a lot Dok

    Romi

  16. 85
    Dr. Sukma Says:

    Halo Romi,

    Yang pasti semua keluhan anda BUKAN akibat radang HP. Jadi TIDAK PERLU endoskopi.

    IgM salmonella selalu positif. Berarti didalam tubuh anda MASIH ada radang tifus yang aktif. Memerlukan waktu lama untuk penyembuhan tifus,bisa lebih dari satu bulan tergantung daya tahan dan reaksi tubuh anda terhadap pengobatan yang diberikan.

    Berobatlah denga tuntas,kalau perlu PINDAH ke dokter internist lain yang lebih handal dan telaten serta sabar memeriksa pasien.

    Sakit tifus termasuk penyakit berat dan sangat berat dan digolongkan dalam debilitating disease dalam bahasa medisnya,berarti penyakit yang sangat menurunkan daya tahan serta menyebabkan rasa lemah yang teramat sangat.

  17. 84
    Dr. Sukma Says:

    Hai Alex Susanto,

    Masalah anda TERUTAMA ada dalam pikiran yang stress, cemas, dan takut berlebihan. Itu semua menjadi pokok pangkal gangguan kesehatan anda.

    Ada baiknya anda cuti sementara dari kegiatan rutin sehari-hari. Beristirahatlah dan usahakan berada dalam lingkungan lain yang menenangkan.

    Seperti berlibur ke satu tempat, hanya dengan istri anda. Anak-anak yang masih kecil dititip jagain sementara ke mertua atau ibu anda sendiri. Setelah liburan 3-5 hari, anda pasti akan sehat kembali…

  18. 83
    Alex Susanto Says:

    bu dokter, saya ini uda 3 bulan blkgan ini nafsu makan slalu ilang, waktu makan terasa males skali, ada mual dan pengen muntah, trus terasa seperti ingin berhenti bernafas. waktu bernafas terasa di kerongkongan ada udara. perasaan makin tak menentu, takut dan panik. mank saya ada phobia terhadap yg namanya kanker. gmana ini bu dokter? oh satu lage, saya sering berpikiran soal kematian, dan gampang naek darah, terutama di tmpt kerja ama di rumah. anak2 masih kecil jadi rewel. terima kasih

  19. 82
    romi Says:

    Yth Dok,
    Sy mau tanya,sy sering terkena tipus,igm salmnella selalu positive,sudah diendoskopi,bakteri tidak ada,apakah,sy masih rasa lemas,lidah putih,kalo makan mau, BAB lancar.dokter kasi Levoflaxin udh 5 hari,sy msh rasa lemas.apakag sy terkena bakteri HP,apakag perlu cek darah Igm HP?mohon advisenya.
    Thanks
    Romi

  20. 81
    ratnaningsih Says:

    Bu Dokter trim’s atas penjelasannya klo boleh tahu bu Dokter buka praktek dimana? Apakah aku harus mengkunsumsi Aloevera? dan makanan apa yang harus saya pantang?

  21. 80
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ratnaningsih,

    Jangan anggap enteng keluhan anda tersebut. Liur bercampur darah setiap bangun tidur, itu gejala SERIUS.

    Sebaiknya periksa ke dokter internist LAIN,bila dokter yang pertama malah mengakibatkan keluhan anda bertambah,BUKANNYA berkurang.

    Luangkan waktu untuk menuntaskan masalah ini.Analisa saya paling tidak telah terjadi tukak lambung/peptic ulcer..

  22. 79
    ratnaningsih Says:

    Halo dok,saya sudah 2 th kalau bangun tidur air liur campur darah perut sebelah kiri terasa sakit.Bu dr sebenarnya saya sakit apa? setiap sy periksa kedokter pasti diberi obat maag tapi setelah saya minum pasti rasa sakit bertambah dan sesak nafas,sebenarnya saya ini sakit apa dan saya harus periksa ke dr spicialis apa? mohon jawabannya trim’s

  23. 78
    Dr. Sukma Says:

    halo Akrim,

    Yang jelas anda sakit maag/gastritis. Sedangkan penyebabnya bisa kuman HP, bisa yang lain.

    Deteksi kuman HP ada 3 cara : Urea Breath Tst(UBT), Periksa darah IgG HP dan IgM HP. Yang terakhir adalah pemeriksaan endoskopi dengan anaestesi umum/bius umum.

    Jadi anda tidak merasakan sakit apapun. Setahu saya pemeriksaan endoskopi inilah yang paling sensitif.

  24. 77
    Akrim Says:

    Bu dokter, mw numpang tanya..
    Saya punya penyakit maag uda cukup lama.
    Sering mual, muntah2, g selera maem, n berat badan kurang.. Lalu, dokter menyarankan saya untuk test Hematologi, IgG dan IgM H. pylori, hasilnya: Anemia dan IgG dan IgMnya negatif. Waktu sblm tes, dokter saya blg kalo hasilnya negatif, nanti ada tes endoskopi (klo g salah ingat), n katanya lbh sakit dr tes darah yg sdh saya jalani, tapi saya blm siap.
    Yang ingin saya tanyakan, kira2 sakit apa ya saya dok..
    Mohon penjelasannya, terima kasih.

  25. 76
    Dr. Sukma Says:

    Hai tommy datulong,

    Kemungkinan anda tertular HP dari istri anda sangat besar. HP bisa ditularkan lewat air liur. Jadi setelah anda minum berbagai obat maag belum juga menuntaskan keluhan anda, sebaiknya dilakukan pemeriksaan ENDOSKOPI pada lambung yang disebut gastroskopi.

    Kunjungi dokter internist subdivisi gastro-enterologi yang biasa melakukan pemeriksaan endoskopi. Tidak semua dokter internist berpengalaman melakukan prosedur endoskopi.

    So, pilih yang handal dan mahir dibidang endoskopi.

Pages: « 14 … 7 6 5 [4] 3 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe