HP 2HP 1HPSakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung.

Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ?

HP berbentuk seperti sosis dengan posisi agak melengkung, tampak dua kutub, salah satunya berflagella untuk pergerakan bakteri. Sifat HP sangat kompleks, dan boleh dikatakan mempunyai berbagai senjata, sehingga bisa ‘survive’ didalam lingkungan yang sangat asam dari lambung/ gaster/ maag.

Pertama, HP dapat merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi bersifat agak basa, sehingga dia bisa tinggal dan berkoloni dilapisan lendir mukosa lambung.

Kedua, dia mempunyai alat flagella, untuk membor mukosa lambung, sehingga bisa lebih mudah masuk kedalam dasar kripta/ cekungan mukosa dan menetap ditempat itu.

Ketiga, HP mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita untuk tidak mengenali dirinya sebagai benda asing/non-self, melainkan sebagai bagian organ jaringan lambung/self sehingga tidak dapat dikenali sebagai ‘invader’ atau penyusup yang harus diberantas oleh sel limfosit-T. Maka luputlah bakteri HP dari penyisiran sistem imun kita, karena HP tidak terdeteksi sebagai benda asing/non-self.

Ke-empat, HP bisa resisten terhadap terapi yang diberikan, dengan cara bakteri tersebut membuat zat anti terhadap bahan aktif anti-mikroba yang diberikan.

Dan banyak lagi senjata yang dimiliki HP, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh peradangan lambung oleh HP menjadi semakin kompleks. Terutama bila HP tidak terdeteksi, maka bakteri akan terus berkembang-biak meluas membentuk tukak lambung, displasia, adenoma dan akhirnya kanker lambung yang sangat ditakuti.

Dan semenjak ditemukan bakteri HP, maka paradigma bahwa ‘sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih’ telah bergeser menjadi ‘sakit maag disebabkan oleh infeksi/peradangan lambung oleh kuman HP’.

Sudah tentu akibat perubahan paradigma tersebut akan juga pasti mempengaruhi pengobatan sakit maag. Maka tidak mengherankan saat ini pasien gastritis akan diberikan antibiotika yang sesuai untuk HP, bila ternyata pada pemeriksaan biopsi endoskopi lambung pasien ditemukan HP positif.

Bagaimana seseorang tertular HP? Banyak cara dapat dilalui oleh bakteri HP untuk mencapai lambung dan menyebabkan peradangan/infeksi disana.

Pertama, anak-anak akan mewarisi HP dari ibunya/orang dewasa lain yang terinfeksi HP melalui makanan yang dikunyah dulu oleh ibu/orang dewasa lain , sebelum disuapkan ke mulut anak. Makanan yang terkontaminasi HP dari air ludah si ibu/ pemberi makanan yang sebelumnya dikunyah/mastikasi. Kebiasaan seperti ini sangat populer dan biasa dilakukan di Afrika dan berbagai daerah di Indonesia. Jalan penularan seperti ini disebut ‘oro-oral route’.

Seperti penyakit tifus dan cholera, HP dapat juga ditularkan lewat vektor yaitu lalat kotor yang hinggap difeces penderita, dan kemudian  hinggap pada makanan yang tidak tertutup dan  kita lahap sesudah itu.

 Bila tangan yang kotor terkontaminasi feces tidak dibersihkan dengan cermat, maka kotoran yang menempel akan masuk kedalam mulut, bila makan tidak menggunakan sendok alias makan dengan tangan.Cara penularan seperti ini disebut ‘feco-oral route’.

Disinilah pentingnya jamban tertutup dan WC yang  memenuhi syarat kesehatan serta hygiene kesehatan umum yang memadai, dengan menjaga lingkungan selalu bersih dan membiasakan menutup makanan diatas meja yang nanti akan dikonsumsi keluarga.

Tiga gambar pada artikel ini, ditengah kelenjar/kripta lambung dimana tampak beberapa HP dibagian tengah/lumen kelenjar. Gambar kiri dan kanan bila diperhatikan dengan cermat, tampak bakteri HP berbentuk cacing pendek kecil-kecil, diantara massa lendir mukosa lambung, dan berwarna pink-gelap..

Popularity: 25%

Posted Sunday, August 10th, 2008 at 3:50 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

345 Responses to “Helicobacter Pylori (HP), bakteri penyebab sakit maag. Bila tidak dibasmi tuntas, kanker lambung akibatnya”

Pages: « 14 … 9 8 7 [6] 5 4 3 … 1 » Show All

  1. 150
    moch erick Says:

    Selamat Siang dok….
    dok saya kan bermasalah dgn lambung, dalam waktu2 tetentu badan sy mulai dari kali sampai kepala sukat merasa sakit(perih, pegal, ngilu,dan rasa yg nggak karu2 an), pertanyaannya apakah itu akibat masalah lambung atau masalah LDL saya yang cukup tinggi 117, sampai muka sy juga terasa sakit dok, baik tulang maupun kulitnya….tapi semua itu tidak berlangsung lama sekitar 10 s/d 15 menit….

    pertanyaan kedua : bagaimana langkah yg harus sy lakukan untuk mengetahui akibat dari rasa sakit tersebut dok, nis harus cek lab, apa yg harus diceknya dok…..tks…

  2. 149
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dani,

    Iya persis. Hasil MSCT anda dalam batas normal. Kalsifikasi fisiologis artinya perkapuran normal sesuai umur, dst. Tidak ada yang mesti dicemaskan dari bagian kepala/otak anda.

  3. 148
    dani Says:

    Maaf dok,saya tulis pertanyaan saya dg huruf besar.Saya kemarin habis di MSCT Scan kepala tanpa zat kontras karena saya sering sakit kepala belakang disertai perasaan lemas/letih walau gak melakukan aktifitas apalagi menjelang sore/malam.walaupun dokter mengatakan bisa saja dari lambung saya yg lg sakit….
    Kesimpulan dr MSCT gak ada kelainan apa pun tp kata2 sebelumnya ada kalimat yg saya tulis dg hurup besar diatas.Kalo perkapuran normal berarti bukan penyakit kan dok??????

  4. 147
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dani,

    Kenapa nggak sekalian kuliah di FK, agar tahu segala macam termasuk pertanyaan anda yang ditulis dalam huruf besar. Artinya terdapat perkapuran normal pada kelenjar pineal dan plexus choroideus. Keduanya terletak di jaringan otak. Belajar dulu anatomi, biar tahu lokasi persisnya.

    Jawaban statement panjang berikutnya Iya BENAR sperti itu.

  5. 146
    dani Says:

    TAMPAK KALSIFIKASI FISIOLOGIS DIDAERAH GLANDULA PINEALIS DAN PLEXUS CHOROIDEUS.Bu Dokter minta penjelasan kalimat diatas…….satu lagi dok,kalo katup yg ada di antara kerongkongan dan lambung serta katup antara lambung dan usus 12 jari rusak,katanya gak bisa normal lagi??? kalo gitu makanan gak diolah dulu dilambung langsung masuk ke usus karna katupnya rusak terbuka terus????

  6. 145
    Dr. Sukma Says:

    Hai Erick Ernawan,

    Dalam farmakologi,dikenal obat anti peptic ulcer/ tukak lambung antara lain Sucralfate.

    Aloevera melindungi mukosa lambung agar tidak terjadi luka/lecet akibat peningkatan asam lambung. Termasuk luka lecet atau tukak lambung yang sudah ada, akan terlindung juga dari iritasi asam lambung dan berkesempatan untuk menyembuhkan dirinya perlahan-lahan.

  7. 144
    erick ernawan Says:

    selamat siang dokter Sukma yang sabar dan baik hati…..

    dok saya mau bertanya apakah luka dilambung dapat di obati dengan obat ? (karena yg saya tahu dari sekian obat yg saya pernah makan nampaknya hanya mengendalikan asam lambung saja, lalu bagaimana dengan lukanya) apakah lambung dan usus mempunyai cara merecovery dengan alamiah?

    apabila mempunyai kemampuan tersebut, bila dikaitkan dengan khasiat alovera apakah dengan terlindungnya lambung oleh lendir aloevera dapat mempermudah proses recovery tersebut dok? terima kasih dok….

  8. 143
    Dr. Sukma Says:

    Hai Erick Ernawan,

    Iya betul. Aloevera dimakan begitu aja dengan lendirnya yang berkhasiat dan sebagai bahan pendingin dan moisturizer mukosa pencernaan.

    Demi kesehatan, berkorban dikit menelan yang kurang enak tidak apa2 khan. Yang penting dampaknya, man…

  9. 142
    erick ernawan Says:

    selamat siang dokter…

    dok saya mau tanya kalo makan aloevera sebaiknya lendirnya dibersihkan kemudian di rebus sebentar atau dimakan gitu aja apa adanya dengan sedikit berlendir dok…?

  10. 141
    Dr. Sukma Says:

    Hai Erick Ernawan,

    Aloevera nyaris TIDAK ADA efek sampingnya. Bisa dikonsumsi sebanyak dan sesering yang anda mau.

    Benar. Semua keluhan anda, KECUALI reflux dapat disembuhkan dan sudah tentu perlu waktu. BUKAN instant.
    So, keep on consuming aloevera..

    Bakteri HP setahu saya HANYA menyukai organ lambung dan duodenum. Belum pernah saya tahu diluar itu.

  11. 140
    Erick Ernawan Says:

    Yth dokter Sukma…terima kasih atas jawaban terdahulunya dok…
    mau nanya lagi dok, Alhamdulillah kemaren malam sama tadi pagi saya mulai mencona aloevera dicampur madu….luar biasa perut saya mulai stabil dok nyaris tidak ada reaksi…kalaupun ada frekwensinya jauh berkurang dok…pertanyaannya apakah dengan mengkonsumsi aloevera secara terus menerut tdk akan ada masalah…dan apakah aloevera dapat menyembuhkan persoalan penyakit perut saya diluar reflux dok….apakah bakteri Hp bisan menjalar ke organ selain lambung dok…terima kasih banyak dok….

  12. 139
    Dr. Sukma Says:

    hai Erick Ernawan,

    Sebelumnya saya mau koreksi bahwa TIDAK ADA kelep antara lambung dan jantung. Yang benar : kelep antara lambung dan esofagus/kerongkongan anda yang terbuka terus sehingga terjadi aliran balik asam lambung ke esofagus yang disebut REFLUX esofagitis.

    Kelep yang terbuka ini TIDAK mungkin disembuhkan dengan obat2an. Satu2nya terapi adalah operasi korektif, memperbaiki kelep yang tidak normal tersebut.

    Jadi semua keluhan anda disebabkan oleh adanya reflux, dan kemungkinan adanya tukak lambung dan tukak duodenum alias usus duabelas jari yang bila datang nyerinya terasa sampai ke punggung.

  13. 138
    Erick Ernawan Says:

    Hallo dok….salam kenal…
    saya erick dok, saya mau minta pendapat dok…tahun 2007 lalu saya sakit yang kata dr ahli gastro pd saat itu lambung saya luka, saya diberi obat racikan yg komposisinya sy tdk tau apa, akan tetapi selama 3 bln tdk ada perubahan yang signifikan, alhasil dr tsb menganjurkan utk endoskopi spy pasti, wkt itu sy menolak krn takut, akhirnya pertengahan tahun 2008 sy melakukan endoskopi dan hasilnya positif Hp, lalu sy diterapi 2 macam antibiotik berikut omeprasol selama 2 minggu, hasilnya tdk ada perubahan yg signifikan pula, lalu sy melakukan UBT utk meyakinkan Hp tsb sdh hilang, hasilnya negatif, yg jd masalah skrng dok…rasa panas perut sampai ke dada sebelah kiri dekat ketiak masih selalu ada, sakit diseputar perut dan agak kembung sampai ke pinggang kadang2 ke punggung msh ada saja dok (stiap hari terasa, kurang lebih 4 jam sekali), selain Hp hsl biopsi menyatakan bahwa klep antara lambung ke jantung ngebuka terus shg asam lambung naik keatas, terakhir sy diberi obat omeprazol dan acpulsif hanya 3 bln terakhir ini sdh tdk sy makan dok, melihat kondisi sy tsb sebaiknya apa yang harus sy lakukan dok? mohon tanggapannya dok…Terima Kasih …

  14. 137
    Dr. Sukma Says:

    Hai Igo,

    Tahun 2005 saya menghadiri konferensi medis di Porto, Portugal sekalian jalan ke perbatasan Portugis-Spanyol disebuah gereja yang sangat besar/ katedral diatas perbukitan dan terkenal. Namanya lupa, yang jelas di Jazirah Iberia.

    Keluhan yang anda tulis menurut saya adalah obstipasi alias sembelit. Feces mengeras, bisa karena stress, kurang makanan berserat dan kurang cairan.

    Warna feces agak kehitaman dipengaruhi oleh jenis makanan seperti coklat, baik permen maupun minuman cocoa.

    Bakteri HP TIDAK menimbulkan BAB warna kehitaman. Yang terjadi adalah mukosa lambung yang meradang hebat berwarna kemerahan disertai bengkak/ edem. Kuman HP TIDAK menimbulkan anemia.

  15. 136
    igo Says:

    maaf satu lagi pertanyaan saya apakah gastritis saya akibat bakteri diatas dan saya kemarin menganalisis darah saya kalau saya tidak ada anemia apakah bakteri diatas juga menyebabkan anemia dok

  16. 135
    igo Says:

    hello bu dokter…

    ibu pernah mengatakan kalau ibu pernah dispanyol kapan tuh bu dan tepatnya dimana…

    ibu saya mau bertanya..pagi ini bab saya hitam tapi ga terlalu itam malah hampir coklat dan saya tudak mengalami muntah darah…saya agak kesulitan melakukan bab karena terasa banget keras kering,,,selain itu saya mengalami gangguan tidur suka kaget bangun apakah ini pengaruih penyakit gastritis yang saya alami bu??? sempat ke dokter hari ini jika hitamnya legam harus di analisis tapi jika hitam kecoklat2an kemungkinan dari makanan dan hindari stress atau nervous…terus terang jawaban dari dokter saya agak tidak puas buktinya saya sekarang bangun kaget lalu di sertai demam dan terasa dingin dok…

    saya tunggu jawab ibu ,,,please

    terima kasih
    hormt saya
    igo

  17. 134
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lizzia,

    Kemungkinan besar disebabkan Varices Esofagus yang pecah dan menimbulkan perdarahan hebat muntah darah warna merah segar yang disebut hematemesis. Lalu ada sebagian darah yang tertelan masuk ke lambung dan akhirnya menimbulkan BAB warna kehitaman yang disebut melena.

    Pasien yang hematemesis dan melena, biasanya pada Hepatitis berat yang telah mengalami sirosis hati.

  18. 133
    lizzia Says:

    Yang terhormat, Dokter Sukma.

    Pagi dokter.. dok, bolehkan saya tahu penyebab apa yah yang bisa mengakbibatkan seseorang bisa muntah darah dan seketika langsung pingsan.. ketika ditanya dia tidak sadar bahwa telah muntah darah. sebelumnya kalau sedang buang air besar..berwarna hitam. saya sangat membutuhkan bantuan jawaban dan anjuran dari dokter karena saat ini kerabat ada yg sedang di opname di rumah sakit. sebelumnya terima kasih dokter. GBU

  19. 132
    Dr. Sukma Says:

    Hai Hermanjon,

    Semua obat sudah anda minum sampai operasi-pun sudah dilakoni. Saya hands off.

    Kecuali dengan menenangkan pikiran serta berpikir positif bahwa semua yang telah lalu memang harus anda jalani dalam hidup ini.

    Percayalah dibalik semua itu ada mukjizat dan happy ending yang kita belum tahu..

    Aloevera rasanya agak pahit. Kalau dijuice/blender akan berbusa dan warnanya coklat-kehitaman. Kemungkinan akan sangat sulit untuk bisa menelan dalam keadaan seperti itu.

    Bila anda TAHAN pahit, daging aloevera dikunyah begitu saja tanpa campuran apapun,untuk menghindari diare. Kemungkinan besar COCOK untuk anda, karena akan mendinginkan dan mengurangi asam lambung. Good luck..

  20. 131
    hermanjon Says:

    Dear, Dr Sukma

    selamat pagi Ibu,Herman kembali lagi. Terima kasih atas sarannya, luar biasa dizaman sekarang masih ada dokter yang care seperti ibu dan cepat tanggapannya, sedangkan dokter yang kita bayar aja sulit sekali untuk diajak konsultasi, Ibu Sukma ada yang mau saya tanyakan tentang aloevera, bolehkah seperti saya yg sudah operasi batu empedu mengkonsumsinya,apakah memakannya harus dipotong2? kalau dijuice dengan apel bagaimana, seandainya kita konsumsi dan terjadi buang2 air terus bagaimana selanjutnya? apakah tetap dilanjutkan? mengapa saya setelah operasi batu empedu masih sakit di lambung saya dan muntah2 asam lambung serta sering mulas dan diare? Terima kasih banyak atas perhatiannya

  21. 130
    Dr. Sukma Says:

    Hai Hermanjon,

    Kasus anda ibaratnya telah diacak-acak dari segi medis dan oleh para akhli dibidangnya masing-masing.

    Karena itu let me suggest you in another way.. Saya percaya apabila PIKIRAN/mental kita merasa SECURE and PEACEFULL, saya yakin apa yang anda keluhkan akan hilang dengan sendirinya.

    Jadi mulailah dengan latihan nafas panjang secara teratur setiap hari. Terserah dipagi hari atau malam menjelang tidur. Luangkan waktu setengah sampai satu jam untuk melakukan meditasi atau yoga.

    Dengan latihan itu, apabila gelombang pikiran sudah sampai pada gelombang alpha, disana anda akan merasakan betapa sunyi-senyapnya kondisi sekitar anda.

    Maka tinggallah anda dengan Sang Pencipta. Dan anda tinggal memohon kepadaNYA agar diberkati kesehatan yang prima dan memasrahkan penyelesaian masalah keluhan anda kepadaNYA. Dan pikiran andapun menjadi sangat enteng, TANPA BEBAN sama sekali…

    Maka, believe it or not secara PERLAHAN namun PASTI semua keluhan anda akan menghilang. Amien…

  22. 129
    andy Says:

    oh makasih dok :) info nya sangat membantu :)

  23. 128
    hermanjon Says:

    dear, Dr.sukma
    dengan hormat,
    ibu Dokter sukma saya herman usia 38 th pada bulan juni 2009 saya mengalami buang air kecil dan besar terasa pedih, oleh dokter yg menangani saya selama ini diberi antibiotik cyprofloxacin tetapi tambah parah dan sendawa2 terus dan diare(buang2 air rata2 3x sehari kadang lebih, sampai 1 bulan ganti2 obat antibiotik dan obat maag, akhirnya periksa darah lengkap dan usg serta endoscopy dari hasil lab ada batu empedu dan dyspepsia akhirnya saya ke prof dokter ahli bedah dan disarankan operasi laparaskopi, sebelumnya saya sudah diberi obat maag berbagai jenis seperti omz,vometa,dysflatyl dsb, gejala semakin parah akhirnya saya operasi laparaskopi tgl 25 bulan july 2009, tetapi setelah operasi prof,mengatakan tidak ada batu katanya infeksi kantong empedu akut, tetapi kenapa sampai sekarang saya tetap merasa mual2 dan kadang2 muntah asam lambung dan sering buang air besar rata lebih dari 3x sehari setiap saya tanyakan ke prof dan dokter saya dikatakan banyak pikiran padahal saya orangnya enjoy aja dan ikhlas apapun terhadap hidup,tetapi saya sangat terganggu dengan keluhan ini, saya sampai tidak percaya lagi mau pergi kedokter krn keluhan saya tidak hilang2, mohon saran ibu apa yang harus saya lakukan, terima kasih atas perhatian dari ibu sukma GBU

  24. 127
    Dr. Sukma Says:

    Hai penanya # 125,

    Bronkhitis adalah radang saluran nafas/bronkhus. Biasanya berdahak banyak dan bila tidak tuntas pengobatan akan menjadi bronkhiectasis dimana dinding bronkhus akan melebar membentuk gelembung yang dipenuhi dengan riak atau dahak-berlendir. Akibatnya sesak nafas luar biasa dan bentuk dada seperti bentuk tong (barrel chest).

    Agar cepat sembuh, berobat dan bersikap kooperatif terhadap obat yang diberikan dokter spesialis Paru. Obat biasanya terdiri atas pengencer dahak, antibiotika dan antibatuk. So, be a good patient..

  25. 126
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andy,

    Iya benar.Pendapat saya sakit maag anda sudah membaik, NAMUN tetaplah menjaga makanan dan minuman agar kondisi perbaikan itu bertambah terus, sehingga pulih 100%.

    Bila termakan makanan pedas tidak sengaja dan dalam jumlah kecil, it’s OK.

    Sebaiknya setelah pulih 100 % anda teruskan pantangan makan dan minum seperti saat terkena gastritis, ini justru akan SANGAT BAIK bagi kesehatan pencernaan anda seterusnya. Keep selecting your meal for your own shake.

Pages: « 14 … 9 8 7 [6] 5 4 3 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe