En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

HP 2HP 1HPSakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung.

Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ?

HP berbentuk seperti sosis dengan posisi agak melengkung, tampak dua kutub, salah satunya berflagella untuk pergerakan bakteri. Sifat HP sangat kompleks, dan boleh dikatakan mempunyai berbagai senjata, sehingga bisa ‘survive’ didalam lingkungan yang sangat asam dari lambung/ gaster/ maag.

Pertama, HP dapat merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi bersifat agak basa, sehingga dia bisa tinggal dan berkoloni dilapisan lendir mukosa lambung.

Kedua, dia mempunyai alat flagella, untuk membor mukosa lambung, sehingga bisa lebih mudah masuk kedalam dasar kripta/ cekungan mukosa dan menetap ditempat itu.

Ketiga, HP mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita untuk tidak mengenali dirinya sebagai benda asing/non-self, melainkan sebagai bagian organ jaringan lambung/self sehingga tidak dapat dikenali sebagai ‘invader’ atau penyusup yang harus diberantas oleh sel limfosit-T. Maka luputlah bakteri HP dari penyisiran sistem imun kita, karena HP tidak terdeteksi sebagai benda asing/non-self.

Ke-empat, HP bisa resisten terhadap terapi yang diberikan, dengan cara bakteri tersebut membuat zat anti terhadap bahan aktif anti-mikroba yang diberikan.

Dan banyak lagi senjata yang dimiliki HP, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh peradangan lambung oleh HP menjadi semakin kompleks. Terutama bila HP tidak terdeteksi, maka bakteri akan terus berkembang-biak meluas membentuk tukak lambung, displasia, adenoma dan akhirnya kanker lambung yang sangat ditakuti.

Dan semenjak ditemukan bakteri HP, maka paradigma bahwa ‘sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih’ telah bergeser menjadi ‘sakit maag disebabkan oleh infeksi/peradangan lambung oleh kuman HP’.

Sudah tentu akibat perubahan paradigma tersebut akan juga pasti mempengaruhi pengobatan sakit maag. Maka tidak mengherankan saat ini pasien gastritis akan diberikan antibiotika yang sesuai untuk HP, bila ternyata pada pemeriksaan biopsi endoskopi lambung pasien ditemukan HP positif.

Bagaimana seseorang tertular HP? Banyak cara dapat dilalui oleh bakteri HP untuk mencapai lambung dan menyebabkan peradangan/infeksi disana.

Pertama, anak-anak akan mewarisi HP dari ibunya/orang dewasa lain yang terinfeksi HP melalui makanan yang dikunyah dulu oleh ibu/orang dewasa lain , sebelum disuapkan ke mulut anak. Makanan yang terkontaminasi HP dari air ludah si ibu/ pemberi makanan yang sebelumnya dikunyah/mastikasi. Kebiasaan seperti ini sangat populer dan biasa dilakukan di Afrika dan berbagai daerah di Indonesia. Jalan penularan seperti ini disebut ‘oro-oral route’.

Seperti penyakit tifus dan cholera, HP dapat juga ditularkan lewat vektor yaitu lalat kotor yang hinggap difeces penderita, dan kemudian  hinggap pada makanan yang tidak tertutup dan  kita lahap sesudah itu.

 Bila tangan yang kotor terkontaminasi feces tidak dibersihkan dengan cermat, maka kotoran yang menempel akan masuk kedalam mulut, bila makan tidak menggunakan sendok alias makan dengan tangan.Cara penularan seperti ini disebut ‘feco-oral route’.

Disinilah pentingnya jamban tertutup dan WC yang  memenuhi syarat kesehatan serta hygiene kesehatan umum yang memadai, dengan menjaga lingkungan selalu bersih dan membiasakan menutup makanan diatas meja yang nanti akan dikonsumsi keluarga.

Tiga gambar pada artikel ini, ditengah kelenjar/kripta lambung dimana tampak beberapa HP dibagian tengah/lumen kelenjar. Gambar kiri dan kanan bila diperhatikan dengan cermat, tampak bakteri HP berbentuk cacing pendek kecil-kecil, diantara massa lendir mukosa lambung, dan berwarna pink-gelap..

Popularity: 25%

Posted Sunday, August 10th, 2008 at 3:50 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

345 Responses to “Helicobacter Pylori (HP), bakteri penyebab sakit maag. Bila tidak dibasmi tuntas, kanker lambung akibatnya”

  1. 1
    Dedy Says:

    halo dok, numpang nanya
    di perut saya ditemukan virus helicobacter pylori lg M
    apakah virus tersebut sangat berbahaya bagi lambung
    apakah upaya pencegahan supaya virus tersebut semakin berkurang?
    apa saja yang harus saya lakukan supaya virus tersebut hilang dari tubuh saya?
    terima kasih dok

  2. 2
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dedy,

    Pertanyaan anda terselip diantara banyak e-mail yang masuk. Maaf atas kejadian ini.

    OK. Saya jawab langsung : dari test IgM Helicobacter Pylori(HP) yang positif, berarti didalam tubuh anda, tepatnya di lambung terdapat KUMAN, bukan virus HP.Bentuknya seperti sosis, dengan kedua kutub yang agak bengkok. Salah satu kutub terdapat flagella, semacam alat untuk bergerak dan mengebor dinding lambung, sehingga posisinya aman dan kuat terhadap gerakan pencernaan. Lihat gambarnya pada artikel saya mengenai HP di atas (jawaban dan pertanyaan anda sudah dipindah ke halaman artikel ini -agar matching).

    Bila HP positif, obatnya adalah ANTIBIOTIKA yang KHUSUS buat HP. Untuk terapi ini, sebaiknya anda dituliskan resep oleh dokter Internist/ Spesialis Penyakit Dalam. Baca tuntas tulisan saya mengenai HP tsb, sehingga jelas segala sesuatunya tentang HP termasuk AKIBAT yang akan timbul bila eradikasi atau pengobatan HP tidak tuntas.

    Anjuran saya, sebaiknya banyak konsumsi antioxidant (apel, broccoli,dll) untuk mencegah terjadinya kanker lambung dan membantu penyembuhan penyakit.

  3. 3
    Dedy Says:

    makasih dokter buat jawabannya..
    buat saya sendiri makanan apa saja yah yang harus saya pantang?

    kalo soal brokoli, bukannya katanya brokoli itu mengandung asam dan tidak dianjurkan buat orang yang memiliki penyakit asam lambung?

    saya sudah mencoba meminim teh hijau baru-baru ini, karena saya search di internet banyak yang bilang teh hijau sangat bagus untuk membunuh kuman HP ini.
    tapi mengapa ya dok ketika sehabis saya minum teh hijau malah menyebabkan BAB terus menerus dan rasa mual di perut saya (seperti ada gas/asam lambung meningkat)

    makasih dok buat saran yang diberikan :)

  4. 4
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dedy,

    Teh hijau banyak manfaatnya, terutama terkenal sebagai pelangsing tubuh. Cara kerjanya antara lain dengan mengaktifkan gerakan usus/pencernaan, termasuk lambung. Jadi jelas anda sering BAB akibat gerakan usus/peristaltik yang semakin giat dan kuat. Akibat sampingnya adalah sekresi asam lambung juga meningkat. Maka anda merasakan mual,kembung seperti banyak gas didalam lambung.

    Manfaat teh hijau sebagai pembasmi HP, kemungkinan akibat peristaltik yang meningkat maka secara tidak langsung juga akan mengeluarkan kuman HP bersama feces. Tetapi ternyata HP sangat kuat cengkeramannya di dinding lambung (baca artikel ini) sehingga hanya sedikit HP yang terbawa keluar bersama feces.

    Yang baik dikonsumsi buat anda saat ini yaitu susu, makanan rebusan dan aloe vera.Cara makan yaitu sering-sering dalam porsi kecil (frequent small feeding atau fsf). Pantangannya : asam, pedas, santan, gorengan, soft drink, kopi, alkohol dan makanan mengandung ragi (tape). Hindari makan buah duren, nanas dan nangka..

    Mengenai brokoli, saya anjurkan dalam konteks sebagai antioksidan yang akan fight terhadap perubahan awal ke arah pertumbuhan kanker, termasuk kanker lambung (baca lengkap artikel ini). Brokoli bersifat asam-mungkin saja- karena saya belum tahu. Kita bicara disini dalam artian normal, artinya bukan ekstrim yaitu bila makan brokoli tidak terlalu banyak (sebagai sayuran) saya yakin tidak akan berdampak asam, seperti yang ditakutkan.

  5. 5
    muhammad fadhli Says:

    malam dok. . fadli mau nanya
    ada ya pengaruh radiasi pada hp ( hanphone )yg bs mengakibatkan kangker?

  6. 6
    sesi Says:

    dok tanya mungkinkah dengan penyakit ini kita bertahan hidup lebih lama?
    dan apa gejalanya

  7. 7
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sesi,

    Bila kuman HP tidak diberantas tuntas, maka radang berkepanjangan ini yang akan menjadi kanker lambung.Tidak semua penyakit maag disebabkan oleh kuman HP. Kita baru tahu ada HP atau tidak setelah dilakukan pemeriksaan biopsi endoskopi atau UBT (urea breath test).

    Bila hasil biopsi HP positif, maka segera harus diberikan obat antibiotika yang cocok untuk HP. Bila negatif, tidak perlu antibiotik dan terapi disesuaikan dengan keluhan/simptomatis.

    Antibiotika untuk HP khusus, dan lama pemberiannya juga melebihi pemberian antibiotika lain.

  8. 8
    Jeffry Says:

    Saya pecandu kopi sehari bisa 2 gelas besar, akhir akhir ini lambung saya bermasalah dgn gejala rasa mual, sesak nafas rasa yg timbul seperti kl hbs beraktifitas atau berolahraga. Saya mengonsumsi obat maag tp blm ada hasil. Diperut terasa penuh/kenyang tp tdk sakit/perih sama sekali, kira kira penyakit saya apa ya?. Trims

  9. 9
    Dr. Sukma Says:

    Halo Jeffry,

    Dulu saya juga pecandu kopi. ‘Something was missing when I’ve not had coffee’. Tetapi semenjak sakit maag, saya terpaksa harus stop kebiasaan itu. Saat maag saya kambuh, luar biasa sakit kepala yang saya rasakan. Rasanya kepala hampir terbelah disertai rasa kembung dan sebah. Semuanya menjadi tidak nyaman… Dan saya tidak bisa beraktivitas sampai gejala hebat itu hilang..

    Keluhan anda, seperti habis olahraga : sesak nafas, mual dan rasa penuh diperut- itu semua adalah gejala sakit maag, sudah pasti. Kopi akan merangsang adrenalin yang akan memicu detak jantung bertambah cepat, nafas cepat, tekanan darah meningkat, berkeringat, dan last but not least MERANGSANG SEKRESI ASAM LAMBUNG. Karena sifat cafein yang ADRENERGIK.

    Jadi, saran saya mulailah kurangi konsumsi kopi secara bertahap sehingga akhirnya bisa stop sama sekali. Semoga usaha anda berhasil.

  10. 10
    Leony Says:

    hai dok,

    salam kenal ya dok, saya mau nanya nh. Saya sudah lama menderita tukak lambung sudah 7 tahun kira2 dok.Sudah sering mengkonsumsi Losec, Nexium, OMZ, Pariet, dan sebagainya. Dulu saya pernah disentri 3x disertai dengan gejala tifus, cuma sudah disuntik antibiotik sama dokter, dan sudah dinyatakan sembuh. Kemarin ini, saya mengalami tukak lambung lagi disertai perut kembung, saat kembali ke dokter, saya diberi obat Impepsa, sama Pariet 20mg, tetapi keluhannya tidak hilang. Menurut dokter, apakah saya perlu enndoskopi? untuk mengetahui keberadaan virus HP atau tidak dok? atau cukup dengan terapi minum aloe vera dengan jus apel itu sudah cukup donk? mohon info, thanks.

  11. 11
    Dr. Sukma Says:

    Halo Leony,

    Karena tukak lambung anda sudah lama (7 tahun) dan masih kambuh, memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan endoskopi. Dari sana akan diketahui kondisi sebenarnya organ lambung anda. Andaikata ditemukan bakteri HP, seberapa berat peradangan itu?

    Tukak/ulkusnya seberapa parah? Adakah hal-hal yang mengkhawatirkan seperti ditemukannya gambaran displasia atau adenoma. Semua itu dapat dilihat oleh seorang dokter akhli PA dengan melihat dibawah mikroskop sediaan biopsi endoskopi yang dibuat oleh internist.

    Mengenai aloe vera dapat segera dikonsumsi sambil rencana endoskopi dipastikan. Dan sudah tentu untuk persiapan endoskopi, anda diharuskan puasa sebelum tindakan itu dilakukan.

  12. 12
    Leony Says:

    jadi saran dokter, saya sebaiknya melakukan endoskopi ya dok? terima kasih bt jawabannya dok. saya sudah mulai mengkonsumsi aloe vera, sejak 2 hari dok, dan gejala tukak lambung nya sudah menghilang.

  13. 13
    Mel Says:

    hasil pemeriksaan menunjukkan tidak normal. krn hsl normal menunjukkan negative, namun hsl yang didapatkan berupa angka. awalnya 1.03 kemudia lewat cek darah berikutnya hp tersebut nilainya menjadi 1.20..sampai nilai mencapai berapa dapat dikatakan terkena kanker lambung? terima kasih.

  14. 14
    Dr. Sukma Says:

    Hai Leony,

    Syukur gejala tukak lambung anda menghilang. Jaga terus kondisi lambung anda dengan menghindari makanan yang harus dipantang. And last but not least keep having aloe vera in your meal…

  15. 15
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mel,

    Saya belum pernah tahu indikator kanker lambung dengan melihat besaran angka HP didalam darah.
    Kanker dimanapun lokasinya dapat diketahui dari keluhan : badan tambah kurus, penderita merasa lemas yang makin lama makin berat, muka semakin pucat. Gejala khusus seperti : perdarahan dari lambung yang bisa berupa hematemesis/muntah darah. Atau buang air besar (BAB) kehitaman/melena.

  16. 16
    Mel Says:

    oh seperti itu ya? Namun oleh dokter saya, saya dianjurkan periksa darah di lab setiap kali saya mengecek kesehatan lagi, kalau saya sedang menderita keluhan di lambung saya. Saya kadang merasa perih yang luar biasa pada lambung saya, dokter telah memberikan obat berupa cliad, galflux, fixiphar, protop, dan gastrinal. Sebelumnya saya diberikan resep yang sama hanya tanpa fixiphar dan gastrinal namun suspensi lain. Saya sudah minum obat dan makan teratur, namun yang seperti saya tulis yg lalu, hsl malah naik angkanya, di kertas pengantar lab diceklist pd bagian IgM-yg harus jalani cek darahnya. BAB pun sekarang menjadi lebih sering dalam satu hari. Tubuh saya memang sdh kurus, yah sejak sakit memang terasa lemas, namun saya khawatir kanker lambung itu terjadi pd saya. Padahal sebentar lagi ujian. Namun kata dokter, ada faktor pikiran yg juga mungkin memperburuk kesehatan saya..

  17. 17
    andi amnur Says:

    Dok, Saya Laki-laki, 48 tahun.Awal Desember 2008 Saya mengalami penyakit pada perut, mual dan muntah,(sebelumnya saya makan ikan bakar dan cah kangkung) berkeringat dingin. Saya ke dokter (umum) dan dianjurkan untuk test widal, ternyata hasilnya 1/160 dan trombosit 169.000 dan diindikasi oleh dokter Typust,atau demamberdarah. Saya diberi antibiotik dan anti virus serta obat kembung, dan dianjurkan besoknya utk cek trobosit kembali. Malam nya saya kembali berkeringat dingin, dan saya ke UGD, dan siang nya cek trobosit hasilnya 189.000. Karena perutnya begitu tidak nyaman, dan pusing saya disarankan untuk diopname. Dokter Internis mendiagnosa saya Dyspepsia dan 5 hari saya diperbolehkan pulang, dan diberi obat Vermeta, SanMag dan Pumpitor. Gejalanya sudah agak ringan, tapi walaupun obat tersebut sudah habis namun gejala kembung dan perut berbunyi-bunyi, kadang-kadang berkeringat (telapak tangan dan telapak kaki) Tidur tidak nyenyak.
    Mohon saran dokter
    Terima kasih

  18. 18
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andi Amnur,

    Memang benar anda menderita dyspepsia, gangguan pencernaan. Setelah obat2 yg diberikan habis, kini tinggal rasa kembung dan perut berbunyi. Saya pikir anda patut mencoba aloevera, seperti yang tertulis didalam artikel ‘Bagaimana agar terbebas…dst’yang menjadi the most popular post di blog saya ini.

  19. 19
    then Says:

    hallo dok,
    udah dua hari ini saya sakit perut, jadi ceritanya gini, sore hari saya dan teman saya minum kopi sambil nongkrong, kemudian malam nya makan nasi goreng, eh pas siang nya terasa sakit, buang air besar lansung mencret, waktu itu saya beli obat sakit perut aja, dan perutku udah ga sakit lagi, tapi malamnya nya kambuh lagi, tersiksa kali malam itu, besok aku baru ke dokter, dan saya di kasih obat dan sakit udah jadi mendingan, tapi makan yang susah, perut slalu menolak kalo diisi nasi, jadi aku makan roti aja,
    Kenapa ya dok perut slalu bunyi-bunyi terus, apakah pencernaan saya ga lancar, atau ini gejala sakit maag..

  20. 20
    Dr. Sukma Says:

    Halo Then,

    Dari apa yang anda tulis, sepertinya anda kena sakit maag. Untuk sementara minum kopi, soft drink, makan nasi goreng dan segala macam gorengan, santan dan buah yang rasanya asam distop dulu. Juga nangka, durian dacn nenas hindari buah tersebut.

    Baca tuntas artikel ini, Insya Allah lambung anda akan baik dan normal kembali.

  21. 21
    Herman Says:

    Halo Dok,

    saya mau tanya setelah di endoskopi dan UBT, ternyata HP saya negatip. Tapi setelah di cek darah IgM HP ternyata positip.

    Jadi sebenarnya saya kena kuman HP atau tidak yach? saya jadi bingung? mohon penjelasannya

    Apa yg harus saya banyak makan dan minum dok supaya lekas sembuh?

    Thanks

  22. 22
    Dr. Sukma Says:

    Hai Herman,

    Lebih baik dianggap positif HP dan diobati. Karena toh tidak ada efek samping minum antibiotika khusus HP. Kenapa saya katakan begitu, karena IgM HP dalam darah anda positif. At least pernah terjadi infeksi HP yang kebetulan tidak terdeteksi pada biopsi endoskopi.

    Pada biopsi endoskopi dari pengalaman saya, kuman HP keberadaannya bersifat ‘patchy’, artinya pada satu kelenjar dan kripta tampak positif banyak, padahal kelenjar paling dekat disebelahnya tampak bersih, tanpa kuman HP. Bila kebetulan sampel yang terambil pada biopsi endoskopi tidak tampak HP, belum tentu penderita bebas HP. Jadi wiser, bila terapi aja HP tsb.

    Kunjungi internist, bawa hasil lab IgM HP yang positif. Nanti akan dituliskan resep untuk anda, pembasmi HP.

  23. 23
    fakhri Says:

    Halo Dok,
    Saya sakit di bawah ulu hati uda lama, skrg plus kepala pusing kayak mau jatuh g imbang. kayak mau pingsan gitu. dada panas sesak. Tahun 2004 pernah diendoskopi, hasilnya g ada luka tapi menurut dokter nya banyak gelembung2. Tolong kasi tau dok, Biopsi cara pemeriksaanya gmn ? kalo menrut dokter penyakit saya apa ?
    Trimakasih dok

  24. 24
    dedy Says:

    mel & herman :
    sory agak nimbrung sedikit dan berbagi pengalaman.
    saya sudah divonis dokter menderita helicobacter selama 6 bulan dengan test darah….
    begitu share ke orang-orang pada bingung penyakit ginian sampe makan obat lebih dari 6 bulanan gak bae2. padahal makan pantang, minum obat dan makan teratur, namun yang hasil malah naik angkanya, bab-pun sudah lebih lancar daripada kemarin.

    atas anjuran para keluarga saya pindah ke dokter lain, yang merupakan dokter luar negeri (dari prancis)
    si dokter malah marah balik ke gua diblg masa makanin obat mulu selama 6 bulan gak bae2? kalau mau tau ada helicobacter mah bkn di test darah tapi langsung endoskopi.

    karena saran dokter jadi g putuskan untuk endoskopi.
    setelah endoskopi puji Tuhan ternyata sama sekali gak ada luka di lambung ataupun kuman helicobacter positif yang ada saya cm divonis sakit maag biasa dan asam lambung saya tinggi karena keseringan makan bakmi.

    gua tanya dokter kenapa dalam darah diblg ada kuman helicobacter-nya. dia blg KITA (dokter2 dari EROPA) sudah membuktikan berbagai macam test (test darah,urea,nafas) namun yang paling akurat yah endoskopi.

    karena kuman helicobacter itu adanya di lambung seringkali orang terkecoh antara gejala helicobacter dengan penyakit asam lambung biasa (gastiris/maag), masa orang sakit di lambung testnya di darah? n penggunaan antibiotika untuk yang positif helicobacter cm perlu diberi 1-2 minggu setelah itu terapi penyembuhan dengan obat2 non antibiotika….karena kalau makan antibiotik kebanyakan flora dan kekebalan tubuh seseorang akan terus menurun.

    puji Tuhan sekarang saya bebas dari vonis helicobacter dan sedang menjalani terapi untuk asam lambung biasa.

    buat mel dan herman : jangan percaya pada 1-2 dokter…coba periksa ke lain dokter karena setiap dokter jelas kepintaran dan pengetahuan mereka berbeda.
    kan banyak tuh kasus malapraktek di indo.
    hampir aja gua jd korban malapraktek seorang dokter yang prakteknya di daerah jakarta barat (gila makanin obat 6 bulan,test darah tiap 2 minggu tp ternyata gua gak sakit apa2).

    intinya asam lambung naik dari pikiran,stress,pola gaya hidup, dll
    kalau kita stress,makan tidur gak teratur terus asam lambung bisa berubah jadi kuman helicobacter.
    so gak blh stress2…nikmatin aja hidup.

  25. 25
    Herman Says:

    Halo Pak Dedy,

    Saya udah tes darah lagi nih yg ke 2x dan hasilya masih positif H.pylori

    Apa saya boleh minta alamat dokter perancis itu gak? tlg email ke herm4n@gmail.com yach pak. Saya sangat membutuhkannya…

  26. 26
    dedy Says:

    jangan test darah, test darah itu test yg paling gak akurat
    mendingan langsung endoskopi aja. dilihat langsung lambungnya ada polip apa kaga.

    btw herman ini sama gak dengan herman yang PM saya di kaskus? kalau sama
    alamatnya udah saya tulis di kaskus.

  27. 27
    dedy Says:

    Herman : kalau sudah di endoskopi dan di UBT hasilnya negatif ngapain dipusingin? jangan dipikirin
    semakin stress tar kumannya malah bikin lambung bolong

  28. 28
    fie Says:

    dok saya mau bertanya,perut saya sakit setiap selesai makan,ditambah rasa mual.memang sebelumnya badan saya demam tinggi,tapi sekarang sudah tidak demam lagi.tapi rasa mual dan sakit diperut belum hilang-hilang juga.apakh dokter bisa memberi tau saya penyakit apa yg saya derita?bgm cara agar saya bisa sembuh.Terima Kasih Dok.GBU

  29. 29
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fie,

    Kesimpulan saya anda kemungkinan ,menderita demam tifoid (typhoid fever). Ini baru ketahuan, setelah dilakukan pemeriksaan darah Widal test. Saat ini ada Rapid Widal, sehingga hasilnya cepat diketahui dan tidak menunggu lebih seminggu malah sampai 2-3 minggu pada Widal konvensional.

    Segeralah kunjungi dokter penyakit dalam. Sementara itu sebaiknya anda makan bubur atau makanan lunak lain. Karena bila benar demam tifoid, biasanya terjadi luka-luka kecil semacam sariawan disepanjang usus anda yang akan bertambah parah bila anda makan nasi biasa.

  30. 30
    henny Says:

    halo pak Dedy salam kenal, boleh tau dokternya prakteknya dimana ? dan alamatnya ?

    japri aja ke henny100987@gmail.com

    Terimakasih

  31. 31
    Nella setiawati Says:

    Slmt siang dok, sy ingin berkonsultasi dgn apa yg prnah sy alami. sy prnah sakit maag yg sngt amat dan prnah muntah darah. sy periksa ke lab dan hsil HP nya tdk nampak. apakah itu sdh termasuk pnderita HP atau tudak, mhon sulosinya..

  32. 32
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nella,

    Bila sampai muntah darah, sepertinya cukup berat juga. Sedangkan HP tidak selalu gampang ditemukan. Dari berbagai cara identifikasi HP, terbaik dan terpercaya bila ditemukan pada sediaan biopsi endoskopi.

    Jadi kemungkinan ada HP dan tidak pada lambung anda chancenya sama, yaitu fifty-fifty.

  33. 33
    githasalmah Says:

    Dok,saya udah lama sakit maag dan keadaannya makin lama makin parah.Tapi dokter d RS yg biasa menangani penyakit saya gak pernah menyinggung masalah kemungkinan terinfeksi H.pylori sedikitpun,saya malah tau ttg bakteri ini dr dosen saya.Mungkinkah saya terinfeksi? Tes ap yg harus dilakukan untk mengetahui apakah saya terinfeksi H.pylori? Thanks dok!

  34. 34
    Dr. Sukma Says:

    Halo Githasalmah,

    Ada beberapa test untuk deteksi bakteri HP, a.l.:
    test serologis, Urea Breath Test (UBT) dan biopsi endoskopi. Dari ketiganya yang paling dipercaya adalah pem. endoskopi oleh dokter internist yang berpengalaman dibidang endoskopi.

  35. 35
    indra Says:

    Dok, saya sudah 1 tahun lebih sakit maag dan disertai dengan cemas sampai sekarang masih belum sembuh apa lagi cemasnya kalau lg kambuh saya sampai merasa badan saya lemas sebelah seperti mau jatuh sangking lemasnya, muka panas terus saya suka kepikiran penyakit macem2 karena rasa cemasnya sepertui darah tyinggi,jantung n stroke. yang saya mau tanya bagaimana cara mengatasinya dok sedangkan kalau saya sedang kambuh saya minum gastrinal dulu manjur tapi sekarang kayanya ga manjur jadi apa yang mesti sya perbuat dok untuk mengatasi itu semua. sebelumnya saya ucapkan terima kasih dok.

  36. 36
    Dr. Sukma Says:

    Halo Indra,

    Sebaiknya konsultasi ke Psikolog untuk rasa cemas anda yang berlarut-larut. Bila kecemasan anda sudah dapat diatasi, niscaya gangguan lambung anda akan hilang dengan sendirinya.

  37. 37
    andrea Says:

    dok saya 21thn,saya ga tahu penyebabnya kenapa?!
    sudah 3hari saya buang air besar lbih dari 5 kali sehari dan fesesnya cair terus perut terasa mual dan sering sendawa panjang dan bunyi serta badan terasa lemas. . .
    kira kira saya kenapa dan harus bagaimana?!
    terima kasih

  38. 38
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andrea,

    Anda salah makan, yaitu mengkonsumsi makanan yang tercemar bakteri. Gejalanya seperti diare akibat cholera.

    Jadi sebaiknya minum oralit atau air garam-gula untuk menegembalikan elektrolit yang hilang bersama feces yang menyebakan anda sangat lemah. Usahakan banyak minum, kalau bisa minum sesuai dengan jumlah cairan yang keluar bersama feces. Bila lapar, makan bubur kecap, TANPA sayur dan daging atau lauk. Karena usus anda sedang bermasalah.
    Bila gejala berlanjut , kunjungi dokter.

  39. 39
    archi Says:

    slm kenal dok, 1 minggu ini saya merasa sesak u/ bernafas, sepertinya udara itu tidak masuk semua ke paru2 saya dan di ulu hati terasa kembung dan jika makan/minum tenggorokan ini seperti terganjal, sy perokok, kopi sdh sy kurangi, penyakit apakah yg saya derita? n gmn jalan keluarnya (cara mengobatinya)? trims

  40. 40
    b@yu Says:

    jadi HP itu begitu ya cara kerjanya, dulu kan saya pernah tipes, terus kata dokternya maag saya juga ikut kena, saya bingung dok, bukannya tipes itu di usus bukan di lambung????

  41. 41
    Dr. Sukma Says:

    Halo Archi,

    Sebaiknya merokok dihentikan secara bertahap. Sebab nikotin dalam rokok sudah terbukti MERUGIKAN kesehatan tubuh, terutama paru2. Itulah sedbabnya anda merasa sesak dan udara tidak masuk keseluruh bagian paru anda.

    Dugaan saya anda juga menderita gastritis/ sakit maag. Dan ini ada kaitannya dengan kebiasaan merokok anda. I bet you have a lot of problems those make you stressful.

    Bagaimana kalau anda berkonsultasi dengan psikolog untuk problema yang memenuhi benak pikiran anda? Dengan pikiran yang tenang saya yakin semua keluhan yang anda tulis itu akan sirna.

  42. 42
    Dr. Sukma Says:

    Halo Bayu,

    Penyakit tifus (demam tifoid) biasanya mengenai SELURUH pencernaan, mulai dari rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil dan usus besar serta anus.

    Kuman Salmonella Tifosa mengeluarkan toksin yang membuat luka-luka kecil semacam sariawan di sepanjang organ cerna yang tersebut diatas.

  43. 43
    Gunawan Says:

    Hallo dok, saya mau tanya2 nih, sekitar sebulan yg lalu menurut dokter saya kena Thypes (dari hasil cek darah Widal Salmonella Thypi H : 1/320, Salmonella Thypi O : 1/320) waktu itu dikasih obat (Jatah ASKES Ranitidin, Amoxilin sama obat2 apa gitu gak ada bungkusnya) keluhannya saat itu perut mual/kembung/perih terutama pagi sebelum dan sesudah sarapan, badan terasa kedinginan (tidak menggigil setelah cek malaria neg) dan badan lesu.
    Empat hari kemudian saya cek darah lagi hasilnya Salmonella Thypi H : 1/80, Salmonella Thypi O : 1/320
    dikasih lagi obat jatah askes tadi.

    Karena setelah brp hari masih gak ada perubahan saya ke dokter luar (bukan luar negeri :D bayar maksudnya gak pake ASKES) dikasih obat Sanmag, Loprezol(Lansoprazole) sama Thyampenicol (kalo gak salah yah) semua obatnya saya habiskan. Setelah brp hari saya sudah merasa enak, tapi saya coba cek darah lagi lho….ko’ naik lagi Salmonella Thypi H : 1/160, Salmonella Thypi O : 1/320, saya laporan lagi sama dokter luar tadi trus saya tanya ko’ bisa naik lagi apa tes darahnya sdh akurat nih dok ? katanya sih seharusnya akurat tapi tergantung jg dari SDM dan peralatannya. Akhirnya saya dikasih obat Sanmag & Dexaflox. Setelah obat habis badan saya terasa sdh lebih fit.

    Tapi perut saya masih terasa kurang enak sedikit mual/kembung/perih, ke dokter lagi dikasih Sanmag, Loprezol(Lansoprazole) sama antibiotik tapi yg Herba karena kalo kebanyakan antibiotik gak bagus juga kata dokternya.

    Tapi sekarang -+ dua minggu setelah obatnya habis perut saya mulai lagi nih kembung/mual/perih terutama pagi sebelum/sesudah sarapan gak enak bgt, tapi saya paksain utk sarapan walaupun cuma minum susu + makan apa aja biar sedikit yg penting masuk.
    Tadi saya ke dokter lagi (kali ini pake ASKES) trus dapet obat Kimoxil(Amoxicilin), Laprotan (Lansoprazole) + Sirop Antasida. Saya bilang juga ke dokter kalo pinggang saya/perut belakang terasa gak enak/sakit, tapi sakitnya gak terus2an. Cuma terasa kalo saya ada diposisi tertentu atau pas lagi jalan/lagi naik motor lewat jalan yg belubang. Trus katanya harus minum yg banyak karena obat Mag itu pengaruhnya ke ginjal (waduh saya jadi takut minum obat itu jadinya). Mohon nasihatnya apakah saya terus minum obat tsb atau tidak dan apakah saya masih butuh antibiotik ? saya takut ginjal saya kenapa2 nih. Kalo tidak, apakah ada obat mag yg tidak berpengaruh ke ginjal ??

    Sekitar bulan Des 2008 saya juga pernah ke dokter Spesialis Radiologi dg keluhan mual juga plus pinggang terasa pegal/linu, dari hasil USG & Rontgen tidak ada gejala batu di ginjal, empedu & kandung kemih.
    Hasilnya juga saya bawa ke dokter luar tadi, katanya memang tidak ada batunya tapi ruas tulang belakang saya ada yg menyempit sehingga agak menekan syaraf, itu juga yg membikin pinggang sering terasa pegal. Saya disarankan utk tidur dikasur yg tidak empuk.

    Atas saran/masukan/nasihat & informasinya saya ucapkan terima kasih (ma’af dok kalo ceritanya panjang bgt :D )

  44. 44
    Lala Says:

    Hallo dok, saya mau tanya dong, waktu itu kan saya pernah tes lab IGM Helibacter dan hasilnya positif, sudah melakukan pengobatan dengan amoxicilin,clarythomicin, dan omeprazol. Sekarang sudah negatif, cuman saya mau tanya kemungkinan kena lagi bisa? Dan makanan apa yg jadi penyebab terkena penyakit tersebut.

    Walaupun hasilnya sudah bagus tapi kenapa ya maag saya terkadang suka sakit, pedahal saya tidak pernah makan makanan yg pedas2, terkadang suka mual2 juga.

    terima kasih~

  45. 45
    hafiz Says:

    dok, mau tanya nih.. apakah asam lambung atau dispepsia bisa bepengaruh ke kepala. ini sya tanyakan karena saya sering (bahkan setiap hari) merasakan seperti melayang-layang atau mengawang-ngawang. saya sdh periksa darah dan hasilnya negatif. mohon jawabannya, dok. trmksh.

  46. 46
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lala,

    Meski sudah dinyatakan sembuh dari infeksi HP, tidak ada jaminan anda akan terus sembuh selamanya.

    Bisa kambuh lagi, bila terpapar lagi kuman HP melalui : ciuman dengan penderita HP, makanan tercemar muntahan atau dihinggapi lalat yang sebelumnya hinggap pada feces terkontaminasi HP, dll. Cara penularan persis sama dengan cara penularan diare atau cholera.

    Agak susah memang mempertahankan kondisi lambung yang normal. Selain pantangan yang dilanggar, adanya sisa kuman HP yang tidak terdeteksi juga turut berperan.

  47. 47
    Ennie Says:

    Dok, anak saya pos helicobacter 1,36 . Dia sudah diberi pengobatan 2 macam antibiotik dan satu obat losec. Tetapi kenapa gejala mual tiba2 masih sering terjadi tidak bisa sembuh total. Apakah helicobacter pada anak2 jg susah disembuhkan? Apakah perlu dilakukan pengobatan minum antibiotik jenis lain lagi dr yg pertama agar bisa sembuh total? Thanks.

  48. 48
    FEBRI Says:

    hallo dok..
    saya mau tanya..saya sering pusing..lemah..letih..loyo..dsb..pinggang dan perut saya seperti di ikat dok..yg saya heran penyakit nya hilang2 timbul..kadang bdan saya enak rasanya..tapi..nnti dah ga enak pula rasanya dok..kenapa tu dok??tolong yh dok..udah 2 x k dokter..2 x ber urut..tp ga sembuh2 jg..

  49. 49
    Sundi Says:

    Hallo Dok,
    Saya udah lama menderita sakit maag (tahunan), kadang-kadang kalau lagi kambuh, sakit pada bagian ulu hati. Dan sering mengalami sakit kepala biasanya kalau makan makanan mengandung MSG, dan untuk menghilangkan sakit kepala terpaksa harus minum obat penahan rasa sakit, belakangan ini hampir tiap hari dan makin hari makin parah, sampai muntah2 walaupun sudah tidak pakai MSG. Apakah ini karena kelebihan asam lambung yg menyebabkan sakit kepala tersebut ? atau ada gejala bakteri HP tersebut, bagaimana cara mengatasinya dok ? walaupun sudah berkali-kali ke Dokter selalu diberikan obat maag (librax, nexium dll), tetapi sakit kepala tersebut tidak hilang juga. Saya juga tidak minum kopi, teh, merokok maupun alkohol sekalipun. Sekarang ini tiap pagi saya minum jus apel dicampur beetroot. Terima kasih Dok, atas waktunya.

  50. 50
    amanda idr Says:

    Yth. Dokter Sukma,

    Apakah bakteri ini bisa diobati dengan mengkonsumsi obat tertentu? Obat apakah yang bisa menangani bakteri ini?
    Apakah bisa, bakteri ini hilang sepenuhnya dari lambung?
    Sekian, Terimakasih.

  51. 51
    Dr. Sukma Says:

    Hallo Amanda,

    Internist akan membuat resep 3 macam obat anti-HP yang harus diminum sampai habis. Bila setelah terapi satu siklus keluhan masih ada, biasanya akan diberikan satu siklus lagi.

    Bila obat diminum teratur dan sesuai dengan petunjuk dokter, SEHARUSNYA bakteri HP dapat di ERADIKASI. Namun bila terjadi RE-INFEKSI, maka HP akan ada lagi dilambung .

    Kalau perlu akan dilakukan pemeriksaan ulang endoskopi untuk memastikan masih ada atau sudah terbasmi habis bakteri HP.

  52. 52
    rhiry Says:

    dok, klu gejala yang dirasa itu antara lain, perih pada lambung, nyeri di ulu hati, dan rasa pegel d tulang pungung yang disertai dengan kembung serta muntah dan mual klu sehabis makan gmn dok? kemaren saya pernah cek up dan hasilnya positif klu d lambung saya ada bakteri h.pilory cm dokter itu belum memfonis apa pun sama saya. klu menurut dokter saya menderita sakit apa? mohon balasannya ya dok. terimakasih…

  53. 53
    rini Says:

    mau tanya dok saya rini ini saya sehabis sakit tifus,haid saya ga keluar keluar malah keputihan banyak sekali,yang mau saya tanyain apakakah itu akibat akibat tifus jadi saya ga dapat haid? mohan penjelasan dari doktor

  54. 54
    aone Says:

    setelah saya melihat gejala gejala yang dihadapi pasien terinfeksi HP , sepertinya saya juga terinfeksi bakteri ini. Apakah dengan meminum exkstrak kunyit juga bisa menyembuhkan dok ?

  55. 55
    hana Says:

    anak saya kena helicobacter pylori.tes darah positif 1,97%.Sudah diobati dgn antibiotik selama 1 bln. hasil tes kotoran terakhir sudah negatif untuk bakterinya.kenapa sudah 3mbln ini masih terasa sakit.sudah dibawa ke psikiater, analisanya karena cemas.apakah perlu untuk diperiksa dalam.terima kasih.

  56. 56
    hesty Says:

    halo dok …
    saya mau tanya, beberapa minggu kemaren saya telah melakukan endoskopi, karena sebelumnya saya sering mengalami sakit hulu hati sampai kadang sesak di dada (rasa nyeri tersebut tidak tiap hari). hasil dari endos tersebut tidak ditemukan kelainan tetapi hanya ada goresan di lambung, merah dan cairan gleser empadu yang naik.
    yang ingin saya tanyakan, kenapa setelah dilakukan endoskopi saya merasa penyakit saya bertambah parah, karena saya mengalami perih hulu hati selama seminggu (tiap hari) setelah makan, dan apabila berdiri.
    saat ini saya jadi ketergantungan obat maag (yang semula tidak), karena apabila tidak dimakan obatnya, hulu hati saya terasa sakit sekali, bahkan saat ini apabila saya menunduk hulu hati saya juga sakit.

    terima kasih dok sebelumnya

  57. 57
    Henny Jahja Says:

    Dokter sebelumnya saya ucapakan terima kasih ,atas pertanyaan saya ,tgl 20 May saya endorscope ternyata Helicobacter saya sdh sembuh ,tapi tgl 9 Juni di check ulang ternyata msh 1,6 ,jadi binggung docter sayanya ,kenapa bisa begitu?

  58. 58
    Dr. Sukma Says:

    Halo Henny Jahja,

    Kemungkinan itu bisa saja terjadi. Terutama bila diperiksa di dua laboratorium berbeda. Sumber kesalahan banyak, antara lain : human error, kesalahan alat, kalibrasi alat yang seharusnya sudah diulang, dst. Jadi JANGAN telalu terpaku dengan dua hasil lab yang berbeda.

    Yang penting ada tidak keluhan anda pada saat ini. Bila tidak, sebaiknya LUPAKAN saja hasil lab yang positif.

  59. 59
    siti Says:

    Hi dok…

    salam kenal,
    saya baru prtama kali baca blog dokter..dan teratarik nih tuk ikutan tanya2. :) )

    Dok,

    problem saya dari dulu adalah sering puppy alias buang air besar.
    dalam sehari bisa 2-3 kali, dg kondisi feses yg ga mencret,dan bukan karena abis makan makanan pedes, ato bumbu kacang.
    sehingga saya bingung apa yg menyebabkanya???

    satu sisi, saya juga sering terkena mencret dg penyebab yg jelas yakni ketika saya abis makan makanan yg pedes.
    tuk kasus ini, saya ga bingung..karena suatu hal yg normal kan dok.

    saya pernah baca, katanya ada kemungkinan bakteri pencerna dalm perut mungkin ga normal, jadi sering puppy..sehingga nutrisi yg terserap tubuh amat dikit.

    sbg keterangan, saya adalah cewe, 23 tahun, brat 38kg, tinggi 150cm.

    mudah2 an email ini terbaca dokter, dan saya dapet pencerahan dari bu dokter. :) )

    trimakasih dokter.

  60. 60
    Dr. Sukma Says:

    Hai Siti,

    Salam kenal juga.
    BAB lebih dari satu kali sehari memang tidak normal. Kemungkinan hypermetabolic,sehingga begitu cepat makanan sudah menjadi feces dan dikeluarkan dari tubuh.Akibatnya tidak cukup waktu bagi usus halus untuk meresorpsi nutrisi yangn masuk. No wonder, BB anda hanya 38 kg pada usia 23 tahun ini.

    Sebaiknya kunjungi dokter penyakit dalam,adakah kelainan pada kelenjar tiroid anda, sehingga terjadi hypermetabolic tsb. Biasanya akan disertai pemeriksaan lab yang mengacu kepada fungsi tiroid.

    Mengenai bakteri didalam usus,bila begitu seharusnya ada tanda peradangan seperti : badan panas, perut sakit atau mules, dst.

  61. 61
    kamal Says:

    Hal dok. Sy ini pusing melihat istri sy yg selalu memgelu, trus sakit mag disertai sakit kepala di belakang. Sdh sering kedokter di beri obat tapi tdk sembuh sdh 2 bulan. Sdh 3kali di infus. Kira2 obat apa lg dok di minum. Perna minum obat cina tpi nihil

  62. 62
    batugara Says:

    Maaf Bu, ternnyata bukan pak Dokter tapi Ibu Dokter,
    Saya positive mempunyai helicobacter pylori.
    Pertanyaan saya dimana saya bisa mengobatinya? apa sudah ada dokter spesialis atau rumah sakit di Jakarta yang bisa menanganinya?
    Terima ksih banyak sebelumnya,
    Wassalam
    Batugara

  63. 63
    Dr. Sukma Says:

    Halo Batugara,

    Di Jakarta hampir setiap internist sudah bisa mengobati radang akibat HP. Di RSCM, RSPP, RSPAD dan hampir semua RS besar sudah mempunyai fasilitas endoskopi.

  64. 64
    Wulan Says:

    Dok. . . .saya penderita sakit maag.waktu kambuh saya merasa sesak nafas.gimana cara sembuhinya ya dok?mksih

  65. 65
    oscar prasetio Says:

    malam bu Dokter,saya mau tanya ni saya kan sakit maag kronis, saya konsumsi lidah buaya dan membaik yang mau saya tanya biasanya saya langsung makan dagingnya,tapi tadi saya coba blender dan jadinya satu gelas, boleh berapa lama ya saya simpan di kulkas?karena ssaya ngga kuat habiskan semuanya,pahit terima kasih ya dok atas infonya.

  66. 66
    Dr. Sukma Says:

    Halo Wulan,

    Tidak ada obat yang instant, begitu diminum langsung sembuh. Jadi saran saya : TENANGKAN pikiran. Berusaha menarik nafa panjang dan dalam.

    Pikiran yang tenang praktis akan MENURUNKAN sekresi asam lambung yang sebelumnya berlebihan..

    Lakukan dengan sungguh-sungguh.Semoga berhasil…

  67. 67
    Dr. Sukma Says:

    Halo Kamal,

    Sakit kepala dibagian belakang disertai sakit maag. Perkiraan saya, istri anda bertekanan darah tinggi dan berkepribadian A. Yaitu seseorang yang ambisius, maunya serba sempurna, berkemauan keras, pekerja keras, dst.

    Selain ke dokter internist,coba periksakan ke psikolog.

  68. 68
    antoni Says:

    dr sukma, saya mau tanya obat yg mujarap untuk RANDANG LAMBUNG KRONIS. ini hasil indeskopi. mohon bantuannya. terima kasih.

  69. 69
    Dr. Sukma Says:

    Hai Antoni,

    Setahu saya obat sakit maag kronis biasanya bagus atau mujarab hanya pada awalnya saja. Setelah diulang berkali-kali kemanjurannya berkurang dan akhirnya tidak mempan lagi alias RESISTEN.

    Cobalah aloevera, meski rasa agak pahit namun khasiatnya dahsyat. You better try it..

  70. 70
    Yenni Says:

    Bu Dr, setiap habis makan besar 2 jam kemudian perut saya perih,perih seperti lapar, apakah ini indikasi maag? Trima kasih..

  71. 71
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yenni,

    Itu gejala awal dari sakit maag. Makan harus teratur dengan porsi yang sedang . Makan dengan porsi BESAR cenderung akan merangsang pengeluaran asam lambung yang berlebih. Inilah awal terjadinya sakit maag.

    Mulai sekarang lebih baik anda makan teratur, setiap 4 jam sekali sesuai pengosongan lambung. Porsi sedang saja untuk meregulasi sekresi asam lambung, OK.

  72. 72
    deti Says:

    Bu Dokter, salam kenal..
    setelah sekitar satu minggu lebih rasa anyang-anyangan blm hilang.. kemudian demam selama seminggu yg naik turun suhunya.. sebelum demam sempat batuk2.. sudah periksa ke dokter dan diberi obat, demam hilang tapi menjadi lebih sering dan mengeluarkan lebih banyak keringat, dan keringat dingin, batuk-nya jg blm sembuh, tapi anyang-anyangan hilang..
    karena merasa kurang cocok dengan obat dr dokter tersebut, saya hentikan untuk meminumnya..
    bbrp hari kemudian.. demam lg, naik turun suhunya, batuk sepertinya semakin parah, minum obat batuk jg blm reda..
    akhirnya kembali periksa ke dokter yg lain.. kali ini dianjurkan untuk cek darah..
    setelah cek darah, hasilnya Thypus (Salmonella Thypi O +1/160, Salmonella Parathypi AO +1/160, Salmonella Parathypi CO +1/160, Leukosit diatas normal), dan diberi bbrp macam obat untuk tiga hari..
    belum ada sehari meminum obat tersebut, keadaan lebih baik..
    akhirnya saya lanjutkan sampai habis.. dan saat ini keadaan saya lebih baik.. kadang masih suka batuk-batuk ringan..
    yg ingin saya tanyakan.. dua tahun yg lalu saya jg kena gejala Thypus, tapi dokter menyarankan bed rest selama satu minggu dan makan hanya boleh yg halus2/bubur.. tetapi kenapa utk yg skrg dokter tidak menganjurkan untuk bed rest dan makan boleh apa saja selain bubur, tetapi hindari yg pedas..? padahal dua tahun yg lalu hanya gejala, sedangkan yg skrg sepertinya sudah Thypus..??
    kemudian.. untuk rasa anyang-anyangan yg saya alami.. apakah itu termasuk salah satu gejala Thypus..? atau krn sebab lain..?
    karena semenjak meminum obat dr dokter yg pertama dan kedua, rasa anyang-anyangan -nya hilang.. tetapi setiap habis berhubungan suami istri dengan suami saya, rasa anyang-anyangan itu ada lagi..?
    dan.. apakah saya harus kontrol lagi..? untuk cek darah lagi..?
    Terima Kasih atas jawabannya
    [mohon dijawab jg melalui email saya.. deti_ns@yahoo.com]

  73. 73
    Dr. Sukma Says:

    Halo Deti,

    Hasil lab dengan Salmonella typhosa dan paratyphus + 1/160, itu BUKAN sakit typhus. Baru dikatakan terkena typhus bila hasil lab itu + 1/320.

    Karena itu dokter anda tIDAK menganjurkan bed rest dan makanan lunak/bubur. Tapi kalau anda mau bed rest dan makan bubur, itu akan LEBIH mempercepat pemulihan kondisi anda.Karena secara sugestif sudah terpuaskan.

    Anyang-anyangan BUKAN gejala typhus. Terdapat radang pada kandung kemih anda, yang tatkala anda minum antibiotika,radang itu menjadi sembuh.

    Agar tuntas masalah anyang-anyangan anda, sebaiknya suami anda diajak ke dokter,agar mendapatkan terapi antibiotika. Karena seperti yang anda tulis anyang-anyangan kambuh lagi sehabis berhubungan intim dengan suami. Baca posting/artikel saya tt. ‘keputihan dan fenomena pingpong’.

  74. 74
    deti Says:

    Bu Dokter..
    Terima kasih atas jawabannya..
    Saya ada pertanyaan lagi mengenai anyang-anyangan, tapi akan saya tulis di artikel yg Bu Dokter sebutkan.
    Terima Kasih.

  75. 75
    tommy datulong Says:

    hallo dokter
    saya penderita sakit lambung dng ciri2 sering kembung,sendawa dan kencang di bagian perut sudah bemacam 2 obat dr dokter lain sy coba seperti omeprasole,impepsa,pankreoflat dan librax apakah sy terindikasi kena kuman H PYLORI mengingat sdh lama saya sakit lambung kebetulan istri sy punya penyakit serupa,terima kasih

  76. 76
    Dr. Sukma Says:

    Hai tommy datulong,

    Kemungkinan anda tertular HP dari istri anda sangat besar. HP bisa ditularkan lewat air liur. Jadi setelah anda minum berbagai obat maag belum juga menuntaskan keluhan anda, sebaiknya dilakukan pemeriksaan ENDOSKOPI pada lambung yang disebut gastroskopi.

    Kunjungi dokter internist subdivisi gastro-enterologi yang biasa melakukan pemeriksaan endoskopi. Tidak semua dokter internist berpengalaman melakukan prosedur endoskopi.

    So, pilih yang handal dan mahir dibidang endoskopi.

  77. 77
    Akrim Says:

    Bu dokter, mw numpang tanya..
    Saya punya penyakit maag uda cukup lama.
    Sering mual, muntah2, g selera maem, n berat badan kurang.. Lalu, dokter menyarankan saya untuk test Hematologi, IgG dan IgM H. pylori, hasilnya: Anemia dan IgG dan IgMnya negatif. Waktu sblm tes, dokter saya blg kalo hasilnya negatif, nanti ada tes endoskopi (klo g salah ingat), n katanya lbh sakit dr tes darah yg sdh saya jalani, tapi saya blm siap.
    Yang ingin saya tanyakan, kira2 sakit apa ya saya dok..
    Mohon penjelasannya, terima kasih.

  78. 78
    Dr. Sukma Says:

    halo Akrim,

    Yang jelas anda sakit maag/gastritis. Sedangkan penyebabnya bisa kuman HP, bisa yang lain.

    Deteksi kuman HP ada 3 cara : Urea Breath Tst(UBT), Periksa darah IgG HP dan IgM HP. Yang terakhir adalah pemeriksaan endoskopi dengan anaestesi umum/bius umum.

    Jadi anda tidak merasakan sakit apapun. Setahu saya pemeriksaan endoskopi inilah yang paling sensitif.

  79. 79
    ratnaningsih Says:

    Halo dok,saya sudah 2 th kalau bangun tidur air liur campur darah perut sebelah kiri terasa sakit.Bu dr sebenarnya saya sakit apa? setiap sy periksa kedokter pasti diberi obat maag tapi setelah saya minum pasti rasa sakit bertambah dan sesak nafas,sebenarnya saya ini sakit apa dan saya harus periksa ke dr spicialis apa? mohon jawabannya trim’s

  80. 80
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ratnaningsih,

    Jangan anggap enteng keluhan anda tersebut. Liur bercampur darah setiap bangun tidur, itu gejala SERIUS.

    Sebaiknya periksa ke dokter internist LAIN,bila dokter yang pertama malah mengakibatkan keluhan anda bertambah,BUKANNYA berkurang.

    Luangkan waktu untuk menuntaskan masalah ini.Analisa saya paling tidak telah terjadi tukak lambung/peptic ulcer..

  81. 81
    ratnaningsih Says:

    Bu Dokter trim’s atas penjelasannya klo boleh tahu bu Dokter buka praktek dimana? Apakah aku harus mengkunsumsi Aloevera? dan makanan apa yang harus saya pantang?

  82. 82
    romi Says:

    Yth Dok,
    Sy mau tanya,sy sering terkena tipus,igm salmnella selalu positive,sudah diendoskopi,bakteri tidak ada,apakah,sy masih rasa lemas,lidah putih,kalo makan mau, BAB lancar.dokter kasi Levoflaxin udh 5 hari,sy msh rasa lemas.apakag sy terkena bakteri HP,apakag perlu cek darah Igm HP?mohon advisenya.
    Thanks
    Romi

  83. 83
    Alex Susanto Says:

    bu dokter, saya ini uda 3 bulan blkgan ini nafsu makan slalu ilang, waktu makan terasa males skali, ada mual dan pengen muntah, trus terasa seperti ingin berhenti bernafas. waktu bernafas terasa di kerongkongan ada udara. perasaan makin tak menentu, takut dan panik. mank saya ada phobia terhadap yg namanya kanker. gmana ini bu dokter? oh satu lage, saya sering berpikiran soal kematian, dan gampang naek darah, terutama di tmpt kerja ama di rumah. anak2 masih kecil jadi rewel. terima kasih

  84. 84
    Dr. Sukma Says:

    Hai Alex Susanto,

    Masalah anda TERUTAMA ada dalam pikiran yang stress, cemas, dan takut berlebihan. Itu semua menjadi pokok pangkal gangguan kesehatan anda.

    Ada baiknya anda cuti sementara dari kegiatan rutin sehari-hari. Beristirahatlah dan usahakan berada dalam lingkungan lain yang menenangkan.

    Seperti berlibur ke satu tempat, hanya dengan istri anda. Anak-anak yang masih kecil dititip jagain sementara ke mertua atau ibu anda sendiri. Setelah liburan 3-5 hari, anda pasti akan sehat kembali…

  85. 85
    Dr. Sukma Says:

    Halo Romi,

    Yang pasti semua keluhan anda BUKAN akibat radang HP. Jadi TIDAK PERLU endoskopi.

    IgM salmonella selalu positif. Berarti didalam tubuh anda MASIH ada radang tifus yang aktif. Memerlukan waktu lama untuk penyembuhan tifus,bisa lebih dari satu bulan tergantung daya tahan dan reaksi tubuh anda terhadap pengobatan yang diberikan.

    Berobatlah denga tuntas,kalau perlu PINDAH ke dokter internist lain yang lebih handal dan telaten serta sabar memeriksa pasien.

    Sakit tifus termasuk penyakit berat dan sangat berat dan digolongkan dalam debilitating disease dalam bahasa medisnya,berarti penyakit yang sangat menurunkan daya tahan serta menyebabkan rasa lemah yang teramat sangat.

  86. 86
    romi Says:

    Dear Dr.Sukma,

    Terima kasih atas advisenya.
    Bisa kasi referensi dokter internist dan rs yg menangani tipus yg seperti sy alami ini.apakah ada obat herbal yg bisa membunuh bakteri tipus,btw,4 hari ini sy minum aloe vera,tapi belum berasa apa2.yang paling sy rasakan saat ini adalah lemas,lidah putih kotor,kadang2 nyeri timbul di dekat perut bawah kanan.
    Antibiotik apa yg cocok untuk membunuh bakteri ini?selama sy tipus sy sudah pernah coba obat jalan ciprofloxacin,levofloxacin.berapa lama sy harus minum obat antibiotik?saya 3 minggu ini tidak ada demam,BAB lancar,makan normal,hanya lemas dan lidah kotor.bisakah penderita tipus minum herbal?obat herbal apa yg meningkatkan kekebalan tubuh?bisakah saya minum susu colostrum,produk australia?makanan apa yg sy harus makan?apakah nasi lunak?bisakah telur setengah matang?

    Mohon maaf jika pertanyaan sy banyak.kiranya dokter mau membantu.sudah 1 bulan ini sy istirahat dirumah,dan msh merasa lemas.

    Thanks a lot Dok

    Romi

  87. 87
    ratnaningsih Says:

    hallo bu dokter posting saya no 81 blum dijawab tapi nggak apa2 aku kemarin sd minum jus + aloe vera sebenarnya apa saja makanan & minuman yang BOLEH aku konsumsi biar aku nggak salah memilih menu sebab sebentar lagi menjalankan PUASA RAMADHAN tolong bu Dokter di jawab yaaa trim’s

  88. 88
    Dr. Sukma Says:

    Halo Romi,

    Coba kunjungi dr. internist sub divisi Tropikal Disease atai Infeksi di RS Pondok Indah atau RSCM. Saya lupa namanya. Nanti kalau ingat akan saya inform ke anda.

    Biasanya demam tifus di terapi Chloramphenicol capsul 4x 500 mg. Kecuali bila sakit sangat berat/tidak sadar dan tidak mungkin obat masuk lewat mulut/makanan, maka barulah pasien diberikan chloramphenocol drip.

    Chloramphenicol diajurkan pada typhoid selama 3 minggu, atau sampai Widal negatif.

    Penderita tifus dianjurkan untuk makan lunak, karena terdapat luka-luka kecil semacam sariawan disepanjang saluran pencernaan,mulai dari kerongkongan, lambung,usus kecil, usus besar. Jadi untuk memudahkan pekerjaan saluran cerna, perlu makanan yang halus agar pekerjaaan pencernanaan menjadi ringan.

    Kemungkinan kuman salmonella typhi sembunyi di kantong empedu sangat besar.Namun bila terapi adekwat, via aliran darah kuman itu akan bisa di eradikasi.

    So,berobat teratur dan tuntas, sampai salmonella terbasmi. Satu pesan penting : kuman SALMONELLA TYPHI SERING DITEMUKAN dalam telur ayam/bebek yang mentah dan kurang masak/ SETENGAH MATANG.

    Jadi HINDARI makan telur setengah matang.Karena selain proteinnya susah dicerna, juga kemungkinan TERCEMAR kuman salmonella sangat tinggi.Kuman masuk dari kulit telur yang kotor/kena kotoran ayam, dll.

  89. 89
    romi Says:

    Dear Dr Sukma,thanks ya atas jawabannya lagi.saya masih ada yg mau sy tanyakan
    1.maksud ibu terapi adkwuat apa ya?
    2.vitamin apa yg paling bagus untuk kekebalan tubuh saya?
    3.kalo ibu sudah dapat nama dokter internist di RSCM dan PONDOK INDAH di emailkan ke sy di daronegti@yahoo.com.
    4.selama 1 minggt ini sy hanya minum levofloxacin 1X500mg.ibu sarankan dalam satu hari?apakah tidak terlalu banyak?tx

    Terima kasig

    Romi

  90. 90
    Dr. Sukma Says:

    Hai Romi,

    Langsung dijawab,ya pertanyaan anda :

    1.Terapi adekwat/adequate, artinya terapi yang MEMADAI. Seperti dosis obat harus TEPAT, lama terapi sesuai dianjurkan untuk penyakit itu, cara minum obat yang benar, dst. Singkatnya pengobatan yang PROPER untu satu penyakit.
    2. Multivitamin yang dijual di Guardian atau Century. Anda bisa pilih buatan USA, atau lainnya.
    3. Untuk sementara mungkin saya yang ngobatin anda. Chloramphenicol obat yang sangat bagus dan paling TEPAT untuk Typhoid Fever. Dosis pada orang dewasa 2 (dua) gram per hari, dibagi 4(empat) dosis jadi 500 mg setiap 6 jam. Misal pagi minum jam 7, siang jam 13, sore jam 19 dan malam jam satu malam/dini hari. Begitu seterusnya dan obat diminum SESUDAH makan. Artinya jangan dalam keadaan perut kosong. Chloramphenicol murah, namun khasiatnya SANGAT BAGUS pada terapi typhoid fever. Dosis 2 gram per hari adalah dosis adekwat/tepat untuk kasus tifus. Trust me…
    4.Mungkin penyakit tifus anda berlarut-larut seperti saat ini,karena DOSIS obat TIDAK adekwat : levofloxacin 1×500 mg. Apakah anda ngobatin diri sendiri/tanpa resep dokter? Anyway, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki sesuatu. Good luck and GBU.

  91. 91
    romi Says:

    Dear Dr Sukma,

    Terima kasih banyak atas bantuan dan saran ibu dan ibu juga mau bantu sy untuk mengobatinya.
    1.apakah sy tetap bisa bekerja dikantor sambil terapi ini?atau harus istirahat rumah 3 minggu.
    2.apakah obat2 maag spt rantin,mucosta rabimipide,omeprazole,inpepsa,tetap harus saya minum?

    Thanks

    Romi

  92. 92
    Dr. Sukma Says:

    Hai Romi,

    Langsung dijawab, ya :
    1. Sebaiknya anda beristirahat dulu dari kerja, sampai kondisi anda baik kembali. At least anda tidak lemas dan sudah mulai bergairah lagi, barulah coba untuk mulai bekerja. Saya tidak tahu berapa lama. Tergantung reaksi obat terhadap tubuh anda.
    2. Sisa obat sebaiknya diminum-habiskan. Setelah itu stop.

    Sementara ini TETAP makan makanan lunak seperti : bubur,juice yang dibuat sendiri dan TIDAK pakai ES. (makanan dingin atau makanan dipinggir jalan umumnya TIDAK BEBAS salmonella typhi). Jadi hati-hati jajan..

    Terpenting adalah bed-rest. Artinya anda istirahat ditempat tidur. Banyak rebahan dan kalau bisa anda tidur sepuasnya. Dengan demikian reaksi obat akan lebih maximal dan penyembuhan akan lebih cepat. Mudah-mudahan obatnya cocok, may GBU.

  93. 93
    romi Says:

    Dear Dr.Sukma,

    Thanks bu atas semuanya.Semoga Tuhan membalas kebaikan ibu dengan diberikanNya kesehatan,panjang umur dan rezeki bagi ibu dan sekeluarga.amin,GBU

  94. 94
    nindy Says:

    hai dook. umurku 14 tahun. dulu bakteri HP di lambungku trmksut tinggi. tapi sekarang sudah tidaaak. aku mau tanya, apakah bakteri HP bisa berkembang lagii dook?? dan bagaimana cara kita mengetahui apakah kita bakal kena kanker atau tidaaak.

    terimakasiih dokter cantiiik

  95. 95
    Alfi A Says:

    Dear Dr.Sukma,
    Apakah berbahaya minum obat dengan makan buah nangka atau durian atau tape? golongan obat apa yang tidak boleh diminum dengan makanan tersebut? apabila sudah makanan tersebut di makan, berapa lama saya tunda minum obat yang bisa berbahaya tersebut?
    Thanks and GBU

  96. 96
    Dr. Sukma Says:

    Halo Alfi A,

    Saya BELUM tahu ada akibat buruk minum obat disertai makan nangka,durian dan tape.

    Yang saya tahu,pada penderita sakit maag, PANTANGAN makan bagi penderita adalah antra lain : nangka,durian dan tape.

  97. 97
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nindy,
    Pertanyaan yang bagus.
    Syukurlah bakteri HP didalam lambung anda telah berhasil di eradikasi/diberantas.

    Hp bisa ada lagi, bila anda tercemar lagi oleh bakteri tsb. Penularan bisa lewat : air ludah penderita HP, makanan yang tercemar HP yang dibawa lalat yang sebelumnya menghinggapi feces penderita HP kemudian hinggap di makanan yang tidak tertutup, dst.

    Jadi MENGHINDARI kuman HP SAMA caranya dengan menghindari penyakit CHOLERA dan DIARE pada umumnya. Yaitu dengan menjaga kebersihan diri, lingkungan dan sanitasi yang baik serta JAMBAN TERTUTUP.

    Bila makan TIDAK PAKAI SENDOK, cuci tangan sampai bersih sebelum makan. Bisa terkena kanker, kalau HP dibiarkan berkembang-biak terus didalam lambung tanpa diobati. Intinya : HP harus DIBERANTAS tuntas agar tidak menjadi kanker lambung.

  98. 98
    suryati Says:

    Hallo Dr.Sukma
    Sudah beberapa tahun terakhir, sy punya masalah dengan perut/lambung, sy tidak merasa sakit di ulu hati layaknya orang2 yang menderita maag.
    Keluhan sy justru sering sekali perut berbunyi/bersuara seperti ada busa yg kumpul di dalam perut, kadang suaranya terdengar keras, hingga orang yg berada di dekat saya juga mendengar.
    Beberapa kali sy coba ke dokter, selalu diberi obat maag atau yg mengurangi produksi asam lambung.
    Kalau sy mo ke dokter (internist), agar mendapat penanganan lebih lanjut, sebaiknya apa yg sy sampaikan ke dokter, jadi bisa tuntas sebenarnya penyakit apa yg sy derita, selain sy tidak ingin terlambat memeriksakan diri dan mendapat pengobatan yg tepat dan tuntas.

  99. 99
    djoko teguh Says:

    pagi bu Dokter, saya ada gangguan dilambung kalau pas salah makan atau pas vertigo datang perut terasa sebah(penuh) akhirnya muntah-muntah . kalau sudah begini jalan keluarnya dibawa ke UGD dan diinfus. pertanyaan saya termasuk sakit maag yang bagaimana? bagaimana cara penyembuhannya? umur saya 61 th . terimakasih atas perhatiannya. salam

  100. 100
    Dr. Sukma Says:

    Halo Pak Djoko Teguh,

    Pendapat saya, sakit maag anda termasuk yang disebabkan asam lambung berlebih akibat stress/pekerjaan dan vertigo. Disini faktor PSIKIS lebih dominan dibandingkan kemungkinan adanya radang HP.

    Cara penyembuhan tentunya dengan mengusahakan KETENANGAN pikiran. Semasih pikiran tidak tenang,selama itu pula sakit maag anda akan datang dan hilang setelah dirawat untuk datang lagi pada saat anda banyak pikiran.. Demikian berulang-ulang..

  101. 101
    djoko teguh Says:

    Terima kasih atas penjelasannya. Untuk vertigo saya telah diberi dokter stugeron. Namun kalau mau muntah adakah obat bebas yang bisa saya konsumsi,agar tak jadi muntah-muntah? Sebetulnya saya mau mencoba obat mabuk perjalanan namun saya takut berakibat fatal.
    Terima kasih.Salam

  102. 102
    Dr. Sukma Says:

    Halo lagi Pak Djoko Teguh,

    Anda bisa coba obat primperan tablet untuk obat anti muntah. Bisa juga dicoba Vometa untuk orang dewasa.Tanya ke apotik terdekat.

  103. 103
    tommy datulong Says:

    thx ya dok atas jawabannya senantiasa tuhan membalas kebaikan dokter ,salam sejahtera

  104. 104
    Dr. Sukma Says:

    Hai Suryati,

    Sorry pertanyaan anda terlewatkan.
    Coba minum pankreoflat tablet, sebelum makan.

    Bila keluhan masih tetap ada,sebaiknya kunjungi dokter internist/penyakitdalam yang HANDAL, terbaik subdivisi Gastro-hepatologi.

    Pendapat saya kemungkinan diperlukan pemeriksaan ENDOSKOPI, untuk menjawab keluhan anda tsb.

  105. 105
    Putra Bali Says:

    dokter, saya mau tanya, saya juga seing mual, perut seperti padet/kembung terakhir saya indoskopi hasilnya sperti ini :
    - Gastritis chronic superfesialis dan corpus non HP
    terus dr biospi endoskopi penjelasannya seperti ini

    MIkroskopis
    _ sediaan biospi endoskopi tampak mukosa antrum dan corpus, pada lamina proporia tampak infiltrit limfosit dan plasma sedang, tidak tampak sel netrofil(-), metaplasma(-), Pada pewarnaan giemsa Hp(-)

    apakah penyakit saya ini dok

    dokter memperikan saya obat omeperasol dan campuran vometa forte

    apa obatnya sudah cocok ya dok? kata dokter perlu penyembuhan yg lama kira2 4 bulanan

  106. 106
    kama satria Says:

    ya dok saya juga mengalami hal yg sama dengan putra bali, jd penakit saya apa ya dok,tapi selama ini saya cuman berani makan bubur aja,takut sama yg ber bau minyak2an

  107. 107
    IGN Kompyang P Says:

    dok, gejala awalnya dada saya sakit tenyah malam, terus kepala seperti berputar, sampe2 mau sempoyongan, setelah ke dokter, saya di periksa,perut saya terasa penuh, dan mual2, akhitnya saya di beli tablet kunyah yg rasanya seprti menthol, perasaan spti cemas, besoknya saya periksa ke Rs Sanglah, terus di kasih pempitor sama Sanmag, juga jantung saya di check, tapi katanya normal,minggu kemaren saya periksa ke dokter internis yg menangani masalah pencernaan, dan di suruh endoskopi, hasil indoskopi, saya ada beberapa bagian yg tertulis hipermis. apa artinya dok??? setelah terima hasil lab disana di tulis Grastitis krinic superfesialis atrum dan corpos non HP, saya tidak mengerti juga, trus ada juga yg lain spti: pada lamina propria kedua mukosa tampak infiltrat limfosit dan plasma sedang

    untuk pengobatan saya di beri omeperasol capsul dan nexian FT, untuk pewarnaan giemsa HP negatif, metaplasma negatif, dantidak tampak sel netrifil ( aktivitas negatif)

    sekian

  108. 108
    Dr. Sukma Says:

    Hai Putra Bali,

    Sakit maag anda BUKAN disebabkan oleh kuman helicobacter pylori (HP). Obat yang anda minum sudah sesuai dengan hasil endoskopi. Betul, penyembuhan sakit maag agak lama.

  109. 109
    Dr. Sukma Says:

    Halo Kama Satria,

    Anda benar. Makan bubur dan menghindari gorengan, santan, asam,pedas adalah cara terbaik kalau ingin sembuh dari gastritis. Pantang juga kopi, minuman bersoda/soft drink serta buah-buahan ‘keras’ atau ‘panas’ seperti : duren,nangka, nanas.

    Makan bubur tanpa bumbu alias ‘plain porridge’ sangat dianjurkan pada penderita gastritis. Teruskan kebiasaan baik itu..

  110. 110
    Dr. Sukma Says:

    Halo IGN Kompyang P,

    Diagnosis endoskopi anda sama dengan diagnosis penanya Putra Bali. Jadi Gastritis anda BUKAN disebabkan kuman HP.

    Terapinya sudah benar.Minum obat secara teratur. Untuk penyembuhan minimal 2 bulan, tergantung reaksi tubuh masing2 penderita terhadap obat yg diberikan.

    Jangan lupa pantangan makan dan minum seperti yang saya tulis untuk Kama Satria.

  111. 111
    rio Says:

    bu.istri saya ada yang menderita luka lambung bertahun-tahun, namun setelah di endoskopi,kata dokter dia diagnosis luka lambung,dokter itu bilang penyebabnya mungkin karna mengkonsumsi alkohol, tapi yang mengejutkan istri saya tu ternyata tidak pernah mengkonsumsi alkohol sama sekali,ap mungkin dok stelah endoskopi hp bs tak terdeteksi? jadi ap yang harus saya lakukan dok mencari pengobatan istri saya? apa ini disebabkan bakteri hp tersebut? ap perlu isri saya di endoskopi lagi dengan dokter lainnya?

  112. 112
    IGN Kompyang P Says:

    klo mengenai hasil laboratoriumnya artinya apa ya dok?
    saya pingin tau penjelasannya biar saya bs hati2 dan bs tenang.
    seperti ini dok:
    Gastritis chronic superfesialis dan corpus non HP
    terus dr biospi endoskopi penjelasannya seperti ini

    MIkroskopis
    _ sediaan biospi endoskopi tampak mukosa antrum dan corpus, pada lamina proporia tampak infiltrit limfosit dan plasma sedang, tidak tampak sel netrofil(-), metaplasma(-), Pada pewarnaan giemsa Hp(-)

  113. 113
    rudy Says:

    dok saya mau tny ciri” kl disebabkan bakteri HP apa dok?

    sy jg mau tny nih dok, kl sakit maag tuh keluhannya seperti rasa eneg di pagi hari, perut kembung di malam hari sehingga sulit tidur. Apakah itu wajar, dan sy sdh sakit maag sekitar sebln lbh apakah itu wajar jg dok?

    mhn responnya dok

    trims

  114. 114
    dani Says:

    dok,4 bulan yg lalu saya divonis hepatitis A dan maag kronis.Pada bulan ketiga saya melakukan pemeriksaan endosopi dan biopsi lambung.hasilnya positif HP dg keadaan lambung luka2 hingga mulut usus 12 jari ( BAB masih normal ) serta daerah antrum ada yg menonjol namun katanya tidak nampak keganasan.sampai skrg 1 bulan setelah dikasih kombinasi antibiotik dan omeprazol gejala penyakit saya ( sakit perut perih dr ulu hati sampai pusar,kadang sakit perut kanan atas,sakit kepala belakang,pusing seperti badan gak seimbang )belum juga sembuh.MOHON DENGAN SANGAT PENJELASAN DARI DOKTER APA YG HARUS SAYA LAKUKAN KEMBALI
    nb : semua pemeriksaan darah,feces,urin,jantung,paru dalam keadaan normal

  115. 115
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rio,

    Luka di lambung atau tukak lambung atau ulkus peptikum bahasa medisnya. Selain disebabkan alkohol, bisa akibat gastritis yang berlarut-larut/gastritis khronik.

    Gastritis khronik bisa disebabkan oleh kuman HP dan kuman non-HP. Cara pemeriksaan kuman HP ada 3 : UBT, serologis dan endoskopi.Dari ketiganya yang paling sensitif adalah pemeriksaan endoskopi.

    Menanggulangi tukak lambung dengan minum obat resep dokter yang merawat/internist. Aloevera bisa membantu mendinginkan luka-luka lecet di dinding pencernaan dan melapisi luka tsb. So, membantu penyembuhan ulkus.

  116. 116
    Dr. Sukma Says:

    Hai lagi IGN Kompyang P,

    Apakah anda mahasiswa kedokteran ? Kelihatannya mau tahu semua istilah medis pada hasil lab. Pada jawaban sebelumnya SUDAH saya tulis arti terminologi yang PENTING anda ketahui.

    Agak ribet, ya menjawab semua itu satu persatu, padahal TIDAK semuanya penting. Bagaimana kalau anda kuliah dulu di FK?

    Sorry, waktu saya terbatas, dan yang PENTING DIKETAHUI sudah saya tulis kemarin.

  117. 117
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rudy,

    Ciri gastritis disebabkan oleh kuman HP dengan gastritis oleh sebab yang lain tidak mudah diketahui.

    Kita baru curiga disebabkan kuman HP, bila dengan terapi gastritis konvensional/yang biasa, BELUM terjadi perubahan secara nyata.

    Keluhan anda eneg dipagi hari dan perut kembung dimalam hari, bisa iya dan bisa tidak gejala sakit maag.Keluhan sangat bervariasi dan tidak ada waktu tertentu, kapan saja bisa eneg dan kapan saja bisa kembung.

  118. 118
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dani,

    Mengobati gastritis disebabkan HP tidak mudah dan butuh waktu panjang. Karena kumannya sangat ‘sakti’, seperti yang saya tulis dalam posting ini.Banyak senjata dan antigen yang dimilikinya sampai cara ‘menyamar’ agar luput dari ‘sweeping’ sistem imun tubuh kita.

    Satu siklus terapi HP perlu waktu 2(dua) bulan. Reaksi tubuh seseorang terhadap terapi dengan obat yang sama, itu berbeda-beda atau disebut individuil.

    Ada yang satu siklus sudah baik,ada yang butuh 2, 3 malah 4 siklus baru sembuh. So,berdo’alah agar tubuh anda sensitif terhadap terapi yang diberikan. Sehingga anda dapat sembuh dan bebas HP dalam waktu yang tidak terlalu lama.

  119. 119
    rio Says:

    oo jd pengobatannya menggunakn terapi gastritis dlu y dok, bru klo gk ad perubahan berati karna hp y dok? ywdah deh, maksi yah dok.

  120. 120
    igo Says:

    yang terhormat Ibu Dokter….

    saya baru membaca website anda dansaya bangga ternyata masih ada dokter yang mampu meluangkan waktu untuk memberikan info yang sangat bermanfaat serta mau menjawab setiap pertanyaan netter…

    ibu saya penderita maag atau masih terdapat gejala sakit maag atau grastitis..yang menjadi keluhan saya setiap pagi badan saya menggigil.ibu saya kesulitan mencari aloevera tapi saya membeli di toko herbal jus aloevera apakah itu bagus bu ? mengapa kandungan aloevera terdapat acido critico apakah bagus untuk penderita gastritis ?

    atas jawaban ibu saya ucapkan terima kasih

    hormat saya
    igo

  121. 121
    Dr. Sukma Says:

    hai Igo,

    Itulah sebabnya kenapa saya menyarankan makan aloevera yang ASLI tanaman ciptaan Tuhan. Tidak ada tambahan pengawet, perasa, dst seperti acidocritico yang anda baca dalam kemasan. Selain bersifat asam, saya khawatir itu bahan kimia juga berisiko pencetus kanker alias karsinogenik.

    Tanaman lida buaya/aloevera ada dimana-mana. Bila tidak ada yang besar, yang kecilpun jadi. Bedanya pada yang kecil dagingnya sangat sedikit, mengupasnya ribet dan rasanya lebih pahit dari aloevera berukuran besar.

  122. 122
    igo Says:

    Yang terhormat Ibu dokter

    cepat sekali dijawab..terima kasih..
    saya tinggal di spanyol bu,mungkin pekerjaan yang menumpuk yang membuat saya lupa mengatur jadwal makanan saya..sekarang saya tanggung dech…sakit di ulu hati dan perut bagian bawah kanan bu cuma mang kadang2..buang air saya sedikit sekali dan kecil2..
    dispanyol sulit sekali membeli aloe vera karena tidak diperjual belikan secara umum..atau memang tidak ada perkebunan lidah buaya disini

    saya pertama kali mengalami penyakit ini…apakah proses penyembuhannya lama bu dokter,,saya sudah ke dokter mereka memberikan saya oprazamole,,alquen,,dan diet halus..juga serum..dok.

  123. 123
    Dr. Sukma Says:

    Hai Igo,

    Senang mengetahui anda tinggal di Spanyol/ Espanol. Saya mencintai alam negeri Spanyol dengan orang2nya yang hangat itu. I’ve been to Madrid 4 years ago. Lovely place to visit.

    Obat yang diberikan kepada anda sudah baik dan benar. Lebih baik lagi dan untuk mempercepat penyembuhan usahakan bisa ISTIRAHAT yang cukup.Tidur malam 8 jam.

    Karena akar permasalahan pada gastritis adalah over stimulasi saraf simpatis, berakibat over sekresi asam lambung.

  124. 124
    andy Says:

    dok sy mau tny, kmrn sy nggak sengaja makan makanan pedes, padahal sy sakit maag, tapi makanan pedes nya nggak membuat maag sy kambuh lagi, sy mau tny kl begitu apakah maag sy sdh agak baikan? dan rasa eneg di pagi hari dan kembung di mlm hari sdh mulai berkurang

    trims dok

  125. 125
    Bu dokter, sy pny pcar yg kbetulan dy trkena bronkitis, nah bgaimana agr ia lekas smbuh.., lalu bgaimana pula agr sy tdk trtular pnykt trsbut.. Says:

    Bu dokter,sy pny pacar yg mndrita bronkritis,bgmn agr ia lkas smbuh..? Lalu ap sj yg hrs sy prhtkn agr tdk trtular pnykt ny..

  126. 126
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andy,

    Iya benar.Pendapat saya sakit maag anda sudah membaik, NAMUN tetaplah menjaga makanan dan minuman agar kondisi perbaikan itu bertambah terus, sehingga pulih 100%.

    Bila termakan makanan pedas tidak sengaja dan dalam jumlah kecil, it’s OK.

    Sebaiknya setelah pulih 100 % anda teruskan pantangan makan dan minum seperti saat terkena gastritis, ini justru akan SANGAT BAIK bagi kesehatan pencernaan anda seterusnya. Keep selecting your meal for your own shake.

  127. 127
    Dr. Sukma Says:

    Hai penanya # 125,

    Bronkhitis adalah radang saluran nafas/bronkhus. Biasanya berdahak banyak dan bila tidak tuntas pengobatan akan menjadi bronkhiectasis dimana dinding bronkhus akan melebar membentuk gelembung yang dipenuhi dengan riak atau dahak-berlendir. Akibatnya sesak nafas luar biasa dan bentuk dada seperti bentuk tong (barrel chest).

    Agar cepat sembuh, berobat dan bersikap kooperatif terhadap obat yang diberikan dokter spesialis Paru. Obat biasanya terdiri atas pengencer dahak, antibiotika dan antibatuk. So, be a good patient..

  128. 128
    hermanjon Says:

    dear, Dr.sukma
    dengan hormat,
    ibu Dokter sukma saya herman usia 38 th pada bulan juni 2009 saya mengalami buang air kecil dan besar terasa pedih, oleh dokter yg menangani saya selama ini diberi antibiotik cyprofloxacin tetapi tambah parah dan sendawa2 terus dan diare(buang2 air rata2 3x sehari kadang lebih, sampai 1 bulan ganti2 obat antibiotik dan obat maag, akhirnya periksa darah lengkap dan usg serta endoscopy dari hasil lab ada batu empedu dan dyspepsia akhirnya saya ke prof dokter ahli bedah dan disarankan operasi laparaskopi, sebelumnya saya sudah diberi obat maag berbagai jenis seperti omz,vometa,dysflatyl dsb, gejala semakin parah akhirnya saya operasi laparaskopi tgl 25 bulan july 2009, tetapi setelah operasi prof,mengatakan tidak ada batu katanya infeksi kantong empedu akut, tetapi kenapa sampai sekarang saya tetap merasa mual2 dan kadang2 muntah asam lambung dan sering buang air besar rata lebih dari 3x sehari setiap saya tanyakan ke prof dan dokter saya dikatakan banyak pikiran padahal saya orangnya enjoy aja dan ikhlas apapun terhadap hidup,tetapi saya sangat terganggu dengan keluhan ini, saya sampai tidak percaya lagi mau pergi kedokter krn keluhan saya tidak hilang2, mohon saran ibu apa yang harus saya lakukan, terima kasih atas perhatian dari ibu sukma GBU

  129. 129
    andy Says:

    oh makasih dok :) info nya sangat membantu :)

  130. 130
    Dr. Sukma Says:

    Hai Hermanjon,

    Kasus anda ibaratnya telah diacak-acak dari segi medis dan oleh para akhli dibidangnya masing-masing.

    Karena itu let me suggest you in another way.. Saya percaya apabila PIKIRAN/mental kita merasa SECURE and PEACEFULL, saya yakin apa yang anda keluhkan akan hilang dengan sendirinya.

    Jadi mulailah dengan latihan nafas panjang secara teratur setiap hari. Terserah dipagi hari atau malam menjelang tidur. Luangkan waktu setengah sampai satu jam untuk melakukan meditasi atau yoga.

    Dengan latihan itu, apabila gelombang pikiran sudah sampai pada gelombang alpha, disana anda akan merasakan betapa sunyi-senyapnya kondisi sekitar anda.

    Maka tinggallah anda dengan Sang Pencipta. Dan anda tinggal memohon kepadaNYA agar diberkati kesehatan yang prima dan memasrahkan penyelesaian masalah keluhan anda kepadaNYA. Dan pikiran andapun menjadi sangat enteng, TANPA BEBAN sama sekali…

    Maka, believe it or not secara PERLAHAN namun PASTI semua keluhan anda akan menghilang. Amien…

  131. 131
    hermanjon Says:

    Dear, Dr Sukma

    selamat pagi Ibu,Herman kembali lagi. Terima kasih atas sarannya, luar biasa dizaman sekarang masih ada dokter yang care seperti ibu dan cepat tanggapannya, sedangkan dokter yang kita bayar aja sulit sekali untuk diajak konsultasi, Ibu Sukma ada yang mau saya tanyakan tentang aloevera, bolehkah seperti saya yg sudah operasi batu empedu mengkonsumsinya,apakah memakannya harus dipotong2? kalau dijuice dengan apel bagaimana, seandainya kita konsumsi dan terjadi buang2 air terus bagaimana selanjutnya? apakah tetap dilanjutkan? mengapa saya setelah operasi batu empedu masih sakit di lambung saya dan muntah2 asam lambung serta sering mulas dan diare? Terima kasih banyak atas perhatiannya

  132. 132
    Dr. Sukma Says:

    Hai Hermanjon,

    Semua obat sudah anda minum sampai operasi-pun sudah dilakoni. Saya hands off.

    Kecuali dengan menenangkan pikiran serta berpikir positif bahwa semua yang telah lalu memang harus anda jalani dalam hidup ini.

    Percayalah dibalik semua itu ada mukjizat dan happy ending yang kita belum tahu..

    Aloevera rasanya agak pahit. Kalau dijuice/blender akan berbusa dan warnanya coklat-kehitaman. Kemungkinan akan sangat sulit untuk bisa menelan dalam keadaan seperti itu.

    Bila anda TAHAN pahit, daging aloevera dikunyah begitu saja tanpa campuran apapun,untuk menghindari diare. Kemungkinan besar COCOK untuk anda, karena akan mendinginkan dan mengurangi asam lambung. Good luck..

  133. 133
    lizzia Says:

    Yang terhormat, Dokter Sukma.

    Pagi dokter.. dok, bolehkan saya tahu penyebab apa yah yang bisa mengakbibatkan seseorang bisa muntah darah dan seketika langsung pingsan.. ketika ditanya dia tidak sadar bahwa telah muntah darah. sebelumnya kalau sedang buang air besar..berwarna hitam. saya sangat membutuhkan bantuan jawaban dan anjuran dari dokter karena saat ini kerabat ada yg sedang di opname di rumah sakit. sebelumnya terima kasih dokter. GBU

  134. 134
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lizzia,

    Kemungkinan besar disebabkan Varices Esofagus yang pecah dan menimbulkan perdarahan hebat muntah darah warna merah segar yang disebut hematemesis. Lalu ada sebagian darah yang tertelan masuk ke lambung dan akhirnya menimbulkan BAB warna kehitaman yang disebut melena.

    Pasien yang hematemesis dan melena, biasanya pada Hepatitis berat yang telah mengalami sirosis hati.

  135. 135
    igo Says:

    hello bu dokter…

    ibu pernah mengatakan kalau ibu pernah dispanyol kapan tuh bu dan tepatnya dimana…

    ibu saya mau bertanya..pagi ini bab saya hitam tapi ga terlalu itam malah hampir coklat dan saya tudak mengalami muntah darah…saya agak kesulitan melakukan bab karena terasa banget keras kering,,,selain itu saya mengalami gangguan tidur suka kaget bangun apakah ini pengaruih penyakit gastritis yang saya alami bu??? sempat ke dokter hari ini jika hitamnya legam harus di analisis tapi jika hitam kecoklat2an kemungkinan dari makanan dan hindari stress atau nervous…terus terang jawaban dari dokter saya agak tidak puas buktinya saya sekarang bangun kaget lalu di sertai demam dan terasa dingin dok…

    saya tunggu jawab ibu ,,,please

    terima kasih
    hormt saya
    igo

  136. 136
    igo Says:

    maaf satu lagi pertanyaan saya apakah gastritis saya akibat bakteri diatas dan saya kemarin menganalisis darah saya kalau saya tidak ada anemia apakah bakteri diatas juga menyebabkan anemia dok

  137. 137
    Dr. Sukma Says:

    Hai Igo,

    Tahun 2005 saya menghadiri konferensi medis di Porto, Portugal sekalian jalan ke perbatasan Portugis-Spanyol disebuah gereja yang sangat besar/ katedral diatas perbukitan dan terkenal. Namanya lupa, yang jelas di Jazirah Iberia.

    Keluhan yang anda tulis menurut saya adalah obstipasi alias sembelit. Feces mengeras, bisa karena stress, kurang makanan berserat dan kurang cairan.

    Warna feces agak kehitaman dipengaruhi oleh jenis makanan seperti coklat, baik permen maupun minuman cocoa.

    Bakteri HP TIDAK menimbulkan BAB warna kehitaman. Yang terjadi adalah mukosa lambung yang meradang hebat berwarna kemerahan disertai bengkak/ edem. Kuman HP TIDAK menimbulkan anemia.

  138. 138
    Erick Ernawan Says:

    Hallo dok….salam kenal…
    saya erick dok, saya mau minta pendapat dok…tahun 2007 lalu saya sakit yang kata dr ahli gastro pd saat itu lambung saya luka, saya diberi obat racikan yg komposisinya sy tdk tau apa, akan tetapi selama 3 bln tdk ada perubahan yang signifikan, alhasil dr tsb menganjurkan utk endoskopi spy pasti, wkt itu sy menolak krn takut, akhirnya pertengahan tahun 2008 sy melakukan endoskopi dan hasilnya positif Hp, lalu sy diterapi 2 macam antibiotik berikut omeprasol selama 2 minggu, hasilnya tdk ada perubahan yg signifikan pula, lalu sy melakukan UBT utk meyakinkan Hp tsb sdh hilang, hasilnya negatif, yg jd masalah skrng dok…rasa panas perut sampai ke dada sebelah kiri dekat ketiak masih selalu ada, sakit diseputar perut dan agak kembung sampai ke pinggang kadang2 ke punggung msh ada saja dok (stiap hari terasa, kurang lebih 4 jam sekali), selain Hp hsl biopsi menyatakan bahwa klep antara lambung ke jantung ngebuka terus shg asam lambung naik keatas, terakhir sy diberi obat omeprazol dan acpulsif hanya 3 bln terakhir ini sdh tdk sy makan dok, melihat kondisi sy tsb sebaiknya apa yang harus sy lakukan dok? mohon tanggapannya dok…Terima Kasih …

  139. 139
    Dr. Sukma Says:

    hai Erick Ernawan,

    Sebelumnya saya mau koreksi bahwa TIDAK ADA kelep antara lambung dan jantung. Yang benar : kelep antara lambung dan esofagus/kerongkongan anda yang terbuka terus sehingga terjadi aliran balik asam lambung ke esofagus yang disebut REFLUX esofagitis.

    Kelep yang terbuka ini TIDAK mungkin disembuhkan dengan obat2an. Satu2nya terapi adalah operasi korektif, memperbaiki kelep yang tidak normal tersebut.

    Jadi semua keluhan anda disebabkan oleh adanya reflux, dan kemungkinan adanya tukak lambung dan tukak duodenum alias usus duabelas jari yang bila datang nyerinya terasa sampai ke punggung.

  140. 140
    Erick Ernawan Says:

    Yth dokter Sukma…terima kasih atas jawaban terdahulunya dok…
    mau nanya lagi dok, Alhamdulillah kemaren malam sama tadi pagi saya mulai mencona aloevera dicampur madu….luar biasa perut saya mulai stabil dok nyaris tidak ada reaksi…kalaupun ada frekwensinya jauh berkurang dok…pertanyaannya apakah dengan mengkonsumsi aloevera secara terus menerut tdk akan ada masalah…dan apakah aloevera dapat menyembuhkan persoalan penyakit perut saya diluar reflux dok….apakah bakteri Hp bisan menjalar ke organ selain lambung dok…terima kasih banyak dok….

  141. 141
    Dr. Sukma Says:

    Hai Erick Ernawan,

    Aloevera nyaris TIDAK ADA efek sampingnya. Bisa dikonsumsi sebanyak dan sesering yang anda mau.

    Benar. Semua keluhan anda, KECUALI reflux dapat disembuhkan dan sudah tentu perlu waktu. BUKAN instant.
    So, keep on consuming aloevera..

    Bakteri HP setahu saya HANYA menyukai organ lambung dan duodenum. Belum pernah saya tahu diluar itu.

  142. 142
    erick ernawan Says:

    selamat siang dokter…

    dok saya mau tanya kalo makan aloevera sebaiknya lendirnya dibersihkan kemudian di rebus sebentar atau dimakan gitu aja apa adanya dengan sedikit berlendir dok…?

  143. 143
    Dr. Sukma Says:

    Hai Erick Ernawan,

    Iya betul. Aloevera dimakan begitu aja dengan lendirnya yang berkhasiat dan sebagai bahan pendingin dan moisturizer mukosa pencernaan.

    Demi kesehatan, berkorban dikit menelan yang kurang enak tidak apa2 khan. Yang penting dampaknya, man…

  144. 144
    erick ernawan Says:

    selamat siang dokter Sukma yang sabar dan baik hati…..

    dok saya mau bertanya apakah luka dilambung dapat di obati dengan obat ? (karena yg saya tahu dari sekian obat yg saya pernah makan nampaknya hanya mengendalikan asam lambung saja, lalu bagaimana dengan lukanya) apakah lambung dan usus mempunyai cara merecovery dengan alamiah?

    apabila mempunyai kemampuan tersebut, bila dikaitkan dengan khasiat alovera apakah dengan terlindungnya lambung oleh lendir aloevera dapat mempermudah proses recovery tersebut dok? terima kasih dok….

  145. 145
    Dr. Sukma Says:

    Hai Erick Ernawan,

    Dalam farmakologi,dikenal obat anti peptic ulcer/ tukak lambung antara lain Sucralfate.

    Aloevera melindungi mukosa lambung agar tidak terjadi luka/lecet akibat peningkatan asam lambung. Termasuk luka lecet atau tukak lambung yang sudah ada, akan terlindung juga dari iritasi asam lambung dan berkesempatan untuk menyembuhkan dirinya perlahan-lahan.

  146. 146
    dani Says:

    TAMPAK KALSIFIKASI FISIOLOGIS DIDAERAH GLANDULA PINEALIS DAN PLEXUS CHOROIDEUS.Bu Dokter minta penjelasan kalimat diatas…….satu lagi dok,kalo katup yg ada di antara kerongkongan dan lambung serta katup antara lambung dan usus 12 jari rusak,katanya gak bisa normal lagi??? kalo gitu makanan gak diolah dulu dilambung langsung masuk ke usus karna katupnya rusak terbuka terus????

  147. 147
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dani,

    Kenapa nggak sekalian kuliah di FK, agar tahu segala macam termasuk pertanyaan anda yang ditulis dalam huruf besar. Artinya terdapat perkapuran normal pada kelenjar pineal dan plexus choroideus. Keduanya terletak di jaringan otak. Belajar dulu anatomi, biar tahu lokasi persisnya.

    Jawaban statement panjang berikutnya Iya BENAR sperti itu.

  148. 148
    dani Says:

    Maaf dok,saya tulis pertanyaan saya dg huruf besar.Saya kemarin habis di MSCT Scan kepala tanpa zat kontras karena saya sering sakit kepala belakang disertai perasaan lemas/letih walau gak melakukan aktifitas apalagi menjelang sore/malam.walaupun dokter mengatakan bisa saja dari lambung saya yg lg sakit….
    Kesimpulan dr MSCT gak ada kelainan apa pun tp kata2 sebelumnya ada kalimat yg saya tulis dg hurup besar diatas.Kalo perkapuran normal berarti bukan penyakit kan dok??????

  149. 149
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dani,

    Iya persis. Hasil MSCT anda dalam batas normal. Kalsifikasi fisiologis artinya perkapuran normal sesuai umur, dst. Tidak ada yang mesti dicemaskan dari bagian kepala/otak anda.

  150. 150
    moch erick Says:

    Selamat Siang dok….
    dok saya kan bermasalah dgn lambung, dalam waktu2 tetentu badan sy mulai dari kali sampai kepala sukat merasa sakit(perih, pegal, ngilu,dan rasa yg nggak karu2 an), pertanyaannya apakah itu akibat masalah lambung atau masalah LDL saya yang cukup tinggi 117, sampai muka sy juga terasa sakit dok, baik tulang maupun kulitnya….tapi semua itu tidak berlangsung lama sekitar 10 s/d 15 menit….

    pertanyaan kedua : bagaimana langkah yg harus sy lakukan untuk mengetahui akibat dari rasa sakit tersebut dok, nis harus cek lab, apa yg harus diceknya dok…..tks…

  151. 151
    Dr. Sukma Says:

    Hai moch erick,

    Semua keluhan anda BUKAN akibat sakit maag, tetapi akibat LDL dan kholesterol yang tidak normal.

    Lakukan olah raga teratur dan hindari makanan berlemak serta usahakan pikiran tenang.Tidak perlu check lab.
    Semoga berhasil…

  152. 152
    Antonelf Says:

    bu dokter trimakasie.. webnya sangat infoitif bagi kita2 yg pengen tau ttg apa n penyebab sakit maag.. makasie bu

  153. 153
    Emma Says:

    Dok,perut saya sering bunyi meski habis makan..
    Bahkan saya sering mual mendadak serta muntah tanpa sebab yg jelas,,
    pdhl makan saya teratur,,
    banyak teman blg mgqn maag saya sudah akut pengaruh stress..
    Memang bnr kata dokter sakit saya krn stress..
    Solusi apa yg bs dokter beri dan obat apa yg dianjurkan..
    Trims.

  154. 154
    Dr. Sukma Says:

    Hai Emma,

    Solusi terbaik masalah kesehatan anda yaitu HILANGKAN STRESS. Lakukan yoga atau latihan nafas panjang.

    Ambil cuti dan pergi rekreasi ke tempat yang anda suka.
    Lakukan apa yang menjadi hobby anda, yang membuat perasaan anda senang dan tenang.

  155. 155
    Eti Says:

    Hai Dok…,
    apakah bakteri HP ini jg hilang dan sembuh dengan terapi aloe vera???
    terima kasih…

  156. 156
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eti,

    HP tidak dapat diberantas dengan aloevera. Karena dia adalah kuman, maka HP obatnya antibiotika khusus HP.

  157. 157
    Eti Says:

    Halo Dok…
    saya cerita dulu ya Dok, klo terlalu panjang bisa langsung jawabannya saja tdk apa2 Dok…

    pd waktu puasa saya merasakan dada untuk bernafas seperti ada yg menganjal (kadang2) tepatnya di bag tengah dan dada kanan atas seperti ditarik, cenut2 sampai punggung kanan, trus sering batuk sampai mau muntah karena mual, kata dokter gangguan lambung kemudian saya diberi omeprazol, berkurang Dok batuknya hilang mual jg ikut hilang. kemudian setelah lebaran karena makan tidak terkontrol perut saya perih dan panas dan seperti ada yg menganjal (kadang2) lagi Dok di dada dan dada kanan atas masih seperti tertarik trus saya periksa lg di Dokter yg berbeda tidak dikasih obat hanya disuruh minum obat maag bebas yg cair, kata Dokternya dr cara saya berbicara saya stress…(emang ada beban pikiran Dok). kemudian saya minum magasida sampai habis 1 botol perih & panasnya hilang tp rasa mengganjalnya (kadang2)dan rasa tertarik di dada atas kanan masih ada. Kemudian saya periksa ke Dokter yg berbeda lagi Dok, diagnosa masih gangguan lambung karena pikiran di kasih impepsa dan 2 obat lagi saya lupa namanya tp katanya untuk pencernaan semua. Emang jadi lebih baik Dok. tapi rasa mengganjal (kadang2) dan rasa tertarik di dada kanan atas masih ada. Sekarang saya coba terapi aloe vera setiap hari, kembung, sebah, perih, panas dan mual udah hilang tp rasa mengganjal (kadang2) dan rasa tertarik di dada kanan atas itu masih ada Dok…yg sekarang saya rasakan malah rasa mengganjal itu di ulu hati tp agak ke kanan dibawah payudara seperti dekat tulang iga Dok…kadang terasa di dada kiri jg tp hanya kadang2 saja.
    Saya akui Dok…kalau saya cemas atau punya pikiran nagatif jadi semakin terasa gangguan tersebut.
    Pertanyaan saya Dok:
    1. Apa yg sebaiknya saya lakukan Dok? periksa lagi ke Dokter atau gimana Dok? kalau periksa lagi ke Dokter apa Dok?
    2. Saya sakit apa ya Dok?

    NB:
    Saya lupa Dok, saya ada ganglion di persendian pundak kanan, ada hub dengan dada kanan atas yg kadang cenut2 tdk ya Dok?
    Saya sdh periksa kata Dokternya tidak berbahaya dan payudara saya jg bersih dari benjolan.
    Nafas saya agak berat Dok, tp kalau buat jalan pagi dan jogging saya kuat Dok tdk sesak.
    Rasa tertarik di dana kanan atas akan semakin terasa kalau saya membungkuk sambil batuk.

    Terima kasih sebelumnya, dan terima kasih atas kesediaan Dokter membaca keluhan saya yg panjang ini.

  158. 158
    igo Says:

    hallo ibu dokter apa kabar ??

    maag saya sekarnag ga begitu mengganggu dok,,hanya saja akhir2 ini kenapa badan saya seperti di cubit2 kaya di punggung,dada,pinggang2 ya dok

    terima kasih dok dan saya minta maaf mengganggu ibu dokter

  159. 159
    Eti Says:

    Dokter Sukma yg baik,saya masih menunggu jawaban & saran Dokter.

  160. 160
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eti,

    Pendapat saya sebaiknya anda bebaskan dulu pundak dari ganglion yang ada.Jadi datang ke dokter bedah umum agar ganglion tsb diangkat/operasi.

    Setelah itu,bila masih tetap juga terasa mengganjal didada kanan sebaiknya di rontgen dada (thorax foto).Kemungkinan ada pleuritis atau lainnya di selaput paru anda.

  161. 161
    Na Says:

    pagi dok.. saya mau bertanya bagaimana patogenesisnya atau patofisiologisnya penularan bakteri H.Pylori? yang saya dapatkan hanya caranya saja yaitu dari ibu ke janin, dari mulut ke mulut, dan dari anus ke mulut. tidak ada perjalanan bagaimana bakteri itu bisa berpindah dan menular kpd orang lain. mohon penjelasannya dok… terima kasih….

  162. 162
    Faruq Says:

    Hai Dok,
    langsung saja dok mau tanya, hampir kurang dari 2 tahun istri saya mempunyai gejala Maag dan sudah berulang-ulang minum berbagai macam obat dari kunjungan beberapa kali ke dokter.istri kadang dengan tiba pusing kepala sempoyongan, ulu hati kadang engap, kadang kalau udah kecapean langsung mual2 sakit di perut.
    terakhir kami sudah kedokter minta surat rujukan untuk endoskopi.
    1. bisa minta informasi rujukan rumah sakit yang terbaik di jakarta selatan karena posisi rumah kami di Depok.
    2.apakah harus biopsi endoskopi atau UBT ?
    3.biaya untuk endoskopi berapa? dan harus rawat inap kah

    ditunggu jawaban secepatnya dok

    Salam,
    FAruq

  163. 163
    Dr. Sukma Says:

    Hai Faruq,

    Langsung dijawab, ya.
    1. RS Podok Indah cukup baik di Jakarta Selatan
    2. Lebih dipercaya biopsi endoskopi dibandingkan dengan UBT,dari pengamatan statistik
    3. Beaya endoskopi tanyakan langsung ke RS bersangkutan. Tidak perlu rawat inap, setelah endoskopi istirahat sebentar di recovery room, langsung pulang

  164. 164
    Novie Says:

    Hi Dok,

    Saya mau tanya, seringkali pada saat malam saya tidur sering mengeluarkan keringat yang berlebihan, dan tidak hanya malam saja kadang kalau saya sedang santai tidak melakukan apa-apa tetap badan saya mengeluarkan keringat, dan akhir-akhir ini tangan saya juga sering berkeringat. Apakah ini berhaya dok? apakah ada hubungannya dengan sakit paru atau jantung?

    Terimakasih banyak dok.

  165. 165
    Dr. Sukma Says:

    Hai Novie,

    Keluhan anda seperti penderita TBC paru atau TBC kelenjar.
    Coba dicheck ke dokter penyakit dalam, agar dilakukan test Mantoux dan periksa darah LED. Kalau perlu rontgen thorax.

  166. 166
    indah Says:

    sore dok,dok saya baru 3 bln ini kena maag,tapi saya ngerasa bln ini sakit nya parah.saya sering mual tpi gk bisa muntah,perih gk ketulungan,kadang perut melilit.terus akhir-akhir ini,kalo tidur suka ngeluarin keringat.itu knp ya dok???makasih.

  167. 167
    Dr. Sukma Says:

    halo Indah,

    Coba saran dari pak Kunto dengan makan singkong rebus lumayan sering . Siapa tahu gejala maag anda bisa baik.

    Berkeringat malam saat kondisi perut mules, bisa saja. Meskipun gejala itu lebih spesifik untuk radang TB.

  168. 168
    Dr. Sukma Says:

    Hai Na,

    Patogenesis penularan HP antara lain :

    1. HP punya ‘pathogeneity island’, yang bisa merubah lingkungan mikro menjadi kurang asam alias PH-nya naik, sehingga HP dapat survive.
    2. HP juga menghasilkan Vcag dan Ccag yang merupakan antigen yang potent sehingga sulit dikenali T-cell dan sistem imun kita sebagai ‘non-self’ atau benda asing.

    Akibatnya HP bisa lolos dari penyisiran sistem immun kita. Selanjutnya anda baca lebih lengkap di buku text.

  169. 169
    Dani Says:

    dok,saya sudah ke5 bulan menderita maag kronis akibat H pilory.apakah saya perlu diendoskopi lg untuk melihat mati gaknya bakteri ini???

  170. 170
    tri Says:

    ass,,,
    mau tanyaa!!!saya mndpatkan info bahwa sakit maag pada wanita akan berdampak pada usia tuaa,,
    dampak seperti apa??n bagaimana cra mengatasi maag??
    biasa nya tuh krna apa ya pnyakit maag itu muncul???
    makasih,,
    wass,,

  171. 171
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dani,

    Yang penting keluhan sakit maag anda sudah reda dan mulai membaik. Bila begitu, tidak perlu endoskopi.

    Dokter yang merawat anda lebih tahu, kapan harus di
    endoskopi.

  172. 172
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tri,

    Saya tidak tahu dari mana pernyataan yang anda tulis itu. Penyakit maag pada wanita dan pria, sama saja. Yaitu dampaknya sejak sakit dan selama sakit maag. Bukan setelah tua…

  173. 173
    putra Says:

    aslmkm dok,

    mau tanya ya..udah 3 hari ini saya mengalami sakit/nyeri di punggung dan dada disertai sesak napas dan keringat dingin. pertamanya saya kira masuk angin terus saya olesin dada, perut dan punggung dengan balsem. saya sempet kerokan di bag.dada. awlanya sempet baikan tapi malamnya kok sesak napas terus punggung tu linu2 gitu..2 hari kemudian saya juga kerokan di bag.punggung..sempet kerasa baikan dok, tapi magrib kambuh lagi..kata dokter yg periksa ini karena mag saya..tapi saya kurang percaya..gimana ini dok?

  174. 174
    Dr. Sukma Says:

    Hai Putra,

    Pendapat saya kemungkinan ada 2 : sakit jantung atau sakit maag. Sebaiknya kunjungi dokter penyakit dalam, agar diperiksa teliti. Kalau dianggap perlu lakukan rekam jantung (EKG) dan periksa Cholesterol, dll.

    Keduanya sering overlapped, sehingga sulit dikenal tanpa pemeriksaan yang lebih terarah seperti diatas.

  175. 175
    Aditya Limanto Says:

    Yth. Bu Dr Sukma, saya mengalami diare sudah 2 minggu ini, dan perut sering berbunyi terutama saat tidur,sering terbangun malam hari.Feses rutin diperiksa semua normal,skrg sdg mnunggu hasil kultur feses.Setlh 3 hari minum New Diatabs dan Immodium tdk membaik,oleh Dr internist saya diberikan Danoflox,Metronizadole,Gabbryl,Famotidine dosis 3hari. Lalu krn masih terus diare 3-4x sehari,diberikan Zithromax dosis 4kaplet/2hari ditambah Zinkid,spasmomen dan rillus.Skrg saya masih tetap diare,tidak ada mun. 3bulan yang lalu saya memang pernah kena gastritis TAPI TIDAK DIARE, diendoskopi dan diberikan obat renapepsa,mucosta,lacidophil dan spasmomen. Saya cemas,apakah penyebabnya bakteri HP atau lainnya. Pernah baca di blog klu HP itu bisa diobati dgn Amoksilin,Claritrhomicyn dan omeprazole dosis 10-14hari. Mohon saran Dr sebab saya bingung sudah minum banyak obat, klu bisa ingin mghindari untuk endoskopi lagi.Terima kasih.

  176. 176
    Dr. Sukma Says:

    Hai Aditya Limanto,

    Analisa saya anda kemungkinan menderita IBD yaitu Crohn’s disease dengan keluhan diare berkepanjangan meski telah diobati. Yang jelas BUKAN GASTRITIS.

    Untuk menegakkan diagnosa Crohn’s ds biasanya dilakukan kolonoskopi oleh dokter penyakit dalam divisi Gastro.

  177. 177
    mima Says:

    Yth. Ibu Dokter Sukma, saya seorang ibu rumah tangga,saya dikaruniai 3 orang putra, saya megandung lagi anak ke 4 namun keguguran otomatis di adakan tindakan kiret,…setelah berjalan lancar sampai dengan hari h tindakan kiret masih keluar darah sediki-sedikit, namun menjelang 40 hari berjalan, keluar darah banyak sekali dan saya panik sekali…memang klu di hitung itu masa-masa haid saya, apa normal masih ada darah keluar lumayan cukup banyak,…tapi tidak terasa apa-2 di perut saya…thx bu dokter yang baik..

  178. 178
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mima,

    Sebaiknya lupakan saja semua yang telah anda alami. Dengan perdarahan banyak serta anda tidak merasakan apapun, itu pertanda baik.

    Rahim anda telah bekerja maksimal untuk mengeluarkan sisa-sisa jaringan sisa konsepsi/kehamilan.

  179. 179
    hendra Says:

    Dear Dr. Sukma,

    Istri saya didiagnosa positif Helicobacter Pylori dari hasil endoscopy.
    Saat ini sedang dalam perawatan dan pemberian antibiotik, tapi istri saya tidak tahan terhadap reaksi yang ditimbulkan oleh antibiotik tersebut. Mohon saran.
    Dalam 1 bulan ini, sudah 3 kali opname dengan kasus yang sama, karena setiap pulang kerumah dan mengkonsumsi antibiotik oral kondisinya malah menurun dan kesakitan.

    Salam,

  180. 180
    Dr. Sukma Says:

    Hai Hendra,

    Isteri anda reaksi tubuhnya tidak tahan alias alergi terhadap antibiotika yang dib erikan untuk memberantas HP.

    Dokter yang merawatnya seharusnya mengganti antibiotika tsb dengan yang lain, yang dapat ditolerir oleh tubuh penderita. Sebaiknya DICATAT, kira2 obat yang mana yang mengakibatkan alergi tsb.

    Sehingga next time, kemanapun berobat agar selalu diingatkan ke dokter yang akan menulis resep, bahwa istri anda TIDAK TAHAN terhadap OBAT TERTENTU itu, untuk mencegah terulang lagi kejadian yang sama.

  181. 181
    Aditya Limanto Says:

    Yth. Bu Dr Sukma, Aditya Limanto kembali lagi.Pada pemeriksaan lanjutan untuk kultur feses yang disarankan Dr internist hasilnya semua normal.Mengenai Crohn disease ini penyebab dan gejalanya apa saja, apakah berbahaya ya klu saya sudah lebih dari 2 minggu ini diare 3x sehari dan bagaimana terapi pengobatannya sehingga sembuh total.Terakhir Dr saya memang sarankan kolonoskopi.Saya sulit membedakan bunyi suara perut berasal dari lambung atau dari usus, jadi pikiran saya tadinya hanya gejala gastritis. Berat badan sudah turun 3 kg, kadang2 lemas spt anemia. Terakhir Dr ada kasih resep Dudencer, apakah ini cocok. Mohon saran Bu Dr yang baik.Terima kasih.

  182. 182
    Dr. Sukma Says:

    Hai Aditya Limanto,

    Crohn’s disease memang gejalanya seperti yang anda tulis. Untuk tegak diagnosa, harus dilakukan kolonoskopi.

    Setelah dapat diagnosis pasti, barulah dapat diberikan terapi yang tepat dan terarah. Bukan mencoba-coba segala macam obat yang hanya berakibat semakin kaburnya penyakit dan mematikan flora dan mikroba normal didalam usus…

  183. 183
    Aditya Limanto Says:

    Yth. Bu Dr Sukma, terima kasih atas tanggapannya. Saya akan ikut saran Bu Dr untuk kolonoskopi.Pertanyaan lanjutan,bila Crohn diagnosanya apakah bisa diobati tuntas dan berapa lama. Juga bagaimana pola makan saya,pantangan dan seharusnya.Mohon saran Bu Dr.

  184. 184
    Dr. Sukma Says:

    Hai Aditya Limanto,

    Dokter penyakit5 dalam subdivisi Gastro pasti sudah tahu terapi Crohn’s ds. Jadi koolonoskopi dulu, bila ternyata Crohn’s ikuti saja aturan minum obat yang akan diresepkan untuk anda.

    Pantangan sama seperti diare biasa, semua yang merangsang gerakan usus agar distop sementara seperti : makanan/minuman asam, pedas dan santan. Perbanyak minum air putih, oralit atau air mineral, mencegah dehidrasi.

  185. 185
    TP Says:

    dok,,makanan yang seperti apa yang biasany sering ditemukan HP?? apakh smua makann yg tdk hygienes atau ada faktor lain. Trmksihh

  186. 186
    Dr. Sukma Says:

    Hai TP,

    Persis seperti dugaan anda. Semua makanan dan minuman yang tidak higienis berpeluang besar mengandung kuman HP.

    Dari proses pembuatannya, ‘food handler’nya sampai ke penyajian makanan, semuanya harus higienis. Sama seperti menghindari diare, tifus, kholera dan dysentri.

    Penderita gastritis akibat HP dengan rumah berjamban- terbuka, akan sangat mudah menularkan kuman HP ke semua penghuni lain dirumahnya.

  187. 187
    TP Says:

    dok,saya mau tanya lagi,gimana pengaruh HP terhadap bahan pangan,apakah akan berbau busuk atau berubah warna atau ada lain nya??
    oia pengaruh ke minuman juga yaa bu..
    saya maasiswa teknologi pangan mau tau tentang pengaruh HP terhadap pangan.
    ada lagi bu,kalau oramg yang sudah terinfeksi HP,cara mendeteksi nya gimana yaa bu?
    tolong banget yaa,bu

  188. 188
    Dr. Sukma Says:

    Hai TP,

    Saya belum menemukan literatur yang mengidentifikasi mana makanan yang dicurigai dan biasanya disenangi kuman HP.

    So, pls browse elsewhere..

  189. 189
    gir Says:

    dok,, saya mau tanya.
    HP kan adanya di lambung. tapi knp bisa ditularkan lewat mulut penderita yang mengunyah mkanan dan dimkn oleh ank kecil?? trmaksih atas infonya.

  190. 190
    Dr. Sukma Says:

    Hai Gir,

    Penderita gastritis kan sering terjadi reflux, alias aliran balik makanan dari lambung ke esofagus dan mulut yang menimbulkan rasa asam dan pahit.

    Akibatnya, dalam liur dan rongga mulut penderita sakit maag yang disebabkan HP, akan selalu terdapat kuman HP dalam jumlah sedikit atau banyak tergantung jarang atau sering terjadinya reflux..

  191. 191
    Lina Says:

    Dear Dr. Sukma,

    Ayah saya terdeteksi kuman H.Pylori (dgn tes UBT) dan pernah menjalani pengobatan dengan antibiotik yg cukup keras sampai ayah saya tidak tahan mengkonsumsi. Ke beberapa dokter lain (endoskopi), tidak ditemukan bakteri tersebut. Tetapi ayah saya tetap mengeluh masalah di lambung nya yg sakit. Bisa tolong diberikan informasi, kemana sebaiknya ayah saya berobat agar bisa sembuh?

    Thanks,

  192. 192
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lina,

    Memang bagi sebagian penderita gastritis disebabkan kuman HP obat anti-HP sangat keras, tidak tahan dan melemaskan tubuh pederita, akhirnya drop out.

    Sebenarnya pemeriksaan endoskopi lebih sensitif dibanding UBT untuk mendeteksi adanya HP.

    Karena dengan pemeriksaan endoskopi tidak ditemukan kuman HP, maka kita anggap saja ayah anda gastritis bukan karena HP.

    Mungkin bisa dicoba minum vitamin OMEGA-3 yaitu vitamin ANTI-STRESS yang dibuat dari minyak ikan salmon.

    Kita berharap pengeluaran asam lambung akan berkurang dengan rutin minum Omega-3 setiap hari satu kapsul pagi setelah makan.

    Efek baru mulai terasa setelah 2-3 bulan minum Omega-3. Coba juga sering-sering makan singkong rebus,karena kanji atau amylum dapat melapisi dinding lambung yang sedang luka-meradang.

  193. 193
    Herman Says:

    Yth Bu Dokter Sukma,

    Saya baru di endoskopi dan dinyatakan ada HP.
    Kemudian diberi Nexium 20mg untuk 1 minggu. Disertai 2 antibiotik juga untuk 1 minggu.
    Kemudiang dilanjutkan dengan Nexium 40mg untuk 2 bulan.
    Baru 2 hari ini saya perhatikan kok feces saya berwarna hitam ya.
    Apakah itu normal? Tolong informasinya ya Dok.
    Terimakasih sebelumnya.

  194. 194
    Dr. Sukma Says:

    Halo Herman,

    Feces warna hitam, artinya telah terjadi perdarahan pada saluran cerna atas (esofagus dan lambung). Kemungkinan telah terjadi luka-luka lecet pada dinding lambung anda dan bisa jadi telah terjadi ulkus atau tukak lambung.

    Sebaiknya observasi dalam satu minggu ini. Bila feces masih tetap berwarna hitam, sebaiknya lapor ke dokter yang merawat anda agar diberikan obat anti-ulcer.Kalau perlu dicheck Hb agar tahu seberapa parah perdarahan itu.

  195. 195
    Herman Says:

    Terimakasih atas penjelasan Bu Dokter, saya akan pantau kondisi ini.

    Regards,
    Herman

  196. 196
    Diat Says:

    Selamat malam dok,
    Dok empat bulan yang lalu saya pernah strss lambung luka karena pedas/kopi sehingga waktu itu lambung saya luka berat. nah akibatnya sekarang hampir tiap hari sering terjadi perih lambung. dan kalau sudah kambuh terasa perih sekali dan rasa sesak. seperti GERD. atau kalau saya capek atau kesal pasti kontan kambuh. apa yang harus saya perbuat, saya sudah banyak minum obat maag. macam-macam termasuk obat alternatif. mohon advicenya. terima kasih
    Diat

  197. 197
    Dr. Sukma Says:

    Halo Diat ,

    Yang penting bagaimana mengendalikan stress termasuk kesal. Karena kondisi stress itulah pangkal terjadinya produksi dan sekresi asam lambung yang melimpah.

    So, lakukan latihan meditasi atau yoga, untuk menenangkan pikiran. Plus konsumsi vitamin anti-stress berupa omega-3 yang dibuat dari minyak ikan salmon.

    Selanjutnya aloevera dan singkong rebus yang dikonsumsi semau anda. Kedua bahan alamiah ini akan melindungi dinding lambung agar tidak bertambah lecet dan perih akibat asam lambung.

    Istirahat tidur malam tidak kurang dari 8 jam. Terakhir selalulah berpikir positif. Buang jauh2 pikiran negatif : dengki, irihati, benci, kesal, marah, dll.

  198. 198
    Diat Says:

    Terima kasih atas penjelasan ibu dokter.
    Nuhun

  199. 199
    Taufik Says:

    Dear Dr.Sukma,

    Saya Taufik umur 25 tahun. berawal dari 2 minggu yg lalu, setiap kali saya kekenyangan saya selalu muntah. sejak itu, saya sering sekali bersendawa dan setiap menjelang sore/malam saya merasa berat dan susah tiap tarik nafas dalam. minggu lalu, saya sdh rontgen paru-paru & hasilnya normal. diagnosa wkt itu saya menderita gastritis, atau bahasa awamnya kena maag. dan kemudian saya diberi obat ranitidin dan omeprazol (kalau tdk salah). sejak diberi obat tsb sampai dengan hari ini, saya sdh tidak muntah lagi tetapi masih bersendawa & susah/berat menarik nafas dalam2. sekarang obat tsb sdh mau habis (sisa utk 1 hr lagi diminum).
    Apa benar saya menderita gastritis? seberapa parah gastritis saya dok, krn smpai skrg msh bersendawa & susah tarik nafas dlm2? apa yg harus saya lakukan skrg utk dapat kembali sembuh? Mohon saran bu dokter.
    Terima kasih banyak dok.

  200. 200
    Dr. Sukma Says:

    Hai Taufik,

    Sepertinya benar anda menderita gastritis. Dan penyembuhan gastritis tidak mungkin cepat, perlu waktu cukup untuk meredakan asam lambung yang terlanjur melimpah.

    Perbaiki kebiasaan makan anda menjadi pola FSF yaitu frequent small feeding alias makan dalam porsi kecil, namun sering-sering.

    Hindari semua pantangan makan dan minum penderita maag seperti ditulis dalam posting saya ‘bagaimana menghindari perut kembung bla..bla.. dalam situs saya ini.

    Terpenting pikiran harus tenang, tidak banyak beban…

  201. 201
    fazri Says:

    halo dok,
    saya fazri usia 22 tahun, saya sudah periksa kedokter dan hasilnya, ditemukan kuman Helicobacter Pylori yang menyebabkan saya menderita Tukak Lambung. sudah 2 bulan saya menjalani pengobatan dengan minium obat secara teratur, tapi asam lambung saya masing sering kambuh, kembung, nyeri, dan rasa terbakar didalam lambung jika berada dalam ruang ber-AC! Dan saya sering mengalami pusing, disertai lemas seperti mau pingsan.
    pertanyaan saya, apakah tukak lambung yang saya alami ini bisa mengakibatkan kepala sering pusing dan lemas? apa yang saya lakukan? Terimakasih.

  202. 202
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fazri,

    Waktu 2 bulan masih belum cukup untuk penyembuhan tukak lambung akibat kuman HP.Jadi kontrol teratur ke dokter yang merawat anda. Agar dapat dinilai sejauh mana dampak obat terhadap kondisi anda. Kalau perlu diberi tambahan anti-HP.

    Disamping obat2 dari dokter untuk membasmi HP, anda boleh barengi dengan aloevera dan makan singkong rebus sering-sering, untuk melapisi dinding yang luka-luka lecet sampai luka serius yang berbentuk tukak/ulkus pada lambung anda.

  203. 203
    yessi Says:

    mlm dok sy skt maag sdh 5 thn, 3thn yg lalu sy prnh endoscopy hslnya gasritis rgn tp 2 bln blkgan ini sy srg sesak nafs lalu sy priksa jantung dgn tritmiil dan eho hslnya bagus sy diksh obat pariet narfos dan xanak utk 2 mgg tp keluhan sy tdk hlg juga seprti sesak nafas skt ulu hati dan pert sy bunyi2 sperti ada yg jln skrg sy hya berobt terapi refleksi saja karna sy tkt kn ginjal sy klu kbykan mnm obat tp sy ingin cb aleo vera gmana caranya dan brpa kali sehari apakah hrs mkn dulu ? sy berhrp atas jawbannya trms

  204. 204
    dewi Says:

    Yth
    Dr.Sukma

    Nama saya dewi Kartika sekarang saya sedang mengalami sakit pada lambung hingga ke ulu hati dan sekarang sering mengalamisesak napas keadaan ini sudah 3 bulan lamanya , saya sudah mencoba berbagai obat seperti Propepsa, pantazol, dll dari dokter saya tapi tidak ada perubahan…dan saya sudah mencoba juga saran dokter sukma yaitu lidah buaya saya sudah mengkonsumsi sejak 3 hari yang lalu tapi tidak ada perubahan mohon saran bu dokter sukma kira2 penyakit saya apa ya …mohon penjelasannya

  205. 205
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yessi,

    Saya setuju anda berhenti konsumsi obat2an dan berobat ke alternatif. Sambil dibarenngi konsumsi aloevera baca di artikel saya ini.

    Buang getahnya yang kuning, akan tetapi lendirnya yang bening harus dimakan. Karena bagian berlendir dan dagingnya yang transparan bagai kristal itu merupakan BAHAN AKTIF dari aloevera.

    Terakhir anda berlatih nafas panjang. Hirup dari hidung dan keluarkan nafas dari mulut.Latihan 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Setiap sesi latihan minimal setengah jam sampai satu jam.

    Agar pikiran anda tenang. PIKIRAN TENANG paling penting dalam penyembuhan gastritis/sakit maag.

  206. 206
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dewi,

    Coba baca jawaban saya untuk Yessy di posting # 205. Saran saya persis seperti itu.

  207. 207
    agus Says:

    dear dok,
    sy punya keluhan mual, perut penuh trus dah tes SGOT, SGPT, ECG, HP semua normal aj trus ke dokter umum di kasih vometa, pumpitor n sanmag, yang jadi masalah kok mualnya kadang muncul kadang ilang itu kira2 kenapa ya coz mualnya cukup mengganggu, apa perlu endoskipi ya? terima kasih sebelumnya

  208. 208
    Dr. Sukma Says:

    Halo Agus,

    Jangan terlalu agresif. Untuk mual anda boleh coba ngemut permen asem/tamarind yang banyak dijual.. You should try..

  209. 209
    alfan Says:

    maaf dok, izin buat testiny..
    saya Alfan, mahasiswa dokter di FK UNRI angkatan 2005, teman Boby..
    saya cuma menyampaikan salut buat dokter, di sela kesibukannya masih sempat mejawab konsultasi siapapun di blog ini…
    mudah”an ini semua dapat menjadi motivasi saya kelak menjadi dokter.. terima kasih dok..

  210. 210
    Tiur Says:

    met mlm Dok..
    Slm kenal, nama sy Tiur, umur sy 25 thn.
    Dok, 4 thn yg lalu syr rawat inap dRS Siloam Tangerang krn sakit tukak lambung. tpi sampai skrg perut sy sering perih, berbunyi dan kepala sy sering pusing, seperti mau pingsan, badan juga lemas Dok.
    Saya hrs bagaimana Dok, saya ingin sembuh.;
    mkasi Dok

  211. 211
    Dr. Sukma Says:

    Hai Alfan,

    Semoga anda dapat menyelesaikan kuliah di FK tepat waktu. Dan menjadi dokter yang baik dan berguna bagi masyarakat luas. Amien …

  212. 212
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tiur,

    Prinsip utama dan terpenting penyembuhan sakit maag dan tukak lambung adalah PIKIRAN TENANG.

    Untuk tujuan itu, sebaiknya lakukan latihan nafas panjang atau yoga atau meditasi. Lakukan setiap hari, dua kali sehari yaitu pagi dan malam hari sebelum tidur.

    Setiap sesi latihan minimal setengah jam sampai satu jam idealnya.

    Rasakan PERUBAHAN yang terjadi pada lambung anda, setelah melakukan latihan nafas panjang/ yoga/meditasi minimal selama 2(dua) minggu secara rutin.

  213. 213
    fang fang Says:

    halo dokter saya penderita mag dan sudah di endoskopi dan hasilnya terdapat kira kira sepuluh polip. Apakah polip itu harus dibuang .Hasil pemeriksaan darah ada marker tumor tp sdh dua jali diendoskopi tdk ditemukan tumor hanya polip saja. Apa yang sy hrs sy lakukan dokter? Salam dari Fang Fang

  214. 214
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fang Fang,

    Polip multipel di lambung biasanya adalah hyperplastic polyp. Polip ini kalau tidak mengalami iritasi khronik dan berlanjut menjadi displasia sel-sel epitelnya, sebenarnya aman.

    Adanya polip sering menyebabkan gangguan pencernaan dan atau perdarahan. Dan polip juga akan membesar dari hari-kehari.

    Saya pribadi cenderung untuk membuang polip tsb, sebelum terjadi komplikasi.

    Sebaiknya anda konsultasi dengan dokter gastro-enterologist handal di RSCM atau di Singapore. Dengarkan pendapat mereka..

  215. 215
    sugi Says:

    Bu dokter,saya mengalami gejala ulu hati sakit/perih, terasa dingin serta nafas terasa sesak, selain itu saya merasa kepala saya pusing dan demam ringan, saya sudah berobat ke internist dan akhirnya disuruh buat usg, hasil usg menyatakan saya menderita gastritis,

    kemudian saya diberikan obat omeprazole, acitral,obat racikan yang terdiri dari campuran vometa dan braxidin, serta obat enzim pencernaan. tetapi setelah mengkomsumsi obat selama sebulan lebih hasilnya belum ada kemajuan berarti, kadang-kadang ulu hati masih suka perih, dan pasti diikuti dengan demam ringan, tetapi saya perhatikan bagian tubuh yang demam hanya pada bagian perut dan leher saja, sedangkan bagian tubuh lain seperti tangan, kaki dan dada normal saja suhunya.

    pertanyaan saya apakah ada kemungkinan saya terkena kuman HP berdasarkan gejala yang saya alami?
    sudah beberapa kali saya bolak balik dokter karena sakit saya belum sembuh, tetapi dokter ga pernah menyinggung kemungkinan sakit maag karena bakteri ini

    apakah normal sakit maag saya diikuti dengan demam ringan dan pusing ?

  216. 216
    yessi Says:

    hallo dokter yg baik hati sy sdh mngkonsumsi aleo vera paginya klau mlm sy minum rebusan daun binahong sdh dua mggu ini rutin tp sy msh sesak nafas dan ulu hati saya msh skt dan daerah perut sya ngga karuan deh dok apakah menurut dokter sy balik lg k dokter dan mt di endoskopi lg biar pengobatan lbh tepat yah dok`,krna sy tkt jadi tambahparah .dokter apakah obat maag bisa merusak ginjal kita klau banyak n lama dikonsumsi tp sy byk minum air putih sih dok.saya berharap jawaban dari dokter

  217. 217
    ratnaningsih Says:

    ytc Dr Sukma
    adik sy umur 27 sedang hamil 8 minggu punya penyakit maag sekarang mengalami NGIDAM rasa mual perut terasa panas apakah boleh mengkonsumsi LIDAH BUAYA dan solusinya bagaimana? tks

  218. 218
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sugi,

    Ada kemungkinan gastritis anda disebabkan kuman HP. Untuk itu perlu dilakukan biopsi endoskopi, agar dibuktikan ada tidaknya HP.

  219. 219
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yessi,

    Pada dasarnya hampir semua obat bersifat toxic terhadap tubuh kalau diminum dalam jangka panjang.

    Ada yang mengganggu kerja hati (hepatotoxic) dan ada yang mengganggu kerja ginjal (renotoxic).

    Jadi bila sudah lama konsumsi obat2 namun belum ada perbaikan berarti, sebaiknya obat distop saja.

    Sebaiknya kita merubah life style yang tadinya sibuk penuh kompetisi dan stressful menjadi nyantai dan ‘back to nature’.

    Lakukan latihan nafas atau meditasi atau yoga. Hindari semua makanan dan minuman pantangan penderita sakit maag. Dan berpikir positif, jauh dari rasa dengki, irihati, permusuhan, culas, dst.

    Perlu waktu, dan secara berangsur-angsur niscaya kondisi anda akan pulih kembali. Trust me…

  220. 220
    yulianus z Says:

    dok, saya sering sesak karena gerd. apa saya bisa minum khlorofil ? selain inpepsa dan omeprazol apakah ada obat lain yg bisa sy konsumsi? kalau endoskopi itu berapa biayanya dok?

  221. 221
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yulianus z,

    Khlorofil boleh diminum penderita GERD. Boleh dicoba Omega-3, vitamin anti-stress.

    Soal beaya endoskopi, saya kurang paham. Setiap RS atau dokter operator endoskopi berbeda-beda.

  222. 222
    Vinna Says:

    Dok, sy sering merasa sesak, kadang nyeri di dada kiri maupun kanan sampai kepunggung. Kt dr asam lambung naik.Tp sepertinya lambung sy jd sangaaattt sensitif. Nggak Bila sedikit sj makan asam atau pedas lsg kambuh. Kenapa begitu dok? Apa sebabnya?Trims

  223. 223
    putra Says:

    Halo dok, makasih ya atas jwaban pertnyaan yg sblmnya. Ternyata emg yg kmrin krn mag kumat.Dok, saya tanya lagi ya.
    Bagaimana mnurut anda ttg gurah itu? yg ktanya klu lndir g bsa klwr dri tbuh akan mnyebabkan pnykit, mnghmbat brpkir dsb. trus trang sy lg mrasa ada lndir ato dhak yg g bsa klwr2, krn sy tpe yg g bsa nglwrin dhak dgn mdah.
    Trims dok..

  224. 224
    yudy Says:

    hallo dok….. sya yudy, apakah dgan mngkonsumsi klorophil bsa mnyembuhkan pnyakit , yg dsebabkan krn suntikan bhan kimia yg dmasukkan ke btang mr p , shingga mnimbulkan pembengkakan dan pgerasan yg mngkin dsbabkan trsumbatnya pembuluh drah pda area mr p..? yg mngkin mngandung toxsic, apakah dgn mngkonsumsi klorophil bsa mghilangkan atw mgangkat toxsic itu????

  225. 225
    dewi's Says:

    halo dok,
    saya menderita sakit pada lambung sebelah kanan apa itu juga bisa di sebut sakit maag?kalau sedang kambuh sakitnya sampai ke pinggang.apa nama yang tepat untuk penyakit saya ini.obat maag yang diberikan dokter kayaknya g ada perubahan.

  226. 226
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dewi,

    Analisa saya kemungkinan ada gangguan di liver atau ginjal kanan anda. Untuk mendukung dugaan itu perlu diperiksa lab. fungsi hati (LFT) dan Urine lengkap disertai Ureum dan Creatinine.. Nanti kita lihat, mana yang bermasalah, hati atau ginjal anda.

  227. 227
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fanny Febri,

    Dari hasil lab yang tertulis, anda menderita sakit tifus abdominalis yang cukup serius. Jadi sebaiknya anda bed rest, JANGAN melakukan aktivitas apapun, agar pemulihan kondisi tubuh bisa berjalan cepat, sesuai harapan. Terus makan makanan lunak seperti bubur dan juice, agar tidak memberatkan kerja pencernaan/dinding usus anda yang sedang mengalami luka-luka semacam sariawan. Sehingga makanan dengan kandungan gizi didalamnya akan gampang diserap oleh usus halus anda.

    1. Mengenai obat, sebaiknya anda diresepkan oleh DOKTER INTERNIST, jangan mengobati sendiri. Mengingat pengobatan tifus akan berlangsung cukup lama, minimal 3 minggu. Untuk menghindari efek samping obat terhadap organ hati dan ginjal anda.
    2. Obat herbal yang anda tulis boleh dibarengi dengan obat2 dari dokter.
    3. Saya tidak tahu obat kapsul terbuat dari cacing tanah.

  228. 228
    fanny febri Says:

    dear dr.Sukma

    terimakasih ats pencerahannya..
    saya memang continue mengkonsumsi makanan lembut slm di vonis thypus. namun masih ada bbrp hal yg ingin saya tanyakan,

    1. sebenarnya nufaclav dgn cloramphenicol bedanya apa?

    2. apakah saya perlu di opname?

    3. apa arti dari hasil lab Salmonella thypo O 1/320 dan Salmonella parathyp C-H 1/640 sebenarnya? november 2009 saya sempat diopname krn thypus namun tdk sebegini tinggi angka yg tertera pd hasil lab nya.

    4. ini adalah thypus ke-5 yg saya derita 1tahun belakangan. makan pedas sedikit langsung kumat. apa saran dokter untuk orang yang imunitasnya buruk spt saya? apakah perlu untuk di vaksin tipes mengingat saya sangat rentan thdp pnykt ini?

    terima kasih byk dok atas jawabannya..

  229. 229
    fanny febri Says:

    siang dok..
    ada satu lg yg ingin saya tanyakan.
    sy sudh menemui internist. beliau bertanya apakah BAB saya berwarna hitam, kecil2 (maaf, seperti kotoran kambing). BAB sy tdk berwarna hitam, tetapi memang lbh gelap dr biasanya, dan bentuknya kecil2, serta berbau khas (seperti bau amis darah). dokter internist tersebut memberi sy obat2 lambung, tp tdk memberi sy antibiotik, krn mnrt ybs sy bukan tipes. seharusnya tipes demam tinggi, tp sy tdk demam sm skali. pd awalnya nyeri di perut sy rasakan di sebelah kanan pusat, tp sy jg merasakn sakit (nyut2an) di kiri bawah.

    kiranya mohon penjelsan dr dr.Sukma.. terima kasih..

  230. 230
    hendi Says:

    Dokter Sukma, sy mau bertanya seputar keadaan sy. Sy saat ini mengalami gastritis kronis superfisialis (berdasarkan endoskopi)yg disebabkan bakteri HP. Setelah meminum obat dr dokter (berlatar belakang tropical medicine) HP sy dinyatakan negatif. Namun karena obt yg diberikannya terlalu bnyk antibiotik akhirnya sy memutuskan pindah ke dokter internis penyakit dlm(bagian gastroenterohepatologi). Keadaan sy saat ini masih sngt sensitif bagian lambung sy (hny bisa mkn sop bening daging tanpa bumbu dapur mcm bawang2an, kacang2n,cabai,dll). Sy menerapkan small feeding (tiap 2jam sekali mkn)sejak pertama skt. Meskipu sdh meminum obt (gastrolan,nexium,& vometa)ternyata asam lambung sy tetap bnyk dan tiap 2 jam hrs mkn nasi. Saat ini sy juga msh suka kembung bila telat mkn..muncul keluhan baru yaitu timbulnya bisul di daerah wajah dan leher setelah minum obt2 tersebut, bukankah bisul itu karna infeksi?padahal HP sy sdh negatif..Sdh 3 bln kondisi sy seperti ini, apakah yg hrs sy lakukan dok?pengobatan atau pemeriksaan apalagi yg hrs sy lakukan?apakah tepat sy ke dokter bag itu?apakah memang lama enyembuhan dr HP? terima kasih banyak dok, Tuhan memberkati.

  231. 231
    Dr. Sukma Says:

    Hai Hendi,

    Yang saya tahu terapi HP satu siklus itu lamanya 2 bulan. Bila keluhan masih ada dan endoskopi ulang masih ditemukan HP, maka terapi bisa ditambah satu siklus lagi. Demikian seterusnya, sampai kuman HP benar-benar habis ditumpas/ eradikasi.

    Untuk bisul-bisul diwajah TIDAK ada hubungannya dengan HP di lambung anda. Bagaimana dengan kadar gula darah anda? Bisul-bisul diwajah selain faktor higienis juga bisa pada penderita DM, dimana gula darahnya lebih tinggi dari normal.

    Anda sudah tepat ke dokter gastroenterohepatoloog. Coba juga latihan nafas panjang/ yoga atau meditasi agar pikiran anda tenang. Biasanya sakit maag akan membaik dan akhirnya sembuh tuntas bila pikiran dijaga selalu tetap tenang, tanpa beban..

  232. 232
    hendi Says:

    Terima kasih dokter atas masukannya,salam sejahtera..
    Mohon petunjuk lanjutan dok..hasil gula darah sy normal dok..rentang waktu antara sy positif HP (berdasarkan cek darah) dan kemudian dilakukan endoskopi kurang lebih 1 bulan lamanya. Selama periode itu sy diberikan obat lalu juga dilakukan cek darah ulang, dan hasilnya negatif, kemudian setelah diendoskopi hasilnya juga sudah negatif HPnya. Setelah itu sy berganti dokter (bagian gastroenterohepatologi) dan beliau tdk menyinggung soal terapi HP karena menurutnya HPnya sdh negatif. Apakah cukup dok wkt selama 1 bln itu utk membunuh HP?terapi HP itu memangnya seperti apa dok?perlu sy pertanyakan ke dokter sy saat ini?apakah kondisi lmbng yg disebabkan oleh HP jadi sensitif seperti itu? dokter praktek di jakarta atau tdk?apakah dokter ada situs jejaring seperti facebook utk dpt berbincang lbh dlm?bagaimana caranya bergabung dlm blog dokter ini?

  233. 233
    Dr. Sukma Says:

    Hai Bowie,

    Saya setuju bila anda menunggu kondisi anda lebih baik untuk dilakukan pemeriksaan endoskopi. Jawaban atas pertanyaan anda :
    1. Tidak mesti demam. Radang pada umumnya menimbulkan demam. Tapi pada infeksi HP penderita gastritis jarang yang mdemam
    2. Tidak ada ciri fisik dari luar yang khas untuk seseorang yang terinfeksi HP
    3. Boleh tunggu kondisi lebih baik, baru dilakukan endoskopi. Agar secara mental anda siap. Padahal endoskopi tidak susah prosedurnya, dan tidak lama waktu yang diperlukan serta biasanya penderita diberikan anestesi umum.

  234. 234
    Pretiwi Says:

    Hallo Dok, ayah saya saat ini masih terbaring di ICU setelah operasi tukak lambung yang terkikis oleh bakteri Pylori dari hasil PA setelah operasi, sampai operasi 2 kali karena walau sudah operasi recovery tak kunjung membaik, masih rembes dari luka operasi dan perut kembung, kini bapak saya mulai secara mental down karena hab\mpir 3 minggu di ruang ICU, apa yang dokter sarankan untuk kami, mohon bantuannya. Terimakasih.

  235. 235
    Dr. Sukma Says:

    Halo Pretiwi,

    Apa yang bisa dilakukan adalah anggota keluarga dekat hendaknya memberikan support moril yang positif, artinya bangkitkan semangat bapak. Bahwa bapak pasti bisa melalui ujian berat ini, karena bapak orang yang tangguh, tidak gampang menyerah. Semua anggota keluarga berdo’a memohon kehadiratNYA agar diberikan kesembuhan, kalau perlu sholat tahajud ditengah malam dan memohon dengan sepenuh hati kepada Allah SWT, kalau perlu sampai meneteskan air mata…

  236. 236
    Martin Says:

    dokter, apakah bakter HP bisa diketahui melalui tes darah?
    terimakasih.

  237. 237
    Dr. Sukma Says:

    Hai Martin,

    Bisa yaitu dengan pemeriksaan IgM dan IgG HP dilakukan di lab, patologi klinik.

  238. 238
    eldi's Says:

    Malam Bu dokter,salam kenal.saya mau numpang tanya : suami say setahun yg lalu sering kali cegukan,bukan karena habis makan atau kurang minum.pernah smp 2 mg.smp2 badannya sakit & pegel semua.tapi kemudian sembuh sendiri.selasa 28 apr suami saya diopname krn ada penyumbatan pembuluh darah otak kiri 5x2x2.tensi saat itu 185/100,kolest 310,triglisrt 214,DM p 154 2jm pp 182,hba1c 9,2.setelah turun semua selasa 4 mei pulang ke rmh.selasa pagi dpt obat baru PANTOZOL diminum 30 mnt sblm sarapan. Bbrp jam kemudian suami saya cegukan smp skr.kamisnya ke dkt syaraf,diberi LARGACTYL 25mg 5 tblt dijadikan 20 cps diminum 2×1.tp kok masih cegukan terus ya? Yg sy mau tnykan apakah PANTOZOL bisa memicu cegukan ? Apa yang harus saya lakukan?kasihan,saya yg liat saja cape apalagi yg mengalami.tx ya dok,semoga bisa memberi solusi buat saya.

  239. 239
    dodi katamsi Says:

    dok mautanya nih…. say khan menderita TB, sekarang pengobatan saya sudah masuk bulan ke 7, yang saya mau tanyakan adalah ketika ronsen terakhir di bulan ke 6 hasil ronsen mengatakan ada perbaikan tapi masih ada bercak apex lateral di paru kiri dan bronkhictasis di periheler kiri, itu maksudnya apa ya dok?
    terus semenjak pengobatan bulan pertama saya merasakan keringat berlebih, terutama pada saat setelah makan, kalo kata dokter sih itu wajar, tapi bagaimana cara membedakan dengan keringat malam, yang menjadi ciri khas gejala penderita TB, karena bila setelah makan malam keringat yang berlebih itu juga keluar, tapi saya tidak pernah mengalami keringetan saat tidur malam. mohon pencerahaannya dok, apakah itu normal2 saja??

  240. 240
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dodi Katamsi,

    Hasil rontgen adalah masih ada radang TB di puncak paru sebelah kiri. Juga ditemukan pelebaran cabang saluran nafas di bagian tengah paru kiri. So, penyakit anda masih memerlukan terapi TB minimal 6 bulan lagi perkiraan saya.

    Keringat berlebih itu membuktikan anda belum pulih sempurna dari penyakit TB anda terbukti dari hasil rontgen yang masih bermasalah, meskipun telah terdapat perbaikan dibandingkan kondisi sebelum diterapi.

  241. 241
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eldi’s,

    Cegukan (hicups) seringkali bisa akibat adanya kelainan pada jantung. Mungkin perlu check-up ke dokter cardiologist. Dan kemungkinan karena obat largactil bisa juga.

  242. 242
    dewi Says:

    dok..bagaimana mengatasi maag.
    Padahal saya sdang mengkonsumsi lami.
    Tp saya jarang buang air besar krn saya merasa makanan dlm tubuh sdh dijadikan energi yg alhaail menjadi keringat.
    Namun maag saya tdk kunjung sembuh.
    Bagaimana saya menyikapinya?

  243. 243
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dewi,

    Apa yang anda maksud dengan ‘lami’? Bagaimanapun, buang air besar (BAB) seharusnya rutin setiap hari, agar tetap sehat.

  244. 244
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anton Saputra,

    Sakit maag dapat berakibat sesak nafas, akibat asam lambung yang membalik ke arah kerongkongan.

    Lidah pahit, susah menelan, mulut kering dan lidah kering bisa disebabakan tifus atau bisa juga pada penderita maag.

  245. 245
    satria jaya Says:

    dok saya mau tanya, kemaren saya habis indoscopy hasilnya seperti ini
    Diagnose klinis: Dyspepsia
    kesimpulan esophagitis reflux dan grastitis superficialis antrum
    antrum= hiperemis, pylorus hyperemis, esifagus erosi 3 jam
    Mikrokopis
    sedoaan biopsi endoskopi tampak mukosa antrum dan corpus, pada lamina kedua tampak infiltrat limfosit dan plasma sedang( inflamasi sedang) tidak tampak sel netrofil(aktivitas(-)), metaplasma (-), atrofi (-)Pewarnaan giemsa Hp (-)
    DX: Gastritis chronic superfesialis antrum dan corpus non Hp

    bisa dokter jelaskan artinya dan bagaimana pengobatannya

    terima kasih sebelumnya

  246. 246
    ady Says:

    Dear Dr Sukma

    saya laki-laki berusia 25 th domisili Kalsel
    Bulan Mei kemaren kulit di sekitar kelamin saya gatal-gatal, Lalu saya ke dokter Spesialis Kulit dan kelamin,kemudian di kasih salep untuk pagi dan malam serta obat minum(obat nya sudah saya buang), setelah saya oles dan minum 3 hari setelahnya kelamin saya membengkak,kemudian saya bawa ke Dokter umum terdekat dan disuntik pantat saya(kata dokternya anti alergi),besoknya bengkak di kelamin saya langsung kempes tapi luka bekas gatal yang bernanahnya masih ada lalu dikasih oleh Dr. umum tadi Obat (Tismazol@500 metronidazol dan Cerini Cetirizine HCL 10 mg ) untuk anti biotik dan anti alergi infonya, setelah saya konsumsi rutin luka di kelamin saya mulai membaik tapi MALAH PERUT SAYA TERASA NYERI info dari Dr. umum efek dari obat gatal tadi…PERUT SAYA TERSERANG MAAG,dan dikasih Obat(Laproton Lansoprazol dan Braxidin) sampai saya menulis pesan ini setiap malam hari perut saya terasa sangat perih dan tersiksa…
    saya mohon bantuan saran Dokter sukma untuk mengatasi penyakit saya ini
    Tks
    ady dan keluarga
    Kalimantan selatan
    Kotabaru

  247. 247
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ady,

    Seharusnya dokter yang meresepkan obat antibiotik dan anti allergi itu berpesan, agar minum obat SESUDAH makan atau jangan dalam keadaan perut kosong. Sehingga anda tidak tetrlena maag. Apaboleh buat sudah terjadi.

    Untuk sementara sebaiknya anda rutin minum susu bubuk yang diencerkan dengan air hangat. Minum sering-sering, setiap 2 jam begitu dengan jumlah yang cukup setengah gelas atau satu cangkir setiap kali minum susu. Hindari makanan pedas dan makanan lain yang termasuk pantangan penderita maag. Termasuk minum kopi, soft dringk, duren, nangka, dll. Baca posting saya tentang ini dengan judul ” Bagaimana menghindari rasa sebah dst…. tulisan mengenai gastritis selain Helicobacter Pylori ini…

  248. 248
    Dr. Sukma Says:

    Hai Satria Jaya,

    Berhubung sempitnya waktu maka secara garis besar saya sampaikan anda terkena sakit maag akibat aliran balik dari lambung ke kerongkongan (esofagitis reflux). Dan pada lambung ditemukan peradangan BUKAN oleh kuman HP (helicobacter Pylori).

    Obatnya minum obat yang diresepkan oleh dokter yang melakukan endoskopi tsb, OK.

  249. 249
    Joan Says:

    Selamat siang dok, saya mau konsultasi tentang penyakit yang diderita kawan saya.Kawan saya menderita sakit nyeri di perut dan dada selama sudah kurang lebih 2 bulan dan sudah berulang kali ke dokter (mulai dokter umum sampai internis) dan sudah diberi penanganan obat berkali-kali namun tidak kunjung sembuh juga.

    Gejala klinis yang diderita teman saya ini seperti : nyeri di perut (tadinya hanya di bagian kiri perut, sekarang mulai pindah ke bagian kanannya), nyeri di dada (dada sering terasa sesak khususnya sesudah makan dan susah rasanya untuk membuang angin), terkadang belakang dada juga terasa sakit, frekuensi membuang angin lewat mulut (sendawa) amat sering, kerongkongan seperti ada yang mengganjal, dan badan seringkali terasa lemas terkadang sampai ke tulang. Pernah suatu kali, ada darah di dalam fecesnya (berwarna kehitaman).

    Berulangkali teman saya ini berkonsultasi dengan dokter yang berbeda-beda, selalu saja dikatakan teman saya ini hanya menderita maag biasa. Karena prihatin dengan nasib teman saya ini, saya bersama dengan teman saya ini mencari-cari info juga tentang penyakit yang mungkin menyerupai gejala sakitnya. Sempat terlintas oleh saya, apa mungkin gejala yang dideritanya ini adalah GERD atau maag yang disebabkan oleh HP tadi.

    Perlu dokter ketahui bahwa teman saya ini belum pernah menjalani pemeriksaan endoskopi atau colonoskopi sama sekali. Yang pernah dijalaninya hanyalah rontgen dan tes darah biasa (tidak menyeluruh).

    Mohon konsultasinya dok. Maaf sebelumnya apabila ada pertanyaan saya yang kurang berkenan. Atas perhatian dan waktunya, saya ucapkan terima kasih.

  250. 250
    Dr. Sukma Says:

    Hai Joan,

    Penyakit teman anda tergolong dalam sakit maag/gastritis. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan endoskopi, agar jelas apa penyebab radang lambung tsb. Adakah kuman HP atau lainnya. Sehingga pengobatannya lebih terarah dan tepat mengenai sasaran penyebab…

  251. 251
    Joan Says:

    Terimakasih dok atas sarannya; akan saya lanjutkan ke kawan saya. Terimakasih ^^

  252. 252
    yance Says:

    Halo Dok,

    Dok tak henti2 nya saya terus bertanya nich,

    1. Kalau kita kena GERD sebaiknya posisi tidurnya itu bagamana yang baik? dan posisi makan dan setelah makan?

    2. Saya sebetulnya ingin istirahat selain malam hari, tapi kalau saya tiduran malah lambung saya seperti berkobar2 ( perut bagian kiri kanan sakit) gitu dan sy pindah2 posisi terus jadi tetap gak bisa tidur jadinya. apa saya harus minum obat penenang dulu supaya bisa tidur tapi dengan dosis obat dikurangi aja? karena saya suka menguap terus dan ingin tidur padahal saya tidur pulas udah 7jam semalam dibantu obat tidur.

    3. Seandainya saya pakskan untuk tidur siang dengan dibantu obat penenang ( RENAQUIL ) dan jadi gak bisa FSF apa menghalangi proses penyembuhan saya dok??

    4. Kalau saya udah TEST UBT dan dinyatakan tidak positif kuman HP berarti Lambung saya dikarenakan peradangan lain ya dok?

    mohon pendapat dan banuannya dok. Terima kasih

    Yance

  253. 253
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yance,

    1. Posisi tidur penderita GERD sebaiknya agak tinggi posisi kepala atau posisi setengah duduk. Hal ini untuk mengurangi aliran balik dari lambung ke esofagus/ kerongkongan. Sebaiknya makan secukupnya atau jangan sampai kenyang, namun agar lambung tidak kosong. Pada GERD terjadi kelemahan otot-otot kelep-atas lambung atau esofagus bagian distal. Gampangnya kelepnya sudah blong, sehingga makanan yang sudah masuk kedalam lambung bisa membalik kembali kearah kerongkongan.

    2. Tidur malam SEBAIKNYA jangan dibantu obat tidur, karena bersifat adiksi. Akan terjadi ketagihan tanpa obat tidur tidak bisa tidur dan dosis obat tidur cenderung akan semakin besar untuk memperoleh efek tidur yang sama. Coba minum SUSU HANGAT sebelum tidur, biasanya akan berakibat tidur pulas sepanjang malam..

    3. Siang hari kalau bisa tidur siang sebentar (napping) itu bagus. Bila tidak, cukup senderan saja dikursi tanpa memikirkan atau mengerjakan apapun. Coba pejamkan mata dan menghela nafas panjang dan dalam sehingga terasa menenangkan… Tidak usah mikirin FSF, tidur atau istirahat itu sendiri merupakan OBAT MANJUR untuk penderita GERD dan maag pada umumnya.

    4. Test UBT negatif, belum tentu kuman HP tidak ada. Sebab UBT KURANG SENSITIF dibandingkan dengan pemeriksaan endoskopi untuk melihat kuman HP dengan mikroskop.

  254. 254
    ady Says:

    Halo Dok…

    tanya lagi…

    susu nya boleh rasa coklat nggak??? trus susu yang bebas lemak kayak L men dan sebagainya boleh ngggak??
    karena saya ada problem dengan berat badan juga dok mungkin karna keseringan makan rutin….hehehe

    salam
    ady

  255. 255
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ady,

    Boleh rasa coklat sesuai selera. Susu L men juga bagus, karena sangat tinggi protein namun sangat rendah fat.

  256. 256
    Lidya Says:

    Selamat malam Dr.Sukma.
    Putri saya 8 tahun 7 bulan, sudah yang ke-4 kalinya didiagnosa oleh dr-nya sakit tifus. Yang pertama dan kedua sekitar 2 tahun lalu (hanya selisih 4-5 bulan saja). Yang ketiga dan keempat baru tahun ini bulan feb dan sekarang ini. Yang terakhir ini hasil tes widalnya 1/160 untuk s.parathypi B-O. Obat yang diberi Thiamycin 500 mg (3xsehari selama 5 hari). Yang ingin saya tanyakan:
    1. Panas anak saya pada sakitnya yg pertama-ketiga 5-6
    hari saja, bahkan pada sakitnya yang terakhir ini
    hanya 3 hari. Saya pernah baca artikel tentang tifus
    dan menurut artikel itu jika panas < 7 hari bukanlah
    tifus, dan tes widal tidak akurat untuk menentukan
    tifus. Apakah anak saya benar2 sakit tifus? Saya juga
    membaca bahaya tifus, karena itu saya jadi cemas jika
    anak saya terkena tifus berulang seperti ini. Apa yg
    harus saya lakukan agar anak saya tidak terkena tifus
    lagi? makan/minumnya selalu saya perhatikan.

    2. Hasil lab menunjukkan limfositnya hanya 6.80 dari
    range (36.00 – 76.00), dan Neutrofilnya 88.5 dari
    range (22.0 – 60.0). Leukositnya normal. Mengapa ya
    Dok, limfositnya rendah dan neutrofilnya tinggi??

    Demikian pertanyaan saya. Maaf ya Dok jika kepanjangan. Terima kasih sebelumnya. GBU.

    -Lidya-

  257. 257
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lidya,

    Anak anda terkena demam dengan tifus yang mengancam, bila tidak diobati. Widal 1/160 memang BELUM signifikan. Pada demam tifoid biasanya Widal positif 1/320 barulah dianggap kena demam tifoid. Biasanya penyakit ini kuman salmonella typhi berasal dari makanan dan minuman yang tercemar seperti : makan diwarung pinggir jalan dengan sumber air yang tidak jelas dan sudah pasti tidak higienis. Terutama makanan dan minuman dingin seperti : es dan jajanan lain yang tidak terjamin kebersihannya..

    Dirumah bisa anda perhatikan makanan dan minumannya. Kalau diluar rumah, bagaimana anda bisa mengontrol? Jangan lupa sumber salmonella typhosa juga bisa ada didalam telur ayam atau bebek yang mentah atau setengah mateng. Melalui pori-pori kulit telur, maka kuman tifus yang ada diudara dan kotoran ayam atau bebek akan masuk kedalam bagian dalam telur yang akan kita makan. Karena itu SEHARUSNYA makan telur yang mateng/ direbus atau digoreng sampai mateng. JANGAN suka makan telur setengah mateng, atau bahkan telur mentah sebagai campuran jamu, dll… Ini antara lain penyebab sakit tifus berulang-ulang dan lebih diperburuk lagi oleh kondisi tubuh yang kurang istirahat/ terlalu banyak aktivitas…

  258. 258
    Lidya Says:

    Terima kasih Dr.Sukma…

    Maaf Dok, boleh ya saya tanya lagi :)
    Mengenai limfositnya yang rendah bagaimana ya Dok? Apakah ada makanan yang bisa dikonsumsi agar menaikkan limfositnya. Karena saya pernah baca, limfosit rendah membuat tubuh lebih mudah terkena infeksi. Benarkah?
    Sekali lagi terima kasih.

  259. 259
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lidya,

    Coba minum susu yang mengandung colostrum. Biasanya dijual dalam bentuk bubuk dalam kaleng.. Cari di super market, OK. Jangan lupa makanan bergizi seperti : telur, susu, daging, apel dan sayuran hijau..

  260. 260
    Tika Putri Hans Says:

    Salam Dr.Sukma

    Sekitar 1 minggu yang lalu saya buang air disertai darah. Seperti berak darah. Sebelumnya saya mengalami rasa sakit di puser. Seperti panas, berikutnya mual. Setelah diperiksa ternyata saya ada wasir, namun daerah sekitar anus menurut suster masih bersih. Tidak ada darah.

    Sebelumnya selama beberapa minggu saya sakit maag kadang kambuh trus sembuh lagi.

    Apa ini termasuk infeksi dari Helicobacter Pylori ya Dok ? Saya juga ada kecenderungan darah rendah.

    Dokter memberi saya obat maag Antasida Doen & Omaprazole. Ciprofloxacin & Papaverin.

    Mohon pendapat & sarannya Dokter
    Terima Kasih

  261. 261
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tika Putri Hans,

    Pendapat saya pencetus berak darah anda adalah hemorrhoid interna atau wasir yang berada didalam anus. Tidak ada hubungannya dengan infeksi HP yang TIDAK PERNAH mengakibatkan berak darah segar… Penderita sakit maag yang sudah menjadi tukak lambung biasanya akan berak darah warna kehitaman seperti aspal cair yang disebut melena…. Teruskan minum obat maag yang diresepkan untuk anda.

  262. 262
    Mega Says:

    Hallo Dok,
    saya mengalami symptom yang mengarah pada GERD, tetapi saya sudah ke banyak dokter dan mereka tidak menemukan bukti jika saya terkena gangguan pencernaan. Sakit tenggorokan,susah menelan,sesak nafas,batuk kering yang berkepanjangan, heartburn, perih pada abdomen,perasaan mual,setiap mau tidur saya harus meletakkan 2-3 bantal supaya merasa enak tidurnya. Mengapa gejala gejala ini tidak ditemukan sumber penyakitnya ya dok?
    Terima kasih sebelumnya.

  263. 263
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mega,

    Kesimpulan saya anda menderita GERD (gastro-esophageal reflux disease). Artinya terjadi pembalikan jalan makanan yang sudah ada di lambung mengalir balik lagi ke kerongkongan. Itu sebabnya anda perlu meletakkan 2-3 bantal agar enak tidur…

    Obatnya operasi koreksi terhadap kelep LES yang ibarat ‘rem blong’ sudah tuidak bisa lagi menahan makanan yang di lambung agar tidak balik lagi keatas kearah kerongkongan…
    Di Indonesia belum ada operasi yang berhasil mereparasi rem, kelep atau sphincter tsb dengan hasil memuaskan. Bisa dicoba di Singapore. Baca juga jawaban saya untuk Rangga pagi ini…

  264. 264
    zizah Says:

    dok saya zizah dan sya ingin bertanya.
    saya sering mersakan maag. kemudian dalam beberapa bulan dada saya sering sakit. bahkan sakit itu menjalar samapai kelengan (ketiak). dibawah perut saya juga mengalami sakit. kemudian terkadang buang air kecil sakit. kepala kiri bagian belakang sering sakit. dan akhir-akhir ini saya merasakan sakit ketika buang air besar, padahal saya selalu BAB setiap hari. n saya sdah melakukan chek darah, tapi kenapa hasilnya dikatan saya sehat dok/

  265. 265
    Dr. Sukma Says:

    Hai Azizah,

    Coba tenangkan pikiran n makan secara teratur. Porsi makan ngga perlu banyak sekaligus, akan lebih baik sedikit tapi sering yang disebut FSF (frequent small feeding). Apalagi memasuki bulan puasa ini. Banyaklah berzikir dan menenangkan hati dan pikiran…. Insya Allah anda memang benar-benar sehat. Amien…

  266. 266
    Mulyadi Says:

    Halo Dok,
    saya cowok usia 26 tahun, jumlah monosit saya 10 %, dan limfositnya 23%, kira2 saya sakit apa yah.?, sy mmg sering merasakan nyeri di ulu hati, trims dok..

  267. 267
    ferry Says:

    hai dokter…
    dok, apakah penyakit tipus mempangaruhi kesuburan sesorang?
    thanks dok..
    salam, ferry

  268. 268
    astri Says:

    halo dok..
    saya mau tanyaa.
    tahun lalu saya ikut medical check-up dri kantor tmpat saya bekerja..
    medical check-up tsb meliputi periksa darah(HBsAg)
    dan pemeriksaan thorax Pa..
    Hsil pemeriksaan darah saya negatif…
    tpi hasil pemeriksaan thorax sayakesimpulannya ada proses spesifik di paru kanan atas..

    maksudnya apa ya dok??
    dan bsa disimpulkan peyakit apa??
    trima kasih..

  269. 269
    Dr. Sukma Says:

    Halo Astri,

    Artinya anda terkena radang TBC paru di bagian parau kanan sebelah atas. Mestinya dokter perusahaan menindak lanjuti temuan pemeriksaan rontgen tsb…

  270. 270
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ferry,

    Secara langsung tifus TIDAK mempengaruhi kesuburan seseorang. Namun secara tidak langsung bisa, artinya karena kondisi tubuh penderita tifus yang tidak fit alias dibawah normal, maka kesuburan juga akan terganggu. Pertumbuan dan perkembangan sperma dan ovum (Spermatogenesis dan oogenesis) sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang baik dan memadai dan kondisi organ reproduksi yang dalam keadaan optimal/ fisiologis… That’s it…..

  271. 271
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mulyadi,

    Nilai lab yang anda tulis tidak signifikan dan tidak spesifik untuk penyakit tertentu. Hanya saja dapat disimpulkan ada infeksi atau radang somewhere didalam tubuh anda….OK.

  272. 272
    george Says:

    dokter,sy buang air bersama dengandarah segar apayg harus saya lakukan .makasih dokter

  273. 273
    Dr. Sukma Says:

    hai Wipo,

    Baiknya ibu anda dibawa periksa ke dokter SpOG, agar diperiksa dengan cermat apa yang dikeluhkan ibu anda. Selanjutnya ikuti saran yang diberikan…

  274. 274
    Dr. Sukma Says:

    halo George,

    Bila darah segar paling besar kemungkinan wasir atau ambeien….. Jadi periksa ke dokter bedah umum agar diteliti dan diberikan terapi yang tepat..

  275. 275
    Reo Says:

    Selamat Sore Dr.Sukma

    Saya mohon infonya
    saya reo dr bali. mohon minta informasi. saya sudah 2.5bln lebih kna asam lambung/maag. saya sudah berobat 3 kali di dokter internis dan coba minum herbal seperti umbi temulawak dan kunyit tp sampai saat ini msh blm pulih total beberapa minggu lalu saya periksa darah saya kena gejala tipes karena tiba2 badan saya lemas sekali, dikarenakan salah makan krn msh asam lambung yg berlebihan. tp alhamdulillah sudah agak mendingan krn obat antibiotik dr dokter. skr tinggal asam lambung blm jg reda..salah atau telat makan langsung keluar gas berlebihan efeknya dada/jantung berdebar2,lemes kurang bertenaga,badan pegel2,kesemutan,telapak kaki dingin,kadang leher kaku, bingung dan pusing yg mengganggu. apa obat dan terapi menyembuhkan penyakit asam lambung tinggi saya? tetapi saya tidak pernah merasakan perih pada perut saya cuma seperti ngilu sedikit dan tidak mengganggu. apakah penyakit asam lambung berlebihan krn dr pikiran juga?buang air besarpun rutin setiap hari tp agak encer,kadang di anus saya terasa panas dan gatal tetapi tidak sering setiap habis bab.
    hampir sebulan ini saya rutin minum propolis dan madu 3-4 kali sehari,apakah bisa membantu?
    makan2an dan minuman apa saja yg benar2 saya harus hindarkan?bagaimana kalau olah raga apakah boleh dalam keadaan seprti ini?kebetulan saya juga tidak mengkonsumsi alkohol,rokok,dan kopi.

    trima kasih banyak Dr.Sukma.
    insyaallah semoga dapet jawaban dan informasi dr ibu Dr.sukma.

  276. 276
    harlen tamba Says:

    Halo Dok.
    Saya mengidap HP,sudah makan obat Bricolid 500 mg
    slm 1 minggu,dianjurkan test UBT .lancid slma 3 minggu dri 6 mggu,saran dokter.tapi prasaan saya demam,keringat
    dingin,tangan,kaki terasa ngilu.jika jongkok kaki kiri
    sakit.dan sering pusing.yang saya tanyakan dok,apakah karena H pylory tadi makanya perasaan saya begitu?
    TRimakasih banyak dok.

  277. 277
    Nana Says:

    Hallo Dok,

    Saya mau tanya Dok, sejak kecil saya punya sakit maag, ibu dan nenek saya jg punya sakit maag, nah akhir2 ini setiap minum obat maag rasa sakitnya tidak berkurang,seperti sdh tidak ada efeknya, (maaf) BAB jg berwarna coklat kehitaman & lengket,kira2 menurut dokter apa ini jg akibat dari HP..
    Terima kasih sebelumnya..

  278. 278
    Dr. Sukma Says:

    Jawaban saya bisa iya dan bisa tidak. Untuk kepastiannya dilakukan pemeriksaan biopsi ENDOSKOPI oleh dokyer spesialis penyakity dalam khusus gastroenterologist. Sediaan biopsi lalu diperiksa dan dilihat dibawah mikroskop oleh dokter spesialis PA (patologi anatomik). Demikian

  279. 279
    inazz Says:

    dok, perut saya sering mual pada bagian bawaH ulu hati, kembung dan rasa penuh pada perut. saya juga sering muntah dipagi hari pada saat sikat gigi, muntah tsb berwarna kuning rasanya sangat asam dan setelah itu pahit.
    jika telat makan perut saya terasa perih, kemudian keringat dingin dan kepala pusing. mulut saya mengeluarkan bau yang tidak sedap walaupun habis sikat gigi.
    pertanyaan saya dok,
    _apakah lambung saya terjangkit bakteri H.pylori?
    _dan apakah bau mulut saya berhubungan dengan penyakit lambung/bakteri H.pylori?
    mohon dijawab pertanyaan saya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak dokter…

  280. 280
    Sofian Says:

    Selamat mlm & salam kenal Dok..,Usia saya 35 thn,
    Sejak krg lbh thn 2000 an, perut sy sering terasa kembung” dan makanan serasa tdk bs turun dr uluhati, sy sdh pidah” dokter kesana kemari, tp ttp tdk kunjung sembuh.
    terakhir ini, sy ada mendatangi Prof. Dr Herdiman spc internist. beliau menyarankan agar saya tes darah HP, dan ternyata hasilnya positif; 1,1. angka normalnya dibwh 1,00. lalu sy melakukan ter petanda tumor CEA juga, dan hasilnya msh dalam batas normal (walaupun hampir melebihi batas normal), dan obat” yg di berikan: Alcliren 0,5 tab, guarposid 5 mg, farmacol forte 200ml, protop caps20 mg, ceptik 100mg, beliau menyuruh saya minum obat tsb selama 10 hari (2x resep) dan pada hr ke 10 nanti, sy dianjurkan untuk tes nilai HPnya lagi, utk melihat apakah berkurang atau tdk nilai Hpnya… yg mau sy tnykan : apakah obat”an tsb sdh cukup utk membasmi Hp tsb? mohon bantuannya Dok… sblm dan sesdhnya sy ucapkan bnyk terima kasih…hormat saya (Sofian)

  281. 281
    allen Says:

    halo dok,

    saya mau bertanya, perbedaan antara sakit maag karena asam lambung yang meninggi dengan karena infeksi H pylori itu apa?

    karena saya akhir-akhir ini sering sekali sendawa serta perut terasa kembung, apakah ini gejala sakit maag? thanks

  282. 282
    Lia Says:

    Salam kenal,sy lia. Kbtln sy jg sudah ke dr herdiman. Stlh di cek hp sy 1,2 . Sy jg dikasi resep 2x sm seperti pak sofian. Yg mau sy tanyakan, apakah pak sofian sudah cek kembali hp nya(sdh normalkah)? Apakah skrg ms sakit? Thks sebelumnya. Tlg di share infonya ya :)

  283. 283
    Dr. Sukma Says:

    Halo Alien,

    Secara klinis sakit maag disebabkan asam lambung berlebih atau disebabkan kuman HP sulit dibedakan. Hanya saja bila disebabkan HP tidak akan sembuh/ hilang meski telah diobati penurun asam lambung plus minum susu. Dan baru diketahui penyebabnya kuman HP setelah. Dilakukan biopsi endoskopi disertai pemeriksaan sample biopsi oleh seorang pathologist.

  284. 284
    tory Says:

    malam dok…

    saya penderita maag…. gejalanya semua persis gejala maag yang agak berat…saya sudah medical cek up komplit dan ekg semua baik dok. pekerjaan saya memang berat,susah tepat waktu makan. pantangan makanan yang blm sepenuhnya saya laksanakan dan masih sedikit merokok… tapi skr saya sudah mulai tertib dok, saya diberi obat guarposid-5, trypanzym ,pantozol dan stablon beberapa waktu yg lalu , kalo dari apotik katanya yang aman tripanzim dan pantozolnya…apa benar dok dan saya ingin mecoba aloe vera dan singkong bagaimana saran ibu.
    terima kasih,banyak orang yang terbantu dan mendoakan anda krn anda dr yg sgt baik…

  285. 285
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tory,

    Ssebelum kondisi anda stabil, sebaiknya minum. Semua obat yg. Diresepkan. Oleh dokter internist khusus gasto enterologi. Saya lihat ada satu obat yaitu stablon yg berguna sbg ‘mood stabilizer’ untuk mengimbangi aktivitas saraf simpatis yg memicu keluarnya asam lambung. Anda sendiri yg lebih tahu dan bisa menilai kapan kondisi anda mulai stabil, dalam arti produksi asam lambung terkontrol dan tidak sampai tinggi berlimpah.

    Saya setuju dengan terapi aloevera dan singkong yg sebaiknya baru dimulai setelah kondisi lambung anda yterkontrol dg baik. Aloevera mendinginkan dan melapisi dinding lambung yg meradang akibat asam lambung yg berlebih. Sedangkan singkong mengndung starch/ amylum atau kanji yg juga melapisi luka2 dilambung dan melapisi dg sifatnya yg lengket dan licin.

  286. 286
    Sofian Says:

    slmt malam dok & Ibu Lia (sekedar share) krn penasaran kemarin ini sy sdh melakukan endoscopi juga. tp hasilnya usus sy msh terlihat sangat baik. lalu sy konsultasi tdk dgn dokter herdiman lagi, sy coba pidah ke Dokter Daldiono yg praktek di Rs. Saint carolus salemba. kl menurut beliau, positif atau tdknya sy menderita HP, bkn hanya dilihat dari tes darah Hp nya saja, tp beliau menyarankan saya utk melakukan tes UBT. nah nanti dari hasil tes tsb br akan mendapat kesimpulan. apakah benar begitu dok? apakah dengan hasil tes darah & endoscopi saja tidak cukup? ( pdhal di hasil tes drh tsb sdh positif) thx before… utk Ibu Lia kl ibu Lia mau share dgn saya, sy pakai bb, boleh add pin saya 224DF324, atau hp sy di 0818153828, sy slalu welcome. tdk ada salahnya berbagi pengalaman. thx…

  287. 287
    ria Says:

    Halo Dok..
    saya mau tanya kalo gejala:
    tangan dan telapak kaki sering berkeringat padahal dingin, sakit dibagian uluh hati bawah, terkadang badan terasa ngilu, pusing, kadang mual,tenggorokan terasa sakit juga sesak nafas.. itu sakit apa ya dok?
    terimakasih dok.

  288. 288
    tom Says:

    Salam kenal Dok,
    Sy mau ty. Sy penderita maag, saat parah2nya dulu sy dkasi obat omeprazole, mucosta dan vomitas. Saat ini kondisi maag sy sudah membaik sehingga konsumsi obat sudah sy hentikan. Masalahnya adalah kadang2 maag saya suka kambuh kalo stress atau telat makan hehehe. Sy ingin bertanya:

    1. Saat saya rasa mulai agak perih perut saya, sy biasa minum omeprazole (sy sllu sedia cadangan) pada pagi hari 30 menit sebelum makan dan biasanya lgs enakan. Namun sorenya dan besoknya kalo maag sy sudah membaik sy tidak minum Omeprazole itu. Jadi intinya sy minum Omepraz saat sy merasa tidak enak perutnya saja. Apakah itu diizinkan dok? Sy bingung takut kebal tp klo setau sy kan Omeprazole bukan antibiotik jd hrsnya kalo tidak rutin gak masalah bukan Dok?

    2. Sekalipun membaik sy tkut terkena HP. Apakah ad tes utk cek selain dg endoskopi Dok? Jujur aja sy takut sih di endoskopi heheeh.

    3. Seandainya sy tanpa cek lgs minum antibiotik yg biasa dmnum utk pengobatan HP (sesuai aturan) apakah diizinkan Dok? Atau ada efek sampingnyakah?

    Mungkin pertyan sy sekian dulu Dok.

    Many thanks in advance Dok ;)

  289. 289
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tom,

    1. Benar. Anda minum omeprazole bila diperlukan. Tidak menimbulkan resistensi atau lain2.

    2. Ada test lain yg validitasnya kurang dibandingkan pemeriksaan endoskopi yaitu urtea breath test (UBT) dan pemeriksaan IgG HP secara serologis.

    3. Kalo lgs minum obat tanpa endoskopi rasanya kurang bijaksana. Karena akan mengakibatkan kekebalan bila nanti benar2 diperlukan. Obat HP termasuk dlm golongan antibiotika.

  290. 290
    Helicobacter Pylori (HP), bakteri penyebab sakit maag. Bila tidak dibasmi tuntas, kanker lambung akibatnya | Berita Tips Says:

    [...] Sakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung. Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ? HP berbentuk seperti sosis dengan posisi agak melengkung, tampak dua kutub, salah satunya berflagella untuk pergerakan bakteri. Sifat HP sangat kompleks, dan boleh dikatakan mempunyai berbagai senjata, sehingga bisa ’survive’ didalam lingkungan yang sangat asam dari lambung/ gaster/ maag. Pertama, HP dapat merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi bersifat agak basa, sehingga dia bisa tinggal dan berkoloni dilapisan lendir mukosa lambung. Kedua, dia mempunyai alat flagella, untuk membor mukosa lambung, sehingga bisa lebih mudah masuk kedalam dasar kripta/ cekungan mukosa dan menetap ditempat itu. Ketiga, HP mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita untuk tidak mengenali dirinya sebagai benda asing/non-self, melainkan sebagai bagian organ jaringan lambung/self sehingga tidak dapat dikenali sebagai ‘invader’ atau penyusup yang harus diberantas oleh sel limfosit-T. Maka luputlah bakteri HP dari penyisiran sistem imun kita, karena HP tidak terdeteksi sebagai benda asing/non-self. Ke-empat, HP bisa resisten terhadap terapi yang diberikan, dengan cara bakteri tersebut membuat zat anti terhadap bahan aktif anti-mikroba yang diberikan. Dan banyak lagi senjata yang dimiliki HP, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh peradangan lambung oleh HP menjadi semakin kompleks. Terutama bila HP tidak terdeteksi, maka bakteri akan terus berkembang-biak meluas membentuk tukak lambung, displasia, adenoma dan akhirnya kanker lambung yang sangat ditakuti. Dan semenjak ditemukan bakteri HP, maka paradigma bahwa ’sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih’ telah bergeser menjadi ’sakit maag disebabkan oleh infeksi/peradangan lambung oleh kuman HP’. Sudah tentu akibat perubahan paradigma tersebut akan juga pasti mempengaruhi pengobatan sakit maag. Maka tidak mengherankan saat ini pasien gastritis akan diberikan antibiotika yang sesuai untuk HP, bila ternyata pada pemeriksaan biopsi endoskopi lambung pasien ditemukan HP positif. Bagaimana seseorang tertular HP? Banyak cara dapat dilalui oleh bakteri HP untuk mencapai lambung dan menyebabkan peradangan/infeksi disana. Pertama, anak-anak akan mewarisi HP dari ibunya/orang dewasa lain yang terinfeksi HP melalui makanan yang dikunyah dulu oleh ibu/orang dewasa lain , sebelum disuapkan ke mulut anak. Makanan yang terkontaminasi HP dari air ludah si ibu/ pemberi makanan yang sebelumnya dikunyah/mastikasi. Kebiasaan seperti ini sangat populer dan biasa dilakukan di Afrika dan berbagai daerah di Indonesia. Jalan penularan seperti ini disebut ‘oro-oral route’. Seperti penyakit tifus dan cholera, HP dapat juga ditularkan lewat vektor yaitu lalat kotor yang hinggap difeces penderita, dan kemudian  hinggap pada makanan yang tidak tertutup dan  kita lahap sesudah itu.  Bila tangan yang kotor terkontaminasi feces tidak dibersihkan dengan cermat, maka kotoran yang menempel akan masuk kedalam mulut, bila makan tidak menggunakan sendok alias makan dengan tangan.Cara penularan seperti ini disebut ‘feco-oral route’. Disinilah pentingnya jamban tertutup dan WC yang memenuhi syarat kesehatan serta hygiene kesehatan umum yang memadai, dengan menjaga lingkungan selalu bersih dan membiasakan menutup makanan diatas meja yang nanti akan dikonsumsi keluarga. Tiga gambar pada artikel ini, ditengah kelenjar/kripta lambung dimana tampak beberapa HP dibagian tengah/lumen kelenjar. Gambar kiri dan kanan bila diperhatikan dengan cermat, tampak bakteri HP berbentuk cacing pendek kecil-kecil, diantara massa lendir mukosa lambung, dan berwarna pink-gelap.. sumber [...]

  291. 291
    Asriani Says:

    Salam kenal dok. Saya selama ini meminum obat nexium,gasflat,renagas itu obat apa dok karena perut dan dada seringtersa nyeri dan suka kembung disertai sesak saat bernafas

  292. 292
    aji Says:

    Salam kenal Dok,
    Nama saya Aji, Saya selalu mengikuti forum dokter, wah..menarik sekali. Dokter saya mau tanya, apakah dengan mengkonsumsi rutin fucoidan dapat menghilangkan bakteri HP? dan apakah dalam terapi tersebut Fucoidan perlu di sandingkan dengan obat PPI? Oh ya…saya divonis dokter menderita asam lambung, namun setelah saya meminum obat PPI, mucosta, vometa, musen, kok gak ngefek ya dok? malah sekarang muncul batuk2, bila perut saya agak kembung….apakah normal? atau gejala penyakit yang lain? seperti GERD misalnya.
    Terimakasih banyak dok…,

  293. 293
    dee2 Says:

    Halo Dok,

    Saya mau bertanya Dok, sudah 2 bln lebih saya kena sakit radang lambung dok, gejala awalnya dada saya berdebar2, dada sakit,keringat dingin, kepala pusing. Juga terutama sehabis makan dada sakit, berdebar & spt mau pingsan (apabila saya makan indomie)mual, ttp tdk muntah. Ketika cek EKG hasilnya mrnt dokter jantung sy normal. Menurut dokter saya terkena sakit rdg lambung & sempat dirawat di RS selama 7 hari. Lalu test endoskopi hasilnya lambung atas warnanya merah (meradang) dan lambung bawah juga (walau tdk semerah yg atas) tdk ada bakteri HP. Slm di rwt saya diberi obt antibiotik (cair, sy lupa namanya), mucosta dan betalans. Stlh rwt jln mucosta (3×1)dan betalans (2×1) dilanjutkan & antibiotiknya di ganti dgn Zimbramax (2×1). Sd sekarang obat yg saya minum hanya tinggal mucosta & betalans hanya pd malam hari saja dok. Gejala yg saya rasakan skrg masih sakit/begah di ulu hati/dada, kdg2 asam di mulut, ttp sdh jarang brdebar2 & saya skrg sdh tdk mual lg yg dl sy rasakan stp sikat gigi Dok. Yg ingin saya tanyakan mengapa sy masih mrskan sakit di dada n begah pdhl saya sudah diet makanan, semua pantangan mknan tdk pernah sy makan lg dan memang slm sakit sy hanya bisa makan telor rebus dan ayam. Saya masih srg merasa cepat lelah & kesemutan. Ketika sy ke cek up ke dokter saya beri tambahan obat liparin, tetapi ketika sy makan malah ulu hati saya sakit, berdebar2, tangan pegal2, ngilu sampai ke bahu punggung n leher, mengapa ya dok? apakah pengaruh obatnya atau hanya krn radang lambung saya yg belum pulih benar? Mohon sarannya Dok apa yg harus sy lakukan spy cepat sehat & pulih spt sediakala? Saya skrg sedang mencoba saran dokter yaitu minum lidah buaya dok. Terima kasih banyak atas perhatiannya ya dok, maaf kalau banyak sekali pertanyaan saya :)

  294. 294
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dee2,

    Jauh lebih penting PIKIRAN TENANG dibanding segala macam obat yg anda minum. Jadi cobalah melakukan meditasi minimal satu kali dan terbaik dua kali sehari yaitu pagi bangun tidur dan malam sebelum tidur. Lakukan setiap sesi minimal 30 menit kalau bisa satu jam. Duduk seperti melakukan yoga, pusatkan pikiran kepada Sang Maha Pencipta. Lakukan pernafasan dengan menaik nafas sedalam-dalamnya dan membuang nafas secara perlahan-lahan. Begitu terus berulang-ulang tarik nafas dari hidung dan lepaskan nafs dari mulut.. Nanti anda akan merasakan keheningan yg luar biasa, yg ada hanyalah anda dg Yang Diatas. Maka anda dapat berkomunikasi langsung dg Sang Pencipta, mohon diberikan kesembuhan dan kesehatan kembali normal. Cobalah, anda belum percaya sebelum melakukan sendiri meditasi. Rasakan hebatnya atau mukjizat meditasi bagi kesehatan lambung anda.

  295. 295
    dee2 Says:

    Halo Bu Dokter,terima kasih atas sarannya Dok, akan saya coba lakukan, maaf Dok saya bertanya lagi, utk efek obat liparin itu kenapa ya Dok? Krn sdh 3 hari sd hri ini sejak makan obat tersebut saya masih merasa dada sakit, sebah, tangan bahu sd leher ngilu serta semutan, apakah tidak apa2 Dok? Terima kasih banyak sebelumnya atas perhatian Dokter :)

  296. 296
    wini Says:

    haloo bu dokter saya masalah yg lagi bikin saya binggung
    harap ibu bisa kasih saya jawaban….
    mama saya sakit di bagian ulu hati….sempat muntah n tidak bisa makan slama 2 bulan…di rawat 3 rmh sakit n di tes darah ga ketemu penyebab sakit itu….
    setelah klr rmh sakit saya ke kuching buat cek up, menggunakan teropong…dan di temukan bakteri helicobacter pylori…. dokter memberikan obat antibiotik ke mama saya untuk 10 hari… dalam jangka waktu itu mama saya tidak ada keluhan sakit… tetapi stelah itu sakitnya kambuh lagi…
    saya mau tnaya apakah blh mama saya konsumsi ulang obat antibiotik itu????
    kalau blh konsumsi lagi harus untuk jangka waktu brapa lama???/
    apakah ada masalah kalau antibiotiknya sempat putus 1 kali bgt??
    terimakasih atas jawabannya

  297. 297
    Dr. Sukma Says:

    Hai Wini,

    Saran saya sebaiknya ibunda minum ulang lagi antibiotika (AB) yg pernah diminum selama 10 hari itu. Setahu saya pasien gastriitis dg HP positif, umumnya diberi AB selama minimal 2 bulan. Bahkan ada yg mesti diberi AB satu siklus lagi, krn reaksi tubuh seseorang thd terapi yg diberikan itu bersifat individuil alias tidak sama..

    Jadi pada kasus ibu anda berikan saja AB selama 2 bulan terus-menerus tanpa putus. Biasanya bisa sembuh tuntas.

  298. 298
    Henny Setyowati Says:

    slmat siang dok,mau tny…terapi penderita asam lambung krn h pylori memakan wktu lama,apakah dampak terapi(kombinasi antibiotik)memang menimbulkn rasa perih slm terapi? trimksh sblumnya….

  299. 299
    jessica megan Says:

    morning dokter,
    saya mau tanya. saya sudah 8 kali injek vitamin C (Laroscorbine)…
    setelah itu saya merasakan nyeri pada bagian perut atas. sangat nyeri sekali dok…
    apakah pemberian vitamin C itu dapat meningkatkan kadar asam lambung dan menjadi penyebab penyakit maag. .?
    pertanyaan selanjutnya. apa saja penyebab kanker lambung. karena menurut sepengetahuan saya. kanker lambung itu disebabkan oleh kurangnya kadar keasaman lambung dan apakah maag bisa menjadi penyebab kanker lambung. .?
    terima kasih dok. saya tunggu jawabannya. . :)

  300. 300
    Dr. Sukma Says:

    Halo Jessica,

    Sebenarnya injeksi vit C bisa via pembuluh darah vena (I.v) atau disuntikkan kedlam otot (I.m) pastinya TIDAK melalui saluran cerna. So, pemberian vit C secara injeksi TIDAK mempengaruhi jumlah asam lambung yg disekresi oleh organ tsb.

    Memang kadar asam tertentu dan dilokasi tertentu misalnya vagina/ serviks uteri alias leher rahim berguna untuk mencegah infeksi pada organ tsb. Beda dg lambung, terutama bila ditemukan bakteri helicobacter pylori (HP) biasanya JUSTRU akan berkembang menjadi kanker lambung bila infeksi HP tidak diatasi.

  301. 301
    Yuda Says:

    Salam kenal dok, saya yuda 33th, kemarin malam setelah makan martabak telor, perut langsung kejang melilit, dari dokter diberi vitamin dan braxidin, sekarang perut saya terasa pedas dan ingin muntah tiap makan, dari yg sy baca harus tes HP, jenis tes mana yg paling murah dan tepat, demikian, saya hanya bs memberikan doa untuk bu sukma, terimaksih banyak

  302. 302
    mcmarz Says:

    Bermula dari googling sampai akhirnya saya menemukan blog ini. Tadinya saya ingin bertanya ttg penyakit lambung istri saya, tapi setelah membaca semua pertanyaan yg dijawab dgn sabar oleh dokter akhirnya semua mendapat jawaban dari kasus yg relatif sama. Salut buat dokter Sukma, itu testimoni saya. Salam

  303. 303
    jope Says:

    halo dok hasil pemeriksaan darah saya bakteri hypilori positif 1.1
    sedangkan nilai rujukan 1.0 positif. keluhan saya kadang sesak nafas dan pusing, saya sudah konsultasi ke dokter internist gerd.tapi saya tidak diberi antobiotik.hanya dikasih disflux.pantozol40mg,mucosta dan disflat. yang sy ingin tanyakan haruskah saya meminta antibiotik untuk bakteri hypilori ini, trimakasih sebelumnya.

  304. 304
    sukamto Says:

    Selamat malam dr,
    Saya punya masalah halitosis dr,
    Sudah menahun,,, orang bilang kalau kunyah permen karet atau pakai listerin sudah dapat hilang bau mulutnya,,, tetapi malah semakin sy pakai obat kumur, mknan manis, permen, bau mulut malah makin menyiksa.
    Sy sudah berusaha dengan kebersihan mulut, gigi, mkn sayiran, buah buahan,,, tetapi tidak ada hasilnya,,,,
    Yang sy mau tanya sy kena penyakit apa dr,,, apakah karena bakteri apa?
    kalau sy ingin konsultasi ke dr, dr praktek dimana, dan hari apa?
    Sebelumnya terima kasih banyak dr!

  305. 305
    iwan Says:

    Halo dok, mau nanya nih, saya kena penyakit tifus dan sudah 3x opname di RS dalam sebulan ini. Test Tubex terakhir nilainya 6 (positiv kuat). Kenapa yah Virusnya tuh gak mau hilang hilang, padahal udah bedrest total, dan berapa lama masa recovery biar virusnya tuh bener2 hilang . Terima kasih dok

  306. 306
    nena Says:

    Slm knl dok,sy menglmi sakit maag,dan sdh
    melakukan cek drh,jg usg hasilnya bgs,tp sy tdk melkukn ck hp,tp ad mslh lgternya saya sdng hml5 minggu,???? ingn sy tnykn apkh wnt hml blh melkukan cek hp?dan blhkh wnt hamil mkn lidah buaya ???? dok sarankan?selam ini kl sy mkn teratu perut sy enakan,t kdng2 msh sakit jg msh sk sesak,apkh krn ad janin di erut saya?tq ya dok u sarannya…!

  307. 307
    irwan Says:

    Salam kenal dok,,,membaca beberapa pertanyaan dan jawaban dari dokter,,,sepertinya saya terkena bakteri HP…
    kalo saya salah makan atau telat makan, darah naik ke kerongkongan,dan muntah darah (kadang hanya dalam bentuk batuk dok).
    sementara ini saya berobat di dokter dan memberi saya resep, lansoprazole, serta racikan yg terdiri dari Nucral,braxidin,famotidin…
    di penjelasan dokter diatas dikatakan bahwa menekan bakteri HP bisa dengan antibiotik dan mkanan2 khusus…kalo boleh saya minta resep antibiotik nya dok,,,sebelumnya saya ucapkan terima kasih…

  308. 308
    iskandar Says:

    salam kenal dok..saya mau tanya..
    ibu saya kena penyakit lambung tapi sudah nyampai ke hati dan jantung sampai sudah di iccu selama 4 hari..tapi sekarang masih belum sembuh..gejala y seperti kembung,sebah, sesak napas dan batuk..tolong jelas organ tubuh apa yg rusak dengan ciri-ciri di atas

  309. 309
    tata Says:

    salam kenal dok,

    Dok, saya mau tanya, saya sudah punya mengalami sakit maag sudah hampir 6 tahun. tapi akhir akhir ini maag saya semakin parah. walau saya sudah tidak makan pedas, gorengan, mie instant, kopi,dan makanan lain yang mengandung gas ataupun asam. Bahkan mencium aroma jeruk pun sekarang saya menjadi takut. tetapi pada saat makan dan sehabis makan perut saya terasa nyeri. perut, dan ulu hati terasa sakit. begitu pula sering terdengar bunyi bunyi seperti orang kelaparan, tetapi suaranya cukup keras dan mengganggu sekali. Biasanya sebelum bunyi bunyian itu terdengar perut terasa sangan sakit seperti di ikat-ikat, tetapi sesudah bunyi tersebut terdengar rasa sakit nya hilang. Yang jadi masalah ini terjadi sepanjang hari. Jika sudah parah saya akan merasakan mual dan jika sudah muntah tidak akan berhenti sampai saya merasakan asam dari mulut saya dan itu sangat membuat saya lemas. Dalam kasus ini apakah saya perlu melakukan endoskopi dok? untuk mengetahui adakah bakteri di dalam perut saya.Oiya dok, saya juga menjadi takut makan karena rasa yang saya derita. jadi jikalau makan pun saya tidak bisa makan dalam porsi yang normal, saya hanya makan dalam porsi sedikit. Saya sudah sering ke dokter dan obat yang diberikan hampir sama , ranitidine, plazol, joplam, trypanzm, dan obat maag lainnya. Jadi, apakah say memang harus melakukan endoskopi atau cek darah saja ya dok? terima kasih sebelumnya dokter.

  310. 310
    ocha Says:

    Dok saya mau tanya sudah 1 bulan ini saat saya tidur dan ketika bangun pagi awalnya bagian tengah” payudaya saya terasa nyeri sesak dan lama kelamaan 3 hari ni ketika bangun tidur sakitnya sudah bergeser ke bagian kanan bawah payudara. Apakah ini salah satu ciri-ciri magh ato penyebab yg lain?
    Apa saya bisa mnta rujukan kemana saya harus periksa atau berobat.
    Terima kasih dok.
    Saya tunggu saran’y.

  311. 311
    dany Says:

    mlm dok.
    apa benar ngopi sambil merokok dapat menyebabkan penyakit AS?

    tolong di jawab ya dok… trimakasih

  312. 312
    made widia Says:

    selamat siang saya dair bali
    saya maus tanya kalau kita kena hilocobacter pyolri rumah sakit di bali yang bisa check dan pengobatanya di mana bagus

    terima kasih

  313. 313
    david Says:

    met mlm dr
    jika maag saya kambuh rasa perih kurang terasa sakit d ulu hati ,,tp nafas sesak dan rasa melayang dan ingin pingsanlah yg lbh terasa tdk nyaman,,yg jd pertanyaan saya apa nafas sesak dan rasa melayang ni akibat dari maag ???

  314. 314
    Nurani Says:

    Ass,bgn dok tmn sy kira2 udh 3-4thn mengalami skt maag,trus dia udh komputer ktX gjl gastritis,trus tlpk kakiX sering panas,mual2,bersendawa trus dlm perutX ada suara kyak air mengalir bgt cpt,trus dia g’ prn tdr slm skt it datang trus,obat yg dia mkn ranitidine&lapras tp g’ ada perubahan,gmn dok solusiX

  315. 315
    stephen Says:

    salam kenal dok saya stephen baru 1
    bulan lebih ini saya periksa
    KEDOKTER kata dokter asam
    lambung saya naik tapi saya
    belum periksa endoskopi tapi saya
    baca gejala asam lambung yang
    saya baca di blog-blog kesehatan sama
    seperti yang saya rasakan saya
    coba untuk memakan obat yang
    terbuat dari cacing tanah 2 hari
    saya mengkonsumsi obat tersebut
    sudah agak baikan. tapi masih
    suka kambuh walaupun tidak
    parah.apa cacing tanah bagus
    untuk asam lambung? kenapa
    asam lambung rasanya berbeda-
    beda gejalanya. kenapa setiap
    bangun pagi saya sudah agak
    enakan tapi kalau sudah siang
    sudah tidak enak khas terutama
    beberapa menit setelah makan
    rasanya tidak enak lg apa itu
    memang gejala asam
    lambung.memang saya stres
    berlebih ditempat kerja sampai
    karena penyakit ini saya resign dr
    tempat kerja.
    ada lagi dok kalau kalau perut
    saya tidak perih rasanya badan
    saya kurang enak.apa itu karna
    refluks? trimakasih.

  316. 316
    Dr. Sukma Says:

    Hai Stephen,

    Yang paling berperan atas terjadinya sakit maag adalah stress. Jadi sebaiknya dilakukan usaha untuk menghilangkan stress yaitu dengan MEDITASI menenagkan pikiran plus suplemen ANTI STRESS yang biasa saya minum berupa Omega-3. Kebanyakan kita penderita maag selalu mengharapkan satu kali minum Omega-3 LANGSUNG hilang stress nya. Padahal faktanya tidak seperti itu. Jadi minumlah terus-menerus selama 2-3 bulan, baru mulai terasa dampak/efek Omega-3 thd emosi dn sikap kita menghadapi berbagai persoalan hidup di era yg serba modern dan berkompetisi ini.. Anda akan lebih sanytai menghadapi berbagai maslah yg dahulu sebelum minum Omega-3 reaksi anda sangat reaktif, berpikir negatif dan cenderung cari musuh.. Buktikan sendiri PERANAN OMEGA-3 terhadap sress..
    Mengenai cacing tanah saya tidak tahu bahan atau zat aktif apa yg bisa bertindak sbg obat anti-maag.

  317. 317
    antoni s Says:

    Selamat sore Dokter,

    Mohon maaf akhir akhir ini saya merasakan sedikit nyeri di ulu hati dan jadi gampang ngos ngosan, saya sudah periksa ke Dokter Spesialis dan dikatakan maag dan disuruh endoskopi, apakah ini gejala maag ? dan apakah endoskopi itu menyakitkan ? Untuk saat ini apa yang harus saya lakukan yah dok sambil menunggu saya siap materi untuk endoskopi ? apakah ada obat tradisional yang menolong ? bagaimana dengan propolis dok ?

    Terimakasih banyak

    Salam

    Antoni

  318. 318
    sidik Says:

    Dok apakah gangguan pencernaan dyspepsia bisa sembuh total dok?trmksh

  319. 319
    David Says:

    Dok,anak saya umur 8tahun sudah 3minggu sakit gastritis( sudah ct scan dan usg )oleh internist di beri obat 1) nexium, neciblok, vomitas, braxidin 2)nexium, melidox, becantex, vomitas, neciblok.tetapi sekarang masih sakit saja belum ada perubahan.apakah ada kemungkinan ada bakteri HP?apakah harus ada pemeriksaan lanjutan?tolong jawabannya dok.hari ini obatnya habis.terimakasih

  320. 320
    sarah Says:

    dok saya ingin bertanya, mama saya sudah 2bulan ini sakit maagh dan sudah bolak-balik kerumah sakit tetapi belum sembuh akhirnya di endoscopi hasil endoscopinya ada luka di lambung mama saya, lalu diberikan obat librax, lansoprazole, omeprazole,novepide, musin, magtral tetapi pas diminumin obat itu perut mama saya makin sakit rasanya kayak ditusuk-tusuk, mual, muntah, pusing, rasa panas diperut, susah kentut, itu kenapa ya dok? apa karna tidak cocok oleh obatnya atau kenapa? apa ada obbat yg bisa menyembuhkannya penyakit mama saya? terimakasih ya dok

  321. 321
    awin Says:

    dok saya ingin nanya obat novipide itu untuk penyakit apa ? terus bisa didapatkan di mana saja terimakasih dok

  322. 322
    mrs.fajar Says:

    salam kenal dok..

    dok ada bbrp pertanyaan yg ingin saya ajukan, umur saya 29thn,saya sudah 5 bln menikah tp blm juga hamil dok, nah yg jd pertanyaan saya, setiap habis berhubungan knp sperma selalu “tumpah” padahal saya sudah mengikuti saran tmn seperti di ganjel bantal,miring kiri miring kanan,dan kaki diangkat keatas, namun setelah itu msh saja “tumpah”dok, apakah hal ini wajar? dan apakah ada penyumbatan pd rahim saya? dan apa benar unt bisa hamil, ketika berhubungan itu suami istri harus mencapai klimaks secara bersamaan?

    dan suami saya pernah mengalami pecah pembuluh darah di otak, dan sampai skarang mengkonsusmi penitoin, stugeron dan merislon, apakah minum obat dlm jangka waktu panjang bisa mempengaruhi “kadar” sperma dok?
    dan apakah ada tips tips khusus unt cepat hamil?

    terima kasih sebelumnya atas jawaban dokter.

  323. 323
    Denny Says:

    Saya penderita maag akut diare dan rasa nya ambeyen apa obat nya Dok

  324. 324
    syamsul Says:

    dokter yth,
    saya mohon bantuan, nama saya syamsul usia 36 thn saya kemarin melakukan test omd dan hasilnya gastritis kronis lalu dokter memberikan obat: impepsa, acitral, braxidin, pariet sodium rabeprazole dan cliad, yg ingin saya tanyakan apakah obat2 ini.betul untuk pengobatan gastritis bu? dan saya melihat komposisi obat antara braxidin dan cliad sama kenapa kok d suruh minum sama, sekali lg kami penjelasan bu dokter,terima kasih sebelumnya bu dokter

  325. 325
    Agoes Boediharjo Says:

    Salam kenal dok,
    Dari hasil laboratorium, ternyata sakit maag saya terkena virus HP. Dan oleh dokter yang merawat saya diberikat obat sbb : Amoxicilin 1000 mg dan Bicrolid 500 mg. Bagaimana menurut dokter, apakah virus HP bisa dimatikan dgn obat tersebut. Mohon saranya. Terima kasih.

  326. 326
    Moose Says:

    Hai dok.. Sy mau tanya, BAB sy gak lancar, kadang bisa BAB juga feses yg keluar sedikit, terus sy juga jarang buang gas, tiap ada rasa pingin buang gas suka ga jadi karena ga bisa dikeluarin. Makanya perut sering kembung. Masalah lain perut sy juga sering sakit, mual (tapi ga sampe muntah), perih, cepet lapar (padahal baru saja makan) dan sering bunyi krutuk2.. Apa tu tandanya maag sy dah kronis? Ato ada penyakit lain dok? Apa perlu sy periksa ke dokter spesialis penyakit dalam, karena selama ini sy cuma berobat ke dokter umum, karena keterbatasan biaya dok… Mohon jawabannya, sy hawatir sekali dengan kondisi kesehatan sy.. Makasih..

  327. 327
    Dr. Sukma Says:

    Hi Moose,

    Sebaiknya anda pakai obat pencahar seperti dulcolax suppositoria yang dimasukkan ke anus, agar bisa BAB. Normalnya stiap orang BAB satu kali sehari. Trus banyak makan buah dan sayur atau makanan berserat tinggi lainnya. Untuk melatih gerkan usus/peristaltik menjadi normal. Dan perbanyak minum air putih, agarfeces tidak keras dan mudah dikeluarkan sehingga BAB bisa lancar setiap hari.

  328. 328
    David Says:

    Dear Dok Sukma, saya pria umur 35 thn,saya pernah diare sampai sehari 5 kali dan sempat demam dan muntah di bulan feb.kemudian setelah pengobatan dan sembuh.Di bulan april, saya mengalami BAB mencret tapi cuma sehari sekali. sama dokter gastro saya di kasih Renator 500mg, renapepsa 20mg, lacidofil capsul dan tripanzym, baru dua kali makan obat, BAB saya sudah normal. Cuma setelah itu dari bulan april – september, (dengan yang sekarang ini) ada 3 x masa, saya kembali mengalami BAB kadang lembek kadang mencret, sehari cuma sekali.warna BAB saya kadang kuning, kadang kuning coklat gelap.Pertanyaan saya:
    1.kira kira masalah pencernaan apa yang saya alami?
    2.apakah aman untuk saya selalu mengulang resep?
    3.Apakah dokter ada saran untuk menanggulangi masalah ini?
    Sebagai info (saya tidak merokok dan minum alkohol atau kopi, sebelum ada masalah ini hampir tiap hari saya minum juice 2 gelas setiap hari, ayah saya ada history kanker usus). terima kasih banyak

  329. 329
    Dr. Sukma Says:

    Hi David,

    Ada sedikit yang mengganggu saya yaitu statemen ‘ada riwayat kanker usus dari ayah anda’. Minimal kita harus lebih teliti dan alert akan gejala2 seperti yang anda tulis. Gejala awal kanker usus, sesuai dengan apa yang anda tulis. Yaitu perubahan kebiasaan BAB yang kadanng biasa kadang encer dengan warna feces yang berubah. Ada baiknya anda periksa lebih teliti ke dokter Gastro-enterologi penyakit dalam. Kemungjkinan perlu dilakukan pemeriksaan biopsi endoskopi. Di Pekanbaru Dr. Andi Zainal di RS.Lancang Kuning dan Dr. Donna Alfina di RS. Santa Maria biasa melakukan biopsi endpskopi/konoskopi. Jawaban atas pertanyaan anda : 1. bisa gejala awal kanker usus 2. TIDAK aman mengulang resep. 3. Saran saya seperti kalimat2 diatas.

  330. 330
    Anonymous Says:

    Malam dok
    Sya mau tanya,sya sering sakit perut kadang kanan ?ªªª?? kiri,dan menjalar ke belakan pinggang,sring sesak,dan sempoyongan,kepala pusing,dan HB tdk pernah normal,selalu turun,sudah beberapa kali ke dokter katanya maag,dan sdh cek darah n USG kata dokter normal,dan sampai sekarang belum ada hasil, keluhan masih,blm ada perubahan
    Kira2 sy sakit apa dok……terimah kasih sebelumnya

  331. 331
    Tiara Says:

    Hallo dok, anak saya( 7 thn) positif terinfeksi HP (hasil endoscopi) di lambungnya banyak sekali terdapat bintik2 merah akibat HP dan di ususnya terdapat bintilan bintilan dan spot- spot agak hitam, sebetulnya penderita HP bisa disembuhkan atau tidak dok ?

  332. 332
    Tiara Says:

    Mohon rekomendasinya ya dok, dokter yang dapat menangani HP di jakarta dan Bandung , terima kasih dok

  333. 333
    nia Says:

    hai dok..saya mau tanya, ibu saya setiap hari BABnya bisa mencapai 8 kali (sering),kondisi BABnya encer dan perut kembung.sudah berobat ke dokter tapi belum ada perubahan.kira2 ibu saya sakit apa dok?sy khawatir sekali dengan kondisi fisiknya yang menurun jg…mohon penjelasannya ya dok n terimakasih..

  334. 334
    Gunawan Says:

    Dok saya penderita lambung kalau duduk terasa panas.desember 2011 saya di endoskopi dan hasilnya GERD stadium LA-A dan ada sel epitel yang displasia.sampai saat ini masih belum membaik dan kalau duduk terasa panas sampai ke dada.yang hendak saya tanyakan adalah apakah displasia epitel lambung dan duodenum bisa pulih normal kembali? saya khawatir kalau displasia tersebut dapat meningkat jadi kanker? saya minum nexium terus tapi tidak ada perubahan.mohon petunjuk dok.

  335. 335
    niko Says:

    Dokter saya ada keluhan lambung.. 2 mgg yg lalu saya awalnya diarhea dan mungkin disebabkan makanan pedas. Setelah bbrp lama ternyata perut terasa kembung, dan banyak keluar gas..saat ini sudah tidak diare tetapi perut masih mudah perih dan kembung. Sudah diberi obat oleh dokter Lancid dan inpepsa.. Saya semapt minum Sulfa dan Trimeth meskipun diarea tidak ada gangguan sakit maupun lendir.. Ada apa dgn lambung saya ini ya?? Mulut juga terasa lebih asam.. Thanks dan mohon masukan dari dokter..

  336. 336
    JJ Says:

    dokter saya mau tanya bgaimana cara membunuh Helicobacter Pylori bakteri.karna kalau gas saya naik efeknya seperti kepala saya kehilangan kesimbangaan,kadang kalah seperti serangan jantung.saya sdh cek jantung dan paru2,colestrol,darah tinggi dan rendah semua hasilnya baik.saya buka artikel ini,Helicobacter Pylori saya baru tau juga adalah salah satu penyebabnya.tks doter

  337. 337
    mahda Says:

    Dok, saya mau tanya. saya sudah beberapa minggu ini mengalami perut kembung. awalnya hanya pada waktu tertentu saja, tetapi sekarang hampir sepanjang hari merasa kembung dan punggung sakit. g. kmrn2 memang sngaja tidak saya periksakan, tapi saya sekarang sudah mulai merasa terganggu. kalau menurut dokter, kira-kira apa penyebabnya? saya memiliki riwayat maag. terima kasih Dok atas perhatiannya.

  338. 338
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mahda,

    Kemungkinan kembung disebabkan aerophagia bisa. So, coba minum panktreoflat 3×1 tab sebelum makan. Bila dalam 1-2 hari tidak ada perbaikan, sebaiknya kunujungi dokter penyakit dalam khusus gastro. Kemungkinan radang lambung/gastritis /sakit maag sehingga perlu pemeriksaan dokter gastro.

  339. 339
    jeje Says:

    halo dok, saya punya keluhan dgn lambung saya, awalnya mulai dari 6 tahun lalu saya sering tidur jam 2 / 3 pagi krn didepan komputer selalu, makan tidak teratur, sering makan di warung, saat itu sempat terkena gejala typus, lalu sembuh, trus kebiasaan yg sebelumnya msh saya lakukan, akhirnya tiba waktu nyusun skripsi (agustus 2012), saya tiba2 kliyengan dan mendadak cemas, besok malamnya saya tiba2 kringat dingin, ujung kaki tangan biru, badan dingin, jantung berdebar kencang, lalu saya langsung pergi ke rmh sakit, lalu cek EKG, kata dokter jantung saya normal, bsknya saya ke dokter internist, ktnya saya cuma asam lambung yg tinggi, dikasi obat (lupa saya namanya) 2 minggu, merasa sedikit sembuh, tidak berdebar lg mungkin krn saya mulai rutin lari pagi, tp msh cepat lelah dan cemas, perlu dokter ketahui, perut saya tidak ada rasa sakit sperti yg dirasakan kebanyakan org yg terkena asam lambung, saya tdk mual, tdk muntah, dan nafsu makan saya tinggi dok, hanya di perut sering terjadi bunyi seperti meremas kerupuk, tiap bangun pagi, maupun selesai makan, dan saya gampang masuk angin dok, cuma sebentar naik motor, sorenya perut terasa penuh, dan sesak. setelah itu saya melakukan USG, hasilnya terjadi polip di empedu saya dok, tp ukurannya msh kecil sekali, jd tdk masalah, asal dikurangi konsumsi makanan berminyak+gorengan+santan. dan saya diberi obat yg dimakan saat kambuh saja, setelah itu saya minum tuh obat, hasilnya saya malah jd tak nyaman, kaki tangan serasa kesemutan, akhirnya saya putuskan untuk menghentikan smua obat dr dokter, saya kembali ke makanan alami saja, dan hasilnya 2 bln yg lalu saya merasa mendingan sampai skrng, tp msh sering cemas, mudah lelah dan gampang msk angin, berat badan saya turun 4 kilo dok, dan saya berencana mau endoskopi dok, tp msh ragu, makanya saya mau tanya ke dokter dulu, kira2 itu kenapa ya dok, trus saya perlu endoskopi gk dok? terimakasih

  340. 340
    Iwan Says:

    Dok..saya mau tanya,saya menderita maag sudah lama.kira-kira 12 tahun..saya bolak balik kedokter hasilnya masih belum ada perubahan…sudah endoscopi hasilnya gerakan lambung saya agak lambat…sering sesak nafas,dan rasanya ingin terus narik nafas dalam2,tapi terkadang sesak sekali..yang saya tanyakan mengapa kok rasanya ingin selalu narik nafas dalam2..dan sesak nafas..terima kasih dok…

  341. 341
    dwirahma Says:

    dok, saya sebenarnya sedang browsing ttg anak saya tetapi ketemu blog dokter,saya takut apakah ada hubungannya. anak saya semenjak minum susu uht rasa strawberry 4bln terakhir feses nya berwarna pink, apakah itu normal atau berbahaya?dan saat minum susu rasa vanilla fesesnya berwarna pucat. krn anak saya memiliki riwayat susah makan sejak usia 6 bln sampai sekarang 2,5 tahun,jd terkadang porsi susu lebih banyak dr makanan. smpat ke picky eaters clinic jakarta didiagnosa sebagai alergi hypersensitive terhadap makanan, gangguan saluran fungsi cerna, dan gangguan oral motor. untuk masalah feses nya ini bagaimana ya dok apakah saya harus memeriksakan lebih lanjut? dan kemana ya dok bagusnya ke specialis pencernaan atau Dsa saja,atau sp. penyakit dalam? trm kasih sebelumnya.

  342. 342
    ibra Says:

    dok sy mau nanya., sy mengalami terserang maag udah lama skitar 9 tahunan.., di bagian perut deket seputar puser itu terasa panas,dan panasnya itu ga ilang2, kalo tidur terlentang panasnya serasa tembus ke pinggang dan punggung, tahun 2004 awal sy sakit ini,awalnya saya fikir penyakit maag biasa, berbagai macam obat sy konsumsi tapi hasilnya nihil, akhirnya sy di endoscopy dan hasilnya fositif di bagian luka ato radang lambung sy ada baktery filory nya,sy di kasih obat anti biotik, cuma waktu itu pengobatannya tertunda selama beberapa hari, karna waktu bayar obatnya sy cuma mampu beli 1/2 resep, setelah obat habis beberapa hari kemudian beli 1/2 resep lagi…,dulu sakit saya terasa sembuh cuma kadang2 ada kambuh….,sekarang udah 2 bulang gejala pesis seperti dulu terasa lagi dan ga ilang2 udah 2 bulana..,
    pertanyaan saya..
    1. Apakah baktery pilori menggerogoti langbung saya lagi,,,,?
    2. Apakah cara pengobatan dulu yg saya lakukan ngonsumsi anti biotik yg ga sempet tertnda beberapa hari, ga bisa membasmi baktery pilori..?
    3. lalu apa yg harus sy lakukan supaya penyakit saya bisa sembuh total….
    4. dampak apakah yg akan terjadi terhadap lambung dan usus sy seandainya terlambat ngobatinnya..

  343. 343
    yunia Says:

    dok,Sudah sebulan ini says merasakan sakit dibagian uluhati..sy sudah periksa internist sampai 2 Kali,namun terkadang perut masih Teresa nyeri,sulit buang angin, BAB dalam sehari sampai 3 kali, bunyi di dalam prut seperti orang kelaparan.yg saya mau tanyakan perlu tdk pemeriksaan endoskopy ? trimakasih

  344. 344
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yunia, sebaiknya dilakukan endoskopi agar tuntas..

  345. 345
    Anonymous Says:

    dok, saya mau tanya, apaa yang menyebabkan setiap kali mau bangun perut pastii sakit dulu??

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe