En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

KAMPAIBEBEKCarpal Tunnel Syndrome (CTS), paling sering dikeluhkan oleh mereka yang banyak menggunakan otot-otot  pergelangan tangan dan jari-jari tangan, merupakan keluhan yang awalnya sangat sering disuarakan di negara Barat.

CTS merupakan salah satu dari kelompok gangguan saraf tepi yang disebut dalam bahasa medisnya  : compression neuropathy atau entrapment neuropathy.

Dengan semakin ngetrendnya pemakaian komputer di segala aspek kehidupan kita, maka CTS semakin banyak dikeluhkan para pengguna komputer terutama yang computer maniac. Apa dan bagaimana CTS sebenarnya ?

Lengan bawah dan jari-jemari tangan kita dipersarafi oleh nervus medianus dibagian tengah, nervus radialis pada sisis ibu jari dan nervus ulnaris dibagian sisi jari kelingking. Semua saraf tersebut mempunyai tempat tersendiri, diantara otot-otot dan tulang.

Pada CTS terjadi penyempitan ruang dimana nervus medianus biasanya berada. Sehingga saraf akan terjepit, mengakibatkan rasa kebas, kesemutan dan nyeri. Penyempitan ruang saraf ini, dapat disebabkan berbagai hal,  dan yang paling sering terutama akibat  edema atau pembengkakan jaringan.

Hal-hal  lain yang menjadi predisposing factors : kehamilan, radang sendi, hypothyroidism, amyloidosis, acromegaly, Diabetes Mellitus (DM) dan last but not least, gerakan pergelangan tangan yang berulang-ulang dan berlebihan seperti apa yang sering terjadi pada sekretaris pada umumnya dan pengguna komputer yang tergolong maniac.

Keluhan pada CTS berupa manifestasi dari gangguan fungsi saraf/nervus medianus, yaitu seperti : rasa kebas dan kesemutan pada ujung-ujung  ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah. Keluhan tambahan bisa akibat penekanan pada saraf ulnaris sampai sebatas siku tangan yang terasa kesemutan, nyeri dan kaku.

Keluhan dapat juga terjadi akibat kompresi pada saraf radialis di lengan atas berupa lengan atas yang sakit seperti lumpuh dan sulit digerakkan, hal ini sering terjadi  bila salah posisi lengan pada saat kita tidur di malam hari sebelumnya. Keadaan ini disebut ‘saturday night palsy’.  Eeiit, jangan salah, bukan ‘saturday night fever’ filmnya John Travolta dan si cantik mungil Olivia Newton John, asal Australia.

Dari data statistik, penderita CTS lebih sering perempuan dibandingkan laki-laki. Dan sampai saat ini belum diketahui kenapa begitu, karena belum ditemukan jawaban yang memuaskan untuk pertanyaan itu.

Pada pemeriksaan penderita CTS, akan ditemukan kelainan histopatologik jaringan yang berupa ‘Morton neuroma’,  sejenis tumor jinak dari unsur saraf.

Terapi CTS biasanya berupa anti sakit/ analgesic, obat saraf/neurotropik berupa vitamin B1, B6 dan B12, serta untuk mengurangi pembengkakan jaringan diberikan anti-inflamasi dan yang paling penting sudah tentu kudu mengistirahatkan untuk sementara lengan dan jari-jemari sampai sakitnya hilang…

Popularity: 12%

Posted Friday, August 22nd, 2008 at 12:51 pm
Filed Under Category: Bahasa, Life, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

126 Responses to “Carpal Tunnel Syndrome, sering terjadi pada sekretaris”

Pages: « 6 [5] 4 3 2 1 » Show All

  1. 125
    sanjaya putra Says:

    Pagi Dok,

    Sudah hampir 2 minggu ini jari telunjuk kiri dan jari tengah kiri mengalami kesemutan, dan baru beberapa hari ini jari kelingking kiri saya kalo kena air rasanya sakit seperti kena cubit, tanda-tanda penyakit apa itu ya dok? dan makanan apa yang harus saya konsumsi?
    terimaksih sebelum dan sesudahnya

    salam hormat

    sanjaya putra

  2. 124
    tati Says:

    ass dok..begini ada tante sy berumur 50th,sdh setahun ini dia sakit mulai dari kakinya yang sebelah kanan keram sampai naik ke tangan ketiak dan payudaranya,kalau dia angkat tangan sbelh kanan sakit sekali sampai di payudara dan kaki kanan keram.. yg ingin sy tanyakan apakah sakit yg dia derita termaksud kanker payudara? tpi dok tidak ada benjolan di payudaranya. trus kira2 penyakit apa yg di derita tante sy.. mksih sblumnya… wssllmm..

  3. 123
    QMost Says:

    Salam sehat Dok…
    Perkenalkan,
    Saya seorang dosen bidang komputer. Usia saya saat ini 34 tahun. Perawakan saya bisa dibilang obesitas.
    Begini Dok, hampir setiap hari saya menggunakan komputer ±5-6 jam per sesi di rumah dengan posisi duduk bersila di lantai.
    Keluhan yang saya rasakan adalah perasaan tebal/kebal/tidak peka pada paha kanan di sisi sebelah luar (seperti kena bius lokal).
    Begitu pula dengan tangan dan jemari saya setiap bangun tidur pagi, terasa sakit, kesemutan, dan kaku.
    Apakah penyebabnya dan bagaimana solusinya Dok?

    (tolong selain dikomentari, kirimkan juga ke e-mail saya)

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak2 terima kasih.

  4. 122
    novi Says:

    dokter sukma yang terhormat. dok tante saya mengeluh apabila pergelangan tangan dan kaki sering nyeri terutama saat bangun tidur. kira kira ada apa dengan tante saya? apakh faktor usianya yang hampir 50 thn/atau penyakit yang belum terdeteksi. sebab tante sudah chek up semuanya normal. tapi kok nyerinya masih tetap. mohon jawabannya dokter. terimakasih sebelumnya

  5. 121
    ika wahyuni Says:

    ass… dr sukma.nama sy ika usia 30th.sdh 5 bln ini sy menderita sakit maag n bln agustus 2012 di endoskopi.tnyt ada erosi di lambung saya.skr masih dlm pengobatan.tp 3hari ini daerah tulang rusuk dekat ulu hati terasa sakit sewaktu digerakkn.kira kira knp ya dok? mhn jwbny n terima kasih

  6. 120
    nelly Says:

    Siang dok saya nelly mau tanya tiap kali tangan kiri dan kaki saya tertekan saya merasakan kaki dan tangan kesemutan ngilu tp kl sdh tdk tertekan lg kaki dan tangan saya ga kesemutan saya sdh k dokter syaraf dikasih obat neuraxon tp kesemutan ttp ga hilang2 kira2 saya pya penyakit apa ya?dulu riwayatnya saya sering melakukan diet apa dan minum nutrisi tubuh herbalife utk diet apakah efek dari itu?mohon penjelasannya dok saya khawatir makasih

  7. 119
    rhini marini rhiiny Says:

    dok,tangan sya sering kram ,kaku dan dingin di saat bersamaan .
    kira2 itu penyakit apa yah dok?

  8. 118
    chong seng Says:

    dokter tolong saya, sekarang ini saya di vonis mau dipotong jejari saya tapi saya tak ada diabetis cuma nanah merebak di ujung jari dan sudah bersih tapi dokter kata tulang sudah merebak jadi harus dipotong , apakah bisa makan obat saja biar tumbuh tulang kembali dan tak usah dipotong? TQ

  9. 117
    asyifa Says:

    bu dokter,kenapa ya jari telunjuk saya yang sebelah kanan berubah menjadi berwarna kuning ? dan warna nya tidak hilang-hilang ! tetapi jari-jari saya yang lain tidak berwarna kuning ! warna kuning nya itu hingga ke kulit dekat kuku yg paling bawah !

  10. 116
    elvin Says:

    Dok tangan kanan saya jari2 sering kesemutan terutama jari kelingking manis dan tengah…kadang tgn kiri jg begitu dok..dan ini terjadi ketika bangun dr tidur…dan masih terasa hingga seharian tapi tidak terlalu terasa..yg terasa kesemutan nya pagi hari dok…kira2 gejala penyakit apa ya dok..saya berumur 34 tahun baru melahirkan 1.5 bulan yg lalu..sebelumnya saya ucapkan terima kasih dok…

  11. 115
    Marfu'atun Says:

    Nama Saya Marfu’atun,Usia Saya 40 Tahun,saya sering merasakan kesemutan, pegal-pegal ditangan ketika tidur miring dan tangan terdindih,Tapi Setelah bagian bahu dan lengan dipijat biasanya berkurang/sembuh,apakah itu juga termasuk penyakit CTS atau mungkin termasuk gejala-gejala awal penyakit CTS?lalu bagaimana cara penyembuhannya,bila termasuk penyakit tersebut.

  12. 114
    hartawan witjaksono Says:

    Dokter yang terhormat, saya pria berusia 63 tahun , 10 tahun lalu dibawah jari telunjuk saya sulit bergerak kalau
    digenggam dan dibuka kembali rasanya sakit sekali , juga dipergelangan tangan kiri saya lalu saya ke seorang dokter
    katanya mungkin reumatik , lalu disuntik ditulang bawah
    jari tengah saya , rasanya sakit sekali , sampai mau pingsan , kata dokter itu 12 hari lagi saya sembuh dan
    setelah 12 hari ya memang sembuh bertahap dan tidak pernah sakit , tapi dokter beberapa hari lalu penyakit itu kambuh lagi sampai sekarang , pertanyaan saya adalah
    sementara ini saya minum obat new skelan , apakah obat
    ini tepat untuk penyakit saya ? , atau apa boleh saya
    fisioterapy atau tusuk jarum ? atau memang saya harus
    disuntik seperti masa lalu ? maaf dokter sebab untuk berobat disuntik itu saya harus pergi kesebuah kota yang
    cukup jauh kira kira 900 km dari rumah saya , atau
    ada jalan lain dokter , kecuali operasi sebab saya
    tak mampu biaya operasi , terima kasih dokter

  13. 113
    Lia Says:

    Bu dokter, jari jari saya sring kali sperti mengeluarkan aliran listrik.. Sepeti menyentuh pintu mobil.. Bahkan pernah saat sy menyentuh pipi anak saya tiba tiba berbunyi sperti kesetrum sampai anak sy juga kaget.. Apa penyebabnya ya dokter.? Dan bagaimana menghindari nya.. Terima kasih banyak ya bu dokter..

  14. 112
    Syaiful Says:

    Dokter sukma yg terhormat, saya baru menjalani operasi CTS, namun sudah 3 bulan lamanya belum sembuh dan jari2 saya kecuali kelingking dan telapak tangan saya serasa tebal namun masih bisa mengepal. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya bisa sembuh? Kalau saya bisa sembuh, bagaimana pengobatan dan terapinya? Trima kasih.

  15. 111
    Jusuf Says:

    Halo Dokter SUkma yang baik…
    saya pria, 27 tahun, mengalami kesemutan sudah 4 hari ini, di bagian betis sampai ujung kaki dan lengan tangan. sudah minum neurobion 2 hari ini, tapi masih saja. sudah pijat juga tapi tetap.
    saya memang bekerja dengan komputer, setiap malam saya mengetik. hidup saya untuk mengetik dan dari mengetik.
    oya, sebelumnya saya juga sering kesemutan menjelang tidur.
    mohon nasehat dan pencerahannya ya? apakah ada obat tradionalnya?
    terimakasih banyak aas kebaikannya.
    salam

  16. 110
    citra Says:

    dok, sy berumur 27 thn, sudah 3 hari ini tangan kanan saya, dari bahu hingga tangan kanan terasa nyeri dan pegal-pegal. itu kenapa ya bu dokter?

  17. 109
    Rusdi Says:

    Sy seorang pembuat roti dan kue,,knp jari kelingking saya mati rasa dan jari manis saya sulit diluruskan..
    Antara ruas telunjuk dan jempol smakin kecil…
    Kmn sy harus berobat??
    Kebiasaan apa yg hrs sy lakukan agar telapak tgn kanan sy kmbali normal??
    Thanks.

  18. 108
    eko susatiyo Says:

    Siang Dok, saya berumur 39 th, saya bekerja kurang lbh 5 thn dibagian administasi (tukang ngetik singkatnya) mengalami kesemutan dan rasa kaku serta tidak adanya tenaga pada jari2 kedua tangan saya. Hal ini sudah berlangsung 1 bulan, Sekarang rasa kesemutan ini menjalar ke kaki saya. Apakah ini termasuk penyakit CST? Terimakasih sebelumnya.

  19. 107
    Dr. Sukma Says:

    Halo bu Ayu,

    Sebaiknya rutin minum neurobion 2x 100 mg setiap hari. Mungkin disaat nyeri yang hebat, perlu dilakukan fisioterapi/ diathermi dg menggunakan sinar infra red. Untuk itu kunjungi bagian fisioterapi atau URM/ unit rehabilitasi medik.

  20. 106
    erminayu Says:

    saya ibu ayu 39 thn, sejak thn 1998 saya mengalami kesemutan pd tangan kanan sampai skrg. hingga pada tahun 2008 dibawah ibu jari tgan kanan saya mengalami pengecilan otot sampai bolong. hingga akhirnya dithn 2009 tangan kanan saya selalu disuntik setiap 3 bln sekali. pada thn 2010 bulan mei lalu dianjurkan dokter untuk operasi, saya lakukan itu atas saran dokter bedah saraf. operasi ligamentum namanya. tapi setelah operasi, 6 bulan kemudian tangan kanan saya kembali kambuh semutan 24 jam bahkan sampai terasa seperti nyetrum dan menular ke tangan kanan. saya bingung dan sedih apa lagi yang hrs saya lakukan kalau nantinya tangan kanan ini tidak berguna lagi.saya butuh sekali masukan dari dokter baik itu pengobatan dari dokter ataupun herbal, terapi. terimakasih.

  21. 105
    Dr. Sukma Says:

    Halo Conni,

    Pendapat saya anda tidak mempunyai masalah kesehatan. Apa yg anda rasakan saat ini hanyalah subjektif karena pola pikir yg salah dan terlalu cemas. Hal ini disebut psikosomatis. Karena itu mulai saat ini berpikirlah posiitif dan anda dalam keadaan sehat. Buang jauh2 semua kecemasan anda dan saya yakinkan tidak ada tumor dlm tubuh anda.

  22. 104
    conni Says:

    Hi Dok,

    Saat ini saya berumur 44 tahun. Kira-kira 4 tahun lalu saya pernah jatuh terpeleset dalam posisi terduduk. saat itu saya langsung rongent dan hasilnya tulang lumbal 4 saya sedikit miring tapi saat itu saya biarkan.
    1 tahun berlalu, saya mulai merasakan sedikit tonjokkan di bawah payudara sebelah kanan saya, saya tidak tahu penyebabnya apa, saya berfikir akibat dari jatuh saya tersebut. saya sudah coba dengan pijat urut, dan makan obat seperti daun teratai namun tidak ada hasil. dua tahun lalu saya pernah CT scan Abdomen, namun semuanya baik-baik saja. saat ini punggung sebelah kanan saya mulai membengkak, tidak ada rasa nyeri tapi saya jadi mudah lelah. saya pernah mengikuti terapi chiropratik selama 3 bulan, ada sedikit hasil namun bengkak masih tetap ada. Saya disarankan dokter saat itu untuk melihat penyebab pembengkakkan dengan MRI, namun hasilnya juga Normal.
    Saya bingung dok, apa yang harus saya perbuat. Saya takut ada tumor, apakah tumor akan terbaca lewat MRI? apa yang harus saya lakukan saat ini. Mohon suggest. Thank you in advance.

  23. 103
    Margaretha Says:

    Malam Dok,
    Saya Margaretha, usia 36 tahun.
    Tadi malam saya tidur dengan posisi miring ke kanan dan tangan kanan menopang pipi. Pada saat bangun pagi tiba-tiba ibu jari dan telunjuk tangan kanan saja terasa kesemutan dan kebal (“baal”) hingga saat ini. Apakah itu juga merupakan gejala CTS? Jika ya, bagaimana terapinya?
    Saya juga minum vitamin glucosamine sulfate complex 1000 (untuk persendian) secara rutin. Apakah ini dapat membantu penyembuhan CTS juga? Terima kasih atas perhatiannya ya dok… salam.

  24. 102
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tanti,

    Rata2 CTS memang lama sembuhya. Dan sering kambuh lagi bila kembali bekerja berlama-lama didepan komputer. Karena saraf yg terjepit akan kembali terjepit bila jaringan disekitarnya membengkak akibat digunakan dl mengetik, dsb.

    Penyembuhan bisa diperpendek dg mengistirahatkan tangan tersebut untuk jangka waktu minimal satu minggu . Sambil minum pain killer, anti-inflamasi disertai fisioterapi rutin. Jadi memang harus bersabar.

  25. 101
    TANTI Says:

    Siang dok saya umur saya 31 tahun, saya mempunyai keluhan jari tangan kanan saya nyeri sekali kalo untuk pegang pulpen pisau or benda – benda ringan. Jari manis kanan saya sudah beberapa bulan ini kaku kalo bangun tidur. kalo saya baca CTS rasanya gejalanya sama seperti yang saya rasakan. sudah beberapa kali ke dokter dan di kasih obat tapi tidak ada perubahan. Adakah saran obat apa yang harus saya minum.

    tks

Pages: « 6 [5] 4 3 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe