En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

OrangeKanker hidung atau Karsinoma Nasofaring (KNF), adalah penyakit kanker ganas yang mengenai rongga hidung (nasofaring). Kanker ini sering diderita oleh mereka yang berumur 15-25 tahun dan bisa pada kelompok umur 60-65 tahun. Jadi ada dua peak incidences yaitu usia remaja dan dewasa tua. Penderita lebih banyak laki-laki dibandingkan perempuan.

Dari data statistik, diketahui kanker ganas ini sering diderita penduduk dinegara-negara Asia Tenggara dan juga banyak ditemukan pada penduduk propinsi Sechuan yang terkenal dengan kelezatan masakannya didaratan China. Apa gejala dan penyebab KNF ?

Penderita akan merasa badan demam, tidak enak. Kepala sangat pusing dan hidung sering terganggu seperti rasa tersumbat, agak pilek dan beberapa kali mimisan/ keluar darah dari hidung. Kadangkala suara berubah menjadi sengau. Pada sebagian penderita tidak merasakan apa-apa, kecuali tampak benjolan dileher yang makin lama makin membesar. Benjolan ini adalah anak sebar dari kanker hidung yang telah mencapai kelenjar getah bening di leher.  Kondisi pasien umumnya bergizi sedang atau baik.

Dari buku teks, dikatakan KNF disebabkan oleh virus EBV (Epstein-Barr virus) dan juga kondisi ventilasi dan udara pernafasan yang tidak baik seperti : banyak asap, mengandung pollutan bahan kimia dan asap rokok. Juga berperan dalam terjadinya KNF adalah terbentuknya zat nitrosamine yang bersifat fatal, memicu sel-sel hidung normal mengalami perubahan ganas menjadi se-sel kanker.

Nitrosamine terbentuk, apabila daging asap atau ikan asin dipanaskan saat dimasak, maka protein daging dan ikan yang diawetkan tersebut akan membentuk bahan aktif nitrosamine yang sangat berbahaya. Uap dari masakan panas tersebut terhirup oleh mereka yang mengkonsumsi masakan dalam kondisi masih panas. Memang ciri khas Chinese food, adalah dinikmati dalam keadaan panas-panas. Kalau dingin tidak enak.

Hal ini mungkin dapat menjelaskan, kenapa mereka yang di propinsi Sechuan yang sangat populer dengan  seni dibidang kuliner, masyarakatnya lebih banyak terkena KNF dibandingkan propinsi lain di daratan China.

Dari sudut kesehatan, mengkonsumsi makanan yang diawetkan sangat tidak baik dan berisiko menimbulkan kanker, seperti : daging asap, lidah asap, ikan asin dan juga makanan dalam kaleng yang diberi bahan pengawet, perasa dan pewarna bahan kimia agar tahan lama.

Jadi kembalilah ke alam, konsumsi makanan segar yang dipetik dari halaman sendiri, atau belilah sayur, buah dan daging yang  dalam keadaan segar, misalnya ditempat petani langsung atau di pasar tradisional.

Dapat disimpulkan  makanan wong ndeso itu jauh lebih sehat dan aman dibandingkan makanan wong kota yang mengandung bahan karsinogenik yaitu bahan pemicu terjadinya kanker.

Ventilasi udara didalam rumah juga berperan, dimana dari statistik penduduk Eskimo yang rumahnya bulat tanpa jendela, lebih banyak terkena KNF dibandingkan ras Kaukasus yang tinggal dirumah berventilasi lapang dan sehat. Sama halnya dengan penduduk Indonesia dari suku Dayak di Kalimantan, lebih banyak mengidap KNF dibandingkan penduduk yang tinggal di kota-kota di pulau Kalimantan.

Dalam sirkulasi udara yang tidak baik, kemungkinan virus EBV akan berkembang biak dengan subur. Asap dari dapur akan terhirup oleh seluruh penghuni rumah, bila tidak ada cerobong asap atau ‘cooker hood’ yang membuang asap dapur keluar rumah.

Asap lain didalam rumah, seperti asap obat anti nyamuk yang dipasang sepanjang malam didalam kamar sehingga menyesakkan hidung, kemungkinan bisa memicu KNF. Namun hal ini harus dibuat penelitiannya terlebih dahulu, sebelum kita membuat suatu kesimpulan.

Popularity: 12%

Posted Sunday, August 31st, 2008 at 1:30 pm
Filed Under Category: Bahasa, Life, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

119 Responses to “Kanker Hidung, banyak ditemukan di Asia Tenggara dan China bagian selatan”

Pages: « 5 4 3 [2] 1 » Show All

  1. 50
    santi Says:

    salamhormat bu dokter,suami kaka saya baru2 ini pergi ke singapure dan malaysia periksa kata dokter sana dia terkena kangker hidung sudah stadium 4.saran dokter sana di khemo.saya mau nanya dokter,apakah ada cara lain untuk di sembuhkan selain di khemo?sebelumnya terima kasih banyak dokter atas jawaban nya.

  2. 49
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anonymous,

    Polip dan kanker nasofaring jelas BERBEDA. Namun gejala atau keluhan penderita bisa sama, seperti hidung sering mampet. Khusus kanker nasofaring gejalanya selain hidung mampet, suka mimisan, telinga berdenging, atau gangguan peglihatan seperti melihat dobel padahal bendanya cuma satu, dst. Seringkali terdapat pembesaran kelenjar getah bening di leher kiri atau kanan kira2 ditengah antara pangkal dan bagian atas leher.

    Sebaiknya anda kunjungi dokter SpTHT untuk keluhan anda tsb. agar diperiksa dengan teliti untuk melihat rongga nasofaring apakah ada massa rapuh dan mudah berdarah disana.

  3. 48
    Anonymous Says:

    Dokter,sy mau tanya apakah gejala kanker nasofaring dan polip itu sama? Kalau hidung suka mampetnya sebelah doang gimana? Kadang kalau denger suara kekencangan kuping sebalah bisa merasa sreekk sreekk gitu…thx

  4. 47
    Dr. Sukma Says:

    Halo Benny,

    Saya sependapat dengan dokter RS. Mount Elizabeth. Karena luka bekas operasi polip dihidung belum pulih, masih bengkak maka hal itu dapat menimbulkan rasa sakit.

    Untuk mengurangi rasa sakit biasanya diberikan pain killer dan boleh dicoba sumagesic, tablet penghilang rasa sakit yang lebih kuat dibanding panadol. Good luck…

  5. 46
    Dr. Sukma Says:

    Hai Erny,

    Polip di hidung terapinya memang operasi. Karena ini merupakan polip kambuhan, bagaimana kalau dioperasi oleh dokter THT LAIN yang lebih HANDAL, agar kemungkinan kambuh bisa diminimalisir.

    Usia 71 tahun , biasanya masih cukup baik kondisi jantung dan paru. Sehingga akan bisa mentolerir obat bius yang diberikan selama operasi. So, just do it …

  6. 45
    Benny Says:

    Hi Dr. Sukma,

    Saya Benny, Yg tahun lalu pernah konsultasi tentang Kanker hidung mama saya..
    Puji Tuhan sekarang sudah sembuh total..
    tapi saya ingin tanya beberapa hal nih dok..
    setelah mama saya sembuh dari kanker, kan tiap bulannya harus check up jg, nah setelah beberapa bln check up.. katanya ada tumbuhan daging di dalam hidung yg di duga oleh Dokter Mount Elisabeth adalah Kanker Lama yg Kambuh lagi..
    setelah itu Dokternya suruh operasi untuk di ambil sedikit dagingnya untuk di Check lebih lanjut.. ternyata setelah check itu, ternyata katanya bukan Kanker yg kambuh, hanya Tumbuhan daging biasa..
    Nah semenjak operasi pengambilan daging itu, sampe skrg ini Kepala mama sakit terus.. katanya kulit kepalanya kesentuh aja udah sakit, mau sisiran jg sakit.. itu knp ya dok??
    kata dokter sih di dalam hidung bekas operasi daging itu masi bengkak sampe skrg, setelah sembuh dari bengkak bakalan gak sakit kepala lagi.. Tp seperti sakitnya sampe gak bisa di tahan dok..
    mohon sarannya dok kenapa mama saya bisa sakit kepala seperti itu dan kira2 obat apa yg bagus?
    dokter hanya suruh minum Panadol aja..

  7. 44
    Erny Says:

    malem dok,
    saya mau nanya,orangtua saya punya penyakit polip pd hidung dan sekrg sdh berumur 71 thn dan sdh pernah dioperasi.Dan sekrg polipnya sering sekali kambuh. pertanyaan saya : 1.Apakah klu dioperasi lg dgn umur segt bisa tambah berbahaya?
    2.Adakah solusi lain?.
    Terimakasih.

  8. 43
    feri Says:

    percumah klo ad obat nya,klo gak d basmi karondioksida kendaraan yang terlalu berlebihan d indonesia……

  9. 42
    Dr. Sukma Says:

    Hai Kukuh,

    Efek samping dari obat khemo persis seperti yang anda tulis : sariawan, dst.

    Air kelapa muda bagus untuk siapa saja termasuk penderita yang sedang mendapatkan terapi khemo.

    Air kelapa muda banyak kandungan potassium atau kalium, salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

  10. 41
    kukuh Says:

    Dok mau tanya?
    bapak saya mempunyai penyakit kangker hidung,yang katanya dokter sudah melebar kehidung.sekarang dalam proses kemoterapi dan penyinaran.bapak saya kok sangat susah makan dan bibirnya jadi sariawan.bila mau minum harus manis,kalo tiadak manis katanya mau muntah tu gimana dok?dan sering minum air kelapa muda,tu gimana?baik pa gak dok?terus kalo kemoterapi dan penyinaran selasai,sebaiknya agar penyakit tu tidak tumbuh lagi gimana caranya?
    Maaf kalo pertaanyaanku banyak banget……HE3..
    Terima kasih banyak sebelomnya ^_^

  11. 40
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lepinory,

    Banyak penyakit antara lain dengan keluhan telinga berdenging alias TINNITUS, antara lain kanker hidung.
    Sudah tentu harus dilakukan pemeriksaan teliti yaitu endoskopi rongga hidung dan nasofaring.

    Tinnitus juga merupakan awal dari gangguan pendengaran yang bila dibiarkan akan berakibat tuli.

    Sebaiknya anda berobat ke klinik khusus THT di daerah Menteng Jakarta Pusat.Peralatan dan SDM-nya sudah terlatih dan berpengalaman.

  12. 39
    lepinory Says:

    Dok mau tanya…. saya sudah 2 bln mengalami kuping berdenging, pertama aku kedokter tht ( obat tebokan dll ) belum sembuh, konsul ke internist dianggap banyak pikiran ( obat untuk menenangkan ) juga belum ada hasil, terakhir ke dr syaraf dianggap banyak pikiran ( obat penenang ) juga tidak ada hasilnya….. walau obat dari dr internist dan syaraf bermanfaat untuk kestabilan pikiran saya dan tidur malam tetapi belum menyelesaikan keluhan kuping berdenging, Saat ini saya kembali ke dr tht ( rs khusus tht ) sudah beberapa hari mengomsumsi obat ( Methycobal 500mg, Tanakan, Neurobion 5000, Trental 400, trantal aku hentikan karena buat aku lemas badan )… belum ada tanda perbaikan….
    Yang ingin saya tanyakan, Apakah kuping berdenging merupakan salah satu ciri Kanker,Karena awal kuping berdenging disebelah kiri… tetapi kadang juga berubah ke kanan…. bila saya stres memikirkan penyakit ini …. berdengingnya menjadi lebih terasa…Mohon bantuan dr untuk menjawabnya… terima kasih…

  13. 38
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anonymous # 35,

    Maaf pertanyaan anda di skip.

    Pendapat saya,kemunkinan masih ada sisa-sisa penyakit tifus yang pernah diderita dulu. Dan semua keluhan mengarah ke organ liver dan kantong empedu. Kemungkinan ada kuman Salmonella Typhi bersembunyi didalam kedua organ itu, patut diwaspadai.

    Kunjungi dokter penyakit dalam yang HANDAL, kalau perlu diperiksa ulang IgG Salmonella, dll. Dokter internist yang lebih tahu.

    Teruskan minum susu kacang kedele yang kaya dengan isoflavon yang bersifat antioxidant dan sangat baik bagi kesehatan tubuh.

  14. 37
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anonymous # 36,

    RS. Kanker Dharmais di Jakarta dan RS besar lain seperti RSPP, RSCM semuanya bisa menangani kanker hidung. Biasanya diradiasi dulu, kalau belum berhasil maka diberikan obat khemo.

    Obat ramuan Hsen Chii, kapsul keladi tikus dan obat herbal lain boleh dicoba dan diminum berbarengan dengan obat dokter. Tidak masalah.

  15. 36
    Anonymous Says:

    dok, ipar saya terkena kanker hidung sekarang stadium 3. keadaan lehernya saat ini sudah membengkak. apakah bisa diobati, kemana berobat yang terbaik? apakah ramuan hsen chii bermanfaat? apakah penyakit ini dapat menular?

  16. 35
    Anonymous Says:

    salam kenal dok..
    gni dokter, dlu wkt aq kls6 SD q sakit panas. lalu mimisan banyak bgt. biasax kl kecapean jg mimisan. tp wkt sakit panas, mimisanx sampai berjam2. periksa kedokter cma dikash obat aja. wkt mimisan lg, ortuq takut trus dibwa ke rumah sakit dan opname seminggu. diRS didiagnosa sakit tipus dan DBD. cek darah smp 5 kali. skrg sy sudh kelas 1 SMA. smp skrg msh sakit. sering panas, dada sakit, mual2, pengen pipis mlulu, kl hbs sarapan kepala pusing n lemes, berdiri lama g kuat, prut sblh kanan nyeri. itu sakit apa ya dok?mohon jawbnx. karna skrg q g priksa kedokter. g da perubhanx. skrg sy hanya rutin minum susu kedelei metabolisme. tp jg blm smbuh total. mohon saranx dok, sy hrus periksa kedokter spesialis apa? makash..

  17. 34
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andri,

    Saya percaya sakit anda yang lalu adalah demam berdarah dengue (DBD) dan bukan kanker nasofaring (KNF).

    Pada penderita KNF, keluhan sangat kompleks dan berat seperti :perubahan suara, kuping berdenging, nyeri kepala sangat hebat sampai kurang melihat pada satu mata, kurang mendengar pada satu kuping dan indra penciuman menjadi sangat sensitif. Akhirnya keadaan umum sangat ngedrop, disertai penurunan BB.

  18. 33
    Andri Says:

    salam kenal doc.
    saya baru mendengar tentang kanker hidung ini…
    setahun yang lalu saya demam tinggi, trombosit turun dan keluar mimisan…
    pas dibawa dirumah sakit, hasil scan menyatakan saya menderita demam berdarah, tapi saya jadi ragu sejak mendengar ada kanker hidung…
    apa benar penyakit yang saya alami tuh DB atau kanker hidung? terima kasih…

  19. 32
    Dr. Sukma Says:

    halo septi,

    Yang jelas perdarahan anda BISA disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah akibat anda mengupil terlalu keras.

  20. 31
    septi Says:

    salam kenal dok,,
    sanya ingin bertany beberapa hari ini,, hidung saya sering mengeluarkan darah sedikit,,, (maaf, setiap kali sehabis saya mengupil)
    kira2 apakah itu penyebab utumanya dok, atau ada hal yang lainnya lagi? terima kasih

  21. 30
    Dr. Sukma Says:

    Hai Retno,

    Salam kenal juga. Mengenai benjolan dihidung ibu anda kemungkinan hanya polip biasa. Jadi sebaiknya kunjungi dokter THT, agar diperiksa dengan teliti. Kalau perlu di BIOPSI dan diperiksa secara histopatologis untuk mengetahui diagnosa pasti.

    Polip hidung juga sering mengakibatkan sakit kepala disamping hidung mampet.

  22. 29
    Retno Says:

    Salam kenal dokter Sukma..

    Saya mau tanya,ibu saya mengeluh hidungnya sakit.Terus ada benjolan kecil dihidungnya katanya berawal dari disaat beliau sering memencet hidungnya seperti disaat pilek.Kalau sakit kepala bisa dikatakan sering namun sebelum benjolan itu ada.

    Apakah ibu saya termasuk kanker hidung?

    Dan,bagaimana yang seharusnya ibu saya lakukan dok?agar ibu saya tidak me4ngakami hak itu lagi?

    Terima kasih ataS Sarannya.

  23. 28
    Dr. Sukma Says:

    Halo Maulana,

    Untuk menggemukkan badan sebenarnya relatif jauh lebih gampang. Caranya : banyak istirahat, tidur malam tidak kurang dari 8 jam. Makan teratur, 3 kali sehari dengan jenis makanan bergizi tinggi: susu, telor, daging, sayuran hijau, buah berwarna kuning atau jingga dan asupan vitamin bila perlu.

    Olahraga gym dengan bantuan trainer untuk excercise tertentu guna memperbesar otot-otot yang diinginkan.

    Pikiran sebaiknya TENANG, tidak banyak masalah yang harus dipikir. Stress akan mengganggu metabolisme tubuh dan selera makan pasti menurun. Last but not least positive thinking terhadap segala sesuatu dalam hidup ini,yaitu bersahabat dengan setiap orang dan lingkungan.

  24. 27
    Dr. Sukma Says:

    Halo Satrio,

    Dari hasil lab memang kelihatan ada peradangan pada saluran urine, kemungkinan besar pada kandung kemih, sesuai rasa sakit yang dirasakan istri anda. Jadi perbanyaklah minum air putih disampaing minum obat2 yang diberikan. Dengan banyak minum, istri anda akan banyak pipis, dan itu baik untuk membuang bakteri penyebab infeksi keluar tubuh. Seolah-olah kandung kemih dibilas sampai bersih..

    Yang jelas peradangan BUKAN di ginjal, karena lokasi ginjal jauh diatas.

  25. 26
    Maulana Says:

    Hai dok.`
    saya pengen nanya ,saya pernah sakit
    sesudah saya sembuh, ga di sangka badan saya jadi kurus.
    Gmana caranya yg paling tepat untuk menggemukan badan saya kembali.
    Makasih

Pages: « 5 4 3 [2] 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe