ORCHIDMOLA 1MOLABeberapa hari yang lalu, saya mendapat kasus yang menarik dari seorang wanita usia 34 tahun. Diterima di laboratorium PA organ uterus atau rahim yang berukuran 12x 12 x 8 cm. Permukaan luar licin, abu-kecoklatan. Pada pembelahan tampak massa coklat-kehitaman yang mengandung gelembung-gelembung seperti gambar dalam artikel ini.

Pada pemeriksaan mikroskopik, ditemukan banyak villi khoreales avaskuler yang mengalami degenerasi hidropik dikelilingi sel-sel trofoblast. Dibagian lain tampak proliferasi sel trofoblat dengan inti besar dan hiperkhromatik, sesuai dengan trofoblast intermedier. Maka diagnosis saya, Mola Hidatidosa Komplit, Grade-2.

Apa dan bagaimana serta dampak lanjut dari kehamilan anggur atau Mola Hidatidosa yang saya singkat dengan MH ?

 MH dibagi atas MH komplit dan MH inkomplit atau partial. Pembagian ini berdasarkan gambaran mikroskopik dan kelainan khromosom yang terlihat.

Biasanya penderita mola adalah ibu-ibu yang berusia relatif muda di usia 20-30an tahun. Sebenarnya MH adalah abnormalitas dari placenta atau ari-ari bayi ditandai oleh pembengkakan struktur villi yang membentuk gelembung mola yang terlihat seperti gelembung buah anggur. Karena itu sering disebut kehamilan anggur, karena terlihat seperti setandan buah anggur yang biasa dijual di supermarket.

Masing-masing gelembung berdiameter1-30 millimeter dengan janin, tali pusat dan selaput amnion negatif atau tidak ditemukan.

Pada kehamilan anggur ini biasanya tidak ditemukan atau tidak dapat diidentifikasi adanya janin atau embryo. Rahim tampak membesar tidak sesuai dengan usia kehamilan. Umumnya ibu hamil normal pada usia kehamilan 20 minggu, rahimnya  akan membesar setinggi pusat. Pada MH, pembesaran rahim akan jauh lebih cepat.

Pada MH jumlah khromosom biasanya normal, yaitu 85%  46 XX dan 15% 46 XY. Peneliti dari Jepang Kiajii dan Ohama menemukan, bahwa didalam inti sel-sel trofoblast MH komplit, baik dari ras oriental maupun kaukasia mengandung hanya khromosom dari ayah/ paternal tidak ditemukan adanya khromosom ibu. Karena itu disebut mempunyai asal androgenik.

Hal itu disebabkan, terjadinya gametosis dan fertilisasi/pembuahan  abnormal. Pada kasus khromosome 46 XX, terjadi pembuahan pada sel telur yang kosong oleh satu sperma haploid. Pada kasus khromosom 46 XY, terjadi pembuahan sel telur kosong oleh dua sperma haploid yang dilanjutkan kemudian melakukan fusi dan replikasi.

Jadi kelaianan primer pada MH komplit terletak pada sel trofoblast, sedangkan pembengkakan menyerupai buah anggur hanya fenomena sekunder akibat perubahan fisiologik yang dipicu oleh proliferasi sel trofoblast.

Frekuensi MH komplit dari berbagai belahan dunia, berbeda-beda. Di Amerika Serikat sangat rendah yaitu 1 dari 2000 kehamilan pada ibu muda dan sehat. Di Asia Tenggara (tidak termasuk Indonesia) angka kejadian MH komplit 4-5 kali frekuensi di USA. Berturut-turut frekuensi semakin tinggi sebagai berikut:  di Mexico City (1:200), Filipina (1:173), India (1:160), Taiwan (1:125). Di Indonesia ternyata frekuensi MH komplit tertinggi diseluruh dunia yaitu 1:82 kehamilan.

Pada kehamilan normal, seharusnya kadar serum betaHCG mulai menghilang pada usia kehamilan 14 minggu. Sedangkan pada MH komplit, level betaHCG terus meningkat setelah usia kehamilan 14 minggu.

Seringkali ditemukan gejala keracunan hamil seperti : hipertensi, pembengkakan terutama di kaki dan albuminuria atau urine yang mengandung protein albumin.

MH komplit dapat berlanjut dengan berbagai kelainan yang lebih berat, seperti dapat terjadi kanker ganas, bahkan sangat ganas yang disebut Choriocarcinoma.

Karena itu, penderita MH komplit seharusnya dilakukan kuret beberapa kali, sampai rahimnya benar-benar bersih dari sel trofoblast yang abnormal. Dan juga sambil berbarengan di check kadar atau level atau titer serum beta-HCG sebagai counter check. Bila serum beta-HCG telah normal, barulah tindakan kuret dihentikan.

Ada literatur yang mengkaitkan ibu hamil dengan protein dalam darah yang rendah (hipoproteinemia) yang menjadi penyebab MH. Kalau dipikir-pikir ada benarnya juga. Sebab sel telur kosong bisa disebabkan oleh rendahnya kadar protein dalam tubuh ibu hamil, sehingga sel telur normal yang siap dibuahi tidak pernah terbentuk.

Hal ini perlu penelitian lebih lanjut dengan jumlah sampel yang mencukupi, kalau bisa dengan jumlah sampel besar. Mumpung Indonesia menjadi juara satu di dunia dalam kasus angka tertinggi kejadian MH komplit…

Popularity: 7%

Posted Monday, October 27th, 2008 at 1:28 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

32 Responses to “Hamil anggur atau Mola Hidatidosa ditandai dengan pembesaran rahim yang abnormal”

  1. 1
    Kitty Says:

    Dok, salam kenal ya..minggu lalu saya di kuret di kehamilan 9 minggu krn didiagnosa MH, hasil lab pasca tindakan (Dihari yg sama cuma beda 30 menit) kadar beta HCG kita 440.405 itu 440ribu ya…kalau iya tinggi sekali ya dok dibanding angka normal yg cuma 5 (Lupa satuannya)..pertanyaan saya..apa ini pasti atau kemungkinan besar ke arah kanker atau butuh MTX? Mohon pencerahannya dok.terima kasih

  2. 2
    Dr. Sukma Says:

    Halo Kitty,

    Nilai yang begitu tinggi pada titer beta-HCG agak mengkhawatirkan juga. Biasanya dilihat juga hasil pemeriksaan histo-PA terhadap jaringan hasil kuret.

    Bila histo-PA ditemukan proliferasi berlebih sel trofoblast dengan titer beta-HCG sedemikian tinggi, dokter SpOG akan melakukan pemeriksaan beta-HCG lebih ketat dan secara periodik, semisal 2 minggu sekali.

    Bila dibiarkan titer yang sangat tinggi beta-HCG akan memicu terjadinya kanker yang sangat ganas, yaitu CHORIO CARCINOMA

    Tanyakan dokter yang melakukan kuret akan hal ini, agar lebih alert terhadap kemungkinan itu. Kalau perlu dilakukan kuret ulang dan diperiksa histo-PA lagi.

  3. 3
    Kitty Says:

    Dear Dokter Sukma, terima kasih ya atas penjelasannya…

    Dari hasil control kemarin…kemungkinan kuretase yang kedua dalam minggu depan tunggu kondisi rahim supaya lebih siap, cek beta HCG dilakukan dalam tiap minggu dok…boleh tanya lagi ya dok, karena kemungkinan penyebab mola ini kekurangan protein dalam darah, apa baiknya saya selama beta HCG tinggi konsumsi ikan dan sumber protein lainnya..dan apa ada batasan aktivitas untuk aktivitas tertentu…
    Selain kuret dan pemantauan beta HCG apakah ada obat untuk mencegah menjadi kanker ganas…
    Dok, maaf ya pertanyaannya banyak sekali…terima kasih ya dok…

  4. 4
    Dr. Sukma Says:

    Halo Kitty,

    Bagus sekali dan saya setuju bila monitoring titer beta-HCG diulang setiap minggu, karena beta-HCG anda begitu sangat tingginya…

    Iya benar. Mola hidatidosa (MH) antara lain disebabkan protein dalam darah anda yng rendah. So, perbanyak makan daging, susu, telor dan ikan. Terutama ikan gabus kaya akan albumin.

    Selebihnya minum stimuno untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Serta multivitamin.

  5. 5
    yolla Says:

    hi.dktr… saya pernah di kuret krn MH, dan setelh itu di cek B-HCG kita 25.. apa itu bertanda MH masih ada??? apa perlu di kuret lagi atau ada obat yang bisa di konsumsi?? mohon informasinya dok…. makasih

  6. 6
    linche Says:

    dok, salam kenal . saya menderiha mh dengan bhcg >300.000, setelah dikemo dengan mtx dosis rendah , hingga kini sudah 1 tahunturun menjadi 2,15( bhcg), namun setelah diliburkan selama 1 bulan ternyata bhcg saya naik menjadi 12,15, dan dikemo lagi hingga mencapai bhcg 2, nah kemudian berhenti lagi 1 bulan, namun kemarin waktu saya cek ternyata menjadi 9,15 (bhcg), saya tek pernah kuret, menurut dokter apa yg sebaiknya dilakukan ya dok, apa harus saya angkat rahim, takut ga kuat badan saya ini,saya tidak pernah dikuret ulang oleh dokter saya, enaknya bagaimana ya dok

  7. 7
    Dr. Sukma Says:

    Hai Linche,

    Paling baik rahim anda diangkat. Habis masalah… Titer beta-HCG yang masih fluktuatif seperti itu berpotensi menjadi Choriocarcinoma.
    Paling tidak dilakukan kuret ulang, agar dapat diketahui secara pasti dengan melihat dibawah mikroskop masih adakah sel-sel trofoblast intermedier yang berpotensi ganas itu.

    Bila sudah ada keturunan sebaiknya rahim diangkat saja, agar tidak menyimpan bom waktu yang sewaktu-waktu bisa meledak mengancam kehidupan anda…

  8. 8
    neny Says:

    halo dok, saya neni usia 21 thn, sy sudh di operasi currett sudh 3 kali dan akhirnya diangkat rahim krn di diagnosa molahidtidosa, dan sudh sampe pda chorio ca.

    pertanyaan sy adalah apkh ada alternatif lain selain qt disuntikkan serum MTX tersebut sebab sy sudh menjalani suntikan baru berlangsung 3 thap dan tinggal 2 thap lgi seandainya jika sampai pda thap yg kelima masih positif, apakah ada alternatif lain atau terapi khusus yg hrus sy lakukan karena sy tersandung mslh biaya. mohon bantuannya dokter dan solusi yg terbaik buat sy, terima kasih.

  9. 9
    linche Says:

    terima kasih atas jawabannya,dok.
    masalahnya dok saya masih belum punya anak,dan berita terbaru saya setelah bhcg saya 9,15 dan saya tunggu lagi 2 minggu ( sesuai perintah dokter )ternyata naik menjadi 33,75, apa harus ya dok diangkat rahimnya,kalo melihat sejarah. apakah kalo dikemo dosis tinggi pasti bisa sembuh ya dok, kalo melihat sejarah saya yang seperti ini.terus kemo yang semacam apa yang mempunyai keberhasilan yang tinggi untuk keadaan yang seperti saya, apakah EMACO,atu cukup DACTINO saja.
    terima kasih.

  10. 10
    Dr. Sukma Says:

    Hai Neny,

    Jujur saja, bahwa Chorio carcinoma adalah kanker paling ganas dalam tubuh manusia. Saran saya, sebaiknya lanjutkan terapi suntik MTX sampai yang terakhir (kelima). Insya Allah akan negatif. Bermohonlah dan sholat tahajud untuk itu..

    Meski harga MTX mahal, namun itu satu2nya obat yang akan memberi kesembuhan pada anda untuk melawan Chorio carcinoma. Sayang sudah tiga kali, tinggal dua kali lagi harus dilanjutkan MTX agar pengobatan tuntas.. Kalau perlu jual apapun (tanah, dst) karena yang lebih penting adalah kesehatan dari pada harta benda duniawi..

  11. 11
    fial Says:

    Salam kenal dok………
    tgl 1 April 2010 sy dikuret krn MH dgn B-HCG seblm kuret 582.203. dua minggu setlah kuret sy kontrol ke dokter & tes B-HCG (15 April 2010) hslx 16.640(msih tinngi mnrut doktr).Sy tes lg 11 hr kemudian hsilx justru naik, 17.248. akhirnya tgl 29 April 2010 sy disuntik MTX sesi I selama 2 hr dengan 4 suntuikan carian berwarna kuning dan putih dipinggul kanan dan kiri scr bergantian. Kalo cairan kuning sy tahu itu MTX, cairan putih itu kira2 apa ya dok? knp sy hy 2 hari suntikan? semntra artikel2 yg sy baca 1 sesi 5 hr. Trus dok, sejauh mn keberhasilanx dan apakh penanganan sy tdk terlambat dok? Sorry dok byk pertanyaan. Terima kasih untuk jawabannya.

  12. 12
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fial,

    Soal suntikan MTX itu dan cairan putih sebaiknya anda tanyakan ke dokter yang memberikan terapi itu. Kemungkinan ada pertimbangan tertentu.

    Pendapat saya sebaiknya dilakukan kure atau kerokan ulang pada rahim anda, apakah masih ada sisa-sisa mola didalam rahim. Sebab pemeriksaan jaringan kuret ini sangat objektif. Artinya bila benar masih ada proliferasi sel-sel trofoblast pada jaringan kuret yang diperiksa, berarti memang benar dan serius permasalahannya. Hal terburuk seperti tampak gambaran sel atipik dengan inti ‘bizarre’ sesuai sel-sel chorio carcinoma, itu sangat berbahaya dan fatal..

  13. 13
    Lia Says:

    Salam Doktor,
    Saya ingin bertanya, apakah kebarangkalian untuk saya mengandung setelah 2 kali kena molar pregnancy berturut. Untuk makluman, kali pertama kena adalah pada Feb 2009 kemudian doktor minta tunggu 1 tahun untuk cuba pregnant lagi. Kali ke2 masih kena molar pregnancy pada Mei 2010. Tolong saya doktor, apakah rawatan terbaik untuk elak ovum yang dihasilkan tidak lagi kosong. Saya benar-benar inginkan anak.

  14. 14
    Lia Says:

    Tambahan maklumat, kali pertama molar pada 2009 bacaan BHCG adalah 296 ribu. kali kedua molar pada 2010 bacaan BHCG adalah 83 ribu. Sebelum mencuba untuk pregnant pada 2010, saya telah disahkan doktor bahawa BHCG telah normal dibawah 5. Kali ke 2 pregnant, asal 83 ribu telah turun kepada 81. Harapnya akan cepat turun sehingga paras normal. Kedua-dua pengalaman molar telah melalui D&C. Apa pandangan doktor, adakah saya perlu membuat bayi tabung uji untuk pastikan benih yang dihasilkan adalah berkualiti. Hospital ada mencadangkan supaya membuat ICSI atau PGD.

  15. 15
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lia,

    Anda berdomisili di Malaysia? Setahu saya, kehamilan mola itu disebabkan antara lain rendahnya kadar Protein dari si ibu yang mengandung. So, anjuran saya sebaiknya anda tingkatkan asupan atau intake protein dan makanan bergizi tinggi lainnya. Setelah itu barulah anda mencoba untuk hamil lagi. Mungkin, let’s say jarak dua tahun dari kehamilan anda yang terakhir.

    Tidak perlu mencoba bayi tabung. Sebab anda tidak bermasalah dengan fertility. Masalah anda adalah Molar pregnancy, dimana ovum telah dibuahi oleh sperm, akan tetapi dalam perkembangannya hasil konsepsi tidak menghasilkan embryo, but empty.. Take a lot of milk, daging, telur, keju and so on plus buah dan sayuran… You probably will experience weight increasing but does not matter…

  16. 16
    Lia Says:

    ya, saya dari malaysia. terima kasih atas jawapan doc.Kenapa kena menunggu 2 tahun lagi doc? adakah molar yang telah saya alami akan menjadi penyebab kepada molar yang ketiga? Doc di malaysia mengatakan molar kedua tiada kaitan dengan molar pertama kerana saya telah sembuh dari kenaikan hormon bhcg yang pertama. Walaubagaimanapun, saya keliru kenapa perlu tunggu 1 tahun lagi doc? Adakah tubuh badan saya kurang protein menyebabkan telur yang saya hasilkan kosong? bermakna molar pregnancy ini berlaku disebabkan oleh saya (isteri)kerana menghasilkan ovum kosong? atau adakah benih dari (suami) kurang kualiti? selain dari segi pemakanan yang perlu memperbanyakkan protein, apakah ada ubat atau lain2 rawatan yang membolehkan molar ini tidak kembali dan dapat mengandung dengan cepat tanpa menunggu 1 tahun? untuk makluman doc, kedua-dua molar adalah complete molar. Terima kasih sekali lagi atas maklumbalas doc bagi soalan-soalan saya.

  17. 17
    Dr. Sukma Says:

    Ha8i Lia,

    Molar pregnancy one hundred percents faktor isteri menjadi penyebab dan sama sekali tidak ada faktor suami baik dalam kwalitas sperm ,dll yaitu pada kasus anda dengan Complete Mole. Kurangnya protein mengakibatkan ovum kosong yang bila dibuahi oleh sperma akan terjadi molar pregnancy sebagai hasil konsepsi… Memang tidak ada hubungan antra molar pregnancy pertama dan kedua, karena Beta -HCG telah normal. Akan tetapi protein dalam serum yang tetap dibawah normal itulah yang menjadi salah satu penyebabnya…

    OK, tergantung berapa cepat you bisa mencapai kadar normal serum protein , secara logika makin panjang waktunya maka akan semakin baik dan normal kualitas protein dalam serum anda dengan protein intake yang continue and sustainable… The choice is yours, what I can do is just to suggest you…

  18. 18
    Lia Says:

    terima kasih doc.. maknanya tubuh badan saya belum mencapai paras protein yang normal lagi. Adakah ada rawatan lain supaya tidak berlaku lagi molar ketiga doc? Doc, maaf saya nak bertanya lagi, doc memang sedang membuat kajian molar pregnancy ke? saya sangat berterima kasih kerana doc sudi memberikan maklumbalas yang baik walaupun hanya melalui web sahaja.

  19. 19
    june Says:

    Dear Dr. Sukma,
    Usia saya saat ini 32 tahun, terakhir menstruasi bulan Juni, tapi saya tidak ingat tanggalnya karena tidak pernah mencatat. Akhir Juli ini saya flek cukup banyak, tapi awal agustus hasil testpack +. Setelah itu saya check ke dokter, dari hasil usg dokter menyimpulkan kemungkinan saya mengalami hamil anggur atau janin yg tak berkembang. Dokter tsb menyarankan saya kuret, tapi sebelumnya saya diminta cek kadar HCG. Hasil test betaHCg saya menunjukan angka 44 Dok. lalu saya mencari insight dari dokter lain, menurut dokter yg kedua ini, saya positif hamil, tapi ada dua titik dalam rahim saya, ada kemungkinan anak kembar atau karena flek saya. Dokter ini memberikan obat penguat ke saya, dan hasilnya akan dilihat satu bulan lagi.
    Tambahan info dok, saya tidak mengalami mual yg hemat dan juga tidak pernah mengalami flek lagi.
    Saya jadi bingung dok, apa yg harus saya lakukan? apakah sebaiknya saya menunggu bulan depan

  20. 20
    Dr. Sukma Says:

    Halo June,

    Tidak ada salahnya ditunggu satu bulan kedepan. Bila benar hamil normal atau hamil anggur akan LEBIH jelas kelihatan dari pemeriksaan USG.

  21. 21
    Anonymous Says:

    Dear Dr. Sukma…

    terima kasih banyak ya Dok..
    mohon doanya semoga kondisi kehamilan saya baik-baik saja. amin…

  22. 22
    yunusyusof Says:

    Salam semua,

    http://www.prima1000.com

    Penawar untuk kanser carcinoma. 100% berkesan.
    YUNUS +6 019 353 4563m
    email: mytrade2007@yahoo.com

  23. 23
    hana Says:

    selamat malam dok,nama saya hana , usia 27 tahun ,pada bulan agustus 2010 saya punya MH dan beta hcg>16.000 lalu dokter menyarankan saya melakukan cureted dan pasca cureted saya tidak disarankan dokter untuk chemotherapy atau sebagainya ,dan setelah 3 bulan kemudian beta hcg saya kembali menjadi >13.000 dan saya cureted lagi pasca itu saya menjalani chemotherapy selama 1,5 bulan dan beta hcg turun ,, dan setelah itu saya berhenti chemotherapy ,, dan saya menstruasi kembali lancar setiap bulan ,, tapi bulan juni ini saya merasakan sering nyeri di rahim saya dan mulai keluar bercak darah terus-menerus,lalu apakah yang harus saya lakukan ? karna saya alergi ketika chemotherapy pakai MTX , dan apakah saya masih bisa hamil dok ? terima kasih

  24. 24
    Dr. Sukma Says:

    Hai Hana,

    Saran sy sebaiknya dilakukan kuret lagi. Karena perdarahan berulang apalagi disertai nyeri pada rahim. The worst thing is if there’s a big atypical intermediate trophoblast with bizarre nuclei artinya ditemukan sel-sel yg mengarah ke Chorio Carcinoma, jenis cancer yg paling ganas so far… Bila ditemukan spt itu pada sample kuret, SEBAIKNA rahim diangkat saja.

    Keselamatan anda JAUH lebih penting dibanding punya momongan dalam hal ini.

  25. 25
    budiarti Says:

    dokter, bulan mei lalu saya kuret karena mh sampai 2 kali, setelah itu saya tes hcg dengan nilai,31.5.agustus lalu saya kuret ulang tapi belum tes hcg lagi.menurut dokter gimana yachh.karena sampai bulan ini saya belum mendapatkan haid

  26. 26
    Dr. Sukma Says:

    Hai Budiarti,

    Sebaiknya pasang KB spiral dan JANGAN hormonal baik pil, suntik maupun susuk. Sehingga anda terbebas dari kemungkinan hamil dalam waktu dekat.

    Sebaiknya jangan hamil dulu minimal satu tyahun kedepan.

  27. 27
    Emi Says:

    dok..saya berumur hampir 31 tahun. sudah menikah tiga tahun lbh dan telah memiliki seorang putri usia dua thn. ada hal yg ingn sy tnykan. dua minggu lalu say test pack dari hsil saya dinyatakan positif hamil. terakhir haid tgl 14juli lalu. berdsr medis berarti hmil 2bln. tpi saya merasa bru satu bulan berjln krn efek morning sick blm ada dua minggu ini. dan saya gampang laper muntah mual saya biasa saja. apa normal? saya test pack tgl 5 sept dan ke dr.spog tgl 8 sept..saat usg sdh terlihat kantung kehamilan dan terlihat bkl janin tpi kecil..kmdn dokter menyurh saya kmbli seminggu lagi. dan kmrn tgl 15 sept sy kembli tpi dgn dokter lain yg kebetulan menangani kehamilan pertama dulu..saat di usg tdk terlihat hanya kantung dan kmrin calon janin tdk terlihat. mengapa ya..apa itu yg disebut hamil anggur??haid saya tidak teratur thn ini pdhl pasca melahirkan dulu teratur. saat pasca melahirkan cesar hb rendah hanya 7.5 terakhir tekanan drh 100/70.gol darah saya dan suami sama B berat badan turun setengah kilo dr pemeriksaan seminggu lalu..apa ini keadaan yg dokter sebut hipoprotein? sampai detik ini saya tidak mengalami pendarahan yg sebagaimana dokter uraikan sebagai salah satu tanda kegagalan pembuahan ato hamil anggur. perut saya memang besar efek cesar kan bikin perut ndut ngga kempes ;(… mohon infony dokter saya bingung dgn hal ini..mengingat kehamilan pertama dulu aman saja.

  28. 28
    Living in Kaohsiung Says:

    Living in Kaohsiung…

    [...]Dr. Sukma Merati » Blog Archive » Hamil anggur atau Mola Hidatidosa ditandai dengan pembesaran rahim yang abnormal[...]…

  29. 29
    fitri Says:

    salam dok,
    dokter saya sedang menyusun tugas akhir kuliah saya, kalo boleh saya mau minta referensi buku mengenai mola hidatidosa lebih dalam lagi dok,

    sebelumnya, terimakasih artikelnya sangat membantu dan sangat bermanfaat buat saya.

    ditunggu sekali yah dok, jawabannya.
    hhehehe, thanks before..

  30. 30
    siti nurasia Says:

    dok saya nur umur 34 th ,asal surabaya saya dulu pada thun 2009 saya melahirkan anak pertama saya ,tapi setelah nifas darha yang keluar ndk begitu banyak seperti halnya sudah nifas,dan penyembuhan bekas jahitan melahirkan kurang lebih 40 hari,dan setelah 5 bulan umur anak saya pertama,tiba2 saya telat datang bulan saya tes positif dan 2 minggu saya pendarahan dan mengeluarkan darah yang bentuknya kayak daging ,terus saya cek up ke dokter kandungan saya di diagnosa kena hamil anggur dan harus kuret 2 x ,tapi karena saya tidak punya biaya sebesar itu saya cuma minum jamu ,dan obat tradisional,emang sieh hasilnya semua gelembung darah tersebut keluar selama seminggu saya terus mengeluarkan darah2 itu sampai pada akhirnya selesai,dan sampai skr saya normal mens tapi say ajuga takut,saya ingin hamil lagi anak kedua apa tidak masalah,tolong solusinya dok,terimakasih

  31. 31
    Anonymous Says:

    Kalo hamil anggur setelah dilakukan kuret, namun tidak dilakukan tindakan apapun, dalam waktu 1 thn, ternyata hamil krmbali ddan mengalami hamil anggur lagi, bagaimana penanganan yg benar dan baik dalam kasus ini, pada kejadian pertama pasien tidak mengetahui hasil lab, baru tahu pada saat kejadian yg ke-2, apakah berbahaya bagi sang ibu? Mohon tanggapan dan penjelasannya, terima kasih

  32. 32
    melly Says:

    Tmn sy hamil udh 3 bln & muntah trus setiap masuk makanan, serta keluar bercak darah sejak awal hamil, apakah itu bs disebut hamil anggur

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe