En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

HKKelenjar gondok atau disebut kelenjar tiroid, adalah kelenjar yang normalnya berlokasi dibagian tengah-depan dari leher kita. Ada tiga bagian yaitu : lobus kanan, lobus kiri dan lobus intermedius yang menghubungkan lobus kanan dan lobus kiri.

Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid berukuran kecil, dengan berat hanya 2-4 gram posisinya dileher depan bagian tengah dan tidak teraba. Sehingga pada leher orang normal tidak tampak tonjolan atau massa yang mengganggu pemandangan seperti apa yang kita lihat pada penderita gondok.

Fungsi kelenjar tiroid yaitu mengatur metabolisme tubuh, sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan normal didalam tubuh seseorang. Maka dikenal beberapa istilah seperti : eutiroid, hipertiroid dan hipotiroid.

Eutiroid adalah keadaan dimana besar dan fungsi kelenjar gondok dalam keadaan normal. Hipertiroid, berarti kelenjar gondok bekerja melebihi kerja normal sehingga biasanya kelenjar gondok membesar dan juga akan didapatkan hasil laboratorium untuk hormon TSH, T3 dan T4 yang berada diatas ambang normal. Hipotiroid kebalikan dari hipertiroid, disini kelenjar gondok bekerja dibawah normal, sehingga ketiga hormon tadi kadarnya didalam serum dibawah angka normal. Apa gejala dan dampak dari kelainan kelenjar gondok ini ?

Gejala hipertiroid biasanya : si penderita hiperaktif, tidak bisa diam. Badan berkeringat berlebihan, suhu tubuh hangat, jantung berdebar-debar, tangan sering gemetar, bola mata agak menonjol. Banyak bicara susah diam, makan banyak akan tetapi badan tetap kurus dan seterusnya.

Penderita hipotiroid umumnya badan suhunya dingin, lembab. Orangnya rada obese, malas bergerak dan malas bicara. Biasanya lidahnya tampak besar dan tebal. Makan tidak banyak, akan tetapi tubuhnya tambun. Semuanya kebalikan dari gejala hipertiroid.

Pada hipertiroid , peradangan kelenjar tiroid maupun adanya neoplasma atau tumor kelenjar gondok, maka kelenjar itu akan membesar, berupa benjolan atau massa yang bisa diraba pada leher tengah bagian depan. Ciri khasnya : benjolan itu akan turut bergerak saat penderita melakukan gerakan menelan. Artinya bila penderita disuruh melakukan gerakan menelan, maka si benjolan tadi bergerak keatas dan kebawah, sesuai dan mengikuti irama gerakan menelan si penderita.

Sakitkah benjolan tadi ? Jawabnya : ada yang sakit dan ada yang tidak. Tergantung jenis kelainan yang ditemukan, biasanya bila akibat peradangan akan dirasakan sakit atau nyeri. Nyeri disini bisa nyeri spontan, artinya nyeri tanpa dilakukan penekanan terhadap benjolan. Dan atau nyeri tekan, yaitu nyeri bila benjolan ditekan pada saat dilakukan pemeriksaan.

Apakah penderita merasakan demam ? Jawabnya : bisa ya dan bisa tidak. Biasanya demam dirasakan pada awal kemunculan massa di kelenjar gondok itu dan demam biasa dijumpai pada kasus peradangan. Sedangkan pada neoplasma atau tumor kelenjar tiroid, biasanya penderita tidak akan merasakan nyeri maupun demam.

Mengenai tumor tiroid, kita mengenal ada yang jinak dan ada yang ganas. Neoplasma jinak biasanya jenis struma adenomatosa dan adenoma folikuler tiroid. Sedangkan neoplasma ganas umumnya yang tersering adalah karsinoma tiroid papilliferum.

Penderita kelainan kelenjar gondok biasanya 80-90 persen adalah kaum hawa. Sedangkan laki-laki sangat jarang. Namun demikian, prosentase keganasan pada penderita kaum adam cukup tinggi sekitar 60-70 persen dari seluruh kasus penderita kelainan tiroid pada laki-laki.

Karena itu, khusus kepada kaum adam, sering-seringlah memeriksa leher bagian depan anda. Bila dicurigai ada yang tidak beres, segera kunjungi dokter terdekat agar segera dapat dilakukan pemeriksaan lab dan lain-lain. Apabila fasilitas ada, dokter yang paling tepat menangani kelainan pada kelenjar gondok ini adalah dokter spesialis penyakit dalam (internist),  sub-divisi Endokrinologi.

Popularity: 33%

Posted Saturday, November 22nd, 2008 at 12:58 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

588 Responses to “Pembesaran kelenjar gondok pada laki-laki sebagian besar adalah kanker ganas tiroid”

Pages: « 24 23 22 [21] 20 19 18 … 1 » Show All

  1. 525
    nita Says:

    Assalamualaikum dok,
    Dok, mohon maaf dluan y karna postnya bakal pjg bgt. Nama saya nita. Umur 25 thn. Brt badan 43kg, tinggi 161. Bbrp bulan lalu saya menemukan benjolan dibagian leher kanan bawah saya ketika menggaruk leher dok. Kalo diliat dr kaca dlm posisi tegak dan mendongak gak keliatan dok. Tapi kalo disertai gerakan menelan benjolan tersebut mengikuti gerak tenggorokan. Ukurannya kira2 seruas jempol ibu jari.
    Setengah tahun lalu saya pernah operasi mammary dysplasia dok di payudara kanan. Dan masih rutin kontrol k dokter onkologi saya dan rutin minum Evening Primrose Oil (EPO). Alhamdulillah hasil USG payudara kanan dan kiri skrg bersih.
    Waktu kontrol tgl 10 Januari kmrn saya skalian memeriksakan tyroid saya yg bengkak itu k dokter onkologi saya dok. Dr USG ditemukan kista dgn diameter 0,83 cm x 0,71 cm. Hari itu jg kista disedot utk biopsi dok. Stlh dbiopsi d USG kista menghilang. Hasil biopsi mikroskopisnya : sediaan hapus aspirat tampak kelompokan dan sebaran sel epitel inti bulat monoton, kromatin halus. Latar belakang terdiri dari massa coloid, makrofag dan darah, tdk tampak tanda2 maligna. Kesimpulan : Thy.2 benign smear. Colloid goiter. Dokter tsb blg hasilnya ga berbahaya. Saya diberi euthyrox 100 miugram, dosis 1×1 dan disuruh kembali dlm 2mg. 2mg kenmudian saya kembali dok, kondisi tiroid saya kembali membengkak, kali ini hasil USG diameter kistanya jadi 1,35cm x 1,07cm. Hasil tes tiroidnya FT4 1,13 rujukan (0,70-1-48 ng/dL)n TSHs 0,0195 (0,35-4,94 mIU/mL) dan T3 total 1,28 (0,58-1,59 ng/mL). Dokter blg tiroid normal, tp TSH rendah. saya disuruh menurunkan dosis Euthyrox jadi 1/2 x 1 dok.
    Yg ingin saya tanyakan :
    1. Sebenarnya kondisi saya Hypotiroid atw Hypertiroid dok?
    2. Apakah terapi obat yg diberikan utk saya sdh tepat? Karena saya baca dr komentar2 di atas Euthyrox itu obat utk hypotiroid, sementara hasil tes TSH rendah menunjukkan hyoertiroid.
    3. Dokter onkologi saya menyarankan jika setelah disedot utk ke 3 kali dan minum obat kistanya masih membesar utk operasi. Saya berencana menikah bln 5 ini dok. Keputusan apa yg harus saya ambil dok, apa saya harus merelakan tiroid kanan saya dioperasi? Jika tiroid kanan saya dioperasi, apakah akan ada efeknya thdp kesuburan kehamilan? Bagaimana dampaknya terhadap kesehatan bayi yg saya kandung kelak dok?
    5. Jika tdk dioperasi, apakah kelak akan ada kemungkinan tiroid ini berubah ganas?
    6. Apa ada pembengkakan tiroid ini efek dari saya mengkonsumsi EPO, kol dan kedelai dok?

  2. 524
    meida Says:

    salam kenal dok, saya meida,
    Thn 2007 saya terkena penyakit TB Kelenjar, suara suara saya sempat menghilang, pas sembuh suara saya malah berubah jadi serak dan berat, nge bass kayak cowo. Trus saya seringkali sakit tenggorokan. It kenapa ya dok? Apa mgkn msh ada kelenjar di pitasuara saya? Bisa di sembuhin gak ya dok? Saya pengen suara saya balik lagi.

  3. 523
    Reny Says:

    selamat siang dok

    saya kan menderita kelenjar tiroid
    kayaknya saya tergolong hipertiroid
    selain obat2 dari dokter..obat hebal apa ya dok..
    pantangan makannya apa
    terima kasih dok..

  4. 522
    mans Says:

    selamat pagi dok.

    saya pria berusia 27 tahun, beberapa minggu ini di leher depan saya (persis di samping buah kholdi) ada benjolan, sebenarnya adanya benjolan ini sudah lama, cuma beberapa minggu ini makin kelihatan(tapi tidak merah), dan kalau di raba tidak terasa sakit apa2, cuma agak keras aja dan suka lari2(licin), nah tanda2nya pertama sih saya susah makan(tidak ada napsu makan), susah gemuk dan sebelumnya sering sekli masuk angin. kira2 apa benjolan tersebut hanya gondok atau apa? terima kasih.

  5. 521
    Joman Says:

    Selamat Malam Dok,
    Saya Penderita Gondok dalam tsh saya meningkat maka obat yang seharusnya ditambahkan kadarnya Thyrozol atau Euthrox??
    Terima kasih

  6. 520
    mila Says:

    selamat pagi dok,
    saya mila di surabaya.. saat ini saya mnderita hiperteroid dan sudah ada benjolan disebelah kiri leher kira2 besarnya 2-3 cm
    saya ingin operasi tapi sebentar lagi saya juga akan berencana untuk menikah,
    pertanyaan saya apakah setelah operasi akan ada efek samping yang dapat menjadikan saya kesulitan untuk hamil
    atas jawabannya terima kasih..

  7. 519
    uzi Says:

    Hallo, Dokter.

    Saya seorang perempua 21 thn. 6 bulan lalu sy tes darah, hasilnya:

    T4 = 15,60
    TSH = 0,005

    Internis menyatakan kl sy hipertoroid. Kala itu sy diberi obat thyrozol 5 gram. Namun krn sy tdk merasa sakit dan benjolan sudah mengecil, sisa obat tdk sy hbskan.

    Belakangan tensi sy meroket dan degus jantung cepat diiringi ketidakaturan irama jantung. Sudah EKG 2 kali dan dokter sp jantung menganjurkan sy utk tes holter.

    Mungkinkah gangguan jantung sy adlh efek dr hipertiroid, dokter? Terima kasih :)

  8. 518
    widia A Says:

    Hi dr Sukma yg cantik,

    saya ibu usia 50 thn sudah 3thn ini saya menderita kelenjar tiroid dari hasil lab terachir tgl 28-12-2011 T-3 1.65 normalnya 0,59-1,51 ng/ml dan free T-4 1,4 normalnya 0,71 -1,85ng/dl dan
    hsl usg thyroid kanan ; tampak hypoechoic hetrogen dengan permukaan rata dan tampak daerah2 degenerasi kistik uk 1.96×1.62×3,18 em dan thyroid kiri tampak membesar ,hypoechoic hetrogen tampak daerah degenerasi kistik uk 1,60×2,30×5,30em.

    1.saya konsul kedr penyakit dalam yang biasa tempat saya konsul tiap dua bulan dgn hls lab tsb dan anjurannya tak usah operasi dan kontrol lagi 3 bulan yad diberi obat PTU utk 3 x 1 neo mecazol 2 x 1.

    2. saya datang kedr internis di rs lainnya dengan membawa hasil lab tsb saya dianjurkan untuk menjalankan penyinaran dibagian radionuklir rs RSCM jkt dan diberi obat PTU 2 x 2.kembali setelah 1 minggu setelah penyinaran.

    Pertanyaannya
    1.apa yg dimaksud dgn penyinaran dan apa saja effeknya setelah penyinaran dilakukan
    2.dan apa baik buruknya penyembuhan dengan penyinaran thyorid dibanding dengan melakukan operasi thyorid.

    mohon pencerahan dari dr untuk saya dapat melangkah.
    terima kasih dr.

  9. 517
    novy Says:

    ass,,
    Dr,3 bulan yg lalu ibu sy baru operasi gondok.waktu di periksa,gondok itu akibat dr ibuku melahirkan anak kembar.adikq skrg sdh berusia 13 thn.yg ingin sy taxkan,kenapa wajah ibu sy membengkak,nafsu makan berkurang dan lidahx terasa berat/terlipat kalau bicara (kaku).mohon jwbnx Dr.wasalam

  10. 516
    bilmar Says:

    Dok, saya dari Banjarmasin(kalsel) saya inggin membawa anak saya yang bernama ROBERT untuk berobat kepada dokter,. kira2 kapan saya dapat bertemu dokter & alamat praktek dokter di mana ?..

  11. 515
    Azli Says:

    Assalamualaikum Dr Sukma…saya amat mengagumi usaha Dr yang hampir membalas kesemua persoalan yg ditanyakan disini…salam perkenalan dari saya dari Malaysia dan sekarang bertugas di luar negara…sy ingin bertanya berkaitan bacaan lab test sy seperti berikut; Free T4=10.6, Free T3=6.04 dan TSH=0.05, sy diberitahu yg sy mengidap hipertiroid tetapi ingin kepastian yg kedua dr doktor sukma adakah bacaan ini agak tinggi atau rendah kerana sy ada bengkak dileher yg amat merungsingkan sy…bila sy tension atau keadaan sekitar panas, lagi keras rasanya bengkak ini…skrg sy makan carbimazole sbnyk 30mg setiap hari tetapi kurang pasti betulkah ubat yg saya makan ini…terimakasih sekali lagi…

  12. 514
    hana Says:

    Dok…..sy dulu terkena hipertiroid dan sempat dirawat di RS selama kurang lebih 1 bulan. setelah menjalani pengobatan dengan radiodine, sekarang tiroid sy menjadi hipotiroid. Sekarang sy harus mengkonsumsi obat tyrax 100 mcg/hari. sy ingin menanyakan..bahaya apa saja yang akan terjadi jika mengkonsumsi obat tyrax pada perencanaan kehamilan/ pada saat hamil.terima kasih.

  13. 513
    Rostikawati Says:

    Assalammu’alaikum
    Ibu dokter, sy trkena pnyakit graves dr thn 2001-sekarang
    Prtama sy brobat di rsud tarakan tp karna krang lengkap sy pindah k’rscm.
    Stlah 2thun rutin brobat sy mnta dioperasi tp kata dokterny ”ini g bisa dioperasi, nanti kenA pita suara” sy prcya ja.
    Smpe akhirny sy males berobat, jd sy k’rscm qlo ada biaya & penyakit sy kambuh(mencret,muntah2,pusing berat)sy prnah dirawat 2hr, tp dokter jg g prnah mnyarankan operasi.
    Thn 2009 sy berobat lg, dokter mnyarankn sy utk ‘ablasi’. Sy blang ”iya,nnti biaya ny sy usahain ada” tp dokterny cuma nyuruh ja g ada tindak lanjut, smpe 3x sy konsultasi k’dokter tu, dy cma blang ”iya, nAnti sy cari dlu info soal ablasi”
    Kan aneh, dy kn dokter, msa g ngerti.
    Sy pernah ditipu sm dokter tu, katany sy mau diikut sertakan dlm pengobatan gratis, eh trnyata sy cumA dijadikn bhan penelitian sm dokter yg mau mengambil spesialis.
    Bukanny sy ngejelekin rscm, tp apa yg sy alami mang bgtu..trus dokterny bnyak yg amatir.
    Sekarang sy lg coba berobat k’rs mintoharjo, ya tp gitu dh, karna sy pake ‘sktm’ jd rada2 dicuekin
    ‘Skrang badan sy makin kurus, mata sy makin melotot, sy cuma mau dioperasi spy sembuh, sy pngen kerja’
    Tp susah bgt mau dioperasi ja,
    Seharusny RS jgn ngebeda-bedain pasien yg pake ‘sktm’
    Ada dokter yg nyarain sy k’rs darmais, tp sy takut, itu RS mahal.
    Terima kasih ya dok, sy cuma pengen sharing ja.
    Semoga dokter selalu sehat, karna sehat itu mahal hargany
    Thanks

  14. 512
    Dr. Sukma Says:

    Hai Maya,

    Iya sebaiknya begitu, minta second opinion ke dokter bedah kepala dan leher/ dokter bedah onkologi. Agar anda puas tanyakan semua unek2 anda, mudah2an dokter tsb bisa memuaskan rasa ingin tahu anda beserta keluarga. Hal ini menyangkut teknik operasi yg dilakukan saat mengangkat tiroid yg bermasalah tsb.

    Untuk antisipasi bagi saudara2 sekandung dari pasien termasuk anda, cukup dengan memeriksa kadar serum T3, T4, dan TSH secara periodik semisal setiap 6 (enam) bulan sekali meski hasil lab yg terakhir ternyata normal.

  15. 511
    maya Says:

    dokter yang baik..
    Menyambung pertanyaan saya mengenai pasca operasi tyroid.. Apakah kejadian yang menimpa kakak saya (belum keluar suara nya dan selalu tersedak kalau minum) adalah normal ? Terus terang kami takut ada yg tidak beres. Krn setiap konsultasi ke dokter yg menangani operasinya kami tdk pernah mendapatkan penjelasan yang berarti. kira2 perlukah kami mencari second opinion ke dokter lain ? Terimakasih.. Kami sangat membutuhkan pencerahan dari dokter. Terimakasih.

  16. 510
    Teddy Says:

    Dokter, sy mau operasi gondok ke dr. Spsialis Bedah Kepala Leher. apa yg sy pilih udh bnr??? mksh

  17. 509
    Dr. Sukma Says:

    Hai Usman Arif,

    Kemungkinan hipertiroid. Namun sebaiknya di biopsi jarum halus/ FNAB agar pasti. Juga perlu diperiksa kadar hormon T3, T4 dan TSH.

  18. 508
    usman arif Says:

    Doktr Sukma yang terhormat, kira-kira baru sebulan ini ayah saya menderita pembengkakan kelenjar tiroid yang diikuti sakit kepala. sakit kepalanya kadang migrain, kadang pada daerah temporal, kadang semuanya. kira2 diagnosa sakitnya apa ya dok?

    terimakasih sebelumnya.

  19. 507
    Dr. Sukma Says:

    Halo Akram D,

    Secara logika maka kista harus diangkat/ operasi agar tidak tumbuh lagi. Sebaiknya anda ke RS besar spt RSCM agar ditangani oleh dokter bedah yg HANDAL, mencegah kambuh dan kambuh lagi gondok anda.

  20. 506
    Akram Dzakwan Says:

    Ibu saya sudah dua kali operasi gondok, dan setelah dua tahun habis operasi yang kedua kini muncul lagi benjolan di bekas operasi. Setelah dilakukan pemeriksaan dengan biopsi jarum halus ternyata hasilnya bukan gondok tapi kista palsu(peradangan akibat infeksi). Apa hal ini bisa disembuhkan tanpa operasi ataukah harus oprasi?
    Terima kasih

  21. 505
    Dr. Sukma Says:

    Halo Kevin,

    Coba ke RSPAD Gatot Subroto di Jakarta. Disitu ada bagian radiologi dg sub-bagian radio ablasi. Segeralah kesana, agar permasalahan anda cepat tuntas. Good luck !

  22. 504
    Dr. Sukma Says:

    Halo Bahar,

    Benar. Kalau cuma radang cukup diberi antibiotika plus anti-inflamasi dan obat2 simptomatik spt penurun poanas bila ada demam. Kalau tumor / neoplasma baik jinak maupun ganas harus diangkat/ operasi.

  23. 503
    kevin Says:

    Dok, sy menderita penyakit Gondok mau operasi tp takut yg sy dngr ada metode Radioablasi apa dgn metode Radioablasi gondok sy bs mengecil??? Trma Ksh

  24. 502
    Bahar Says:

    Dokter.., ibu saya telah diopersi gondok sebanyak dua kali dan kini tumbuh lagi benjolan di bekas operasi tersebut. Menurut hasil pemeriksaan lab,itu adalah peradangan . Apakah benjolan akibat peradangan (menurut dokter tidak ganas) dapat diobati tanpa operasi?
    Terima Kasih

  25. 501
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ricky,

    Sehaarusnya bila anda mengalami pembesaran kelenjar gondok tidak memusingkan teknik operasi seperti berapa besar sayatan operasi. Yang penting anda pikirkan adalah bagaimana agsr sembuh dan terbebas dari penyakit itu. Berpikir terlalu lama berakibat pembesaran semakin besar karwna kita makan dan minum setiap hari.

    Secara logikja semakin besar ukuran tumornya maka sayatan operasi akan semakin panjang. Jangan khawatir dokter operator akan mentyayat dan menjahit kembali dengan rapi sehingga bekas operasi nantinya nyaris tidak kelihatan. Dengan teknik dan benang khusus, kecuali bila anda berbakat keloid.

Pages: « 24 23 22 [21] 20 19 18 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe