HKKelenjar gondok atau disebut kelenjar tiroid, adalah kelenjar yang normalnya berlokasi dibagian tengah-depan dari leher kita. Ada tiga bagian yaitu : lobus kanan, lobus kiri dan lobus intermedius yang menghubungkan lobus kanan dan lobus kiri.

Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid berukuran kecil, dengan berat hanya 2-4 gram posisinya dileher depan bagian tengah dan tidak teraba. Sehingga pada leher orang normal tidak tampak tonjolan atau massa yang mengganggu pemandangan seperti apa yang kita lihat pada penderita gondok.

Fungsi kelenjar tiroid yaitu mengatur metabolisme tubuh, sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan normal didalam tubuh seseorang. Maka dikenal beberapa istilah seperti : eutiroid, hipertiroid dan hipotiroid.

Eutiroid adalah keadaan dimana besar dan fungsi kelenjar gondok dalam keadaan normal. Hipertiroid, berarti kelenjar gondok bekerja melebihi kerja normal sehingga biasanya kelenjar gondok membesar dan juga akan didapatkan hasil laboratorium untuk hormon TSH, T3 dan T4 yang berada diatas ambang normal. Hipotiroid kebalikan dari hipertiroid, disini kelenjar gondok bekerja dibawah normal, sehingga ketiga hormon tadi kadarnya didalam serum dibawah angka normal. Apa gejala dan dampak dari kelainan kelenjar gondok ini ?

Gejala hipertiroid biasanya : si penderita hiperaktif, tidak bisa diam. Badan berkeringat berlebihan, suhu tubuh hangat, jantung berdebar-debar, tangan sering gemetar, bola mata agak menonjol. Banyak bicara susah diam, makan banyak akan tetapi badan tetap kurus dan seterusnya.

Penderita hipotiroid umumnya badan suhunya dingin, lembab. Orangnya rada obese, malas bergerak dan malas bicara. Biasanya lidahnya tampak besar dan tebal. Makan tidak banyak, akan tetapi tubuhnya tambun. Semuanya kebalikan dari gejala hipertiroid.

Pada hipertiroid , peradangan kelenjar tiroid maupun adanya neoplasma atau tumor kelenjar gondok, maka kelenjar itu akan membesar, berupa benjolan atau massa yang bisa diraba pada leher tengah bagian depan. Ciri khasnya : benjolan itu akan turut bergerak saat penderita melakukan gerakan menelan. Artinya bila penderita disuruh melakukan gerakan menelan, maka si benjolan tadi bergerak keatas dan kebawah, sesuai dan mengikuti irama gerakan menelan si penderita.

Sakitkah benjolan tadi ? Jawabnya : ada yang sakit dan ada yang tidak. Tergantung jenis kelainan yang ditemukan, biasanya bila akibat peradangan akan dirasakan sakit atau nyeri. Nyeri disini bisa nyeri spontan, artinya nyeri tanpa dilakukan penekanan terhadap benjolan. Dan atau nyeri tekan, yaitu nyeri bila benjolan ditekan pada saat dilakukan pemeriksaan.

Apakah penderita merasakan demam ? Jawabnya : bisa ya dan bisa tidak. Biasanya demam dirasakan pada awal kemunculan massa di kelenjar gondok itu dan demam biasa dijumpai pada kasus peradangan. Sedangkan pada neoplasma atau tumor kelenjar tiroid, biasanya penderita tidak akan merasakan nyeri maupun demam.

Mengenai tumor tiroid, kita mengenal ada yang jinak dan ada yang ganas. Neoplasma jinak biasanya jenis struma adenomatosa dan adenoma folikuler tiroid. Sedangkan neoplasma ganas umumnya yang tersering adalah karsinoma tiroid papilliferum.

Penderita kelainan kelenjar gondok biasanya 80-90 persen adalah kaum hawa. Sedangkan laki-laki sangat jarang. Namun demikian, prosentase keganasan pada penderita kaum adam cukup tinggi sekitar 60-70 persen dari seluruh kasus penderita kelainan tiroid pada laki-laki.

Karena itu, khusus kepada kaum adam, sering-seringlah memeriksa leher bagian depan anda. Bila dicurigai ada yang tidak beres, segera kunjungi dokter terdekat agar segera dapat dilakukan pemeriksaan lab dan lain-lain. Apabila fasilitas ada, dokter yang paling tepat menangani kelainan pada kelenjar gondok ini adalah dokter spesialis penyakit dalam (internist),  sub-divisi Endokrinologi.

Popularity: 33%

Posted Saturday, November 22nd, 2008 at 12:58 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

588 Responses to “Pembesaran kelenjar gondok pada laki-laki sebagian besar adalah kanker ganas tiroid”

Pages: « 24 … 10 9 8 [7] 6 5 4 … 1 » Show All

  1. 175
    ocha Says:

    Dear Dr.sukma

    Dok saya dinyatakan menderita hypertiroid bulan september lalu… trus saya rajin kontrrol ke doktr dan diberi obat2 anti tiroid,, sekarang saya hamil 4minggu.. saya takut obat2nya berpengaruh ke janin saya dok.. terus menstruasi saya sekarang sangt sedikit .. kdng malah cuma 3hr …

    mohon penjelasannya dr. sukma

    terima kasih

  2. 174
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lina,

    Penyakit gondok sebenarnya TIDAK diturunkan. Yang jelas, kalau domisili beberapa keturunan tetap pada TEMPAT yang SAMA (dengan kondisi alam termasuk tanah dan sumber air minum yang sama), maka penyakit gondok yang seolah-olah ‘diturunkan’itu bisa terjadi.

    Artinya kakek, bapak, anak dan cucunya bisa terkena gondok semua bila kebetulan daerah itu kekurangan jodium.

    Keterangan saya ini khusus bagi pembesaran kelenjar gondok akibat defisiensi jodium.

  3. 173
    Lina Says:

    Dokter,
    Di leher ibu saya terdapat benjolan. Sudah dikonsultasikan ke dokter internis dan hasilnya adalah gondok. Tapi ibu tidak mengalami demam atau gejala2 lain yang menyakitkan baginya. Hanya ibu sedikit cemas, apa gondok ini bisa sembuh dengan obat yang diresepkan dokter.
    Apakah ada pantangan makan atau anjuran yang bisa mengurangi benjolan di lehernya? Apakah nanti setelah sembuh mungkin kembali lagi? Untuk informasi, dulu nenek ibu saya dan beberapa tantenya mengalami benjolan yang sama tapi kondisi nya sama, tanpa keluhan yang menyakitkan. Tetapi tante saya, pernah juga mengalami nya sampai didiagnosa kanker tiroid. Apakah ini penyakit keturunan?

  4. 172
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yuni,

    Sebaiknya struma anda diangkat. Kalau dibiarkan selain secara aestetika kurang elok dipandang,juga BERPOTENSI menjadi ganas.

    Karena ada teori karsinogenesis yang berawal dari radang atau kondisi abnormal yang dibiarkan berlarut-larut berkepanjangan.

    So, saran saya sebaiknya diangkat.
    Dokter bedah onkologi di Indonesia sudah OK melakukan teknik operasi yang berkwalitas.

  5. 171
    yuni Says:

    dok,di leher saya ada benjolan kata dokter struma tapi saya belum pernah tes lab. karena saya tidak ada keluhan apa-apa, benjolan ini sudah sekitar 8 thn tapi besar benjolannya tidak + besar tapi kalau saya terlalu capek bahu saya sakit,yang mau saya tanyakan apa dalam jangka waktu yg lama tanpa pengobatan bisa menjadi kanker ? Thanks bnyk atas jawabannya Dok.

  6. 170
    rika Says:

    saya mau tanya dok, sudah sebulan ini mama saya sakit… ga tau sakitnya apa, badannya terasa lemas, kalo makan rasanya pahit, dan sering mual mual, kata dokter hyppotyroid, n harus di opersai, yang saya mau tanyakan ada nggak therapy lain selain op? thanks

  7. 169
    Dr. Sukma Says:

    Hai Arha,

    Hormon tiroid T3 dan T4 disekresi oleh troid dengan mekanisme berbentuk sumbu hipotalamus-hipofisis anterior -kelenjar tiroid. Rangsangan dari hipotalamus menghasilkan TRH (Thyroid Releasing Hormone)dan merangsang hipofisis anterioir untuk mengeluarkan TSH(Thyroid Stimulating Hormone).

    Menurunnya T3(triiodothyronin) dan T4(thyroxine) akan merangsang pengeluaran TRH dari hipotalamus dan TSH dari hipofisis anterior.Akibatnya kadar T3 dan T4.
    didalam darah akan naik.

    Naiknya T3 dan T4 JUSTRU akan mmeberikan feedback negatif yaitu MENEKAN keduanya TRH dan TSH.

    Hasil lab ibunda kelihatan membaik dari segi FUNGSI kelenjar tiroid. Namun, TIDAK ADA kaitannya dengan proses kankernya sendiri, yaitu Adenocarcinoma Papilliferum. Kanker ganas thyroid terapinya adalah OPERASI.

    Dengan operasi, 10-years survival lebih dari 95 % apabila usia masih 40 tahun dan belum ada anak sebar.

  8. 168
    arha Says:

    hy,dok..
    sy arha,mau nanya nih dok.ibu sy umur 40 thn divonis dokter mnderita pnyakit adenocarcinoma papiliferum.ibu dianjurkan opersi,tapi ayah sy kberatan.ayah lbh memilih mnempuh jln pengobatan alternatif..3bl ini ibu sy mnum obat,ada prubahan dr pmeriksaan endokrinologinya.
    TSHs bln 6 :2.010
    bln 9 :0.795
    FT4 bln 6 :1.140
    bln 9 : 1.170
    nah,dr prubhan ini,apa tndanya ada prubhn pykit ibu sy??
    trus apa itu TSHs dan FT4??
    penykit ibu sy msh bs sembuh kan,dok??
    mohon pnjelasannya tntg pnykit ibu sy,dok..
    trima kasih,,,,

  9. 167
    Dr. Sukma Says:

    Hi SonnyaSunny,

    Have we met before ? Do I know you ?
    I am curious about your identity…

  10. 166
    SonyaSunny Says:

    Hi,
    Onload of page my antivirus put alert, check pls.

  11. 165
    Jeni Says:

    hai dok…
    sya pya org tua berumur 56 thn. org tua sya punya sakit gondok baru sekitar 8 blnan. tp gejala gondok org tua sya
    yang kelihatan baru lehernya agk membekak. gejala lainnya
    blm nampak kelihatan seperti mata mulai membesar,bdn gemuk. yang mau sya tyain dok kira2 berapa lma baru kelihatan tanda2 gejala gondok?
    dan satu lagi dok apa kira2 ada obt sakit gondok itu & apakah ada pantangan makanan bagi penderita gondok?
    trus dok sakit gondok bisa sembuh gk tanpa harus dioperasi? tolong segera dijawab ya dokter…

    terima kasih dok…atas perhatiannya.

  12. 164
    anto Says:

    Ibu dr saya punya penyakit kelenjar menonjol di leher sebelah kanan,sampe sekarang sudah 11 th yang saya drita,sebetulnya kelenjar menonjol itu bisa dioprasi apa cukup cukup dengan mimum obat saja.trim dr

  13. 163
    Dr. Sukma Says:

    Halo Andri,

    Pendapat saya apa yang anda keluhkan itu BUKAN kelenjar gondok/tiroid. Jangan panik dan stress, OK. Jangan dipegang-pegang lagi jakun anda..

    Karena anda tidak punya keluhan lain, selain jakun yang asimetri. Itu mah variasi normal dari tulang kerongkongan/trachea pada laki-laki.

    Mulai saat ini buang jauh-jauh pikiran anda yang cemas itu. Insya Allah anda sehat dan baik-baik saja..

  14. 162
    Andri Says:

    Dok, kebetulan membahas masalah tiroid.
    saya pria berumur 21 tahun.
    saya mau bertanya perihal jakun saya, saya baru menyadari bahwa bentuk jakun saya asimetri dok. bagian yang sebelah kanan nya tulangnya lebih menonjol dan lebih keras daripada sebalah kiri.
    jadi kalau leher saya ditengadahkan, terlihat seperti benjolan kecil disebelah kanan, tetapi ketika dipegang ternyata itu adalah tulang, ketika minum dan makan pun ikut turun naik.
    yang mau saya tanyakan dok, apakah normal seperti ini dan tidak akan menganggu ke kesehatan yang lainnya ?
    selama ini tidak ada keluhan apapun, tapi ketika saya memikirkan masalah ini, saya mulai merasa stress, mungkin sugesti negatif.

    saya pernah memeriksakan ke dokter ahli bedah dan ahli tulang. dokter itu berkata bahwa itu hanya tulangnya saja yang berbentuk asimetri, tapi dia berkata juga “kalau mau yakin di USG saja” dan memberikan rekomendasi USG.
    ini membuat saya jadi cemas dok takut kenapa-kenapa.
    mohon penjelasannya ya dok.
    terimakasih :)

  15. 161
    melviarli Says:

    mantab

  16. 160
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nastasia Norman,

    Keluhan anda mengarah ke hepatitis atau radang hati. Kunjungi dokter penyakit dalam untuk kepastiannya.

  17. 159
    nastasia norman Says:

    dok saya mau tanya kalau air urine berwarna seperti air teh dan perut rasanya nyeri dan sering masuk angin apakah leukimia

  18. 158
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sugandi,

    Yang jelas mertua anda dari hasil biopsi di diagnosis ada Anak sebar dari KANKER PARU, pada KGB supraclavicula kanan. Ini masalah SERIUS dan BERAT.

    SEGERA kunjungi dokter paru onkologi, yaitu dokter akhli kanker paru, agar segera diberikan pengobatan yang tepat sesuai jenis kanker yang ditemukan (adenokarsinoma).

    Jangan buang waktu -time is money- semakin cepat akan semakin baik prognosisnya serta semakin kecil beayanya.

  19. 157
    Dr. Sukma Says:

    hai Luqman,

    Maaf pertanyaan anda terlewatkan. Sekarang akan saya jawab.

    Benjolan kecil dileher yang menyatu dengan otot pada putra anda, TIDAK berbahaya. Dari keterangan bila anak demam atau batuk, benjolan itu tampak membesar, pendapat saya itu radang KGB yang non-spesifik (limfadenitis khronik non-spesifik).

    So, TIDAK perlu panik. Bila nanti benjolan sudah berdiameter melebihi 1 cm, barulah dibawa ke dokter anak untuk dirujuk ke dokter spesialis Patlogi Anatomik (PA) agar dilakukan tindakan biopsi jarum halus (FNAB).
    FNAB sulit pada KGB yang terlalu kecil.

  20. 156
    sugandi Says:

    dok, saya hendak bertanya mertua saya umur 61 tahun jenis kelamin laki2,berat badan 64 kg setelah di bioksi hasil pemeriksaanya terdapat tumor colli dextra dengan tumor paru sinistra lokasi kelenjar limfe colli dextra..kesimpulan dari hasil FNAB : nodul colli / supraclavicula dextra, FNAB : metastasis adenocarcinoma.
    maksdunya apa dok sy takut menyampaikannya ke mertua saya .besok rencana hendk ke dokter paru..apa yg harus sy lakukan dan saya harus ke dokter mana?mengingat sebleumnya dia menderita sakit di tulang belakang yakni tulang belakangnya yakni sekitar tulang ekornya bengkok ke kiri akibat saat umur 11 tahun dia jatuh sampai pingsan dimana hari2 dia sekarang sering merasa nyeri di unggungnya jadi untuk duduk sakit,sy sudah bertanya ke dokter tulang namun harus dioperasi mengigat keadaan dia kog rasanya tdk memungkinkan takutnya drop..mohon informasinya terima kasih.Tuhan memberkati

  21. 155
    Luqman Says:

    Hai Dok, Anak saya laki2 6th di Oktober 2009, ada bejolan sebesar biji kacang tanah di leher sebelah kiri, kayaknya jadi satu sama otot lehernya. bahaya tidak ya ..? kalau sakit entah itu batuk (terutama) atau demam akan kelihatan. Tolong ya Dok …, Kami kawatir, n kemana saya periksa. Makasih.

  22. 154
    Dr. Sukma Says:

    Hai Kiky,

    Pertanyaan yang bagus untuk seorang mahasiswa seperti anda.

    Penderita gondok yang kurus, biasanya gondok akibat hipertirodi atau Grave’s disease. Metabolisme penderita sangat cepat alias hipermetabolik.

    Penderita yang tidak kurus adalah gondok yang euthyroid alias fungsi kelenjar tiroidnya normal. Misalnya pada struma adenomatosa/adenomatous goiter.

  23. 153
    kiky Says:

    dok saya seorang mahasiswa ingin bertanya kenapa penderita gondok ada yang kurus dan ada yang tidak mengalami penurunan berat badan,,,
    terima kasih sebelumnya,,,,,

  24. 152
    Dr. Sukma Says:

    Halo Vian,

    Setahu saya , PTU tidak berdampak pada bayi didalam kandungan. Namun demikian bila anak sudah berumur 3 tahun ,sebaiknya dibawa ke dokter SpAnak untuk kemungkinan periksa kadar hormon thyroid dengan riwayat seperti yang anda tulis.

    Mengenai anda sendiri, seharusnya secara periodik diperiksa kadar T3, T4 dan TSH. Minum obat PTU harus diresepkan dan dibawah pengawasan dokter penyakit dalam. Jangan beli sendiri, agar tidak sampai ke bablasan menjadi sangat rendah kadar hormon tiroid anda alias hipotiroidi.

  25. 151
    vian,23 Says:

    Dokter Sukma,
    saya penderita hipertyroid sudah7thn dan selama itu juga saya konsumsi PTU100&propanolol.Saat ini saya sudah menikah&memiliki 1putra.kata dokter kandugan saya selama hamil konsumsi PTU boleh diteruskan,tapi propanolol saya hentikan.saya bersyukur anak saya lhir normal&tanpa kurang 1apapun.pertanyaan saya apa ada pengaruh PTU untuk anak saya kedepannya?apa anak saya bisa tertular hipertyroid juga?apa penngaruh obat itu untuk saya mengingat saya sudah terlalu lama konsumsi? Terima kasih dokter

Pages: « 24 … 10 9 8 [7] 6 5 4 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe