HKKelenjar gondok atau disebut kelenjar tiroid, adalah kelenjar yang normalnya berlokasi dibagian tengah-depan dari leher kita. Ada tiga bagian yaitu : lobus kanan, lobus kiri dan lobus intermedius yang menghubungkan lobus kanan dan lobus kiri.

Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid berukuran kecil, dengan berat hanya 2-4 gram posisinya dileher depan bagian tengah dan tidak teraba. Sehingga pada leher orang normal tidak tampak tonjolan atau massa yang mengganggu pemandangan seperti apa yang kita lihat pada penderita gondok.

Fungsi kelenjar tiroid yaitu mengatur metabolisme tubuh, sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan normal didalam tubuh seseorang. Maka dikenal beberapa istilah seperti : eutiroid, hipertiroid dan hipotiroid.

Eutiroid adalah keadaan dimana besar dan fungsi kelenjar gondok dalam keadaan normal. Hipertiroid, berarti kelenjar gondok bekerja melebihi kerja normal sehingga biasanya kelenjar gondok membesar dan juga akan didapatkan hasil laboratorium untuk hormon TSH, T3 dan T4 yang berada diatas ambang normal. Hipotiroid kebalikan dari hipertiroid, disini kelenjar gondok bekerja dibawah normal, sehingga ketiga hormon tadi kadarnya didalam serum dibawah angka normal. Apa gejala dan dampak dari kelainan kelenjar gondok ini ?

Gejala hipertiroid biasanya : si penderita hiperaktif, tidak bisa diam. Badan berkeringat berlebihan, suhu tubuh hangat, jantung berdebar-debar, tangan sering gemetar, bola mata agak menonjol. Banyak bicara susah diam, makan banyak akan tetapi badan tetap kurus dan seterusnya.

Penderita hipotiroid umumnya badan suhunya dingin, lembab. Orangnya rada obese, malas bergerak dan malas bicara. Biasanya lidahnya tampak besar dan tebal. Makan tidak banyak, akan tetapi tubuhnya tambun. Semuanya kebalikan dari gejala hipertiroid.

Pada hipertiroid , peradangan kelenjar tiroid maupun adanya neoplasma atau tumor kelenjar gondok, maka kelenjar itu akan membesar, berupa benjolan atau massa yang bisa diraba pada leher tengah bagian depan. Ciri khasnya : benjolan itu akan turut bergerak saat penderita melakukan gerakan menelan. Artinya bila penderita disuruh melakukan gerakan menelan, maka si benjolan tadi bergerak keatas dan kebawah, sesuai dan mengikuti irama gerakan menelan si penderita.

Sakitkah benjolan tadi ? Jawabnya : ada yang sakit dan ada yang tidak. Tergantung jenis kelainan yang ditemukan, biasanya bila akibat peradangan akan dirasakan sakit atau nyeri. Nyeri disini bisa nyeri spontan, artinya nyeri tanpa dilakukan penekanan terhadap benjolan. Dan atau nyeri tekan, yaitu nyeri bila benjolan ditekan pada saat dilakukan pemeriksaan.

Apakah penderita merasakan demam ? Jawabnya : bisa ya dan bisa tidak. Biasanya demam dirasakan pada awal kemunculan massa di kelenjar gondok itu dan demam biasa dijumpai pada kasus peradangan. Sedangkan pada neoplasma atau tumor kelenjar tiroid, biasanya penderita tidak akan merasakan nyeri maupun demam.

Mengenai tumor tiroid, kita mengenal ada yang jinak dan ada yang ganas. Neoplasma jinak biasanya jenis struma adenomatosa dan adenoma folikuler tiroid. Sedangkan neoplasma ganas umumnya yang tersering adalah karsinoma tiroid papilliferum.

Penderita kelainan kelenjar gondok biasanya 80-90 persen adalah kaum hawa. Sedangkan laki-laki sangat jarang. Namun demikian, prosentase keganasan pada penderita kaum adam cukup tinggi sekitar 60-70 persen dari seluruh kasus penderita kelainan tiroid pada laki-laki.

Karena itu, khusus kepada kaum adam, sering-seringlah memeriksa leher bagian depan anda. Bila dicurigai ada yang tidak beres, segera kunjungi dokter terdekat agar segera dapat dilakukan pemeriksaan lab dan lain-lain. Apabila fasilitas ada, dokter yang paling tepat menangani kelainan pada kelenjar gondok ini adalah dokter spesialis penyakit dalam (internist),  sub-divisi Endokrinologi.

Popularity: 33%

Posted Saturday, November 22nd, 2008 at 12:58 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

588 Responses to “Pembesaran kelenjar gondok pada laki-laki sebagian besar adalah kanker ganas tiroid”

Pages: « 24 … 11 10 9 [8] 7 6 5 … 1 » Show All

  1. 200
    aa Says:

    saya penderita gondok baru satu bulan belakangan ini saya tahu, saya diberi obat thyrozol dll’ kemungkinan saya hiperteroid,apakah gondok saya bisa mengempis lagi dok? trims

  2. 199
    rere Says:

    Dear dr. Sukma,

    Makasih utk jawabannya yah, saya agak lega mendengarnya. Tp saya juga ingin bertanya lg krn kemarin belum sempat bertanya ke dokter tsb, apakah berat bdn suami saya akan turun dgn drastis lalu sampai kpn ia akan lemas. Karna saya khawatir pd saat ia bekerja nanti.
    Terima kasih lagi yah dok…?

    Br,
    Rere

  3. 198
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rere,

    Hipertiroidism gejala dan pengobatannya sudah tepat.

    Biasanya tidak akan membesar , karena sudah diobati. Bila dibiarkan saja berlarut-larut, nah itu baru berpotensi kelenjar tiroid akan membesar.

    Sebagai pasien hendaknya bersikap kooperatif, ikuti petunjuk dokter yang merawat suami anda. Kapan harus berhenti minum obat, dsb. ikutin aja, OK.

  4. 197
    rere Says:

    Dear dr. sukma,

    Suamiku kemarin cek ke dokter internist di rs lalu juga dicek lab darah karna dia mempunyai gejala jantung berdebar2, lemas, turunnya berat badan dan juga sesak nafas. setelah melakukan pengecekkan lab ternyata suami sy mengidap Hipertiroidisme, karna TSH-S: <0.05L, FT3: 20.53H, Free T4: 4.04H. Yang saya mau tanyakan apakah penyakit Hipertiroidisme yg suami yg idap bs sembuh dan apakah bs terjadi pembengkakan dileher atau apa akan berbahaya?? dan suami saya sdh diberikan obat Propylthiouracil 100 mg dan propranolol 10 mg utk 2 minggu, kemungkinan brapa lama yah dok suami saya harus mengkonsumsi obat ini??.
    Sebelumnya terima kasih dan maaf jika pertanyaan saya terlalu byk, karna saya msh bingung dgn Hipertiroidisme
    ini dan juga takut dgn efek serta ingin mencari second opinions ke dokter.
    Br,
    rere….

  5. 196
    Dr. Sukma Says:

    Hai Iwan,

    Kasus anda sangat ringan. Bila ukurannya sudah diatas 1 cm, sebaiknya dilakukan pemeriksaan FNAB.

    Caranya anda periksa ke dokter umum, lalu minta dirujuk ke dokter spesialis PA untuk dilakukan biopsi jarum halus (FNAB). Dari hasil PA, baru kemudian diberikan terapi sesuai hasil FNAB tersebut.

    Paling sering disebabkan oleh radang : spesifik(TBC), non-spesifik, virus atau jamur. So, don’t worry..

  6. 195
    iwan Says:

    yth ibu Dokter,
    Dok hari ini saya menemukan benjolan sebesar biji jagung di pangkal leher sebelah kiri diatas tulang belikat rasanya tidak sakit..saya sangat khawatir .. apakah benjolan terebut berbahaya ? mohon informassinya dok terima kasih

    Hormat saya
    iwan

  7. 194
    Dr. Sukma Says:

    Hai Irman,

    Artinya : ada anak sebar kanker ganas jenis adenokarsinoma pada leher kiri ibunda.

    Analisa saya, telah terjadi penyebaran kanker ganas jenis adenokarsinoma ke kelenjar getah bening leher kiri ibu anda.

    Saya duga telah terjadi anak sebar ke organ liver yang menimbulkan rasa sakit perut kanan atas sampai belakang.

    Kemungkinan tumor primernya ada di kolon atau usus besar atau didalam leher rahim atau korpus uteri atau ovarium.

    Kemungkinan tumor primer mendesak buli-buli(kandung kemih) karena ada gangguan BAK disertai pucat yang menandakan telah terjadi perdarahan yang tidak kasat mata dan telah menurunkan HB darah menjadi rendah sehingga penderita terlihat pucat.

    Kondisi ini sangat SERIUS dan jangan buang waktu.Agar segera diatasi dengan memeriksakan ibunda ke dokter penyakit dalam atau SpOG, agar diperiksa teliti. Dan dicari tumor primer yang pasti lokasinya dimana dengan USG atau CT-scan.

  8. 193
    Irman Says:

    Aslm,Wr,Wb.

    Dengan hormat,
    Bu dokter, saya mohon informasi berkaitan dengan penyakit yang diderita oleh ibu saya, umur ibu saya 50 tahun. setelah 1 bulan dirumah sakit, dokter menyatakan bahwa ibu saya menderita “METASTASE ADENO CARSINOMA ARCOLLISINISTRA” artinya apa ya dok?Ibu saya sekarang mengalami :
    1. Pucat.
    2. Sakit dibagian perut atas dan belakang.
    3. Buang air kecil terus.
    4. Susah tidur.

    Bu dokter, tolong jawabanny dan penjelasaannya lewat email saya : irman_dzikro@yahoo.co.id

  9. 192
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yanti,

    Benjolan harus dilakukan biopsi jarum halus(FNAB)agar dapat diketahui apa sebenarnya. Datangi dokter umum untuk dirujuk ke dokter spesialis PA untuk FNAB.

    Kemungkinan benjolan anda : radang sub-akut atau struma adenomatosa. Bila radang cukup diberi antibiotika dan steroid tapering off. Bila struma adenomatosa harus diangkat/operasi meskipun itu tumor jinak.

    Dari pengalaman saya, kemungkinan ganas kecil pada kasus anda.

  10. 191
    yanti Says:

    dok,saya mau tanya jantung sering berdebar-debar lalu dicek TSH hasil normal,FT4 naik sedikit hasil USG pembesaran struma nodularis kanan +_ 2,5 cm.Bagaimana cara pengobatannya serta apa untuk membuktikan bahwa nodul itu tidak ganas trima kasih

  11. 190
    delly puspita Says:

    dear dok…
    saya penderita lupus dan bulan ini saya merasakan jantung yang berdebar-debar dan nafas yang sering terengah-engah. Setelah saya melakukan tes T3 dan T4 hasilnya T3:5,83 T4:289,83 dan TSH <0,05. Bagaimana menurut pendapat dokter mengenai hasil lab saya ini dan apakah lupus menjadi pemicunya?saya juga mempunyai banyak benjolan kecil di leher bagian belakang,apakah benjolan ini berbahay?

  12. 189
    Dr. Sukma Says:

    Hai Gamma,

    Jangan desperate dulu… Harus tetap optimis dan berpikir positif.

    Sebenarnya saya belum jelas, apakah pacar anda sudah dilakukan operasi atau belum. Kanker ganas tiroid dapat diobati yaitu dengan operasi lalu dilanjutkan dengan minum obat Thyrax.

    Bila belum dioperasi mengangkat tumornya, sebaiknya SEGERA lakukan pengangkatan tumor.
    Jangan tunggu satu tahun lagi.. Hanya buang2 waktu dan peluang untuk sembuh..

  13. 188
    Dr. Sukma Says:

    halo Ari,

    Dengan hasil lab yang nyaris normal,anda tidak usah cemas. Palingan juga infeksi yang bisa diobati dengan obat antibiotika. Kunjungi dokter penyakit dalam.

    Bila memang ukurannya lebih dari 1 cm, biasanya dilakukan FNAB dulu, agar tahu diagnosis pastinya. Penyakit jangan dipelihara.

    Prinsip mengobati penyakit dalam ilmu kedokteran adalah ‘the sooner,the better’. Semuanya menjadi lebih baik mencakup : penyembuhan, beaya, lama perawatan, sehingga ujung2nya dapat menekan cost, namun hasil maximal…

  14. 187
    Gamma Says:

    dear dok,

    apakah penyakit ini kemungkinan sembuhnya besar tidak.
    karna saat ini pacar saya menderita sakit tersebut dan dokter berkata bila dalam 1 tahun tidak ada perubahan mereka menyerah. masih banyak yang harus kami lakukan dok.
    mohon infonya.

    trims,
    Gamma

  15. 186
    ari Says:

    Dok,
    Di leher saya bagian tengah depan ada benjolan kecil.. kalau menelan benjolan ini ikut bergerak..
    Sudah dicek T3, T4 dan TSH.. Hasilnya T4 dan TSH normal (saya lupa angk tepatnya.. T3 0,72 (di bawah range normalnya).. Lalu apa artinya ini dok? Apa yang harus saya lakukan selanjutnya.. Terimakasih sebelumnya..

  16. 185
    Fani febriani Says:

    Terima kasih atas penjelasanya dok.saya boleh bertanya lg kan dok.apakah tbc kelenjar bisa dsembuhkan?tbc kelenjar itu kan adalah benjolan yg tdk trasa sakit yg berisi nanah,apakah dengan kita minum obat TB maka nanah itu tdk akan menjalar ke tubuh yg lain?
    Mohon djelaskan yg dok.
    Klo boleh tau dokter dinas drumah sakit mana ya?

  17. 184
    Dr. Sukma Says:

    Hai Kris,

    Bila benar ibunda menderita hipotiroidi, obat biasanya menolong dan tidak perlu operasi. Obat irtu adalah Thyrax. Kunjungi dokter penyakit dalam subdivisi Enddokrinologi.

  18. 183
    kris Says:

    dok, saya ingin tanya, ibu saya menderita gondok (hipotiroid),ada benjolan di sebeah kanan leher, yg apabila sedang stress, lelah, atau emosi terasa membesar, apakah ada cara penyembuhan tanpa operasi? soalnya saya dengar2 operasi bersiko hilangnya/berubahnya suara?

    makanan/minuman apa aja yg menjadi pantangannya??? selama ini yg saya ketahui dari hasil browsing internet, yg menjadi pantangan adalah kacang2an, bayam, strawberry, apakah ada yg lain??? dan makanan apa aja yg baik buat penderita gondok?

  19. 182
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anonymous # 180,

    Dari apa yang anda tulis, kesimpulan saya anda menderita tumor jinak tiroid. Karena itu terapi satu2nya adalah operasi pengangkatan tumor. Soal beaya operasi, sebaiknya anda tanya langsung ke dokter bedah.

    Penyebab pembesaran kelenjar tiroid banyak, a.l : kekurangan jodium yang paling populer (mungkin ini yang anda maksud dengan tulisan bahwa anda senang makanan asin/garam berjodium?)

    Ada juga karena radang, gangguan imunitas dan banyaknya produksi koloid yang mengakibatkan terjadi tumor jinak/ adenomatous goiter seperti yang saya duga pada kasus anda.

  20. 181
    Dr. Sukma Says:

    Hai Meli,

    Langsung aja dijawab, ya.
    1. Tergantung lokasi benjolan kelenjar getah bening (KGB). Bila dileher dapat menimbulkan leher kaku, sulit menoleh, dst.
    2. Tekanan darah biasanya tidak terganggu. Akan tetapi pada kasus lokasi benjolan tepat menghalangi aliran darah pembuluh darah besar, tekanan darah bisa naik turun.
    3. Tekanan darah normal pada remaja usia 13 tahun 120/80, sama dengan orang dewasa.
    4. Tidak ada pantangan makan. Sebaliknya harus makan makanan bergizi, tinggi kalori dan tinggi protein seperti : daging, susu, telur, buah dan sayur. Semuanya itu akan meningkatkan daya tahan tubuh dan daya penyembuhan penyakit.

  21. 180
    Anonymous Says:

    Dear Dr. Sukma

    Saya memiliki benjolan dileher saya, tepat didepan tenggorokan tp sdkit ke kiri,

    usia saya 19 thn, awalnya saya merasakan benjolan ini saat usia 15 thn, tp saya blm bilang kpd org tua saya.

    benjolan awal memang kecil, tp skrg membesar sprti buah kelengkeng. Saya tdk merasakan sakit sdkt pun, tp saat menelan mknan, saya merasa sdkt terhalang.

    Bila itu trmsuk pnykit yg dokter jelaskan, ada kah pertolongan pertamanya?
    Saya ragu bila saya mengidap penyakit ini sebab saya menyukai mkanan yg asin.

    Faktor yg menyebabkan munculnya penyakit ini, apa dok?

    Saya perokok,
    apakah ada faktor dari rokok?

    Bila harus operasi,
    berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan dok?

    Trim’s

  22. 179
    Meli Says:

    dok, adik saya umur 13 tahun, BB 47 kg, tingginy 169 cm, tinggi tapi kurus, ada benjol di leherny, kt dokter sp. pnykit dlm, kena TBC kelenjar. Sdah mnum obat +/- 3 bln. saya mau tanya beberapa pertanyaan,
    1. kalau kena TBC kelenjar, bagian leher bisa kaku y?
    2. tensi darahnya ga stabil y? soalnya sempat sampai 150 terus turun lagi 125 terus naik lagi 132.
    4. seumuran dia tensi darah yg normal brp?
    5. kena penyakit ini perlu pantang makan sesuatu? atau mungkin perlu makan sesuatu u/ percepat kesembuhannya?

    terima kasih atas perhatiannya, mhon dijawab.

  23. 178
    Dr. Sukma Says:

    Halo Eva,

    Neoplasma tiroid atau TUMOR tiroid, baik yang jinak maupun ganas umumnya kadar serologis T3,T4 dan TSH NORMAL.

    Namun pada pembengkakan kelenjar tiroid akibat deficiency atau kekurangan zat jodium barulah titer hormon tiroid lebih tinggi dari normal. Sedangkan pada hipotriroid, T3, T4 dan TSH rendah, dibawah normal.

  24. 177
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ocha,

    Sebaiknya anda terus terang ke dokter yang memberikan terapi tiroid itu. Bahwa anda sekarang sedang hamil. Agar dicarikan obat yang AMAN bagi penderita hamil.

    Yang ANEH adalah pertanyaan anda tentang haid. Padahal kalau BETUL anda hamil, seharusnya anda TIDAK lagi haid sampai nanti bayi dilahirkan. Bahkan bila nanti anda menyusui bayi anda, anda TIDAK akan mendapat haid SELAMA masih menyusui.

  25. 176
    Eva Says:

    Dokter,saya kan abis operasi krn ada pembengkakan pada lobus kanan.sebelum operasi T3,T4 & TSH saya dinyatakan normal tapi tetap harus diangkat.Operasi berjalan lancar tapi hasil (daging yg dikeluarkan)dicek lab dan dokter menyatakan itu adalah tumor ganas (Papillary carcinoma,follicular variant (pT2 pNx pMx)).Apakah keadaan sprt itu ternyata bisa tumor ganas?saya masi ga percaya rasanya dan apakah utk yg lobus kiri akan bisa ada pembengkakan lagi?dan apakah tumor ganas dileher itu bisa mengakibatkan penyebaran keseluruh tubuh?mohon penjelasannya Dok,,terimakasih.

Pages: « 24 … 11 10 9 [8] 7 6 5 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe