En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

POLKAStroke merupakan pembunuh ketiga setelah penyakit jantung dan kanker. Dan hipertensi adalah pembunuh diam-diam (silent killer). Pada usia  40 tahun keatas, sebaiknya kita mulai berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang menjadi asupan nutrisi kita sehari-hari. Kebanyakan dari kita, karena tidak atau belum merasakan adanya keluhan, merasa dirinya sehat wal’afiat sehingga bebas mengkonsumsi apapun yang diinginkan.

Padahal apa yang diduga sehat, kemungkinan sudah terjadi gangguan organ dalam, namun belum dirasakan. Seperti tekanan darah yang normalnya adalah 120/80. Berapapun usia anda, tekanan darah yang normal yaitu 120/80 titik. Jadi tidak ada kompromi, dimana dulu katanya kalau kita berumur 50 tahun keatas bila tekanan darah kita 140/90 itu dianggap normal. Padahal hal itu sama sekali tidak benar alias salah total.  Lantas apa yang harus dilakukan ?

Cara hidup yang benar dan sehat adalah, apabila usia sudah mencapai 40 tahun keatas, sebaiknya secara periodik dilakukan check kesehatan, misalnya setiap 3 bulan sekali. Kunjungi dokter penyakit dalam, akan dilakukan pengecekan tanda vital sepertti : suhu badan, tekanan darah, berat badan, tinggi badan. Dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik untuk mengetahui keadaan organ dalam tubuh meliputi : jantung, paru, hati, limpa, ginjal  pencernaan termasuk lambung, usus kecil dan usus besar.

Demikian juga dilakukan terhadap kulit, mata, telinga dan hidung secara umum. Apabila pada inspeksi umum ini ditemukan hal-hal mencurigakan, barulah nanti akan dirujuk ke dokter spesialis lain sesuai bidangnya masing-masing.

Jadi dari check-up medis itu akan dapat diketahui apakah ada yang tidak beres dari seluruh organ tubuh anda. Seperti bila ditemukan hipertensi atau tekanan darah diatas normal, maka anda akan diberikan obat anti hipertensi dan petunjuk makan, minum dan suasana emosi yang benar untuk menormalkan kembali tekanan darah.

Bila perlu, akan dilakukan pengecekan darah untuk mengetahui Hb, eritrosit, lekosit, trombosit dan hitung jenis sel darah. Juga pengecekan kimiawi darah seperti : elektrolit seperti sodium (Na),  potassium (K), Chloride (Cl), gula darah, asam urat, kholesterol- total, HDL, LDL, triglyceride, dst. 

Bila dianggap perlu dan dicurigai ada yang tidak beres dengan sistem perkemihan akan dilakukan pemeriksaan urine lengkap, bagaimana ginjal anda apakah ada infeksi atau perdarahan yang tidak kasat mata, ada kristal yang akan menjadi batu, dll. Jadi medical check-up sangatlah penting untuk antisipasi kemungkinan adanya penyakit dalam tubuh kita sedini mungkin.

Pada tekanan darah tinggi, pada awalnya penderita tidak akan merasakan apa-apa. Nanti setelah perjalanan penyakit sudah ditengah atau lanjut, barulah mulai dirasakan keluhan-keluhan yang subjektif, artinya keluhan yang bervariasi dari orang satu ke orang lain. Dan seperti kita ketahui hipertensi inilah yang menjadi pencetus terjadinya stroke yang sudah sedemikian luas diketahui masyarakat.

Stroke ada beberapa tahapan mulai dari yang ringan, sedang dan berat. Stroke ringan mungkin berupa rasa kaku pada kulit wajah, atau alis yang tidak simetris antara kanan dan kiri. Bisa juga berupa kesemutan pada kepala dan wajah yang berlangsung lama.

Apabila pada tahap ini tidak jeli baik penderita maupun keluarga terdekatnya, pastilah akan luput dari perhatian. Sehingga sudah dapat dipastikan penyakitnya akan berlanjut ke tahap yang lebih berat. Disinilah pentingnya (golden period) bagi penderita dan keluarga terdekat untuk segera membawa penderita ke fasilitas medis terdekat atau dokter spesialis saraf/ neurologi.

Sehingga kemungkinan yang lebih buruk dapat kita cegah seperti : pecahnya pembuluh darah otak yang akan menimbulkan koma atau kesadaran yang menurun dan sudah pasti berakibat luas terhadap fungsi motorik dan sensorik, tergantung tempat lokasi perdarahannya di jaringan otak.

Hampir semua kita sudah tahu akibat stroke seperti : susah bicara(pelo), muka mencong, tangan dan atau kaki lumpuh, mata berkedip tidak normal, dst. Semua keadaan yang sangat memilukan dan penderitaan sangat berat bagi pasien.

Akibat stroke, bukan saja menyangkut fisik penderita, akan tetapi sangat besar menyangkut segi finansial. Karena mau tidak mau, bagi penderita yang berhasil lolos dari cengkeraman maut, biasanya akan memerlukan perawatan rehabilitasi dalam jangka panjang yang akan  menguras seluruh isi kocek penderita dan keluarganya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, demikian kalimat bijak yang sering kita dengar. Jadi sebaiknya bila kita berusia 40 tahun keatas, sebaiknya mulai saat ini juga jauhi makanan asin/berkadar garam tinggi, makanan manis/berkadar gula tinggi dan makan gorengan yang berkadar kholesterol tinggi.

Hindari melahap bagian kuning telur. Bila makan telur, sebaiknya bagian putih telur saja yang dikonsumsi. Karena pada kuning telur mengandung kholesterol tinggi, meskipun juga berkadar  vitamin A tinggi. Sebaiknya kuning telur diberikan kepada anak-anak yang sedang tumbuh, sampai dengan usia 21 tahun.

Terbaik pada penderita hipertensi mengkonsumsi buah dengan kadar air tinggi dan efek mendinginkan, seperti : mentimun, semangka, melon, belimbing, bisa juga pisang dan pepaya. Hindari minum kopi dan alkohol yang akan meningkatkan tekanan darah.

Konsumsilah  juice daun seledri atau celery yang sangat baik khasiatnya untuk menurunkan dan menormalkan tekanan darah yang tinggi.

And last but not least, hiduplah dalam lingkungan yang tenang, banyak mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan dan membuat suasana hati tenang dan bahagia. Jauhi konflik dan ketegangan, upayakan kondisi dan atmosfir dalam keluarga  harmonis, serta beristirahatlah  yang cukup, yaitu tidur tidak kurang dari 8 jam sehari..

Popularity: 18%

Posted Sunday, November 30th, 2008 at 2:11 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

207 Responses to “Bagaimana mencegah jangan sampai ‘kecolongan’ stroke ringan sampai berat ?”

Pages: « 9 … 7 6 5 4 3 2 [1] Show All

  1. 25
    Dr. Sukma Says:

    Halo kolega Dondy,

    Saya senang dan mendukung anda mengambil spesialisasi bedah mulut. Dengan demikian makin banyak akhli dibidang itu sehingga pelayanan kepada masyarakat luas yang memerlukan, menjadi lebih lancar dan baik.

    Dengan demikian anda dan pathologists dapat bekerja lebih erat dan intens, untuk membuka kasus2 menarik dan sulit dibidang bedah mulut. Selamat dan may GBU always..

  2. 24
    Dr. Sukma Says:

    Hai Novi,

    Maaf pertanyaan anda di skip. Karena terburu-buru cukup sering pertanyaan terlewatkan. Sorry about that.

    Rasa panas di telinga tengah kemugkinan karena anda kurang istirahat atau metabolisme yang diatas normal.

    Cobalah istirahat cukup, tidur malam tidak kurang dari 8 jam. Dan lakukan latihan nafas panjang atau Yoga.

    Dengan pikiran yang tenang dan kondisi sekitar yang hening, Insya Allah keluhan anda akan semakin berkurang dan akhirnya hilang sama sekali.

  3. 23
    drgdondy Says:

    salam sejawat bu, saya berencana masuk spesialis oral medicine / dokter gigi spesialis penyakit mulut , mohon petunjuk dan arahannya bila nanti saya menemukan sesuatu yang pelu didiskusikan dengan ibu di bidang spesialisasi ibu tentunya..terima kasih sebelumnya..salam hormat dari saya bu.

  4. 22
    Novi Says:

    Siang Dok,

    Sudah satu bulan lebih saya merasakan panas di dalam telinga kanan dan kiri, awalnya cuma satu dua kali dalam sehari, tapi sekarang terasa hampir setiap jam, paling sering di telinga kanan. Tidak ada dengungan atau tingling yg saya rasakan, hanya rasa panas saja di dalam lubang telinga.

    Saya sudah periksa ke dokter THT, hasilnya kondisi dalam telinga normal, dokter THT menganjurkan agar saya ke dokter syaraf bila keluhannya masih ada. Kira2 kenapa ya Dok, karena rasa panas itu mulai mengganggu, walaupun pendengaran saya masih normal2 saja.
    Terimakasih banyak Dok.

    Novi

  5. 21
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ferry,

    Satu hal yang mungkin terlupakan,kemungkinan terdapat kelainan kadar elektrolit didalam darah anda. Magnesium, dst. Jadi ada baiknya dilakukan general check up. Semoga berhasil.

  6. 20
    Ferry Says:

    Dokter, terima kasih sarannya.
    Riwayat saya semasa masig SD kelas 5 pernah TENGENG kepala miring ke kanan, waktu itu terasa amat sakit di bag leher dan dokter mendiagnosa AMANDEL.

    Pada tahun 1996 umur 26, saya mengalami kebisaan jika tidur malam GIGI menggertak2, partner tidur ( teman ) mengatakan seperti makan tulang…Nah, pd tahun yg sama punggung atau dlm bhs jawa ENTONG2 terasa pegal. berbagai vitamin sdh saya coba.Dan pegal2 itu sekarang pindah ke leher.

  7. 19
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ferry,

    Kasus anda termasuk kasus SULIT dan JARANG ditemukan. Jadi ada baiknya anda medical check-up ke institusi pelayanan medis yang besar, seperti RSCM. Apabila sudah pernah check-up disana, mungkin anda perlu check-up ke Singapore General Hospital.

    Jangan menyia-nyiakan waktu, agar keluhan anda bisa diketahui secara pasti dan diterapi dengan tepat.

    ‘The sooner, the better’. Tapi ini bukan kampanye pak JK.

  8. 18
    Ferry Says:

    Dokter, 3 minggu terakhir ini saya merasakan jika berbicara dgn teman atau orang lain kaku/kencang2 pd leher/bahu atas semakin tdk nyaman, terasa mau pingsan disertai dgn JANTUNG berdebar2. Nah, pd saat itu saya menghentikan pembicaraan. Apakah kasus saya ada hubungan dgn JANTUNG ? Saya khawatir terjadi serangan jantung ringan/stroke. Pemeriksaan medis apa yg harus saya lakukan (Ct Scan,MRI,Medical Chek Up)? atau leher kaku ada hubungan nya dgn JANTUNG ? Karena obat2 dari doker Neurologi tdk memberikan hasil yg signifikan sejak 2007 sampai 2009. bersambung…

  9. 17
    Ferry Says:

    Dokter, terma kasih atas jawabannya. Berikut data MEDICAL RECORD yg pernah saya periksa ke dokter Neurologi beberapa obat yg di resepkan : HEDIX,LAMECON,AMITRIPTYLINE,MYNEP,MYNAL,COFFEIN,NEURAMINdan obat racikan berisi EPRINOC,AMITRIPTYLINE,NEPATIC dan OPINEURON (bila perlu) Data diatas dari tahun 2007 dan terakhir saya perikasa 29 mei 2009 di beri resep lagi obat racikan berisi EPRINOC,AMITRIPTYLINE,NEPATIC dan OPINEURON. Obat tsb seperti yg diresepkan pd tanggal 16 Feb 2008 dokter yg sama Neurologi. Yg jd pertanyaan saya, kenapa keluhan pd leher tidak tuntas sembuh. bersambung…

  10. 16
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ferry,

    Pendapat saya anda mengalami kaku otot/myalgia. Jadi cobalah minum obat SKELAN, yaitu obat relaksasi otot. Semoga berhasil..

  11. 15
    Ferry Says:

    Dokter, saya laki usia 38 thn. Saya mengalami gangguan pd leher/ bahu bagian atas sudah cukup lama. Pd saat terasa pegal dan kaku saya pijat sendiri pakai tangan, nah, saat dipijat disertai dengan mulut menguap kadang menghela napas entah pagi,siang sore atau malam. Pernah saya periksa ke dokter Neurologi/saraf diberi diasepam, mynap, tp tdk ada perubahan yg signifikan. Saya ada kecenderungan tensi rendah 100/70. Bahkan saya merasakan ada peningkatan, saat kumpul ngobrol dng teman dan bercanda yg geli, saya tertawa terasa leher kaku tdk nyaman seperti mau pingsan. Apa yg harus sy perbuat dokter ? bersambung…

  12. 14
    kiki Says:

    dok….menu sayur apa yang cocok untuk stroke???

  13. 13
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rien,

    Sebaiknya dicheck tekanan darah anda. Biasanya hipertensi gejalanya seperti yang anda tulis. Leher terasa kaku dan mengganggu penglihatan (diplopia).

  14. 12
    Rien Says:

    Dok, kalo leher kaku trus kemudian pandangan mata kabur (kalo liat org spt ada bayangan/jadi dua orang), apakah itu tanda stroke ringan juga?

  15. 11
    Kus Says:

    Denny, artikel yang bagus sekali.Saya tunggu artikel-artikel bermutu lainnya.

    Namaskar.

    Kus.

  16. 10
    drgDONDY Says:

    ibu sukma, saya mampir lage untuk baca2…pasien sedang sepi nih bu..jadi ada kesempatan kunjung ke blog ibu lagi…terus update blognya yah bu..saya pengikut setia…….

  17. 9
    R. VERONICA Says:

    PENANGANAN STROKE:

    1. tempel KINO TAKARA di telapak kaki saat tidur.. selama 8jam akan menyerap racun.. dan ketika bangun pagi hari koyo itu brubah jd hitam krn racun n toksin yg kluar…untuk CLEANSING

    2. minum 2-4 butir OMEGASQUA.. kombinasi r omga dr minyak ikan salmon norwegia dan squalene dr minyak hati ikan hiu putih..utk suplemen otak n jantung..BALANCING

    3. minum 1-2sdm LIQUID CHLOROPHILL 3x sehari sebelum makan. UNTUK ACTIVATING..

    kasus trakir yg kami tangani 1bulan yll penderita stroke stgh bdn selama 3 minggu perawatan sembuh.. Puji Tuhan..

  18. 8
    R. VERONICA Says:

    STROKE RINGAN – BERAT…KINO TAKARA AJA…!

    K-LINK KINO adalah koyo yang berfungsi untuk menyerap racun dalam tubuh yang beredar bersama aliran darah. K-LINK KINO merupakan suatu inovasi yang mengagumkan dalam metode penyembuhan Fisioterapi praktis, yang menggabungkan aneka ramuan berkhasiat dengan penerapan titik-titik akupuntur dibagian telapak kaki. K-LINK KINO dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan secara tuntas dan efektif tanpa efek samping.

    KOMPOSISI:

    Cuka kayu (resin).

    Pohon Sakura, pohon Oak, berkhasiat untuk menyerap racun dari peredaran darah (detoksifikasi) dan berfungsi bakterisida serta memulihkan kesehatan organ tubuh.

    Chitosan (diekstrak dari kulit kerang yang hidup di kepuluan Hokaido).
    Berkhasiat untuk menciptakan kelembaban dan kehangatan kulit membantu membuka pori-pori kulit, membantu regenerasi sel dan meningkatkan sistem imun.

    Tourmalin Powder, Stone Powder, Pearl Powder.
    Berfungsi sinergis sebagai absorben (penyerap toksin), yang dalam produksinya melalui proses penyinaran infra merah.

    Dextrin
    Berfungsi menyatukan dan menstabilkan komponen-komponen lainnya, sehingga meningkatkan khasiat secara optimal.

    MANFAAT K-LINK KINO:

    Melancarkan peredaran darah.

    Mengurangi/menghilangkan rasa sakit dan nyeri.

    Mengaktifkan meridian refleksi (titik-titik akupuntur).

    Memperbaiki metabolisme tubuh.

    Meningkatkan dan memperbaiki regenerasi sel-sel tubuh.

    Menetralkan dan membuang atau menyerap zat-zat racun dalam tubuh melalui pori-pori kulit dan titik-titik akupuntur.

    Mengaktifkan sel-sel (revitalisasi) dan meningkatkan daya tahan tubuh.

    Meredam menyebar luasnya infeksi pada lokasi abses.

    Membantu memperbaiki kualitas tidur.

  19. 7
    Dr. Sukma Says:

    Halo Masumari,

    Bila sudah ada hipertensi, meskipun ringan, sebaiknya JANGAN minum viagra karena akan memperberat hipertensi dan denyut jantung menjadi sangat cepat. Saran saya STOP kebiasaan itu.

    Alamiah saja, tidak perlu harus memperlihatkan keperkasaan ditempat tidur dengan mengabaikan kesehatan bahkan mempertaruhkan nyawa.

    Istri anda pasti akan bisa menerima, jika anda jelaskan dengan baik-baik BAHAYA viagra pada penderita hipertensi yang bahkan sudah pernah terkena stroke ringan seperti anda.

  20. 6
    Masumari Says:

    dr. Sukma yang baik hati. Saya ingan bertanya. saya baru saja dirawat di RS, karena stroke ringan. Akibat hypertensi, asam urat, kolesterol. Setiap kali berhubungan intim dengan istri saya selalu minum pil biru (Viagra China). Apakah masih boleh. Terima kasih atas komennya.

  21. 5
    Dr. Sukma Says:

    Halo kolega Dondy,

    Makasih sudah berkunjung dan salam kenal juga. Sudah tentu boleh saja blog saya dijadikan link untuk blog anda. Saya akan berkunjung ke blog anda sometimes later..

  22. 4
    drgdondy Says:

    oo iya bu…permisi..blog ibu saya jadikan link di blog saya, kunjungi blog saya yah bu kalau ada waktu. matur nuwun kamsiyah terimah kasih thanks u very much.

  23. 3
    drgdondy Says:

    slmt pagi ibu, bagus blognya tentang medical dan pemikiran2 ibu…..salam kenal dari saya dentist di lumajang jawa timur.

  24. 2
    griyakami Says:

    Dr. Sukma…
    sy titip informasi yah.. kalo ada yang mau sewa alat-alat kesehatan kaya tempat tidur rumah sakit,oksigen,kursi roda dll dapat melihat blog kami

    http://www.griyakami.wordpress.com

    terimaksih banyak ya

  25. 1
    johnny Says:

    5uXRfN Thanks for good post

Pages: « 9 … 7 6 5 4 3 2 [1] Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe