POLKAStroke merupakan pembunuh ketiga setelah penyakit jantung dan kanker. Dan hipertensi adalah pembunuh diam-diam (silent killer). Pada usia  40 tahun keatas, sebaiknya kita mulai berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang menjadi asupan nutrisi kita sehari-hari. Kebanyakan dari kita, karena tidak atau belum merasakan adanya keluhan, merasa dirinya sehat wal’afiat sehingga bebas mengkonsumsi apapun yang diinginkan.

Padahal apa yang diduga sehat, kemungkinan sudah terjadi gangguan organ dalam, namun belum dirasakan. Seperti tekanan darah yang normalnya adalah 120/80. Berapapun usia anda, tekanan darah yang normal yaitu 120/80 titik. Jadi tidak ada kompromi, dimana dulu katanya kalau kita berumur 50 tahun keatas bila tekanan darah kita 140/90 itu dianggap normal. Padahal hal itu sama sekali tidak benar alias salah total.  Lantas apa yang harus dilakukan ?

Cara hidup yang benar dan sehat adalah, apabila usia sudah mencapai 40 tahun keatas, sebaiknya secara periodik dilakukan check kesehatan, misalnya setiap 3 bulan sekali. Kunjungi dokter penyakit dalam, akan dilakukan pengecekan tanda vital sepertti : suhu badan, tekanan darah, berat badan, tinggi badan. Dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik untuk mengetahui keadaan organ dalam tubuh meliputi : jantung, paru, hati, limpa, ginjal  pencernaan termasuk lambung, usus kecil dan usus besar.

Demikian juga dilakukan terhadap kulit, mata, telinga dan hidung secara umum. Apabila pada inspeksi umum ini ditemukan hal-hal mencurigakan, barulah nanti akan dirujuk ke dokter spesialis lain sesuai bidangnya masing-masing.

Jadi dari check-up medis itu akan dapat diketahui apakah ada yang tidak beres dari seluruh organ tubuh anda. Seperti bila ditemukan hipertensi atau tekanan darah diatas normal, maka anda akan diberikan obat anti hipertensi dan petunjuk makan, minum dan suasana emosi yang benar untuk menormalkan kembali tekanan darah.

Bila perlu, akan dilakukan pengecekan darah untuk mengetahui Hb, eritrosit, lekosit, trombosit dan hitung jenis sel darah. Juga pengecekan kimiawi darah seperti : elektrolit seperti sodium (Na),  potassium (K), Chloride (Cl), gula darah, asam urat, kholesterol- total, HDL, LDL, triglyceride, dst. 

Bila dianggap perlu dan dicurigai ada yang tidak beres dengan sistem perkemihan akan dilakukan pemeriksaan urine lengkap, bagaimana ginjal anda apakah ada infeksi atau perdarahan yang tidak kasat mata, ada kristal yang akan menjadi batu, dll. Jadi medical check-up sangatlah penting untuk antisipasi kemungkinan adanya penyakit dalam tubuh kita sedini mungkin.

Pada tekanan darah tinggi, pada awalnya penderita tidak akan merasakan apa-apa. Nanti setelah perjalanan penyakit sudah ditengah atau lanjut, barulah mulai dirasakan keluhan-keluhan yang subjektif, artinya keluhan yang bervariasi dari orang satu ke orang lain. Dan seperti kita ketahui hipertensi inilah yang menjadi pencetus terjadinya stroke yang sudah sedemikian luas diketahui masyarakat.

Stroke ada beberapa tahapan mulai dari yang ringan, sedang dan berat. Stroke ringan mungkin berupa rasa kaku pada kulit wajah, atau alis yang tidak simetris antara kanan dan kiri. Bisa juga berupa kesemutan pada kepala dan wajah yang berlangsung lama.

Apabila pada tahap ini tidak jeli baik penderita maupun keluarga terdekatnya, pastilah akan luput dari perhatian. Sehingga sudah dapat dipastikan penyakitnya akan berlanjut ke tahap yang lebih berat. Disinilah pentingnya (golden period) bagi penderita dan keluarga terdekat untuk segera membawa penderita ke fasilitas medis terdekat atau dokter spesialis saraf/ neurologi.

Sehingga kemungkinan yang lebih buruk dapat kita cegah seperti : pecahnya pembuluh darah otak yang akan menimbulkan koma atau kesadaran yang menurun dan sudah pasti berakibat luas terhadap fungsi motorik dan sensorik, tergantung tempat lokasi perdarahannya di jaringan otak.

Hampir semua kita sudah tahu akibat stroke seperti : susah bicara(pelo), muka mencong, tangan dan atau kaki lumpuh, mata berkedip tidak normal, dst. Semua keadaan yang sangat memilukan dan penderitaan sangat berat bagi pasien.

Akibat stroke, bukan saja menyangkut fisik penderita, akan tetapi sangat besar menyangkut segi finansial. Karena mau tidak mau, bagi penderita yang berhasil lolos dari cengkeraman maut, biasanya akan memerlukan perawatan rehabilitasi dalam jangka panjang yang akan  menguras seluruh isi kocek penderita dan keluarganya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, demikian kalimat bijak yang sering kita dengar. Jadi sebaiknya bila kita berusia 40 tahun keatas, sebaiknya mulai saat ini juga jauhi makanan asin/berkadar garam tinggi, makanan manis/berkadar gula tinggi dan makan gorengan yang berkadar kholesterol tinggi.

Hindari melahap bagian kuning telur. Bila makan telur, sebaiknya bagian putih telur saja yang dikonsumsi. Karena pada kuning telur mengandung kholesterol tinggi, meskipun juga berkadar  vitamin A tinggi. Sebaiknya kuning telur diberikan kepada anak-anak yang sedang tumbuh, sampai dengan usia 21 tahun.

Terbaik pada penderita hipertensi mengkonsumsi buah dengan kadar air tinggi dan efek mendinginkan, seperti : mentimun, semangka, melon, belimbing, bisa juga pisang dan pepaya. Hindari minum kopi dan alkohol yang akan meningkatkan tekanan darah.

Konsumsilah  juice daun seledri atau celery yang sangat baik khasiatnya untuk menurunkan dan menormalkan tekanan darah yang tinggi.

And last but not least, hiduplah dalam lingkungan yang tenang, banyak mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan dan membuat suasana hati tenang dan bahagia. Jauhi konflik dan ketegangan, upayakan kondisi dan atmosfir dalam keluarga  harmonis, serta beristirahatlah  yang cukup, yaitu tidur tidak kurang dari 8 jam sehari..

Popularity: 18%

Posted Sunday, November 30th, 2008 at 2:11 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

207 Responses to “Bagaimana mencegah jangan sampai ‘kecolongan’ stroke ringan sampai berat ?”

Pages: « 9 … 7 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

  1. 50
    syamsuddin Says:

    Selamat tahun baru Dok?.saya umur 47 th mengalami gangguan penglihatan karena kelopak mata turun dan berat kalo diangkat terutama disaat sinar terang. pertanyaan kami, apakah ini termasuk stoke wajah dok??kemudian bgmana obatnya. Saya tlh berobat kemana2 belum ada hasilnya. saya kolesterol total 300, TG 400 Gula darah normal aam urat agak tinggi, tensi normal..Mohon petunjuknya dok..sebelumnya terima kasih

  2. 49
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anna Karolina,

    Baiknya anda check laboratorium : total kholesterol, LDL, HDL, Trigelyceride dan gula darah sewaktu serta asam urat. Tensi anda termasuk normal.

    Nanti bila ada hasil lab yang diluar range normal, sebaiknya anda bawa hasil lab ke dokter penyakit dalam.
    Agar dinilai dan diperiksa apa-apa yang perlu, OK.

  3. 48
    anna karolina Says:

    muka saya miring,,,

    dok saya mau tanya..kemarin malam tiba2 mulut saya menyong danmata saya mengecil..saya cek tensi darah saya normal 110/ 80 .. memang selama 3 hari saya mengkomsumsi udang tp cuma dikit.. dan karena tahun baaruan saya makan daging tapi porsi biasa… memang sebelumnya kepala saya sering pusing…dan kaki saya sering nyeri..apa saya kena store ringan> umur saya 30 tahun dan tudak ada penyakit akut..to;ong di bantu..apa yg harus saya lakukan agar bisa sembuh kembali…dan makanan apa yg hrs saya komsumsi agar bisa kembali normal..terima kasih

  4. 47
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dani,

    Dengan test Mantoux yang positif 20 mm, praktis anda harus minum obat anti TBC (OAT) dalam jangka waktu MINIMAL 6 (enam) bulan.

    OAT bersifat hepato-toxic, artinya mengganggu organ hati/liver. Namun sayang tidak ada OAT yang tidak mempengaruhi fungsi hati. Sebaiknya hubungi dokter yang meresepkan OAT untuk anda. Mungkin ada alternatif lain.

    Solusi alternatif lain, anda harus terus minum OAT dengan rutin dan teratur, tidak boleh bolong-bolong. Plus lakukan test fungsi hati setiap 2 bulan sekali.

    Agar dapat diketahui seberapa terganggunya organ hati anda dan ada alarm kapan OAT harus segera dihentikan..

    Karena ibarat buah simalakama, tidak minum OAT proses TBC akan meluas kemana-mana diseluruh tubuh.. Dan bila minum OAT hati agak terganggu. Berdo’alah agar segala sesuatunya under control, OK.

  5. 46
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ekawati,

    Penilaian saya ayahanda terkena stroke ringan-sedang. Jadi sebaiknya dirawat di RS dulu, sampai kondisinya stabil dan membaik menjadi tingkat stroke ringan.

    Susah bila dirawat dirumah. Jadi pada saat dirawat anda dan keluarga dekat yang lain hendaknya MEMPERHATIKAN perawatan yang dilakukan oleh zuster : memandikan, memberi makan dan obat-obatan. Perhatikan dengan seksama jenis makanan yang diberikan serta bentuknya apakah bubur, atau juice, dst.

    Makanan pada penderita stroke diatur oleh nutritionist dipilih jenis makanan, jumlah kalori dll. Jadi susah dituliskan disini. Karena disesuaikan dengan BB dan kondisi lab lainnya seperti : gula, kholesterol, dst.

  6. 45
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ida,

    Boleh dibilang begitu. Suami anda terkena stroke ringan.

    Mengingat usia suami anda masih 4o tahun dengan tensi 180/120. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga tekanan darah agar tetap stabil di angka 120/80.

    Jadi rajinlah kontrol ke dokter, atau beli alat pengukur tekanan darah digital di apotik besar, Guardian misalnya. Bila tensinya diatas angka 120/80 segeralah ke dokter penyakit dalam agar diresepkan obat. Kalau perlu obat penurun tekanan darah yang RUTIN diminum agar tekanan darah selalu stabil 120/80.

    HINDARI makanan berkholesterol tinggi : udang, lemak, kuning-telur, daging merah, susu berlemak, keju dan dll. Perbanyak makan buah kecuali duren. Makanlah banyak sayur bila terasa lapar.

    Hindari rokok, minum kopi, alkohol.

    Kontrol teratur ke dokter mata agar dicheck fungsi penglihatan suami anda.

    Untuk jangka waktu agak lama, mungkin 6(enam) bulan, sebaiknya jangan nyetir mobil atau naik sepeda motor untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  7. 44
    dani Says:

    met tahun baru dok,mau tanya lagi dok mengenai hasil tes mantoux positif 20mm ,menurut dokter dari hasil tsb berapa lama saya harus menjalani terapi pengobatan anti TB.Apakah cukup 1 atau 2 bulan saja karena sejak minum obat anti TB,perut kanan atas jadi sering sakit mengingat 6 bln lalu saya terkena hepatitis A.sebelumnya saya ucapkan banyak trima kasih moga bu dokter diberikan kesehatan slalu

  8. 43
    ekawati Says:

    Malam dok,sy menjelaskan dulu kejadiannya.pagi itu bpk mengeluh sakit dada dan sesak nafas,hsl cek dr.katanya jantung n di beri obat.esok paginya bp menggeram sesak nafas sempat tdk bernafas 30 detik.kemudian sadar lg dan op name,saat op name sy menyaksikan dia keringat dingin dan gelisah dan sesak nafas lalu sy beri minum,bisa minum tp langsung tdk bisa menelan,sy buka paksa mulutnya dan keluar air itu disertai busa dan tangan dua2nya kaku perlahan menempel pd dada tapi sy paksa tegap dan sy elus2,dokter memberikan brain act dan bp normal lg sampai sekarang hanya sj tdk disa jalan dan duduk selalu jatuh kekiri.motorik kasarnya baik,respon rasa sakit kalau sy cubit baik.apa kah tdk bisa jalan ini masuk katagori struk ringan.apakah bisa sembuhkan agar tdk parah,makanan apa sj yg baik dan buruk,efeksamping obat pengencer darah mengakibatkan iritasi lambung shg bp mengeluh perutnya panas,apa hrs sy minta ganti obat,atau ada penangkal agar tdk iritasi lambung?trimakasih

  9. 42
    Ida Says:

    Halo Dokter,
    Suami saya penderita hipertensi dan kolesterol tinggi. Ada riwayat hipertensi dan kolesterol tinggi pada orangtuanya.
    Dua minggu yl mata kiri suami tiba2 terasa sangat pedih sampai ia kesakitan, kaki kanan terasa kaku seperti kram dan kesemutan. Karena waktu itu terjadi pada sabtu malam, suami baru ke dokter spesialis penyakit dalam pada hari senin pagi, Setelah diperiksa Tekanan darahnya 180/120, total kolesterol 242, jantung, asam urat dan gula darah baik.
    Setelah mendapat obat dari dokter, sekarang keadaan membaik, tetapi mata masih belum fokus, belum berani menyetir mobil atau mengendarai sepeda motor.

    Yang akan saya tanyakan, apakah keadaan tersebut disebut stroke ringan? Apakah kondisinya bisa kembali normal.Untuk dokter ketahui, suami saya berumur 40 th 4 bln, bekerja sebagai karyawan swasta/ akuntan yang biasa kerja lembur. Apakah penyakitnya ada hubungannya dengan pekerjaanya.

    Demikian pertayaan saya, terimakasih.

  10. 41
    Irawan Waskitho Says:

    hehe ibu dokter bisa aja… khan ibu yg lebih pakar… :)

    mungkin simple bu.. pada saat baru bangun tidur, pembakaran kalori lebih max.. ( betul ga bu).. dgn streching dan latihan ringan (sit up) bs membantu.. yg penting rutin bu… dan yg terpenting :”Life is GREAT when you are HEALTHY. It is even GREATER when you are FIT”

    mav lho bu sblmnya.. ampun ya bu… :)

  11. 40
    Dr. Sukma Says:

    Hai Irawan Waskito,

    Mengenai berapa lama di fisioterapi, biasanya ada dokter Rehabilitasi Medik (RM) yang menentuklan lama dan selang waktu antara dua latihan.

    Disetiap bagian fisioterapi, umumnya ada dokter RM atau tenaga fisiotherapist yang sudah biasa menangani pasien pasca stroke ringan.

    Masalah asupan gizi, prinsipnya ‘low fat, enough carb and protein’ Plus high vitamins & antioxidant…

    Jenis makanan spesifik yang saya tulis itu SENGAJA dipilih dari golongan ANTI-OXIDANT yang bisa memerangi plak pada dinding pembuluh darah yang membuat dinding kaku sehingga mengganggu sirkulasi darah..

    Berhubung anda seorang personal trainer, kapan-kapan saya yang konsultasi untuk mengurangi lemak dipinggul saya, OK.

  12. 39
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ny.Andy Anto,

    Saya pikir ADA kemungkinan keluhan suami anda akibat konsumsi incidal dalam waktu panjang. Namun ini harus di counter dengan pemeriksaan darah perifir, apakah ada kelainan. Kunjungi dokter penyakit dalam untuk tujuan ini.

    Sebaiknya kalau minum obat jangka panjang atas sepengetahuan dokter, sehingga tidak kebablasan… Jangan beli sendiri, apalagi antibiotika.

    Karena belakangan ini timbul berbagai penyakit BARU akibat obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka panjang TANPA pengawasan dokter.

    Penyakit baru ini serius, mematikan karena berdampak luas pada organ tubuh terutama hati dan ginjal…

  13. 38
    Irawan Waskitho Says:

    mhn mav dok, berapa kali dalam 1 minggu mell fisioterapi dan berapa lama waktunya?? kemudian apakah dengan memberikan asupan putih telur hingga 6 butir?hari, dpt meregenerasi sistem saraf yg rusak ??

    krn sy seorang personal trainer pusat kebugaran, apakah sesuai jika sy terapkan diet low cab high pro?? mhn sarannya dok.. terima kasih..

    (cat: ayah sy tidak pernah merokok, terlebih kopi)

  14. 37
    ny.andy anto Says:

    ibu dokter sy mau bertanya,suami saya 6bln lalu selalu merasa gatal2 krna merasa cm hal biasa suami minum incidal,dan hal ini berlanjut selama 2blnan. setelah gatal2 hilang justru keluhan lain yang timbul,tekanan darah tiba2 drop sampai 90/50. badan rasanya blenk dan seperti tdk bersemangat. sdh kami konsul kan ke dokter syaraf tp menurut dokter kalsium dlm darah suami sangat mudah terurai. setelah 6 bulan berlalu suami sy sekarang merasa badan lebih enak tp gatal2 tadi kembali lagi…kira2 sakitnya apa ya bu? apa ada hbgannya dengan konsumsi incidal yg berlebihan??? terima kasih sebelumnya

  15. 36
    Dr. Sukma Says:

    Hai Irawan Waskito,

    Anda bisa baca posting # 34 dari Rahmah untuk membantu kondisi ayah anda. Apa yang ditulis itu masuk akal dan patut dipercaya.

    Kemudian, untuk menggerakkan tangan kiri, sebaiknya rutin melakukan fisioterapi, agar meski perlahan, namun ada kepastian menuju kearah perbaikan fungsi anggota gerak.

    Diperlukan waktu cukup lama untuk pulih kembali. Dengan kasih-sayang dan perawatan penuh cinta dari setiap anggota keluarga, niscaya akan berhasil..

    Minum dan makan makanan sehat seperti apel, melon sky rockett warna jingga menyala, susu kedele, buah sirsak, sayur broccoli, tomat dan madu.

    HINDARI kopi, daging, lemak, kuning telor dan merokok.
    Semoga berhasil. Amien…

  16. 35
    Irawan Waskitho Says:

    ass.. bu dokter, sy mhn petunjuk dong.. orang tua sy mengalami stroke ringan sejak nov 2008. usia 50 thn.. sudah berobat kmn2. terakhir, terapi di RSCM jakarta. namun kt dokter disana, semua baik2 saja. IQ msh ok, daya ingat tinggi..tetapi kondisinya krg max.. sudah bs jalan sdkt2 pake tongkat, namun tangan kiri sama sekali blm bisa di gerakkan.. solusi max nya apa ya dok??? mhn sarannya bu dokter… terima kasih..

  17. 34
    rahmah Says:

    Selamat Pagi Dok,
    Hanya ingin berbagi info, senang rasanya kalau orang lain juga memperoleh solusi yang efektif dan aman serta terbebas dari masalah kesehatan.
    Setelah membaca banyak artikel mengenai Propolis saya semakin yakin bahwa Insya Allah Propolis bisa membantu penyembuhan segala macam penyakit (luar dalam). Propolis memiliki kandungan yang berfungsi sebagai:
    1. Antibiotika Alami (Anti infeksi, antimicrobial seperti virus, bakteri dan jamur)
    2. Anti Radang
    3. Anti Alergi
    4. Meningkatkan Imunitas / Kekebalan Tubuh
    5. Anti Oksidan (mencegah kanker dan membunuh sel kanker)
    6. Nutrisi (memperbaiki sel tubuh)
    7. Detoksifikasi (Pembuangan racun dari dalam tubuh)

    Telah disebutkan dalam Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69

    “……..Keluarlah dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya penyembuhan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.”

    Informasi mengenai propolis kunjungi obatpropolis.com
    Semoga bermanfaat. InsyaAllah.

    Wslm.Wr.Wb.
    Rahmah

  18. 33
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ira Darmawan,

    Analisa dan feeling saya mengatakan anda TIDAK terkena stroke. Apa yang terjadi adalah sebagian muka anda yaitu sebelah kanan, terkena udara dingin dalam waktu cukup lama secara terus-menerus.

    Akibatnya saraf dibagian itu kedinginan dan mengkerut yang berakibat mencongnya mulut anda ke kanan. Gejala ini disebut ‘Bell’s Palsy’.

    Kelainan ini dapat dipulihkan dengan cara pemanasan sinar infra-red dibagian fisioterapi. Lakukan setiap hari dengan durasi yang diatur oleh dokter fisioterapist atau asisten dibagian itu.

    Pemanasan dilakukan sampai muka kembali normal, mulut tidak mencong lagi. Bersamaan pemanasan, mungkin perlu obat neurotropik semacam neurobion. Kunjungi dokter saraf yang handal..

  19. 32
    ira darmawan Says:

    Siang Dok..sy py hipertensi dan ini br aja krg lbh 6bln yg lalu,sy rajin cek-up dan mm obt tp tensi sy tdk trn tp mlh naik terakhir 160/110 (usia sy 33th)..dan 3hr lalu mulut sy mencong kekanan smpai skrg,sy periksa ke dokter diblg syaraf 5 saya yg kena dan itu bkn t’msk stroke.Yg sy tanyakan apa mksdnya saraf 5 dan apa ini bs lanjut ke stroke? terimakasih atas jawabannya

  20. 31
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eggy,

    Pertanyaan saya apakah anda seorang junky? Narkoba bisa menjadi salah satu penyebab semua keluhan anda.

    Bila tidak, sebaiknya anda temui dokter spesialis saraf. Semua keluhan anda ada hubungannya dengan bagian saraf.

  21. 30
    Eggy Says:

    assalammualaikum Wr.Wb
    saya pria 21 tahun.sudah 3 bulan ini saya mengalami gejala sesak nafas,badan lemas,gampang capek,kepala sering terasa berat & kalau penyakit ini datang kadang2 selalu disetai ling lung,susah berkata2 dan jalan sempoyongan seperti kehilangan keseimbangan dan rahang terasa kaku.

    pertanyaan saya :
    penyakit apa yg saya idap..???
    berbahaya atau tidak…..???

    mohon di jawab karena saya sering merasa cemas dengan penyakit ini.
    atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya.
    wassalammualaikum Wr.Wb

  22. 29
    Dr. Sukma Says:

    Halo Maya Damayanti,

    Karena usia anda sudah 36 tahun, sebaiknya MULAI dikurangi jumlah kali minum kopi creamer itu menjadi hanya satu kali saja dipagi hari.Bagaimanapun,kandungan cafein didalamnya akan memacu kerja jantung, lambung dan organ lain menjadi lebih cepat dari normal.

    Apalagi bila kurang bergerak alias pekerjaan yang banyak duduk didepan komputer dengan beban kerja yang lumayan stressful, akan berakibat penyempitan arteri koroner pada jantung.

    Dan bila BB melebihi ideal, maka terakumulasilah faktor-faktor yang memicu penyakit jantung koroner diusia muda.

    Dari pengamatan saya, itulah yang terjadi limatahun belakangan ini. So, lebih baik mencegah sebelum terjadinya gangguan berbagai organ daripada mengobati.

  23. 28
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mega Purwo,

    Bisa terjadi, bila ginjal bengkak akan berdampak ke organ lain, termasuk jantung. Karena semua organ-dalam manusia pada prinsipnya bekerja dalam satu sistem,melalui aliran darah sistemik.

    Mengenai obat2an tersebut sepintas obat jantung dan ginjal. Untuk detailnya, sebaiknya ditanyakan ke dokter yang merawat pasien.

  24. 27
    Maya Damayanti Says:

    Sore Dokter,
    Saya wanita umur 36 tahun mau tanya kalo setiap hari minum 2 cangkir kopi creamer ( Nescafe ) pagi dan sore apakah ada pengaruhnya ke organ tubuh ( jantung,paru2 ,lambung dan ginjal ? )

    Trimakasih banyak ya Dokter

    maya

  25. 26
    mega purwo Says:

    Sore dok, kakak saya masuk RS di diagnosa ginjalnya bengkak ternyata hasil rontgen thorax jantungnya juga bengkak. Tapi stlh semalam di ICU hasil observasinya bagus dan kemudian di beri obat Nufirom cefpirome, aminoral,micardis telmisartan, plavix clopidogrel. Obat untuk apa aja ya dok…ini ? Kenapa jantungnya bengkak, apa ada hub dg ginjalnya ?
    Thx ya dok….

Pages: « 9 … 7 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe