En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

POLKAStroke merupakan pembunuh ketiga setelah penyakit jantung dan kanker. Dan hipertensi adalah pembunuh diam-diam (silent killer). Pada usia  40 tahun keatas, sebaiknya kita mulai berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang menjadi asupan nutrisi kita sehari-hari. Kebanyakan dari kita, karena tidak atau belum merasakan adanya keluhan, merasa dirinya sehat wal’afiat sehingga bebas mengkonsumsi apapun yang diinginkan.

Padahal apa yang diduga sehat, kemungkinan sudah terjadi gangguan organ dalam, namun belum dirasakan. Seperti tekanan darah yang normalnya adalah 120/80. Berapapun usia anda, tekanan darah yang normal yaitu 120/80 titik. Jadi tidak ada kompromi, dimana dulu katanya kalau kita berumur 50 tahun keatas bila tekanan darah kita 140/90 itu dianggap normal. Padahal hal itu sama sekali tidak benar alias salah total.  Lantas apa yang harus dilakukan ?

Cara hidup yang benar dan sehat adalah, apabila usia sudah mencapai 40 tahun keatas, sebaiknya secara periodik dilakukan check kesehatan, misalnya setiap 3 bulan sekali. Kunjungi dokter penyakit dalam, akan dilakukan pengecekan tanda vital sepertti : suhu badan, tekanan darah, berat badan, tinggi badan. Dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik untuk mengetahui keadaan organ dalam tubuh meliputi : jantung, paru, hati, limpa, ginjal  pencernaan termasuk lambung, usus kecil dan usus besar.

Demikian juga dilakukan terhadap kulit, mata, telinga dan hidung secara umum. Apabila pada inspeksi umum ini ditemukan hal-hal mencurigakan, barulah nanti akan dirujuk ke dokter spesialis lain sesuai bidangnya masing-masing.

Jadi dari check-up medis itu akan dapat diketahui apakah ada yang tidak beres dari seluruh organ tubuh anda. Seperti bila ditemukan hipertensi atau tekanan darah diatas normal, maka anda akan diberikan obat anti hipertensi dan petunjuk makan, minum dan suasana emosi yang benar untuk menormalkan kembali tekanan darah.

Bila perlu, akan dilakukan pengecekan darah untuk mengetahui Hb, eritrosit, lekosit, trombosit dan hitung jenis sel darah. Juga pengecekan kimiawi darah seperti : elektrolit seperti sodium (Na),  potassium (K), Chloride (Cl), gula darah, asam urat, kholesterol- total, HDL, LDL, triglyceride, dst. 

Bila dianggap perlu dan dicurigai ada yang tidak beres dengan sistem perkemihan akan dilakukan pemeriksaan urine lengkap, bagaimana ginjal anda apakah ada infeksi atau perdarahan yang tidak kasat mata, ada kristal yang akan menjadi batu, dll. Jadi medical check-up sangatlah penting untuk antisipasi kemungkinan adanya penyakit dalam tubuh kita sedini mungkin.

Pada tekanan darah tinggi, pada awalnya penderita tidak akan merasakan apa-apa. Nanti setelah perjalanan penyakit sudah ditengah atau lanjut, barulah mulai dirasakan keluhan-keluhan yang subjektif, artinya keluhan yang bervariasi dari orang satu ke orang lain. Dan seperti kita ketahui hipertensi inilah yang menjadi pencetus terjadinya stroke yang sudah sedemikian luas diketahui masyarakat.

Stroke ada beberapa tahapan mulai dari yang ringan, sedang dan berat. Stroke ringan mungkin berupa rasa kaku pada kulit wajah, atau alis yang tidak simetris antara kanan dan kiri. Bisa juga berupa kesemutan pada kepala dan wajah yang berlangsung lama.

Apabila pada tahap ini tidak jeli baik penderita maupun keluarga terdekatnya, pastilah akan luput dari perhatian. Sehingga sudah dapat dipastikan penyakitnya akan berlanjut ke tahap yang lebih berat. Disinilah pentingnya (golden period) bagi penderita dan keluarga terdekat untuk segera membawa penderita ke fasilitas medis terdekat atau dokter spesialis saraf/ neurologi.

Sehingga kemungkinan yang lebih buruk dapat kita cegah seperti : pecahnya pembuluh darah otak yang akan menimbulkan koma atau kesadaran yang menurun dan sudah pasti berakibat luas terhadap fungsi motorik dan sensorik, tergantung tempat lokasi perdarahannya di jaringan otak.

Hampir semua kita sudah tahu akibat stroke seperti : susah bicara(pelo), muka mencong, tangan dan atau kaki lumpuh, mata berkedip tidak normal, dst. Semua keadaan yang sangat memilukan dan penderitaan sangat berat bagi pasien.

Akibat stroke, bukan saja menyangkut fisik penderita, akan tetapi sangat besar menyangkut segi finansial. Karena mau tidak mau, bagi penderita yang berhasil lolos dari cengkeraman maut, biasanya akan memerlukan perawatan rehabilitasi dalam jangka panjang yang akan  menguras seluruh isi kocek penderita dan keluarganya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, demikian kalimat bijak yang sering kita dengar. Jadi sebaiknya bila kita berusia 40 tahun keatas, sebaiknya mulai saat ini juga jauhi makanan asin/berkadar garam tinggi, makanan manis/berkadar gula tinggi dan makan gorengan yang berkadar kholesterol tinggi.

Hindari melahap bagian kuning telur. Bila makan telur, sebaiknya bagian putih telur saja yang dikonsumsi. Karena pada kuning telur mengandung kholesterol tinggi, meskipun juga berkadar  vitamin A tinggi. Sebaiknya kuning telur diberikan kepada anak-anak yang sedang tumbuh, sampai dengan usia 21 tahun.

Terbaik pada penderita hipertensi mengkonsumsi buah dengan kadar air tinggi dan efek mendinginkan, seperti : mentimun, semangka, melon, belimbing, bisa juga pisang dan pepaya. Hindari minum kopi dan alkohol yang akan meningkatkan tekanan darah.

Konsumsilah  juice daun seledri atau celery yang sangat baik khasiatnya untuk menurunkan dan menormalkan tekanan darah yang tinggi.

And last but not least, hiduplah dalam lingkungan yang tenang, banyak mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan dan membuat suasana hati tenang dan bahagia. Jauhi konflik dan ketegangan, upayakan kondisi dan atmosfir dalam keluarga  harmonis, serta beristirahatlah  yang cukup, yaitu tidur tidak kurang dari 8 jam sehari..

Popularity: 18%

Posted Sunday, November 30th, 2008 at 2:11 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

207 Responses to “Bagaimana mencegah jangan sampai ‘kecolongan’ stroke ringan sampai berat ?”

Pages: « 9 … 7 6 5 [4] 3 2 1 » Show All

  1. 100
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ade,

    Anda mungkin terkena stroke ringan. Kunjungi dokter penyakit dalam, agar diperiksa teliti termasuk tekanan darah, dst.

  2. 99
    ade Says:

    hallo dok…

    saya mau tanya dok…semalam tiba2 bibir saya susah digerakan saya merasakan seperti bengkak dan sampai malam ini bibir saya susah digerakan, untuk berbicara, makan dan minum susah sekali…kemudian tadi pagi bangun tidur, mata saya berair terus dan panas seperti org sakit mata sampai dengan saya menulis ini ke dokter..apakah ini saya mengalami stroke dok? klo demikian apa yang harus saya lakukan? mohon saran dari dokter…saya tunggu ya dok…terima kasih

  3. 98
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sitti,

    Bisa dicoba makan sayur kangkung setiap hari. Terutama saat makan malam, bisa sampai satu piring sayuran kangkung. Sekalian diet, mengurangi BB dan kholesterol…
    Biasanya kangkung pada kebanyakan orang menyebabkan reaksi mengantuk. Mudah2an ibu anda cocok juga…

  4. 97
    Sitti Says:

    Dokter,
    Ibu saya sudah kecanduan obat tidur & obat penenang.
    Jadi klo mau tidur harus minum obat dulu.
    Jadi sering lemas, perasaan tidak enak, kaki kram.

    Adakah makanan yang bisa membuat gampang tidur dok..??
    Soalnya sudah tergantung sama obat tidur

  5. 96
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sumi,

    Langsung dijawab aja, ya.
    1. Kunjungi dokter penyakit dalam
    2.Akan diperiksa lab. terutama kadar asam urat didalam darah
    3. Tidak ada kaitanlangsung dengan stroke. Biasanya penderita asam urat juga menderita hipertensi dan kholesterol tinggi. Keduanya itulah yang memicu terjadinya stroke.

  6. 95
    sumi Says:

    pagi dok,
    mamaku sering sakit di kakinya. katanya si asam urat. umur mama 50 tahun. saya pengen bawa mama ke rumah sakit untuk memeriksakan kakinya. yang mau saya tanyakan.
    1. saya harus menemui dokter spesialis apa?
    2. test apa aja yg akan dilakukan untuk mengetahui penyakit dikaki mama?
    3. apakah asam urat yg udah parah bisa berakibat stroke?

    terima kasih.

  7. 94
    Dr. Sukma Says:

    Hai Selvia Oktavia,

    Tidak ada terapi khusus untuk itu. Pada kasus ayah anda atau penderita DM pada umumnya, maka kadar gula dalam darah yang harus dikendalikan. Dengan demikian, keluhan pada nggota tubuh akan hilang dengan sendirinya..

  8. 93
    Dr. Sukma Says:

    Hai Selvia Oktavia,

    Keluhahn dan gejala yang anda tulis dari seorang penderita DM, jmemang persis seperti itu. Penyakit diabetes berakibat terjadinya gangguan saraf perifir dengan akibat kaki mati rasa, kesemutan, perih. Sebenarnya untuk menghilangkan tuntas keluhan itu kadar gula darah yang harus dapat dikendalikan menjadi normal.

    Ayah anda boleh coba minum vitamin neurotropik seperti vit.B1, B12 dan B6.

  9. 92
    selvia oktavia Says:

    mlm dok,, ayah sy (50 th) sjak 3 th yg lalu sudah menderita diabetes, kolesterol dan asem urat. 2 th yg lalu sempat koma dan terkena stroke ringan,, akhir2 ni ayah sering kali merasa tangan sbelah kanannya sering kali mati rasa dan k2 kakinya sering kesemutan dan terasa perih. mnrt dokter bagaimana? apakah ad terapi atw obat untuk ayah sy dok? tk, selvi

  10. 91
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dani,

    Sebaiknya hentikan penggunaan obat tidur dan obat penenang. Kedua obat itu menimbulkan ketagihan/addiksi, disamping efek lain seperti yang anda rasakan sekarang. Setelah kedua obat anda hentikan, dalam waktu satu minggu, semua keluhan anda akan hilang dengan sendirinya. Trust me…

  11. 90
    dani Says:

    pagi dok,mau tanya nich apa sih efek samping obat tidur dan obat penenang karna kalo saya minum penyakit saya malah sering timbul sepeti dada terasa tidak nyaman kaki terasa dingin lemas kepala/badan terasa bergoyang kadang2 badan suka terasa hangat sering pada siang hari.
    kemungkinan penyakit apa ya dok yg seperti itu?
    Mohon penjelasannya dok terima kasih

  12. 89
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tidlet,

    Kemungkinan anda menderita gangguan psikosomatis. Sebaiknya konsultasi ke psikolog, agar dapat ditanggulangi keluhan anda tersebut.

  13. 88
    tidlet Says:

    Bu dokter ,, saya perempuan umur 22 tahun, sdh 2bulan lbh ini saya sering merasakan rasa sakit d seluruh tubuh seperti kesemutan , perna sampai tekanan darah 180 /yg bawah tdk terdeteksi, badan terkadang sering gemetar , dan sering kesemutan d bagian kepala serta sesak nafas dan denyut nadi sering berdenyut cepat, oya seringakli saya merasakan denyutan d bagian2 tubuh tertentu (kepala, kaki, lengan atau punggung) saya sdh melakukan cek darah, namun kata dokter tdk ad penyakit yg serius,waktu itu saya d beri obat valisanbe diazepam, mnrt b dokter saya sakit apa , apakah perlu sy melakukan pengecekan ulang? dan bgmn cara menyembuhkan penyakit saya?

  14. 87
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fuji,

    Kemungkinan stroke ringan ada, disamping juga akibat terjepitnya saraf tangan akibat timbunan lemak di lengan anda.

    Solusinya adalah menurunkan BB, dengan olah raga teratur/ treadmill atau berenang. Jaga makanan, hindari garam, gula dan minyak… Perbanyak makan sayur dan buah..

  15. 86
    fuji Says:

    saya ingin bertanya dok, saya berumur 24 tahun dengan kondisi fisik obesitas 2, akhir” baru kali ini saya merasakan jari” tangan saya yg kanan & kiri itu kesemutan dok, saya ingin bertanya apakah ini gejala stroke ringan, dan klo memang benar apa yg harus saya lakukan sbg tindakan preventif’y dok? tolong di reply by email y dok

  16. 85
    heddy Says:

    dok orang tua saya mengalami stroke hemorrhagic di bagian talamus…., sekarang tangan dan kakinya susah di gerakan sebelah kanan dan belum dapet berbicara awal kejadiannya jatuh dari kamar mandi… sempat di rawat 2 minggu di rumah sakit, sekarang sudah ada di rumah yang saya mau tanyakan apa aja pantangan makan dan menu yang baik itu apa….? makasih dok….

  17. 84
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dani,

    Saran saya sebaiknya untuk sementara otak anda di-istirahatkan. Artinya cobalah bersantai tidak bermain game atau lainnya yang menggunakan otak. Tidur malam tidak kurang dari 8 jam dan lebih baik pergi berlibur ke pegunungan atau pantai yang membuat pikiran anda tenang dan anda merasa happy….

    Setelah liburan dan santai barulah secara bertahap anda kembali mulai berpikir secara bertahap. Mula2 cukup satu jam. Kemudian minggu kedua 2 jam, begitu seterusnya, sehingga otak anda akan beradaptasi dengan kegiatan berpikir anda. Semoga berhasil…

  18. 83
    Dr. Sukma Says:

    Halo Budi,

    Sebaiknya anda kontrol teratur ke doker saraf agar dapat dipantau perkembangan penyakit anda. Daerah otak (thalamus) yang sudah mengalami infark, tidak bisa dikembalikan menjadi normal lagi. Karena sifat sel-sel otak memang seperti itu dan disebut sel permanen.. Sekali rusak/mati, sel tersebut tidak bisa dihidupkan kembali. Berbeda dengan bagian tubuh yang lain seperti kulit yang bila robek akan mudah bertaut kembali seperti semula.

  19. 82
    budi Says:

    Lalu apa yang harus sy lakukan supaya bisa sembuh ?

  20. 81
    dani Says:

    terima kasih dok atas jawabannya,tekanan darah saya normal namun pernah mencapai angka 140 satu kali ketika berobat.cek kolesterol pun normal,setiap kali bermain komputer,main game,berhitung,pokonya beraktifitas yg menggunakan pikiran kepala rasanya gak karuan.menurut dokter apalagi yg harus saya lakukan???

  21. 80
    Dr. Sukma Says:

    Iya betul, bisa dikatakan stroke. Karena telah terjadi infark didaerah Thalamus bagian dari jaringan otak. Infark atau kematian jaringan terjadi karena sumbatas pembuluh darah yang memberi nutrisi ke bagian otak tersebut.. Berita baiknya, tidak ditemukan massa tumor dan tidak ada peningkatan tekanan intracranial/ tekanan didalam batok kepala…

  22. 79
    budi Says:

    Dok kalau hasil CT-Scan seperti ini apa bisa dikatakan kena stroke ?

    Pemeriksaan : HEAD-JDF

    TS Yth :
    CT Craniocerebral Axial (tanpa kontras):

    Sulci, fissura dan cisterna tak tampak kelainanan.
    Sistem ventrikal tampak normal.
    Tak tampak deviasi midline.
    Tampak lesi hipodens pada thalamus kiri.
    Batang otak dan cerebellum tak tampak kelainan.

    KESAN :
    Infark thalamus kiri.
    Tak tampak perdarahan maupun SOL intra serebral.
    Tak tampak gambaran peninggian TIK.

  23. 78
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dani,

    Saran saya sebaiknya obat distop untuk sementara. Karena efek sampingnya yang sedemikian serius. Tidak usah ulang CT-scan. Bagaimana dengan tekanan darah anda? Saya curiga anda hipertensi dengan keluhan seperti yang anda tulis. Usahakan berlatih nafas panjang atau yoga atau meditasi. Untuk menenangkan pikiran, sehingga segala sesuatunya akan berjalan normal lagi termasuk keluhan di kepala belakang anda tersebut..

  24. 77
    dani Says:

    Dok,saya sakit kepala belakang dah berbulan bulan sakit sering disatu titik sebelah kiri,kadang menjalar ke sebelah kanan dan keleher belakang pernah dict scan kepala hasilnya normal dr dokter syaraf dikasih obat Asam mefenamat,haloperidol,trihexyphenidyl,amitriptyline,ranitidine.setelah minum obat sakitnya hilang berputar,mau pingsan,sesak nafas,kepala dan badan bergoyang,berjalan terasa sulit.
    Obatnya diminum lg gak ya dok?apakah saya perlu dict scan ulang? Mohon pencerahannya trima kasih

  25. 76
    Dr. Sukma Says:

    Hai Timothy Sebastian,

    Kondisi ibu anda cukup serius menurut saya. Bagaimana kalau untuk yang pertama kali kunjungi dokter saraf agar diberikan rujukan ke bagian rehabilitasi medik/fisiotherapy.

    Saya sendiri kurang menguasai mengenai berapa kali dan bagian mana saja yang harus dilakukan fisioterapi, karena tidak melihat langsung pasien dan juga bukan bidang saya.

Pages: « 9 … 7 6 5 [4] 3 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe