FLUORIstilah keputihan atau dalam bahasa medis disebut ‘fluor albus’ atau ‘leukorrhea’ adalah sekresi yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar yang ada pada alat genitalia baik laki-laki maupun wanita.

Namun dalam kehidupan sehari-hari, orang menyebut keputihan hanya untuk keluhan pada wanita saja. Saya belum pernah mendengar kalimat ‘ seorang laki-laki mengalami keputihan’, padahal faktanya sangat positif dan banyak atau seringkali dikeluhkan oleh kaum adam.

Dikenal satu ‘fenomena pingpong’ dimana apabila pasangan suami-isteri salah satu diantaranya mengalami keputihan, sebaiknya yang berobat adalah kedua orang pasangan itu, bukan satu yang mengeluh keputihan saja. Alasannya, bila hanya satu berobat, maka si partner sex akan masih menularkan kuman kepada pasangannya ( seperti permainan pingpong, dimana bola pingpong akan ditepis kearah pasangan main).

Sehingga paling efisien, adalah bila keduanya diobati agar permasalahan keputihan menjadi tuntas-tas pada pasangan suami-isteri tersebut.

Laki-laki sering mengistilahkan keputihan itu dengan istilah ‘pilek dibawah’ .  Apa penyebab dan bagaimana dampak keputihan itu terhadap kesehatan terutama kesuburan seseorang ?

Bila ada keputihan, biasanya itu tanda telah terjadi peradangan atau infeksi pada alat genitalia dan atau reproduksi anda. Siapapun anda baik laki-laki maupun perempuan.

Kecuali bila keputihan itu bening dan tipis atau sedikit, ini bukan tanda peradangan, akan tetapi fisiologis bisa akibat kelelahan secara fisik ataupun pada mereka yang berumur belasan sampai duapuluh tahun, dimana kelenjar sedang aktif pertumbuhannya, sesuai pertumbuhan organ-organ lain.

Penyebab keputihan bermacam-macam : jamur, bakteri bisa coccen berbentuk bulat, bisa bacillus bentuk memanjang. Dapat juga disebabkan oleh virus dan  yang paling ditakuti yaitu virus HPV dan HSV. Keduanya mempunyai jenis atau strain yang banyak seperti : HPV-16, HPV-31, dst. Untuk HSV yang paling ditakuti adalah HSV-2. Strain yang disebutkan diatas adalah tipe virus yang terbukti seringkali mengakibatkan kanker ganas pada alat genitalia, terutama pada perempuan dan juga laki-laki.

Selain yang telah disebutkan diatas, ada lagi penyebab lain seperti : Chlamydia trachomatis, parasit seperti Trichomonas, cacing, amoeba dll. Singkatnya semua penyebab ini dapat mengakibatkan peradangan, semua itu tergantung  kepada ‘genital hygiene dan personal hygiene’ dari masing-masing individu’. Higiene perorangan ada yang bagus, ada yang medium dan ada yang jorok.

Sumber dari segala macam jasad renik tersebut ada dua yaitu : akibat hubungan sexual dengan partner yang sedang mengidap penyakit atau terinfeksi oleh salah satu ‘invaders’ itu.  Atau yang kedua akibat kecerobohan, kejorokan atau sangat rendahnya ‘genital & personal hygiene’ seseorang.

Karena itu pilih-pilih saat melakukan hubungan sex, jangan asal terjun bebas. Terbaik adalah dengan suami atau isteri sendiri, yang jelas-jelas telah kita ketahui tingkat kebersihan dan perawatan kesehatannya.

Semakin jorok seseorang, maka kemungkinan terjadinya keputihan atau peradangan pada organ genital dan reproduksinya, akan semakin besar.

Terutama pada kaum perempuan, dimana lubang anus letaknya sangat berdekatan dengan vagina dan urethra atau muara air kemih. Bila seorang wanita pada saat cebok sesudah BAB tidak hati-hati, maka feces beserta kuman dan segala macam parasit (cacing kremi, telor cacing, amoeba), bisa masuk kedalam dan mengenai vagina dan urethra secara tidak sengaja. Terkontaminasi, istilah tepatnya…

Kejorokan selalu menjadi pemicu terjadinya peradangan atau infeksi yang mengakibatkan keluarnya keputihan. Namun bila anda berhati-hati dalam melakukan ritual ‘cebok’ dengan melakukan seperti urutan berikut : mengelap dengan kertas tissue/toilet paper, baru sesudah itu  anda cebok pakai air dan sabun, maka kemungkinan terkontaminasi akan sangat kecil.

Bila perlakuan yang baik seperti itu rutin anda lakukan setiap kali habis BAB, maka anda  akan terbebas dari keluhan keputihan yang menjengkelkan dan merepotkan itu. Jadi kembali ke proverb lama  ‘kebersihan pangkal kesehatan’ memang benar adanya.

Akibat adanya peradangan, maka akan terjadi pembengkakan, kemerahan  organ terkena yang disertai suhu badan yang tinggi, lebih dari normal. Semuanya termasuk didalam reaksi inflamasi.

Apabila radang ini tidak diselesaikan dengan tuntas atau dibiarkan saja tanpa terapi maka reaksi radang akan meluas  dari vagina ke leher rahim, rahim, saluran telur atau tuba dan ovarium atau indung telur. Pada semua tempat itu terjadi reaksi inflamasi seperti disebutkan diatas.

Akibatnya : terjadi perlengketan pada rahim, saluran telur atau tuba sampai pembusukan indung telur oleh infeksi yang berat. Bisa terjadi tubo-ovarial abscess alias kantong nanah yang mengenai saluran telur dan indung telur. Dan bila kedua sisi kanan dan kiri dari tuba dan ovarium yang terkena abses maka dapat dipastikan si wanita tadi sudah pasti tidak akan bisa mendapat keturunan alias mandul atau steril.

Demikian pula yang terjadi pada laki-laki. Akibat sering ‘pilek dibawah’ yang tidak diobati dengan tuntas, maka infeksi meluas ke ureter sampai ke ginjal. Atau dari urethra ke epididymis, testis dan prostat. Pada semua lokasi itu dapat terjadi peradangan berat yang bisa mengakibatkan kemandulan.

Sebab setiap penyembuhan infeksi biasanya akan terjadi jaringan parut/ fibrotik, akibatnya sel-sel spermatogonia, spermatozoit-yang menjadi cikal-bakal sperma- akan sangat menurun jumlahnya. Terjadilah yang disebut dengan istilah medis ‘Oligospermia’ (jumlah sel sperma sedikit) atau malahan ‘Azoospermia’ (tidak ditemukan sel sperma sama sekali).

Jadi jelas sudah dampak keputihan pada wanita dan pria yaitu infertilitas alias kemandulan. Maka jangan sepelekan keluhan keputihan itu. Segeralah berobat sampai tuntas dan hilangkan  total infeksi organ penting reproduksi kita, demi kelanjutan generasi kita semua.

Popularity: unranked

Posted Saturday, March 21st, 2009 at 8:04 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

80 Responses to “Keputihan bukan monopoli wanita, laki-lakipun bisa. Apa itu fenomena pingpong ?”

  1. 1
    marissa Says:

    dokter saya mau nanya kok alat kelamin saya mengeluarkan cairan kuning hijau seperti ingus?dan sering keputihan

  2. 2
    mardiyana Says:

    hallo dok…
    saya wanita umur 23 thn.saya mau tanya dok,saya sering mengalami keputihan yg berwarna putih susu,dan vagina saya sering gatal dan kalau terkena sabun mandi,rasanya pedih.vagina bagian dlm juga sering nyeri,sampai ke dubur seperti ingin buang air besar apalagi kl sudah mendekati haid.dan perut bagian bawah sebelah kiri dan kanan sering sakit seperti di tusuk2 dgn jarum.kenapa yah dok?saya sudah beberapa kali periksa ke dokter spesialis kulit & kelamin tetapi gak sembuh…..

  3. 3
    mardiyana Says:

    oh ya dok..saya mengalami keputihan udah agak lama..saya juga sering buang air kecil,kadang2 saat buang air kecil perut saya terasa sakit.kira2 kenapa yah dok…????
    dan skalian saya mau tanya tentang polip pada leher rahim…soalnya ibu saya divonis kena polip..apakah itu berbahaya dok?krn saat ini perutnya sering sakit.

  4. 4
    Dr. Sukma Says:

    Hai Marissa,

    Semua yang anda tulis itu gejala keputihan. Jadi pertanyaan anda saya pindah ke artikel yang sesuai.

    Baca lengkap artikel ini, maka anda akan temukan jawabannya secara gamblang. Have a nice reading..

  5. 5
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mardiana,

    1. Polip pada rahim ada 2, polip endoserviks dan polip endometrium. Polip endoserviks berkaitan dengan adanya infeksi/[peradangan. Sedangkan polip endometrium berkaitan dengan perdarahan abnormal via vagina. Sebenasrnya sih TIDAK berbahaya, namun bila dibiarkan berarut-larut bisa anemia/kekurangan darah dan infeksi yang semakin parah. Sebaiknya segera dituntaskan keluhan ibu anda.
    2. Mengenai keputihan anda yang putih-susu, itu biasanya disebabkan oleh jamur. Jadi sebaiknya anda minum obat anti jamur yang potent. Maka semua keluhan anda akan hilang.

  6. 6
    hamidah Says:

    Dok, saya wanita umur 28 thn menikah 2 anak. Saya mengalami keputihan sejak 2 bln lalu. Warna putih spt susu pecah, sering gatal. Hasil pap smear 2 hari lalu “nampak ephitel squamous dengan peubahan radang, sebaran sel radang PMN dan mononuclear serta coccen. Tdk terdapat sel ganas. Dgn saran : mohon terapi”
    itu maksudnya apa ya dok

    Mohon advise tuk case saya.

  7. 7
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hamidah,

    Seharusnya dokter SpOG yang membaca hasil paps smear anda, lalu menuliskan resep sesuai hasil itu. Sepertinya ada peradangan pada vagina dan serviks, yang harus diobati. Bila ditemukan coccen, seharusnya anda diberi resep antibiotika yang sesuai untuk coccen itu.

  8. 8
    Anonymous Says:

    HI d0k..
    Saya bRumUR 17 Thn..
    Be6ini kLw pd pa6i hARI va6ina saya mENgeLuaRKan cAIRan puTiH Tp cm sdkT..
    Apa iTu TRmsk kpThan??
    ThanKs beF0Re..

  9. 9
    Dr. Sukma Says:

    halo Anonymous,

    Apa yang anda tulis itu normal alias fisiologis. Keputihan bening dan sedikit dipagi hari, adalah sekresi kelenjar organ reproduksi anda.

  10. 10
    Hanni Says:

    salam kenal dok..
    saya baru melahirkan 3 bulan yg lalu melalui operasi caesar, krn darah yg tdk berhenti saya cek ke dr dan hasilnya “polip endoserviks beradang kronik”. seminggu yg lalu saya terapi bunga es
    tp sampai skr masih keluar flek2 coklat dok..
    pertanyaan saya polip endoserviks akibat infeksi apa ya dok, apa krn kondisi saya yg baru melahirkan?
    apa sudah benar terapi yg saya jalani?
    apa saya beresiko terkena kanker serviks dok?
    terimakasih jawabannya dok…

  11. 11
    donna Says:

    Dr. Sukma mohon bantuannya,
    akhir2 ini keputihan sy berwarna coklat, dan keluar ckup bnyak sminggu stlh sy selesai mens. Terkadang jg terasa gatal, dan perih. Usia sy 20 th, dan tdk prnh mlkkn hub sexual. Sy ingin skali berkonsultasi dg dokter scr lgsg, tp sy terlalu takut. Apakah keputihan sy ini berbahaya dok? Apa ada solusi agar keputihan ini bs d minimalisir, slain saran untk mjaga kbrshn vagina, krn sy jg sdg berusaha mjaga kbrshnnya skrg.. Mohon petunjuknya dok, terima ksh.

  12. 12
    Dr. Sukma Says:

    Hai Donna,

    Keputihan anda cukup serius.Sebaiknya dikultur cairan keputihan itu, agar diketahui penyebab pasti. Apalagi ada rasa gatal dan perih. Jangan diabaikan masalah ini, luangkan waktu kunjungi dokter SpOG.

  13. 13
    marlina Says:

    Dr. Sukma saya minta bantuan nya…
    saya 29thn sudah menikah 3tn dan blm punya keturunan, saya pernah di HSG dan hasil nya saluran indung telur sebelah kanan tersumbat dikarenakan infeksi dr keputihan… skr saya setiap bagun tidur pasti ada bercak coklat kadang ada gumpalan putih kaya tepung basah.. tp kadang jg spt bercak hijau… saya ingin periksa lg ke dokter tp saya takut.. tolong ya dok…

  14. 14
    Dr. Sukma Says:

    Hai Marlina,

    Keluhan anda khas untuk penderita keputihan. Jadi terjadi peradangan/infeksi oleh berbagai sebab pada organ reproduksi anda.

    Karena satu saluran telur anda TELAH tersumbat dari hasil histero-salpingografi (HSG), maka saran saya SEGERA TUNTASKAN masalah keputihan anda sekarang ini.

    Kunjungi dokter SpOG untuk diperiksa dalam dan kalau perlu dikultur keputihan anda, sekalian sensitivity test. Agar didapat diagnosis PASTI penyebab keputihan itu serta obat yang tepat sesuai hasi sensitivity test.
    Jangan buang waktu, akibat terburuk anda akan kesulitan mendapat keturunan alias STERIL nantinya.

  15. 15
    asti Says:

    dokter sukma,
    saya mw tanya akir2 ini di bagian kewanitaan saya itu keluar seperti lendir kuning, kadang pekat, dan berbau, sehingga saya kadang merasa ga pede, klo pergi2 pun saya membawa panty bnyk utk ganti, bahkan saya juga pake sabun kewanitaan… tapi pada bagian itu ga gatal, cuma bau? apa itu ya dok?? klo periksa ke dokter apa akan diperiksa bagian kewanitaannya?? saya malu klo diperiksa…
    mohon petunjuknya lewat email saja ya dok,, thx

  16. 16
    raeni Says:

    hai dok,
    saya berumur 23 tahun, saya sering mengalami keputihan, tapi ini yang paling parah, karena berwarna hijau cerah dan sangat gatal. apa ya dok yang harus saya lakukan? ingin periksa tapi saya takut? tolong beri tahu saya obat apa yang harus saya konsumsi, saya tidak ingin diperiksa oleh dokter.

  17. 17
    Anti Says:

    Dok, apakah keptihan seperti yg dsebabkan oleh jamur atw bakteri bs d obati dg betadine douche yg disemprotkan k dlm vagina? And kl blh tau nama obat antibiotik utk mgobati kpthan tsb apa dok? Thanks

  18. 18
    Lia Says:

    Dokter sukma, mohon bantuannya

    saya mengalami keputihan sudah 5 hari ini , banyak dan keputihan saya keluar bersama darah.. saya sudah cek ke dokter, karna kekuatiran saya akan serviks, tp dari dokter tsb saya hanya dikasih obat utk keputihan ( selama 1 minggu ), dokter hanya periksa USG, dan hasilnya bagus, tp dokter tdk periksa ke bagian vagina sy krn sy msh gadis ( blm menikah ) jd dokter hanya menyarankan saya minum obat, tp sdh 2 hari ini keputihan sy ttp sm tdk ada perubahan, msh ada darahnya, kira2 saran dokter apa utk keluhan saya ini, jawaban dan saran dokter sangat saya perlukan, terima kasih.

  19. 19
    my blog Says:

    check this out…

    this is mine…

  20. 20
    Sassy Says:

    Dok peng0batan’y gmna ya sPya memperlmbat virus’y?
    Ada gk lrngan mknan untk pndrta radang saluran kemih.
    Apa bsa di sembuh kan dlm jangka yg singkat dok?

  21. 21
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sassy,

    Please come and visit OBGY. Jangan ngobatin sendiri. Kasus anda perlu dilihat dokter SpOG,agar diperiksa dalam dengan teliti. Kalau anda tidak mau menyesal nanti(mandul, dst).

    Saya serius. Diskusi kita cukup sampai disini, OK.

  22. 22
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lia,

    Bila obat telah habis diminum namun masih ada PERDARAHAN bercampur keputihan, sebaiknya anda periksa ke dokter SpOG yang lain. Saya khawatir kanker serviks.

    Btw, apakah anda sudah pernah melakukan sexual intercourse? Bila sudah pernah,ini memperburuk keadaan.

  23. 23
    Dr. Sukma Says:

    Halo Asti, Raeni dan Anti,

    Untuk kebaikan anda sendiri, JANGAN TAKUT periksa ke dokter SpOG. Perlu dilihat kondisi organ reproduksi anda : vagina, serviks dst. Agar pengobatan yang akan diresepkan tidak ngawur.

    Perlu dilihat apakah ada erosi/lecet/luka. Bila ya, seberapa : ringan, sedang, berat, dsb. TIDAK CUKUP hanya dikatakan keputihan warna ini-itu TANPA diperiksa dalam. Jadi luangkan waktu demi kesehatan anda sendiri..

  24. 24
    deti Says:

    Bu Dokter..
    Melanjutkan pertanyaan saya mengenai anyang-anyangan yg sempat saya selipkan di artikel mengenai HP (di artikel itu saya bertanya mengenai Thypus..)..
    Menurut Bu Dokter, anyang-anyangan yg saya alami disebabkan krn terdapat radang di kandung kemih saya, yg ketika saya minum antibiotika, radang itu menjadi sembuh.
    Dan setelah saya membaca artikel ini.. saya akan bercerita sedikit..
    Saya memang terkadang mengalami keputihan, tetapi biasanya ketika bbrp hari menjelang haid.. dan keputihan saya berupa cairan berwarna putih yg tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental..
    Dan untuk masalah kebersihan, suami saya dan saya selalu menjaganya..
    Tiap kali kami berhubungan intim, suami saya tidak jarang mengatakan klo saya sedang keputihan..
    Sebenarnya setiap habis berhubungan intim, saya kurang mengerti apakah cairan yg keluar dari saya itu merupakan keputihan atau bukan..??
    Dan menurut artikel ini, tentang keputihan pada laki-laki.. saya pun tidak pernah menjumpai ada cairan yg keluar tidak pada saat setelah berhubungan intim pada suami saya..
    Mengenai anyang-anyangan yg saya alami.. awal mula terjadinya ketika seminggu kemudian akan Thypus.. dan mungkin memang benar, setelah minum antibiotika menjadi hilang..
    Tetapi setelah saya lebih baik dari Thypus tersebut.. bbrp kali habis berhubungan intim, rasa anyang-anyangan muncul lg..
    Kemudian besok harinya saya coba untuk minum air banyak-banyak.. supaya BAK terus.. dan perlahan-lahan, anyang-anyangan tersebut hilang..
    Yang ingin saya tanyakan..
    Apakah penyebab anyang-anyangan sebenarnya..?
    Apakah penyebab terjadinya radang pada kandung kemih selain dari keputihan..?
    Apakah mungkin saya hanya kurang minum, karena setelah saya minum air banyak-banyak, anyang-anyangan tersebut hilang..??
    Satu lagi.. sejak setelah menikah bbrp bulan yg lalu, saya dan suami saya sepakat untuk menunda kehamilan saya, jadi setiap berhubungan pun suami saya selalu mengeluarkannya diluar.. dan tidak jarang saya kadang merasa belum saatnya untuk selesai.. Apakah karena waktu yg seharusnya itu belum saya dapatkan juga bisa mengakibatkan anyang-anyangan..??
    Oia.. ada yg bilang.. setiap pengantin baru pasti mengalami anyang-anyangan.. apa betul seperti itu Bu Dokter..?? krn teman saya yg baru menikah jg mengalaminya.. tetapi kenapa teman saya itu mengeluh sampai sakit di perutnya..??
    (yang membedakan saya dengan teman saya adalah.. saya merasa ingin selalu BAK, tapi setiap BAK keluarnya sedikit, dan di akhir keluarnya merasa nyeri.. sedangkan teman saya mengatakan klo perutnya sampai sakit.. Jadi apakah yg menjadi penyebab yg terjadi pada saya dan teman itu sama atau berbeda..?? Oia, teman saya tersebut juga wanita..)
    Terima Kasih atas jawabannya
    [mohon dijawab juga melalui email saya.. deti_ns@yahoo.com]

  25. 25
    19 thn Says:

    Saya brumr 19 thn,saya perna melakukan sex dgn pcr saya. Tapi saya sudah tidak mengulangi lgi hbgn sex.. Stlah brhbungan sex saya keputihan terus menerus.dan prut saya skit..rasay kyk d’itUsuk2.knpa itU dok!dan bagaimana cra mnymbhkn ya..

  26. 26
    Dr. Sukma Says:

    Halo 19 tahun,

    Anda terkena STD (sexually transmitted disease)atau penyakit kelamin. Sebaiknya diperiksa keputihan yang keluar banyak dan menimbulkan rasa sakit diperut itu.

    Pemeriksaan kultur dan sensitivity test. Dokter SpOG akan meminta pemeriksaan itu dan lalu menuliskan resep untuk penyakit anda.

  27. 27
    meyda Says:

    mw tanya dok…klw pap smear biasanya biayanya berapa ya??? sy mw cek dgn pap smear tp tkt kurang nih biayanya…
    tolong infonya ya dok..
    makasih

  28. 28
    Dr. Sukma Says:

    Hai Meyda,

    Beaya Paps Smear standard/konvensional sekitar 100ribu-an. Tergantung RS atau dokter yang memeriksa.

    Bidan juga boleh mengambil sampel Paps Smear,lalu dikirim ke dokter SpPA untuk di periksa dibawah mikroskop dan lalu di buat diagnosisnya.

  29. 29
    tresia Says:

    siang dok,
    saya ingin bertanya seputar keputihan..
    sya sdh menikah, sekitar 1 thun lalu sya mulai merasakan keluarnya cairan yg berlebih dr “V” sya, 1 thun lalu cairan nya bening seperti ada bintik2 putih sampai dg putih agk kental,kdang kekuningan,sampai sya merasa tdk nyaman,krn bekerja di kantor,jd sngat berpengaruh,tiap merasa “basah” hrus ke toilet,kmna2 sya sll bwa CD jika diperlukan utk ganti(ini kebiasaan dr dl utk bwa CD,just in case diperlukan). sya lalu cek ke obsgyn diberi ovulae 3 biji (yg dimasuk kan lwt vagina), tp stlh berapa hri pengobatan itu kok sya merasa malah yg keluar tmbh bnyak..stlh itu berangsur2 berkurang….setengah thun lalu, lumayan keluar lg sampai merasa tdk nyaman,jd sya cek lagi,diberi ovulae lg tp merk dan isi berbeda jumlah nya klo tdk salah 5/6 bji, setelah itu berangsur2 berkurang,dokter sya jg tdk melakukan test lain2,hnya melihat lendir dr “V”,hsil USG jg baik….akhir2 ini, sudah tdk keluar banyak seperti dl,hnya sblm haid dan sesudah haid,terkadang saat stress or bnyak tekanan pekerjaan,terjadi hnya 2-3 hari…cairan yg keluar skrang bening,tdk bnyak,tdk berbau,ada bintik2 putih….oya,dl sya jg pernah sampaikan ke dokter Sukma bahwa siklus haid sya tdk teratur,siklusnya panjang sampai 45 hari,tp tetap berulang seperti itu…kami pending momongan dl krn mslh kerjaan sya hrus pisah kota sementara dg suami,1 mgu sekali bertemu…oya,sbgai tmbhan informasi sja,setiap kali sya ada gangguan pencernaan (sy jg pernah sampaikan ke dokter) dan perut sya membesar,keputihan jg kadang ikut terjadi…terkadang disertai nyeri di perut bawah kiri,tp itu br terjadi sekitar 3 kali selama ini…sya dan suami sll menjaga kebersihan area pribadi kami masing2,penggunaan pembersih wanita berbahan dasar susu hanya sekali2 sja misal saat haid atau saat merasa perlu,krn sya tkut mempengaruhi flora normal area V…mohon saran nya dok apa yg hrus sya lakukan sehingga sy tdk dihantui mslh keputihan ini,krn sangat tdk nyaman..

    Trimakasih banyak sebelumnya atas saran dr dokter..

    Salam,
    tresia

  30. 30
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tresia,

    It’s been a while since our last communication via this blog.

    Ya,saya ingat anda yang saya duga berkepribadian tipe A atau gampangnya seorang perfectionist, ambisius dan workaholic serta gampang stress. Pada kepribadian tipe A, semua organ tubuh bekerja lebih cepat dan lebih berat dibandingkan orang dengan kepribadian tipe B.

    So,your main problem adalah bagaimana mengendalikan emosi/menenangkan pikiran, even for a while.Kunci dari kesembuhan masalah keputihan anda yaitu MENENANGKAN DIRI untuk secara bertahap berusaha mengurangi segala beban pikiran anda yang menimbulkan stress.

    Caranya dengan latihan Yoga atau latihan menarik nafas panjang setiap hari. Perlahan namun pasti, keputihan anda akan berkurang dari hari-kehari, sehingga akhirnya normallagi. Atau konsultasi ke psikolog untuk tujuan ‘stress release’.

  31. 31
    tresia Says:

    Hai dok…

    wow…br anda dokter yg bisa menyadarkan saya main source dr keluhan2 yg sya alami selama ini….sekaligus memberi saran yg sangat menarik dan membuka pikiran saya…I’ll try to follow your advise…mg2 semua keluhan2 saya semakin berangsur2 berkurang
    Thanks a lot dokter

    Regards,
    Tresia

  32. 32
    vivi Says:

    dok aku mengalami keputihan yang kadang warnanya agak kecoklatan apa itu berbahaya?sedikit tapi gak gatal.cuma bau asem dan bergumpal kayak getah gitu,trus kalo melakukan hubungan seks suamiku bilang cairan vagina aku bau,please banget buat jawabanya.

  33. 33
    Dr. Sukma Says:

    Hai Vivi,

    Anda telah bersuami deangan keluhan seperti yang anda tulis.Sebaiknya lakukan pemeriksaan Pap’s Smear.

    Untuk double check apakah ada radang dan kemungkinan kelainan mulut rahim sebelum terlanjur menjadi kanker serviks. Luangkan waktu, beayanya tidak mahal.

  34. 34
    tresia Says:

    halo dokter Sukma…
    jumpa lg..maaf, saya mau menanyakan ttg case adik saya perempuan
    umurnya 24thn, blm menikah (msh perawan), sekitar seminggu yg lalu dia cek ke dokter obsgyn (saya menemani) dan di USG, dokter mengatakan ada polip di miss V,posisinya bkn di daerah rahim (sya krg jelas krn hnya lwt USG(oleh dokter dikatakan ada semacam akarnya yg tampak)_,tp kondisi yg lain (seperti rahim)baik2 saja..kta dokternya itu hrus diangkat krn mmg itu jaringan yg tdk semestinya. ketika dtnya dokter apakah kdang ada pendarahan adik sya mengatakan tidak,hnya sesekali keputihan
    yg ingin sya tanyakan, jika dilakukan operasi pengangkatan,apakah ada cara spy tdk merusak struktur miss V nya (selaput dara)? apakah itu termasuk operasi besar or kecil? adakah pantangan makanan/minuman ataupun kegiatan utk case ini?

    trimakasih banyak dok atas jawabannya
    salam…

  35. 35
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tresia,

    About your sister, bila tidak ada perdarahan, sebaiknya diamkan saja. Tidak perlu dioperasi. Terkadang polip endoserviks maupun polip endometrium, bisa mengecil sendiri TERUTAMA pada seorang virgin.

    Yang penting minum obat antibiotik dengan resep dokter.Umumnya polip endoserviks disertai peradangan. Dalam kasus adik anda radang jelas karena ada keluhan keputihan. Dan last but not least, JAGA KEBERSIHAN organ genital(Sering ganti celana dalam, cebok yang bersih, dst).

  36. 36
    tresia Says:

    trimakasih dok atas jawaban nya…
    konsul dikit lg ya dok..
    kta dokter yg memeriksa adik saya polip itu bs membesar,dia ada plann utk menikah skitar 2 thun lg…slma 2 thun ini lbih baik didiamkan sja ya dok?
    satu lg dok…jika adik saya nanti menikah, sebelum dia mempunyai anak apakah itu hrus diangkat dl?

    Thanks,

  37. 37
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tresia,

    Bila tidak ada keluhan perdarahan, sebaiknya jangan dioperasi dulu. Takutnya salah lihat dan bukan polip. Tindakan yang terlalu agresif bisa merugikan nantinya.

  38. 38
    Syukri ananta Says:

    Semoga blog ibu menjadi ladang ilmu yg berguna,yg hadirkan kebaikan didunia dan hadirkan pahala yg terus berkembang di akhirat..(tp janji di sorga jgn buka praktek mahal2 ya..canda lho bu..) Amin.

  39. 39
    flora Says:

    Dr.Sukma, saya mau tanya. Beberapa hari lalu saya melakukan papsmear dgn hasil :

    Batas Normal + Radang

    Pada hasil test yg di checklist adalah :

    -radang
    -cannon ball
    -perinuclear halo

    Artinya apa ya itu dok? apakah berbahaya? Karena sampai skr saya belum menindak lanjuti hasil papsmear tersebut, berhubung saya papsmear bkn krn saran dokter akibat menderita suatu penyakit.

    Terima kasih Dok.

  40. 40
    Dr. Sukma Says:

    Hai Flora,

    Jawaban Pap’s Smear anda adalah terdapat radang dengan lekosit padat disertai perubahan sel epitel serviks yang menunjukkan tanda radang HPV(human papilloma virus) yaitu adanya ‘perinuclear halo’.

    Radang HPV termasuk SERIUS dan harus diobati tuntas. Bila dibiarkan tanpa pengobatan yang baik/tuntas akan berkembang menjadi kanker serviks alias kanker leher rahim. Mungkin perlu diperiksa serotyping strain HPV. Segera kunjungi dokter SpOG untuk tujuan itu.

    Saya tidak mau diskusi lagi masalah ini. Yang penting ACTION, jangan NATO.

  41. 41
    ratnaningsih Says:

    saya sudah pap smear hasilnya ada infeksi sedikit sudah sy obati sesuai resep dari pap smear tapi maaf nama obatnya saya lupa dan sampai sekarang saya masih saja mengalami keputihan kecuali kalau mau HAID saya nggak keputihan lagi bu Dr apakah yang harus saya lakukan dan adakah obat Herbal untuk menghilangkan KEPUTIHAN tersebut tks.

  42. 42
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ratnaningsih,

    Pada kasus anda BELUM dilakukan pemeriksaan mikrobiologi untuk mengetahui PENYEBAB keputihan itu. Pemeriksaan itu disebut KULTUR cairan keputihan.

    Pemeriksaan kultur tsb biasanya perlu waktu lama, minimal 3 hari, ditunggu sampai ditemukan pertumbuhan koloni kuman/virus atau jamur penyebab keputihan.

    Tergantung jenis kuman atau virus atau jamur yang ditemukan pada pemeriksaan tsb, maka barulah dapat diberikan TERAPI YANG TEPAT. Biasanya dengan terapi tepat ini, masalah KEPUTIHAN anda akan SELESAI.

    Saya tidak tahu obat herbal untuk keputihan.

  43. 43
    ratnaningsih Says:

    tks atas penjelasannya dan selanjutnya untuk pemeriksaan KULTUR di dokter apa dan kalau di Jakarta di RS mana?

  44. 44
    Dr. Sukma Says:

    hai # 43,

    Disemua RS ada bagian/lab. mikrobiologi. Kunjungi dokter SpOG yang telaten, agar diambil sampel keputihan anda. Atau dokter umum juga bisa ambil sampel tsb. Lalu dikirim ke lab.mikrobiologi untuk diperiksa.

  45. 45
    ratnaningsih Says:

    tks bu Dr saya akan lakukan semua yang disarankan bu Dr

  46. 46
    Lucky Says:

    dok saya mau tanya dong..
    skrg saya berumur 17 tahun. 3 thn yg lalu saya menjalani operasi pada rahim karena setelah di periksa saya memunyai 2 rahim dan rahim yg satunya tidak mempunyai saluran pembuangan saat haid. tapi setelah operasi saya terus mengalami keputihan sampai sekarang. beberapa minggu setelah operasi saya ke rs itu lagi untk memeriksakan keadaan saya. tapi dokternya hny bilang itu pengaruh dari stress dan kecapekan.tp yang saya bingung knp sampai sekarang masih keputihan? bagaimana pendapat dokter ttg keadaan saya, tolong berikan solusinya dok.
    thanks

  47. 47
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lucky,

    Keadaan anda fine-fine aja. Kecuali mungkin kecemasan yang berlebih.

    Listen, setelah operasi besar memotong, mengangkat dan membuang satu rahim yang buntu dari dalam rongga panggul, tentulah masih ada sisa-sisa jaringahn yang belum sembuh betul didalam sana. Sehingga masuk akal kadangkala mengeluarkan sekresi berupa keputihan.

    So, take it easy semua itu proses dan butuh waktu untuk pulih normal seperti kondisi sebelum operasi.Butuh waktu minimal 6 bulan sampai satu tahun…

  48. 48
    Lucky Says:

    haii dok,
    menanggapi jwban yg dokter berikan,operasi yang saya lakukan tidak mengangkat atau mengambil rahim. tetapi operasi memberikan lubang pengeluaran di rahim sy yg bermslh tsb. operasinya sudah 3 thn yg lalu,dok. tapi sampai skrg keputihan itu belum hilang juga. menurut dokter wktu pemulihan maksimum 6bulan sampai 1thn, tp ini sdh lebih dr 1thn dok.tepatnya hampir 3thn..
    thank you

  49. 49
    Dr. Sukma Says:

    Halo lucky,

    Kalu begitu, anjuran saya lakukan pemeriksaan Pap’s Smear. Kunjungi dokter SpOG, agar diambil sampelnya dan akan diperiksa dokter spesialis PA(patologi anatomik).

    Dari hasil pemeriksaan Pap’s Smear, barulah AKAN DAPAT DIAMBIL LANGKAH SELANJUTNYA.

  50. 50
    Lucky Says:

    trimakasih banyak dok ats jawabannya..
    sya akn coba lakukan yg dokter sarankan.

  51. 51
    nisa Says:

    halo dok……….

    saya ingin menanyakan sesuatu,saya mengalami keputihan dari kelas 6 SD,atau sesudah saya mengalami menstruasi pertama saya hingga sekarang saya masih mengalami hal tersebut.saya sangat takut sekali karena keputihan saya tu bukan berupa lendiran bening lg,menurut dokter apa yang harus saya lakukan.???????????????????

  52. 52
    sari Says:

    Hi dok….
    Saya sudah menikah 1 tahun dan blm di karuniai anak. Saya sering pendarahan,walau gak banyak, tapi ni di luar masa haid. waktu saya periksa ternyata saya mempunyai polip rahim.
    Yang mau saya tanyakan :
    1. Apa polip itu harus di kuret?krn kata dokter polip saya masih kecil.
    2. apakah saya bisa hamil kalau polip nya belum di kuret?
    tlg balas ke email saya ya dok…

  53. 53
    Dr. Sukma Says:

    Hai sari,

    1. Meskipun kecil polip endometrium sebaiknya segera dibersihkan dengan tindakan kerokan/kuret.
    2. Akan sulit hamil bila polip masih ada. Polip biasanya menimbulkan perdarahan dan menggaggu implantasi atau melekatnya hasil pembuahan pada lapisan endometrium rahim.

  54. 54
    geg diah Says:

    dok saya mau tanya sy sudah lama keputihan dan sudah 5x kedokter itu pun dokternya beda2 uda 2x sy mencoba dokter tpi keputihan sy tdk jg mau hilang,sy sudah di USG ktnya baik2 sj sm dokternya….mau sih hilang habis obat 1bln nya lgi kluar keputihan,keputihan sy kaya tepung menggumpal2 byk bgt dan baunya tdk enak kadang ada lecet dibibir miss v….sekarang sy coba hanya dgn betadine tpi tdk ada hasil jg,dok umur sy 22thn dan sudah pernah melakukan hbgan intim…dok sy harus gmn sy sgt minder karna keputihan ini apa obat yg sy hrus coba tolong kasi sy saran terimakasi

  55. 55
    Dr. Sukma Says:

    Halo Geg Diah,

    Saya pikir keputihan anda tsb disebabkan oleh infeksi jamur. Jadi sebaiknya minum obat anti jamur yang potent dan cebok dengan cairan khusus pembersih vagina dengan pH yang sesuai, yaitu antara 5-6. Periksa dan minta resep ke dokter SpOG yang handal dan teliti dalam memeriksa pasien…

  56. 56
    Anonymous Says:

    halo dok. saya ingin menanyakan sesuatu, saya mengalami keputihan dari kelas 6 SD sampai sekarang masih keputihan. saya takut dok karena keputihan saya bukan bening tapi kental agak kehijauan dah 3 hari ini. apa yang harus saya lakukan ya dok?? tolong di balas di email bunga_hasanah@yahoo.co.id. terimakasih

  57. 57
    Dr. Sukma Says:

    Halo Anonymous,

    Keputihan yang berwarna kehijauan dan kental, biasanya penyebabnya kuman yang sulit diobati yaitu jenis Pseudomonas. Sebaiknya anda periksa ke dokter SpOG sekalian diambil sampel sekresi yang kental kehijauan itu untuk dilakukan pemeriksaan kultur dan sensitivity test di lab. mikrobiologi. Sehingga obat yang akan diberikan sesuai dan tepat untuk kuman yang ada pada sekresi itu.

  58. 58
    LITA INDRIYATI Says:

    DOK AKU UDAH MENIKAH 6 TAHUN SELAMA INI AKU UDAH PRIKSA AMA DOKTER SEMUANYA SEHAT HANYA SAJA HAIDKU TIDAK LANCAR DAN KEPUTIHANKU AGAK BANYAK DAN BERWARNA PUTIH SUSU. YANG INGIN SAYA TANYAKAN APAKAH KEPUTIHAN MEMPENGARUHI UNTUK MEMPUNYAI KETURUNAN DAN APAKAH STRESS BISA MEMPENGARUHI KEUTIHAN, APAKAH KEPUTIHAN INI BERBAHAYA

  59. 59
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lita Indriyati,

    Sebaiknya periksakan keputihan itu ke lab. mikrobiologi. Agar dapat diketahui penyebab pasti keputihan seperti susu itu. Kemungkinan disebabkan oleh jamur, dll. Setelah tahu penyebabnya hasilnya anda bawa ke dokter SpOG, agar diberikan obat yang tepat untuk kelainan yang ditemukan..

    Bila dibiarkan terus, seperti sudah saya tulis dalam posting ini akan berakibat kemandulan karena PID, yaitu radang yang berakibat perlengketan pada saluran telur anda…

  60. 60
    diNi Says:

    Salam kenal dok, saya gadis 24th belum menikah dan belum pernah berhubungan seks. Mengalami keputihan sudah cukup lama kira2 sejak SMA. mulai sekitar 3 tahunan yg lalu prnh periksa ke spog, dan di usg..dinyatakan tdk ada kelainan dan masih tergolong normal.

    Namun belakangan saya merasa ada perubahan, awalnya keputihan saya hampir tiap hari berwarna putih susu, tidak gatal, tidak sakit, dan tidak berbau terlalu menyengat. Bbrp bulan belakangan menjadi berwarna putih-kuning-kehijauan. Akhirnya saya berinisiafif utk tes sekret dan ditemukan adanya bakteri kokus gram positif negatif serta candida. Oleh spog tsb sy diberi diflucan 2 tablet untuk 2 hari, suntik kanamycin 200mg, dan zitromax untuk 5hari.

    Namun keputihan masih ada..sayapun tes lagi: jamur masih ada, dan tes kultur menunjukkan adanya bakteri staphylococcus aureus. Sy diberi lg diflucan 4 tablet untuk 4 minggu, dan bactecyin (antibiotik yg sensitif bds uji sensitifitas) 3×1 utk 7 hari. Saya smpt bersih slm 3hari-an..tp kemudian keputihan warna kehijauan masih muncul sehari sekali meski tdk sebanyak dulu. Kira2 apa lg yg mesti sy lakukan? Saya jadi kepikiran terus krn masalah yg belum tuntas ini.

    Apakah dlm kasus ini ada kemungkinan penyebaran infeksi yg sudah meluas hingga (mdh2an jgn sampai..amiin) perlekatan saluran telur? Karena sy sgt kuatir,dok. Apakah bisa hamil bila terjadi perlekatan tsb, bahkan bila terjadi perlekatan pd kedua saluran?
    Maaf dok, bila tlalu berpanjang lebar. Atas jawabannya sy ucapkan trimakasih.

  61. 61
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dini,

    Bagus dan harus diapresiasi bahwa anda masih gadis dan belum pernah berhubungan sex… Ini akan meredam dugaan bahwa keputihan anda dikarenakan prilaku sex anda yang salah dan tidak dibenarkan oleh norma-norma yang ada di masyarakat. Karena ditemukan berbagai jasad mikro seperti : jamur, kuman dan coccen didalam sekret vagina anda, ibarat kebun binatang dan kebun agro, maka kesimpulan saya sexual hygiene anda kurang bagus.

    Sebaiknya anda cebok dengan antiseptik khusus organ intim kewanitaan, mula-mula setiap hari dalam waktu satu minggu. Dilanjutkan dengan 2 hari sekali dalam satu minggu dan akhirnya setiap tiga hari atau dua kali dalam satu minggu.. Sebab kebanyakan antiseptik akan mematikan flora normal dalam vagina yang perlu untuk menjaga keasaman area tsb. yang penting dipertahankan pada sekitar pH 5,5.

  62. 62
    asiss Says:

    Dok, saya dan istri udh stu tahun belum juga dapat anak. pertanyaan saya ini: apakah perbedaan usai juga bisa menpengaruhi keturunan atau momongan (istri saya usainya lebih 10 tahun dari aku), apakah keputihan juga menghambat proses pertumbuhan bayi di dalam rahim seorang wanita.??

    bagaimana solusinya……………??????

    atas perhatiannya dok tak lupa saya hanturkan limpah terima kasih.

  63. 63
    Niendya Says:

    Saya sudah lama keputihan. Stelah diobati tidak gatal dan bau lagi, tapi keputihan saya masih banyak, kental dan berwarna agak kehijauan. Dari hasil papsmear oktober 2009 saya ter infeksi tingkat II. Dokter bilang tidak apa-apa dan saya diberi abothyl vaginal. Tapi keputihan tidak kunjung sembuh. Saya disarankan untuk operasi agar keputihannya bisa sembuh total.
    Yang menjadi pertanyaan saya, apakah tidak ada efek samping setelah operasi mengingat saya mau mengikuti inseminasi karena setelah 4 tahun menikah saya belum dikaruniai anak.

  64. 64
    Dr. Sukma Says:

    Halo Niendya,

    Dan juga kepada penanya lain tentang keputihan. Paling objektif dan akurat bila sample keputihan anda dibawa ke lab. mikrobiologi agar dilakukan kultur dan sensitivity test. DEngan demikian dapat diketahui PASTI penyebab keputihan anda. Setelah pasti, barulah diberi obat SESUAI hasil KULTUR dan SENSITIVITY TEST. Dengan demikiasn dipastikan OBAT AKAN COCOK dan pasti bisa menyembuhkan keputihan tsb.. Pendapat saya TIDAK PERLU OPERASI hanya untuk kasus keputihan…

    Sebaiknya periksa dan kunjungi dokter SpOG LAIN yang handal dan sabar serta teliti memeriksa pasien… Bukan dokter yang terburu-buru memeriksa pasien, TANPA mendengar dan melihat kasus per kasus dari masing-masing pasien…..

  65. 65
    agnezta Says:

    dokter saya mengalami keputihan ,,, setiap selesai behubungan selang 3 jam pasti akan keluar lendir bening, tidak sakit dok ,,, menurut saya dengan jumlah yang lumayan. apakah itu keputihan ,,, warnanya bening tapi berbau dok, kadang2 berwarna putih gitu. tapi sangat jarang terjadi ,,, apa yang harus aku lakukan dok ,,, saya baru menikah . apakah saya masih bisa punya anak dok ? saya dari kalangan menengah kebawah dok ,,, jadi untuk ke dokter spesialis tidak mampu ,,, bagai mana saya mengatasinya dok … adakan obat yang harus saya beli

  66. 66
    Dr. Sukma Says:

    Hai Agnezia,

    Pendapat sy itu bukan keputihan. Tetapi cairan semen yg berisi sperma yg tumpah keluar via vagina. Kalo selalu setiap kali habis berhubungan sex terjadi seperti itu kemungkinan sulit punya keturunan. Sebaiknya konsultasi satu kali saja ke dokter SpOG yg handal agar diberikan solusi untuk masalah anda itu.

  67. 67
    vinsa Says:

    Dok setiap saya sudah melakukan ml dengan suami saya, saya selalu membersihkanya dengan betadin vagina douche,boleh apa tidak dok bila saya menggunakanya terus menerus?bahaya tidak pada rahim saya?

  68. 68
    lucky Says:

    dok…saya rasa gatal d miss V, kmdian saya liat ada molekul berwarna putih d dalam miss V, apa itu termasuk keputihan jenis patologi???

  69. 69
    ester Says:

    Dokter saya mau tanya, radang pada vagina pada hasil pemeriksaan pap smear selain radang coccen apa ada yang lain? Terima kasih^^

  70. 70
    lanang Says:

    halo dok saya lanang berumur 19 tahun,, saya mengalami nyeri di bagian mr P saya,, dan disertai dengan keluarnya cairan putih kekuningan,, gejala apa yang sedang saya hadapi dan bagaimana penanggulangannya,,

  71. 71
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lanang,

    Keluhan anda mengacu pada penyakit kelamin atau STD (sexually transmitted Diseases).jadi sebaiknya diobati secara serius dg mendatangi dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK).

    Cairan yg keluar dr Mr.P sebaiknya di kultur/ dibiakkan sekalian di. Lakukan test sensitivitas, agar pengobatan berhasil baik meng-eradikasi penyebab keputihan anda tsb. Bisa oleh Gonorrhoea, Sifilis, dst. Coba diingat-ingat kemungkinan anda pernah ke tempat lokalisasi PSK. Obati segera, jangan sampai menyesal nanti.

  72. 72
    ivan Says:

    siangh dok, sy mw nnya nie, klo saat kencing trus ada cairah seperti mani yang ikut itu knp Ya…
    mohon penjelasaannya serta langkah” apa yang harus saya tempuh…
    di tunggu balasannya

  73. 73
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ivan,

    Sebaiknya anda konsultasi ke dokter spesialis kuli dan kelamin (SpKK). Penilaian saya sepertinya anda terkena salah satu jenis STD yaitu sexually transmitted disease, seperi Gonorrhoea. Segera diobati agar kesuburan/ fertilitas anda tidak terganggu.

  74. 74
    Melia Says:

    Dokter sy mau tanya skitar 2 blan yg lalu sya priksa k dkter SpOg dgn kluhan keputihan, dy blang ad kista d perut bwah kanan sy, sya d beri resep obat diflucan dan alhamdullilah stlah mnum itu nympe skrg sya g kputihan lgi..
    Yg ingin sy tnyakan kira2 hsil pmeriksaan dkter tu bnr or gmn sich dokter…
    Sya cemas dokter..

  75. 75
    chia Says:

    Dok , saya mau tanya .
    Saya chia 15thn ..
    Saya mengalami keputihan sudah cukup lama , dan dalam 2 hari ini , dari daerah miss v saya mengeluarkan cairan encer berwarna coklat , dan tidak berbau ..
    Keluarnya cukup banyak dok ..
    Terus di daerah miss v saya terkadang gatal , kalo terkena sabun mandi terasa pedih ..
    Saya pernah melakukan hubungan seks dengan pacar saya ..
    Saya takutnya terkena kanker serviks ..
    Mungkin ga sih dok kalo keluhan yang saya sebutin tadi itu gejala kanker serviks ?
    Sebab saya takut sekali dok membayangkannya ..
    Trims :)

  76. 76
    richelle Says:

    Doctor,
    Saya wanitar umur 41 mempunyai masalah hormone jadi sudah menopause dini.. Selalu vagina kering tdk bermasalah tapi sebulan yg lalu keluar cairan putih agak hangat lumayan banyak(keputihan), lalu saya ke spog, ternyata infeksi coccus gram dan diberikan baquinor 500 mg selama 10 hari (3x sehari) dan sembuh.. Tapi minggu lalu keluar lagi dan setelah di chk ulang saya kena infeksi batang gram neg hasil positif +3, batang gram pos hasil +4, coccus gram pos hasil pos +3, coccus gram neg +3 juga.. Ekstraselular seperti biji kopi…saya khwatir. Apakah berbahaya? Apakah obat hanya antibiotic? Atau operasi?

  77. 77
    viani Says:

    Halo Dok..saya menderita keputihan 1 minggu sebelum dan sesudah menstruasi..awal nya seperti bercak keju parut..saya berobat ke Spkk diberi obat anti jamur dan di info agar membasuh vagina dgn sabun bayi setiap habis buang air kecil. Akan tetapi keputihan nya kambuh lagi. Kali ini lebih banyak dan warna nya kekuningan,lbh gatal dan terasa perih, lalu sy diberi obat lagi&sembuh, lalu di cek ke lab, hasil nya :
    Sed langsung Jamur: candida +, trichomonas negative, candida albicans : positive, kultur jamur: candida albicans.
    Saat ini, vagina saya sering basah (seperti mengeluarkan air), lalu keluar gumpalan2 kuning kehijauan spt tepung.
    Yg mau sy tnykan adalah:
    1. Apakah benar sy berobat ke dokter Spkk? Atau seharus nya ke Spog?
    2. Apa arti test saya dan bagaimana menyembuhkan nya?
    3. Apakah benar mencuci vagina dgn sabun bayi?krn terasa perih saat mencuci nya (sy dilarang dokter Spkk untuk mencuci dgn sabun pembersih kewanitaan)
    Sbg info, sy baru menikah dan sering melakukan hub sex dgn suami (terasa sgt menyiksa krn perih rasa nya)
    Mhn kesediaan dokter untuk menjawab nya.. Terimakasih

  78. 78
    Anonymous Says:

    Met sore dok,umur saya 32th bwh ketiak sblh kanan saya trdpt bnjolan n bahu sblh knanx jg terasa skt apakah itu tanda adax kan;er?

  79. 79
    catur hypno chameleon Says:

    pagi dok saya cowok umur 23 tahun.
    saya mau tanya dok.
    kalo kita lg berhubungan sex dan sperma cowok di keluarin di dalem dan cewek lagi keputihan.kira kira cewek bisa hamil apa nggak dok?
    trus dmpak negatifnya apa klo qt melakukan sex n sperma cwok di kluarin di dlm saat cwek keputihan?
    mkasih dok.

  80. 80
    Evi Says:

    Dok obt nistatin it berbhaya ga?

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe