ISLANDMinuman berenergi pada saat ini sangat gencar melakukan promosi dan telah berhasil menarik simpatisan dikalangan masyarakat luas. Pencinta minuman berenergi tidak terbatas hanya pada  bapak-bapak, kaum ibu, remaja dan anak-anak pun telah ketagihan energy drink. Mereka semua menghendaki pemulihan tenaga secara instant setelah beraktivitas. Kemungkinan akibat rivalitas atau persaingan mengejar produktivitas yang lebih tinggi dengan sesama pekerja.

Kandungan minuman berenergi terdiri atas pemanis buatan, penambah rasa, bahan pewarna, asam fosfat, kafein dan beberapa mineral. Selain itu energy drink juga dilengkapi asam amino taurin dan karnitin yang diperlukan tubuh dalam proses metabolisme. Juga mengandung bee pollen, royal jelly serta ganggang spirullina atau chlorella.

Vitamin A, D, E dan K biasanya disimpan didalam hati/liver. Bila asupan keempat vitamin itu berlebihan, maka hati akan overload, membengkak, mengganggu kerja normal hati dan akhirnya terjadi kerusakan jaringan hati yang sedemikian luas, timbul sirosis hati karena toxisitas dan akhirnya gagal hati. Bila sampai begitu, satu-satunya terapi adalah transplantasi atau cangkok hati yang teknik operasinya sangat ribet, makan waktu lama dan beayanyapun teramat sangat mahal.

 Vitamin yang terkandung didalam energy drink seperti B-kompleks, vit B1, B2, B3, B5, B6, biotin dan ginseng. Vitamin B-kompleks berguna dalam pembentukan sel darah merah/eritrosit. Vit b1 untuk nutrisi saraf, B2 untuk mencegah bibir pecah-pecah, vit B3  , vit B5 adalah panthotenic acid bagus untuk pertumbuhan rambut sedangkan vit B6 adalah niacinamide  diperlukan pada wanita hamil yang mengalami muntah-muntah atau morning sickness.

Kafein meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh dan menstimulir neurotransmitter sehingga seseorang menjadi tidak mengantuk, tidak mudah lelah serta membuat seseorang dapat berpikir jernih. Karena itulah setiap habis minum minuman berenergi, tubuh terasa lebih enak dan rasa capek menghilang. Akan tetapi dibalik kandungannya yang sedemikian komplit, apabila anda minum energy drink setiap hari, akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. Apa itu ?

Khasiat atau efek minuman berenergi itu hanya untuk sementara. Didalam satu botol energy drink bervolume 150 ml, terdapat 50 miligram kafein. Sesuai  dengan batas konsumsi aman kafein per hari adalah 150 miligram. Bila melebihi ambang atas tersebut, tubuh yang kebanyakan kafein akan mengakibatkan susah tidur, tubuh gemetaran, kejang, jantung berdebar-debar dan asam lambung berlebihan dan memicu sakit maag atau gastritis.

Karenanya para penderita penyakit jantung, hipertensi, sakit maag  dan diabetes semestinya tidak minum energy drink. Sedangkan pada orang sehat, boleh-boleh saja. Kerja organ hati atau liver menjadi jauh lebih berat dengan adanya bahan-bahan stimulant didalam energy drink. Toksisitas langsung akan terjadi dalam hitungan jam serta berakibat fatal dengan kematian. Sedangkan efek toksisitas tidak langsung terjadi akibat akumulasi jangka panjang dengan menimbulkan kerusakan organ hati yang sangat luas secara perlahan namun pasti.

Pekerjaan ginjal juga semakin berat dengan adanya zat pemanis, bahan pengawet dan pewarna didalam energy drink. Kerja berat ginjal menyaring bahan-bahan toksik tersebut akan mengakibatkan lelah ginjal, yang berakibat rusaknya terutama tubulus dan glomerulus didalam ginjal dan berakhir dengan gagal ginjal khronik (GGK). Pasien GGK tidak ada jalan lain kecuali harus menjalani cuci darah atau hemodialisa (HD). Bahkan bila HD kurang berhasil, penderita harus menjalani cangkok ginjal yang beayanya selangit itu.

Seorang anak remaja  di Surabaya dengan postur tubuh gemuk yang setiap hari pulang sekolah selalu minum sebotol energy drink tiba-tiba merasa sesak nafas, pipi membengkak serta badan panas. Setelah pemeriksaan fisik dan serangkaian pemeriksaan laboratorium yang dijalani, ternyata menderita GGK serta harus rutin menjalani HD setiap tiga hari sekali, padahal usianya baru 17 tahun.

Selain GGK, kalori yang begitu tinggi didalam energy drink akan memicu terjadinya sindroma metabolik atau obesitas, yaitu masalah kelebihan berat badan terutama pada anak-anak dan juga pada orang dewasa. Jadi, berhati-hatilah mengkonsumsi minuman dalam botol yang disebut energy drink. Sebotol dalam seminggu, mungkin masih aman. Jangan dijadikan kebiasaan setiap hari, yang akan berakibat serius dan fatal. Hilangkan kebiasaan yang maunya serba instant.

Begitu capek langsung minum energy drink agar tenaga pulih secara instant. Satu kebiasaan yang buruk dan tidak melatih kesabaran kita semua. Sebenarnya rasa capek akan hilang dengan sendirinya, begitu kita cukup beristirahat. Tidak perlu yang serba instant, cobalah bersabar dalam segala hal, dengan demikian  organ tubuh kita akan selamat dari kerusakan fatal. Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua yang peduli pada kesehatan tubuh..

Popularity: unranked

Posted Sunday, August 16th, 2009 at 9:16 pm
Filed Under Category: Bahasa, General
You can leave a response, or trackback from your own site.

31 Responses to “Anda setiap hari minum minuman berenergi? Bersiaplah menghadapi gagal hati dan gagal ginjal”

Pages: « 2 [1] Show All

  1. 25
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nila,

    Boleh minum CDR karena ibu hamil sangat memerlukan Calcium untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Kalau tidak minum Calcium, maka gigi anda akan keropos dan mudah berlubang atau malah copot, karena calcium diambil dari gigi-geligi ibu yang hamil untuk janinnya…

  2. 24
    nila Says:

    dokter yg bersahabat….pertanyaan saya masih menyambung pertanyaan yg sudah ada. sebenernya mengkonsumsi CDR (calsium C redoxon) rutin setiap hari itu berbahaya ga ya dok? soalnya saya sedang hamil 34minggu. sejak kandungan 30minggu saya mengkonsumsi CDR karena saya kurang suka meminum kapsul2 resep dari dokter kandungan saya. jadi saya pikir untuk kapsul kalsium saya ganti saja dgn CDR…mohon informasinya ya dok….terima kasih

  3. 23
    Dr. Sukma Says:

    Hai Teddy,

    Untuk orang yang tidak sakit maag/gastritis, bisa mengkonsumsi vit.C 1000 mg per hari. Sama halnya dengan’ You see 1000 mg’, minuman energi dalam botol berwarna kuning dan orange dengan bintang iklannya miss Universe.. Karena vit.C sangat diperlukan tubuh dan fungsinya kompleks sekali, maka minum vit.C dosis tinggi bagus bagi kesehatan, ASALKAN tidak menderita gastritis atau radang lambung atau sakit maag.

  4. 22
    Teddy Says:

    Dok.. jadi intinya mengkonsumsi CDR tiap hari 1 teblet itu aman ngga? Apa ada efek sampingnya?
    CDR kan Vit C 1000 mg.. nah apa itu ngga ketinggian?

  5. 21
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tasya,

    Pemanis buatan (aspartame) menyebabkan antara lain : penyakit lupus. Sehingga harus dihindari.

    Baru berdampak negatif,bila terus-menerus setiap hari mengkonsumsinya.

  6. 20
    Dr. Sukma Says:

    Hai Comment # 16,

    Vitamin bila dikonsumsi berlebihan akkkkan dikeluarkan dari tubuh via urine. KECUALI vitamin A bila berlebihan kan mengakibatkan bomberende fontanel alias membelahnya ubun-ubun di kepala. Biasanya pada anak-anak dalam masa pertumbuhan.

  7. 19
    Dr. Sukma Says:

    Hai Arum,

    No problem. You have my permission..

  8. 18
    tasya Says:

    bu dokter udah dijawab belum pertanyaan saya?

  9. 17
    tasya Says:

    dok mau tanya..katanya klo pemanis buatan (aspartame) jg ga bagus ya buat kesehatan? klo produk tropicana slim gimana dok, mengandung aspartame jg ga? soalnya ibu saya ada diabets dan sekarang mengkonsumsi tropicana slim mulai dari gula, minyak goreng, gula merah, sirup..makasih sebelumnya dok…

  10. 16
    Dok, apa saja efek samping bg tubuh, jika kita mgkonsumsi multivitamin secara berlebihan? Says:

    Google.com

  11. 15
    Arum Says:

    Dokter, saya izin menyebarkan artikelnya untuk menambah wawasan.
    terima kasih..

  12. 14
    tiyo Says:

    dok, saya 31 th, mau tau apa ciri fisik gagal hati atau ginjal, krn setiap saya makan kok mual, bagian perut atas kanan ada yang mengganjal, ada sesak nafas, lalu juga lemas, jantung berdebar, hasil lab spgt dan spgot bagus, ldl, lebih rendah 4 angka dibawah standar kl lg kambuh lemes tekanan darah bisa rendah dan bisa tinggi,dan makanan dan minuman apa saja yang menjadi pantangan, serta suhu apa saja yang dilarang krn saya kerja dengan ac yang dingin membuat saya sering kambuh lemas, saya bukan bidang kedokteran, tetapi saya tertarik dengan semua artikel dokter yang mendidik, terimakasih.,

  13. 13
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sike,

    Pertanyaan anda sudah ada pada penanya sebelumnya. Iya, CDR termasuk dalam energy efervescent. Jangan lebih, dosis 1x perhari sudah cukup dan aman.

  14. 12
    sike Says:

    dok, ada ga sih efek samping dari komsumsi suplemen CDR ?

    Trims.

  15. 11
    Dr. Sukma Says:

    Hai Enny,

    Fatigon satu setiap hari,itu normal dan tidak berlebihan.Teruskan kebiasaan itu, not harmful.

  16. 10
    Enny Says:

    Dok, saya setiap hari minum Fatigon 1 tablet. Apakah ada efek samping? Terima kasih

  17. 9
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sued,

    Prinsipnya begini.Apapun itu entah minuman isotonik, energy drink,dll bila diminum terlalu banyak/berlebihan, akibatnya tidak baik.

    Segala sesuatu yang’terlalu’: terlalu sedikit atau terlalu banyak biasanya berdampak buruk bagi tubuh. Paling aman bila tengah-tengah aja alias medium saja.

    Setiap hari minum multivitamin itu baik dan sudah mencukupi kebutuhan tubuh kita. Anda minum isotonik setiap habis main bulutangkis 3 kali per minggu saya kira juga normal, tidak berlebihan. Untuk mengembalikan elektrolit yang hilang bersama dengan keringat yang keluar saat olah raga..

    Yang saya tidak tahu yaitu curnimo plus yang anda tulis. Bila isinya multivit juga, sebaiknya tidak usah. Karena berlebihan, bila diminum setiap hari.

  18. 8
    sued Says:

    Dok aktivitas saya setelah kerja adalah olah raga bulutangkis biasanya 3 x dlm satu minggu setiap habis main saya sering minum minuman isotonik apakah sama minuman isotonik dgn minuman energy dan setiap hari saya juga mengkonsumsi multivitamin tiap hari 1 kapsul jg curnimo plus bgmn menurut ibu kebiasaan saya minum minuman isotonik dan multivitamin kebiasaan ini baru saya lakukan 2 bln belakangan ini

    tks

  19. 7
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dian,

    Dahulu dipercaya bahwa vit. C baik yang diminum ataupun di injeksi sebesar apapun dosisnya masih aman. Akan tetapi belakangan diketahui konsumsi vit C ‘berlebihan’ akan berdampak pembentukan batu ginjal.

    Mengenai berapa jumlah pasti yang dianggap berlebihan, belum diketahui pasti dan bersifat individuil.

    Pendapat saya suntikan vit C anda yang sudah lewat tidak berbahaya.

  20. 6
    dian Says:

    dok saya ingin bertanya mengenai suntik vit c,apabila dilakukan hanya dalam jangka wktu 2 bln jenjang 5 hari sekali, juga berbahaya atau tidak?

    trim’s

  21. 5
    Kus Says:

    Denny, thanks for the info.

  22. 4
    Dr. Sukma Says:

    Hai Kus,

    Vegeta BUKAN energy drink. Karena isinya serat/ high fibers, berserat tinggi namun kalori sangat redah jadi TIDAK menghasilkan energi.

    Yang diperlukan pada Vegeta potensinya meningkatkan peristaltik usus,jadi memperlncar BAB.

  23. 3
    Kus Says:

    Terimakasih atas responsnya Denny. Karena ada gelembung-gelembung gas kalau dimasukin air, apakah serbuk VEGETA termasuk energy drink juga? Thx.

  24. 2
    Dr. Sukma Says:

    Hai Kus,

    Pertanyaan yang bagus.
    Iya benar. Semua tablet effervescent atau obat vitamin yang dicemplungkan kedalam segelas air lalu menimbulkan gelembung-gelembung gas dan kemudian diminum termasuk golongan energy drink.

    CDR, Ester-C dan tablet effervescent lain bila diminum tidak sesuai aturan, akan menimbulkan efek samping seperti : hipervitaminosis-D yang akan merusak hati, hipercalcemia, hipercalciuria dan gagal ginjal berat.

    Didalam buku farmakologi dosis yang dianjurkan adalah 1x per hari. Dengan dosis seperti ini dianggap masih aman dan tidak menimbulkan efek samping negatif.

    So, berhati-hatilah minum vitamin, semua itu ada batasnya. Bila batas dilampaui maka timbullah hal-hal yang tidak kita inginkan.

  25. 1
    Kus Says:

    Denny, memang pernah saya dengar mengenai bahayanya energy drink ini, malah seorang sahabat saya waktu SMP dulu, akhirnya meninggal pada usia dini, karena katanya suka minum energy drink untuk menunjang kebutuhan kerjanya yang sangat padat. Tapi saya belum tahu minuman apa saja yang dapat dikategorikan sebagai energy drink. Apakah CDR (Calcium-D-Redoxon) termasuk kategori energy drink , dok?
    Trims,
    Salam kasih.

Pages: « 2 [1] Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe