SKINNYSeseorang gemuk atau kurus, selain faktor genetika juga sangat dipengaruhi oleh kebiasaan makan dan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Seperti proverb yang sering kita dengar  ‘you are what you eat’.

Faktor keturunan/genetika saat ini sulit di-intervensi. Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga berat badan berimbang adalah dengan yang paling populer saat ini yaitu kombinasi makanan (food combining). Apa itu ?

Menu utama kita sehari-hari umumnya terdiri atas nasi, lauk-pauk dan sayuran. Itu yang selama ini kita anggap normal dan biasa.

Nasi (karbohidrat) merupakan porsi terbanyak, lalu lauk berupa daging, ikan atau telor (semuanya itu termasuk dalam protein), yang  relatif sedikit dan sayuran yang mengandung vitamin,  ala kadarnya.

Paradigma baru : jangan mengkombinasi karbohidrat dengan protein. Jadi nasi dengan lauk protein jangan dikonsumsi berbarengan.

Yang benar : nasi (karbohidrat) dikombinasi sayuran (vitamin). Atau lauk (protein) bagusnya dikombinasi dengan sayuran (vitamin).

Cluenya : jangan menggabungkan karbohidrat dengan protein, seperti yang biasa kita konsumsi saat ini.

Lihat saja apa yang kita dapat saat memesan steak : ada daging/protein dan ada sayuran/vitamin : buncis dan wortel. Tidak ada karbohidrat. Ini kombinasi yang tepat.

Bisa saja kita makan karbohidrat seperti mie direbus atau digoreng dikombinasikan dengan sayuran segala macam, tanpa daging/sea food/protein. Ini juga kombinasi bagus.

Mengenai lemak/ fat sejak lama kita sudah tahu& sadar, bila makan berlemak pasti tubuh akan subur dan kulit berminyak. Selain itu lemak cenderung mengandung kholesterol yang tidak baik bagi kesehatan.

Umumnya kita makan hanya mengandalkan lidah, terlalu mengutamakan rasa tanpa berpikir apakah itu sehat atau tidak sehat. Ini yang harus kita perbaiki.

Saya punya satu filosofi hidup : “Apa yang terasa enak dilidah, biasanya berakibat tidak enak untuk kesehatan”. Sebaliknya : “apa yang terasa pahit di lidah, sangat besar manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita”.

Contoh : makanan dengan citarasa manis amatlah enak dilidah. Tapi akibatnya ? Anda menjadi calon penderita Diabetes Mellitus (DM)/ kencing manis, juga obesitas (kelebihan berat badan).

Kulit ayam dari semua makanan cepat saji maupun buatan rumahan, pasti enak dimakan dan terasa gurih. Namun akibatnya? Anda akan kelebihan kholesterol didalam darah, yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Juga menimbulkan obesitas.

Sama halnya dengan mereka yang suka mengkonsumsi santan didalam makanan. Makanan bersantan sudah pasti enak dan gurih. Namun dampaknya terhadap kesehatan? Sama dengan kulit ayam yang berlemak, santan penuh dengan kholesterol.Tekanan darah anda pasti akan cepat naik alias hipertensi dan gangguan jantung serta obesitas.

Makanan apa saja yang kaya kholesterol? Biasanya yang terasa gurih dan enak, seperti : udang, usus/tito, kuning-telor, kacang mede, emping melinjo, selain santan dan kulit ayam seperti telah disebutkan diatas.

Bagaimana dengan sayur pare dan daun pepaya yang terasa pahit di lidah? Sejauh ini yang saya tahu tidak ada dampak merugikan bagi kesehatan bila mengkonsumsi kedua sayuran tersebut. Efek anti-malaria dan membersihkan darah dan kulit wajah dan tubuh, pasti akan kita dapatkan.

Sekarang keputusan ada ditangan anda. Apakah mau enak sesaat di lidah dengan dampak yang merugikan kesehatan dan penampilan buruk atau mau hidup sehat dengan berat badan berimbang dan penampilan menawan… 

Jadi, bijaksanalah dalam memilih makanan. Gambar model dalam artikel ini meski enak dilihat, secara medis tidak sehat. Karena antara berat dan tinggi badan tidak berimbang.

Popularity: unranked

Posted Sunday, April 6th, 2008 at 2:08 pm
Filed Under Category: Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

31 Responses to “Bentuk tubuh berimbang, rahasianya pada kombinasi tepat makanan sehari-hari”

  1. 1
    mawardi Says:

    apa obat gemuk dokter yang tidak ada efek samping nya dan obat tinggi badan

  2. 2
    muz,hairi Says:

    aas….dok kabarnya ge mana?dok apakah merokok bisa menurunkan berat badan, orang gemuk bilang sih kayak gitu? jadi ge mana cara untuk manurunkan berat badan yang alami? di tunggu ya jawaban nya . thanks ya dokter .
    informasinya keren2 deh.

  3. 3
    mawardi “oke” mustafa Says:

    eh jumpa, lagi g mana kabar na dokter, ge mana kalau di adakan kuis di blog dokter, supaya lebih semangat untuk membaca artikel dokter,thanks ya dok.

  4. 4
    sarbaini Says:

    pa kabar dokter ? dokter saya mau nanya apakah onani bisa mengganggu kesehatan pada laki-laki. di tunggu ya jawabannya ?

  5. 5
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mawardi,

    Berat dan tinggi badan sangat dipengaruhi faktor genetik.

    Namun, ada susu penambah berat badan dan trace element zinc yang menambah tinggi badan. Istirahat yang cukup akan sangat membantu hal itu

    Dan yang paling penting, lakukan olah raga teratur terutama stretching untuk menambah tinggi badan (renang, basket ball).

  6. 6
    Dr. Sukma Says:

    Hai Muzhairi,

    Trimakasih pertanyaannya. Anda rupanya sangat sadar penampilan.

    Menurunkan berat badan secara alami seperti yang saya tulis yaitu dengan mengkonsumsi kombinasi makanan yang tepat. Baca lagi dan praktekkan.
    Buktikan penurunan berat badan yang perlahan namun kontinyu..

    Merokok bisa menurunkan berat badan. Namun kita tidak mau efek sampingannya,khan? Mau pilih kurus dengan resiko kanker atau menjadi kurus secara pelan-pelan, tanpa resiko ?

    Pilihan ada ditangan anda, Muzhairi.

  7. 7
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sarbaini,

    Thanks telah berkunjung ke blog saya dan juga pertanyaannya.

    Onani bagi seorang laki-laki lajang dapat dikatakan normal asal frekuensinya tidak sering. Dianggap normal bila dilakukan satu kali dalam seminggu.

    Kalau berlebihan akan menurunkan stamina tubuh dan produktivitas orang itu.

  8. 8
    iis istiqomah Says:

    AAS…………….gmn kbrny dok??? iis mau nanya klu kita makan obat gemuk ada ngk pengruhnya dgn emosi yang tdk bisa terkontrol. dok ada lagi yang mau iis tanyakn, soal lobang pada klip jantung. ada adk iis yang penyakitnya kayak gitu, yang mau iis tanyakn dia tdk bisa tdr klu ngk pake ac or kipas angin, ada ngk pngruhnya dgn kondisi jantungnya sprti itu?? mksih yach dok!!!!!!!!!!!!

  9. 9
    Dr. Sukma Says:

    Halo Iis,
    Makasih sudah berkunjung dan 2 pertanyaannya.

    Mengkonsumsi obat penambah gemuk tidak membuat emosi tidak terkontrol. Beda dg kelebihan kholesterol akibat konsumsi daging berlebih yang akan mengakibatkan hipertensi. Nah, disini baru ybs akan temperamental.

    Klep jantung yang bocor seharusnya dioperasi untuk menutup kebocoran tsb. Bila tidak, ybs akan terhambat pertumbuhannya akibat kurang oksigen krn darah bersih tercampur darah kotor.
    Bila dibiarkan akan mengurangi produktivitas.

  10. 10
    iis istiqomah Says:

    hollo dok,
    iis mau nanya lagi, dok klu urin kita berdarah itu penyakit apa dok? ada pengaruhnya dgn kepala pusing ngk? atau ada penyakit di ginjal. mksh ya dok!!!!!!!!!!

  11. 11
    Dr. Sukma Says:

    Hallo juga Iis,

    Urine berdarah artinya ada sesuatu di saluran urine, bisa berupa : radang, batu atau kanker.

    Termasauk saluran urine mulai ginjal, ureter, kandung kemih dan urethra.Jadi keadaan diatas dapat mengenai satu atau lebih bagian yang termasuk traktus urinarius.

    Kepala pusing, bisa akibat anemia disebabkan perdarahan dalam saluran urine tadi.

  12. 12
    masyhurialimohammad Says:

    luar biasa..
    salut ni buat web nya…luar biasa masih sempat update ditengah kesibukannya…praktik 24 jam di web nih..he..he..
    pertama masuk langsung ketemu ma model anoreksia,dg angle membelakangi kamera…PILIHAN FOTO ini sangat mendalam penuh makna, sebuah perlawanan terhadap dogma tubuh ideal yg selama ini meracuni benak kaum hawa kita…(cie… jd komentar fotografi ni..)

    btw,saya blm sempat bc keseluruhan krn lg fokus buat ujian semesteran, tp saya janji bakal sering masuk …
    perkenalan singkat yang luar biasa dengan orang luar biasa seperti dokter…

  13. 13
    Dr. Sukma Says:

    Hai Masyhuri,

    Thanks for visiting my blog. Saya bisa melihat aura ‘smart’ di wajah anda yang innocence…

    I wish I could talk many things sometimes later and thanks for your comment…

  14. 14
    ade Says:

    Hallo dok, saya mau nanya nih. Apakah betul onani bisa membuat wajah kelihatan lebih tua? itu aja dech.

  15. 15
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ade,

    Seperti sudah pernah saya sampaikan ke penanya lain, sebenarnya onani itu sehat bagi lajang yang melakukannya maximal dua kali per minggu.
    (Kondisi fisik kita tidak akan berubah).

    Namun, bila onani dilakukan lebih dari dua kali perminggu, apalagi setiap hari, maka kondisi keseluruhan tubuh akan loyo, tidak sehat, tidak produktif. Termasuk raut wajah akan kelihatan menua, lebih tua dari usia sebenarnya..

  16. 16
    renty Says:

    Assalamu’alaikum, wr, wb.

    Sore dokter!!
    Saya mahasiswa smster 5 di PTS. Saat ini saya sedang butuh jawaban untuk presentasi mata kuliah “Kesehatan & Gizi” di kelas saya, Dok.
    Bantu saya ya dok…
    Pertanyaan yang ingin sy ajukan adlh sbb.
    1. Apa fungsi zat gizi dlm tubuh anak?
    2. Ketika anak sakit (mengkonsumsi obat). Apa yg harus didahulukan, makan terlebih dahulu or konsumsi obat?
    3. Ada anak batita yang tdk suka makan nasi. Dia sgt hiperaktif. Berat badannya tidak bertambah. Apa yg menyebabkan dia begitu ya, Dok?
    4. Ada anak usia 0-9 bulan mengkonsumsi ASI eksklusif. Saat ini usianya 2 thn, tapi hanya mengkonsumsi susu kaleng saja, terkadang bubur (kemasan). Bgmn dampaknya bagi tubuh anak tersebut?
    5. Apa saja kandungan gizi dlm “ikan”? Bagaimana memotivasi anak yang tidak suka mengkonsumsi ikan? Lalu, makanan apa yg bisa menggantikan kedudukan ikan?
    6. Apakah perlu mengkonsumsi vitamin (berupa suplemen) untuk anak yang sudah senang makan?
    7. Bagaimana cara memotivasi anak untuk cinta dg sayuran dan buah-buahan?
    8. Bagaimana cara memotivasi anak untuk mau makan?
    Ibu dokter yang baik hati, please help me…
    dengan segala kerendahan hati, Thanx before ya Dok.

  17. 17
    Dr. Sukma Says:

    Halo Renty,
    1. Fungsi zat gizi dalam tubuh anak yaitu untuk pertumbuhan sehingga organ dalam tubuh anak menjadi dewasa baik dalam ukuran maupun fungsinya yang optimal.
    2. Tergantung obatnya : ada yang diminum sebelum makan atau sesudah makan. Hal ini mengingat efektivitas dan efek samping dari obat.
    3.Kemungkinan autism, atau kelainan psikologis yang termasuk dalam hyperactivity disorders
    4. Jelas pertumbuhannya kurang optimal, secara fisik maupun mental (IQ). Karena banyak jenis vitamin dan trace elements yang sangat diperflukan tubuh dan umumnya terdapat dalam sayuran dan buah tidak pernah masuk kedalam pencernaannya.
    5. Ikan kaya akan lemak yang baik, seperti : Omega3, Omega 6, dst.Juga vitamin A, E dan K. Juga kandungan phosphat akan mencerdaskan intelektual anak. Kalau tidak suka ikan, berikan suplemen yang mengandung vitamin dan omega diatas.
    6. Tidak perlu suplemen lagi bila sudah senang makan.
    7. Cinta sayuran dan buah dapat dimotivasi dengan cara : orang tua memberi contoh nyata dalam praktek sehari-hari. Jangan cuma teori,sedangkan pelaksanaannya nol. Kedua dengan mengolah sayuran dan buah sedemikian rupa sehingga menarik dari segi penyajian dan juga rasa yang disukai anak2.
    8. Memotivasi anak agar mau makan kembali lagi harus diberi contoh oleh orang tua. Namun efek sampingnya orang tua akan kelihatan obese, karena selalu harus makan didepan anak sebelum anaknya sendiri mau makan.

  18. 18
    Elliot Moon Says:

    hi
    l0ykpzhir8se4fnv
    good luck

  19. 19
    Cornelia Mcmahon Says:

    hi
    l0ykpzhir8se4fnv
    good luck

  20. 20
    jerry Says:

    apakah onani bisa memperlambat pertumbuhan,shgga kta mnjadi pndek y dok. .hehe

  21. 21
    Anonymous Says:

    anak saaya mengalami kencing berdarah apakah yang harus saaaya lakukan?

  22. 22
    yudhi Says:

    dok umur saya 23 tahun tapi tinggi badan saya tidak bertambah banyak dari smp 160 cm dan sekarang 163 cm. apa masih ada kesempatan untuk menjadi lebih tinggi lagi ya dok?dan apakah itu normal ato tidak. atau mungkin karena kebanyakan onani waktu smp ya.. mohon jawabannya dok, kalo bisa langsung ke email saya. terima kasih.

  23. 23
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yudhi,

    Sebenarnya teori mengatkan seseorang berhenti pertumbuhannya pada saat dia berusia 21 tahun. Akan tetapi ada juga yang percaya bahwa sampai umur 25 tahun, kita masih punya potensi untuk terus berkembang.

    Oleh karena itu saya sarankan agar anda mencoba meningkatkan pertumbuhan anda, sesuai teori nomor dua tadi : 1. Banyak berolah-raga terutama basket ball dan berenang (3-5 kali per minggu).
    2. Perbanyak konsumsi protein (daging, telur, susu, keju) dan Calcium untuk pembentukan tulang-tulang yang panjang. Bisa minum suplemen Zinc/zincum, bisa beli di Guardian atau Century.
    3. Istirahat yang cukup (tidur malam 8 jam).
    4. Boleh dicoba Nerve Growth Factor dari Innovation store, dengan bintang iklan Ulfa Dwiyanti. Semacam koyo atau hansaplast yang ditempelkan dileher lokasi persis diperbatasan batok kepala dan leher.
    Selamat mencoba, semoga berhasil..

  24. 24
    lies Says:

    salam kenal dok..mo nanya neh..saya punya anak usia 2 tahun sudah 3 bulan ini gak mau makan sama sekali (nasi & lauk pauk)saya sdh berusaha keras dg berbagai cara u membuat dia makan tapi tetap tidak mau, akhirnya untuk menjaga gizi tetap seimbang saya kasih dia pediasure complete..3 kali sehari sebagai gantinya nasi disamping susu formula yang lain..apakah tindakan saya ini benar dok ? skr dia lagi sakit batuk, pilek , demam , malah gak mau minum susu juga katanya lidahnya pahit gimana cara mengatasi lidah pahit ini ya dok..trima kasih

  25. 25
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lies,

    Secara umum tindakan anda untuk memasukkan nutrisi kedalam tubuh anak sudah benar. Alternatif lain mungkin dengan mencoba berbagai variasi dalam menghidangkan makanan. Bisa dilihat dalam acara kuliner atau brosur resto dalam menarik pelanggan bersantap ke restonya.

    Untuk mensiasati lidah yang terasa pahit saat anak dalam keadaan sakit, bisa dicoba mengoleskan MADU pada lidah si anak. Bila madu habis, oleskan lagi, demikian seterusnya. Dengan demikian anda telah melakukan dua hal positif, yaitu menghilangkan rasa pahit di lidah dan memberikan vitamin dan mineral yang terdapat didalam kandungan madu dan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

  26. 26
    Ronny Says:

    Halo Dok, sebelumnya saya mau ucapin salut untuk Dokter, krn informasi diwabsitenya lngkp.
    Ini saya tolong mau tanya Dok, anak saya umur 2,5thn apa boleh minum susu pediasure complete? Dan apa benar katanya apabila anak terlalu banyak minum susu pediasure dikemudian harinya tidak bagus untuk jantung si anak nantinya? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dok.

  27. 27
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ronny,

    Saya termasuk orang yang tidak begitu saja percaya pada setiap promo produk ini-itu. Dasar pemikiran saya yaitu bagaiman orang tua kita yang dulu TIDAK memberikan susu yang bermacam-macam. Tetapi tokh kita hidup menjadi generasi yang berkualitas, tidak gampang sakit, dst.

    Saya sendiri tidak mengaggap perlu anak 2,5 tahun diberikan susu macam-macam,apalagi yang harganya selangit. Cukup susu cair atau susu bubuk yang sudah ada sejak dulu.

    Analoginya seperti anak autis yang diduga muncul akibat terlalu banyaknya vaksinasi, terutama jenis combo.Terlalu banyak bahan tambahan sintetik didalan susu, saya khawatir dampaknya…

  28. 28
    nonik Says:

    bagaimana cara mengatasi mulut agar tidak pahit???
    mulai saya sakit,,mulut saya pahit,, sampai permen yang saya kosumsi pun juga pahit,, saya jadi bingung,, tolong beri tahu y dokter.. thx

  29. 29
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nonik,

    Boleh coba kumur-kumur dengan listerine atau lainnya minimal selama 20 menit non-stop dua kali sehari, habis sikat gigi pagi dan malam habis sikat gigi sebelum tidur.

    Bila ada kuman yang selain mengakibatkab bau, juga mempengaruhi pH rongga mulut, maka tindakan itu akan berhasil. Good luck…

  30. 30
    hekmah Says:

    hallo dok,

    dok saya sdh 5 th menikah, saya suka sering pusing, suka ngeflek2.saya sdh ke dr kandungan,jwbnya karena hormon.pertanyaan saya gmn cr mengatasi mslh hormon?
    apa ada pengaruhnya apa bila kt tdk dpt orgasme pada wkt berhubungan?
    terimakasih sebelumnya

  31. 31
    henarivan Says:

    hallo dok saya mau tanya, diatas disebutkan bahwa bila onani dilakukan lebih dari 2 kali seminggu, wajah akan kelihatan tua, misalnya saya melakukan onani 4 kali seminggu dan terus seperti itu selama satu tahun, nah di tahun berikutnya saya sadar dan saya biasanya hanya melakukan onani 1 atau 2 kali seminggu, apakah wajah saya akan kembali muda ? apakah akan normal seperti orang yang tidak beronani? terimakasih

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe