En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

AppleDalam tubuh kita ada pembuluh darah arteri dan vena. Pembuluh arteri mengandung banyak oksigen(O2), berupa saluran darah yang berasal dari jantung keluar dan masuk kedalam organ tubuh.

Pembuluh vena adalah saluran darah yang membawa darah kotor, yang penuh dengan CO2 kembali ke jantung dari organ tubuh perifir.

Dinding vena jauh lebih tipis dibandingkan arteri, sehingga gampang mengalami pelebaran yang disebut varicocele atau varices.

Varices pada daerah rektum dan anus inilah yang kita kenal dengan wasir atau ambeien. Bahasa medisnya hemorrhoid.

Selain dilokasi rektum dan anus, varices dapat juga ditemukan pada saluran makanan yang disebut varices esofagus. Lokasi lain,  pada betis bagian atas yang sering kita dengar dan paling populer disebut varices saja.

Untuk mengenali varices  gampangnya kita bayangkan berupa gelembung-gelembung yang penuh darah. Makin banyak isinya, makin tipis dindingnya ibarat balon udara dan makin mudah pecah gelembung darah tersebut.

Dimanapun letaknya varices itu, bahaya selalu mengintai yaitu pecahnya gelembung darah yang mengakibatkan perdarahan hebat, yang seringkali menjadi kondisi gawat dan kritis.

Penyebab varices ? Secara umum adalah akibat tekanan darah yang tinggi. Tergantung lokasi, bila pada esofagus disebabkan penyakit hati yang mengakibatkan tekanan vena porta meningkat, timbul varices esofagus.

Hemorrhoid disebabkan sering buang air besar(BAB) yang keras atau keadaan sembelit (konstipasi), sehingga harus mengejan keras saat BAB. Akibatnya tekanan intra abdomen akan tinggi, maka vena-vena di rektum dan anus melebar.

Varices dibetis paling utama disebabkan berdiri lama dengan berat tubuh berlebih dan faktor keturunan yaitu punya bakat varices dari orang tua.

Untuk pencegahan sebaiknya setiap pulang kerja, luangkan waktu untuk mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Hal ini untuk mengembalikan darah yang terkumpul didalam vena kaki yang melebar kembali ke jantung lebih cepat. Lakukan 15 menit sampai setengah jam setiap hari.

Untuk wasir, usahakan jangan terlalu banyak duduk, makan berserat tinggi, dan minum air yang cukup sehingga feces tidak keras dan bisa rutin BAB setiap hari.

Terakhir, varices esofagus paling susah menangani dan paling berbahaya dengan resiko maut mengancam, apabila sampai pecah. Pencegahan tentu dengan menghindari terkena radang hepatitis dengan vaksinasi dan hidup bersih

Popularity: unranked

Posted Friday, April 18th, 2008 at 5:40 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

142 Responses to “Wasir (ambeien): gelembung darah yang siap pecah sewaktu-waktu”

Pages: « 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

  1. 50
    Dr. Sukma Says:

    Hai Evi,

    Sampai saat hemorrhoid anda dioperasi, itulah cara terbaik bagi kondisi anda yang sedang menyusui… Go ahead, insert suppositoria each day …

  2. 49
    Evi Says:

    Dok,maaf mau tanya lg..
    Apa boleh penggunaan tiap hari?
    Dan batas waktu maksimalnya berapa hari.?
    Terimakasih atas waktu yg dberikan untuk menjawab pertanyaan saya sebelumnya dokter..

  3. 48
    Dr. Sukma Says:

    Halo Evi,

    Anusol yang dimasukkan kedalam lubang anus dalam bentuk suppositoria itu sudah tepat pada anda yang sedang menyusui.

    Haemosol itu biasanya diminum. Jadi lebih baik obat per rektal (anusol) dibandingkan haemosol yang diminum pada kondisi anda saat ini. Agar dampaknya ke bayi minimal..

  4. 47
    Evi Says:

    Dok,saya post partus ..
    bab tdk lancar,agak keras n stlah bab kluar drah sgar.
    Dksh anusol oleh dokter tp jk duduk dkloset agak lama,drah menetes lg.yg saya tnyakan:
    1.Minum anusol tiap boleh kah dok?
    2.ap mempengaruhi bayg,mengingat sy msh menyusui-?

  5. 46
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sihmare lagi,

    Biar BAB lancar, makan yang banyak serat seperti : beras merah, sayuran kangkung, dll yang agak kasar texturnya dan dimakan bersama batangnya.

    Hindari makanan halus seperti : bubur, makanan kaleng, buah dan sayuran yang di-juice. Gerakan usus akan sangat lemah dengan makanan halus spt itu. Akibatnya terjadi sembelit.

    Tujuan makanan berserat tinggi agar pencernaan anda bekerja keras untuk mencerna makanan sehingga PERISTALTIK atau gerakan usus dibiasakan menjadi aktif dan kuat sehingga mampu mendorong BAB untuk dapat dikeluarkan secara teratur dan lancar setiap pagi..

  6. 45
    sihmare Says:

    dok,saya mau tanya bagaimana biar bab saya lancar.

  7. 44
    Dr. Sukma Says:

    Halo M. Hartono,

    Coba minum kapsul haemosol. Atau bisa juga anusol yang dimasukkan kedalam anus (suppositoria).

  8. 43
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sihmare,

    Diapet tidak baik dikonsumsi setiap hari. Buat apa? Apakah anda diare terus-terusan setiap hari ?

    Sengkan dulcolax yang periodik dan vegeta herbal, boleh2 saja. Asalkan jangan setiap hari, OK.

  9. 42
    m.hartono Says:

    oh saya malu dok misalnya saya berobat ke dokter dan di periksa doker ha..ha..saya harus bilang bagaimana?Begini penyakit saya di bibir anus ada benjolan dan tidak sakit,tetapi saya takut kalau nanti bagaimana bagaimana
    bagaimana cara mengobatinya?

  10. 41
    sihmare Says:

    dok saya mau tanya kalau mengkonsumsi diapet tiap hari dan kl seminggu sekali menkonsumsi dulcolax dan vegeta herbal bahaya gx dok

  11. 40
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tya,

    Kunjungi dokter bedah umum di RSCM. Agar diperiksa teliti dan kalau perlu dilakukan operasi pada wasir anda.
    Jangan tunda2, makin cepat makin baik.

  12. 39
    tya Says:

    apakah masih bsa dikempiskan dok benjolan tsb?
    qra2 sebaiknya sya berobat ke dokter bag apa di RS mana?
    sya berdomisili di depok.
    terima kasih byk ya dok sblmnya…

  13. 38
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tya,

    Pendapat saya itu betul wasir atau ambeien, grade1-2. Karena masih belum terjadi perdarahan yang mengganggu.

    Coba minum haemosol, baca aturan pakai. Atau obat anusol yang dimasukkan kedalam anus(suppositoria).

  14. 37
    tya Says:

    dok,,wkt kecil sya susah sx BAB,,dan tidak sk makan sayur,mlh bs jd BAB sminggu sx,
    kmudian stelah bbrp lm kmudian di anus saya tiap BAB ada benjolan di lubang anus kanan sya.qr2 sbesar ujung jempol.
    tp anehnya tidak pernah berdarah,hnya skt jika kbykn duduk.
    benjolan itu sll kluar saat BAB dan dimasukan pk tgn.
    apkh itu ambien/maaf “bol” yg kluar?
    anehnya tidak prnh berdarah,
    apa pngobatan yg hrs sya lakukan?
    krn sya msh kuliah,dan tkt benjolan tsb smkn besar dok.

  15. 36
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ali,

    Sebaiknya segera periksa ke dokter penyakit dalam. Bila dibiarkan, semakin banyak darah yang keluar akibatnya ANEMIA.

    BAB berdarah itu agar dicari penyebab pastinya. Kemungkinan besar wasir. Tapi bisa juga sebab lain.

  16. 35
    Dr. Sukma Says:

    Halo Eva,

    Langsung saya jawab pertanyaan anda :
    1. Tingkat 2
    2. Ya
    3. Boleh. Coba minum ‘haemosol’ capsul
    4. Ada faktor lain, yaitu dinding pembuluh darah vena pada tubuh anda kemungkinan agak tipis. Sehingga bila mengejan, gampang terjadi pelebaran dinding kapiler darah disekitar anus..

  17. 34
    ali Says:

    dok sudah 2 hri saya bab mngeluarkan darah,,wrna darahnya merah segar apakah berbahaya dook??

  18. 33
    eva Says:

    Dok,
    Mohon bantuan infonya ya.
    Pekerjaan saya memang duduk dibelakang meja dan saya lebih sering menggunakan toilet duduk untuk BAB dan sering mengejan. Selama ini frekwensi BAB saya bukan 1x sehari tapi bisa 1x dalam 3 hari dan memang feses saya lebih sering keras daripada lunak. 2 hari belakangan saya merasa ada benjolan kecil yang ada di anus dan pada waktu saya lihat memang ada benjolan sebesar kacang merah tapi kulitnya terlihat tipis. Pada waktu saya tekan, tidak dapat masuk kembali kedalam anus. Memang sakit, tapi tidak terlalu dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Saya menyimpulkan bahwa ini adalah wasir/ambeien. Kemudian saya coba cari Anusol tapi tidak ada dan yang ada adalah saleb Ultraproct N. Pertanyaan saya:
    1. Wasir yang saya alami ini tingkatan ke berapa ya?
    2. Apakah Ultraproct N adalah option yang baik selain Anusol?
    3. Apakah selain menggunakan Ultraproct N, saya juga boleh mengkonsumsi obat minum untuk wasir? apa rekomendasi obat minum yang baik?
    4. Saya seorang Vegetarian sekitar 1thn, dan sekitar 1 bulan ini saya sering mengkonsumsi pepaya paling tidak 2 jam setelah makan siang setiap harinya. Kenapa masih terkena wasir ya?

    Terimakasih atas waktu yang diberikan bu dokter menjawab pertanyaan saya ini.

    Tuhan memberkati.

  19. 32
    Dr. Sukma Says:

    Hai Edwin,

    Bila sekeliling anus telah terdapat daging berlebih, sebaiknya anda kunjungi dokter bedah umum. Bila dibiarkan akan semakin parah dan akhirnya merepotkan. Operasi akan semakin lama dan complicated.

    Cara konservatif atau non-bedah sepertinya tidak akan banyak menolong. Perbaikan hanya bersifat sementara dan tidak menyelesaikan ke akar permasalahan.

    Mumpung masih muda dan penyakit belum parah, sebaiknya segera tuntaskan masalah wasir anda ini. Jangan takut operasi, karena obat2an antibiotika potent sudah banyak dan teknik operasi semakin baik. Plus anda tidak akan merasakan sakit sedikitpun, akibat bius umum.

  20. 31
    Edwin Says:

    Dear dok..
    saya 30 tahun..dulu sktr 4 thn lalu anus saya pernah lecet dan bagia tepi anus saya keluar.rasa nya perih dan setiap BAB mengeluarkan darah..hingga saat ini sering nyeri /kambuh dan berdarah jika bab agak keras.kadang di ujung depan ,kadang belakang.malah kadang di dinding samping anus ..sehingga bibir anus saya sekarng seperti ada daging berlebih tpi ga sakit.. dulu satu titik sekarng hmpir ada di sekelilingnya..gmn donk dok..cara penanganan nya..
    trm kasih…

  21. 30
    eva Says:

    Dok,
    Mohon bantuan infonya ya.
    Pekerjaan saya memang duduk dibelakang meja dan saya lebih sering menggunakan toilet duduk untuk BAB dan sering mengejan. Selama ini frekwensi BAB saya bukan 1x sehari tapi bisa 1x dalam 3 hari dan memang feses saya lebih sering keras daripada lunak. 2 hari belakangan saya merasa ada benjolan kecil yang ada di anus dan pada waktu saya lihat memang ada benjolan sebesar kacang merah tapi kulitnya terlihat tipis. Pada waktu saya tekan, tidak dapat masuk kembali kedalam anus. Memang sakit, tapi tidak terlalu dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Saya menyimpulkan bahwa ini adalah wasir/ambeien. Kemudian saya coba cari Anusol tapi tidak ada dan yang ada adalah saleb Ultraproct N. Pertanyaan saya:
    1. Wasir yang saya alami ini tingkatan ke berapa ya?
    2. Apakah Ultraproct N adalah option yang baik selain Anusol?
    3. Apakah selain menggunakan Ultraproct N, saya juga boleh mengkonsumsi obat minum untuk wasir? apa rekomendasi obat minum yang baik?
    4. Saya seorang Vegetarian sekitar 1thn, dan sekitar 1 bulan ini saya sering mengkonsumsi pepaya paling tidak 2 jam setelah makan siang setiap harinya. Kenapa masih terkena wasir ya?

    Terimakasih atas waktu yang diberikan bu dokter menjawab pertanyaan saya ini.

    Tuhan memberkati.

  22. 29
    Dr. Sukma Says:

    Hai Naya,

    Jawabnya bisa tidak dan bisa iya.

    Tergantung apakah warna darah segar atau kehitaman. Dan apakah ada benjolan yang teraba disekitar anus ?

  23. 28
    Naya Says:

    Dok saya mau tanya beberapa hari ini saya BAB mengeluarkan darah..dan fases nya tidak keras dan Anus saya tidak terasa perih ataupun sakit..apakah itu wasir?

  24. 27
    Dr. Sukma Says:

    Halo Chintya,

    Tidak berbahaya. Tidak perlu minum obat tambahan.

  25. 26
    chintya Says:

    dokter tolong donk..
    dalam bbrp hari ini saya mengkonsumsi dulcolax utk memperlancar bab saya. selama mengkonsumsi dulcolax trsbt, ada muncul benjolan kecil dianus bagian luar. dan agak membesar br2 ini. terasa sakit memang. tp pd wkt saya bab tdk ada mengeluarkan darah. obat apa yg bs saya minum? apakah ada obat tambhan lain selain obat trsbt? apakah obat trsbt bs dibeli diapotik tanpa resep dokter? brp lama kira2 benjolan tersbt hilang slm minum obat trsbt (minimal mengurangi rasa sakit?
    terima kasih atas bantuannya dok…

Pages: « 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe