En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

AppleDalam tubuh kita ada pembuluh darah arteri dan vena. Pembuluh arteri mengandung banyak oksigen(O2), berupa saluran darah yang berasal dari jantung keluar dan masuk kedalam organ tubuh.

Pembuluh vena adalah saluran darah yang membawa darah kotor, yang penuh dengan CO2 kembali ke jantung dari organ tubuh perifir.

Dinding vena jauh lebih tipis dibandingkan arteri, sehingga gampang mengalami pelebaran yang disebut varicocele atau varices.

Varices pada daerah rektum dan anus inilah yang kita kenal dengan wasir atau ambeien. Bahasa medisnya hemorrhoid.

Selain dilokasi rektum dan anus, varices dapat juga ditemukan pada saluran makanan yang disebut varices esofagus. Lokasi lain,  pada betis bagian atas yang sering kita dengar dan paling populer disebut varices saja.

Untuk mengenali varices  gampangnya kita bayangkan berupa gelembung-gelembung yang penuh darah. Makin banyak isinya, makin tipis dindingnya ibarat balon udara dan makin mudah pecah gelembung darah tersebut.

Dimanapun letaknya varices itu, bahaya selalu mengintai yaitu pecahnya gelembung darah yang mengakibatkan perdarahan hebat, yang seringkali menjadi kondisi gawat dan kritis.

Penyebab varices ? Secara umum adalah akibat tekanan darah yang tinggi. Tergantung lokasi, bila pada esofagus disebabkan penyakit hati yang mengakibatkan tekanan vena porta meningkat, timbul varices esofagus.

Hemorrhoid disebabkan sering buang air besar(BAB) yang keras atau keadaan sembelit (konstipasi), sehingga harus mengejan keras saat BAB. Akibatnya tekanan intra abdomen akan tinggi, maka vena-vena di rektum dan anus melebar.

Varices dibetis paling utama disebabkan berdiri lama dengan berat tubuh berlebih dan faktor keturunan yaitu punya bakat varices dari orang tua.

Untuk pencegahan sebaiknya setiap pulang kerja, luangkan waktu untuk mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Hal ini untuk mengembalikan darah yang terkumpul didalam vena kaki yang melebar kembali ke jantung lebih cepat. Lakukan 15 menit sampai setengah jam setiap hari.

Untuk wasir, usahakan jangan terlalu banyak duduk, makan berserat tinggi, dan minum air yang cukup sehingga feces tidak keras dan bisa rutin BAB setiap hari.

Terakhir, varices esofagus paling susah menangani dan paling berbahaya dengan resiko maut mengancam, apabila sampai pecah. Pencegahan tentu dengan menghindari terkena radang hepatitis dengan vaksinasi dan hidup bersih

Popularity: unranked

Posted Friday, April 18th, 2008 at 5:40 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

142 Responses to “Wasir (ambeien): gelembung darah yang siap pecah sewaktu-waktu”

Pages: « 6 5 [4] 3 2 1 » Show All

  1. 100
    Sukma Says:

    Halo dr.Sukma (namanya sama.. heheh :D )

    Saya mau tanya,

    Saya menderita wasir sudah lebih dari 5 tahun, tipe wasir dalam yang masih bisa dimasukkan ke anus. Selama ini wasir tersebut kadang saja kambuh dan terasa sakit serta mengeluarkan darah, apalagi jika habis makan makanan pedas.

    Nah, sekarang saya sedang mengandung usia 4 bulan. setelah BAB saya meraba tonjolan seperti jari di daerah tempat wasir tersebut, itu polip ya dok? perut saya pun terasa keram, awalnya saya sempat bingung apakah keram tersebut akibat kontrasi rahim atau jangan2 gara2 polip itu. pertanyaannya, sebaiknya pengangkatan polip tersebut dilakukan menunggu sesudah melahirkan atau harus secepatnya? sebagai tambahan, kondisi kehamilan saya masih rentan, karena letak plasentanya rendah. saya jadi bingung deh, dok..

    Mohon sarannya ya dok..

    Terimakasih :)

  2. 99
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nak Oguy,

    Mumpung kondisi anda masih baik, sebaiknya segera konsultasi ke dokter bedah agar diperiksa dan diberikan terapi sesuai kondisi objektif yang ada. Wasir bila masih tahap awal dan tidak berbahaya masih bisa diberikan obat minum hemasol atau obat yg dimasukkan kdlm dubur yaitu anusol.

    Adanya perdarahan yg mengucur saat anda BAB agak mengkhawatirkan meski anda tidak merasa sakit. Darah yg keluar setiap kali BAB akan berakibat anemia yg mempengaruhi kondisi umum kesehatan anda. Usahakan bisa BAB setiap hari dengan makanan banyak serat sehingga setiap BAB akan lancar TANPA perlu mengejan keras yg menjadi penyebab pembuluh vena sekitar anus akan melebar plus kebiasaan duduk berlama-lama didepan komputer.

  3. 98
    Nak oguy Says:

    Dok, saya ada benjolan didubur. Biasanya keluar saat buang air besar dibarengi dgn darah bercucuran yg trus2′an keluar..Tapi sma sekali tdk perna mrasa sakit dok.
    Saya risihnya keluar darah byak dan benjolan itu saat bab..benjolanx itu bisa dimasukan lg dok klu berdiri.
    Seingat sya,sebelumx sya perna bab dgn paksa/mengejan terlalu keras dan jga sering duduk trlalu lama didepan komputer.

    Sy blum perna knsultasi ke dokter.
    Bgaimana dok?

  4. 97
    Dr. Sukma Says:

    Halo Denny,

    Penyakit anda ternasuk dalam ambeien atau wasir atau hemorrhoid bahasa Kedokterannya… Mumpung masih bisa keluar masuk, berarti tingkat keparahannya belum tinggi, sebaiknya dilakukan operasi untuk menuntaskan masalah tersebut.. Kunjungi dokter bedah umum, agar dibuang pembuluh darah yang melebar / varices disekitar dubur anda tersebut… OK.

    TIDAK ada hubungannya dengan kurang minum…

  5. 96
    Dr. Sukma Says:

    Halo Takwin,

    - Benar. Kelainan itu disebut FISTULA ANI.
    - Tidak ada cara lain, terapi tuntas satu2nya dengan operasi fistulektomi. Bila minum obat saja akan kambuh dan kambuh lagi berulang-ulang. Menderita dan mengganggu.. Secara teoritis antara lain dapat disebabkan oleh aktivitas sexual menyimpang seperti SODOMI.
    - Nanah mengandung kelompok padat kuman dan sel-sel darah putih. Obat baik oral maupun topikal akan TIDAK MEMPAN sama sekali….

  6. 95
    Dr. Sukma Says:

    Hai Aldy,

    Untuk jelasnya sebaiknya anda ke dokter bedah umum agar diperiksa teliti.. Perkiraan saya ada pembengkakan kelenjar getah bening atau limfadenopathy. .. Nanti akan dicarikan solusi terbaik untuk kasus itu…

  7. 94
    Dr. Sukma Says:

    hai Wulan,

    Sebaiknya kosultasi ke dokter SpOG. Karena habis melahirkan kemungkinan ada jahitan disekitar situ pada saat dilakukan episiotomy alias menggunting sedikit area vagina demi kelnacaran proses melahirkan yang Normal…

  8. 93
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sihmare,

    Selain dulcolax, ada broclax… Coba anda tanyakan ke apotik terdekat…

  9. 92
    Dr. Sukma Says:

    Hai Net,

    Penjelasannya : bila sedang kerja keras, maka tekanan darah akan naik sehingga pembuluh darah di sekitar anus akan melebar, disamping karena tekanan terus-menerus didaerah pantat pada saat anda duduk bekerja. Termasuk juga kelenjar keringat didaerah itu yang bekerja extra, menghasilkan sensasi basah dan juga bau tidak sedap seperti bau keringat orang yang lagi stress…. Solusi jangan sampai BAB keras dan bila kerja keras diseling dengan berdiri secara periodiik, sehingga tekanan pada daerah anus dan pantat agak sedikit berkurang….

  10. 91
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ren,

    Kemungkinan terdapat ABSES peri-anal. Jadi sebaiknya kunjungi dokter bedah umum untuk diperiksa dan dicarikan solusinya….

  11. 90
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dewi,

    Kemungkinan besar yang anda keluhkan itu adalah POLIP, yaitu tumbuhan daguing yang bersifat jinak. Meski jinak, bila waktu dan keuangan memungkinkan, sebaiknya dibuang/operaswi saja. Karena kan terus bergesekan dengan feces/ kotoran, lama-lama bisa juga memicu terjadinya kanker anus.

    Untuk medical check-up, benjolan itu TIDAK menjadi penghalang…. So take it easy….., OK.

  12. 89
    Dewi Says:

    Selamat pagi Dr. Sukma,

    Maaf,,saya mau bertanya mengenai keluhan yg sebetulnya tidak mengganggu sy namun sy memikirkannya karena sy akan menjalani medical check up untuk masuk ke suatu perusahaan.

    Setahun yg lalu saya sering mengalami susah BAB hingga berdarah saat mengeluarkan fesesnya. namun masalah tersebut sudah tidak ada lagi saat ini. namun, hingga saat ini, terdapat BENJOLAN SEBESAR KUKU JEMPOL YANG MELEBAR NAMUN TIDAK SAKIT SAMA SEKALI sehingga sama sekali tidak menggangu aktivitas saya.

    yg menjadi pertanyaan saya, sebtulnya apakah benjolan tersebut Dok? dan apakah dapat menyebabkan saya tidak lulus dalam med check itu?

    Terima kasih atas jawaban yg diberikan..

  13. 88
    Ren Says:

    Hallo Dokter,
    Adik saya selama 4 hari kalau bab di sertai nanah, ga bisa bergerak,kalau kakinya bergerak sedikt duburnya terasa sakit sekali.sebelumnya di bab, babnya keras.kemarin sdh ke dokter tapi hanya di kasih obat.sekarang di nangis2,katanya sakit sekali.mohon bantuan dokter.apakah solusinya?makasih

  14. 87
    net Says:

    dok mau ty ni,..knp y saat q bekerja keras,anus q jd basah n perih n bahu y g nak,..klo krj ringan anus g masalah..kyak ni terjadi gara2 pas BAB keras,..anus jd sakit,sakit hilang,..datang lg saat bekerja keras.solusi y gmn dok.thaks…

  15. 86
    sihmare Says:

    dok obat pencahar apa yg paling majur cz dulcolax skrng kurang manjur

  16. 85
    wulan Says:

    Dok,saya habis melahirkan.pada saat ngeden yg keras keluarlh ambien saya.sudah seminggu saya kasi anusol sup.kok keluar kya nanah n cairan dr pantat.kira2 kenapa yach?n bantu cara penyembuhannya yach…terimaksih

  17. 84
    aldy Says:

    Bu dokter saya mau nanya….
    Keadaan dinding anus saya bengkak..kaya ada pembengkakan
    Di dalam…apa itu jenis ambien apa pnyakit yang lain..
    Soalnya tidak ada gejala2 yang mengarah ke penyakit itu…
    Bengkaknya panjang kayak ada urat di dalamnya…
    Sekarang mulai terasa sakit bgt…
    Apa yang harus saya lakukan dok…untuk menanggulanginy…
    Makasih dok…saya tunggu balasanya….

  18. 83
    Takwin Says:

    Hai dokter Sukma,
    Saya mohon bantuannya yah.
    Saya mau tanya….

    Paman saya punya penyakit….. Begini, dok…. gejala pertamanya itu bisul berisi nanah,,, trs nanahnya sudah keluar tapi knpa masih ada nanahnya keluar sedikit demi sedikit smpai sekarang??? Kalau BAB dan buang angin biasa keluar di bekas bisul yg melepuh di dekat anus itu… sudah berlangsung hampir 2 bulan dan sampai sekarang belum sembuh….

    Sudah chek up ke dokter bedah, katanay ada vistel di anus,, trus diminta untuk di bedah….

    Pertanyaan saya,
    Dok…
    - apakah penyakit itu namax fistua ani ????
    - apakah harus di operasi ataukah ada jalan lain tanpa dioperasi ???
    - Obat apa yang cocok untuk penyakit ini, terutama untuk mengeluarkan nanah/penyembuhannya???

    Terima kasih sebelumnya,,,

  19. 82
    Denny Says:

    saya mau nanya dok sebelumnya saya pernah bisul di dubur, mungkin karena saya mencoba menggunakan bawang putih yg kata orang bisa mengempeskan bisul, saya kelupaan mengangkat bawang putih sehingga mengelembung tapi kempes juga… cuman terjadi pendarahan yang banyak akibat bisul yg menjadi infeksi di sekitar dubur, tapi setelah berlalu tidak terjadi lagi , tapi lama lama aneh ketika buang air besar saya selalu gak bagus (maksudnya buang air besarnya encer kadang padat) mungkin pencernaan saya emang gak bagus juga, lama lama kok pas membersihkan kotoran sedikit meraba sya baru sadar kalo ada beberapa benjolan mungkin ada sekitar 2 -4 benjolan kecil kecil tapi setelah 5 menit sesudahnya masuk lagi seperti biasa… apakah itu termasuk wasir dalam yang sudah menimbulkan benjolan ?? tapi bisa masuk lagi setelahnya…. pernah juga pas membersihkan pake tissue ada darah segar…..

    obat makan dan obat oles apa yang harus aku minum dok… bantu aku yah….. cara minum dan banyaknya berapa kali sehari.. (sampe berapa lama ??) bisa kan tanpa operasi ?

  20. 81
    Dr. Sukma Says:

    hai Via,

    Ke dokter bedah umum…

  21. 80
    via Says:

    dok, kalau mau memeriksakan wasir, sebaiknya kemana ya, dokter Bedah Umum ataukah Dokter Sepesialis Penyakit Dalam? Terima kasih..

  22. 79
    Dr. Sukma Says:

    Halo Vino,

    Untuk wasir yang masih ringan bisa dicoba anusol suppositoria/ dimasukkan kedalam anus pada malam hari. Sehingga esok paginya anda dapat BAB dengan lancar tanpa keluarnya benjolan itu lagi. Sudah tentu TIDAK atau belum akan berhasil hanya dalam pemakaian satu kali saja. Obat yang dimasukkan kedalam anus ini (suppositoria), harus rutin digunakan setiap malam, sampai benjolan tidak ada lagi.

    Bisa juga dengan minum kapsul Haemosol yang diminum sesuai aturan. Baca petunjuknya atau tanyakan ke apoteker / dokter yang menulis resep. Jadi anda harus pilih salah satu : minum obat atau suppositoria. JANGAN kedua-duanya.

    Pilih makanan yang kaya SERAT seperti : sayur dan buah2an. Hindari makanan halus/ makanan dalam kaleng selain karena TIDAK berserat, juga mengandung bahan pengawet, pewarna dan perasa yang berpotensi memicu kanker usus…

  23. 78
    vino Says:

    Dok.,saya mau tanya.
    saya menderita wasir.,saya g tau stadium berapa. saat BAB,biasanya ada benjolan dari dubur saya dan membuat sulit mengeluarkan kotoran..

    setelah diperiksakan ke dokter katanya daya dorongnya lemah(saya g begitu ngerti daya dorong apa).,trus dikasih 3 jenis obat yang harus saya konsumsi selama 15 hari untuk memperbaiki daya dorong..,tapi setelah memasuki hari kesepuluh tak ad perubahan berarti sehingga saya menghentikan konsumsi obat2 tersebut. Saat mengkonsumsi obat2 tersebut.,perut saya jadi buncit shingga membuat saya takut untuk makan..

    Mohon advicenya dok..,supaya wasir saya ini bisa hilang..saya takut mengkonsumsi obat2 yang beredar bebas dipasaran..
    terima kasih…

  24. 77
    Dr. Sukma Says:

    Hai Kiki,

    Anda sendiri sudah merasakan ketergantungan terhadap produk tertentu untuk bisa BAB. Jadi sebaiknya anda kembali ke cara alamiah yaitu dengan rutin makan buah pepaya setiap hari plus makan sayuran bertekstur kasar seperti bayam, kangkung, daun ubi, dll yang berserat tinggi.

    Nah, siapa bilang yang kuno itu pasti jelek. Orangtua kita telah melakukan hal yang sama sejak puluhan tahun lalu dan ternyata sampai sekarangpun kebiasaan jadul itu masih dapat diterima akal sehat dan valid…

  25. 76
    kiki Says:

    dokter,sy kiki 19 thun
    slama ini sya mengkonsumsi vegeta herbal ditambah dgn 1 kapsul laxing setiap 2 x shari?
    apkah aman dkter untk mengknsumsi itu?

    akan tetapi obat trsebut sudah ketergantngan pada diri saya,apabila saya tdak mengkonsumsi,maka saya sulit untk bab,bgaimana menurt dokter?

    mkasi dokter

Pages: « 6 5 [4] 3 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe