En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

AppleDalam tubuh kita ada pembuluh darah arteri dan vena. Pembuluh arteri mengandung banyak oksigen(O2), berupa saluran darah yang berasal dari jantung keluar dan masuk kedalam organ tubuh.

Pembuluh vena adalah saluran darah yang membawa darah kotor, yang penuh dengan CO2 kembali ke jantung dari organ tubuh perifir.

Dinding vena jauh lebih tipis dibandingkan arteri, sehingga gampang mengalami pelebaran yang disebut varicocele atau varices.

Varices pada daerah rektum dan anus inilah yang kita kenal dengan wasir atau ambeien. Bahasa medisnya hemorrhoid.

Selain dilokasi rektum dan anus, varices dapat juga ditemukan pada saluran makanan yang disebut varices esofagus. Lokasi lain,  pada betis bagian atas yang sering kita dengar dan paling populer disebut varices saja.

Untuk mengenali varices  gampangnya kita bayangkan berupa gelembung-gelembung yang penuh darah. Makin banyak isinya, makin tipis dindingnya ibarat balon udara dan makin mudah pecah gelembung darah tersebut.

Dimanapun letaknya varices itu, bahaya selalu mengintai yaitu pecahnya gelembung darah yang mengakibatkan perdarahan hebat, yang seringkali menjadi kondisi gawat dan kritis.

Penyebab varices ? Secara umum adalah akibat tekanan darah yang tinggi. Tergantung lokasi, bila pada esofagus disebabkan penyakit hati yang mengakibatkan tekanan vena porta meningkat, timbul varices esofagus.

Hemorrhoid disebabkan sering buang air besar(BAB) yang keras atau keadaan sembelit (konstipasi), sehingga harus mengejan keras saat BAB. Akibatnya tekanan intra abdomen akan tinggi, maka vena-vena di rektum dan anus melebar.

Varices dibetis paling utama disebabkan berdiri lama dengan berat tubuh berlebih dan faktor keturunan yaitu punya bakat varices dari orang tua.

Untuk pencegahan sebaiknya setiap pulang kerja, luangkan waktu untuk mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Hal ini untuk mengembalikan darah yang terkumpul didalam vena kaki yang melebar kembali ke jantung lebih cepat. Lakukan 15 menit sampai setengah jam setiap hari.

Untuk wasir, usahakan jangan terlalu banyak duduk, makan berserat tinggi, dan minum air yang cukup sehingga feces tidak keras dan bisa rutin BAB setiap hari.

Terakhir, varices esofagus paling susah menangani dan paling berbahaya dengan resiko maut mengancam, apabila sampai pecah. Pencegahan tentu dengan menghindari terkena radang hepatitis dengan vaksinasi dan hidup bersih

Popularity: unranked

Posted Friday, April 18th, 2008 at 5:40 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

142 Responses to “Wasir (ambeien): gelembung darah yang siap pecah sewaktu-waktu”

Pages: « 6 [5] 4 3 2 1 » Show All

  1. 125
    Ani Says:

    Asslmualkum dok,slam kenal dok, umur saya 23 th saya punya keluhan di anus sAya tiba aj ko’ ad benjolan ??????ªªªª,pi lw bab aj kluarny gmna tu ??????ªªªª dok,,, saya ingin datang ketempat praktek dokter, di mna ??????ªªªª dok almtny, buka praktekny setiap hari ap? Dan mulai jam brpa mulai buka praktekny…

  2. 124
    Ria Says:

    Dok, saya umur 21 th. Kerja sbg kasir. Saya kerjanya kebanyakan duduk. mungkin sehari bisa 6-10 jam duduk terus.
    Yang saya herankan sejak 1.5th kerja jd kasir saya melihat ada semacam daging tumbuh di lubang anus saya dok. tiap saya BAB saya raba dagingnya menonjol keluar. Tapi kalau itu bener wasir/ambeien, kok saya gak merasakan sakit,nyeri,ataupun mengeluarkan darah waktu BAB ya dok??
    Kira-kira daging tumbuh itu berbahaya gak dok, terus cara menghilangkannya bgmn??
    Terimakasih.

  3. 123
    taufan Says:

    hai bu, saya pria berusia 26 tahun akhir -akhir ini saya sering perih saat BAB, setelah saya liat seperti ada luka semcam sariawan di sekitar anus saya, kadang berdarah. yang ingin saya tanyakan
    1.apakah itu wasir karena seperti ada benjolan sedikit dan kulit yang menjulur
    2. apakah karena saya idak suka pedas, dan kemren2 saya makan peds teruss

  4. 122
    betinur Says:

    bu ada tidak dokter bedah perempuan untuk sedit kista di payudara(aspirasi)

  5. 121
    Andri Says:

    dok,saya mau tanya
    bila jongkok,Di belakang anus saya dan tepatnya di dalam kulit seperti ada bulatan,bila ditekan itu keras dan gerak kedalam dan bila di rasa dan diraba itu panjang kedalam,itu tidak sakit dan bab saya lancar,apa itu wasir apa hanya ujung tulang ekor dok? Trima kasih

  6. 120
    Bambang Cipto Says:

    Dokter Sukma, kalau boleh bertanya. Saya setahun lalu operasi vistel yang terletak diatas anus dibawah alat vital tapi ada diluar. sekarang dari bekas yang kering tumbuh lagi benjolan warna merah, dan tambah lagi benjolan dibawahnya. Apa saran dokter? Terima kasih dok.

  7. 119
    dewi Says:

    doc saya mau tanya saya sakit typhus tapi sdh seminggu ini ke luar darah dari dubur saya padahal saya sudah minum obat ardium untuk wasir tp sepertinya darah saya tidak berhenti dan perut sebelah kiri saya terasa sakit serta panas, begitu pula dengan panggul dan pinggang kira2 saya sakit apa ya dok, krn dok internis bilangnya saya sakit typhusdan wasir, tp sygnya tnpa pemeriksaan teropong dll. haruskah saya pergi ke dokter bedah? saya tinggal di bogor adakah dokter bedah wanita??

  8. 118
    pipin Says:

    dok, saya pipin 20 tahun dari Semarang.
    Teman saya mengalami pemecahan pembuluh vena karena kesalahan petugas rumah sakit saat mengambil darah. Lengan kakannya menjadi hitam/merah kotor. Akibat dari pecahnya vena apa ya dok? Dan bagaimana mengatasinya? Dan apakah kesalahan semacam itu bisa kami tuntut?
    Terimakasih dok :)

  9. 117
    winy Says:

    hallo dok , saya mau tanya saya sudah ngejalanin operasi wasir, tapi setelah itu kenapa ya ko perut saya jadi buncit dan keras. apa itu msh wajar dok?

  10. 116
    yuli Says:

    Dokter, sdh 17 hari ini saya melakukan program diet h*******e, beberapa hari yang lalu ada benjolan di anus.
    Apakah itu wasir ? dan apakah ada hubungannya dengan program diet yang saya jalani (dalam 17 hari berat saya berkurang 4kg)??
    Bagaimana penyembuhannya ? Mohon penjelasannya ya Dok.
    Terimakasih.

  11. 115
    novie Says:

    dok sya maw tnya baby sya imur 7 bln tp BAB nya ko suka lma ya kdang 3 smpai 4hri skali. trus klo bab itu ska ngeden pup.ny mmang agak kras trus skitar anusnya tmbuh dging sbesar butiran bras. bayi sya bru mkn asi dan bbur sereal blm mkn buah dan syur. mnta sran nya dok !?

    trimakasii..

  12. 114
    noven Says:

    sy pnykt ambeyn dagingnya dah keluar dan tdk bs msk lg dan skt lg skr gmn cara pnyembuhannya tolong bgt dok krna tersiksa bgt synya

  13. 113
    sani Says:

    slmat mlm dok, saya sani 22th,tgl d jawa timur dkt sby, sejak thun 2005 atau smp, sy prnah BAB kluar darah dan sakit skali, namun tdk timbul benjolan, awalnya sy tdk menghiraukan krn rsa skitnya stelah BAB hilang,namun stelah agak lama d anus tmbul benjolan kecil dan bisa msuk kmbali, tp sy msh tdk mnghiraukannya, lama kelamaan benjolan trsbut tdk bsa msuk kmbali dan brtmbah bsar hngga 2benjoln, sy mnyesal krn terlambat dan tdk mnghiraukan,dan tdk prnh sy priksakan, stelah sy baca artikel2 sy mrasa kalau wasir, prtanyaan sy:
    1. kira-kira ini wasir tngkat brp ya dok?
    2. jk hrs operasi, apakah nanti stlah operasi bisa bnar2 sembuh?? tkutnya timbul lg, dan brp lama sy hrs beristirahat stelah operasi??? (status sy d tuntut aktif krn mhsiswa n kryawan)
    3. kira-kira RS d jawatimur yg trbaik untuk kasus sprti ini dmn ya dok?
    4. jk nanti sy brumah tngga dan hamil bahkan melahirkan apakah wasir akn tumbuh kmbali??? untuk mncegahnya apa yg hrs sy lakukan dok??? (rncana sy mnikah 2bln lg)
    terimakasih…mohon bantuannya dok, sangat penting skali

  14. 112
    vivi Says:

    halo dok, selamat sore.
    saya vivi 20th, sudah 4 hari ini saya merasakan sakit yg luar biasa ketika BAB, BAB saya berdarah dan sepertinya darah tsb berasal dari dinding anus yg robek krn feses yg keras. Sy kmudian menggunakan microlax, dan akhirnya saya bisa BAB. 4 hari inipun saya ketergantungan dgn microlax, meskipun pada awalnya saja BAB saya keras dan berdarah. Obat apakah yg harus saya minum dok? terimakasih… Mohon solusinya.

  15. 111
    Aji... Says:

    Aji 25 thn…..dok aq mw tnya d anus sblh kri sya ad bnjolan…..kra2 udh 3 blnn kdng besar kdng kcil kdng jg hilang…….klo BAb..kdng trasa gtel skali,tpi lo kluar drah sh lom pernah….untuk mngtasinya g mn y dok….apkh in gjala wasir..

  16. 110
    agung Says:

    saya mau tanya prosedur cuci darah akibat dari gagal ginjal dan apakah cuci darah merupakan keharusan / ada cara pengobatan lain.

  17. 109
    suhada Says:

    dok, biar lebih gampang. account twitter dokter apa ya? biar saya follow… makasih :)

  18. 108
    suhada Says:

    dok, ibu saya divonis mengidap ambeyen oleh dokter dan sudah diobati. tp belakangan ini kata ibu saya ada 2 buah benjolan disekitar dubur dan rasanya sakit. tp bejolan tsb hilang- timbul gitu dok. kira2 itu benjolan apa ya dok? dan cara mengobatinya gimana? terimakasih

  19. 107
    Dr. Sukma Says:

    Hai Akaka,

    Efek samping bila sering/ terus2an pakai dulcolax yaitu akan suli/ tidak bisa BAB tanpa dulcolax. Reflex dan gerakan usus menjadi kurang sensitif thd bnyaknya serat didalam mknan yg kita konsumsi.. Gitu aja sih. Solusi terbaik yaitu banyak konsumsi sayuran dan buah serta mkn berserat tinggi/ kasar. Hindari makanan halus/ refined spt mkn dlm kaleng karena serat sgt rendah plus ada bahan pengawet yg bersifat karsinogenik yaitu memicu terjadinya kanker, dlm hal ini kanker usus besar atau kolon.

  20. 106
    akaka Says:

    dok, efek samping pake obat dulcolax yg bentuknya peluru trus di masukin ke anus itu apa aja ya? Saya mau pakai itu, tp takut. Soalnya gak tau efek sampingnya. Tolong di jawab secepatnya ya

  21. 105
    Ria Says:

    halo dokter, saya mau bertanya, saya rasa pertanyaan ini belum ada pada komentar-komentar di atas.

    begini dok, saya pernah mendengar dari tetangga saya, dia memiliki riwayat ambeien dan sempat dioperasi di luar negri, kata dia saat kita ambeien sebaiknya kita menghindari pepaya dok karena dapat mengakibatkan pelebaran lubang anus. kemudian dari pengalaman saya dan beberapa teman saya, saat saya BAB berdarah, saya banyak makan pepaya dok, namun esok harinya kok BAB saya mengeluarkan darah yang lumayan banyak ya dok? demikian juga pengalaman dari beberapa teman saya, apakah itu hanya kebetulan atau bagaimana ya dok? mohon penjelasannya, terimakasi doker^^

  22. 104
    anyssa Says:

    Dokter saya, mau tanya di anus saya ketika selesai BAB ada benjolan2 dan perih . Tapi bberapa jam setelah BAB benjolan itu dan perihnya hilang. Tapi ktika saya BAB tidak pernah keluar darah. Apakah itu wasir atau ambeien atau bukan dok? Trim

  23. 103
    yusran Says:

    Penyakit fistula memang penyakit yang sulit sembuh. Karena infeksi peradangan akan selalu terjadi dan sangat mengganggu aktivitas seseorang. belum lagi dampak psikologis dari penderita karena merasa putus asa dengan rasa sakit yang dirasakan setiap hari. namun fistula bukan berarti tidak ada kemungkinan untuk sembuh. Orang dengan fistula tidak boleh putus asa dalm mencari kesembuhan baik melaui medis atau dengan herbal pengobatan tradisional.sehingga kita dapat meraih kualitas hidup yang lebih baik dan menyadari bahwa kesehatan adalah yang utama. Untuk itu, mudah mudahan ini menjadi solusi untuk masalah tersebut. Silahkan hubungi ke E-mail : yusran_akbar81@yahoo.com. Thank’s

  24. 102
    abdu Says:

    hii dokk…

    Tolongin saya…

    sudah 3 minggu Anus/dubur saya pada bagian atas mengalami luka dan di sebelah nya terdapat benjolan/tonjolan yang jika disentuh terasa sakit/berdenyut..

    itu penyakit apa dok.
    Dan apa solusinya…..
    Dan apakah ada obatnya….

  25. 101
    hafis Says:

    dok mau tanya obat yang saya alami, saya mengalami keluar anus saat saya BAB, saat saya jongkok. setelah keluar anusnya susah masuk, dan terasa perih tapi tidak pernah keluar darah hanya merasa perih dan sangat mengganggu saya, mua tahu dokter apa obatnya

    terima kasih

Pages: « 6 [5] 4 3 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe