PAROTISKata ‘gondongan’ mengacu kepada kondisi pipi yang biasanya kanan dan kiri membengkak. Tepatnya yang dimaksud pipi disini adalah bagian pipi didepan kedua telinga yang dalam bahasa medis kita sebut regio parotis. Pembengkakan ini memberi warna kemerahan dan dapat mengakibatkan tertariknya daun telinga bagian atas kedepan dan kondisi ini sudah pasti dirasakan nyeri oleh penderita.

Parotis adalah salah satu kelompok kelenjar liur besar, yang gampang terjangkit peradangan oleh virus yang disebut ‘mumps virus’. Peradangan ini disebut parotitis atau ‘mumps’ oleh orang-orang dinegara Barat sana atau kita di Indonesia sering menyebutnya dengan ‘gondongan’ (bukan ‘gondok’, lho – jangan salah).

Parotitis mudah diobati, namun bila bukan radang akan tetapi tumor parotis maka ceritanya lain lagi, lebih sulit disembuhkan. Apa itu tumor parotis ?

Tumor parotis ada yang jinak dan ada yang ganas. Namun-jangan takut dulu- kebanyakan tumor parotis (90%) bersifat jinak. Dan ini sudah tentu melegakan kita semua. Berbeda dengan gondongan, maka tumor parotis tidak akan bisa disembuhkan hanya dengan mengoleskan serbuk ‘blau’ yang berwarna biru yang menjadi obat tradisional masyarakat kita. Blau hanya mempan untuk gondongan tapi tidak mempan untuk tumor parotis.

Satu-satu nya jalan untuk terbebas dari tumor parotis adalah dengan cara operasi. Operasi tumor kelenjar parotis  sedikit agak ribet, dikarenakan banyak percabangan saraf-saraf muka yang melewati daerah itu. Salah potong, bila tidak berhati-hati melakukan operasi, dapat mengakibatkan muka ‘mencong’ akibat sebagian otot wajah menjadi lumpuh karena putusnya cabang persarafan.

Mimik muka bila terjadi putus saraf akan menyerupai kondisi ‘Bells’ Palsy’ yaitu keadaan muka seseorang yang tampak mencong, tidak simetris yang kata orang tua disebut sebagai kena teluh atau kena jampi-jampi orang yang tidak menyukai kita.

Padahal itu bukan magic, tetapi logik yaitu akibat tidak normalnya  saraf muka. Pada ‘Bells’ Palsy’ disini akibat terpapar suhu dingin dalam waktu cukup lama, bisa berupa angin malam yang menerpa sebagian muka, maka saraf ditempat itu akan tidak bekerja secara normal alias lumpuh. Maka terjadilah muka mencong itu.

Tumor parotis jinak paling sering di kelenjar parotis adalah pleomorphic adenoma. Dinamakan begitu karena terdiri dari berbagai macam jaringan ((pleomorphic), ada jaringan lemak, miksoid, mucin, kadangkala tulang rawan. Struktur terbanyak yang terlihat dibawah mikroskop adalah bentuk kelenjar yang hiperplastis (adenoma). Jadi tumor jinak ini dinamakan pleomorphic adenoma.

Tumor jinak ini biasanya tumbuh perlahan-lahan, dalam 2 tahun akan berukuran 2-4 centimeter, tidak nyeri dan tidak ada keluhan lain, kecuali benjolan yang berada didepan telinga.

Pasien akan datang ke RS atau dokter terdekat, ketika mengetahui benjolan itu tidak menghilang dengan diolesi serbuk blau. Dan kian lama semakin tumbuh membesar, meski pertumbuhannya pelan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kebanyakan tumor ini bersifat unilateral artinya, mengenai satu sisi saja, bisa parotis kiri ataupun parotis kanan. Pada keadaan yang jarang dapat dijumpai penderita dengan tumor bilateral, parotis kanan dan kiri.

Penderita laki-laki sedikit lebih banyak dibandingkan perempuan. Dapat mengenai semua umur, paling sering usia dewasa muda dan tua.

Meskipun tidak ganas, sebaiknya tumor jinak ini segera dioperasi, begitu diketahui. Karena semakin lambat dilakukan terapi, akan semakin besar beayanya dan juga semakin memperburuk penampilan yang secara aestetika tampak jelek.

Satu hal lagi yang menjadi kekhawatiran, ada yang disebut “Carcinoma arising in Pleomorphic Adenoma” artinya, keganasan yang timbul pada tumor yang tadinya jinak menjadi berubah ganas.

Mengenai waktunya, kapan mulai ganas tidak pasti, karena bersifat individual, artinya pada setiap pasien akan berbeda sesuai kondisi tubuh penderita. Karena itu segeralah bereskan sekecil apapun penyakit atau tumor yang anda derita.

Hal ini dapat diterapkan pada semua keadaan yang mengganggu kesehatan anda. Semakin cepat diatasi, semakin baik.  Ada yang bilang : ’sakit kok dipelihara’…

Popularity: 16%

Posted Friday, September 5th, 2008 at 11:44 am
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

213 Responses to “Pleomorphic Adenoma, tumor kelenjar liur Parotis, sering diduga ‘gondongan’”

  1. 1
    hendra Says:

    dok,di sekitar telinga saya ada benjolan yg sudah terjadi +/- 6 thn,baru2 saya melakukan biopsi,karena biopsinya kecil, hasil dari biopsi kemungkinan kalenjar liur /tumor parotis.
    saya ingin tahu di jkt yg dpt malakukan operasi ini di rumah sakit mana?
    karena saya takut terjadinya ‘wajah mencong ‘ seperti dokter katakan.
    terima kasih atas informasinya,saya tunggu kabarnya dari dokter.

  2. 2
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hendra,

    Dari apa yang anda tulis, kemungkinan besar tumor itu seperti judul tulisan saya ini, yaitu Pleomorfik Adenoma, tumor jinak kelenjar liur parotis.

    Jangan khawatir, di Jakarta banyak yang akhli melakukan bedah tumor parotis. Tentu saja secara logika, di RSCM adalah tempat yang paling tepat. Karena semua spesialis dan sub-spesialis berada disana dikarenakan RSCM menjadi pusat rujukan Nasional, dari seluruh Indonesia. Disamping tentu saja beaya operasi akan jauh lebih murah di RSCM dibandingkan RS. Swasta.

    Sebaiknya anda ke RSCM pada hari kerja, mulai Senin sampai dengan Jum’at, agar tenaga dokter yg diperlukan dipastikan berada ditempat pada hari anda dijadwalkan untuk dilakukan operasi.

  3. 3
    Alfan Hadi Says:

    Salam kenal Dokter Sukma. Nama saya Alfan Hadi. Saya ada benjolan seukuran bola kelereng persis di bawah telinga kiri. Lalu dokter melakukan biopsi BJH pada benjolan tersebut. Alhasil benjolan tersebut membengkak sejak biopsi dan saya divonis sakit TBC. Obat TBC saya konsumsi selama 3 bulan. Badan jadi lemas banget. Secara kebetulan oom saya yang dokter datang berkunjung. Dia melihat adanya kontroversi antara vonis dokter dan letak benjolan tersebut. Menurutnya ini adalah positif pembengkakan kelenjar parotis. Lantas saya cek ke dokter bedah tumor. Dokter tersebut membenarkan observasi tersebut dan diperkuat dengan laporan USG. Hasil USG menunjukkan banyak pembuluh darah yang berseliweran di benjolan tersebut. Cuman dokternya bilang operasi sangat “delicate” dan saya harus diopname selama seminggu. Dan besar kemungkinan muka saya akan mencong. Saya jadi stress berat karena seperti menemui jalan buntu. Bila ternyata akhirnya wajah jadi mencong apakah dapat kembali normal atau selamanya akan begitu. Saya mohon dokter memberikan pencerahan kepada saya dalam hal ini. Atas perhatiannya saya ucapakan banyak terima kasih.

  4. 4
    Dr. Sukma Says:

    Halo Alfan,

    Saya pikir sebaiknya anda datang ke RSCM hari Senen ini. Sebab disana banyak yang akhli operasi tumor parotis, tanpa harus beresiko muka mencong.Ditangan yang sudah biasa melakukan operasi tsb , tentu hasilnya tanpa efek samping muka mencong.

    Kalau di RSCM tenaga akhlinya tidak ada/sedang keluar kota, mungkin sebaiknya anda tunggu saja.
    Alternatif lain, anda bisa ke Singapore General Hospital.

    Operasi bisa ditunda sampai maksimal 6 bulan kedepan. Bila terlalu lama, dikhawatirkan terjadi perubahan ganas pada tumor yang semula jinak tersebut.

  5. 5
    Alfan Hadi Says:

    Terima kasih Dokter Sukma untuk advisnya. Kalau saya boleh minta tolong lagi, di RSMC departemen apa yang harus saya hubungi? Soalnya saya punya pengalaman dengan operator RSCM yang sangat tidak kooperatif. Informasi yang disampaikan sangat simpang siur. Thank’s again Dokter Sukma.

  6. 6
    Dr. Sukma Says:

    Hai Alfan,

    Departemen yang menangani tumor parotis adalah Oncology subspecialty Salivary Gland. Setiap center ada perbedaan, seperti misalnya di RSHS Bandung, yang menangani tumor parotis biasanya bagian THT.

  7. 7
    fahrul Says:

    dok, saya sudah 3 kali di operasi, terakhir di rs swasta di medan, boleh dibilang gagal karena setelah operasi masih ada benjolan besar. mana lebih baik operasi di penang atau di rs di jakarta. terima kasih dok.

  8. 8
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fahrul,

    Sebenarnya Penang atau Jakarta sama baiknya. Sekarang lokasi tempat tinggal anda apakah lebih dekat ke Jakarta atau Penang. Adalah lebih bijaksana memilih RS. yang berdekatan dengan tempat domisili anda. Hal ini menyangkut finansial dan support dari keluarga terdekat.

  9. 9
    Yuli Says:

    Dok, saya ingin bertanya, pada depan telinga kiri ayah saya terdapat benjolan sebesar +/-2 cm sejak sekitar 5-6th yg lalu, sekarang muncul benjolan lagi di wajah sebelah kanan, tp ukuran lebih kecil. Setelah konsultasi ke 2 org dokter bedah, hasilnya adalah ayah saya diminta operasi secepatnya. Sebenarnya penanganan terhadap tumor itu bagaimana dok? Sebelum operasi apa tidak ada test terlebih dahulu untuk menentukan ganas atau tidak? Sebaiknya kami konsultasi ke dokter THT atau onkologi? Ayah saya berumur 68 th dan mempunyai hipertensi, sekitar setahun yg lalu terkena stroke ringan. Apakah operasi memungkinkan untuk ayah saya? Terima kasih atas nasehatnya.

  10. 10
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yuli,

    Sebaiknya ke dokter onkologi. Dokter ini akan minta dilakukan FNAB atau biopsi jarum halus kepada seorang patoloog/ dokter spesialis PA. Dari hasil PA ini akan dapat diketahui tumor itu jinak atau ganas dan jenisnya apa.

    Karena ayahanda 68 tahun dengan riwayat stroke ringan, sudah pasti secara otomatis akan dilakukan konsultasi ke dokter penyakit dalam. Selain untuk toleransi operasi(layak atau tidak untuk dioperasi)juga untuk terapi yang lain (menyangkut kondisi jantung, paru dll).

  11. 11
    lilik soraya Says:

    Slm kenal dokter sukma,suami saya sdh 4 th menderita radang pada kelenjar parotis dan terasa sakit dibagian bawah telinga kiri.Mulut,hidung dan mata bag kiri tidak simetris,sudah MRI di Behesda dan hasil AJH di UGM pada tgl17 sep sediaan sitologi menunjukkan sel-sel epithelial tersusun berkelompok sebagian tersebar,monomorf,sitoplasma banyak dan tidak terdapat sel ganas dengan kesimpulan sialdentis kronis. Dengan keadaan di atas apakah ada alternatif pengobatan lain selain operasi? mengingat saraf ke7 sdah kena. trims

  12. 12
    Dr. Sukma Says:

    Hai lilik soraya,

    Diagnosis ‘Sialadenitis kronis’ berarti adanya infeksi atau peradangan khronik pada kelenjar liur yang pada kasus ini kelenjar parotis. Bila diagnosis seperti itu, terapinya BUKAN operasi, akan tetapi antibiotika yang cocok (susceptible).

    Namun dari apa yang anda tulis, bahwa pembesaran kelenjar itu sudah berjalan 4 tahun itu sudah pasti bukan radang.Perkiraan saya tumor jinak parotis. Karena massa tumor sudah semakin membesar dan telah mengenai saraf facialis (saraf ketujuh), sebenarnya satu2nya terapi adalah operasi.

    Bagaimana kalau anda coba ke terapi alternatif gus muh di Jakarta. Insya Allah suami anda dapat disembuhkan dengan transfer energi, dst. Alamat gus muh, dapat dilihat disiaran televisi hari sabtu pagi.

  13. 13
    eko adji Says:

    Halo dokter,

    Isteri saya sudah hampir 8 tahun ini mengindap tumor parotis, selama ini dengan pengobatan alternatif tapi belum sembuh, apabila operasi di RSCM bisa ya dok,karena sewaktu konsultadi dokter di semarang, katanya tidak bisa jamin operasi berhasil biasanya saraf ada yang kena dan wajah merot dll.Itu yang membuat isteri takut. Kalo alternatif selain in gus muh apakah masih ada lagi yang lain. Seandainya operasi di RSCM, kira-kira menghabiskan biaya berapa, karena kami tidak begitu mampu dari sisi biaya, sehingga kalo tahu perkiraan biaya, kami bisa siap-siap cari, terus kalo di RSCM apa bisa memakai askes, terima kasih

  14. 14
    eko adji Says:

    Halo dokter,

    Apa betul kalo tumor parotis setelah dioperasi bisa muncul lagi benjolannya, karena ada teman yang seperti itu, kemudian setelah operasi muka jadi merot apakah ada terapi untuk penyembuhan agar muka tidak merot.
    Terima kasih.

  15. 15
    Dr. Sukma Says:

    Hai eko adji,

    Iya betul, tetapi tidak semua kasus yang dioperasi timbul lagi benjolan yang disebut residif. Tergantung saat dioperasi pertama, bila diangkat semua sampai bersih, umumnya tidak kambuh lagi. Akan tetapi ada 1-2 kasus yang kambuh atau residif, pasca dioperasi. Ini namanya nasib, sebab saya yakin dokter bedah telah berusaha membersihkan dengan seksama seluruh jaringan tumor..

    Muka yang merot alias mencong, bisa diusahakan perbaiki dengan fisioterapi, yaitu dengan sinar infra-red yang ditujukan kebagian muka yang bermasalah tsb. Namun bila sarafnya( saraf ke tujuh alias nervus facialis) terputus, sinar infra-red tidak akan menyelesaikan masalah.

  16. 16
    Dr. Sukma Says:

    Halo eko adji,

    Seharusnya RSCM menerima Askes, dan saya yakin diterima. Karena RSCM RS pemerintah menjadi pusat rujukan nasional. Cobalah datang kesana, kunjungi dokter bedah onkologi. Semoga istri anda dapat ditolong.

    Selain gus muh, mungkin dapat dicoba terapi herbal H. Andi di Cileduk, Tangerang. Pak haji ini juga sering muncul di TV, setiap hari minggu dalam acara akar pinang.

  17. 17
    caca Says:

    Halo dok, ditelinga bagian depan telinga kiri saya ada benjolan, tidak besar, sebesar bentol biasa, baru ketahuan awal desember ini, saya abaikan saja karena menyangka itu bakal jerawat atau bentol biasa, tapi setelah hampir satu bulan kok tidak hilang, saya pun memeriksakannya ke dokter umum. Kata dokter itu, benjolan didepan telinga saya bukan apa-apa, karena penasaran saya mencari info di internet dan menemukan berbagai artikel tentang kelenjar parotis. Saya jadi bingung apakah saya mengidap kelenjar parotis atau hanya benjolan biasa, mengingat makin lama belakang telinga saya sering terasa ngilu, dan muka bagian kiri (depan belakang) terasa seperti ditekan. Mohon penjelasannya. Terimakasih. Salam.

  18. 18
    caca Says:

    sedikit tambahan, usia saya baru 25 tahun.

  19. 19
    Atep Says:

    Dokter,
    tahun 2000 istri saya dioperasi tumor parotis yang letaknya bawah telinga sebelah kiri. 6 tahun kemudian tumbuh lagi dan kembali dioperasi lagi. Dan sekarang, awalnya ada benjolan kecil ditempat yang sama dan kami kira benjolan tersebut hanya keloid saja. Tapi lama kelamaan seperti membesar. Untuk yang ke 3 kalinya kami periksakan ke dokter yang sama. Setelah dilakukan CT. Scan, hasilnya normal-normal saja. Tapi dokter tetap memaksa kami untuk dilakukan biopsi. Hasilnya tumor tersebut tumbuh kembali dan harus dilakukan operasi kembali.Dokter, kami ingin mencari 2nd opinion di rumah sakit yang lain.Oya, sebelumnya rumah sakit yang menangani istri saya adalah RSPAD Gatot Subroto. Yang ingin saya tanyakan, ke bagian mana saya harus periksa di RS yang lain? RS mana yang direkomendasi oleh dokter atas penyakit istri saya ini? Bagaimana dengan RS Darmais? Terima kasih dok..

  20. 20
    Dr. Sukma Says:

    Halo Caca,

    Anda berusia 25 tahun dengan benjolan depan telinga kiri. Sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus yang disingkat BAJAH atau FNAB istilah Inggrisnya.

    Mudah2an hasilnya bukan tumor parotis, karena bisa juga limfadenitis TBC, yang terbanyak pada usia anda.Kunjungi dokter bedah umum atau dokter Patologi Anatomi(PA) untuk biopsi itu.

  21. 21
    Dr. Sukma Says:

    Halo Atep,

    Seperti yang anda tulis, 2nd opinion dapat dilakukan ke RS. Dharmais (RSKD), Jakarta. Disana banyak akhli kanker (onkolog).

  22. 22
    panji Says:

    Dokter….anak saya (3tahun) mengalami gondongan, perlukah dibawa ke dokter karena anak saya terlihat tidak terlalu menderita, masih mau mengunyah nasi walaupun tidak sebanyak biasanya. sampai batas apakah anak perlu dibawa ke dokter? adakah makanan atau buah yg menjadi pantangan?
    Terima kasih sebelumnya untuk Dokter.

  23. 23
    Dr. Sukma Says:

    Hai Panji,

    Gondongan sebenarnya termasuk penyakit ringan dan self limiting. Artinya dia akan sembuh sendiri tanpa diobati. Yang penting gizi anak baik dan masih mau beraktivitas /menguyah makanan, anda tidak perlu khawatir.

    Hanya jika anak lesu, makan dan minum susah atau panas tinggi, segeralah dibawa ke dokter anak.

  24. 24
    Lidya Says:

    dok, ditelinga saya ada benjolan sebesar kelereng dan setelah di FNAB ternyata tumor parotis jinak. menurut info jika dioperasi dpt mengakibatkan mulut mencong dan mata sulit menutup, dan katanya lagi jika diterapi dalam tiga bulan kondisi itu tidak sembuh..maka mulut menyon dan mata sulit menutup akan menjadi permanen selamanya. apakah mmg seperti itu? klo do yogyakarta dimana RS yg terbaik untuk operasi itu? makasih sebelumnya..

  25. 25
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lydia,

    Iya betul. Apa yang anda tulis tentang efek samping dari operasi tumor jinak parotis, bila tidak berjalan lancar termasuk muka menyon yang bisa permanen.

    Saya tidak begitu familiar dengan Jogya. Bagaimana kalau anda ke RSK Dharmais saja atau RSCM di Jakarta?

  26. 26
    Beny Says:

    Dok, di depan telinga Bapak saya (usia lebih dari 50) ada benjolan (tidak sakit), sudah dilakukan biopsi, menurut dr yang melakukan biopsi, hasilnya adalah kista, tapi setelah di biopsi seminggu kemudian malah membengkak dan sakit sekali, kemudian dikasih antibiotik suntik, dan skrg sudah kembali ke awal sebelum di biopsi dan tidak merasakan sakit.
    Setelah saya baca-baca di internet, koq malah mengarah ke tumor parotis. saya mohon sekali pencerahannya Dok, apakah harus operasi atau kalau dibiarkan efeknya akan seperti apa. Terima kasih Dok

  27. 27
    Dr. Sukma Says:

    Halo Beny,

    Saran saya untuk bapak anda berusia 50 tahun, sebaiknya biarkan saja tumor jinak di parotis itu. Dengan pertimbangan, dioperasipun belum tentu berhasil sempurna, padahal beaya sudah banyak dikeluarkan.

    Efek yang fatal tidak ada, hanya secara kosmetik akan sedikit terganggu dengan adanya benjolan.

  28. 28
    yoes Says:

    hallo dok, istri saya sejak desember 2008 ada benjolan kecil di depan telinga, sy sudah jalankan t3,t4,tsh semua normal, hasil usg tumor parotis, yang saya tanyakan apakah tumor jinak ini berubah jadi ganas berapa lama?, sebb desember baru menyadari, terus kami di tangani oleh dr evert poteray di jbc jakarta baru ketemu lagi 10 maret lagi dgn bw hasil usg, saya takut jadi ganas, terus yang saya tanyakan apakah atau berapa % yang mencong mukanya, terus yang saya tanyakan boleh ngak biopsi dilakukan pas operasi aja (untuk mengetahui ganas/jinak) (ukurannyaa 0.77cm dan 3.2 cm di satu sisi telinga kiri)

    salam sy
    yus

  29. 29
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yoes,

    Mengenai jumlah prosentase penderita tumor parotis yang mukanya mencong pasca operasi, belum saya temukan data statistiknya.

    Pemeriksaan yang dilakukan pada saat operasi untuk mengetahui jinak atau ganasnya suatu tumor itu ada dan biasa disebut pemeriksaan Frozen Section atau sering disebut VC (Vries Coupe, dari bhs. Belanda).

  30. 30
    Bella Says:

    Hallo Dok, Selama kurang lebih 3-4 tahun ada benjolan kecil di bagian belakang telinga Saya akibat bekas luka tindik yang semakin hari kian membesar(dari yang sbesar kacang tanah, sekarang sudah hampir sebesar kacang mete). Saya sudah ke dokter kulit di Bandung dan dinyatakan keloid yang harus segera dibuang dengan cara operasi bedah. Tapi Saya membaca tentang tumor parotis..Koq sepertinya mirip sekali dengan keloid?
    Saya jadi takut sendiri..

    Kemudian, yang ingin saya tanyakan, bila keloid Saya diangkat (sekarang ini Saya masih belum siap mental untuk operasi), adakah kemungkinan tumbuh lagi?

    Tapi, teman Saya pernah kecelakaan dan mengalami luka jahitan dan katany Dokter yang menanganinya memberikan suntik keloid dan berhasil Apa benar ada suntikan seperti itu??

  31. 31
    Dr. Sukma Says:

    Hai Bella,

    Trust me, itu pasti bukan tumor parotis. Benjolan dikuping bekas tindik biasanya KELOID. Jinak namun agak mengganggu secara kosmetik.

    Ada suntikan kenacort yang bisa mengecilkan keloid. You should try, bila takut dioperasi..

  32. 32
    Johan Says:

    Dok, saya mau tanya, temen saya didiagnosis dokter terkena Karisnoma sel skuamosa dan Adenoma

    kira2 ntu pnyakit apa ya dok ?
    makasih sebelumnya :D

  33. 33
    wida Says:

    Dok,

    berkaitan dengan pmbahasan di atas, bbrp hari lalu kponakan saya yg masih berusia -/+ 8 bulan, diperiksakan ke dr spesialis kulit karena kekhawatiran kami terhadap benjolan kecil (-/+ kacang ijo) di depan telinga. Sebelumnya dr anak yg menangani persalinan adik saya mengatakan bahwa benjolan itu hanya jerawat.
    Hasil diagnosis dr dr spesialis kulit mengatakan bahwa benjolan tsb kemungkinan tumor jinak, tentu saja hal ini membuat khawatir adik saya. Apakah berbahaya Dok? hal apa yg harus dilakukan untuk mengobatinya klo memang harus dioperasi usia berapa yg diijinkan?memungkinkan utk dilakukan tindakan operasi?

  34. 34
    Dr. Sukma Says:

    Hai Johan ,

    Karsinoma sel Skuamosa artinya tumor ganas epitel skuamosa. Sedcangkan adenoma, ktumor jinak yang membentuk gambaran struktur kelenjar.

  35. 35
    Dr. Sukma Says:

    Hai Wida,

    Pendapat saya, bayi 8 bulan sepertinya BELUM pernah saya tahu menderita tumor kelenjar liur, meski jinak sekalipun. So, Jangan khawatir berlebihan.Lebih baik wait and see, lakukan observasi.

    Bila besarnya sudah 1 cm at least, anda bawa ke dokter anak agar dirujuk untuk FNAB ke dokter spesialis PA.

  36. 36
    Irvan Says:

    dok, di sekitar telinga kaka saya ada benjolan…. kemudian kaka saya di operasi di RS Mitra bekasi…dan setelah di teliti hasilnya tumor Pleomorphic Adenoma… saraf pada wajah kaka saya pun terganggu di bagian pipi, mata dan lidah… apakah saraf tsb dapat disembuhkan dok dngan terapi…? klo ada alamatnya .. Dan apakah tumor tsb akan timbul kembali…? Pencegahanya gmna..? Terimakasih sebelumnya..ditunggu informasinya…

  37. 37
    RIO Says:

    dok,masih knal sama saya kan??
    saya mau tanya,setiap saya berolahraga jika terlalu cape’ maka saya akan jatuh sakit.
    knapa bisa begitu dok dan gmana cara mengatasinya????

  38. 38
    hilda Says:

    dok, adik saya mempunyai benjolan di daun telinganya, katanya sih bekas tindik….dia udah 2 kali operasi tapi sekarang benjolan itu ada lagi, dan terasa nyeri…ditunggu jawabannynya ya dok….

  39. 39
    Dr. Sukma Says:

    halo Hilda,

    Benjolan dibekas tindik biasanya keloid. Bila benar keloid, ada cara lain yaitu dengan suntikan kenacort dilokasi benjolan langsung. Kunjungi dokter SpKK (spesialis kulit dan kelamin).

  40. 40
    Lhara Says:

    halo Dr. Sukma, saya sedikit confuse dengan pendapat anda tentang Pleomorfik Adenoma, anda mengatakan bahwa letak benjolan tumor tersebut berada didepan kedua telinga. tetapi lain halnya dengan Ibu saya, benjolan tersebut berada di belakang daun telinga kanan,tetapi dokter telah mendiagnosa bahwa itu adalah pleomorfik adenoma. Lalu bagaimana pendapat anda??? i need

  41. 41
    rani Says:

    Yth. Dr. Sukma Merati

    Saya tertarik sekali dengan weblog yang Dokter buat; sungguh sangat membantu =)
    Saya perempuan, berusia 22 tahun. Akhir tahun lalu, saya batuk2 seiring dengan munculnya benjolan di samping leher sebelah kanan. Saya sudah ke dokter Paru dan dirontgen serta dicek darah (saat itu saya tidak berdahak), tidak ada tanda2 bakteri penyakit TB. Setelah batuknya mereda, benjolan itu juga hilang.

    Februari 2009, saya kembali batuk-batuk. Kemudian mucul benjolan di leher samping sebelah kiri. Meskipun batuk saya reda, benjolan itu tetap ada. Benjolan itu hampir sebesar biji salak, keras jika ditekan. Namun tidak berasa sakit. Yang agak nyeri jika disentuh justru daerah bagian bawah benjolan tersebut. Saya sudah ke dua dokter, dua2nya menyatakan harus dioperasi. Dokter pertama memberi saya antibiotik, dan selama beberapa hari, benjolannya mengecil, tapi terus kembali ke ukuran semula.

    Apakah mungkin benjolan di leher ini bisa dihilangkan tanpa operasi? Sejauh ini, benjolan di leher tidak terlalu mengganggu. Hanya bagian bawah yang nyeri jika saya terlalu capek. Selain itu, beberapa hari ini saya kembali batuk. Namun sekarang berdahak. Apakah ini berhubungan dengan dengan benjolan di leher?

    Ke mana saya harus periksa? Ke dokter spesialis onkologi atau langsung ke spesialis PA? Berapa biaya untuk mengetahui ini penyakit apa?

    Mohon penjelasannya…

    Terimakasih banyak

    Semoga Tuhan memberkati…

  42. 42
    Dr. Sukma Says:

    Halo Rani,

    Jika anda ingin tuntaskan masalah benjolan yang hilang timbul, sebaiknya dilakukan FNAB pada benjolan itu.

    Prosedur FNAB tidak ribet, tidak sakit dan low cost akan tetapi menghasilkan diagnosis yang hampir 100 persen TEPAT. Minta dilakukan FNAB ke dokter spesialis PA.

  43. 43
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lhara,

    Jangan confuse, sebab kelenjar liur itu lokasinya sangat banyak antara lain bisa sedikit dibelakang telinga dan termasuk variant normal.

  44. 44
    Dr. Sukma Says:

    Hai Irvan (post 36),

    Gangguan pada pipi, lidah dan mata bisa di’minimize’ dengan melakukan fisioterapi dengan sinar infra red.

    Mengenai kambuhnya tumor, itu tergantung operasi yang lalu. Bila benar-benar bersih, maka biasanya tidak akan kambuh lagi.

  45. 45
    raman Says:

    dokter…saya ingin bertanya…saya mengalami kalenjer liur yang tersubat…menyebabkan bengkak di bawah lidah.dan sakit di bawah dagu…bagaimana nak mengatasinya…ingin dapatkan infomasi dari dokter..thanks..

  46. 46
    Dr. Sukma Says:

    Halo Raman,

    Sebaiknya kunjungi dokterTHT, apakah ada peradangan atau tumor. Mungkin perlu dilakukan FNAB pada benjolan dibawah dagu. Bila kelenjar liur tersumbat bisa oleh peradangan atau adanya batu.

    Untuk mengatasai masalah yang ada, harus tahu dulu diagnosis pasti permasalahan itu.

  47. 47
    Agus Says:

    Dok, bisa saya tahu no telp doktor? saya ingin bertanya tentang tumor parotis — terima kasih — agus bandung.

  48. 48
    Dr. Sukma Says:

    Hai Agus,

    Sebaiknya anda tulis saja apa yang hendak anda tanyakan dan segala permasalahan yang ada. Akan segera saya jawab, begitu pertanyaan anda muncul di blog ini, OK.

  49. 49
    Dodi Suwardi Says:

    Dok saya sudah seminggu ini menderita parosis , dokter di rs melia mendiagnosa begitu, saya diberi 4 macam obat, antibiotik, anti virus, obat anti meriang, dan satu lagi obat penahan nyeri, sudah seminggu tidak ada kemajuan bengkak di pipi kiri tetep gak berkurang sebelumnya gak ada benjolan itu baru seminggu ini. bahkan sekarang yang mulai kanan ikutan sakit, Kalau makan apa apa suaaaakit banget dok terutama makanan yang berkarbohidrat tinggi. ada saran gak untuk saya dok..?

  50. 50
    ricki sahputra Says:

    salam knal dok,saya ricki 22 thn saya sudah 3 th menderita kalenjar parotis,tapi tidah ada rasa sakit yang saya alami dok,hanya semakin lama benjolan di bawah telinga saya semakin besar,apakah mesti di lakukan operasi dok?…
    kalau boleh tau dok berapa ya biaya kalau melakukan operasi dok?…
    apakah setelah dilakukan operasi tumor tersebut dapat tumbuh lagi?…
    terima kasih banyak ya dok…

  51. 51
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dodi Suwardi dan Ricki Sahputra,

    Buat Dodi Suwardi,
    Apakah anda ada gigi berlubang atau gusi yang membengkak dan terinfeksi ? Terus terang agak sulit menduga kearah mana,tanpa melihat dan memeriksa langsung.

    Rasa sakit sebenarnya TIDAK ADA hubungannya dengan jenis makanan seperti yang anda sebut berkarbohidrat tinggi.Cuma ada kaitan bila carbohidrat tinggi, biasanya disukai bakteri disela-sela gigi penyebab caries dentis atau gigi berlubang.

    Sebaiknya habiskan dulu semua obat yang diresepkan untuk anda, kemudian baru kita nilai ulang.

    Buat Ricki Sahputra,
    Berapa beaya operasi,itu tergantung pada RS dan kelas perawatan yang anda inginkan. Makin tinggi kelas perawatan,makin mahal honor dokter dan makin mahal sewa kamar operasi, makin mahal harga obat2an anaestesi, dst

    Sehingga semuanya (komponen beaya operasi) itu pada akhirnya menjadikan semakin mahalnya beaya operasi.

  52. 52
    Dodi Suwardi Says:

    Terimakasih dokteratas sarannya, gigi saya 100% sehat dok disiplin gosok gigi dari kecil, memang saya butuh waktu cukup lama yaitu 2 minggu setengah sampe kempis dan tidak sakit lagi dibagian kelenjar parotis….waktu yang sangat lama untuk sebuah siksaan hehehe…but now everything is fine…thanks God for healing me.

  53. 53
    Alfi Abdina Says:

    Apa perbedaan antara sialadenitis dengan parotitis? baik dari segi gejala, bagaimana kondisi ini muncul atau cara penanganan yang baik?
    Thanks to Dr.Sukma Merati

  54. 54
    Dr. Sukma Says:

    Halo Alfi Abdina,

    Sialdenitis istilah UMUM untuk radang di kelenjar liur. Selain parotis ada kelenjar liur di maxilla, mandibula dan sublingual/bawah lidah. Sedangkan Parotitis radang khusus pada kelenjar parotis.

    Selebihnya BACA buku mengenai salivary gland, mahasiswi FK. You should read the book, NOT me.

  55. 55
    Robor Says:

    Hi there,
    Everything dynamic and very positively! :)
    Robor

  56. 56
    chintiadeviyanti Says:

    dok papa saya dari tahun 2003 ada benjolan di depan kuping udah konsultasi ke dokter kata nya papa saya terkena tumor parotis tetapi papa saya takut operasi karena takut mungkanya mencong dan ada solusi lain gak dok selain operasi????

  57. 57
    Dr. Sukma Says:

    Hai Chintyadeviyanti,

    Tidak ada jalan lain pengobatan tumor parotis, baik jinak maupun ganas.

    Yang bisa TANPA operasi, yaitu bila kelenjar parotis terinfeksi alias radang (parotitis).

  58. 58
    chintiadeviyanti Says:

    dok sejak tahun 2005 saya terkena penyakit amandel,amandel saya sangat besar kata dokter saya harus operasi ada jalan lain gak dok selain operasi??????/

  59. 59
    Dr. Sukma Says:

    Hai chintyadeviyanti,

    Radang amandel pada orang dewasa TIDAK perlu diangkat/operasi. Cukup dengan anti radang dan Antibiotik.

  60. 60
    yudika Says:

    dok mama saya beberapa bulan ini nafas nya suka sesak dan setiap bernafas mama saya selalu merasa nyeri penyakit apakah mama saya dok ???? dan cara mengobati na bagaimana???

  61. 61
    Dr. Sukma Says:

    hai Yudika,

    Keluhan mama anda itu mengacu kepada penyakit radang selaput paru yang disebut pleuritis.

    So, kunjungi dokter spesialis Paru,agar diberikan antibiotik yang cocok dan sekalian pain killer untuk penghilang nyerinya.

  62. 62
    yudika Says:

    apakah penyakit radang selaput paru bisa di sembuh kan dok???????????

  63. 63
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yudika,

    Pleuritis sangat GAMPANG disembuhkan. Jangan khawatir, tidak seperti sakit kanker yang susah diobati. Memang nyeri yang dirasakan penderita setiap kali menarik nafas,kelihatan mengkhawatirkan.

    But,don’t worry ada obat penghilang rasa sakit sangat hebat seperti itu. Obatnya cukup diminum saja.

    Bila infeksi atau radang pada pleura bisa diatasi dengan antibiotika yang cocok, maka penderita SEMBUH dan rasa NYERI akan HILANG begitu saja..

  64. 64
    Rahardjo Herutomo Says:

    Salam hormat,
    Bu Dokter yang baik… langsung saja ya Dok, saya punya anak laki-laki pada 19 oktober nanti berusia 2 tahun… dari bayi (6 bulanan) kami baru ‘ngeh’ kalo dileher tepatnya dibawah telinga kiri ada benjolan kecil di uratnya warna kebiruan, itu terlihat kalau anak sedang negok ke arah kanan kalau lurus atau menoleh kekiri tidak terlihat.. dan sepertinya dia tidak merasa terganggu, pernah saya coba untuk memegangnya (sedikit memencet) tapi dia tidak merasa sakit… yang ingin saya tanyakan apakah itu normal/wajar atau biasa? atau bagaimana Dok… kalaupun ke dokter lebih baik ke dokter mana ? umum, spesialis anak, internis atau apa Dok?… begitu saja Dok,,, mohon penjelasannya… sebelum dan sesudahnya saya ucapkat terima kasih….
    Hormat saya, Rahardjo Herutomo

  65. 65
    chintia Says:

    dok seandainya papa saya tidak mau operasi untuk kedepan nya apa akibat nya dok dan ada gak dok obat untuk bengkak nya tidak membesar thanks :)

  66. 66
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rahardjo Herutomo,

    Benjolan kecil dan tidak dirasakan sakit serta tidak mengganggu aktivitas pada anak 2 tahun, sebaiknya di observasi saja. Tidak perlu over-reactive.

    Amati saja, jangan dipegang-pegang atau dipencet karena tindakan itu akan merangsang pertumbuhannya.

    Paling maximal benjolan itu adalah kelenjar getah bening (KGB) yang tampak membesar bila sedang demam,batuk-pilek atau radang tenggoroikan.

    Bila daya tahan tubuh anak bagus,nanti benjolan itu akan hilang sendiri.

    Bila benjolan semakin besar dan telah berdiameter minimal 1 cm, boleh dibawa ke dokter spesialis anak untuk dirujuk ke dokter spesialis PA untuk tindakan biopsi jarum halus(FNAB).

  67. 67
    Dr. Sukma Says:

    Hai Chintia,

    Setahu saya tidak ada cara untuk mengecilkan tumor parotis KECUALI operasi. Final answer…

  68. 68
    maya Says:

    salam kenal dok. boleh saya tau alamat dan nomor tlp dokter? saya ingin konsultasi dengan bu dokter. saya baru sadar ada benjolan dileher kiri saya, and I’m afraid it’s tumor parotid, especially after reading your site…
    thks
    Maya

  69. 69
    Dr. Sukma Says:

    hai Maya,

    Saya di Pekanbaru. Kita cukup berkomunikasi via blog ini saja.

  70. 70
    gie Says:

    dok, 2 hari ini timbul benjolan seperti jerawat di pipi bagian bawah sebelah kanan tepatnya sedikit diatas tulang rahang +/-1cm … Bila ditekan, terasa nyeri seperti rasa nyeri ketika menekan jerawat.. Apakah benjolan ini termasuk tumor parotis? Bila didiamkan, apa efek sampingny? Sebaikny diperiksa ke rumah sakit mana (sy tinggal di bdg) ? Dan menghubungi dokter spesialis apa? Terima kasih atas waktuny…

  71. 71
    Dr. Sukma Says:

    Hai gie,

    Lokasi yang anda tulis itu BUKAN lokasi kelenjar tiroid. JANGAN dipegang/diraba-raba atau ditekan-tekan. Tindakan itu akan merangsang pertumbuhannya. Sebaiknya dibiarkan saja, just wait and see…

    Bila nanti membesar, dan berdiameter lebih dari 1 cm, barulah ke dokter umum untuk diberi surat pengantar rujukan ke dokter spesialias PA agar dilakukan biopsi jarum halus (BAJAH atau FNAB).

  72. 72
    Wahyu Says:

    Dok,sy mau tanya,Mertua sy ditelapak tangan bawah jari ada benjolan yg lumayan besar!apakah itu Tumor jinak Dok,Makasi dok….

  73. 73
    Dr. Sukma Says:

    Halo Wahyu,

    Bila benjolan tidak dirasakan sakit dan tumbuh secara perlahan serta tidak mengganggu aktivitas sehari-hari,
    kemungkinan benjolan itu adalah lipoma, tumor jinak.

  74. 74
    maya Says:

    dok, anak saya 33 bulan laki2 terkena gondongan, dokter sudah memberi obat antibiotik+vit. apakah dampaknya pada ank laki2? apa bisa menyebabkan kemandulan?apa lagi yg bisa saya berikan spy ank cepat sembuh? terima kasih ya dok :)

  75. 75
    Dr. Sukma Says:

    Halo Maya,

    Untuk gondongannya atau ‘mumps’tentu putra ibu yang berusia kurang dari 3 tahun telah diberikan obat anti-virus oleh dokter anak.

    Yang bisa ibu lakukan adalah memberikan makanan dan minuman bergizi ‘extra’, agar terjadi penyembuhan lebih cepat dan mengurangi risiko testisnya terkena radang.

    Usahakan anak banyak istirahat/tiduran dan berikan obat penambah daya tahan tubuh semacam stimuno berupa obat sirup. Sebaiknya anda konsultasi ke dokter anak.

  76. 76
    risky febrian Says:

    saya sudah hampir 3 tahun terkena serangan bells palsy, mngkin ini karena keterlambatan saya dalam mengobati penyakit ini. pertama x saya tau kalau saya terkena penyakit ini itu jg dri tmn saya, akhirnya saya mencoba cek kdokter ternyata saya terkena bells palsy. saya danjurkan untuk fisioterapy lalu saya jalankan perintah tersebut tetapi tidak ada perubahan yg berarti pdhal sudah jlan 1 bulan saya terapi. akhir y saya memutuskan berhenti. alasan lain karena jadwal saya berbenturan dengan kuliah dan main bola. sampai sekarang wajah saya msh terlihat aneh teman2 kampus saya selalu mentertawakan saya itu yg membuat saya menjadi minder dan putus asa. saya ingin bertanya apakah ada cara lain untuk mengobati penyakit ini selain fisioterapy dan akupuntur? dan apakah penyakit ini bsa smbuh total pada diri daya setelah saya biarkan hingga kurang lebih 3 tahun lamanya?

  77. 77
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rizky Febrian,

    Tiga tahun adalah waktu panjang yang anda sia-siakan. Saya tidak tahu pasti, apakah masih bisa dilakukan terapi terhadap kasus BELL’s PALSY anda.

    Sebaiknya kunjungi dokter saraf di Jakarta, kemungkinan ada metode baru yang dilakukan untuk meminimalisir kasus ini.

    Sementara itu minum obat neurobion rutin setiap hari. Siapa tahu ada ‘miracle’ dan penyakit anda bisa sembuh akhirnya. Satu butir neurobion setiap hari aman dan tidak ada efek sampingnya.

  78. 78
    diana Says:

    Dr. Sukma,

    sudah 2 minggu ini anak saya , laki-laki usia 17 bulan terkena mumps di bawah telinga depan sebelah kiri. sudah ke dokter anak, diberi isoprinosine, tapi belum juga mengecil. sudah diadvice ke dokter bedah, dan kemungkinan reactive hyperplasia atau kena ke submandibular glandnya. dokter menyarankan minum stimuno, dan ini hari kedua anak saya minum stimuno, sementara obatnya masih dilanjutkan, dan benjolannya sepertinya mengecil di waktu pagi, tapi di malam hari saya pegang kok membesar. saya khawatir, apakah ini tumor? please advicenya

  79. 79
    Dr. Sukma Says:

    Hai Diana,

    Langkah-tindakan dan obat yang diminum sudah tepat. Sekarang tinggal menunggu reaksi obat yang tidak bisa instan. Dalam satu minggu akan ketahuan bahwa obatnya cocok atau tidak.

    So, take no action just observe…

  80. 80
    santi Says:

    dear dr sukma,saya uda hampir sebulan ini,pipis-nya tidak lancar,rsanya perih dan nyut2an dikemaluan,dan disertai bau pipis yg tidak sedap,,saya bisa pipis berulang-ulang dalam 1 jam.

    dokter sukma saya ini terkena batu ginjalkah?dan apa obatnya?

    trimakasih banyak bu dokter…

  81. 81
    Dr. Sukma Says:

    Hai Santi,

    Anda terkena radang saluran kemih , tepatnya pada buli2 atau kandung kemih. Gejalanya persis seperti itu.

    Kunjungi dokter uroloog untuk diberikan obat yang tepat. Sekalian mungkin perlu periksa urine lengkap di lab.

  82. 82
    shinta Says:

    dokter, disekitar telinga ibu saya terdapat benjolan yg dulunya kecil dan sekarang makin besar dan kemungkinan kini hampir sebesar jempolan kaki, tapi ibuku tidak merasa sakit….. dan aku takutnya kelenjar liur/tumor parotis
    dan klo memang benar adakah rumah sakit yg bisa menangani penyakit tersebut dan berapa biaya hrus melakukan operasi minum dokter. krn saya ingin sekali ibu saya sembuh dari sakitnya
    terima kasih dokter dan shinta tunggu jawaban secepatnya ke email

  83. 83
    Dr. Sukma Says:

    Hai Shinta,

    Sebaiknya ibunda dibawa ke RSCM, karena sebagai RS. rujukan pusat nasional dan teaching hospital, semua akhli yang handal ada disana termasuk peralatan medis yang lengkap.

    Secara ‘lega-artis’ kunjungi dokter umum dulu agar dirujuk ke dokter spesialis PA(patologi anatomik) untuk dilakukan biopsi jarum halus/FNAB terhadap benjolan di parotis tsb.

    Hasil FNAB ini lalu dibawa ke dokter onkologis di RSCM.

  84. 84
    echa Says:

    dok,anak saya umur 4tahun didiagnosa thyroglossus cyst….sudah usg dan periksa darah(thyroid normal)……..
    sebenarnya sudah lama,tapi kami khawatir untuk operasi karena anak masih kecil dan juga karena letaknya di leher….dan selama ini tumor tersebut tidak mengganggu/menyebabkan keluhan. Salah satu dr.Sp.Bonk yang kami kunjungi bercerita bahwa beliau pernah mengoperasi kasus sama tapi pasien dewasa.Apakah tumor ini dapat dibiarkan saja sampai nanti anak dewasa(biar anak yang memutuskan sendiri operasi/tdk)?….atau memang harus segera?…. Apakah tumor ini hanya berakibat kosmetik saja?…atau dpt berubah menjadi ganas?…. Bila akan operasi sebaiknya ke RS mana?…bila di indonesia,sebaiknya dengan dr.Sp.BA atau dr.Sp.BOnk?…. Adakah dr. yang dr.sukma rekomendasikan?…. Tks

  85. 85
    Dr. Sukma Says:

    Halo Echa,

    Saya berprinsip, sekecil apapun masalah kesehatan yang ada, sebaiknya segera dituntaskan. Dengan motto ‘penyakit jangan dipelihara’.

    Namun, pada kasus anak anda saya pikir sebaiknya dibereskan atau diangkat/operasi kista tersebut pada usia 6 tahun, saat mulai masuk sekolah dasar.

    Alasannya, anak sudah cukup besar dan bisa kooperatif sehingga diharapkan pada saat belajar nanti tidak ada gangguan kesehatan yang berarti.

    Kista duktus tiroglossus bisa mengalami komplikasi berupa peradangan dengan akibat operasi akan lebih sulit dengan adanya perlengketan dengan jaringan sekitar.

    Akibatnya durasi operasi semakin lama, paparan obat anestesi lebih banyak, beaya lebih tinggi, prognosis kurang optimal, dst.

    Yang terpenting kondisi anak pada saat operasi harus dalamm kondisi bagus dan fit. Operasi cukup dilakukan oleh dokter bedah anak (SpBA), karena sudah biasa menangani kasus serupa.

  86. 86
    Tirta Says:

    Assalamualaikum.

    Ibu putri saya baru berumur 2,5 bulan dan sedang menjalankan program ASI ekslusif. Ada pembengkakan di pipi bagian kanan (kelihatan pipi tembeb), dan ada benjolan sampai kebagian bawah telinga. Kalau di pegang lembut dan sepertinya anak saya tidak merasa sakit dan tidak ada demam. Saya sudah ke spesialis Anak, hasil diagnosa awal ada 2 kemungkinan mumps virus atau pembengkakan limfe. Ciri-ciri fisik seperti Mumps, (kalau dokter berkenan melihat saya akan kirimkan fotonya ke e-mail Ibu). untuk tindakan medis sudah di berikan Fenistil Drop dan AMOXAN. setelah 1 minggu tidak ada perubahan. Dan saya kembali lagi ke DSA, dan antibiotiknya di ganti CEPTIK Cefixime. Dan akan di lihat perkembangannya sampai 6 hari kedepan. Mudah-mudahan berkurang. Tapi jika hasilnya tetap sama dokter sudah menyarankan untuk Biopsi. Apakah biopsi itu menyakitkan dok ? Apa ada cara dengan dignosa lain ? Sebagai catatan medis, terakhir kali pernah Foto Terapi karena memiliki kadar Billirubin Total 10 dengan hasil diagnosa cholesistitis dan Hiperbilirubinemia. Apakah ada kaitannya pembengkakan tersebut dengan imunisasi DPT (pembengkakan mulai tampak membesar setalah melakukan imunisasi DPT)? atau Cholesistitis ? Saya mohon saran dan nasehat dari Ibu Dokter. Terima Kasih.

    Tirta Aceh

  87. 87
    Mega Says:

    Assalamualaikum. salam hormat dan salam kenal bu dokter yang baik.
    Dok, Nenek saya (71 th) kena tumor parotis di leher sebelah kiri, awalnya kami kira gondongan, tapi setelah beberapa bulan tidak kempes, dan di bawa ke dokter bedah, kemudian dokter bilang tumor parotis dan harus segera dilakukan operasi pengangkatan. berbagai macam tes sudah dilakukan untuk mengetahui tumor itu ganas atau tidak. sudah mau satu bulan dari kami periksa ke dokter belum juga dioperasi. tanggal 28 januari’10 nanti mau di MRI dan Opsi, kata dokter diambil sample daging dari tumor itu. dari sekian tes yang memakan waktu apakah akan bisa mengubah tumor yang mungkin tidak ganas menjadi ganas. kami sangat cemas. apalagi nenek yang sudah berusia takut untuk periksa ke dokter. mau tanya penyebabnya nenek saya bisa terkena tumor parotis itu apa dan seperti apakah bahayanya. karna dokter bilang jika tidak diangkat umur nenk saya tinggal 2 bulan lagi. mohon penjelasan dan bimibingannya

  88. 88
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tirta,

    Bayi anda kemungkinan terkena mumps atau parotitis. Karena penyebabnya virus, maka obatnya seharusnya anti-virus.

    Obat yg diberikan DSA, sepintas tidak ada anti-virus, hanya antibiotika. Coba tanyakan ke dokter anak tsb, mana obat anti-virus.,

  89. 89
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mega,

    Penyebab kanker ganas antara lain : terjadinya perubahan genetik pada khromosom, seperti : delesi, mutasi, translokasi, dst.

    Perubahan genetik biasanya disebabkan oleh paparan/ exposure bahan kimia berbahaya baik dalam makanan, udara pernafasan atau pollutan.

    Thorotrast adalah contoh bahan kimia penyebab kanker, dulu sebelum tahun 1950 digunakan sebagai bahan kontras pada saat melakukan pemeriksaan radiologi.

    Semua bahan kimia dan penyebab lain terjadinya kanker bersifat KARSINOGENIK, artinya dapat menimbulkan kanker.

    Umur nenek anda ditentukan oleh Yang Diatas. Dokter boleh saja memprediksi tinggal 2 bulan, namun bila Sang Maha Pencipta berkehendak lain, hal itu tidak akan terjadi. So, keep thinking positive…

  90. 90
    Tirta Says:

    Dokter, pembengkakan pada parotis sudah berjalan 1 bulan. Apakah penderita Mumps mengalami selama itu dan tidak ada tanda2 pengempesan. Salam

  91. 91
    yudika Says:

    dok papa saya baru keluar dari rmh sakit.
    karena struk ringan..,hasil pemeriksaan darah nya kolesterol normal..,gula normal…,leukosit 20.700…,
    segmen 88%persen…,limfosit 9 %persen……
    hasil pemeriksaan urine widal,
    typhi O (+)1/80),,paratyphi AO (+)1/160,PARATYPHI BO (+)1/60,PARATYPHI CO (+)1/160,PARATYPHI HB (+)1/640
    YG SAYA TANYAKAN ARTI ISTILAH-ISTILAH ITU DAN APA PENYEBAB NYA SAMPAI LEUKOSIT DI ATAS NORMAL SEGMEN DIATAS NORMAL LIMFOSIT DI BAWAH NORMAL DAN WIDAL KNAPA KOK POSITIF

  92. 92
    Edo Says:

    Halo Dr. Sukma yang baik,
    Saya baru ketemu website Bu Dokter nih. Salut buat Bu Dokter yang di tengah kesibukan masih sempat melayani konsultasi online (gratis pula) dari seluruh penjuru negeri.
    Saya ada problem Dok. Di leher sebelah kanan saya terkadang muncul benjolan. Kemunculannya disertai produksi liur yang membanyak dan hanya terjadi ketika saya sedang makan (adakalanya pada kunyahan pertama langsung muncul). Frekuensi kemunculannya tidak tentu. Setelah saya cari tahu di internet, kesimpulan saya, benjolan itu terletak di “submandibular gland” yang kemungkinan terdapat batu/calculus. Di website yang saya lihat itu (http://www.privatehealth.co.uk/private-operations/ear-nose-and-throat/submandibular-duct-stone-excision/), disebutkan bahwa untuk memastikan kondisi tersebut kita harus membuat foto X-Ray “Sialogram”. Di mana sialogram ini bisa dilakukan di Indonesia? Bila ternyata memang ada batu/calculus di situ, apakah memang harus dioperasi? Di mana sebaiknya saya melakukan operasi tersebut? Terima kasih banyak, Dok.

  93. 93
    mone Says:

    dok.., gimna ya pengobatn secara medis maupun alami terhadap penyakit sialadenetis kronis non spesifik ?
    maksih sblmnya dok..

  94. 94
    s bagiyo Says:

    Pagi dok …

    Anak saya perempuan umur 10 th, dipunting susu sebelah kiri ada semacam bejolan, trus udah dibawa ke dokter katanya hormon. waktu ditekan sama dokter nggak sakit, yang sebelah kanan juga ada cuma kata dokter kecil. apakah itu akibat masa pertumbuhan atau akibat lain. dan berbahaya apa tidak. mohon solusinya.

    makasih atas bantuanya.

  95. 95
    hery suyanto Says:

    siang dok anak saya 10 tahun terkena kelenjar parotis dan sudah di operasi di r.s st baromeus bandung oleh dr chairul,spesialis bedah anak tp stl 2 minggu keadaan ank blum normal malah timbul ciri2 kalau dia marah mulut nya agak mencong…apa yang harus saya perbuat dok…

  96. 96
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hery Suyanto,

    Sebaiknya anda kontrol ke dokter operator yang melakukan operasi parotisnya. Mungkin dari sana akan dirujuk ke bagian fisioterapi untuk koreksi mulut yang mencong tersebut.

  97. 97
    hery suyanto Says:

    td sore saya sudah ke dokter chairul konsultasi mengenai mulutnya dok menurut dr chairul memerlukan proses 3 sampai 4 bulan bwat anak saya normal lagi karena jaringan urat syarafnya tersentuh waktu operasi apa betul dok ..dan apakah fisioterapi mulut bisa membantu agar cepat proses penyembuhannya cuman saat ini kejiwaan anak saya jadi agak minder karena untuk sekolah dia merasa malu..dok

  98. 98
    Edo Says:

    Halo Dr. Sukma yang baik,
    Saya baru ketemu website Bu Dokter nih. Salut buat Bu Dokter yang di tengah kesibukan masih sempat melayani konsultasi online (gratis pula) dari seluruh penjuru negeri.
    Saya ada problem Dok. Di leher sebelah kanan saya terkadang muncul benjolan. Kemunculannya disertai produksi liur yang membanyak dan hanya terjadi ketika saya sedang makan (adakalanya pada kunyahan pertama langsung muncul). Frekuensi kemunculannya tidak tentu. Setelah saya cari tahu di internet, kesimpulan saya, benjolan itu terletak di “submandibular gland” yang kemungkinan terdapat batu/calculus. Di website yang saya lihat itu (http://www.privatehealth.co.uk/private-operations/ear-nose-and-throat/submandibular-duct-stone-excision/), disebutkan bahwa untuk memastikan kondisi tersebut kita harus membuat foto X-Ray “Sialogram”. Di mana sialogram ini bisa dilakukan di Indonesia? Bila ternyata memang ada batu/calculus di situ, apakah memang harus dioperasi? Di mana sebaiknya saya melakukan operasi tersebut? Terima kasih banyak, Dok.

  99. 99
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hery Suyanto,

    Yang penting dokter operator SUDAH TAHU keluhan anda mengenai mulut yang belum normal pada anak anda. Anda harus percaya, karena dia klinisi, dokter bedah yang tahu persis permasalahan yang ada pada saat operasi.

    Ikuti aja apa yang disarankan…

  100. 100
    Dr. Sukma Says:

    Hai Edo,

    Logikanya semua RS besar di Indonesia pasti memiliki alat ‘sialogram’, yang termasuk bagian dari unit Radiologi di RS besar. Kegunaan sialogram untuk mendeteksi adanya batu pada kelenjar liur.

    RS yang dimaksud : RSCM, RSPAD Gatot Subroto, RSPP dan sejumlah RS Swasta besar di Jakarta dan Tangerang lainnya.

  101. 101
    hery suyanto Says:

    makasih dok atas semua saran serta konsultasinya

  102. 102
    Lita Says:

    DR, apakah laki2 yang pernah terserang mumps virus akan mempengaruhi kwalitas spermanya? Jika ada hubungannya, jumlah sperma agresif yang dibawa rata2 tsb apa bisa diobati?

  103. 103
    darudin Says:

    ass….

    gini DOk,bpak sya di diagnosa oleh dokter kta nya terkena TUMOR PAROTIS,,,
    trus saya bingung apa yang harus saya lakukan untuk mengatasinya,tentunnya dengan kondisi keungan kami yang tidak ckup(maaf saja dok,umpamanya keluarga kurang mampu)
    otomatis sya tidak bisa melakukan operasi untk BPak sya,
    Benjolan yang tumbuh di bawah kedua telinga bpak saya cukup besar.
    gejala yang sering dirasakan adalah sakkit kepala yang berlebihan,susah untuk menelan(bahkan untuk minum airpun susah)lemas,penglihatan kabur,susah untuk ngomong,,,,,
    trimakasih Dok,mhon jawabannya……

  104. 104
    Andra Says:

    Dok,
    Bgmana cranya untuk menghilangkan rasa sakit itu ….?
    Dan apa obatnya ….?

  105. 105
    Ai Says:

    dok m2f, saya b’umur 21 th..skr tgl 7 Mrt ’10 dr tgl 4 mrt saya mersakn adanya benjolan di leher bagian samping kiri atas,,benjolan ini tdk trasa skt s2t d sentuh,benjolan’y kira2 2 cm..knp ych?bgaimn penyembuhannya?makasih

  106. 106
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ai,

    Benjolan di leher anda yang 2 cm sudah bisa dilakukan biopsi jarum halus (FNAB). Tujuan FNAB untuk mengetahui diagnosis pasti benjolan tsb, sehingga pengobatannya nanti bisa akurat sesuai penyebab, tidak mencoba-coba.

    Kunjungi dokter umum untuk dirujuk ke dokter spesialis PA (patologi anatomik) agar diklakukan FNAB. Hasil FNAB dibawa ke dokter penyakit dalam agar dberikan terapi. sesuai diagnosis dokter spesialis PA pada FNAB yang dilakukan…

  107. 107
    dodo Says:

    dr. sukma yth, pada bulan februari2010 istri saya operasi tumor parotis di jakarta, dr bedah bilang ini akan sembuh dalm 3 hari, memang untuk luka bekas operasi sudah mengering, namun pada saat tertentu/terutama saat makan tempat bekas operasi itu mengeluarkan air mengalir gitu dok. yang saya mau tanya apa yang harus saya lakukan dan kemana? kalau ke dokter ya dokter apa? klo bisa diobeti aja obatnya apa? …..trimakasih seblemnya dok….

  108. 108
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dodo,

    Sebaiknya isteri anda dibawa kembali ke dokter operator yang mengangkat tumornya dulu. Paling tidak ke dokter bedah onkologi atau bedah umum.

  109. 109
    fitri Says:

    Dr. Sukma yang baik,

    saya tgl 13 maret operasi tumor parotis, dan hasil PA nya kategori jinak, yg saya mau tanyakan adalah : setelah operasi bekas jaitannya bengkak dan keluar air terus menerus bahkan sampai sekarang… setelah saya minum obat cina baru kempes dan nyeri hilang, tp air masih terus menerus keluar, apakah wajar dok??? dan bagaimana caranya tau tumornya itu sudah benar2 bersih atau belum itu dari mana ya dok???

    saya sangat mengharapkan bantuan dokter.

    terimakasih banyak dok.

  110. 110
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fitri,

    Sebaiknya kembali ke dokter operator yang mengangkat tumor parotis anda. Bagaimanapun masih terus keluar air sampai sekarang itu tidak normal, meskipun tidak bengkak lagi.

  111. 111
    indah Says:

    hi dokter sukma aq indah from jakarta, aq mau tanya tentang penyakit qu, aq punya benjolan di selangkangan, ketiak dan di leher, tapi yang di selangkangan dan ketiak hilang dengan sendirinya, sekarang yang di leher sakit sekali aq sekarang merasa cepat lelah, and rasanya sangat ngilu sekali, aq sudah ke dokter azdi albar and kata dy kelenjar getah bening apakah itu berbahaya ataw tidak dok? thank u.

  112. 112
    Dr. Sukma Says:

    Hai Indah,

    Informasi kelenjar getah bening tidak bermakna sama sekali, tidak menjelaskan sakit apa
    Benjolan itu sendiri adalah kelenjar getah bening (KGB), yang membesar.

    Untuk tahu penyebab pembesaran KGB, harus dilakukan FNAB alias biopsi jarum halus oleh dokter PA (patologi anatomik). Dari diagnosis PA, barulah kemudian diobati sesuai dengan kelainan yang ditemukan(diagnosi) pada FNAB.

  113. 113
    Shary Says:

    Dear Dr. Sukma,,

    Saya shary,,,saya mau menanyakan keadaan mama saya yg bernama setiawati,,beliau mempunyai tumor thyroid bilateral di lehernya,,hasilnya mengatakan:

    - Thyroid Dextra: tampak membesar,tampak lesi relatid hipoekhoik,berbatas tegas dengan ukuran 4,6 x 4,5 cm.Eksostruktur parenkim inhomogen,tidak tampak klasifikasi.

    - Thyroid sinistra: tmpak mmbesar,ekostruktur parenkin inhomogen, tampak lesi relatif hipoekoik,berbatas tegas dengan ukuran 4,6 x 3,7 cm. Tidak tampak klasifikasi.

    >>> menurut perkiraan Dr. Sukma diagnosis tersebut menunjukkan tanda2 harus di lakukan operasi atau masih bisa di obati dgn cara yg lain,,kurang lebih 3 tahun beliau mempunya thyroid tsb,,

    sebelumnya terimakasih atas waktu Dr. Sukma
    Saya sangat mengharapkan balasan infonya,,

    have a good day,,

    Shary

  114. 114
    rian Says:

    Dr adik saya kena tumor parotis, apakah hal terparah yang terjadi apabila di ketahui bahwa tumor yang di deritanya terntata tumor ganas ?

  115. 115
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rian,

    Hal terburuk bila ternyata tumor parotis itu ganas. Apalagi bila telah menyebar ke jaringan sekitar atau ke organ lain. Akan sangat sulit membebaskan massa tumor tanpa menyisakan sel-sel ganas. Sehingga dapat dipastikan akan kambuh lagi dan lebih berat keadaannya.

  116. 116
    Dr. Sukma Says:

    Hai Shary,

    Kesimpulan saya kedua pembesaran tiroid kiri dan kanan harus diangkat. Namun sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus alias FNAB dulu, agar lebih jelas apakah pembesaran itu struma adenomatosa ataukah ada campuran dengan adenoma folikuler. Mengingat hasil USG kedua tumor tidak homogen, artinya ada bagian kistik dan ada bagian padat.

    Yang mengkhawatirkan dan berbahaya adalah bagian padat yang bisa saja kanker tiroid. Baru dapat diketahui setelah kelenjar tiroid dioperasi in-toto. Sehingga dapat diperiksa bagian kapsul atau simpainya, apakah ada invasi adenoma folikuler kedalamnya. Bila ada berarti ganas. Bila invasi negatif, biasanya jinak..

    Saran saya lakukan pemeriksaan FNAB dulu ke dokter spesialis PA. Setelah itu barulah dilakukan operasi pengangkatan tumor. Penyakit jangan dipelihara, so hurry up…

  117. 117
    Bukittinggi Says:

    Yth.dr Sukma
    Gini dok,tunangan saya kmrn sdh tes lab. di RSUD hasilnya (+) tumor,skrg ukurannya sdh sebesar bola pimpong.gmn solusi t’baiknya?
    Jk jlr yg ditempuh adl operasi,apa ada dampak/efek samping stlh operasi?

  118. 118
    Dede Says:

    Apa bnr stlh operasi pengangkatan tumor parotis bs menyebabkan pipi kencong,keluar air,nah gmn supaya hal tsb bisa dihindari,

  119. 119
    Shary Says:

    Dear Dr.Sukma,,

    terima kasih banyak atas infonya ,,sangat membantu saya untuk menginformasikan mama saya,,kalau boleh tau Dr.Sukma prektek dimana atau di RS. mana??
    memungkinkan kalau saya bisa menjumpai Dr. Sukma suatu hari,,,

    thank’s a lot

  120. 120
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dede,

    Efek samping seperti yang anda tulis itu bisa saja terjadi. Itu sulit dihindari dan tergantung hasil kerja dokter operator dan tingkat kesulitan yang ada pada saat operasi sedang berjalan. So, berdo’alah semoga semua berjalan lancar dan tidak ada kesulitan yang berarti selama operasi dilakukan..

  121. 121
    Dr. Sukma Says:

    Halo Bukittinggi,

    Pertanyaan anda kurang jelas. Lokasi tumor dimana?

  122. 122
    ranie Says:

    salam kenal dr. sukma…
    saya ingin berkonsultasi ttg penyakit mama sy…
    awalnya ma2 sy mengeluh sering sakit di dada, pinggang hingga tulang belikat sebelah kanan sehingga bila sedang kambuh menyebabkan dada menjadi sesak,
    lalu melakukan usg hasilnya adanya benjolan yg diduga sebagai gumpalan darah atau cairan,
    berdasarkan hasil tes darah, usg, dan CT Scan mama sy divonis adanya tumor di hati sebesar 9cm…
    setelah mencari informasi mengenai cara pengobatan tumor hati yaitu mengenai metode pengobatan RFA
    yg ingin saya tanyakan dimanakah pengobatan RFA dapat dilakukan?
    serta berapakah biaya yang diperlukan?

    saya mohon jawaban dari dokter secepatnya…
    terimaksih..

  123. 123
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ranie,

    Setahu saya tumor di hepar/hati pada orang dewasa biasanya ganas dan disebut Hepatoma atau Hepato cellular Carcinoma (HCC). Terapinya adalah operasi pengangkatan tumor tsb, terutama bila ukurannya sudah besar seperti kasus ibunda. Bila masih kecil dilakukan terapi embolisasi, yaitu menyumbat pembuluh darah yang menyalurkan nutrisi ke lokasi kanker hati tsb. agar sel-sel kanker lama kelamaan mati akibat tidak adanya suplai nutrisi dan oksigen. Jepang adalah negara yang paling maju dalam bidang hepatologi dan transplantasi hati. Disamping Amerika Serikat dan Australia dan terakhir China..

    Mengenai terapi RFA, saya belum pernah mendengar mengenai RFA itu. I’m so sorry….

  124. 124
    Angky Says:

    Dok,,, saya mau tanya,, apa obat yang dapat menyembuhkan penyakit tumor parotis ?? Atau apa obat yang harus diminum setelah selesai operasi tumor parotis agar tidak tumbuh tumor parotis itu lagi.. setidaknya akar parotis itu mati deh… Soalnya,, ayah saya baru selesai operasi tumor parotis itu…. tetapi sampai sekarang, ia mengeluh sakit terus… bahkan dadanya sampai membengkak….. tolong cepat dijawab ya dok…. tolong beritahukan apa nama obat yang dapat menyembuhkan tumor parotis secepatnya ya….??? agar ayah saya bisa sembuh dan sehat laggi seperti dulu….

    Thank’s a lot….

  125. 125
    Dr. Sukma Says:

    Hai Angky,

    Tidak ada obat INSTAN yang bisa menyembuhkan dalam sekejap. Keluhan ayah anda pasca operasi parotis itu umum terjadi pada semua pasien pasca mengalami operasi apapun.

    Perlu waktu untuk penyembuhan bekas-bekas luka dan jahitan operasi. Yang penting, semua obat minum yang diresepkan pasca operasi harus diminum dengan teratur. Biasanya terdiri atas : obat anti-inflamasi atau anti pembengkakan, anti-sakit atau pain-killer dan Antibiotika untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka-luka jahitan yang belum tertutup dengan baik karena dalam proses penyembuhan.

  126. 126
    shanty Says:

    dok, saya mau tanya, abang saya dulu pernah kcelakaan motor dah paha kanan na terantuk stank motor, timbul benjolan yg makin lama makin besar, daerah benjolan brwarna hitam, apa itu disbt tumor?? Kira2 kalau operasi apa efek sampingnya??
    Mohon d jelaskan ya dokter.

  127. 127
    Dr. Sukma Says:

    Hai Shanty,

    Benjolan hitam pada lokasi benturan itu biasanya disebut hematom. Yaitu kumpulan darah mati yang berkumpul ditempat pecahnya pembuluh darah saat kecelakaan terjadi. Kalau tidak terlalu besar bisa dioleskan krim thrombophobe. Bila besar sebaiknya ke dokter bedah umum…

  128. 128
    efi Says:

    assalamualaikum,,,,,,,

    Dr.Sukma aku mau tanya nich,,,,belum lama aku ada keluhan pd payudara kanan sy,,ada keluar cairan bening kecoklatan gitu deh,,,,terus sy langsung diteksi dini kangker payudara,,,ternyata ada tumor jinak yg ukurannya 11,7 x 12,6 mm,,,,sy dianjuran untuk operasi u mengambil tumor tsb,,,,trus pertanyaan saya…apa bisa kl ga operasi tumor itu hilang sendirinya?,,,,trus hasil dari diteksi dini kangker payudara begini ” tampak lesi hipoekhoik,batas tegas,reguler ukuran 11,7×12,6 mm di kwadran inferior lateral kanan.tidak tampak lesi fokal solid/kistik pada kwadran lain payudara kanan kiri.kutis dan subkutis normal.
    kesan : lesi solid sugestif benigna di kwadran inferior lateral kanan “….apa yach dok artinya?,,,,,makasih dokter sukma yg baik,,,,,,

  129. 129
    Dr. Sukma Says:

    Halo Efi,

    Memang benar. Tumor jinak di payudara itu harus diangkat/operasi. Tidak ada jalan lain. Mumpung masih kecil, segeralah diangkat. Semuanya akan menjadi lebih murah, lebih cepat operasinya, palingan setengah jam. Dan prognosis jauh lebih baik karena lesi itu masih awal. Jangan tunggu keluar cairan dari puting susu yang kemerahan atau berdarah, OK..

  130. 130
    julia Says:

    dok mau nanya dok saya dibibir atas tengah ada benjolan kecil sejenis kutil gitu tapi tidak sakit ,ke brapa dokter mereka smua tidak brani untuk membuang benjolan itu takut sumbing katanya dok tapi saya sendiri merasa terganggu dengan pikiran minta pendapatnya yah dokk thx

  131. 131
    Dr. Sukma Says:

    Hai Julia,

    Saya sependapat dengan mereka dalam hal benjolan itu TIDAK berbahaya dan tidak perlu diangkat/operasi. Sebaiknya dicuekin saja, jangna sering dipegang-pegang sebab akan merangsang pertumbuhannya.. Just ignore it…

  132. 132
    Ervy Says:

    Met malam Dok…
    Usia saya 32thn….dua minggu belakangan ini baru saya sadari, ada bejolan dileher kanan yang tidak sakit apabila ditekan. Hasil FT4 1.21 dan TSHs 2.856
    Sewaktu umur 25 thn pernah ada benjolan di leher sebelah kiri dan hasil operasinya adalah Struma adenomatosa thyroid — tidak tampak tanda ganas.
    Pertanyaan saya adalah….bagaimana bisa muncul lagi di leher sebelah kanan ? apakah itu berbahaya apabila muncul lagi ?

  133. 133
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ervy,

    Anda umur berapa dan apakah anda laki-laki atau perempuan? Struma adenomatosa bisa saja tumbuh pada kelenjar tiroid yang lain/ sebelah kanan, setelah dulu pernah dioperasi kelenjar tiroid yang kiri. Terjadi pembesaran ini BUKAN kambuh penyakit lama, tetapi secara genetik tubuh anda cenderung terjadi produksi cairan koloid berlebihan didalam kelenjar gondok anda.

    Mau tidak mau pembesaran yang sekarang ini harus dioperasi juga, karena meskipun jinak pembesaran kelenjar gondok lobus kanan anda pada saat ini akan terus membesar dari hari ke hari. Akan berakibat terjadi penekanan pada jalan nafas, jalan makanan dan pembuluh darah vital di daerah leher anda. So, jangan berpikir terlalu lama, bila anda dianjurkan untuk operasi.

  134. 134
    pras Says:

    dr sukma yang terhormat
    mama saya divonis dokter terkena tumor hanya saja saya tidak tahu apakah tumor itu jinak atau ganas, dokter menyarankan untuk segera dioperasi, yang saya ingin tanyakan adalah apakah tumor tersebut sangat serius sehingga harus dioperasi, atau bisakan dengan solusi lain untuk menyembuhkan tumor tersebut, berikut merupakan hasil lab patgologi anatomik :

    diagnosa klinik: tumor leher sinistra,
    lokasi : leher sinistra,
    mikroskopik : hapusan hiperseluler terdiri dari sebaran dan kelompok sel-sel atipic, inti bulat, oval, monoton, nucleoli prominent sebagian tersusun mouding pathern, latar belakang sel2 limfosit,

    makroskopik : dilakukan 2x pucture. nodul colli sinistra diameter 4 cm, solid, fixed.

    kesimpulan : kelenjar getah bening colli sinistra inferior, FNAB : matastase malignant small cell tumor.
    DD : small cell carnicoma.

    NB : bagaimana paru atau organ lain
    sempat suatu kali tubuh mama saya nyeri pada bagian punggung dan urat2 bagian punggung nya terlihat jelas dan membiru… mohon penjelasan dari dokter sukma, saya sangat berharap mendapat respon secepatnya… terima kasih sebelumnya dok…

  135. 135
    Dr. Sukma Says:

    Hai Pras,

    Hasil biopsi / FNAB benjolan leher kiri ibu anda SERIUS dan berbahaya. Kalimat yang anda tulis ‘pernah suatu kali bla.. bla.. bla itu ada kaitannya dengan Small Cell Carcinoma yang sangat ganas tsb. Diagnosis Small Cell Carcinoma, itu biasanya tumor paru paling ganas. Apakah ibu anda heavy smoker ? Biasanya perokok berat yang biasa terkena jenis tumor ganas ini. Dokter pathologist juga belum bisa memastikan apakah benjolan itu tumor primer atau tumor sekunder alias anak sebar dari tumor yang biasanya berlokasi di jaringan paru.

    So, sebaiknya obati tuntas ke RSK. Dharmais Jakarta sebagai pusat rujukan penyakit kanker di Indonesia. Untuk mendapat penanganan yang tepat dan akurat untuk kondisi mama anda pada saat ini. So hurry up. Mudah2an ada mukjizat Yang Diatas sehingga mama anda bisa disembuhkan. Amien..

  136. 136
    pras Says:

    dr sukma, kebetulan mama saya saat ini ada di lampung, dr di lampung merujuk mama saya untuk berobat di RSCM karena alasan biaya (saya menggunakan jamkesmas dalam hal ini, saya tidak tahu apakah operasi nya bisa gratis atau tudak?), namun dari pengecekan terakhir, paru2 mama saya bersih, dan mama saya sama sekali tidak pernah merokok…apakah jalan operasi bisa menuntaskan penyakit mama saya ini dok?… beberapa teman menyarankan saya untuk berobat di TCM Harapan Baru, klinik pengobatan khusus tumor dan kanker… tapi saya sendiri tidak tahu jalur medis yang mana dulu yang saya tempuh? ada saran lain dok..?

  137. 137
    Dr. Sukma Says:

    Halo Pras,

    Terbaik dioperasi untuk mengangkat tumornya. Nanti jaringan operasi diperiksa gambaran histo-PAnya. Apakah ganas atau tidak dan jenisnya apa. Dengan demikian kita baru tahu persis dan pasti sehingga dengan demikian baru bisa diterapkan terapi yang tepat. Saya tidak tahu TCM Harapan Baru. Apa itu, dan dikelola siapa? Apakah dokternya qualified, dst…

  138. 138
    nurmalia kurniawati Says:

    dokter, pada bln oktober saya mengalami kecelakaan yg menyebabkan gagar otak ringan tapi dok setelah 1 bln dari itu saya merasakan di bwah rahang saya kya seperti bengkak,tp tidak terasa sakit,, dwaktu bln yang ke 4 saya memeriksakan diri dengan USG untuk melihat penyakit itu,,, tp setelah ada hasil ktanya itu hanya cairan disebabkan infeksi,,, yang saya tanya kan apakah itu berbahaya dan bisa menjadi tumor kalau tidak dioprasi?dan bagaimana pengobatanya?

  139. 139
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nurmalia Kurniawati,

    Bila itu hanya infeksi maka seyogyanya anda diobati dengan antibiotika atau anti-virus, dll. pokoknya anti-jasad mikro penyebab infeksi tersebut. Berobatlah sampai tuntas ke dokter penyakit dalam atau dokter bedah umum.. Jangan dibiarkan berlama-lama…

  140. 140
    Shary Says:

    Dear Dr. SUkma yang terhormat,,,,

    Maaf saya mengganggu waktunya,,,kalau mungkin DR. Sukma masih ingat dengan saya yang sewaktu itu saya menanyakan penyakit tiroid mama saya yang beberapa waktu lalu,,,

    Dua minggu yang mama saya sudah melakukan operasi pengangkatan tiroid nya,,,dan sekarang saya bermaksud ingin menanyakan hasil dari penelitian patologi anatominya, sebagai berikut:

    Dx: Struma Nodosa Non Toksik ( SNNT ) bilateral.

    Makroskopik : I.Sebuah Jarngan Padat kecoklatan dengan ukuran 3x2x1 cm, pada irisan tampak satu massa padat berkapsul ukuran 0,8 x 0,6 x o,5 ( Kanan ).

    II.Sebuah Jaringan Padat Berkapsul dengan ukuran 6x5x5 cm, pada irisan tampak dua massa padat berkapsul ukuran 5,5 x 4 x 4 cm dan 1,5 x 1 x 0,6 cm.

    Mikroskopik : I . Sediaan terdiri dari folikel tiroid, massa tumor terdiri dari folikel kecil, tumbuh memadat. Inti Sel sebagian vesikuler.
    II. Sediaan terdiri dari folikel kecil tumbuh memadat dilapisi sel kuboid, inti sel vesikuler. Kapsul fibrosis, setempat mengalami klasifikasi.

    Histopatologik: I. Adenoma folikulare atypic.
    II. Adenoma Folikulare Atypic dan Karsinoma Papilary tiroid folikular variant.
    Sebaiknya OS diobervasi dengan baik.

    Demikian jabaran dari hasil patologinya Dr. Sukma,,ternyata tirod mama saya ada dua bagian di bangian kiri dan bagian kanan,,,
    apakah hasil tersebut menyatakan bahwa Tiroid tersebut Ganas atau tidak????

    Jika Tumornya Ganas bagaimana< apa yang harus mama saya lakukan,,?? Jika Tidak Ganas apa yg harus mama saya lakukan??

    Terimakasih banyak Dr. SUkma atas waktunya,,,saya sangat mengharapkan hasil dari dokter Sukma….

    Regards,

    Shary

  141. 141
    Dr. Sukma Says:

    Hai Shary,

    Ada dua kelainan pada tumor tiroid yang telah diangkat. Pertama tumor jinak namun ada kata ATIPIK yang kurang baik, artinya berpotensi ganas. Kedua sama dengan yang pertama PLUS sudah terlihat kanker ganas tiroid dari jenis Papillary Carcinoma.

    Jadi secara umum boleh dikatakan bahwa kelenjar gondok yang diangkat adalah ganas, sehingga perlu obat lanjutan setelah dilakukan operasi. Jenis obat, dll sebaiknya mama anda ditangani oleh seorang dokter onkologist, sehingga terapinya akan pas dan akurat..

  142. 142
    anjank Says:

    selamat pagi dokter Sukma..
    saya mo bertanya..2 bulan yg lalu istri saya barusan operasi kelenjar parotis sebelah kanan.operasi berjalan dgn lancar dan sukses.pada saat sekarang muncul rasa was-was..karena dibekas jahitan rembes cairan kuning.awalnya sedikit..tapi beberapa hari yg lalu rembes agak banyak.dari dokter yg menangani dikasih obat sejenis salep.yang ingin saya tanyakan…kira2 apa yang harus kami lakukan..mengingat bekas jahitannya belum sembuh bener..padahal sudah 2 bulan operasinya.
    demikian dok..mohon pencerahannya.terima kasih.
    info : dokter yg menangangi dr.kunta (sardjito jogja)

  143. 143
    yuni Says:

    Dok, sejak kmrn pagi sy merasakan ada benjolan di bawah telinga kanan sy (di bagian yg cekung). Kalau dipegang rasanya sakit. Apa itu gejala tumor parotid? Sebaiknya sy periksakan ke dokter spesialis apa? Terima kasih

  144. 144
    Shary Says:

    Dear Dr.Sukma,,

    Terimakasih banyak atas infonya dok,,,ternyata mama saya juga sudah di berikan obat yg harus di konsumsi seumur hidup oleh dr. nya,,

    nnt setelah 3 bulan di anjurkan kmbali lagi ke rumah sakit untuk check up secara keseluruhan,,,,apakah ada kemungkinan timbul lagi dok??

    dan dalam jangka waktu brapa lama,,apakah bisa di sembuhkan total???

    terimakasih Dr.Sukma,,,,

    Shary

  145. 145
    kezialita Says:

    dok, saya mau tanya, apakah semua penderita parotis harus menjalani operasi sekalipun itu hanya parotis yang ringan??
    penyakit parotis itu sendiri bisa menyerang organ dalam tubuh yang lain lagi atau tidak? dalam artian , apakah penderita parotis dapat sakit penyakit yg lain oleh sebab efek dari sakit parotis yang di derita?
    kalau iya biasanya dapat menderita pnyakit apa saja ?
    trim’s dok , besar harapan saya untuk dokter membalas comment ini .

  146. 146
    Dee Says:

    Salam knl dokter Sukma, nama sya Dee (Malang.
    Dokter, sya mo nanya saya penderita tumor parotis jinak. Menurut cerita ortu saya, saya mengalaminya umur 3bln. Setelah operasi, ternyata salah potong dok,dan mengakibatkan muka saya mencong karna sebagian otot wajah saya menjadi lumpuh karena putusnya cabang persarafan. Sekarang umur sya 20thn, bisakah sya operasi lgi utk mengembalikan muka sya smula dok?

  147. 147
    Dr. Sukma Says:

    Hai Irwan,

    Thyroiditis granulomatosa BISA sembuh tanpa operasi BILA diobati dengan antibiotika dan steroid selama minimal 2-3 minggu. Kunjungi dokter penyakit dalam atau endokrinologist.

  148. 148
    Dr. Sukma Says:

    Hai Imun,

    Bila nada merasa terganggu, baiknya kunjungi dokter penyakit dalam. Kalau tidak menggangu estetika/ kosmetik sebaiknya biarin aja. Tokh sudah aja sejak lebih sepuluh tahun ini. Dan tidak menggaggu aktivitas sehari-hari anda.

  149. 149
    Dr. Sukma Says:

    Halo Aman,

    Sepertinya anda terkena infeksi/ penyakit kelamin. Sebaiknya kunjungi dokter spesialis Kulit & Kelamin, agar tuntas pengobatannya. Jangan tunda2 lagi…

  150. 150
    Dr. Sukma Says:

    Halo Anjank,

    Berarti luka operasi dibagian dalam masih belum menutup rapat dan sempurna. Hal ini rawan terkena infeksi sekunder…. Sebaiknya kontrol lagi ke dokter operator, kalau perlu dilakukan re-evaluasi atau penjahitan kembali bila ternyata dengan obat2an dan zalf tidak mempan…

  151. 151
    Dr. Sukma Says:

    hai Yuni,

    Kemungkinan benjolan itu semacam jerawat atau bisa juga radang TBC. Tumor parotis JARANG di lokasi yang anda tulis… Kunjungi dokter penyakit dalam…

  152. 152
    Dr. Sukma Says:

    Hai Kezialita,

    Parotitis alias radang kelenjar parotis atau gondongan, biasanya disebabkan oleh virus. Efek samping bisa mengenai testis pada pasien laki-laki. Dengan akibat terburuk adalah sterilitas alias mandul…

  153. 153
    Efa Suherman Says:

    selamat malam dok,

    Dokter sukma yang baik, suami saya terkena batu ginjal, saat ini sudah sembuh tapi saya membaca di website bahwa batu ginjal akan tumbuh dan tumbuh lagi seumur hidup. benarkah begitu dokter?
    saya juga membaca bahwa penderita batu ginjal harus menghindari makanan yang mengandung kalsium, yang ingin saya tanyakan dokter, apabila suami saya tidak memakan makanan yang mengandung kalsium apa yang harus dilakukan untuk mencegah osteoporosis di masa yang akan datang?…suami saya berusia 31 tahun.
    terima kasih banyak atas perhatian dokter.
    salam,

  154. 154
    Dr. Sukma Says:

    Hai Efa Suherman,

    Penderita batu ginjal memang betul kemungkinan kambuh lagi sangat besar. Sebaiknya penderita pindah domisili, agar kandungan mineral didalam air minum serta makanan/ sayuran berbeda daridomisili sebelumnya. Tergantung hasil analisa batu ginjal yang diangkat saat operasi apakah : kalsium phosphat, kalsium oxalat, dst..

    Tanyakan ke dokter urologist yang melakukan operasi batu tsb…. Tergantung juga dari hasil analisa air tanah di tempat anda. Apakah banyak mengandung kalsium , natrium, asam oxalat dsb. Jadi permasalahan batu ginjal cukup kompleks, dari berbagai aspek…

    Mengenai osteoporosis, karena umur suami anda baru 31 tahun sebaiknya rileks aja dulu… Pikirkan nanti setelah usianya 45 tahun keatas.. Karena disini harus bisa membuat skala prioritas. Pada saat ini prioritas harus menghindari calcium untuk memperlambat terjadinya (lagi), batu ginjal… Rasanya sulit untuk mendapatkan kedua-duanya yaitu bebas batu ginjal dan bebas osteoporosis nanti ….

  155. 155
    andri Says:

    dok sy mempunyai benjolan di leher sblh kanan. tdnya kecil,tiba2 dlm beberapa hr ini smakin membesar. dan tdnya di sebelah kiri leher sy tdk ada, tp skrg tiba mulai terlihat seperti benjolan tp tdk bulat, tp keras. yg sy tanyakan apakah itu tumor parotis dok?
    dan apakah tumor itu ganas dok, krn skarang tumbuh di leher kiri sy?
    saran dokter gimana? umur sy br 27thn dok
    terima kasih Dok.

  156. 156
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andri,

    Kemungkinan bisa radang atau bisa juga tumor jinak. Jadi sebaiknya kunjungi dokter penyakit dalam kalau perlu disertai pemeriksaan lab agar tahu pasti apa benjolan itu. Bila dianggap perlu mungkin anda akan dirujuk untukbiopsi jarum halus/ FNAB ke dokter spesialis PA (patologi anatomik).

  157. 157
    kezialita Says:

    trimakasih dok atas jawaban yg diberikan ,,
    saya mau tanya dok, apakah ada hubungannya jika sakit parotis menyebabkan bronkitis?
    saya juga mau tanya dok, apakah parotis itu bisa menyerang sistem saraf otak?

    terimakasih dok

  158. 158
    Bambang Ismulyanto Says:

    Salah satu warga kami an. Painten Ismiyati selesai operasi Tumor Air (bantuan Jamkesmas), arahan pihak medis adalah kemo terapi, sedang ybs keluarga sangat2 tidak mampu, mohon tanya obat Herbal apa sebagai ganti kemo terapi tersebut ??

  159. 159
    susan Says:

    Selamat Siang, Dokter,

    Saya mau bertanya, sekitar 2 minggu yang lalu, baru diketahui ada 2 benjolan di ketiak kanan, yg 1 agak besar & yg 1 kecil, sudah di USG, hasilnya adalah morfologi inflamasi. Anak saya tidak demam & tetap ceria.
    Oleh DSA nya diberi ceptik & nonflamin, yang ingin saya tanyakan, apakah tidak apa apa mengkonsumsi obat tsb secara rutin, & menurut Dokter, anak saya itu apakah benar hanya infeksi & obatnya sudah tepat. FYI, suntikan BCG nya di paha, jadi menurut dokternya tdk mungkin B kelenjar.

    Thx A lot, Dokter.

  160. 160
    Chika Says:

    Dok, aku mau nanya tumor parotis ini dapat mnybebkan kmatian ga? Soalnya aku divonis kena pnyakit ini, tapi msh takut kalau mw dioperasi
    solusinya bagaimana dok?

  161. 161
    Dr. Sukma Says:

    Hai Chika,

    Semua penyakit bila dibiarkan berlama-lama pasti akan semakin parah dan bisa menjadi ganas dan mematikan.. Karena itu sebaiknya menjadi pasien yang kooperatif, artinya mengikuti saran dan nasehat dokter yang memeriksa anda.

    Hari gini masih takut operasi, nggak lah ya…. Semua peralatan serta kemampuan/skill dokter operator sudah begitu baik, sehingga kemungkinan buruk yang tidak diinginkan sangat jarang terjadi. Jangan terlalu lama berpikir, the sooner the better….

  162. 162
    Ario Says:

    Salam Dok.

    Begini, 29 tahun lalu saya jatuh dari lantai 2 rumah saya, kemungkinan kepala/ pipi menimpa meja, sy pingsan 1 jam, msuk RS, stelah keluar RS pipi sy d sinar/ setrom bbrpa kali, sampe skr pipi/ ketawa saya miring, syaraf yg sebelah kiri kurang bekerja, mata kiri susah d pejam. Bisakah ketawa saya d kembalikan ke keadaan normal?

    Thanks

  163. 163
    okie Says:

    dok, selama seminggu ini saya merasa pening, trs 2 hari yang lalu saya temukan benjolan di depan telinga kiri saya,masih kecil dan tidak terasa sakit tapi saya khawatir setelah membaca tulisan dokter, sepertinya saya terkena tumor parotis, untuk memastikannya saya harus periksa ke dokter spesialis apa dok?

    terima kasih sebelumnya dokter…..

  164. 164
    Dr. Sukma Says:

    Halo pak Bambang,

    Saya kurang paham dengan obat herbal.. Namun ada informasi yang bisa saya berikan yaitu : kepada penderita tidak mampu biasanya YKI atau Yayasan Kanker Indonesia bisa memberikan obat khemo gratis. Sudah tentu dengan membawa surat keterangan tidak mampu dari Rt/Rw setempat.

    YKI yang saya tahu ada di Jakarta, diketuai oleh Ibu Umar Wirahadikusumah, isteri mantan Wapres.. Alamat di Menteng, namun jalannya saya tidak ingat…

  165. 165
    Dr. Sukma Says:

    Hai Susan,

    Obat ceptik dan nonflamin TIDAK diminum rutin atau terus2an dalam jangka panjang. Diminum palingan 5 hari untuk antibiotika dan nonflamin sampai benjolan kempis.
    Setelah 5 hari, sebaiknya di observasi saja. Artinya diperhatikan dan Tidak memegang-megang atau menekan-nekan kedua benjolan tsb. Biasanya akan hilang sendiri…

    Bila selama observasi ternyata tumbuhnya cepat kemerahan badan anak panas dll barulah dibawa ke dokter anak, kemungkinan abses atau lainnya…

  166. 166
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ario,

    Sepertinya sulit bisa dikembalikan menjadi normal lagi. Karena kejadiannya sudah hampir tiga dekade, waktu yang sangat lama…
    Yang penting ketawa anda masih banyak yang suka, khan? So, jangan merasa kurang…. Be happy to be urself…. Karena pada hakekatnya semua kita mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Right, guy?

  167. 167
    Dr. Sukma Says:

    Hai Okie,

    Anda bisa periksa ke dokter penyakit dalam atau ke dokter THT. Bila ada indikasi barulah kemungkinan anda akan dirujuk ke dokter bedah…

  168. 168
    risky febrian Says:

    hai dokter saya mau konsul ni.
    saya kan sudah hampir 3 tahun terkena bellpalsy nah setelah jalan setahun kena bellpalsy timbul benjolan didepan telinga, belakang dan bawah telinga tepatnya deket leher kiri. saya sudah coba untuk fisioterapi tapi tidak ada perubahan, yang ada makin parah pandangan saya terganggu, pendengar saya juga terganggu. yang saya rasa kan kali ini adalah rasa nyeri dibelakang telinga dan muka saya yang makin terasa ball. yang saya ingin tanyakan apakah benjolan ini tumor parotis atau hanya peradangan saja?
    terima kasih dokter.

  169. 169
    Dr. Sukma Says:

    Hai Risky Febrian,

    Pendapat sy benjolan itu bisa tumor yg terinfeksi. Untuk pastinya perlu dilakukan FNAB atau biopsi aspirasi jarum halus yg dilakukan oleh dokter spesialis PA (patologi anatomik). Kemungkinan saraf wajah/ nervus facialis terkena shg menimbulkan gejala spt yg anda tulis. Jadi segeralah dilakukan biopsi, agar bisa diobati secara akurat.

  170. 170
    Ryan Says:

    Hai dok,
    saya bersyukur bisa ketemu web ini. terima kasih dok yg tanpa lelah menjawab pertanyaaan teman2x yg lain satu per satu.
    Dok papa saya didiagnosis terkena tumor di bagian pipi sebelah kanan.pada awalnya gejala nya 2 bulan yg lalu pipi tsb bengkak. setelah dibiopsy ternyata di rahang bekas gigi yg bolong terdapat tumor.dan proses tsb sudah berlangsung lama hanya saja baru benjol setelah 2 bulan belakangan ini.
    yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Ada kah resiko bagi papa saya utk dioperasi mengingat beliau berusia 65thn dan mengalami hipertensi dan tiroid
    2. Rumah sakit yg direkomendasikan oleh dokter kebanyakan RSCM tapi ayah saya mau juga di rawat di rumah sakit di malaysia.yg ingin sy tanyakan di RSCM sy harus merujuk ke departemen apa ya?
    3. Adakah efek samping jika papa di operasi dan seberapa besar kemunginan sembuhnya?

    terimakasih sebelumnya dok. semoga dokter diberi keberkahan oleh allah swt dalam menjalani pekerjaan nya

  171. 171
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ryan,

    RSCM adalah pusat rujukan medis nasional. Berbagai spesialisasi ada disana. Sebaiknya ayah anda
    Ditangani oleh seorang spesialis bedah tumor/ onkologis atau seoranhg dokter spesialis bedah mulut.
    Masalah umur 65 tahun tyidak ada halangan untuk operasi. Karena sebelum operasi pasti akan dilakukan foto thorax untuk melihat kondisi jantung dan paru. Plus pemeriksaan lab darah lengkap untuk memastikan tyidak ada kelainan darah. Demikian

  172. 172
    resvi mulyasari Says:

    dokter , di pipi kanan saya ada benjolan, ketika saya melakukan tindakan FNAB ternyata itu tumor parotis .. tapi itu bersifat jinak . saya telah mengalami benjolan ini +2 thn . saya ingin bertanya pada dr. sukma salain dengan operasi apa ada cara penyembuhan dengan yang lain seperti terapi atw minum obat herbal ??

    terimakasih

  173. 173
    Medi Says:

    Yth, Dokter :
    Dok, saya sudah melakukan operasi Tumor di bawah kuping sebelah kanan. operasi ini dilakukan sewaktu saya masih kecil (kelas 2 SD) sekitar tahun 1983. Permasalahan yang saya alami sekarang adalah, selalu terjadi pembengkakan berulang kadang dalam satu tahun itu mencapai 3kali. Pembengkakan yang terjadi ini sangat menyakitkan. Karena terjadi menghasilkan nanah, lalu pecah dengan sendirinya.
    Saya sudah berobat ke beberapa dokter, dan juga sudah berulang kali melakukan opersi.Tapi tetap saja bengkak ini kambuh kembali. Hasil Patologi dari jaringan yang di ambil ini hanya menyebutkan TERJADI RADANG MENAHUN.. Dan diagnosa dokter juga mengatakan ABSES PAROTIS DEXTRA. Saya sungguh terganggu dengan sakit ini dok. Saya mohon petunjuknya untuk penyembuhan agar tidak lagi kambuh sakit saya ini.
    Untuk itu saya ucapkan terimakasih yang sebanyak2nya kepada dokter.
    Salam.

  174. 174
    tyo Says:

    hai dok, saya ingin konsultasi .
    saya baru menjalani biopsi AJH. dari hasilnya disebutkan seperti ini :

    Diagnose klinis : Lymphadenopati

    Mikroskopik : sediaan sitologi AJH menunjukkan sel-sel epithel tersusun berkelompok..Sel ukuran kecil, sitoplasma cukup, inti bulat monomorf, kromatin halus. Latar belakang limfosit,leukosit pmn.,monosit, sedikit erittrosit. tidak didapatkan sel ganas.

    Kesimpulan : AJH submandibula kanan: Tidak terdapat sel ganas. Pendapat : Lesi jinak kelenjar liur. Kesan adenoma monomorfik

    maksudnya apa ya dok ?

  175. 175
    putra Says:

    selamat pagi,dok.
    saya putra dari medan.saya ada penyakit di leher di sebelah kiri saya.hasil pemeriksaan patalogi anatomi aspirasi biopsi.lokasi : submandibular kiri.

    makroskopis :
    mikroskopis : smear aspirat tampak sebaran dan kelompokkan sel-sel epitel,inti bulat monoton,kromatin halus merata.tampak pulak kelompokkan sel mioepitel,latar belakang smear massa mixoid.
    kesimpulan :c2,condong suatu pleomorfik adenoma kelenjar liur.

    itu hasil pemeriksa’an 2009,dok.dan sekarang sudah 2011,penyakit ini saya rasa semakin membesar tanpa meyebabkan keluhan,dok.

    saya,takut jika saya operasi,dok,pembengkakan ini terjadi kembali lagi,dok.karena ada tetangga saya yang mengalami hal seperti ini,dok.dia melakukan operasi,dok,dan 1 tahun kemudian semakin bertambah,dok.

    saya sudah berobat ke tradisional,dok,tapi tidak ada 1′pun yang memberikan hasil,dok.
    jadi,jalan apa yang harus saya tempuh,dok?????
    jika saya operasi,saya takut semakin bertambah besar 1 thaun kemudian seperti tetangga saya,dok.
    mohon saran dan petenjuk’ny,dok.
    apakah ada obat herbal yang sesuai,dok???
    terima kasih sebelum’nya,dok.

  176. 176
    tata Says:

    slmt siang dok,,
    ibu sy menderita semacam tumor dblkg kuping kanannya dok.sekitar februari 2010 kmrn,tumornya sdh diangkat.stlh itu ibu sy sdh enakan badannya.tp selang bbrp bulan,daging itu tumbuh lagi dtempat yg sama,malah lebih besar.kata bliau rasanya sakit sekali,kalau rambut dikepala saja dbelai,rasanya sakit sekali.sekarang penyakit itu menjalar mengenai tiroidnya.suaranya jadi lemah sekali,hampir tdk terdengar dan tenggorokannya yg sebelah kanan jg buntu.jadi bliau cuma bisa memasukkan makanan memakai tenggorokan kiri.leher sblh kanannya juga sering nyeri dok.sdh berobat berkali kali,tp hasilnya tdk ada prbhn.bgmn mnrt dokter?mohon bantuannya dok,,
    trimakasih,,

  177. 177
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tata,

    Analisa saya ibunda menderita tumor ganas jaringan otot lurik atau kelenjar liur. Jaringan tumor yg diangkat saat operasi yl seharusnya diperiksakan PA, sehingga dapat diketahui jenis tumor ganas tsb secara pasti. Tgt jenisnya, maka setelah operasi diberikan tyerapi tambahan berupa radioterapi/ radiasi atau khemoterapi. Itu sebabnya kenapa tumor yg sudah dioperasi tumbuh lagi dan memberikan keluhan berat spt yg anda tuliskan. Sebaiknya berobat ke RSK. Dharmais di Jakarta..

  178. 178
    wisda anggun Says:

    asslamualikumm
    dokter,,
    sya mengidap tumor parotis sejak 3 tahun yg lalu,,,
    sya d sarankan untuk operas…tetapi sya tidak mau karena menhingat akibat yg d timbulkan dr operasi trsebut..
    yang ingin sya tanyakan,,
    1. apakah ada cara penyembuhan selain operasi, misalnya terapi atau obat tradisional?
    2. apakah makanan yg tidak boleh d makan oleh penderita tumor parotis?

    terima kasih atas jwabanny….

  179. 179
    deasy Says:

    dokter yth,

    baru2 ini saya melakukan usg thd benjolan di ketiak kiri saya, berikut hasilnya:

    di axilla sinistra tampak beberapa nodul hipoekhoik berbatas tegas, ukuran terbesar 1.93 x 0.98 cm dan yg terkecil 0.68 x 0.95 cm, masih tampak gambaran ekhogenik hilus dengan vascularisasi hilar.

    ini apa maksudnya, dok. terima kasih banyak.

  180. 180
    deasy Says:

    oh ya dok, sebagai tambahan, hasil pemeriksaan darah hb 13.2, leukosit 6700, basofil 1%, eosinofil 1%, neutrofil 61%, limfosit 24%, monosit 13%, eritrosit 4.190.000, hematokrit 38%, MCV 90.7 fl, MCH 31.5 pg, MCHC 34.7, trombosit 310.000, LED 53

    benjolan di ketiak saya, terasa nyeri kalo di tekan.

  181. 181
    fitria Says:

    selamat siang bu Dokter yang terhormat
    ,, saya sudah satu tahun seringkali terutama saat pagi bahkan pernah sakit sampai sore,saya rasa ini parotis. karena saya akan merasa sangat sangat sakit dan nyeri saat makanan masuk ke mulut. makanya saat sedang kambuh saya tidak berani makan. sakitnya di ujung siku dagu, dibawah telinga.

    saya pernah cek ke dokter spesialis THT, bahkan scan, tapi sang dokter tidak jelas. dia katakan ini karena amandel dan sinus saya.
    yang saya ingin tanyakan, apakah penyakit saya ini parotis?? namun bengkak hanya terjadi saat sakitnya kambuh saja.. kalau tidak kambuh ya tidak bengkak,,
    apakah ada jalan lain selain operasi,, atau adakah pantangan makan??

    terimakasih Ibu atas jawabannya, saya sangat mengharapkan bantuan Ibu.. Tuhan memberkati.

  182. 182
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fitria,

    Mungkin bisa dicoba sbb: pada saat sedang bengkak dan nyeri hebat kalau mengunyah makanan anda bisa minum antibiotika, anti inflamasi dan pain killer. Minum antibiotika selama 5 hari, diminum 3x sehari; anti inflamasi 3 hari atau sampai bengkak hilang. Sedangkan pain killer diminum saat terasa nyeri. Bila nyeri hilang stop pain killernya.

    Bila dengan cara tsb pembengkakan, rasa sakit masih ada setelah antibiotik dihabiskan 5 hari, maka bisa dikatakan kasus anda bukan radang akan tetapi jenis tumor. Bila ternyata tumor barulah diperlukan tindakan operasi.

  183. 183
    Dr. Sukma Says:

    Halo Deasy,

    Menurut analisa saya, dari data lab dan keluhan serta gejala klinik semuanya itu mengarah kepada limfadenitis Tuberkulosa atau radang TBC pada kelenjar getah bening di ketiak anda.

    So, gak perlu cemas, karena bukan tumor dan bisa diobati dg OAT alias obat anti TBC. Pendapat saya sebaiknya KGB/ benjolan terbersar diketiak anda diangkat/ operasi kecil sambil di double check pem. Histo-PA apakah benar TBC. Setelah pasti, barulah mulai minum OAT selama minimal 6(enam) bulan.

  184. 184
    Rikky Says:

    Dok saya sangat ingin sekali menghilangkan bekas tindik sya bagaimana caranya dok

  185. 185
    Narni Says:

    Dokter,bapak saya tahun lalu harus operasi kelenjar parotis. namun pada saat ini benjolan itu muncul kembali dan oleh dokter rumah sakit yg dulu mengoperasi, disarankan untuk operasi kembali.

    yang mau saya tanyakan, apakah oeprasi itu akan dilakukan berkali2 atau hanya beberapa kali saja dan setelah itu akan pulih?
    apakah pembengkakan itu bisa disembuhkan?
    apakah ada pantangan makanan atau pantangan aktivitas untuk beliau?
    sebagai info, bapak saya saat ini berusia 66 tahun.

    terimakasih Dok.

  186. 186
    dian Says:

    dear dr. sukma,,
    dok mama saya mengidap papillary thyroid carcinoma regio colli sinistra, dokter tempat beliau konsultasi menyarankan untuk diangkat. akan tetapi baik papa maunpun mama saya enggan untuk operasi. khususnya papa, beliau trauma dengan keadaan saudara2nya meninggal setelah operasi kanker.
    dokter yang baik, tolong dijelaskan sebenarnya seberapa parah penyakit mama saya dan apa efeknya jika terus dibiarkan. keadaan ini diketahui empat bulan yang lalu tepanya tgl 30 mei 2011.
    sebagai informasi mama saya saat ini mengonsumsi obat herbal daun sirsak sejak 3 bulan yang lalu..
    dokter apa yang sebaiknya kami lakukan demi kesembuhan mama saya…
    terimakasih

  187. 187
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dian,

    Kalau gak mau dioperasi boleh coba kapsul keladi tikus-cari online, ada yg jual di malaysia- diminum sesuai petunjuk dalam kemasannya. Disamping teruskan minum rebusan daun sirsak yg sudah dibiasakan tersebut. Semoga dapat menolong penyembuhan ibunda.

    Tergantung reaksi tubuh pasien, ada yg berhasil bagus, sedang dan ada yg kambuh lagi setelah operasi pengangkatan papillary Ca thyroid.

  188. 188
    Made D Says:

    YTH Dr. Sukma Merati

    Dokter; sy sudah 2,5 th mengidap tumor parotis, akhirnya tgl 6 Juni 2011 dioperasi mandibula, hasil Pathologi Anatomi di identifikasi sbg tumor warthin kelenjar ludah tidak terdapat tbc dan tidak terdapat keganasan. Setelah operasi langsung separo wajah sy lumpuh separo, alis tidak bisa diangkat, mata tidak bisa merem, bibir jatuh separo. Terjadi abses dan dioperasi lg tgl 9 Juli 2011. Sy baru jalani facial fisio therapy seminggu terakhir ini krn produksi cairan pd bekas luka baru berhenti dan drainase baru dilepas setelah 2,5 bulan pasca ops ke2 (atau 3,5 bln pasca ops ke1). Bila facial fisio therapy gagal maka tentu saraf ketujuh sy ada yg terputus.
    Mohon petunjuk:
    - Apakah muka mencong sy dapat diperbaiki Dok?
    - Apakah dilakukan oleh spesialis bedah plastik atau spesialis bedah saraf, atau kedua keahlian dalam satu tim operasi?
    - Dimana dapat sebaiknya saya minta pertolongan Dok?

    Terima kasih banyak atas atensinya

  189. 189
    Jean Says:

    YTH Dr. Sukma Merati

    Benar sekali apa yg dikatakan dokter; sy baru menjalani operasi bedah tumor warthin jinak pada kelenjar parotis sy. Biasaya operasi ini memakan waktu 2.5 sampai 3 jam tapi operasi pd sy hanya berlangsung 45 menit. Setelah operasi langsung wajah sy lumpuh separo dimana separo bbir, pipi, kelopak mata dan alis drop menyerupai ‘Bells’ Palsy’. Ini benar2 kecerobohan dokter yg mengoperasi sy telah menghancurkan masa depan sy, tp sy tidak mengadakan penuntutan apapun selain mencari solusi untuk mengatasi masalah yg sy alami.

    Bokter bedah saraf yg sangat ahli dalam mengatasi ‘Bells’ Palsy’ menyatakan saraf sy telah mengecil dan keberhasilan kalo dioperasi sambung saraf tidak akan sampai 30%.

  190. 190
    jemsli Says:

    dok apakah bell’s spasy bisa terjangkit?mohon informasinya dok?

  191. 191
    Yudhis Says:

    Bu Dr. Sukma Yth;

    Bu isteri saya di dagunya terdapat seperti luka dan mengeluarkan nanah dan darah,kami coba periksa ke klinik dan menurut dr klinik itu adalah kista yang tidak ganas dan di sarankan untuk di oeprasi namun isteri saya takut untuk di operasi, pertanyaan saya dok adakah cara pengobatan tanpa operasi dan berapa biaya operasi untuk penyakit tersebut.Terima kasih atas bantuannya.

  192. 192
    fendy Says:

    Dok,saya menderita sakit pembengkakan kelenjar di leher dan pipi sampai badan saya panas dan menggigil sudah di berikan blau dan cuka, dan obat dari dokter tapi bengkaknya belum redah, apa dokter ada saran untuk saya obat apa yg harus sy konsumsi ? terima kasih.

  193. 193
    yadi Says:

    tambahan dok,apakag betul teori yg mengatakan dapat menghilangkan kanker tanpa operasi yaitu dengan proses pembakaran dgn mrngkonsumsi obat herbal tertentu untuk mematikan sel kanker? apakah bisa dicoba?
    apakah tdk ada efek samping dr teknik pengobatan seperti itu dipandang dari segi ilmu pengobatan modern saat ini?
    kira2 dirumah sakit mana ibu dokter sarankan yg terbaik untuk tindakan pembedahan seandainya sy bedah di singapura atau malaysia?
    thanks sebelumnya

  194. 194
    Mala Says:

    .hai dok.
    .papa saya terkena penyakit tumor parotis, apakah cuman dgn cr operasi sehingga tumor.a hilang..??
    .jika ad cr lain tolong diberitahu yach dok.
    .mksih sblum.a

  195. 195
    hermanto Says:

    Dokter yang baik,
    saya laki laki umur 56 tahun, sudah 5 tahun kelenjar parotis saya bengkak kalau minum lameson 8 mg atau anti biotik bengkak kempis tapi kalau obat tidak diminum akan bengkak lagi. saya harus konsultasi dengan dokter spesialis apa dok?
    terima kasih.

  196. 196
    Dr. Sukma Says:

    Halo pak Hermanto,

    Pendapat sy sebaiknya diteruskan saja cara pengobatan yg telah bapak lakukan selama ini. Sebab ternyata cukup bagus, selama 5 tahun telah menolong bapak (so far so good). Bila di operasi, sy tidak yakin tidak akan terjadi excess seperti terputusnya saraf ketujuh/ nervus facialis yg berakibat pipi/ muka jadi mencong..

  197. 197
    Dr. Sukma Says:

    Halo pak Hermanto,

    Pendapat sy sebaiknya diteruskan saja cara pengobatan yg telah bapak lakukan selama ini. Sebab ternyata cukup bagus, selama 5 tahun telah menolong bapak (so far so good). Bila di operasi, sy tidak yakin tidak akan terjadi excess seperti terputusnya saraf ketujuh/ nervus facialis yg berakibat pipi/ muka jadi mencong..

  198. 198
    evie Says:

    hallo dok saya mau tanya nih?sya mempunyai bisul letaknya di ketiak ,tp pas saya konsultasi ke dokter,kata dokter tuh bkn bisul bisa jadi disebut dengan kelenjar…apa bener di ketiak itu banyak mengandung kelenjar nya dok?

  199. 199
    laili Says:

    Siang dok.. Saya mau tanya nih,, akhir-akhir ini saya baru sadar kalau di bagian depan telinga kiri ada benjolan sekitar 2 cm, kalau di tekan agak membuat kepala sebelah kanan migrain, saya baru berumur 20 tahun. apa benjolan ini bisa di katakan tumor parotis yang dokter maksud?

  200. 200
    Rian Says:

    Halo Dok, saya ada pertanyaan yang mengganjal, benarkah orang yang terkena gondong tidak bisa mempunyai keturunan? Saya ketika berusia 28 tahun, terkena penyakit ini. Awalnya, sy berobat ke RS di daerah depok, namun bukannya sembuh sy malah jadi panas, bahkan testis sy menjadi bengkak dan sakit. Akhirnya sy ke dokter lain, dan esoknya langsung berkurang sakitnya, dan lusa sudah hampir sembuh.
    Setelah sembuh baru sy dapat info kalau yang terkena penyakit ini bisa mandul. Sy sekarang berusia 35 Th. dan sudah menikah 2 tahun ini.

    Ketika istri sy sempat keguguran (karena janin yg tidak berkembang), sy mulai curiga, jangan-jangan ini karena kualitas sperma sy yg tidak bagus. Lalu sy coba tes lab untuk kualitas sperma. Dan hasilnya 92% sperma sy abnormal. Sy jadi semakin sedih dan ada rasa takut, jangan-jangan ini karena sy kena penyakit Gondong sebelumnya. Salah satu testis sy memang menciut. Tapi satunya lagi normal saja besarnya.

    Pertanyaannya, Apakah dengan kondisi sperti sy ini bs disembuhkan? bisakah sy memiliki sperma yang bagus? bagaimana cara pengobatannya?
    Demikian Dok, atas perhatian dan jawabannya sy ucapkan terimakasih.

  201. 201
    Dita Stefiana Says:

    Dok, di bawah lidah saya ada benjolan seperti gelembung, karna mengganggu saya pernah mencoba untk menggigit2nya, tp yg ada malah gelembung trsbut skrg berwarna kemerahan. Saya belum periksa karna saya pikir akan hilang, tp trnyata tdk hilang2 juga, kira2 itu apa ya dok? Lalu saya harus bagaimana?

  202. 202
    icha tulangow Says:

    Mlm dokter,sy mau tya ,dilidah(smping atas) ada benjolan yg sdh sekitar 6bln sy sadari .. Sdh konsultasi kedokter ktanya tumor jinak,gx ada obatnya dan hrs dioperasi,stelah sy dengar efeknya stelah operasi,sy berfikir dlu n biayanya jg mahal,apa ada solusi lain dari Anda dok? Sblmnya trmksh

  203. 203
    sinta Says:

    malam dok..suami saya terkena kelenjar parotis skrg sudah d operasi namun dokter blg pasca operasi harus segera d sinar..
    Pertanyaan saya ada solusi lain g selain melakukan sinar..atau dengan cara meminum obat tradisional??terimakasih

  204. 204
    mawar Says:

    malam dok…….. maaf mengganggu, mau tanya nih dok, ibu saya ada benjolan persis di depan telinga kanannya, awalnya kecil sudah setahun yang lalu tp sekarang taambah besar, ibu saya gak mau diperiksa sampai saya paksa pun dia tdk mau, usia ibu saya 60th dok, kira2 ittu penyakitnya apa ya dok n apakah ada obat tradisionalnya? terima kasih ya dok…….

  205. 205
    Stonen Says:

    Dok, Pada perut anak saya yg brumur 2,5 Thn pada bagian kanan atas keras, kemudian saya lakukan cek USG, hasil cek nya ( HEPAR : Lobus kanan membesar, tampak nodul hiperekoik inhomogen, diameter kurang lebih 66 x 63 mm. Lobus kiri normal, gema homogen. Tidak tampak nodul pada lobus kanan dan kiri. Vena hepatika dan vena porta tidak melebar. Tampak cairan bebas dirongga abdomen – minimal ). Kesan : HEPATOMA & ASITES. Apa itu KANKER HATI Dok? Apa sudah parah Dok? Tolong Bantuanya Dok, Terimakasih …

  206. 206
    Dr. Sukma Says:

    Hai Stonen,

    Untuk memastikan benjolan diperut kanan atas tsb adalah hepatoblastoma (kanker hati pada anak) sebaiknya dilakukan biopsi hati oleh dokyter hepatologist. Diagnosis biopsi digunakan sebagai dasar terapi.. Tgt kondisinya, bila sebagian besar telah tyerkena kanker, maka perlu dilakukan CANGKOK hati dari donor orang tua/ ayah atau ibu.. Donor cukup 1/5 hati orang dewasa. Hati ini kelak akan tumbuh sesuai pertu$buhan badan anak tsb sehingga mencapai ukuran normaal. Coba ke RSCM atau ke Singapore General Hospital.

  207. 207
    PHITa Says:

    dokter yth,
    keponakan saya berusia 6 tahun, sejak tahun 2011 amandelnya sering merah/bengkak tapi dokter bilang tidak perlu operasi.
    Sekitar tgl 23 Mei lalu keponakan saya demam dan di leher sebelah kirinya terdapat benjolan sekepalan tangan anak kecil seperti gondongan.
    2 hari kemudian (hari Jumat) orang tuanya langsung membawa ke rumah sakit di daerah Cilegon, namun pihak RS hanya memberi infus dan mengatakan akan melakukan biopsi setelah demamnya turun.
    satu hari di RS keponakan saya demamnya sudah turun, namun karena hari libur dokternya datang di hari senin.
    hari Senin dilakukan mantok dan hasilnya negatif, hasil rontgen pun tidak terlihat ada sesuatu kata dokternya. Namun, dokter RS tersebut tetap menyarankan biopsi atau endoskopi.
    Sebenarnya apa ya dok penyakit yang diderita keponakan saya, dan apakah biopsi atau endoskopi tersebut perlu di lakukan?
    terima kasih.

  208. 208
    dila Says:

    Dear dr. Sukma yang baik…

    Saya sebenarnya aga bingung. Kelenjar ludah saya katanya bermasalah dan hrs di sialografi. tapi dokter bedah mulut di rs gigi Mintohardjo mengatakan bahwa sialografi sudah banyak dilarang krn berbahaya. pertama saya mau tau apa bahayanya ya dok?
    saya juga ingin berkonsultasi dok. kadang kuping saya suka merasa tidak nyaman dan sdh berlangsung lebih dr setahun, namun beberapa bulan belakangan rasa tidak nyaman itu akan dibarengi dengan pembesaran pada bawah telinga dekat rahang. kemudian berangsur2 hilang kembali. namun setelahnya pasti kelenjar ludahnya terasa sakit setiap kali terkena rangsangan, dan ini dapat berlangsung selama sejam-an. kemudian normal kembali dan pemesaran pun hilang. sekitar saluran ludah di pipi bagian dalam mulut timbul bercak2 putih. dan air liur yang keluar setelah kelenjar sakit biasanya hangat dan kadang terasa anyir. kira2 apa ya dok? hrs konsul kemana saya dok. mohon sekali sarannya bu dokter…

  209. 209
    dila Says:

    Oh yah dok lupa bilang kalau saya sdh pernah konsul juga ke THT di masukan kamera ke kuping, hasilnya bersih. trus saya juga konsul ke dokter spesialis endokrin dan diketahui ada benjolan di getah bening. setelah di biopsi ternyata dikatakan ada infeksi saja, sehingga dokter memberikan saya obat antibiotik sampai 2 minggu. namun benjolan tersebut telah hilang dan tes darah sudah dikatakan normal tp sakit di kelenjar ludahnya dan rasa nyaman ditelinga belum hilang dok.

  210. 210
    Ded Says:

    dokter sukma yang baik, saya punya keluhan,
    dibelakang telinga kanan tunangan saya terdapat benjolan memerah,, sudah sekitar 4 tahunan, dulunya kecil sekarang sudah sebesar telur puyuh,, sekitar setahun silam kami sudah memeriksa ke salah satu RS di bukittinggi, pihak RS mengambilsampel darah pada bagian benjol ini ,, setelah di periksa dilab katanya itu merupakan tumor parotis ,,,
    setelah pengambilan sampel oleh pihak RS benjolan itu makin memerah dan berurat sperti jahe sampai sekarang.
    yang jadi pertanyaan bagi saya ,,, apakah tumor parotis yg diderita tunangan saya sudah mendekati ganas ? saya dengar tumor parotis tsb alternatifnya cuma lewat media operasi,, nah dirumah sakit mana sebaiknya operasi dilakukan dan sekitar berapa biaya yg harus kami upayakan ,,, ? masalahnya baik saya maupun tunangan saya hanya keluarga dengan ekonomi menengah kebawah ,, saya cuma karyawan biasa di perusahaan swasta di bukittinggi. mohon kiranya informasi dari ibuk serta doa dari semua agar tunangan saya cepat sembuh,, terimakasih

  211. 211
    amelia okta sari Says:

    Dok,saya 3 minggu yang lalu melakukan operasi tumor parotis.sekarang mulut saya jika berbicara mencong,dan mata saya susah untuk berkedip.yang jadi pertanyaan saya,apakah saya bisa kembali normal lagi dan berapa lama waktu penyembuhan nya.makasi dok

  212. 212
    Andina Says:

    dok, dibawah rahang ada benjolan kecil tapi gk berasa sakit.. itu apa ya?

  213. 213
    Romi Says:

    Nama Saya Romi,pada tgl 06 Mei 2013 Istriku Operasi benjolan yanh ada di sekitar atas alis mata sebelah kiri,besar hanya sebatu cincin,setelah dioperasi dan diangkat kelenjar lemak warna kuning tersebut keesokan harinya mata disekitar kelopak membiru/benkak dan sampai kepipi,yang saya tanyakan apakah pembengkakan tersebut tidak membayakan istri saya,dan apakah memang begitu setelah operasi dan untuk menghilangkan bengkak biru tersebut apa yang harus saya lakukan,terima kasih .Romi di Duri-Riau.

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    October 2014
    M T W T F S S
    « Dec    
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe