Archive for October, 2008

NapoliKampanye di minggu dan hari-hari terakhir menjelang hari pemilihan pada tanggal 4 November yang akan datang kian memanas. Ibarat pukulan jabs seorang petinju yang bertubi-tubi kearah lawan. Sangat telak dan semakin ‘straight to the point’.

Mc Cain selalu mengingatkan rakyat Amerika Serikat  akan kenaikan pajak dan kenaikan harga barang-barang, bila Obama berhasil ke Gedung Putih.

Sebaliknya Obama mengingatkan para pemilih akan persamaan program Mc Cain sebagai perpanjangan tangan George W. Bush dengan akibat perekonomian akan semakin terpuruk karena salah urus, sejak 8 tahun masa pemerintahan Bush. Kata Obama : ibarat naik kendaraan dengan sopir Mc Cain, namun dikaca spion masih terlihat wajah George W. Bush. Practical joke yang memang lucu dan nyata.. Read the rest of this entry »

Popularity: 3%

4 Comments | Category: Bahasa, General

ORCHIDMOLA 1MOLABeberapa hari yang lalu, saya mendapat kasus yang menarik dari seorang wanita usia 34 tahun. Diterima di laboratorium PA organ uterus atau rahim yang berukuran 12x 12 x 8 cm. Permukaan luar licin, abu-kecoklatan. Pada pembelahan tampak massa coklat-kehitaman yang mengandung gelembung-gelembung seperti gambar dalam artikel ini.

Pada pemeriksaan mikroskopik, ditemukan banyak villi khoreales avaskuler yang mengalami degenerasi hidropik dikelilingi sel-sel trofoblast. Dibagian lain tampak proliferasi sel trofoblat dengan inti besar dan hiperkhromatik, sesuai dengan trofoblast intermedier. Maka diagnosis saya, Mola Hidatidosa Komplit, Grade-2.

Apa dan bagaimana serta dampak lanjut dari kehamilan anggur atau Mola Hidatidosa yang saya singkat dengan MH ? Read the rest of this entry »

Popularity: 7%

32 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

CPOSejak sepuluh hari ini, naluri saya untuk mengamati ramainya kendaraan di kota Pekanbaru sepertinya terusik. Apa yang berbeda, kenapa rasanya jalanan agak lengang tidak sebagaimana biasanya yang selalu padat kendaraan dan sekaligus macet ?

Saya mengira-ngira, kenapa ya lalu-lalang mobil dan motor terasa menurun sudah lebih seminggu ini. Biasanya bunyi knalpot motor memekakkan telinga, demikian juga deru mesin yang dipacu sedemikian kencang meraung-raung menggetarkan gendang telinga…

Begitulah, propinsi Riau yang dipenuhi kebun sawit sebagai bahan CPO sempat memakmurkan penduduknya. Ditambah lagi dengan banyaknya sumber minyak bumi didalam perut bumi Lancang Kuning. Kata orang, ‘diatas minyak, dibawah minyak’. Read the rest of this entry »

Popularity: 6%

4 Comments | Category: Bahasa, General, Life

SupraclavBelum lama, sekitar 2 mingguan ini, saya menemukan kasus yang sangat jarang, yaitu anak sebar kanker kelenjar tiroid pada lokasi supraclavicula, yaitu tulang dikiri-kanan pangkal leher. Persisnya tulang yang pada orang kurus sering dianggap sebagai ‘tempat sabun’, karena cekung seperti wadah sabun di kamar mandi.

Saya sebut sangat jarang, karena meskipun lokasi supraclavicula biasa menjadi tempat anak sebar kanker ganas, namun untuk kelenjar tiroid/ kelenjar gondok sangat jarang ke lokasi itu. Biasanya dia menyebar ke leher didekat muskulus sternocleidomastoideus.

Supraclavicula adalah tempat favorit anak sebar kanker ganas dari berbagai tempat, seperti : payudara, paru, lambung, usus dan ovarium pada penderita wanita. Sedangkan pada laki-laki tersering berasal dari : paru, lambung, usus dan kelenjar prostat. Bagaimana mengetahui adanya benjolan yang berbahaya itu dan kenapa tumor ganas harus menyebar lokasi itu ?  Read the rest of this entry »

Popularity: 20%

330 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

HotelBarelang 2Barelang 1Bila San Francisco terkenal dengan jembatannya yang disebut ‘Golden Gate’, dan duplikat jembatan ini sudah ada di Palangka Raya. Maka di Batam sudah sangat termasyhur kemolekannya jembatan Barelang. Berkunjung ke Batam bagi saya sudah berulangkali. Sejak tahun 1999, saya sudah menginjakkan kaki berkali-kali di pulau industrial bracket dan bebas pajak yang tersohor itu.

Bila pada kali pertama saya kesana, pulau Batam terkesan masih sunyi, maka kali terakhir pada liburan Lebaran di bulan Oktober ini terasa jauh berbeda. Jalanan sudah sedemikian ramai dengan kendaraan. Baik roda-4, sepeda motor, roda -3 semuanya berseliweran dijalan-jalan raya Batam yang mulai hiruk-pikuk.

Malah terkesan mulai macet terutama pada persimpangan /simpang empat : simpang jam didepan RS. Awal Bros Batam, simpang kearah Bandara Hang Nadim dan juga simpang Baloi View yang menuju ke jembatan Barelang dan pantai Nongsa. Read the rest of this entry »

Popularity: 3%

3 Comments | Category: Bahasa, Traveling

BATAMBALERANGSaya sangat terkesan dan merasa sangat prihatin, setelah mendengar dan melihat paparan yang begitu lugas dan tuntas mengenai kondisi ekologi planet bumi oleh mantan wapres Amerika Serikat Al Gore dalam program televisi Discovery Channel.

Betapa tidak, semua data dan grafik yang dibuat oleh para akhli lingkungan, termasuk professornya ditampilkan beserta gambar-gambar bumi yang diambil dari pesawat antariksa begitu dahsyat, mencengangkan sekaligus mengerikan.

Lapisan gletser yang telah sangat menipis diserta retaknya bongkahan es di kutub utara dan kutub selatan sangat mengkhawatirkan, bila tidak segera dilakukan resusitasi, istilah kedokteran yang digunakan untuk mencoba melakukan pertolongan disaat kondisi pasien sangat kritis layaknya CPR (cardio pulmonary resucitation). Read the rest of this entry »

Popularity: 3%

8 Comments | Category: Bahasa, Environment

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular in October, 2008

  • Calendar

    October 2008
    M T W T F S S
    « Sep   Nov »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe