Archive for May, 2008

SANDRAAnak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi dan allergi: flu, diare, campak, cacar air, kejang demam, asthma, gatal-gatal, dst. Hampir setiap anak pernah mengalami penyakit tersebut, baik anak dinegara maju dengan hygiene dan sanitasi serba baik maupun negara belum maju seperti Indonesia.

Penyakit kanker pada anak umumnya jarang dibandingkan angka kejadian kanker pada orang dewasa. Pada anak angka kejadian kanker 2-4 %, sangat kecil dibandingkan angka kejadian penyakit lainnya seperti infeksi dan allergi yang ditulis pada awal artikel ini.

Namun, dari data statistik menunjukkan kejadian penyakit kanker pada anak saat ini memperlihatkan kecenderungan meningkat, dibandingkan dua dasa warsa yang lalu. Kenapa? Read the rest of this entry »

Popularity: 35%

649 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

BEBEKGlobal recession probably soon will come. None of the nations in this world could reject when the time has come. It’s like a timed bomb, will explode when the setted time has come.. Be prepared for the worst thing in our lives.

Well, live nowadays is full of problems to be solved. At work, at home, on the street, everywhere  we’re facing dozens of matters. And with no exception, everybody has his or her own unfinished businesses to be done. Matters today are far beyond those,  back two decades ago. We’re now facing complicated problems due to life style. Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

1 Comment | Category: Environment, General, Life

HIJAU PUPUSSaya pencinta dan penikmat musik dan lagu yang setia, sejak remaja dulu sampai kini, selalu saja senang mendengarkan lagu, baik itu lagu Barat maupun lagu Indonesia. Akhir-akhir ini saya nilai lagu-lagu Indonesia sangat maju melesat, berbobot, enak didengar dengan lirik apik sederhana bertutur tentang kondisi dan kejadian hidup sehari-hari.

Terbanyak bertema cinta yang sangat universal sifatnya, dimanapun dan kapanpun cinta itu ada. Cinta terhadap sesama, terhadap orang tua, negara maupun lingkungan hidup, dll. Lagu-lagu tersebut didendangkan perorangan maupun berbagai band yang bermunculan bak jamur dimusim hujan dengan kualitas lagu dan lirik yang benar-benar sangat prima.

Belum pernah saya merasakan ‘booming’ lagu dan band atau penyanyi solo sedemikian dahsyat seperti saat sekarang ini. Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

10 Comments | Category: Bahasa, General, Life

BUNGASatu abad atau seratus tahun sudah kebangkitan nasional yang dipelopori pergerakan Budi Oetomo, pada 20 Mei 1908. Saat itu kemerdekaan Indonesia belum terbayangkan masih jauh dari kenyataan. Tetapi sejak saat itu seluruh komponen bangsa telah sadar mengikrarkan persatuan semua etnis, daerah, wilayah dan kepentingan masing-masing menjadi satu kepentingan dan perjuangan dari bangsa Indonesia yang saat itu masih dijajah Belanda.

Seratus tahun memang bukan waktu yang singkat, namun bila dibandingkan dengan negara lain satu abad sebenarnya masih terbilang pendek untuk dapat mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Munculnya rasa kebangsaan Indonesia merupakan satu momentum awal kesadaran akan pentingnya kita bersatu dan bersama-sama memperjuangkan hak dan melaksanakan kewajiban kita masing-masing sebagai anak bangsa. Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

No Comments | Category: Bahasa, General, Life

TED KENNEDYMalang tak dapat ditampik, untung tak dapat diraih. Itulah mungkin pepatah yang tepat untuk kita semua. Meski semuanya telah dijaga, tetapi toch seorang seperti Senator negara bagian Michigan Edward (Ted) Kennedy, barusan ini di diagnosis Glioma Ganas, setelah dilakukan biopsi pada lobus parietal kiri yang merupakan bagian otak yang paling kompleks fungsinya.

Ted Kennedy adalah saudara kandung dari mendiang Presiden John F. Kennedy dan almarhum Robert Kennedy, mantan Jaksa Agung Amerika Serikat. 

Ted dibawa ke RS setelah mengalami serangan kejang dirumahnya pada akhir weekend ini. Untuk orang berusia 76 tahun seperti Ted, tumor otak paling sering adalah glioma. Sedangkan glioma merupakan 40% tumor jinak otak. Glioma ganas merupakan 70% tumor ganas otak. Bagaimana peluang hidupnya? Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

16 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

MESJIDLatifahISTANAKemarin saya ke Siak, perjalanan kemarin merupakan impian yang tertunda-tunda. Semenjak diresmikannya jembatan megah Sultanah Agung Latifah oleh bapak presiden SBY tahun lalu, saya sudah ingin melihat dari dekat sungai siak dibawah jembatan itu dengan Istana Kerajaan yang indah menawan, menyerupai istana Turki dimasa raja Ottoman…

Dari Pekanbaru setelah melewati jalan berkelok dan bergelombang yang curam, akhirnya sampai juga di kota Siak, setelah tiga setengah jam menempuh perjalanan yang memicu adrenalin. Andai saja hujan mengguyur pada saat itu, maka medan yang kita tempuh sudah sama persis dengan medan ‘off road’ … Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

No Comments | Category: Bahasa, Traveling

Kista 2Kista 1Tumor yang sering pada wanita selain yang mengenai rahim dan leher rahim, adalah kista ovarium yaitu kista yang tumbuh pada indung telor wanita, bisa sebelah kanan, kiri atau keduanya kanan dan kiri (bilateral).

Gejalanya adalah perut yang membuncit, padahal tidak hamil. Dirasakan sakit perut bagian bawah yang terasa tumpul, hilang-timbul bisa diperut bawah sebelah kiri atau sebelah kanan, bisa juga  kiri dan kanan. Menstruasi dapat terganggu atau tidak. Tentu tidak mudah mengetahui apakah kista yang ada itu jinak atau ganas? Mau tahu? Read the rest of this entry »

Popularity: 53%

956 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

TOKEKSejak kecil saya sudah terbiasa mendengar kata bulu tangkis. Bahkan hampir setiap orang dapat melakukannya, meski sekedar untuk mencari keringat, bukan menjadi juara. Saya dengan teman dan tetangga sering bermain bulu tangkis dengan raket seadanya dan shuttle cock yang dikasih kenalan atau keluarga…

Bahkan lagu ‘Badminton’ yang bernada lagu Sunda sudah akrab ditelinga kita sejak tahun enampuluhan. Demam bulutangkis  sudah mulai semenjak Tan Joe Hok berhasil menjuarai pertandingan, lanjut dengan prestasi Rudy Hartono yang menjuarai delapan kali pertandingan memperebutkan piala Thomas. Lalu kita mengenal Liem Swie King dan Icuk Sugiarto, dua nama yang ikut mengharumkan perbulutangkisan Indonesia dan terakhir Taufik Hidayat yang saya tahu.

Mampukah kini, disaat Indonesia menjadi penyelenggara akan dapat merebut kembali kedua piala supremasi di bidang bulutangkis tersebut sehingga Indonesia berhasil mengulang kejayaan  dimasa lampau? Read the rest of this entry »

Popularity: 23%

No Comments | Category: Bahasa, General

UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini? Read the rest of this entry »

Popularity: 100%

1,841 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

JakartaKemarin saya baru kembali dari Jakarta untuk satu urusan. Menjelajahi jalan-jalan ibukota selama dua hari, dari sudut pandang saya, memberi kesan yang negatif. Kenapa ?  Saya jadi miris, melihat kondisi jalan, jembatan penyebrangan, halte bus, taman serta semua sarana umum terlihat tidak terawat. Semua kelihatan kusam, abu-abu, sendu, kotor dan memilukan… Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

21 Comments | Category: Bahasa, Environment

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular in May, 2008

  • Calendar

    May 2008
    M T W T F S S
    « Apr   Jun »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe