En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

MIKROSMamma Ca 2Mamma CaSatu minggu yang lalu saya mendapat kiriman jaringan tumor yang berasal dari payudara seorang ibu, berusia 45 tahun. Sebelumnya pasien ini telah dibiopsi-operasi dan saya diagnosis Invasive Ductal Carcinoma, Mammae.

Kali ini yang saya terima jaringan payudara berukuran 17x 10x 8 cm yaitu hasil operasi mastektomi radikal. Tampak puting susu dengan posisi yang masih baik, tidak tertarik kearah dalam,  dan juga  jaringan kulit yang menutupi seluruh payudara masih tampak normal, tidak seperti kulit jeruk (peau d’orange).

Juga dikirim ke laboratorium PA, jaringan bertanda benang yaitu kelompok kelenjar getah bening pada level I, berjumlah 6 buah.

Kenapa semakin banyak saja wanita Indonesia yang terkena kanker payudara ?

Kanker payudara belakangan ini semakin banyak saja kita jumpai. Insidensinya berpacu dengan angka kejadian kanker serviks/mulut rahim yang menduduki posisi kanker nomor satu  pada wanita Indonesia. Penyebabnya lagi-lagi gaya hidup/life style.

Wanita saat ini berperan ganda, selain sebagai istri, ibu yang mengatur segala urusan rumah tangga dan merawat bayi dan anak. Juga menjadi wanita karir yang berperan dalam mencari nafkah, mengaktualisasikan  diri sesuai pendidikan yang didapat.

Sehingga banyak wanita karir yang lebih suka menunda punya anak, mendahulukan peningkatan karir semasih usia muda. Padahal dengan melahirkan dan menyusui bayi wanita akan lebih terjaga dan lebih aman dari risiko terkena kanker payudara.

Selain itu faktor merokok juga menjadi pemicu kanker pada organ apapun. Semakin banyak saja wanita yang merokok, dari pedesaan sampai ke kota besar. Merokok dianggap penting dalam bersosialisasi, juga sebagai indikator modern dan kebebasan.

Padahal anjuran dan reklame anti-rokok telah disebarkan dimana-mana, termasuk dalam bungkus rokok yang dibeli. Namun masih banyak orang yang tidak peduli, dan berdalih orang tuanya juga perokok berat, tapi masih sehat-wal’afiat.. Nasib baik saja pada kasus seperti itu, karena dibidang apapun selalu ada exception/perkecualian.

Gambar pada artikel ini berupa gambaran makroskopik dan mikroskopik kanker payudara dari jenis yang paling sering, yaitu Invasive ductal Carcinoma mammae.

Popularity: unranked

Posted Thursday, July 10th, 2008 at 2:34 pm
Filed Under Category: Bahasa, Cancer, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

112 Responses to “Kanker payudara pada wanita 45 tahun”

Pages: [5] 4 3 2 1 » Show All

  1. 112
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ayu, siingkat saja ya.. Kesimpulan hasil pemeriksaan PA adalah tumor jinak yg disebut Mammary Dyspasia yang berpotensi ganas bila dibiarkan berlama-lama. Saran saya segera diangkat/toperasi. Jangan ditunda-tunda.

  2. 111
    ayu Says:

    Ass dok, maaf dok saya ayu mau menanyakan dok hasil PA dari FN Ab tumor payudara saya yg ada di mamae kanan di daerah bawah puting. Hasil usg nya suspek FAM. Ini hasil PA nya: gambaran penuh dg eritrosit disertai sedikit sel limfosit dan sel polimorfonukleus. Tampak diantaranya sel-sel epitel duktus yg tersebar maupun berkelompok dg inti sedang besar bentuk bulat/lonjong sebagian berkromatin agak kasar dan sitoplasma banyak serta metaplasia apokrin. Kesimpulan : lesi kistik disertai hiperplasia dan atipia epitel. Apakah ini suatu keganasan dok? Trimakasih dok atas jawabannya.

  3. 110
    Dr. Sukma Says:

    Halo Bima, kemungkinan karena infeksi dan alergi. Bisa juga awal Paget’s disease. Untuk itu sebaiknya dilakukan fnab, agar diketahui pasti apa sebenarnya lesi tsb. Jangan menunggu-nunggu segera ke dokter PA untuk dibiopsi.. Hasilnya diberikan ke dokter bedah / penyakit dalam.

  4. 109
    bima Says:

    mala dok, saya bima saya mau bertanya,sudah 2 bulan ini istri saya mengeluh karna puting payudara sebelah kanan amat terasa sangat gatal,dan akhir” ini mengeluarkan caiiran,dan bercak kerak di bra dan payudranya sedikit membesar dari yang biasanya,apakah itu termasuk gejala kanker peget dok??
    mohon infonya dok
    trimakasih

  5. 108
    dee Says:

    maaf dok, saya mau tanya, jika PD kadang terasa sakit dan gatal, pada area puting kering, puting tidak tumbuh secara normal (terdapat sejenis borok yang bisa mengelupas dengan sndirinya), tapi tidak ditemukan benjolan, apa itu termasuk kangker dok??

  6. 107
    Anonymous Says:

    D0k saya mau tya?umur saya msih 17 thn tpy payudarah saya sering nyuT2,DAn dada saya sering sesak,tpi sebelum nya memang saya pernh merokok kira2 saya px penyakit gak d0k,trimakasih

  7. 106
    haura Says:

    mlm dok,seminggu ini pyudara sy sbelah kiri luka.ktika sy priksakn d diagnosis kangker pyudara paget.bisakah ini dsembuhkn total dok?trmksh informasinya

  8. 105
    dewi Says:

    siang dok..
    saya dewi usia 24 thn
    mau tanya, kl sekitar payudara suka nyut2an, itu knp ya dok?tp saya raba2, tidak ada benjolan. bentuk payudara jg normal. tp suka nyut2an, di sekitar payudara kanan. frekuensi cukup sering. apalagi kl sy kelelahan, pasti cukup sering. knp ya dok?
    terimakasih bny ya dok…

  9. 104
    Wanita Says:

    Askum dok….saya wanita usia 46 tahun…saya memiliki benjolan di ketiak sebelah kiri dan kanan sebesar kelereng…ini suda lama hampir 26 tahun….saya takut untuk ke dokter spesialis untuk cek up….mnurut dokter ini kangker atau apa dok….????

  10. 103
    Dewi Aryawati Says:

    Siang Dok,

    Saya mau tanya, sudah 2 bulan ini saya mengalami sakit payudara sebelah kiri dan besar sebelah. terasa nyeri dan seperti bengkak,Lengan saya juga terasa sakit dan pegal, Dok apakah itu gejala dari kanker payudara? mohon info nya karena saya takut sekali dan belum berani kedokter karena takut di Vonis macem2. Trima kasih ya dok sebelum nya

  11. 102
    maulina Says:

    salam dok, saya wanita umur 21 thn single, saya mau tanya 5 bulan lalu pertama kalinya saya merasakan sakit/nyeri di PD kiri saya, rasanya nyeri sekali dok, lalu seminggu kemudian saya ke IGD di RS.Cipto dan katanya kemungkinan saya ada FAM, tapi untuk memastikan saya disuruh cek langsung ke dokter bedah tumor dan saat itu juga saya langsung cek dan katanya ini bukanlah FAM karena tidak terdapatnya benjolan di kedua PD saya. namun untuk memastikan lagi saya disuruh USG, saya pun langsung melakukan USG, dan hasilnya tidak ada masalah dan tidak ada benjolan di kedua PD saya, hanya banyak lemak.

    Tapi yang membuat saya ragu hingga sekarang dok, kalau memang tidak ada yang salah dengan kedua PD saya kenapa rasa sakit dan nyeri ini masih ada? dan saya mempunyai garis keturunan kanker dari kakak ayah saya dok, yang ciri2nya sama dengan saya, yaitu nyeri di PD hingga terasa sakit pada ketiak.
    Jadi apakah mungkin menderita Kanker tanda adanya Tumor lebih dulu dok…?
    Terima Kasih dok.

  12. 101
    Yani Says:

    Maaf dok,,maksud saya kulit di PD kiri saya…

Pages: [5] 4 3 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe