SupraclavBelum lama, sekitar 2 mingguan ini, saya menemukan kasus yang sangat jarang, yaitu anak sebar kanker kelenjar tiroid pada lokasi supraclavicula, yaitu tulang dikiri-kanan pangkal leher. Persisnya tulang yang pada orang kurus sering dianggap sebagai ‘tempat sabun’, karena cekung seperti wadah sabun di kamar mandi.

Saya sebut sangat jarang, karena meskipun lokasi supraclavicula biasa menjadi tempat anak sebar kanker ganas, namun untuk kelenjar tiroid/ kelenjar gondok sangat jarang ke lokasi itu. Biasanya dia menyebar ke leher didekat muskulus sternocleidomastoideus.

Supraclavicula adalah tempat favorit anak sebar kanker ganas dari berbagai tempat, seperti : payudara, paru, lambung, usus dan ovarium pada penderita wanita. Sedangkan pada laki-laki tersering berasal dari : paru, lambung, usus dan kelenjar prostat. Bagaimana mengetahui adanya benjolan yang berbahaya itu dan kenapa tumor ganas harus menyebar lokasi itu ? 

Untuk mengetahui adanya benjolan secara dini, maka dianjurkan kepada kita semua agar rajin meraba-raba cekungan diatas tulang iga paling atas, setiap saat kita mandi. Jadi sambil menyabuni bagian leher dan dada, pastikan tangan meraba dan sedikit menekan seluruh leher sampai ke pangkal leher, dan dilanjutkan ke dada bagian atas, pada lokasi supraclavicula  tadi.

Apabila ditemukan sekecil apapun benjolan yang tidak biasa, agar segera mengunjungi dokter anda. Hal ini juga berlaku pada khusus wanita, agar rajin meraba-raba payudaranya sendiri yang biasa disebut ‘sarari’, untuk deteksi dini adanya kanker payudara.

Kenapa hal itu penting ? Karena seringkali tumor ganas dari organ didalam tubuh, akan sulit dilihat dari luar. Apalagi bila keluhan belum ada, biasanya kanker tersebut terus tumbuh membesar, tanpa kita sadari.  Maka akibatnya tumor ganas sudah berada pada stadium lanjut, ketika diagnosis ditegakkan..

Kenapa ke lokasi supraclavicula ? Lokasi ini menjadi daerah muara aliran cairan limfe dari berbagai organ didalam rongga dada dan rongga perut/abdomen. Seperti : paru, jantung, hati, limpa, lambung, usus kecil dan usus besar serta rektum dan anus. Demikian juga aliran limfe berasal dari kelenjar prostat, testis, kandung kemih dan ginjal kanan dan kiri. 

Karena itu lokasi supraclavicula menjadi sangat penting untuk mengetahui adanya kelainan di organ dalam tubuh kita. Keberhasilan terapi kanker dan penyakit lain pada umumnya adalah : semakin dini diketahui dan ditangani, akan semakin baik hasil akhir dan prognosisnya.

Menghadapi segala macam penyakit termasuk kanker, kita seolah berpacu dengan waktu, makin lambat kita bertindak maka itu akan memberi kesempatan dan peluang emas bagi penyakit untuk berkembang dan menyebar ke jaringan sekitarnya.

Jadi segeralah bertindak, bila tidak mau kalah cepat dibandingkan  progresivitas  penyakit termasuk kanker yang kemungkinan ada didalam tubuh kita…

Popularity: 19%

Posted Thursday, October 23rd, 2008 at 2:39 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

330 Responses to “Perhatikan benjolan diatas clavicula, tulang iga paling atas, biasanya anak sebar tumor ganas”

Pages: [14] 13 12 11 10 9 8 … 1 » Show All

  1. 330
    sumiyati Says:

    ass bu dokter,, bapa saya umur 50, di atas pusar’y ada benjolan sebesar telor keras tp kata’y ga sakit,, kira2 bahaya tidak trus apa yg di lakukan

  2. 329
    Robert H. Ginting Says:

    Dokter, saya ada benjolah di tengah tengah bahagian bawah diantara rusuk kiri dan kanan. Benjolan ini sakit apabila di sentuh. Apakah ini tumor dokter ?terimakasih sebelumnya,

  3. 328
    rahmi Says:

    Dokter, anak saya ketika lahir ada benjolan di bahu kanan. Benjolannya sebesar telur ayam. Perawat bilang itu adalah limfoma. Saya sudah konsul ke dokter anak, terus dirujuk ke dokter bedah. Dari dokter bedah disuruh ronsen dulu & diagnosanya “soft tissue massa regio supraclavicula dextra” nunggu usia 1 bulan untuk kontrol, setelah satu bulan ternyata benjolannya mengecil meski sangat lambat. Dan dokter blm memutuskan apapun, dioperasi atau diobati. Sebagai ibu saya jadi bingung & kawatir. Sebenarnya benjolan itu berbahaya atau tidak ya dok, mengingat benjolannya kian hari kian mengecil & sekarang usia anak saya 2 bulan.

  4. 327
    dputri Says:

    hallo dr.sukma saya mau tanya. ayah saya memiliki benjolan keras di dalam perut di bawah tulang rusuk apa itu penyakit berbahaya dok. dan solusi menghilangkan nya apa ya? saya mohon jawabannya ya dokter

  5. 326
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yanti, untuk mengetahui apa benjolan itu harus dilakukan biopsi jarum halus/ fnab. Dari hasil pemeriksaan sitologi biopsi tsb baru diberikan terapi. Bisa radang atau tumor jinak bahkan tumor ganas. Umumnya radang TBS pada anak2 dan ABGm

Pages: [14] 13 12 11 10 9 8 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    October 2014
    M T W T F S S
    « Dec    
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe