Archive for September, 2008

zebraDua minggu yang lalu saya mendapatkan kasus tumor payudara pada penderita usia 33 tahun yang oleh surgeon diduga Benign Pylloides Tumor.

Massa tumor berukuran 15x 7x 4 cm, padat-kenyal. Keluhan lain tidak ada. Penderita seorang ibu rumah tangga dan sudah mempunyai 2 orang anak dengan suami bekerja sebagai security/ satpam di salah satu perguruan tinggi di Pekanbaru.

Setelah dilakukan processing dan dilihat dibawah mikroskop, hasilnya sungguh diluar dugaan dan kasus ini relatif masih jarang ditemukan sesuai literatur dan bagi saya ini kasus pertama kali mendapatkan limfoma diluar kelenjar getah bening (extra nodal). Apa itu Non Hodgkin Lymphoma (NHL) ? Read the rest of this entry »

Popularity: 4%

3 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

SANLU 1Produk China yang beredar di Indonesia dan ditengarai mengandung susu ber-melamine seperti : wafer oreo, susu Dutch lady, produk Nestle, eskrim Meiji, permen susu white rabbit, dst. Beberapa bulan yang lalu sekitar bulan Maret tahun ini tersingkap skandal makanan binatang peliharaan (petfoods) produksi China yang berakibat ratusan anjing dan kucing peliharaan di Amerika Serikat dan Canada mati setelah sekian bulan melahap makanan dalam kaleng itu. Ditengarai makanan tersebut telah tercemar bahan kimia melamine.

Pada 11 September yang baru lalu, terungkap bahwa kematian dua bayi dibawah satu tahun di China, akibat mengkonsumsi susu SANLU. Padahal keluhan tentang produk susu itu sudah ada sejak bulan Maret tahun ini. Baru setelah 11 September 2008 barulah ditarik sebanyak 11 metrik ton produk SANLU yang bermasalah dari peredaran di China. Kenapa pemerintah China terkesan lamban menangani kasus ini? Read the rest of this entry »

Popularity: 2%

3 Comments | Category: Bahasa, Life, Popular Health

PUASA 1Ini pengalaman saya pada selasa, dua hari yang lalu. Saat itu jadwal kerja saya lumayan sibuk. Pertama harus memberi kuliah pada mahasiswa D3 jurusan Perekam Medis disebuah Institusi Pendidikan di kota Pekanbaru.

Tidak seperti biasanya pada waktu-waktu yang lalu, maka mulai semester ini saya harus memberikan pelajaran Terminologi Medis selama total 4 jam pada satu hari yang sama. Ini dikarenakan jumlah mahasiswa yang mesti mendapat mata kuliah saya menjadi hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Jadi ada dua lokal, yaitu lokal A dan lokal B.

Kuliah dimulai jam 9.00 pagi dan berakhir jam 13.00 disiang hari yang sangat panas terik itu.Suhu di Pekanbaru sedikit lebih panas dibandingkan Jakarta, mungkin 2-3 derajat Celcius selisihnya. Bayangkan saya harus cuap-cuap pada kondisi kerongkongan yang kering dengan matahari yang bersinar sangat terang, memanaskan apa saja yang ada terutama suhu udara. Selain udara, ada hal penting yang saya amati ikut-ikutan menjadi panas juga, yaitu emosi.. Read the rest of this entry »

Popularity: 4%

4 Comments | Category: Bahasa, Life

BATU 2BATU 1Batu empedu adalah batu yang terbentuk dan ditemukan pada sistem empedu yaitu saluran dan kantong empedu. Sistem empedu adanya didaerah hati dengan kandung atau kantong empedu yang menempel ke organ hati dan berwarna kehijauan.

Bila pecah, kandung empedu akan menularkan rasa pahit pada hati dan organ lain yang terkena cairan empedu. Hal ini dapat dirasakan pada hati ayam dimana bila tanpa sengaja kantong empedu pecah, maka rasa hati ayam dan daging nantinya setelah matang akan terasa getir-pahit..

Cairan empedu bersifat asam, sangat pahit dan berfungsi mengikat lemak/kholesterol. Bila konsentrasi cairan empedu sedemikian padat, akan mudah terbentuk batu empedu yang pada gilirannya akan menimbulkan masalah kesehatan yang kompleks. Apa saja permasalahan yang ditimbulkan  batu empedu? Read the rest of this entry »

Popularity: 13%

104 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

PAROTISKata ‘gondongan’ mengacu kepada kondisi pipi yang biasanya kanan dan kiri membengkak. Tepatnya yang dimaksud pipi disini adalah bagian pipi didepan kedua telinga yang dalam bahasa medis kita sebut regio parotis. Pembengkakan ini memberi warna kemerahan dan dapat mengakibatkan tertariknya daun telinga bagian atas kedepan dan kondisi ini sudah pasti dirasakan nyeri oleh penderita.

Parotis adalah salah satu kelompok kelenjar liur besar, yang gampang terjangkit peradangan oleh virus yang disebut ‘mumps virus’. Peradangan ini disebut parotitis atau ‘mumps’ oleh orang-orang dinegara Barat sana atau kita di Indonesia sering menyebutnya dengan ‘gondongan’ (bukan ‘gondok’, lho – jangan salah).

Parotitis mudah diobati, namun bila bukan radang akan tetapi tumor parotis maka ceritanya lain lagi, lebih sulit disembuhkan. Apa itu tumor parotis ? Read the rest of this entry »

Popularity: 16%

213 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

TEH 2TEHSiapa yang tidak kenal minuman teh ? Hampir setiap orang di hampir semua negara mengkonsumsi teh sebagai daily drink yang merupakan minuman kedua setelah air putih.

Di Inggris, China dan Jepang ritual minum teh menjadi sesuatu yang sangat unik, indah dan ribet. Dapat dibilang sakral juga, sebab untuk acara minum teh tersebut sudah ada aturan dan tata-caranya yang tidak boleh di ‘skip’ begitu saja. Semua harus dalam urutan yang benar dan teratur dan telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Di Indonesia terdapat perkebunan teh besar antara lain di : Pematang Siantar, dataran Kerinci, daerah Puncak di Bogor, dataran tinggi Dieng, dll. yang didirikan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda. Kenapa minum teh menjadi begitu penting ? Read the rest of this entry »

Popularity: 6%

39 Comments | Category: Bahasa, Life, Popular Health

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular in September, 2008

  • Calendar

    September 2008
    M T W T F S S
    « Aug   Oct »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe