Archive for July, 2008

OTHELLOPada saat ini yang paling menggemparkan adalah pemberitaan di media mengenai seorang gay yang bernama Ryan, 32 tahun yang telah ‘tega’ membunuh lebih dari sebelas orang, sebagian besar laki-laki muda dan dua orang perempuan, seorang ibu dan anak perempuannya yang baru berusia 3 tahun.

Padahal dari kesan orang tua, tetangga, teman-temannya dan siapa saja yang pernah mengenal sosok Ryan mereka semua mengenal sebagai laki-laki pendiam yang baik hati, lembut  dan ramah. Siapa yang bisa menyangka dibalik penampilan yang lembut, baik dan mengesankan tersebut, ada sisi sadistik dari kepribadiannya. Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

1 Comment | Category: Bahasa, Life, Popular Health

HIJAUAjang pemilihan penyanyi terbaik Indonesia versi Indonesian Idol, merupakan pertunjukan serupa dan berafiliasi dengan American Idol sebagai original singing contest dari Amerika Serikat.

Bila di Amrik sana dewan juri terdiri atas : Paula Abdul, Randy dan Simon maka di Indonesia saat ini kita punya : Titi DJ, Indra Lemana dan Anang Hermansyah. Ketiganya dapat dikatakan experts dibidang nyanyi dan musik Indonesia, meski cuma Titi DJ yang berprofesi sebagai penyanyi. Dimana persamaan dan perbedaan Indonesian Idol dengan American Idol? Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

No Comments | Category: Bahasa, General

OZONOzon adalah atom oksigen bebas (O nasens), yang terdapat diatas atmosfir bumi. Lapisan ozon berfungsi sebagai filter dan shelter bagi seluruh isi planet dunia : manusia, binatang dan tumbuhan terhadap radiasi sinar ultraviolet-B (UV-B) yang sangat berbahaya.

Bahaya radiasi UV-B antara lain menimbulkan kanker kulit melanoma maligna, juga meniadakan fungsi vaksinasi. Penyakit yang dapat dihindari dengan vaksinasi akan muncul meski telah divaksin akibat radiasi UV-B seperti : TBC, campak, cacar air, herpes, malaria, kusta, infeksi jamur/candidiasis dan investasi parasit seperti leishmaniasis. Terakhir,  UV-B juga penyebab terutama kebutaan akibat katarak.  Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

4 Comments | Category: Bahasa, Environment

SIROSIS ALKHepatitis sudah menjadi momok bagi sebagian besar penduduk di Indonesia, terutama di pedesaan dan juga dikota. Banyak sekali ditemukan penderita radang hati ini yang dirawat di rumah sakit, baik RS pemerintah maupun RS swasta.

Ada berbagai jenis hepatitis, tergantung jenis virus yang meyebabkan peradangan hati. Antara lain : hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis delta (non-A non-B/ NANB), hepatitis E, dst. Dari semua jenis ini, yang paling ditakuti hepatitis B dan hepatitis C.

Sebelum merebaknya pengguna narkoba jarum suntik, yang amat ditakuti adalah hepatitis B, karena bila tidak ditangani dengan baik, radang hati akan berlanjut menjadi kanker hati yang disebut hepatoma/hepato cellular carcinoma (HCC). Sebelum menjadi HCC, hati akan bertekstur keras dengan permukaan tidak rata, yang disebut sirosis hati. Namun akhir-akhir ini yang paling menakutkan adalah hepatitis C. Kenapa ? Read the rest of this entry »

Popularity: 22%

403 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

BatamObama dari partai Demokrat akhirnya menang dari Hillary Clinton pada primary election sebagai satu-satunya calon partai Demokrat. Meski Hillary tidak mau mengalah begitu saja, tokh akhirnya dia mengakui keunggulan Obama dibandingkan dirinya, disaat-saat akhir perjuangannya merebut simpati pemilih.

Sebenarnya kalau Hillary menang dari Obama dan kalau pada election day pada tanggal 4 November yang akan datang melawan Mc Cain dari partai Republik berhasil unggul, maka dia akan menjadi presiden wanita pertama di Amerika Serikat dan akan menjadi sejarah menorehkan tinta emas sebagai wanita pertama yang menjadi presiden di negara adikuasa tersebut.

Namun, kenyataan berbicara lain, Obama akhirnya keluar sebagai pemenang dan akan bertarung melawan John Mc Cain dari partai Republik. Bagaimana latar belakang Obama? Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

2 Comments | Category: Bahasa, General

DE BAKEYKemarin, 12 Juli 2008 Dr. Michael De Bakey telah meninggal dunia di Houston, Texas. Siapa yang tak kenal Dr. De Bakey, akhli bedah jantung yang begitu termasyhur dengan karyanya yang luar biasa dibidang kedokteran. Dia pernah datang ke Jakarta dan melatih dokter bedah jantung RS. Harapan KIta untuk melakukan operasi by pass pada kasus penyakit jantung koroner.

Dedikasinya khusus dibidang penyakit jantung dan kedokteran pada umumnya sangat memberikan inspirasi bagi saya. Banyak temuan peralatan dan teknik operasi yang diciptakan sejak tahun 1932, tatkala baru lulus menjadi dokter umum dari Tulane University, New Orleans. Dr. De Bakey lahir pada 17 September 1908 di Lake Charles, Louisiana, merupakan anak dari immigran Lebanon. Apa saja temuan Dr. De Bakey ? Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

1 Comment | Category: Bahasa, General, Popular Health

PENYENGATPENYENGAT 4PENYEGAT 3PENYENGAT 1Pernah anda mendengar ‘Gurindam duabelas’ ? Merupakan tulisan seperti syair yang ditulis dalam duabelas pasal. Penulisnya adalah Raja Ali Haji, seorang penyair yang menjadi sahabat serta orang kepercayaan raja Melayu saat itu.

Raja Melayu itu beserta permaisurinya dimakamkan di dataran tinggi pulau Penyengat. Demikian pula sang penyair, Raja Ali Haji dimakamkan didalam satu kompleks makam dipulau itu bersama-sama raja dan permaisuri. Dimana letak pulau Pemyengat ? Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

No Comments | Category: Bahasa, Traveling

MIKROSMamma Ca 2Mamma CaSatu minggu yang lalu saya mendapat kiriman jaringan tumor yang berasal dari payudara seorang ibu, berusia 45 tahun. Sebelumnya pasien ini telah dibiopsi-operasi dan saya diagnosis Invasive Ductal Carcinoma, Mammae.

Kali ini yang saya terima jaringan payudara berukuran 17x 10x 8 cm yaitu hasil operasi mastektomi radikal. Tampak puting susu dengan posisi yang masih baik, tidak tertarik kearah dalam,  dan juga  jaringan kulit yang menutupi seluruh payudara masih tampak normal, tidak seperti kulit jeruk (peau d’orange).

Juga dikirim ke laboratorium PA, jaringan bertanda benang yaitu kelompok kelenjar getah bening pada level I, berjumlah 6 buah.

Kenapa semakin banyak saja wanita Indonesia yang terkena kanker payudara ? Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

112 Comments | Category: Bahasa, Cancer, Popular Health

PAYUNG PANTAIBATUSANDARANBIKINISelama 3 hari, weekend yang baru lewat, saya berkesempatan melihat dari dekat pulau Bintan dengan ibukotanya Tanjung Pinang. Pulau ini sangat berdekatan dengan Johor Bahru di Malaysia dan pelabuhan Harbour Front di Singapore.

Dengan jarak tempuh lebih kurang satu jam dari Singapore, maka sangat masuk akal, apabila disetiap weekend, pulau Bintan dikunjungi turis mancanegara terutama Singapore dan Malaysia. Disamping banyak juga turis orang Eropa dan Amerika yang bekerja di Singapore dan Malaysia.

Pantai Sedona dan Lagoon beach berjarak lebih kurang 100 km dari Tanjung Pinang. Apa daya tarik pulau Bintan ? Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

3 Comments | Category: Bahasa, Traveling

Mikros 2Mikros 1UterusKista didalam ovarium/indung telor dan tuba fallopii/saluran telor, itu biasa. Namun bila kista ditemukan didalam rahim/uterus, ini baru luar biasa…   Selama belasan tahun berprofesi sebagai spesialis patologi anatomik(PA), baru kemarin 3 Juli 2008 saya menemukan kasus yang dibukupun masih jarang ditulis.

Penderita usia 39 tahun, perempuan,  mengeluh perut membuncit tanpa adanya kehamilan. Kadang-kadang dirasakan  perut bagian bawah terasa sakit dengan menstruasi yang tidak teratur. Ibu ini telah mempunyai dua orang anak. Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

3 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular in July, 2008

  • Calendar

    July 2008
    M T W T F S S
    « Jun   Aug »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe