En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

OrangeKanker hidung atau Karsinoma Nasofaring (KNF), adalah penyakit kanker ganas yang mengenai rongga hidung (nasofaring). Kanker ini sering diderita oleh mereka yang berumur 15-25 tahun dan bisa pada kelompok umur 60-65 tahun. Jadi ada dua peak incidences yaitu usia remaja dan dewasa tua. Penderita lebih banyak laki-laki dibandingkan perempuan.

Dari data statistik, diketahui kanker ganas ini sering diderita penduduk dinegara-negara Asia Tenggara dan juga banyak ditemukan pada penduduk propinsi Sechuan yang terkenal dengan kelezatan masakannya didaratan China. Apa gejala dan penyebab KNF ?

Penderita akan merasa badan demam, tidak enak. Kepala sangat pusing dan hidung sering terganggu seperti rasa tersumbat, agak pilek dan beberapa kali mimisan/ keluar darah dari hidung. Kadangkala suara berubah menjadi sengau. Pada sebagian penderita tidak merasakan apa-apa, kecuali tampak benjolan dileher yang makin lama makin membesar. Benjolan ini adalah anak sebar dari kanker hidung yang telah mencapai kelenjar getah bening di leher.  Kondisi pasien umumnya bergizi sedang atau baik.

Dari buku teks, dikatakan KNF disebabkan oleh virus EBV (Epstein-Barr virus) dan juga kondisi ventilasi dan udara pernafasan yang tidak baik seperti : banyak asap, mengandung pollutan bahan kimia dan asap rokok. Juga berperan dalam terjadinya KNF adalah terbentuknya zat nitrosamine yang bersifat fatal, memicu sel-sel hidung normal mengalami perubahan ganas menjadi se-sel kanker.

Nitrosamine terbentuk, apabila daging asap atau ikan asin dipanaskan saat dimasak, maka protein daging dan ikan yang diawetkan tersebut akan membentuk bahan aktif nitrosamine yang sangat berbahaya. Uap dari masakan panas tersebut terhirup oleh mereka yang mengkonsumsi masakan dalam kondisi masih panas. Memang ciri khas Chinese food, adalah dinikmati dalam keadaan panas-panas. Kalau dingin tidak enak.

Hal ini mungkin dapat menjelaskan, kenapa mereka yang di propinsi Sechuan yang sangat populer dengan  seni dibidang kuliner, masyarakatnya lebih banyak terkena KNF dibandingkan propinsi lain di daratan China.

Dari sudut kesehatan, mengkonsumsi makanan yang diawetkan sangat tidak baik dan berisiko menimbulkan kanker, seperti : daging asap, lidah asap, ikan asin dan juga makanan dalam kaleng yang diberi bahan pengawet, perasa dan pewarna bahan kimia agar tahan lama.

Jadi kembalilah ke alam, konsumsi makanan segar yang dipetik dari halaman sendiri, atau belilah sayur, buah dan daging yang  dalam keadaan segar, misalnya ditempat petani langsung atau di pasar tradisional.

Dapat disimpulkan  makanan wong ndeso itu jauh lebih sehat dan aman dibandingkan makanan wong kota yang mengandung bahan karsinogenik yaitu bahan pemicu terjadinya kanker.

Ventilasi udara didalam rumah juga berperan, dimana dari statistik penduduk Eskimo yang rumahnya bulat tanpa jendela, lebih banyak terkena KNF dibandingkan ras Kaukasus yang tinggal dirumah berventilasi lapang dan sehat. Sama halnya dengan penduduk Indonesia dari suku Dayak di Kalimantan, lebih banyak mengidap KNF dibandingkan penduduk yang tinggal di kota-kota di pulau Kalimantan.

Dalam sirkulasi udara yang tidak baik, kemungkinan virus EBV akan berkembang biak dengan subur. Asap dari dapur akan terhirup oleh seluruh penghuni rumah, bila tidak ada cerobong asap atau ‘cooker hood’ yang membuang asap dapur keluar rumah.

Asap lain didalam rumah, seperti asap obat anti nyamuk yang dipasang sepanjang malam didalam kamar sehingga menyesakkan hidung, kemungkinan bisa memicu KNF. Namun hal ini harus dibuat penelitiannya terlebih dahulu, sebelum kita membuat suatu kesimpulan.

Popularity: 12%

Posted Sunday, August 31st, 2008 at 1:30 pm
Filed Under Category: Bahasa, Life, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

119 Responses to “Kanker Hidung, banyak ditemukan di Asia Tenggara dan China bagian selatan”

Pages: [5] 4 3 2 1 » Show All

  1. 119
    gita Says:

    Dok tdinya saya kan tadinya amandelnya bengkak terus mulaii flu terus menjalar ke batuk dan tapi saat setiap saya bersin terus mengeluarkan ingus nya bercampur darah itu knapa ya

  2. 118
    Dr. Sukma Says:

    Kalau sudah ada pembengkakan dileher, berarti sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening leher. Sering disebut metastase atau anak sebar.. Sebaiknya SEGERA ditangani dokter THT. Obatnya radiasi dan atau kemotherapy..

  3. 117
    lisda Says:

    dok papa saya terkena tumor nasopharynx sebelah kiri ,sedangkan kanan nya baik . dan bengkak di leher sebelah kiri papa sy itu 2 mm . apa itu sudah berbahaya dok ? tolong sekali info nya dok . terima kasih banyak :)

  4. 116
    april Says:

    Salam dok
    Setahun yg lalu saya pernah menjalani operasi polip sekaligus pembengkakan pembuluh darah hidung sebelah kiri. Sblmnya hidung saya sering mimisan jika saya mengeluarkan ingus. Pd saat itu operasi adalah jalan satu2nya karena hidung saya sdh buntu bahkan sempat pendarahan hebat cm karena ketika udara sedang panas2nya saya masuk ke ruangan ber ac. Keadaan setelah operasi mulai membaik, tapi tidak berlangsung lama karena selanjutnya saya selalu merasakan ganjalan di tenggorokan saya yang berasal dari hidung bagian belakang yang ketika dikeluarkan berupa lendir bercampur darah. Saya juga sering mimisan. Dan itu sudah berlangsung hampir setahun ini. Saya pernah ke dokter tht bahkan lebih dari satu dokter. Mereka hanya memberi antobiotik dan ketika obatnya habis kambuh lagi. Yang saya mau tanyakan mungkinkah saya terkena kanker hidung?

  5. 115
    shetie Says:

    saya mau tanya,,,,, saya baru mengalami batuk, pilek tapi ingus mengeluarkan darah telinga terasa bindeng kayak kemasukan air, itu karena apa ya dok,,,, mohon bantuanya..
    sebelumnya terima ksih,,,

  6. 114
    hegi renes Says:

    ass..
    Dok.. Nma saya hegi renes.. Umr 16 thn
    Gni dok.. Sya sdah 1 thn ini stiap hrinya mengalami pilek pagi n malam..
    Kpla sring pusing n nyri2.. sering lesu.. Mudah lelah..
    N hidung sya klau di pgang trasa skit..
    itu gejala apa y dok?

  7. 113
    Dr. Sukma Says:

    Halo Henny,
    Sebaiknya segera periksa ke dokter THT. Agar dilaat dan diperiksa teliti untuk kemungkinan kanker hidung/ karsinoma nasofaring/ knf.
    Ka periksa lab untuk kemungkinan adanya infeksi EBV ( Epstein Barr Virus).

  8. 112
    henny Says:

    Sore dok..2 thn belakanag ini saya sering mimisan terakhir bulan ini tp berupa ingus biassanya darsh segar tp dikit .telinga sering berdering dan skr mala ada nyeri asibelakng telinga.dan sering sakit di tulang hidung.kira2 saya sakit apa yg dok.saya dari kecil memang suKa bermasalah dgn hidung .suka pilek dan bersin2.thx dok.Gbu

  9. 111
    asti Says:

    Assalamualaikum dok,
    Saya sering mengalami keluar darah dari hidung, dulunya hanya sedikit, tapi akhir akhir ini darah yang keluar semakin banyak dari yang biasanya, selain itu juga saya sering mengalami pilek yang berkepanjangan. Kadang tidak flu tapi seakan ada lendir yang selalu menyumbat pernapasan, telinga juga sering berdenging. kira-kira apa itu juga ada kaitannya dengan kanker ya dok? Terima kasih.

  10. 110
    irwan mustaqim Says:

    AS’salamu alaikum bu,saya kalou kecapen atou puyeng itu suka keluar darah dari hidung (mimisan)itu juga ga sering sih ,darah ya itu darah kotor apa ya itu bu .

  11. 109
    ira Says:

    salam kenal dok…
    mau tanya klo saya sakit tenggorokan atau flu suka ada bercak darah di lendirnya sedikit. tapi pernah sekali saya bersin ehh tiba2 ada darah keluar dari hidung padahal sya tidk flu cuman sedikit sakit nelen aja sedikit. saya kenapa ya bu dok. sya kaget sekali pas ada darah yang keluar dari hidung.

  12. 108
    angga Says:

    dok klo sering mual bahkan muntah muntah dan pusing yang sering jg disertai sering keluar darah dari hidung cm ga banyak.
    itu tanda penyakit apa ya dok?
    P3K nya apa ya dok?

  13. 107
    fatkur rohman Says:

    darahnya keluar dari mulut dok..

  14. 106
    khusnul Says:

    assalamualaikum buk…. saya khusnul… saya au tanya… teman saya ada yang mengalami gangguan sering merasakan sakit kepala yang suka pindah2 setiap saat, pilek, serasa pengen batuk tapi harus di paksa baru bisa batus… terus suara terkadang menjadi serak leher juga ikut2an sakit buk… gejala apakah yang dialami teman saya ini buk?
    trims… assalamualaikum

  15. 105
    sukmadradjat Says:

    salam kenal,
    bu dokter, sudah 3 hari telinga kiri saya mendenging, saya sudah berobat ke dokter THT dan diberi vitamin B-12 dan obat mertigo utk diminum selama 5 hari, bunyi dengingan hilang dan berubah spt bunyi gemuruh. pertanyaan saya pola makan/hidup yang seperti apa yang sebaiknya saya jalani supaya pendengaran saya kembali normal. terima ksih. semoga bu dokter sukses selalu. amin.

  16. 104
    fanddy Says:

    Dr.Sukma, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini…smoga Ibu dokter mendapatkan balasan dr Allah SWT.

    Begini dok, mertua saya terlambat untuk melakukan CT scan, alhasil beliau didiagnosis terkena KNF stadium 4..menurut dokter di rumah sakit tersebut untuk pengobatan dengan kemotherapy dan atau radiotherapy itu bisa dilakukan tapi lebih ampuh untuk pengobatan stadium awal..apakah benar dok? lalu apa yang harus dilakukan apabila pasien sudah mencapai stadium 4? apakah ada obat herbal/alami yang dapat mengurangi/mengobati penyakitnya? karena saya merasa kasihan apabila mertua saya diobati dengan kemotherapy karena efek samping yang bu dokter sebutkan diatas…dan walaupun menggunakan radiotherapy yang dilakukan sebanyak kurang lebih 30 kali (menurut dokter rs) belum tentu akan membaik…apa yang sebaiknya saya lakukan bu dokter? mengingat mertua saya tidak punya asuransi, sehingga dana pun terbatas…

    mohon tanggapannya ya Bu dokter..
    terima kasih banyak…

  17. 103
    Rafi Says:

    Hai, dok. Saya mau nanya saya sudah periksa kedokter tht tapi cuma di kasih obat zistic dan aldisa sr, menurut dokter saya sakit apa?. Hidung saya sering tersumbat sebelah kanan dan ingus bercampur darah tapi sedikit, ingusnya kadang cair kadang kental, selalu bersin kalau hawa sedang dingin.

  18. 102
    Dr. Sukma Says:

    Halo Heni,

    Kemungkinan besar cuma faktor alergi yg berdampak sering bersin2. Namun untuk amannya, sebaiknya diperiksa oleh dokter spesialis THT. Kemungkinan bercak darah akibat pecah dinding pembuluh darah akibat bersin yg kuat dan lama. Selain pemeriksaan THT kemungkinan perlu pemeriksaan darah lengkap.

  19. 101
    heni Says:

    hi dok…
    saya mau tanya, suami saya sering bersin2…tp tdk pilek, tidak flu. sering tiba2 bersin yg terus menerus bisa smp 10 kali bersin. saya melihatnya kasihan seperti kecapean klo abis bersin. dan hari ini di bersinnya ada lendir dr hidung yg ada bercak darahnya. penyakit apa ya dok, trus hrs bagaimana? terimakasih saya tunggu jawabannya.

Pages: [5] 4 3 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe