Archive for June, 2008

ABSTRAKBipolar disorder, is one of the so many mental illnesses. And each of the patient has its own specificity with a variation of symptoms and signs. But basically, every patient will experience two kind of moods : manic and depressive one.

It affects male and female, usually starting at their teens. Celebrities affected by this disorder, eg. : Sinead O’Connor, Patty Duke and the former manager of Motley Crue Richard J Fisher. And surprising Dr. Kay Redfield Jamison was also an ex-bipolar patient who’s writing about this mental illness in a book titled “An Unquiet Mind” . Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

21 Comments | Category: Life, Popular Health

ALICIAPenyakit tuberkulosis (TBC), yang kumannya pertama kali ditemukan oleh Robert Koch telah saya ketahui sejak tahun 50-an, ketika masa anak-anak dulu. Tetangga kami ada yang menderita TBC paru. Jadi sering mendengar tentang batuk darah, dst yang sangat menakutkan kala itu. Penderita akan meninggal secara pelan tapi pasti, karena keterbatasan obat yang ada.

Diakhir tahun 70-an, sebelum ditemukannya penyakit AIDS, kasus TBC paru pernah mereda sampai jumlah yang sangat minim di Indonesia.

Tetapi saat ini setelah merebaknya HIV-AIDS, penyakit TBC tidak berkurang, namun bertambah. Bertambah dalam jumlah pasien dan bertambah pula organ yang dapat terkena, tidak terbatas hanya pada paru-paru. Malahan dinegara maju seperti Eropa, Amerika dan Australiapun  kasus TBC dijumpai dengan insidensi yang meningkat, sejalan dengan peningkatan jumlah kasus HIV-AIDS. Kenapa begitu? Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

9 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

POLKA YESObese atau kelebihan berat badan merupakan masalah kesehatan diseluruh dunia, terutama di negara sudah berkembang (developed countries) atau negara-negara barat. Negara kita Indonesia, meski termasuk negara yang sedang berkembang (developing countries), mulai banyak ditemukan anak-anak yang obese terutama dikota-kota besar.

Anak-anak ini sebenarnya secara profile, sangat membanggakan : kulit putih, hidung mancung mata bersinar dan alis tebal yang secara keseluruhan wajah tampak tampan dan cantik layaknya anak-anak blasteran/ indo. Tidak peduli ibu dan bapaknya berwajah seperti apa, kenyataan anak-anak sekarang jauh lebih ‘good looking’ dibanding anak tempo doeloe… Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

10 Comments | Category: Bahasa, Life, Popular Health

BANGKOKHidup diabad menjelang 21 ini, terasa semakin ‘hectic’, sibuk, berisik penuh aktivitas dan jauh dari ketenangan. Semua orang sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri, untuk mencapai target duniawi disemua lini…

Ketenangan alam dari burung berkicau diantara dedaunan pohon yang rindang, air gemericik mengalir diselokan maupun parit diantara persawahan dengan angin yang semilir sudah tidak terdengar lagi. Semua itu hanya khayalan dan ilusi belaka yang jauh dari kenyataan…

Pembalakan liar dihutan-hutan tropis ini telah menggunduli alam semesta sehingga bumi menjadi gersang, cuaca semakin panas dan tanah menjadi retak-retak. Temperamen manusiapun ikut-ikutan menjadi panas, tidak bersahabat dan gampang bentrok akibat stress menghadapi kehidupan sehar-hari. Toleransi terasa sudah tidak ada lagi… Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

No Comments | Category: Bahasa, Life, Popular Health

SUSUSusu mengandung protein, mineral dan vitamin yang semua itu sangat baik bagi kesehatan. Tidak heran, di negara Belanda yang saya lihat minum susu ibarat minum air. Artinya setiap habis makan : pagi, siang dan malam mereka minum susu, bukan air atau teh seperti yang biasa kita lakukan disini. 

Menemani makan snacks menjelang makan siang dan disore hari menjelang makan malam, orang Belanda juga minum susu. Tidak terbatas hanya pada anak balita, semua orang : anak, remaja, dewasa dan orang tua selalu minum susu minimal lima kali sehari.

Karena itu tidak mengherankan, kalau postur tubuh mereka tinggi besar karena asupan gizi yang tepat. Disampaing itu kecerdasan mereka juga lebih tinggi karena semua kebutuhan sel otak untuk berkembang ada didalam menu mereka sehari-hari. Kenapa kita di Indonesia tidak meniru kebiasaan yang baik itu ? Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

4 Comments | Category: Bahasa, Life, Popular Health

BOLA 3BOLA 2BOLA 1Sepuluh hari sudah berlangsung pertandingan sepak bola akbar Euro 2008. Terdapat empat grup : A, B, C dan D. Di grup A terdiri atas : Portugal, Turki, Swiss, dan Republik Ceko. Dari grup A ini yang lolos ke perempat final : Portugal dan Turki.

Di grup B bercokol : Croatia, Jerman, Austria dan Polandia. Dari grup B ini yang sudah lolos ke perempat final yaitu Croatia.

Pada  grup C ditempati oleh : Belanda, Rumania, Italia dan Perancis. Dan dari grup ‘neraka’ ini yang sudah lolos perempat final adalah Belanda. Belanda memang hebat bisa mengalahkan Italia dari hasil tendangan van Nistelrooy, Snijder dan van Bronkhorst yang berdarah Maluku.

Terakhir di grup D adalah kelompok dari negara-negara : Spanyol, Swedia, Rusia dan Yunani. Dari grup D ini hanyalah Spanyol yang sudah lolos ke perempat final.

Bagaimana hasil pertandingan Italia versus Perancis malam ini? Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

No Comments | Category: Bahasa, Sports

NGABENBali is one of the thousands islands of Indonesia that is also one of the world’s most favorite destination, as voted by readers of several top travel magazines in their annual readers’ polls. All these achievements come from Bali’s unique cultures mixed with its Hindu religion, charming dances, arts & crafts, as well as, its lovely landscapes & beaches. Bali’s own irrigation system called Subak is also so admired because it’s authentic, one of a kind, irrigation system in the world.

For a Balinese, since a baby was born until grown-up there are a lot of ceremonies to take, even until death. There are always be ceremonies following through a Balinese’s life span. Ceremonies for each step of the growing baby as mentioned earlier, then more ceremonies for puberty, maturity from marriage to death. Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

No Comments | Category: Traveling

ROMPIEuro 2008 yang diadakan dinegara Austria dan Swiss sebagai penyelenggara, awal mulanya berasal dari pertandingan sepak bola seluruh negara Eropa pada 1968 bersamaan berdirinya federasi sepakbola Eropa(UEFA). Saat itu penggila bola diseluruh dunia tertarik oleh atraksi di lapangan hijau dari bintang sepak bola Eropa saat itu.

Euro adalah ajang sepak bola paling bergengsi kedua setelah piala dunia. Dibenua ‘biru’ itu lahir bintang-bintang gemerlap sepak bola seperti : Ruud Gullit, Marco van Basten yang sekarang jadi pelatih tim Oranje, Cristiano Ronaldo, Zinedine Zidane, David Beckham, Wayne Rooney, Luca Toni, Kaka, Ronaldinho, dll.

Tadi malam Euro 2008 telah dimulai dengan pertandingan pembuka grup A, antara Republik Cheko dengan Swiss sebagai tuan rumah dikota Basel dengan skor 0-1 untuk tim Cheko. Swiss menangis akibat satu tendangan Vaclav Sverkos yang berhasil disarangkan ke jala yang digawangi Diego Begnalio. Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

1 Comment | Category: Bahasa, Life, Sports

PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak? Read the rest of this entry »

Popularity: 52%

1,073 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

TIRAITuhan menciptakan manusia, binatang dan tumbuhan serta alam semesta dengan segala isinya. Semuanya diciptakan agar terjadi keseimbangan ekosistem, artinya akan terjadi regenerasi dari setiap species sehingga dunia masih layak dan nyaman  untuk dihuni.

Namun, apabila ekosistem tidak seimbang maka terjadilah berbagai kejadian alam yang kadangkala berupa bencana alam yang tidak dapat diantisipasi oleh manusia manapun..

Demam berdarah dengue, diakibatkan gigitan nyamuk aedes aegypti dengan tubuhnya yang loreng bercorak hitam-putih. Nyamuk  dalam bentuk jentik biasanya dapat menjadi makanan ikan dan pemangsa lain yang berada digenangan air tersebut. Kenapa jentik aedes aegypti tidak dimakan predator? Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

4 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular in June, 2008

  • Calendar

    June 2008
    M T W T F S S
    « May   Jul »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe