UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: [74] 73 72 71 70 69 68 … 1 » Show All

  1. 1841
    devy putri Says:

    dok mama saya penderita penyakit maag, setiap hari sendawanya ga berenti2 asam lambung nya juga sering naik, padahal semua aturan untuk menghindari naiknya asam lambung sudah mama saya penuhi, gimana ya solusinya dan makanan apa saja yg boleh dikonsumsi

  2. 1840
    sahuri Says:

    malam bu dokter
    saya sahuri usia saya 41 thn mau minta tlng mengenai sakit yg selama ini saya derita

    selama ini saya sering sakit di bagian ulu hati, bila sakit dan nyeri terasa hingga ke punggung dan belikat. dan sulit BAB,3sampai 4 hari baru BAB itu pun saya harus kosumsi obat perangsa mulas tp tetap sulit sekali saya harus paksa sehingga sampai ulu hati saya sakit
    yg saya mau tanyakan apa benar saya sakit mag atw yg lain karana saya penderita sakit kolesterol

    oh iya kalau boleh saya tau dokter buka praktek dimana
    mohon saran dan penjelasannya terima kasih

  3. 1839
    Irpan Says:

    Dok usia saya 27thn,sy sudah sakit maag 5thn,selain aloe ada gak tumbuhan yg bagus buat maag,trus biskuit apa yang bisa d makan

  4. 1838
    ani Says:

    Saya ani…saya ingin menanyakan. Baru hari rabu kemarin saya selesai haid. Tapi selasa pagi saya keluar darah lagi sampai hari. Saya ingin menayakan kira” itu.mengapa terjadi. Apa karena faktor kelelahan? Rasa’a lebih lemas dibanding biasa’akalo sedang haid

  5. 1837
    Dr. Sukma Says:

    Selama masih ada pembuluih darah disekitar dubur, maka hemorrhoid atau wasir masih bisa kambuh lagi. Apalagi bila kebiasaan duduk berlama-lama masih dipertahankan @ Raswin.

  6. 1836
    raswin Says:

    hallo dok… saya sdh pernah operasi ambeien 17 tahun lalu, sekarang terasa mau kambuh lagi..sering sembelit dan kemarin babnya keras dan berdarah. apakah ambeiennya kembali ? apakah kalau sdh pernah operasi masih bisa di operasi yg keduakalinya? tks

  7. 1835
    elisabet Says:

    dokter, saya mau nanya kenapa ya obat maag tuh nggak bisa di minum bersamaan dengn obat mag lainnya dan obat sejenid antibiotik..?

  8. 1834
    inayah Says:

    di dlm perut saya sprti ada yang mengganjal.sprti ada gumpalan,ktika saya prksa d dokter kndungan kt doktr prut sy baik2 sj.tpi yg sy rskn kok beda. gumpalan it msih ada sampe dg skrng.trkdg skit bgt,tpi kdng biasa sj.ap ini trmsuk penyakit maag atau penyakit kandungan.mhn pnjelasanya.

  9. 1833
    ithan Says:

    sakit kepala.setelah sembuh radang tnggorokan knapa ya dok?

  10. 1832
    ade Says:

    Dear Dr.Sukma, anak saya 4th,telah mengalami sembelit sejak umur 2th sd skr. Dia mmg tidak suka sayur.akhirnya sya berikan Vegeblend setiap hari.namun tetap saja susah BAB,bahkan sampai 1 minggu lebih . Kemudian sy berikan Vegeta 1/3, keesokan hari nya baru dia bisa BAB.selalu spt itu.apakah aman Vegeta dikomsumsi anak berusia 4th secara terus menerus? Terimakasih

  11. 1831
    Tek Sheng Shin Says:

    Dear Dr Sukma,
    Saya penderita gerd. dan sudah melakukan endoskopi serta diberikan obat dr dokter internist. penyakit asam lambung saya ini sudah aga baikan, dan sedang membaik, cuman kadang2 terasa mau kambuh. yang ingin saya tanyakan, kapankah waktu yang benar untuk mengkonsumsi aloe vera? sesudah atau seblm makan kah? kemudian, berat badan saya menurun drastis karena gerd. bagaimana cara menambahkan berat badan saya? sementara saya sudah menjadi vegetarian.

  12. 1830
    Desi Ratna S Says:

    Dok …. aku sudah periksa ke dokter dekat rumah katanya aku kena lambung .
    yang saya tanyakan apa boleh maag serius makan roti tawar dan susu ?
    dan saya merasa penyakit saya sudah sembuh karna tidak sesak pada ulu hati, tapi kata dokter lambung saya masih bengkak .
    apa boleh berenang tapi cuma menikmati wahana maenan saja, apa boleh dan tidak terkena kram lambung nantinya ??
    terimakasih dok .

  13. 1829
    gel Says:

    dok saya tanya, saya sudah 4hari terkena maag di ulu hati dan saya sering mual dan muntah, lalu cepat sekali merasa lapar. Itu menggangu aktivitas saya, bagaimana cara mrngatasinya dok?saya suda minum magard fa dan promaag tetap saja tdk ada hasilnya. Tolong diberi solusi ya dok, terima kasih sebelumnya :-)

  14. 1828
    susan Says:

    halo dokter, saya usia 30th. dulu saya pernah alami GERD selama 2th tiap hari saya muntah berjam2 setelah makan siang.sekarang saya sudah tdk muntah lagi sih, cm setelah itu saya jd kesulitan menentukan menu makanan. krn saya takut kurang gizi dok kalo banyak pantangan makan. saya masih menghindari makanan berlemak. saya kalo minum susu/ ngemil biskuit mari kog muntah ya? jd saya ganti pake mandala 525. apakah saya bs normal lagi dok? makan kyk org pd umumnya dg bebas? makasih dok

  15. 1827
    Rivai Says:

    Halo Dr. Sukma
    Saya mau konsul, sy penderita maag udah setahun. Dokter berikan obat Lansoprasol tp sekarang kadang-kadang perut saya kembung dan nyeri sebelah kiri biasa juga dibawah pusar, apakah itu akibat dari sakit maag saya atau gimana dok? apakah tumbuhan lidah buaya dapat menyembuhkannya?

  16. 1826
    acil Says:

    halo Dr. Sukma
    saya mau tanya, ibu saya sudah diangkat batu ginjanya.
    keluhannya kenapa ibu saya kok sulit mau buang air besar…?

Pages: [74] 73 72 71 70 69 68 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    October 2014
    M T W T F S S
    « Dec    
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe