Archive for April, 2008

resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu? Read the rest of this entry »

Popularity: 66%

1,471 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

PINK ORCHIDKemarin Hari Bumi, 22 April 2008 saya mendapat undangan untuk menghadiri acara di New York, tepatnya di Fordham University Church. Undangan saya terima via E-mail. Dan disitu diberi petunjuk arah kesana sebagai berikut : ‘take public transportation North by metro’.  Lucu juga, ya padahal saya sudah bertahun-tahun kembali ke Indonesia tetapi tetap saja panitia mengirim undangan ke alamat apartemen saya dulu di Northern Boulevard, Flushing-Queens, New York… Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

1 Comment | Category: Bahasa, Environment, General

Casablanca Mansion apartemenCasablanca Mansion, silhouette apartemen di senja hariTinggal di kota besar seperti Jakarta mungkin paling praktis dan nyaman bertempat tinggal di apartemen yang banyak bertaburan di lokasi-lokasi strategis penjuru ibukota. Salah satunya Casablanca Mansion di Kuningan, di mana semuanya serba bersih dan teratur, ada building management yang mengurus semuanya, dari cleaning service, air, listrik, kartu akses, fitness center, kolam renang sampai dengan parkir.

Juga ada laundry, ATM, mini market buka 24 jam dan cafe. Fasilitas sangat lengkap, dengan keamanan yang cukup terjamin. Jangan coba naik lift, bila anda tidak memiliki access card. Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

No Comments | Category: Bahasa, General, Life

AppleDalam tubuh kita ada pembuluh darah arteri dan vena. Pembuluh arteri mengandung banyak oksigen(O2), berupa saluran darah yang berasal dari jantung keluar dan masuk kedalam organ tubuh.

Pembuluh vena adalah saluran darah yang membawa darah kotor, yang penuh dengan CO2 kembali ke jantung dari organ tubuh perifir.

Dinding vena jauh lebih tipis dibandingkan arteri, sehingga gampang mengalami pelebaran yang disebut varicocele atau varices. Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

142 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

Saya baru pertama kali ke Kuansing (singkatan Kuantan Singingi), setelah satu tahun bekerja di Pekanbaru, Riau.

Pacu 5Pacu 1Pacu 2Saya ke Kuansing untuk melihat acara ‘pacu jalur’, semacam lomba mendayung perahu atau ‘rowing’ yang biasa diperlombakan pada event olahraga nasional maupun internasional dengan awak perahu sampai duapuluhan orang.

Ternyata, meski dari luar sebelum memasuki Kuansing terkesan ‘daerah tertinggal’, namun setelah masuk dan melihat sendiri infrastruktur di sana, saya berbalik kagum Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

2 Comments | Category: Bahasa, Traveling

Selama dua tahun menjadi ‘New Yorker’ tahun 2000-2002 saya berkesempatan menjelajah sebagian besar negara bagian di Amerika Serikat.

anggrek.jpgDan dari setiap negara bagian itu, saya selalu saja tergoda ingin mengunjungi monumen dari para bekas presiden Amerika Serikat. Sebut saja : Thomas Jefferson, Abraham Lincoln, John F Kennedy, Jimmy Carter dan Ronald Reagan Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

2 Comments | Category: Bahasa, Traveling

OfferingsAdmitted or not, obedience to our parents plays the key role in our long journey of lives, especially for people living with eastern culture like Indonesia.

I was born in Denpasar Bali. I was a loving daughter of my parent due to my academic records since play group until entering the Faculty of Medicine.

And also I did whatever my parent wanted me to, in other words always obeying their words, except one thing that I do regret until this time. Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

2 Comments | Category: General, Life

Dreamland beach Bali Dreamland beach, Bukit, BaliSiapa yang belum kenal Bali? Pulau yang dijuluki sorga terakhir ini kaya dengan wisata kultur, pemandangan indah persawahan dan pantainya serta masyarakatnya yang unik.

Setiap saat ada saja inovasi baru yang buat siapapun pasti kaget, meski telah sering berkunjung ke Bali. Ada saja paket wisata baru yang diperkenalkan, antara lain pantai indah dan menawan ‘dreamland’ yang masih virgin. Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

5 Comments | Category: Bahasa, Traveling

SKINNYSeseorang gemuk atau kurus, selain faktor genetika juga sangat dipengaruhi oleh kebiasaan makan dan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Seperti proverb yang sering kita dengar  ‘you are what you eat’.

Faktor keturunan/genetika saat ini sulit di-intervensi. Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga berat badan berimbang adalah dengan yang paling populer saat ini yaitu kombinasi makanan (food combining). Apa itu ? Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

31 Comments | Category: Popular Health

KANKER PARU AKanker ParuSelama dua tahun bekerja di Pekanbaru sudah beberapa kasus kanker paru yang saya dapat. Umumnya penderita berusia 40-an tahun. Dan dari anamnesis, semuanya adalah perokok berat yang menghabiskan rokok lebih dari satu bungkus per hari. Read the rest of this entry »

Popularity: unranked

35 Comments | Category: Bahasa, Cancer, Popular Health

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular in April, 2008

  • Calendar

    April 2008
    M T W T F S S
    « Mar   May »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe