Archive for August, 2008

OrangeKanker hidung atau Karsinoma Nasofaring (KNF), adalah penyakit kanker ganas yang mengenai rongga hidung (nasofaring). Kanker ini sering diderita oleh mereka yang berumur 15-25 tahun dan bisa pada kelompok umur 60-65 tahun. Jadi ada dua peak incidences yaitu usia remaja dan dewasa tua. Penderita lebih banyak laki-laki dibandingkan perempuan.

Dari data statistik, diketahui kanker ganas ini sering diderita penduduk dinegara-negara Asia Tenggara dan juga banyak ditemukan pada penduduk propinsi Sechuan yang terkenal dengan kelezatan masakannya didaratan China. Apa gejala dan penyebab KNF ? Read the rest of this entry »

Popularity: 12%

119 Comments | Category: Bahasa, Life, Popular Health

RicepaddyPenjorBebekAs years before, I visited  beautiful village of Ubud,  which located along Campuan river with lovely green trees  beside the river. The road is curving, like a walking snake and you can see many artshops selling handicrafts or restaurants with many food choices, even a gallery selling paintings, ceramics  and potteries.

People in Ubud mostly are artists and the rest are farmers, looking for their rice paddy in the field. Ubud located in the hilly place, with a medium temperature (27-28 Celcius degree) during day time.  When you are looking for something different than beaches, then Ubud is an alternative, with so many terraces of rice fields and coconut trees. Read the rest of this entry »

Popularity: 2%

No Comments | Category: Traveling

LAUTvolcanoKRAKATAUA few days ago, on Sunday August 24, there was eruption of the volcano of Mount Krakatau which is the second generation of the famous Mount Krakatau which erupted in 1883 and its explosion materials especially ashes can be seen around the world at that time.

Sunda strait lies between Java and Sumatra island, western part of Indonesia. The mountain soaring high to the sky, from the strait of Sunda..

Fortunately there was not a big tide or tsunami happened, no victims reported. People from the ship or ferry acrossing the Sunda strait could easily saw the extraordinary event that happening.

And here are some pictures from that moment, which was  very spectacular panoramic view ever seen before…

Popularity: 2%

No Comments | Category: Environment, General

COCOMITAI just came back from Bali for a wedding procession of my nephew. I spent like four days enjoying Bali and its culture, and by a coincidence those days were the holy days for the Balinese which is called Galungan.

Galungan will return in every other 210 days or six Balinese-months. In that very special day, the Balinese believe that the day was a victory day against the devils and other bad habits and bad human characters that we have to avoid from.

People in Bali have a philosophy of : ‘see no evil, speak no evil and hear no evil’ and the sculptors in Ubud have made the statue of the three monkeys that acting those three forbidden bad habits that people used to do. I love to see the funny statue made from ebony wood. And lots of tourists from all over the world enjoy everything made in Bali. Read the rest of this entry »

Popularity: 4%

1 Comment | Category: Traveling

KAMPAIBEBEKCarpal Tunnel Syndrome (CTS), paling sering dikeluhkan oleh mereka yang banyak menggunakan otot-otot  pergelangan tangan dan jari-jari tangan, merupakan keluhan yang awalnya sangat sering disuarakan di negara Barat.

CTS merupakan salah satu dari kelompok gangguan saraf tepi yang disebut dalam bahasa medisnya  : compression neuropathy atau entrapment neuropathy.

Dengan semakin ngetrendnya pemakaian komputer di segala aspek kehidupan kita, maka CTS semakin banyak dikeluhkan para pengguna komputer terutama yang computer maniac. Apa dan bagaimana CTS sebenarnya ?

Read the rest of this entry »

Popularity: 12%

126 Comments | Category: Bahasa, Life, Popular Health

GonggongAnda pernah menikmati makanan khas Prancis yang sangat terkenal yaitu l’escargot? Tidak usah jauh-jauh terbang ke Eropa dinegara dimana menara Eiffel tegak dengan cantik dan anggun yaitu tepatnya dikota Paris, cukup ke pulau Bintan persisnya dikota Tanjungpinang yang belum lama ini saya kunjungi.

Pada 1992 saat saya menjalani training hematology di Rotterdam, saya pergi ke Paris dengan kereta api Belanda yang bersih dan nyaman. Saat itu weekend, lumayan untuk jalan ke kota yang sangat indah dan paling cantik arsitektur gedung-gedungnya di seantero Eropa yaitu Paris.

Kota ini sangat lekat dengan segala sesuatu yang indah dan artistik, bukan hanya mode, parfum, dan museum yang bertebaran dan salah satunya adalah Louvre, gedungnya seluruhnya terbuat dari kaca dengan design futuristik dan sangat modern. Paris juga terkenal dengan makanan l’escargot yang unik dan tiada duanya. Apa itu l’escargot? Read the rest of this entry »

Popularity: 5%

3 Comments | Category: Bahasa, Life, Traveling

DoraemonTeddy BearSelain leukemia, thalassemia adalah juga penyakit kelainan darah yang banyak diderita anak-anak. Bila leukemia merupakan kanker darah, maka thalassemia bukan kanker darah akan tetapi penyakit akibat kelainan darah yaitu terlalu cepat dihancurkannya sel-sel darah merah atau sel eritrosit oleh tubuh penderita.

Thalassemia berasal dari kata thalas dalam bahasa Yunani yang berarti laut. Memang benar, bahwa penderita thalassemia sebagian besar berada disekitar laut Tengah/ Mediteranea, Timur Tengah dan Asia termasuk Indonesia. Kelainan ini telah diteliti dan ternyata ditemukan kelainan genetik yang menjadi dasar timbulnya penyakit. Apa keluhan dan tanda-tanda penderita thalassemia ? Read the rest of this entry »

Popularity: 12%

64 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

HP 2HP 1HPSakit lambung atau yang biasa disebut sakit maag-dari bahasa Belanda- awalnya memang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan didalam lambung.

Namun sejak 1983, dua dokter dari Perth-Australia, yang kemudian mendapatkan Hadiah Nobel di bidang Kedokteran : Dr. Warren dan Dr. Marshall, mereka  masing-masing adalah pathologist dan internist yang telah menemukan sejenis bakteri didalam sediaan penderita gastritis yang dibiopsi dan kemudian  diberi nama Helicobacter Pylori (HP). Apa dan bagaimana sifat HP ? Read the rest of this entry »

Popularity: 25%

345 Comments | Category: Bahasa, Popular Health

FIBROIDBELAH UTERUSThis week only, I received three specimens from three patients with a huge uterus. The patients ages were : 40, 48 and 51 years of age respectively. To all of them had been  performed surgery, due to their abdomen getting bigger and bigger without pregnancy.

Patients complaining of their irregular menstrual cycles, irritability in the abdomen and difficulty in pee and pups and one complaining dyspnea or difficulty in breathing.

What is fibroid tumor of the womb ? Why women got the disease ? Read the rest of this entry »

Popularity: 4%

8 Comments | Category: Popular Health

PresidenAkhir-akhir ini berkembang wacana agar yang akan dipilih sebagai calon presiden di republik kita tercinta ini, hendaknya dari kaum muda. Alasan yang dikemukakan agar pemerintahan berjalan dinamis, fleksibel dan cerdas mengikuti trend di negara luar seperti Amerika Serikat yang lebih memilih Barack Obama yang besok 4 Agustus 2008 merayakan ulang tahunnya ke 47, ketimbang Hillary Rodham Clinton yang berusia hampir 60 tahun.

Sebenarnya menurut pendapat saya, permasalahan utama bukan pada umur, akan tetapi sangat penting adalah kinerja dan produktivitas seseorang apakah dia itu berumur muda atau tua. Umur boleh saja tua, namun bila disiplin kerja, tanggung jawab profesi serta dedikasinya tinggi terhadap bangsa dan negara Indonesia, itulah yang dicari dan diidam-idamkan  seluruh rakyat negeri ini. Lalu siapa ? Read the rest of this entry »

Popularity: 2%

3 Comments | Category: Bahasa, General, Life

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular in August, 2008

  • Calendar

    August 2008
    M T W T F S S
    « Jul   Sep »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe