En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

Archive for January 10th, 2010

animals_cats059Sudahkah anda menonton acara TV ‘Are you smarter than a fifth grader?’  Program TV  yang aslinya dari sebuah stasiun TV terkenal di Amerika Serikat sekarang sudah bisa kita lihat franchise-nya dalam tayangan TV  lokal dengan pembawa acara Tantowi Yahya.

Buat saya pribadi tayangan tersebut sangat menarik, ada unsur pendidikan yang dibawakan dengan santai tapi berbobot serta melibatkan anak-anak kelas lima (5) SD serta penonton dewasa baik yang berpendidikan menengah, tinggi, bahkan doktor dari berbagai disiplin ilmu.. Demikian pula peserta atau kontestan bisa laki-laki, wanita dari berbagai profesi :  bisnis man, sales, guru, pedagang, ibu rumah tangga, perawat, mantan inteligen militer, doktor pendidikan, pegawai farmasi dan lain-lain.

Saya selalu mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh host, namun ada saja satu-dua pertanyaan yang tidak terjawab oleh saya. Jadi jangan anggap enteng pertanyaan untuk anak kelas lima sekolah dasar tersebut. Ada nama binatang yang saya tidak familier, so bagaimana mungkin saya bisa menjawab pertanyaan itu ? Setelah dijawab dan ditampilkan tayangan gambar binatang yang dimaksud, pastilah saya tahu itu golongan serangga.

Ada lagi pertanyaan memilih satu dari tiga kata yang tepat sebagai lain kata dari ‘tadpole’ atau kecebong yaitu bentuk larva dari seekor kodok. Ini baru pertama kalinya saya tahu bahwa ‘polliweg’ adalah kata yang dimaksud sebagai kata lain untuk ‘tadpole’ alias  kecebong.

Apakah anda masih ingat grammar atau tata bahasa secara baik?  Apakah kata asal dari ‘disowned’ ? Apakah owned atau own? Yang benar adalah own, karena ed menyatakan bentuk pasif dari own yaitu ‘owned’.

Ada lagi pertanyaan apakah roaster itu ayam jantan. Benar atau salah? Pasti jawabnya true alias benar. Sedangkan ‘dormant volcano adalah gunung yang tidak mungkin meletus, benar atau salah ? So, jawabnya pastilah salah atau ‘false’. Karena kata dormant biasanya berarti untuk sementara waktu diam, tidak aktif.  Padahal dormant volcano sewaktu-waktu masih bisa memuntahkan lahar panas…

Lokasi  ibukota Amerika Serikat  yaitu Washington, D.C. dekat dengan lautan apa? So pasti jawabnya Atlantic, karena Washington D.C terletak dibagian timur utara alias timur laut dari USA. Pantai timur berdekatan dengan Atlantic, sedangkan pantai barat USA dekat dengan lautan Pacific.

Pertanyaan matematika misalnya : harga satu ons kacang kedele 80 sen dollar US. Berapa harga satu kilogram kedele? Tentu jawabnya 8 dollar US. Namun saya heran, ada seorang doktor dibidang agrikultur Amerika Serikat yang tidak bisa menjawab pertanyaan matematika yang sangat, sangat  sederhana tersebut.  Jadi dalam contoh konteks ini, memang tepat judul acara tayangan TV populer tersebut seperti judul tulisan ini : ‘Are you smarter than a fifth grader?’ Seorang doktor agrikultur memang tidak lebih pintar dari seorang anak kelas 5 (lima) SD.

Pertanyaan mengeja atau spelling juga ada. Misalnya kata anonymous, coba di eja : A, N, O, N, Y, M, O, U, S.  Juga kata georgeous dieja menjadi G, E, O, R, G, E,  O, U, S.  Kata advantage dieja menjadi A, D, V, A, N, T, A, G, E. Dalam eja-mengeja ini, saya teringat pengalaman waktu di NY, dimana seorang teman bule malah nanya ke saya .  Hi, Sukee bagaimana menulis ‘sufficient’?  katanya. Dalam hati saya berkata : nggak salah,  bukannya gue yang nanya ke elo. Itu khan bahasa enyak lo?  Meski rada mendongkol demikian, saya bantuin juga dia mengeja kata itu sambil motongin daun  lettuce buat salad didapur  minggu siang itu…

Begitulah, di negeri paman Sam yang rata-rata orangnya tampil keren, ternyata isi otak atau IQ-nya tidak sehebat penampilan luarnya. Pertanyaan apa yang dimaksud dengan ‘Tri-state’ saja, tidak semua orang di NY tahu jawabnya. Padahal itu artinya tiga negara bagian yang bersinggungan tapal batas karena merupakan tetangga paling dekat satu sama lain, yaitu :  New York, New Jersey dan Connecticut.

Ada lagi yang mengherankan saya. Masak karena megejar ‘squirrel’ atau tupai di sebuah taman di NY, teman saya sampai menjerit memanggil saya untuk tidak mengejar binatang pengerat atau bajing itu. Dia takut sekali, bila saya sampai tergigit oleh gigi tupai yang katanya sangat berbahaya itu :  “Sukee, stop chasing the squirrel. That might harm you’… Padahal tupai itu matanya lucu dan gerakannya menggemaskan sekali…

Pertanyaan international geography misalnya : sungai apa yang membelah kota London? Jawabnya sangat mudah, yaitu sungai Thames. Namun ada peserta yang takala ditanya Jeff sang host ‘apa yang terkenal dari London?’ Dijawab : ‘Spice World’ padahal seharusnya ‘Spice Girls’, kelompok band cewek dengan anggotanya  antara lain Victoria , isteri David Beckham sang kampiun bola.

Memang lucu, menarik dan membanggakan, bahwa seorang jebolan S3-pun sebenarnya tidak lebih pintar dari seorang anak  kelas-5 SD dalam beberapa hal. Kenapa saya bilang membanggakan, bahwa para peserta tidak malu-malu untuk menyatakan dirinya tidak lebih pintar dari seorang anak kelas lima SD.  Satu pernyataan yang polos, jujur dan tulus dan dapat dilihat dari mimik wajah para peserta kontes…

Popularity: unranked

No Comments | Category: Bahasa, General

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Calendar

    January 2010
    M T W T F S S
    « Dec   Feb »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe